13 Jenis Permainan Ini Eksis Banget Hingga Tahun 90-an. Kamu Pernah Mainin Yang Mana Guys?

Hallo gais, kali ini kita mau nostalgia ke tahun 80 hingga 90an boleh dong yaa? Nah kamu yang lahir di era 80an, kenangan apa sih yang kamu inget pada tahun – tahun tersebut? pasti banyak lah yaa, mulai dari makan mie merk anak mas, hingga iklan RCTI yang ditengah sawah. Ya kaan?

Setuju gak sih kalo tahun 80an hingga 90an adalah tahun – tahun emas bagi anak – anak Indonesia? Coba liat dari jenis permainannya, hampir semua permainan harus dimainkan secara berkelompok, minimal 2 orang dalam satu permainan. Kalau sekarang gimana?

Kalo dulu, mainannya kita sendiri yang bikin. Beda dengan sekarang, mainan kita udah dibikinin oleh pabrik, developer dan macem – macem.

Kalo dulu, nilai sosialnya tinggi banget, anak sekampung hingga sampe kampung sebelah bisa saling kenal. Kalo sekarang, tentangga sebelah rumah aja belum tentu kenal. Hehe

Trus, ngapain sih ngocah – ngoceh dari tadi? Emang kita mau ngapain? Tenaang, kita mau ajak temen – temen sekalian nostalgia ke masa lalu. Kita akan posting foto – foto permainan zaman dulu yang pastinya setiap foto tersebut punya cerita, termasuk temen – temen.

Nah, kalo temen punya cerita tentang foto – foto ini, bagikan pengalamannya ke kita ya lewat komentar. Kasi tau, ditempat kamu permainan itu namanya apa, dan keseruannya gimana. Karena masing – masing daerah punya nama yang beda – beda. Oke!

Inilah 13 jenis permainan yang eksis banget hingga tahun 90an.

1. Meriam Bambu

Siapa yang pernah alis ato rambutnya kebakar karena mainan ini? Haha

BACA JUGA:  5 Tokoh Tenaga Kesehatan Indonesia Yang Sangat Menginspirasi Generasi Muda

Kalo pernah, berarti kamu pemberani guys. Karena gak semua anak – anak mau mainin ini, yang banyak Cuma ngeliatin dan ngetawain doang.

Kalo di Sumatera Utara, permainan ini biasanya dimaninin pas bulan Ramadhan. Saat orang – orang sibuk sholat taraweh, saat itu pula lah peperangan di mulai. Haha. Emang kelakukan anak zaman dulu, usil.

Dulu pernah mikir, kalo perang beneran pake ini, gimana menang nya ya? Menang suara doang mungkin iya, tapi kalo musuh nya bukannya lari, malah ketawa. Karena mainan ini Cuma ngeluarin suara menggelegar aja.

Eh guys, coba liat deh anak yang gak pake baju itu. Gak takut kebakar ya bulu dadanya? Haha

2. Patuk Lele

Permainan yang satu ini ditempat saya di daerah Sumatera Utara kami menyebutnya patuk lele. Entah kenapa disebut demikian. Padahal mainnya didarat, ikannya juga gak ada.

Kalo ditempat kamu apa namanya guys?

Yang jelas permainan ini dimainkan oleh 2 tim. Mirip – mirip main bola kasti, tapi ini yang ditangkep kayu berukuran pendek. Kalo gak punya skill yang tinggi, waah bisa tumbuh jerawat gede deh di kepala. Haha

3. Pecah Piring

Ini lagi, namanya pecah piring, tapi piring yang pecah entah dimana. Kalo ditempat kamu namanya apa yah guys?

Permainan ini juga menggunakan 2 tim, tim yang menang sebagai player dan yang kalah sebagai keeper atau yang jaga.

Piring yang dimaksud disini adalah pecahan batu atau kerang yang disusun keatas. Kemudian susunan tersebut dilempar pake bola kasti.

Jadi inget lagu yang judulnya perdamaian. Liriknya begini :

Banyak gedung kau dirikan, kemudian kau hancurkan. Sedih – sedih ku memikirnya.

Hahaha, mirip ya sama permainan ini.

4. Roda – Rodi

Entah dari mana asal penamaan ini, yang jelas permainan ini punya banyak nama. Di Sumatera Utara aja nama permainan ini banyak banget, yang jelas permainannya seru.

