19 Alasan Kenapa Kamu Wajib Baca Artikel Ini Sebelum Plesiran Ke Tanah Karo (Bag. 1)

Kata motivator no. 1 di Indonesia,

“alasan adalah penyebab kegagalan”.

Tenangbro dansis, alasan kali ini ga bakalan bikin kamu gagal, justru sebaliknya. Alasan ini sengaja TempatAsik.Com sampaikan sama kamu supaya liburan mu nanti jadi lebih maksimal dan bikin tambah bahagia.

FYI, Karo adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Utara, terletak diatas ketinggian 2.172 diatas permukaan laut membuat lokasi ini cukup sejuk, yaah seperti suhu saat kita di ruangan ber – AC gitu deh. Buat para pelancong, tanah Karo adalah surganya puluhan tempat wisata alam yang ada di Sumatera Utara, lebih dari 20 titik tempat wisata yang berdekatan yang bisa kamu kunjungi disini, tapi pada artikel ini kami hanya mengulas belasan alasan saja ya guys.

Guys, salah satu kota yang cukupnge-hits dikalangan travellers di tanah Karo adalah kota Berastagi. Kota yang berjarak ga lebih dari 50 kilometer dari kota Medan ini menawarkan sejuta keindahan alamnya. Yuk simak alasan – alasannya.

1. Penatapan, tongkrongan tua muda!

Penatapan-1gh
Rokok nya tolong jangan di hiraukan

Dari nama nya agan – agan pasti sudah pada ngerti kalo tempat ini dijadikan tempat untuk menatap. Ingat! menatap, bukan meratap!! Disini kamu bisa bersantai menikmati secangkir teh panas dan mie instan ditambah jagung bakar pedas sambil menatap ke jurang pepohonan yang eksotis, dan terkadang pepohonan nya ketutup sama embun membuat kita seakan akan lagi duduk diatas awan. Woow, keren kan?

Penatapan adalah destinasi wisata perdana yang bakal kamu temui setelah memasuki Kabupaten Karo, karena sebelum nyampe dilokasi ini, kamu masih berada di Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang. Banyak pilihan kafe alias warung GirJaalias warung pinggir jalan yang bisa kamu pilih untuk nyantai bareng temen atau keluarga, gak usah takut, semua warung nya punya pemandangan yang sama kok, jurang pepohonan.

Baca Juga : 13 Spot Menarik Buat Hunting Foto Di Medan

2. Relaksasi di Air Terjun Sikulikkap

sikulikkap
Sikulikkap Waterfall

Masih dilokasi yang sama, di bawah penatapan terdapat air terjun yang diberi nama Sikulikkap dan berada di desa Doulu. Entah kenapa diberi nama ini, hingga saat artikel ini diterbitkan, tim TempatAsik.Com belum menemukan jawaban yang shohih.

Untuk mengunjungi lokasi ini, kamu cukup parkirin kendaraan mu di depan warung GirJa penatapan tadi dan mulailah berjalan kaki menapaki anak tangga yang disedikan. Air terjun ini gak kalah indah loh guys dibanding air terjun pada umumnya. Dan saat perjalan kamu bakal nemuin hewan lucu yang bakal nyapa kamu dengan ramah. Yap, dialah si monyet Gibbon.

3. Sauna Alam di Desa Lau Sidebuk Debuk

debuk debuk
Pemandian Alam Desa Lau Sidebuk Debuk

Meninggalkan lokasi penatapan, kita akan menuju destinasi berikutnya yaitu pemandian alam Lau Sidebuk Debuk, terletak di selatan gunung Sibayak dan desa ini merupakan kaki gunung tersebut. Disebut pemandian alam sebab air nya merupakan air belerang yang disuplay oleh gunung Sibayak.

Banyak wisatawan yang mampir kesini, dengan alasan masing – masing mereka berkunjung ke tempat ini, mulai dari sekedar menghilangkan hawa dinginnya berastagi, hingga alasan paling lucu yaitu kalo mandi air belerang bisa ngilangin panu, kudis dan kurap, alias gatal – gatal. Hahaha

4. Pengen Ngerasain Sensasi Plesiran ke Negeri Gajah Thailand, Disini Juga Ada.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
Pagoda Lumbini Dari Depan

Beranjak dari pemandian alam Lau Sidebuk Debuk kita menuju destinasi berikutnya, mau tau apakah lokasi wisata tersebut? Yap, Taman Alam Lumbini. Kalo anak Medan bilang ini namanya pagoda Thailand, entah kenapa disebut begitu, mungkin karena Thailand banyak pagoda kali ya.

