Makanan Khas Bandung Ini Ternyata Ada di Sekitarmu, Sudah Pernah Coba?

Saat berada di Kota Bandung tentu belum lengkap jika belum mencicipi makanan khas Bandung yang rasanya enak dan menggoda lidah. Mungkin banyak orang akan bertanya dan mencari apa saja makanan khas nya tersebut. Kalo pas kamu kebetulan jalan-jalan ke tempat wisata di Bandung jangan lupa nyicipin beberapa makanan khasnya ya.

Tim Tempat Asik akan memberi info tentang makanan khas Bandung yang enak dan populer di semua kalangan yang sudah ada hampir di semua daerah.

Berikut 26 Daftar Makanan Khas Bandung yang Menggoda Lidah

1.Kupat Tahu

makanan khas bandung
Makanan khas Bandung – Kupat Tahu via @verasuriasubrata

Kupat tahu pada umumnya berisi kupat/lontong, tahu, dan tauge yang dicampur dengan bumbu.

Ada 2 tipe gagrak kupat tahu, yaitu kupat tahu Padalarang dan kupat tahu di Bandung.

Kupat tahu Padalarang bumbunya lebih cair dan harum manis serta gurih. Kupat tahu khas Bandung bumbu dari saus kacang yang kental/tidak cair. Meski bumbu sedikit berbeda, isi sajiannya relatif sama.

Biasanya dinikmati dengan pelengkap krupuk.

Kota Bandung juga merupakan salah satu tempat yang menjual kupat tahu legendaries dan selalu ramai pengunjungnya. Seperti di daerah Pasar Gempol yang sering dijuluki Kupat Tahu Gempol.

2.Tahu Lembang

makanan khas bandung tahu lembang
Tahu lembang, makanan khas Bandung via @newiebeladona

Pada umumnya tahu terbuat dari kedelai, tapi tahu Lembang ini bisa dibilang unik dan berbeda karena diolah/dibuat dari susu sapi.

3.Tahu Jablay

tahu jablay
Tahu jablay via@amyzet

Masih soal tahu, nama tahu ini bisa terbilang unik. Sebut saja tahu Jablay. Dari pertama mendengar nama tahu ini pasti banyak yang penasaran seperti apa bentuk dan rasanya.

Sebelum tahu digoreng, tahu ini terlebih dahulu dipotong berbentuk dadu/kotak-kotak. Barulah digoreng dengan balutan tepung crispy jadi tekstur tahu lebih kriuk-kriuk saat dimakan pas masih panas.

4.Seblak

makanan khas bandung seblak
Seblak, makanan khas Bandung via@setyaningnurs

Seblak adalah menu makanan yang terdiri dari kerupuk yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, cabai, dan kencur. Ada 2 jenis seblak, yaitu seblak kering dan seblak basah.

Saat ini sudah ada banyak varian rasa, dari rasa gurih sampai level paling pedas.

Selain itu, sudah bervariasi juga untuk isi menunya dan bermacam-macam. Ada yang dicammpur dengan aci, telor, mie, sosis, makaroni, dan lainnya dengan harga yang bervariasi juga tentunya.

5.Makanan Khas Bandung, Karedok

karedok makanan khas bandung
Karedok makanan khas bandung via@aceng.norton

Karedok merupakan makanan khas Bandung dan termasuk kuliner asli dari Indonesia. Bahan menu karedok ini bisa dari semua sayur, tapi umumnya adalah sayuran mentah seperti ketimun, kol, kacang hijau, tauge, terong dan daun kemangi.

Bumbunya juga hampir sama dengan bumbu gado-gado, tapi karedok ini berisi sayuran mentah.

Saus dan bumbu karedok ini adalah bumbu kacang dengan campuran cabai merah, kencur, bawang putih, kacang tanah, air asam, garam, terasi dan gula merah.

6.Tutut

masakan tutut makanan khas bandung
Tutut makanan khas Bandung via https://www.instagram.com/lusi_ssp

Tutut satu ini bukan nama orang, tetapi nama makanan yang berupa olahan keong. Keong biasanya beraroma amis, jadi memasaknya biasanya dicampur dengan bumbu pedas, daun salam sereta sereh agar bau amis nya hilang.

BACA JUGA:  Lumer Cafe Jogja, Tempat Makan Di Kota Pelajar Yang Wajib Dikunjungi Ketika Malam Minggu

7.Rujak Cuka

rujak cuka makanan khas bandung
Rujak cuka makanan khas bandung via@goniahmad100

Makanan khas ini sudah dikenal kalangan umum. Meski rujak ini berbeda dari umumnya, soal rasa tetap lezat. Rujak ini adalah sejenis makanan tradisional dengan sajian beragam sayuran ataupun buah yang diberi bumbu rujak dan diberi cuka supaya rasa menjadi lebih nikmat.

