7 Acara Keren Ini Layak Kamu Saksikan Ketika Di Danau Toba, Apalagi Di Bulan Agustus Ini

Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan merupakan hasil letusan gunung api terbesar di dunia. Siapa yang gak kenal danau toba, obyek wisata alam yang indah dan juga kebudayaan suku Batak yang sangat kental menjadikan Danau Toba digandrungi banyak wisatawan.

Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, ternyata di sepanjang tahun 2016 ini ada beberapa kegiatan unik dan keren yang sangat recomended untuk kamu saksikan. Jika kamu berada di Danau Toba saat event tersebut berlangsung, sangat disayangkan jika kamu melewatkan nya begitu saja. Mau tau apa saja event – event tersebut? Yuk, simak ulasan berikut :

1. Menyaksikan Penampilan Memukau Peserta North Sumatera International Choir Competition 2016

metanoia choir
Peserta choir unjuk kebolehan – pict by Metanoia Choir

Guys, kompetisi bergengsi dunia kini digelar di Indonesia, dan luar biasanya adalah event besar ini diselenggarakan di kawasan wisata Danau Toba Kabupaten Simalungun Sumatera Utara.

Event bergengsi ini telah usai dilaksanakan sekitar bulan Juni yang lalu guys dan dihadiri oleh 8 negara. Gak usah khawatir buat kamu yang gak sempat menyaksikan kemeriahan acara ini, kamu masih bisa menyaksikan event besar lainnya di tahun – tahun mendatang, dan yang pasti masih di Danau Toba guys.

2. Festival Budaya Batak Gondang Naposo, Ritual Ajang Cari Jodoh Buat Para Jomblo

tobatabocom gondang naposo
Festival cari jodoh ala suku Batak – pict from tobatabo.com

Festival Gondang Naposo merupakan ritual etnis Batak yang sudah melegenda dan dikhususkan bagi muda mudi yang belum menikah. Acara ini diyakini sebagai ajang perkenalan dan tegur sapa dan akhirnya menuju pelaminan. Jadi sangat cocok guys buat kamu yang lagi jomblo. Hehe

BACA JUGA:  Rumah Hobbit Cangkringan, Wisata Hits Terbaru Pendamping The Lost World Castle di Tahun 2017

Kini ajang ini rutin diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan warga setempat, dan beberapa waktu lalu kegiatan ini berlangsung selama dua hari di Pulau Samosir. Bagi kamu yang pengen menyaksikan festival budaya ini, mungkin tahun depan kamu bisa berkunjung ke tempat ini, tapi sebelum itu cek terlebih dahulu yah guys kegiatan apa yang sedang berlangung di Danau Toba.

3. Geobike Caldera Toba, Kompetisi Sepeda Nasional Yang Mengitari Danau Toba

geobike caldera toba
Berkompetisi sambil menikmati alam – pict from nasional.harianterbit.com

Geobike Caldera Toba adalah salah satu event besar yang dilaksanakan di lokasi wisata Danau Toba. Beberapa waktu yang lalu event ini telah dilaksanakan dan di ikuti 200 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia loh guys.

Geobike Caldera Toba bertujuan untuk mempromosikan Danau Toba sebagai wisata kelas dunia, GCT yang baru – baru ini dilaksanakan dikhususkan untuk mengekspos kawasan sekitar Danau Toba, dimana ada 7 Kabupaten yang mengitari Danau cantik ini.

Baca Juga : 19 Alasan Kenapa Kamu Wajib Baca Artikel Ini Sebelum Plesiran Ke Tanah Karo

4. Menyaksikan Kemeriahan Festival Danau Toba Dari Dekat

MEDAN, SUMATRA, INDONESIA - SEPTEMBER 13: Solu Bolon Royal boat athletes in action during the competition as part of Lake Toba Festival 2013 on September 13, 2013 in Medan, Sumatra, Indonesia. Lake Toba Festival is a historical tradition to preserve Lake Toba cultural creativity, environment, and communities which are displayed professionally in a festival package. The iconic events are World Drum Festival, World Super Swim around the Samosir, Sigale-gale Carnival, Solu Bolon Royal boat racing, Water and ground paragliding, and Batak Tradition. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images) ORG XMIT: 180423729
Salah satu pertandingan di FDT – pict from indonesiaexplorer.net

Festival Danau Toba sudah ada sejak tahun 1980, dulu event ini masih bernama Pesta Danau Toba. Event ini merupakan bentuk rasa syukur suku Batak terhadap anugerah yang diberikan melaui Danau Toba. FYI, Pesta Danau Toba merupakan kegiatan lokal saja. Sejak tahun 2013, Pesta Danau Toba berganti menjadi Festival Danau Toba dan menjadi salah satu agenda pariwisata nasional guys.