Pagoda ini telah mendapatkan rekor MURI sebagai pagoda tertinggi yang ada di Indonesia. WOW!! Selain itu warna keemasannya semakin membuat pagoda ini nampak mewah dan megah. FYI, pagoda ini merupakan replika pagoda Shwedagon yang ada di Burma (Myanmar) loh guys. Gak begitu banyak orang yang tau tentang keberadaan pagoda ini, bahkan sebelum tim TempatAsik.Com mampir kesini, kita juga sempat merasa ketipu ngeliat foto orang yang background nya pagoda ini, dan ternyata pagoda ini ada di Berastagi Indonesia, bukan luar negeri. Hadeeh!!

Luas komplek pagoda ini sekitar 3 hektar loh guys. Gak Cuma pagoda doang, taman indah juga tersedia disini, selain itu disini juga ada outlet penjualan souvenir. Waktu berkunjung kesini terbatas guys, untuk pengunjung maksimal hanya sampai jam 17.00 wib saja. Makanya kalo mau berkunjung kesini, harap di stel dululist perjalanannya, biar ga telat. Dan berita bahagianya adalah, untuk masuk kesini ga dikenakan biaya alias gratis, dan terbuka untuk umum pula, tanpa memandang ras, suku dan agama.

5. Ga Cuma Petani Aja Yang Bisa Panen Jeruk, Kamu Juga Bisa!

panen
Panen .. panen..paneeen!!

Apa yang kamu tau tentang Brastagi? Jeruk nya! Yap, bener banget. Brastagi sangat terkenal sebagai daerah penghasil Jeruk di Sumatera Utara. Gak cuma jeruk loh guys, hampir semua buah dataran tinggi di tanam disini, apalagi sayur mayur nya, oooh..jangan ditanya lagi. Sebagian besar suplay sayuran ke wilayah Medan dan sekitarnya ya berasal dari kota ini.

By the way, udah pernah ngerasain panen jeruk? Kalo mau nyobain sensasi jadi petani buah jeruk, mampirlah ke kota Brastagi, warga Brastagi menjadikan kebun jeruknya sebagai pilihan berwisata. Selain jajan buah jeruk, kamu juga bisa metik sendiri jeruk yang kamu beli. Segerrrr!!!

Lokasi perkebunan jeruk tersebar hampir diseluruh kabupaten Karo, kalo kamu pas lagi mampir ke Taman Alam Lumbini alias pagoda Thailand tadi, disekitar daerah tersebut juga ada kok perkebunan jeruk. Selamat bertani.

6. Kalau Gak Foto Pas Lagi Panen Strowberry, Gak Keren!!!

SAMSUNG CAMERA PICTURES
Panen Strowberry yuuk…

Keluar dari lokasi pagoda Thailand dan kebun jeruknya, kini kita mampir ke kebun strowberry. Lokasi nya ga jauh dari simpang pagoda Thailand tadi, cuma nge-gas kendaraan sejauh 4 kilometer doang kita sudah nyampe di kebun strowberry.

Hamparan perkebunan strowberry yang begitu luas dan tersusun rapi bak tanaman padi yang ada di pulau Dewata Bali memanjakan mata kita sebelum turun langsung untuk memetik. Sama seperti jeruk, disini kamu bebas memetik strowberry yang akan kamu bawa pulang. Kalau lagi beruntung, kamu bisa bawa pulang buah yang gemuk dan bagus, tapi beberapa kali tim TempatAsik.Com selalu sial saat berkunjung kesini, coz buah nya masih muda, terpaksa deh beli yang sudah ready stock. Hehe

Lanjuuuuut??? Bagian 2

BACA JUGA:  14 Makanan Ini Yang Bikin Kamu Pengen Balik Lagi Ke Medan Bag 2