8.Nasi Timbel

nasi timbel
Nasi timbel via @ain_azahar

Nasi Timbel adalah nasi putih biasa yang masih panas lalu dibalut/dibungkus dengan daun pisang agar aroma dari daun ini lebih khas.

Biasanya nasi ini dinikmati dengan pelengkap seperti tahu/tempe goreng, ayam goreng lengkap dengan sambal dan lalap nya.

9.Lotek

lotek
Lotek yang menggoyang lidah via @kafeanugrah101

Makanan khas Bandung ini sudah tersebar dan ada dimana-mana karena termasuk mudah untuk membuatnya. Makanan ini mirip dengan pecel pada umunya, yaitu berisi sayuran yang sudah direbus lalu disiram dengan sambal dan bumbu kacang.

Uniknya, dalam bahan sambal sering juga ditambahkan tempe. Di bumbu kacangnya juga sering dicampur dengan terasi, bawang putih dan gula merah.

Lotek mempunyai rasa yang lebih manis daripada pecel.

Biasanya sambal pecel di bumbunya sudah dicampur dulu, tapi lotek bumbu akan dicampurkan saat akan disajikan.

Untuk pelengkap biasanya dinikmati dengan lontong/nasi yang masih hangat serta krupuk.

10.Peuyeum

peuyeum bandung
Peuyeum Bandung via @hafizsudjono

Peuyeum adalah makanan yang sangat terkenal di Jawa Barat dan biasanya menjadi makanan oleh-oleh/buah tangan para wisatawan yang sedang berllibur di kota ini. Peuyeum artinya tapai/tape, tape ini adalah sejenis tape tetapi teksturnya lebih kering. Tape yang sering dijumpai biasanya lebih basah seperti tape ketan dan tape ketela/singkong yang basah.

Makanan ini diolah dari proses fermentasi seperti pada pembuatan tape umumnya. Jika kamu belum pernah mencicipinya, bisa datang ke Bandung/ Jawa Barat dan akan menjumpai banyak sekali peuyeum ini.

Peuyeum ini ada 2 jenis, yaitu dari bahannya peuyeum yang terbuat dari singkong yang sering disebut peuyeum sampeu. Ada pula yang terbuat dari beras ketan.

11.Colenak

colenak makanan khas bandung
Colenak makanan khas bandung via@winastwangora

Nama colenak ini adalah kepanjangan dari jika “di cocol enak”. Colenak ini adalah perbaruan sajian lezat dari bahan peuyeum kering.

Peuyeum dibakar/dipanggang diatas arang dan untuk menikmatinya dicocolkan di gula jawa cair dan ditambah parutan kelapa.

Pembuatan colenak ini ada teknik tersendiri karena kadar gula di tape lebih mudah gosong dan harus menjaga agar rasanya tetap enak dan nikmat.

12.Cireng

cireng
Cireng via@cirengsaljumangbonjuriau

Tentu kamu sudah tau apa itu cireng. Cireng adalah singkatan dari “aci goreng/aci digoreng”. Jajanan satu ini biasanya dijual dengan bentuk dan harga yang bervariasi. Untuk varian rasa sekarang ini sudah banyak sekali seperti daging sapi, ayam, bakso, sosis, keju dan lainnya. Dahulu cireng Cuma ada 1 warna dan 1 rasa saja.

Makanan ini terkenal sekitar tahun 80-an. Bumbu cireng biasanya dari tepung kanji, tepung terigu, merica, air, garam, kedelai, dan daun bawang. Lalu di goreng.

Cireng ini lebih nikmat jika dimakan saat masih panas dan dicocol dengan saus/sambal yang pedas.

13.Mie Kocok

mie kocok
Mie kocok via@sigitrai

Mie jenis ini biasanya dijual berkeliling dengan gerobak. Mie ini disajikan dengan sayuran seperti tauge, juga ada kikil sapi yang empuk.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Di Bandung

Sesuai namanya, sebelum disajikan mie ini akan diaduk dan dikocok dulu.

14.Cimol (aci digemul/digemol)

cimol
Cimol via @lestaris_

Cimol adalah singkatan dari aci digemul yang berbahan dasar kanji dibentuk bulat dan digoreng sampai mengembang.

Cimol ini biasanya disajikan dengan taburan bumbu aneka rasa. Cimol ini berasa lebih kenyal, gurih dan enak jika dimakan saat masih panas.