Festival Danau Toba menyajikan banyak kegiatan etnik, khususnya etnik Batak. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan penampilan lain seperti perlombaan paduan suara, performance artis lokal dan nasional, pameran dan banyak kegiatan lainnya.

BACA JUGA:  Ledok Gebang Fishing & Resto, Tempat Makan dan Pemancingan yang Asik di Jogja

Tahun ini, Festival Danau Toba akan diselenggarakan pada 19 – 12 September 2016 di Kabupaten Tapanuli Utara, tenang guys masih di sekitaran Danau Toba. Ohya, jangan lupa catet tanggalnya yaa.

5. Mangalahat Horbo, Menjaga Eksistensi Tradisi Zaman Dahulu.

HORBO1 pgiorid
Algojo sedang melaksanakan ritual tombak – pict by pgi.or.id

Manghalat Horbo adalah upacara adat yang sudah ada sejak lama, kegiatan ini dulunya dilakukan sebagai pembukaan sebelum orang Batak turun ke sawah. Saat ini acara seperti ini diadakan di acara –  acara tertentu seperti Festival Danau Toba.

Di acara ini kamu akan menyaksikan seekor kerbau akan di arak, kemudian atas persetujuan pemimpin adat kerbau tersebut di tombak hingga dipastikan mati. Nah guys, kemungkinan pada Festival Danau Toba berikutnya akan ada lagi acara ini, penasaran untuk menyaksikan seperti apa acara ini, sempatkan deh mampir ke Danau Toba bulan September  2016 nanti. Okay!

6. Ritual Larung Keselamatan, Ritual Pengharapan Akan Kesuksesan

larung samjonewscom
Pembukaan ritual diatas kapal Danau Toba – pict from samjonews.com

Ritual langka ini akhirnya digelar beberapa hari yang lalu di Danau Toba guys. Ritual Larung Keselamatan terkahir kali digelar oleh pemuka adat setempat sekitar 10 tahun silam. Ritual ini bertujuan agar acara yang sudah direncanakan berjalan lancar sesuai harapan hingga akhir acara.

Ritual ini diselenggarakan dan difasilitasi oleh Kementrian Pariwisata RI loh guys, terkait dengan event Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang akan berlangsung pada tanggal 26 – 27 Agustus 2016 mendatang.

Salah satu yang membuat unik ritual ini adalah, ikan yang digunakan merupakan ‘Ihan Batak’, bukan ikan mas atau yang lainnya. Kemudahan mendapatkan‘Ihan Batak’ ini menunjukkan bahwa event yang akan segera berlangung mengalami kesuksesan hinga akhir acara.

BACA JUGA:  5 Spot Ini Harus Kamu Jalani Saat Wisata Di Danau Toba, Kalau Tidak??? Rugi!!!

7. Merayakan Kemerdekaan Di Tanah Batak Danau Toba, Syukur – Syukur Bisa Ketemu Bapak Presiden RI.

hut nasional.kinicoid
Pict from nasional.kini.co.id

Setelah sukses melaksanakan festival kemerdekaan di Pontianak Kalimantan Barat tahun 2015 lalu, kali ini atas instruksi Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, Danau Toba dinobatkan sebagai tuan rumah event berskala internasional ini.

Rangkaian kegiatan ini akan berlangsung di Danau Toba tanggal 26 – 27 Agustus mendatang. Akan banyak kegiatan yang berlangsung dalam festival ini, diantaranya atraksi seni budaya, karnaval air dan darat, juga penampilan potensi masing – masing provinsi dan negara yang ikut dalam event akbar ini.

Nah guys, sudah ada jadwal belum 17 agustusan nanti mau kemana? Kalau belum punya jadwal, gak ada salahnya nih kamu berkunjung ke Danau Toba dan menjadi saksi sejarah pertama kalinya Danau Toba sebagai tuan rumah kegiatan hari kemerdekaan. Merdekaaa!!