BACA JUGA:  Inilah 8 Tokoh Indonesia Yang Pernah Menjadi 'Coverboy' Majalah Time Amerika

Siapa yang pernah sembunyi dibalik kandang ayam? Trus orang tuanya manggil, disuruh pulang untuk makan siang. Hahahaha

Kalo boleh nebak, ini anak yang difoto udah jadi TNI semua kayanya. Soalnya sembunyinya jago banget, kayak film perang yang di tipi – tipi itu loh.

5. Mainan Mobil – Mobilan

Pernah mainin kendaraan mewah yang satu ini? Sensasinya beda loh dibandingkan main pake smartphone. Gak percaya? Coba deh, tapi bikin sendiri ya mobilnya.

Dulu kita bela – belain nyari kayu di pabrik/kilang pemotongan kayu untuk bikin beginian, kerennya lagi dimobil ini dipasangin lampu, mirip kayak aslinya. Tapi bedanya, kalo mobil beneran stir nya didalem, kalo ini stir nya diluar. Hahaha

6. Klereng / Guli

Kalo ditempat kita lebih fenomenal dengan nama guli broh, ditempat kalian apa?

Saya sempat loh jadi juragan guli, karena menang banyak dan akhirnya dijual deh. Hehe

Itulah hebatnya anak zaman dulu, masih kecil udah bisa jualan. Minimal biaya untuk mainan sendiri bisa gak minta ortu.

7. Engklek

Ambil batu, bersihin tanah dari dedaunan, mulai deh menggambar manusia kotak – kotak. Haha

Permainan menyenangkan ini bernama engklek. Nama tersebut mungkin karena permainan ini menggunakan satu kaki alias tengklek.

Ada yang pernah main ini?

8. Masak – Masakan

Siapa yang waktu kecilnya udah belajar jadi koki? Kamu dulu masak apa guys? masak daun yaa? Trus coklatnya dari tanah kaan? Ada yang makan gak? Hahaha

Dulu mainan ini populer banget, hampir setiap anak mau mainin ini, mulai dari yang cewek sampe yang cowok juga ikutan.

Biasanya anak cewe yang masak, dan yang beli anak cowok nya.

By the way, siapa disini yang malah jodoh antara si pembeli dan si pemasak? Jangan – jangan kamu? Udah punya berapa anak sekarang? Hehe

BACA JUGA:  Raja Salman bin Abdul Aziz, Mengenali Sosoknya Dulu Hingga Kini

9. Congklak

Anak zaman dulu kreatif banget yah. Kalo gak punya alat main, yah dibikin sendiri alat mainnya.

Tinggal gali lobang sesuai keperluan, trus duduk berhadap – hadapan, main deh tu congklak.

Serunya mirip – mirip main catur, tapi gak perlu strategi khusus kalo mainan ini. Haha

10. Trempolong

Halo – halo..tes..tes..satu dua dicoba..

Udiiin, denger gak omongan ku..? hahaha

Pernah mainin trempolong gak guys? gimana? Seru?

11. Yeye

Permainan karet yang satu ini kami sebut dengan ‘yeye’. Jangan tanya kenapa disebut demikian, kita Cuma ngikut leluhur doang. Hehe

Siapa yang pulang sekolah, belum ganti baju langsung lompat – lompat diatas karet yang satu ini?

Ayoo ngakuuuu!!

12. Tak Tik Bom Jer

Pernah mainin permainan yang menyiksa ini guys? kamu pernah diapain? Di jitak atau di jewer? Haha

Ini permaianan usil banget, anak usil seneng banget kalo udah dia yang menang. Jitaknya gak pake ampun lagi, sekuat tenanga. Untuk gak pada geger tuh otak. Hahaha

13. Biji Karet

Kalau ditempat mu biji karet diapain guys? dimakan? Wah, kereen. Bisa jadi ide bisnis menarik tuh sekarang.

Ini biasanya permainan anak kampung yang tempat tinggalnya banyak pohon karet, seperti di Sumatera Utara.

Dulu kita sengaja main ke kebun karet untuk nyari biji karet terbaik, entah apa indikatornya yang jelas dari luar kita bisa tau kekuatan tuh karet.

Kalopun gak kuat, kita masukin hotmik atau aspal, biar kuat. Terus dilaga deh dengan anak lain. Hahah

Nah, itu tadi sedikit dari sekian banyak permainan zaman dulu yang mungkin bisa mengembalikan kebahagiaan kamu. Sebenarnya masih banyak permainan yang lain, seperti engrang, pedang – pedangan, perang – perangan, kejar – kerjaran dan masih banyak yang lainnya.

Kalo kamu punya pengalaman juga, share di komentar yah guys. supaya menginspirasi lebih banyak orang. Kan kerreen!