15.Cilok

cilok
Cilok via @cilokunyil_

Cilok atau aci dicilok berbentuk bulat-bulat dan rasanya kenyal dan bisa dimakan sekali habis. Cilok memang sudah populer di Jawa Barat, terutama di Bandung sendiri.

Cilok biasanya bisa dijumpai di area sekolahan, pasar, dan dimana saja dengan berbagai rasa, ukuran dan bumbu yang bermacam-macam pula. Untuk harga juga bervariasi.

Dulu bumbu nya hanya dari kacang, sekarang sudah banyak aneka ragam saus yang bisa dinikmati untuk cocolan makan cilok kenyal ini.

16.Pisang Coklat/ Piscok

pisang coklat
Pisang coklat via @antonnia_liem

Makanan manis satu ini juga sudah sering dijumpai hampir di setiap warung/toko jajanan pasar. Bentuk piscok ini biasanya memanjang yang isinya pisang dilumeri lelehan coklat dan tertutup kulit lumpia dan digoreng.

Lebih nikmat dan lezat jika disantap saat masih panas dan kriuk-kriuk gurihnya terasa banget.

17.Surabi/Serabi

serabi
Serabi via @cemalcemilalb

Surabi atau lebih populer disebut serabi ini mirip seperti pancake. Tapi serabi ini diolah dengan dibakar diatas tungku dan adonan lebih tebal.

Alat yang digunakannya juga sederhana/tradisional, yaitu tungku tradisional dari tanah liat. Dengan peralatan sederhana inlah yang menghasilkan cita rasa yang asli dan enak dari serabi. Tak heran jika jajanan ini menjadi populer di semua pecinta kuliner.

Ada 2 jenis serabi, yaitu serabi manis dan asin. Serabi manis biasanya disajikan dengan campuran kinca gula merah (bahan dari gula merah, gula pasir, santan, & daun pandan). Serabi asin biasanya ditambah oncom yang sudah berbumbu.

Biasanya serabi menjadi menu sarapan di pagi hari dengan secangkir teh panas.

Untuk menikmati serabi saat ini sudah ada banyak sekali toping pelengkapnya. Ada toping nangka, keju, pisang, coklat, dan lainnya.

Serabi juga biasanya dijadikan oleh-oleh para wisatawan.

18.Gepuk

gepuk sapi
Gepuk sapi via@balad_ngopi

Gepuk adalah salah satu makanan populer yang biasanya punya cita rasa sedikit manis dan gurih. Makanan khas ini berbahan dari daging sapi.

Proses membuat gepuk ini memang agak lama, tapi rasanya juga tetap enak. Awalnya daging sapi diiris/dipotong searah dengan serat dari daging lalu direbus hingga setengah matang. Lalu di pukul/digepuk hingga lembut.

Daging lalu direndam bumbu berserta santan dan direbus lagi hingga air santan menyusut. Sebelu dinikmati biasanya digoreng dulu dengan minyak yang sedikit sampai kecoklatan.

Biasanya makanan ini dinikmati dengan nasi hangat dan sambal serta lalapannya.

19.Comro/Combro dan Misro

comro
Comro via @vivi_vitung

Makanan khas combro dan misro ini bentuknya hampir sama. Bedanya di bagian isinya. Combro berisi sambal oncom, isi misro adalah gula merah.

Makanan ini dibuat dari parutan singkong berbentuk bulat, diisi dengan isian lalu di goreng.

misro
Misro via@anakkukiran

Nama comro ini dai singkatan oncom di jero/ oncom di dalam. Nama misro dari kata amis di jero/ manis di dalam. Makanan ini sering dijumpai di warung jajanan maupun membuatnya sendiri.

Lebih enaknya dimakan saat masih panas dengan ditemani minuman hangat terutama saat musim penghujan/dingin tiba.

BACA JUGA:  Ledok Gebang Fishing & Resto, Tempat Makan dan Pemancingan yang Asik di Jogja

20.Batagor dan Siomay

batagor
Batagor via@jastip_cake_bdg

Siapa sih yang belum pernah kedua makanan ini? Pastinya sudah pernah menyantap makanan khas Bandung yang paling populer ini dan sudah ada hampir ada di semua daerah.

Makanan ini diolah dari tahu yang sudah dilembutkan lalu diisi dengan adonan berbahan baku ikan tenggiri serta bahan lainnya. Dibentuk bulat dan digoreng.

siomay
Siomay via @arumsukapto

Siomay juga hampir mirip dengan batagor,bedanya siomay ini dimasak dengan dikukus. Biasanya juga ada yang suka digoreng sesuai selera pecinta siomay. Makanan ini disajikan dengan siraman sambal kacang lengkap dengan saus dan kecapnya.

