7 Tanaman Herbal Yang Ampuh Merawat Kecantikan Dan Kegantengan Ini Harus Ada Di Pekarangan Rumah Mu

Tanaman herbal yang ampuh bikin kecantikan dan kegantengan tetap maksimal sepanjang hari emang menjadi primadona bagi kaum adam dan hawa. Mulai dari harga mahal hingga yang murah bisa didapatkan diberbagai tempat.

Namun, tahukah kamu kalo tanaman berikut ini ternyata bisa kamu budidayakan sendiri loh guys. Selain ekonomis, kalau kamu membudidayakannya berkhasiat bagi kesehatan dan juga kecantikan ini diareal pekarangan kamu, hal ini juga bisa mempercantik suasana pekarangan rumah kamu.

Kalo kamu punya lahan ukuran 2 x 1 meter dipekarangan rumah, apa yang akan kamu buat? Membiarkannya kosong begitu aja rasanya kurang oke deh guys. Nah, tanaman herbal berikut ini bisa kamu budidayakan dipekarangan rumah kamu, selain pekarangan akan tampak lebih indah, tanaman herbal ini juga ampuh menjaga kecantikan dan kegantengan kamu tetap maksimal sepanjang hari.

Inilah 7 Tanaman Herbal Yang Ampuh Menjaga Kecantikan Dan Harus Ada Di Pekarangan Rumah Kamu

1. Jahe (Zingiber Officinale)

tips-menanam-jahe-merah
Segernya minuman jahe – via vemale.com

Sejak zaman dahulu jahe dikenal sebagai tanaman herbal yang mampu mengobati segala jenis penyakit. Ada puluhan jenis penyakit yang mampu ditangkal oleh tanaman herbal berwarna kuning ini.

Berbagai kandungan seperti minyak atsiri zingiberena, zingiberol, bisabolena, kurkumen, filandrena dan resin pahit dikenal ampuh mencegah berbagai penyakit seperti, hipertensi, diare, masuk angin, batuk dan banyak lagi.

BACA JUGA:  Cara Mempertahankan Hubungan Dengan Pasangan. Konyol Sih, Tapi Ada Benernya Juga

Selain menjaga kesahatan agar tetap fit, di Indonesia jahe juga dijadikan sebagai bahan rempah makanan guys.

2. Kunyit (Curcumae Domesticae Rhizoma)

gambar-kunyit
Kunyit jadi tanaman hias, kenapa tidak. – via mitalom.com

Kunyit atau kunir merupakantanaman herbal yang banyak dijumpai di Indonesia. Kemudahan dalam membudidayakan tanaman herbal ini layak kamu coba dipekarangan rumah kamu. Banyak manfaat loh bagi kesehatan dan kecantikan jika mengkonsumsi tanaman herbal ini.

Di Indonesia, kunir atau kunyit sering dijadikan sebagai bahan pelengkap bumbu makanan. Selain itu, tukang jamu gendongan yang populer pada zaman dulu juga menjadikan kunyit sebagai bahan olahan jamu herbal yang dipercaya untuk meningkatkan stamina dan menjaga kecantikan kamu tetap maksimal.

Diantara manfaat kunyit bagi kesehatan dan juga kecantikan yaitu kemampuan tanaman herbal ini untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Kunyit juga dapat kamu jadikan sebagai antiseptic ketika kamu mengalami luka.

Buat kamu yang bermasalah dengan berat badan, gak perlu khawatir. Konsumsi kunyit rutin dan dibarengi olahraga yang seimbang akan membantu penurunan berat badan loh.

3. Lidah Buaya (Aloe Vera)

tips-merawat-tanaman-lidah-buaya
via pertanianku.com

Saat ini lidah buaya semakin sulit ditemukan yah guys diperkotaan. Makanya, kamu tetep dong melestarikan tanaman herbal ajaib ini. Lidah buaya sudah sejak ribuan tahun lalu dikenal sebagai tanaman herbal yang mampu mengatasi berbagai permasalahan tubuh.