21.Basreng (bakso goreng)

baso goreng
Baso Goreng via @basogorengrumahan

Makanan khas ini juga sangat populer dan terkenal di daerah Jawa Barat dan terutama di Bandung.

Bakso goreng ini adalah bakso yang diolah menjadi cemilan yang khas dan tidak disajikan berkuah seperti bakso umumnya. Bakso goreng kini sudah ada berbagai macam varian rasa maupun level kepedasannya. Kemasan bermacam-macam dan  hargapun juga bervariasi.

22.Bandros

bandros
Bandros via instarix.com

Jajanan satu ini dibuat dari adonan tepung terigu dengan santan kelapa lalu dimasak dalam cetakan lalu ditaburi parutan kelapa.

Makanan ini lebih nikmat dimakan saat masih panas.

23.Wajit Cililin

wajit cililin
Wajit Cililin via @spsuryadi

Maknanan khas satu ini berbahan dasar dari beras ketan, gula merah serta parutan kelapa yang dicampur dan dimasak.

Makanan asli dari Cililin, Bandung Barat ini sering dijadikan oleh-oleh.

Uniknya, bungkus makanan ini tidak terbuat dari plastik atau kertas, tetapi dari daun jagung.

24.Makanan Khas Bandung, Minuman Bajigur

bajigur
Bajigur via @mask234

Selain makanan, kota Bandung juga punya minuman khas yang nikmat dan berkhasiat untuk tubuh. Jika sedang ada di Bandung, kurang lengkap jika belum mencicipi khas minuman di kota ini.

Bajigur tentu sudah akrab terdengar dimana-mana, dan juga sering disebut dengan wedhang Bajigur. Minuman ini adalah minuman hangat khas Bandung juga khas warga Sunda, Jawa Barat.

Bahan baku minuman ini adalah gula aren dan santan. Jika ingin menjadi lebih nikmat bisa ditambah sedikit jahe, garam dan bubuk vanili sesuai selera.

Minuman ini sering djumpai di kota Bandung dan biasa dijual menggunakan gerobak dan kompor sebagai pemanasnya.

Minuman hangat ini tak hanya dijual di Bandung saja, tetapi di luar kota Bandung juga sudah banyak dijumpai dengan harga yang relatif terjangkau.

Bagi kamu pecinta minuman hangat, wedhang bajigur ini bisa menjadi alternatif minuman hangat dirumah ditemani dengan cemilan seperti pisang goreng, ubi rebus, dan lainnya. Kenikmatan minuman ini cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin ataupun saat malam hari.

25.Minuman Bandrek

bandrek
Bandrek via @zamhairie

Minuman yang menjadi salah satu favorit khas Bandung ini juga banyak diminati siapa saja. Minuman ini adalah salah satu minuman tradisional warga Sunda, Jawa Barat sebagai minuman penghangat tubuh di saat cuaca dingin atau malam hari.

Bahan pokok minuman ini adalah jahe dan gula merah. Di daerah lain juga sering menambahkan bahan  rempah lainnya untuk menambah aroma dan rasa tersendiri seperti  serai, merica, pandan, telur ayam kampung, susu atau yang lainnya.

Tak sedikit orang yang mempercayai jika minuman ini bisa meringankan sakit tenggorokan. Tak heran juga karena bahan minuman ini adalah alami, tradisional dan tidak mengandung bahan pengawet/sejenisnya yang bisa mengganggu kesehatan.

Ada baiknya minuman ini dikonsumsi untuk orang dewasa.

26.Es Goyobod

es goyobod
Es Goyobod via@omamuda

Makanan khas Bandung ini adalah minuman Es Goyobod yang merupakan olahan dari tepung sagu aren dijadikan seperti agar-agar. Biasanya ditambahkan bahan lainnya seperti sekoteng, alpukat dan dicampur santan kelapa dan es serut dan ditambah pemanis sirup atau susu kental.

Juga sering ditambah dengan roti manis untuk manambah kenikmatan rasa dan tampilan sesuai selera.

Itulah beberapa makanan khas Bandung yang rasanya enak dan lezat yang bisa membuat lidah ketagihan untuk menikmatinya.

Jika kamu kebetulan liburan di Jogja dan ingin sekedar mencicipi olahan menu ikan segar, bisa datang ke Ledok Gebang dan bisa sekaligus refreshing dengan memancing bersama keluarga.