Mungkin kamu juga pernah menjadikan tanaman ini sebagai obat untuk membantu menumbuhkan rambut. Selain itu, produsen – produsen produk kecantikan juga menjadikan aloe vera sebagai bahan baku utama mereka dalam meramu sebuah produk. Karena kandungan dari tanaman herbal ini memang sangat dikenal untuk memperhalus dan mempercantik kulit guys.

BACA JUGA:  MEDAN!!! 5 Rumah Sakit Mewah Ini Bisa Kamu Nikmati Fasilitasnya Secara GRATIS, Apalagi Pengguna Kartu Sakti BPJS

4. Pandan (Pandanus Amaryllifolius Roxb)

daun-pandan
via wartakesehatan.com

Pandan wangi ini sangat mudah dijumpai dimanapun. Kamu juga bisa menjadikan tanaman ini sebagai penghias pekarangan rumah kamu guys. Selain akan tampak lebih indah, tanaman herbal yang satu ini juga kaya manfaat.

Pandan bisa kamu manfaatkan sebagai bahan pelengkap kelezatan makanan, pandan juga bisa dijadikan sebagai bahan pewarna alami makanan yang sehat. Manfaat pandan bagi kesehatan diantaranya bermanfaat untuk mengobati penyakit rematik, menurunkan tekanan darah tinggi, menghilangkan ketombe dan masih banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan membudidayakan tanaman herbal yang satu ini.

5. Sirih Merah (Piper Crocatum)

manfaat-daun-sirih-merah-fileminimizer
via actmentalhealth.com

Tanaman herbal daun sirih merah sering dijadikan orang sebagai tanaman hias dipekarangan rumah. Selain perawatannya yang mudah, sirih merah juga memiliki kaya manfaat loh guys.

Daun sirih merah memang dikenal ampuh mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Bagi penderita stroke misalnya, sirih merah ini mampu mengatasi tekanan darah tinggi yang memuncak dan turun secara drastis.

Selain itu, daun sirih merah juga dimanfaatkan untuk merawat kecantikan. Seperti menghilangkan bau badan, mengatasi jerawat, mengatasi keputihan dan banyak manfaat kesehatan lainnya dengan mengkonsumsi daun sirih merah ini.

6. Serai / Sereh (Chymbopogon Citratus)

tanaman herbal
via populery.com

Serai atau sereh adalah tanaman herbal jenis rumput – rumputan. Hampir setiap bagian dari tanaman ini kaya akan manfaat guys. mulai dari batang hingga daunnya. Untuk menanam serai kamu gak harus menyiapkan media tanam yang khusus, cukup ambil satu batang serai dan tanamkan ditempat yang kamu suka maka tanaman ini akan tumbuh subur.

Manfaat serai bagi kehidupan sehari – hari bisa kamu lihat pada olahan makanan, serai sering dimanfaatkan ibu – ibu dan para koki untuk menambah cita rasa makanan. Manfaat bagi kesehatan dan kecantikan pastinya juga banyak guys, beberapa diantaranya yaitu serai mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah kanker, membuat wajah tetap segar dan berseri dan masih banyak manfaat lainnya.

BACA JUGA:  Dear Cowok, 10 Tipe Cowok Idaman Ini Yang Disukai Para Cewek Kekinian

7. Daun Katuk / Nasi – Nasi (Sauropus Androgynus)

via kesehatan-kulit.info

Bagi para kaum ibu, tanaman herbal yang satu ini pasti sudah sering didengar ya. Penyebutan nama daun katuk diberbagai daerah berbeda beda, ada juga yang menyebutnya daun nasi – nasi.

Tanaman herbal ini sering dimanfaatkan oleh ibu – ibu menjadi olahan sayuran. Manfaat daun katuk yang paling populer dikalangan masyarakat adalah kemampuan tanaman herbal yang satu ini dalam menstimulasi terbentuknya ASI (Air Susu Ibu).

So guys, udah pada tau kan tanaman herbal apa aja yang harus kamu budidayakan dipekarangan rumah kamu. Siapa tau sewaktu – waktu kamu butuh, kamu gak perlu cari kemana – mana. Selain itu, manfaat membudidayakan tanaman ini adalah akan membuat keuangan kamu tetap irit karena biaya untuk beli bahan baku olahan dapur semakin berkurang. Hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *