Jatim Park 1

Jatim Park 1 menyediakan berbagai wahana seru, berikut info mengenai harga tiket, wahana, lokasi, gambar, promo, hotel dan wisata terdekat.

Sejak abad ke -10, Batu dan wilayah di sekitarnya yang sekarang bernama Kabupaten Malang dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan.

Sebab daerah ini sudah sangat dikenal sebagai tempat yang indah, udara yang sejuk khas pegunungan serta pemandangan yang memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Berada di ketinggian antara 700 hingga 1700 meter di atas permukaan laut, sehingga wajar jika wilayah Batu memiliki udara yang sejuk dan juga menyegarkan.

Dalam sejarahnya, salah satu titik awal berkembangnya tempat wisata di Batu bermula pada waktu pemerintahan Kerajaan Medang di bawah pimpinan Raja Sindok atau Mpu Sindok yang berkuasa antara tahun 929 – 947.

Raja Sindok memerintahkan kepada seorang petinggi kerajaan yang bernama Mpu Supo untuk membangun sebuah tempat peristirahatan keluarga kerajaan di pegunungan yang dekat dengan mata air.

Kemudian Mpu Supo menemukan sebuah kawasan yang cocok untuk dibangun sesuai permintaan sang raja, dan dibangunlah sebuah tempat yang sekarang lebih dikenal sebagai Kawasan Wisata Songgoriti.

Batu Malang sejak ratusan tahun lalu memang sudah dikenal sebagai tempat yang cocok untuk berwisata, sebab keindahan alamnya yang luar biasa.

Bahkan sebelum berdirinya Jawa Timur Park Group di Batu, kawasan ini sudah terkenal seantero negeri memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Terlebih lagi setelah berdirinya tempat wisata modern seperti Jatim Park 1, semakin mendongkrak minat wisatawan untuk berkunjung ke Batu.

Tak Cuma sampai disitu, dengan adanya pengembangan wisata termodern di Batu, akhirnya bisa mendongkrak ekosistem wisata yang ada di Batu yang sudah sempat mulai ditinggalkan peminatnya.

Daftar Isi

Perkembangan Kota Batu

Dahulu Kota Batu adalah sebuah wilayah yang menyatu dengan wilayah administratif Kabupaten Malang. Bahkan sebagian besar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Malang bersumber dari sektor pariwisata Kota Batu.

Pada tanggal 17 oktober 2001 Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang berdiri sendiri yang terpisah dari Kabupaten Malang, karena pemerintah pusat menganggap Kota Batu sudah sangat layak untuk berdiri sendiri dalam mensejahterakan rakatnya.

Perkembangan wisata modern di Batu ditandai dengan berdirinya Jatim Park yang menawarkan atraksi – atraksi menarik serta memiliki nilai edukatif.

Selang beberapa waktu kemudian nama Jatim Park ini berubah nomenklatur nya menjadi Jatim Park 1, perubahan ini disebabkan akan adanya pengembangan kawasan pariwisata baru yang akan dididirikan oleh PT. Bunga Wangsa Sedjati yang dinahkodai oleh seorang visioner dalam bidang pariwisata bernama Paul Sastro Sendjojo.

Berdirinya tempat ini pada waktu itu membawa dampak yang sangat positif bagi perkembangan seluruh sektor pariwisata yang ada di Kota Batu.

Banyak wisatawan lokal maupun luar yang berkunjung ke Batu tentunya tidak hanya mampir ke sini saja. Wisatawan-wisatawan tersebut juga berkunjung ke tempat wisata yang ada di Batu setiap kali ada kesempatan liburan.

Melihat suksesnya Jatim Park 1 yang di dalamnya terdapat Museum Tubuh dan Science Coaster Park, Paul Sastro Sendjojo selaku owner PT. Bunga Wangsa Sedjati akhirnya membangun tempat-tempat wisata lainnya di Batu di bawah bendera Jatim Park Group.

Kesuksesan tersebut dilanjutkan dengan mendirikan Jatim Park 2 yang di dalamnya terdapat Museum Satwa dan Batu Secret Zoo.

Lalu dilanjutkan dengan pendirian Jatim Park 3 yang di dalamnya terdapat wahana seperti Dino Park, The Legend Star Park, Funtech Plaza serta Museum Musik Dunia.

Tak berhenti sampai di situ pembangunan terus berlanjut di kawasan Batu dengan mendirikan BNS (Batu Night Spectacular), Eco Green Park, Museum Angkut, Museum Tubuh dan Predator Fun Park.

Jatim Park Go International

Mimpi Jatim Park Group untuk menunjukkan diri sebagai pariwisata berkelas Internasional akhirnya kian terbuka. Setelah berjalan hampir 20 tahun dalam mengembangkan industri di bidang pariwisata khususnya bertema atraksi, pada tanggal 20 Juli 2019 lalu Jatim Park Group menorehkan prestasi internasional yang  membanggakan.

Jatim Park Group menerima penghargaan utama yakni Traveloka Exprerience Paltinum Award dari perusahaan travel ternama, Traveloka.

Pemberian penghargaan ini karena Jatim Park dinilai telah mampu membantu mensukseskan program pemerintah dalam memenuhi target 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara untuk mengunjungi Indonesia pada tahun 2019.

Pemberian penghargaan ini juga disaksikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Ibu Sri Mulyani Indrayati, S.E, M.Sc, Ph.D dan juga Meteri Komunikasi Republik Indonesia Bapak Rudiantara, S.Stat, MBA.

Harapan Jatim Park Group untuk semakin dikenal di mancanegara juga kian semakin jelas dengan dibuatnya perjanjian kerjasama antara Traveloka dan juga Jatim Park Group. Dimana Traveloka sendiri sudah memiliki jangkauan jaringan di 5 negara Asia Tenggara yakni Malaysia, Thailand, Filiphina, Vietnam dan juga Singapura.

Mengenal Jatim Park 1

jatim park 1
Sumber: @ayukss

Jatim Park 1 merupakan pionir tempat wisata modern yang ada di Kota Batu. Berdiri diatas lahan seluas 22 hektar dan berada diketinggian 850 meter diatas permukaan laut. Suhu di sini berkisar 16 hingga 26 derajat, jaraknya dari pusat Kota Batu juga cukup dekat hanya 5 kilometer saja.

Akses menuju lokasi tempat ini juga cukup mudah dijangkau, kemudahan ini lah yang menjadi alasan utama meningkatnya minat wisatawan untuk berkunjung ke Jatim Park 1 setiap tahunnya.

Peningkatan wisatawan ini akan terus berlanjut karena tempat ini setiap tahunnya menghadirkan wahana – wahana terbaru. Wahana tersebut akan terus memanjakan pengjung yang sudah pernah datang sebelumnya maupun yang baru pertama kali datang.

Jatim Park 1 ini diresmikan dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 2 maret 2002 oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia Bapak Ir. H. M Hatta Radjasa pada era pemerintahan Ibu Megawati Soekarno Putri.

Banyak orang yang bertanya kenapa yang meresmikan tempat wisata ini Menristek bukannya menteri Pariwisata, namun pertanyaan tersebut akan terjawab jika kita merujuk pada taglinenya yakni “Taman Belajar dan Rekreasi”

Di Jatim Park 1 wahana yang disajikan banyak berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Dibuktikan dengan wahana yang menambah wawasan dan ilmu pengetahuan seluas 1000 meter persegi.

Di atas lahan tersebut diisi alat – alat peraga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan juga hasil karya yang inovatif.

Pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan atraksi – atraksi terebut melainkan mereka juga bisa ikut berperan dan mencoba mengaplikasikan alat – alat peraga tadi.

Untuk menciptakan wahana permainan yang edukatif namun aman bagi siapa saja maka wahana seperti ini tidak dibuat asal-asalan. Berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Pembangkit Listrik Negara (PLN), PT. TELKOM, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang, PT. Pundak Scientific Bandung, VEDC (Pusat Pengembangan Pentaran Guru Teknologi),  Citra Mipa Malang dan para stakeholder lainnya yang memiliki kompetensi dibidang teknologi.

Perpaduan antara ilmu pengetahuan dan juga teknologi sangat kental terasa di taman rekreasi Jatim Park 1 ini, dengan demikian sangat tepat jika Jatim Park 1 ini diresmikan oleh kementrian tersebut.

Dengan terciptanya wahana-wahana representative, pengunjung yang datang ke sini tidak hanya mendapatkan kebahagiaan saja. Mereka juga mendapatkan wawasan baru terkait ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang mungkin saja berlum pernah dilihat sebelumnya.

Wahana Jatim Park 1

Saat ini berdasarkan data yang kami ambil dari website resminya ada sebanyak 63 wahana yang bisa kamu coba. 63 wahana tersebut dibagi kedalam 3 zona sesuai tagline dari Jatim Park 1 yakni Taman Belajar dan Rekreasi.

Zona pertama adalah wahana bertemakan edukasi atau taman belajar. Semua wahana yang ada di zona ini berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan juga teknologi.

Zona kedua adalah rekreasi atau zona bermain, semua wahana yang ada di kategori dua ini merupakan atraksi permainan yang sangat seru.

Zona ketiga adalah pasar, di sini juga terdapat 2 jenis pasar yakni pasar wisata dan juga pasar buah dan hewan.

Wahana-wahana yang akan kami jelaskan berikut ini diambil berdasarkan pemetaan yang dibuat oleh Jatim Park 1, lihat gambar peta dibawah ini.

peta wahana jatim park 1
Peta Wahana Jatim Park 1

1. Taman Belajar

Kamu yang menyukai ilmu pengetahuan baik itu teknologi, sosial maupun sejarah sangat cocok untuk berkunjung ke Jatim Park 1. Sebab di sini ini kamu tidak Cuma sekedar mendapatkan sensasi bermain melainkan mendapatkan wawasan keilmuan/

Berikut ini ada 16 wahana yang berkaitan dengan wisata edukasi yang ada di Jatim Park 1 :

  • Galeri Etnik Nusantara

galeri etnik nusantara jatim park 1
Sumber: @henyhandnursanto

Menurut sensus Badan Pusat Statistik pada 2010 di Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa. Lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa yang ada di Indonesia dan tersebebar diseluruh antero negeri ini.

Berapa biaya yang akan kamu keluarkan untuk membeli tiket pesawat yang konon katanya hari ini harganya melambung tinggi dan pergi hanya untuk mempelajari setiap suku dan budaya di Indonesia?

Sebenarnya ada 2 plihan yang bisa kamu pilih jika ingin mempelajari etnik dan kebudayaan di Indonesia dalam satu tempat, yakni berangkat ke TMII Jakarta atau berkunjung ke Jatim Park 1. Dengan datang ke tempat ini kamu bisa menghemat waktu dan biaya serta mendapatkan hal menyenangkan lainnya.

Namun jika kamu ingin mendapatkan sensasi bermain sambil belajar, maka datanglah ke sini.

Di Jatim Park 1 ada wahana bernama Galeri Etnik Nusantara, disini kamu bisa belajar mengenai etnik, adat dan kebudayaan yang ada di Indonesia sekaligus. Kamu bisa belajar mengenai adat Batak, adat Jawa, Manado hingga Papua.

Selain rumah adat kamu juga bisa melihat koleksi alat musik daerah, makanan khas daerah, dan pakaian adat tradisional dari berbagai suku yang ada di Indonesia.

Selain rumah adat yang bisa kamu lihat secara nyata, Kamu bisa belajar melalui media yang sudah disediakan berupa layar dengan aplikasi interaktif agar kamu semakin mudah memperlajari secara lebih rinci.

Galeri Etnik Nusantara ini lokasinya berada di paling depan dekat dengan pintu masuk, sehingga mudah ditemukan.

  • Etnik Papua

  • Etnik Jawa Timuran

  • Kimia Biologis

jatim park 1 kimia biologis
Sumber: @jatimparksatu

Di sini kamu bisa belajar dari hasil karya – karya ilmiah inovatif seperti Tesla Coil, Etnobotani (tanaman obat tradisional), Bahan dan alat laboratorium. Selain itu ada Hall of fame para penemu dunia, Sistem periodik unsur, bar kimia, Pelajaran tanaman dikotil dan monokotil, pelajaran reproduksi tanaman berbunga dan molekul vitamin.

  • Wahana Taman Fisika

Di wahana taman fisika kamu bisa melihat hal – hal yang berkaitan dengan ilmu fisika. Jadi dengan bermain ke wahana ini kamu akan bernosltalgia dengan kisah masa – masa belajar fisika ketika di SMA.

  • Science Center dan Science Stadium

wahana Science centre
Sumber: jtp.id

Science center merupakan wahana dimana kamu bisa belajar lebih dalam lagi mengenai unsur unsur kimia dan fisika serta praktik nya. Di Science Center kamu bisa belajar tentang hukum – hukum fisika, unsur – unsur kimia hingga morfologi dari makhluk hidup.

  • Taman Buah dan Sayur

Taman buah dan sayur ternyata ada di sini, jadi tidak perlu repot-repot berkunjung ke ladang petani hanya untuk mempelajari buah-buahan. Wahana ini sangat cocok untuk siapapaun karena bisa mengenal buah secara langsung, biasanya mungkin hanya lewat televisi atau majalah saja.

BACA JUGA:  Musim Panas Pasangan Kamu Pengen ke Pantai? Ademin Aja ke Pantai Goa Cemara Ala Pegunungan Satu Ini

Buah-buah yang ada di Taman buah dan sayur Jatim Park 1 ini juga sangat beragam, mulai terong, paprika dan jenis buah dan sayuran lainnya.

Disetiap buah atau tanaman telah disediakan papan informasi agar pengunjung mengerti asal dan siklus hidup buah tersebut. Jadi selain bisa mengenal buah tersebut kita juga bisa mempelajari bagaimana tanaman tersebut tumbuh.

  • Wahana Convoy Boat

Convoy boat adalah wahana bermain anak-anak, perahu nya dibuat mirip seperti balok kayu yang terbagi jadi beberapa bagian yang bisa di isi oleh penumpang.

Setiap bagian boat ini terhubung dan terkiat dengan rantai agar ketika berjalan boat yang belakang mengikuti boat yang paling depan yang sudah dipasangi mesin penggerak perahu.

  • Taman Sejarah

taman sejarah jatim park 1
Sumber: @faridahanumlest

Mungkin diantara kalian ada yang rindu dengan pelajaran – pelajaran sejarah ketika masih duduk di bangku SMP ataupun SMA. Nah untuk mengulang kenangan tersebut kalian bisa mendatangi wahana taman sejarah yang ada di Jatim Park 1.

Taman ini posisinya berada di sisi timur, lokasinya dekat dengan arena pasar buah dan sayur, science center, wahana convoy boat dan juga galeri numismatik.

Ketika memasuki arena ini kita akan disambut oleh gerbang dengan ornamen khas Bali. Di dalam area ini terdapat beberapa miniatur seperti miniatur Candi Tikus, Miniatur Gapura Astatinggi, Miniatur Candi jawi, Miniatur patung Budha, Miniatur Stupa Sumberawan.

Di area ini kalian juga bisa menyaksikan replika relief dari cerita sejarah ternama yang dipahat di dinding – dinding batu yang membuat area ini semakin indah.

Sejarah perkembangan Islam di Nusanta juga ditampilkan di Taman Sejarah Jatim Park 1 ini. Mulai dari tradisi bermusyarah didalam Masjid dan juga gambaran orang-orang yang menziarahi kubur yang meninggal terlebih dahulu. Di Taman Sejarah ini juga menampilkan cerita dari zaman pra sejarah.

  • Galeri Numismatik

Galeri Numismatik adalah galeri yang menampilkan sejarah uang yang ada di Indonesia dari masa ke masa. Bagi anak milenial mungkin belum pernah melihat uang sen yang sempat di gunakan di Indonesia, maka boleh lah dicoba untuk berkunjung ke galeri ini.

  • Diorama Momentum Sejarah Bangsa

diorama momentum sejarah bangsa
Sumber: @jatimparksatu

Di area ini kita bisa mempelajari atau mengulang kembali pelajaran tentang kisah perjuangan bangsa Indonesia pada masa penjajahan silam. Lewat wahana ini kita bisa belajar sejarah bangsa dari diorama atau susunan miniatur yang menceritakan kisah yang terjadi pada masa itu.

  • Keraton Nusantara

Di area Keraton Nusantara ini kamu bisa melihat keindahan rumah – rumah raja yang ada di nusantara, seperti keraton kesultanan Jogja dan juga Solo. Ada 12 keraton nusantara yang ditampilkan disini.

Selama ini kita mungkin hanya melihat keraton yang populer saja seperti yang ada di Jogja, namun di Jatim Park 1 ini kita bisa melihat dan belajar lebih banyak tentang keraton yang ada di Nusantara.

  • Balai Undagi dan Sentra Batik

Di area ini kamu bisa mengekspersikan diri melalui lukis dan juga membatik. Arah menuju Balai Undagi dan sentra batik ini sama dengan galeri numismatik, diorama momentum sejarah bangsa, 12 keraton nusantara dan galeri pos indonesia.

  • Galeri Pos Indonesia

Di area Galeri Pos Indonesia Jatim Park 1 kamu bisa melihat sejarah perkembangan Pos Indonesia, seperti prangko dan semua hal yang berkaitan dengan Pos Indonesia.

  • Galeri Kumpulan Binatang Mitologi

Galaeri kumpulan binatang mitologi yang ada di Jatim Park 1 ini menampilkan pahatan – pahatan hewan mitos yang bersumber dari cerita – cerita rakyat pada zaman dulu. Pahatan hewan mitologi tersebut ditempel di dinding dan setiap hewan juga dilengkapi papan informasi mengenai mitos hewan tersebut.

Ada banyak hewan mitologi yang berkembang cerita nya di Indonesia dan digambarkan dalam bentuk relief, seperti gajah bersayap, burung bertanduk dan banyak lagi yang lainnya.

  • Adegan Prasejarah

Di area adegan prasejarah kita bisa mengetahui cara hidup orang – orang zaman dahulu dari diorama – diorama yang ditampilkan. Mulai dari perburuan pada masa lalu, hingga cara hidup orang – orang yang hidup pada masa prasejarah.

16 wahana tadi merupakan wahana yang berkaitan dengan wisata edukasi yang ada di Jatim Park 1. Yang berikut ini adalah kategori yang kedua yakni 45 wisata rekreasi:

2. Wisata Rekreasi

  • Midi Skater

Midi Skater ini adalah wahana permainan yang cocok untuk anak-anak yang ada di Jatim Park 1. Mirip seperti bermain skater tapi posisi penumpang nya duduk diatas papan skater yang sudah dimodifikasi.

  • Tour Bus

wahana tour bus jatim park 1
Sumber: @jatimparksatu

Tak jauh dari Midi Skater tadi ada wahana permainan anak bernama tour bus, kamu bisa menaiki bus mini ini dan seakan – akan sedang tour disebuah taman bermain.

  • Ulat Coaster

wahana ulat coaster
Sumber: jtp.id

Masih disekitar wahana tour bus dan adegan prasejarah kamu bisa menemukan ulat coaster ini. Mirip dengan roler coaster namun ulat coaster ini diperuntukkan hanya bagi anak – anak dibawah 5 tahun. Kapastitas ulat coaster adalah 6 orang anak dan tiap bangkunya di isi oleh satu orang anak.

  • Convoy Car

wahana convoy car
Sumber: jtp.id

Beralih ke wahana berikutnya yang ada di Jatim Park 1 yaitu convoy car. Permainan ini juga diperuntukkan bagi anak – anak karena mobil yang digunakan untuk permainan ini adalah mobil mini yang di stel sedemikian rupa.

Ketika anak – anak duduk diatasnya kemudian otomatis mobil mini tersebut akan convoy mengikuti rute monorail yang sudah ditentukan.

  • Mini Swinger

Mini swinger ini posisinya dekat dengan wahana tour bus dan juga convoy car, permainan ini juga diperuntukkan bagi anak – anak sebab bangku nya berukuran cukup kecil. Setelah duduk diatas bangku kecil yang tergantung diatas rantai besi, lalu penumpang nya akan diputar dan melayang.

  • Sky Copter

wahana sky copter jatim park 1
Sumber: @athaya_sc10

Tak jauh dari convoy car ada sebuah wahana bernama Sky copter, nah diwahana ini orang dewasa juga bisa naik. Atau kombinasi anak dan ibu juga diperbolehkan. Rasa penasaran kamu pengen naik helikopter mungkin bisa terobati di wahana ini.

Permaianannya pun cukup sederhana, setelah masuk dan duduk dibangku sky copter, lalu benda ini akan naik ke ketinggian tertentu, dan berputar – putar.

  • Rumah Bermain

Lanjut ke wahana berikutnya yaitu rumah bermain. Di sini kamu bisa memanjakan anak – anak dengan bermain di playground yang ada di area ini, seperti main prosotan dan lain – lain.

  • Mini Jet

Tak jauh dari rumah bermain ada sebuah wahana bernama mini jet. Mini jet ini mirip juga seperti sky copter dan cocok untuk dimainkan oleh anak – anak.

  • Photo Corner

Disekitar mini swinger dan sky copter ada sebuah tempat yang bernama photo corner. Seperti namanya pasti kalian sudah paham ya ini tempat apa.

  • Froggy

wahana froggy
Sumber: @athaya_sc10

Wahana froggy ini dekat dengan rumah bermain dan midi skeater. Permainan ini cukup menantang dan diperuntukkan juga bagi anak – anak. Sesuai namanya permainan ini akan memacu adrenalin dimana 7 kursi yang disediakan untuk anak – anak tersebut akan dibuat melambung tinggi lalu mendarat. Teriakan kegembiraan dan juga rasa kaget akan menghiasi selama permainan ini berlangsung.

  • Children Playground

children play ground
Sumber: jtp.id

Tidak semua anak cocok dengan permainan yang ada di sini, terutama mereka yang usianya masih dibawah 4 tahun pasti lebih senang bermain seperti ayunan, kuda-kudaan. Di sini juga ada wahana children playground yang cocok untuk anak usia dibawah 4 tahun.

  • Arena Ketangkasan

Ingin mengasah ketangkasan anak, maka ajaklah mereka ke arena ini. Arena ketangkasan ini posisinya berada dekat dengan musholla di jatim Park 1

  • Candy Kingdom

Seperti namanya, candy kingdom adalah sebuah wahana yang menampilkan properti – properti kerajaan dalam sebuah candy atau permen.

  • Bouncy Castle

Anak kamu suka bermain di istana balon, ajaklah mereka ke wahana bouncy castle ini, posisinya tak jauh dari lokasi arena ketangkasan.

  • Trampolin

Di dekat bouncy castle tadi ada wahana permainan lompat – lompat trampolin. Permainan outdoor ini cocok untuk semua usia karena lokasinya juga cukup luas.

  • Jumping Bike Battery Car

Jumping bike battery car Jatim Park 1 ini juga merupakan wahana permainan ramah anak. Lokaisnya dekat dengan wahana bouncy castle dan wahana sky copter.

  • Waterboom

Kamu gemar bermain air, di sini juga ada waterboom dengan fasilitas yang cukup lengkap. Wahana waterboomnya sangat cocok untuk semua usia, di sini ada kolam anak-anak dan juga untuk dewasa.

Ada berbagai macam model water slide dengan ketinggian mencapai 20 meter. Selain water slide disini juga ada kolam arus yang dapat mengantar kamu berkeliling wahana waterboom dan juga ada wahana outbond air.

  • 360 Derajat Pendulum (extreme)

360 Derajat Pendulum jatim park 1
Sumber: @tyaaminullah

Wahana pendulum ini tergolong wahana yang cukup ekstrem dan hanya cocok bagi dewasa dan memiliki mental dan keberanian yang kuat. Atraksi nya adalah kamu akan diputar – putar hingga 360 derajat. Tak Cuma disitu, kamu akan dibawa ke ketinggian lalu di bolak balik hingga kepala kadang berada di posisi bawah dan kaki diatas.

  • Flying Fox

flying fox jatim park 1
Sumber: @jatimparksatu

Wahana flying fox ternyata tak selalu ada diantara pepohonan besar, flying fox di sini berada diantara wahana-wahana lainnya. Wahana flying foxnya melintasi waterboom sehingga sensasi yang dirasakan pun menjadi berbeda.

  • Sky Ride

wahana sky ride
Sumber: @jatimparksatu

Wahana sky ride ini adalah wahana yang pas jika kamu ingin melihat keindahan Jatim Park 1 dan pegunungan yang ada disekitarnya dari atas ketinggian.

Dari Sky Ride ini kamu bisa menyaksikan pemandangan Gunung Panderman, Gunung Arjuna hingga Gunung Banyak. Jangan lupa membawa kamera agar kamu bisa mengabadikan tempat ini dan pemadangan sektiarnya dari atas Sky Ride.

  • Star Chase

Ingin merasakan sensasi diputar – putar dengan kecepatan tinggi? Wahana Star Chase ini layak kamu coba. Wahana ini lebih cocok untuk dewasa jika dilihat dari kecepatan putarnya. Tapi tenang keamanan sudah pasti diperhatikan oleh pengelola Jatim Park 1.

  • Gokart

Tidak semua tempat permainan meyediakan wahana gokart, nah jika kamu ingin dan penasaran bagaimana mengemudikan mobil formula 1 versi kecil ini, kamu bisa datang ke Jatim Park 1. Disini kamu bisa seru – seruan sambil memacu adrenalin dengan balapan menggunakan mobil kecil.

  • Mocil

Mocil adalah wahana bermain anak berupa motoran sederhana. Lokasinya dekat dengan wahana sky ride dan juga wahana gokart.

  • Samba Balloon

jatim park 1 samba baloon
Sumber: @jatimparksatu

Jangan terkecoh dengan nama wahana ini, ini bukan menaiki balon seperti balon udara yang ada di Turki. Tapi permainan ini adalah wahana bermain anak dimana permainannya berputar – putar star chase tapi sangat santai.

  • Bumper Boat

Permainan ini mirip seperti permainan bom bom car tapi hanya cocok dimainkan oleh anak – anak. Bedanya lagi permainan ini ternyata lebih sulit dikendalikan jika dibandingkan dengan permainan bom bom car.

  • Keraton Hantu

keraton hantu
Sumber: @jatimparksatu

Wahana keraton hantu merupakan salah satu wahana terfavorit yang ada di Jatim Park 1. Seperti rumah-rumah hantu yang ada di pasar malam, di Keraton hantu juga seperti itu.

Bagi yang suka mistis dan berbau angker, kamu bisa mencoba wahana ini dan menyapa teman – teman hantu yang lagi sibuk bekerja didalam wahana ini. Lokasi keraton hantu berada diantara bumber boat dan mini train.

  • Mini Train

wahana enterprise ride
Sumber: jtp.id

Mini train ini adalah wahana yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelilingi Jatim Park 1. Mini train akan membawa kamu melihat-lihat beberapa bagian yang ada di tempat ini. Mini train ini mirip kereta api penumpang namun dengan bentuk yang lebih kecil.

  • Dog Ride / Dog Race

Dog ride adalah wahana permainan anak – anak, permainan ini hanya berputar – putar dan anak – anak duduk diatas punggung replika anjing yang lucu. Wahana ini berada dekat dengan wahana sky ride dan juga loket mini train.

  • Galaxy Bumber Car

Galacy bumber car ini mirip permainan bom bom car bahkan bisa dibilang nama galaxy bumber car hanya perubahan nama tanpa ada perbedaan dari cara memainkan game ini. Yang membuat berbeda adalah suasana di dalam wahana ini di hias berbagai gambar bintang-bintang agar seakan-akan kita sedang berada di luar angkasa.

  • Flying Tornado (extreme)

flying tornado wahana jatim park 1
Sumber: @anugerahphutry

Jika kamu pernah menaiki wahana tornado yang ada di Dufan Jakarta, nah flying tornado yang ada di sini juga hampir mirip dengan yang di Dufan, hanya saja wahananya lebih kecil.

BACA JUGA:  14 Makanan Ini Yang Bikin Kamu Pengen Balik Lagi Ke Medan Bag 2

Walaupun demikian tetap tantangan yang dirasakan sama, sama-sama menegangkan. Apalagi waktu posisi kaki di kepala, dan kepala di kaki, rasanya mau muntah.

Wahana ini cocok dimainkan orang – orang dewasa saja karena cukup ekstrem. Lokasi Flying Tornado Jatim Park 1 ini dekat dengan wahana Galaxy Bumber Car dan juga Spinning Coaster.

  • Spinning Coaster (extreme)

spinning coaster wahana jatm park 1
Sumber: @nadya_indayanti

Spinning Coaster adalah permainan kereta bundar yang di isi 4 orang dan cocok untuk ragam usia. Di atas kereta kamu akan diputar-putar sambil berjalan mengikuti rel yang berkelok-kelok dengan kecepatan tinggi. Lokasi spinning coaster ini cukup dekat dengan wahanan lainnya yakni Aero Test dan Carnivallowen.

  • Air Borne Shot

jatim park 1 air borne shot
Sumber: @jatimparksatu

Jika dilihat dari namanya awalnya kita berpikir ini seperti permainan tembak – tembakan, ternyata bukan. Wahana ini cukup menyenangkan karena kita diputar – putar dan naik ke ketinggian tertentu dengan kecepatan yang lumayan tapi tidak menyeramkan. Permainan ini cocok dimainkan untuk segala usia. Lokasinya berada dekat dengan wahana Aero Test dan Dog Ride.

  • Aero Test

aero test wahana jatim park 1
Sumber: @jatimparksatu

Permainan aero test mirip seperti pendulum tapi tidak seekstrim pendulum, di Aero test mirip seperti pilot sedang mengendarai pesawat jetnya dengan kondisi pesawat bolak balik dan meliuk liuk.

  • Dragon Coaster

wahana dragon coaster
Sumber: @athaya_sc10

Kamu juga bisa menunggangi naga dengan bentuk mirip Chinesse dragon di Jatim Park 1, wahana ini akan membawa kamu melaju dengan kecepatan tinggi dan sebanyak 2 kali putaran. Kapasitas Dragon Coaster muat hingga 8 orang penumpang. Lokasi nya dekat dengan waterboom dan carnivallowen.

  • Carnivallowen

Canivallowen adalah wahana rumah misteri 3D, suasanya yang dihadirkan mirip seperti rumah hantu hanya saja di carnivallowen ini. Yang bikin seram itu adalah gambar – gambar 3D dan suara – suara hantu yang berasal dari pengersa suara. Untuk masuk ke Carnivallowen pengunjung harus antri dan berkelompok, setiap kelompok hanya diperbolehkan 6 orang saja.

  • Funtastic Swimming Pool

Funtastic Swimming Pool
Sumber: @athaya_sc10

Funtastic swimming pool ini merupakan wahana air terbesar yang ada di Jatim Park, sama seperti di wahana waterboom. Di sini juga terdapat kolam arus, ditambah disini ada banana boat, area ketangkasan diatas air. Funtastic Swimming Pool Jatim Park 1 ini dikelilingi oleh wahana – wahana ekstrem.

  • Bioskop 3D

Bioskop 3D yang ada di Jatim Park 1 ini merupakan bioskop 3D terbesar yang ada di Jawa Timur. Kapasitas penonton nya muat hingga 120 orang dan memiliki layar lebar dengan ukuran 8×6 meter. Banyak film – film menarik yang bisa kamu tonton disini bersama teman dan keluarga.

  • Flying Fox

Sumber: @jatimparksatu

Hampir sama dengan wahana air yang ada 2 jenis namun berbeda tempat, di Jatim Park 1 juga ada 2 wahana flying fox namun berada di tempat yang cukup berjauhan. Wahana flying fox kedua ini lokasinya dekat dengan wahana sky swinger.

  • Sky Swinger

wahana sky swinger
Sumber: jtp.id

Jika ingin menikmati keindahan kota Batu dari ketinggian mencapai 15 meter, maka Sky Swinger adalah wahana yang cocok untuk kamu coba. Kapasitas 1 bangku bisa di isi 2 orang sehingga sangat cocok dinaikin oleh pasangan.

  • Superman Coaster (extreme)

taman selecta dekat jatim park 1
Sumber: @ahn_nandaa

Jika ingin merasakan jantung berdebar kencang cobalah menaiki wahana superman coaster ini. Mirip seperti roal coaster, superman coaster akan membawa kamu melesat dengan kecepatan tinggi dan meliuk – liuk hingga berputar diatas rel. Lokasi superman coaster ini berada cukup dekat dengan rumah pipa.

  • Mamogu Show

Mamogu Show adalah sebuah tontonan edukatif bagi anak – anak, pertunjukan ini fokus nya adalah mengajarkan tentang lingkungan kepada anak – anak dengan cara yang lebih menarik dan kreatif.

Pertunjukan ini menampilkan 3 karakter binatang yaitu Momo si monyet, Iguan si iguana dan Buma si burung makao. Pertunjukan ini memadukan antara kreatifitas dan juga teknologi. Panggung pertunjukan Momogu mirip seperti gedung bioskop, peserta minimal adalah 20 orang disetiap kali show dan maksimal 120 orang.

  • Rumah Pipa

Di rumah pipa anak-anak akan diajak untuk menyusuri pipa yang ukurannya sangat besar. Ada beberapa kejutan yang akan ditemukan ketika berada di rumah pipa Jatim Park 1 ini, seperti jurang dan juga buaya,

Rumah pipa Jatim Park 1 ini berada cukup dekat dengan wahana lainnya seperti Momogu show dan fish park.

  • Fish Park

Fish park ini adalah kebun binatang khusus hewan air saja, di fish park Jatim Park 1 ini banyak sekali akuarium yang berisi ragam jenis ikan baik ikan tawar maupun asin.

Tak hanya ikan saja yang ada di fish park Jatim Park 1 ini, hewan laut lainya seperti gurita, penyu, kura – kura dan juga kuda laut ada didalam fish park ini. Agar semakin menambah wawasan kamu bisa membaca dari setiap informasi yang berada didepan akuarim tersebut.

  • Amphitheater

amphitheater jatim park 1
Sumber: @jatimparksatu

Amphitehater ini adalah sebuah panggung yang biasa dijadikan tempat lomba dance dan kegiatan seni lainnya. Kamu bisa menikmati lantunan music live di amphitheater disaat sudah mulai lelah mengelilingi jatim park 1. Jadwal live music di Amphitheater adalah setiap hari sabtu, minggu dan juga hari libur mulai pukul 12.00 siang hingga 16.00 sore.

  • Volcano Coaster (extreme)

wahana jatim park 1 volcano coaster
Sumber: @dayarsyad

Volcano coaster Jatim park 1 ini juga merupakan wahana ekstrem tapi sangat menyeangkan. Kamu akan dibawa menggunakan kereta melintasi pegunungan hingga ke puncak. Kemudian meluncur turun dengan kecepatan tinggi sambil menembus gunung buatan. Volcano coaster ini lokasinya dekat dengan area amphitheater dan musholla.

3. Pasar

Nah, setelah membahas 45 wahana rekreasi yang ada di Jatim Park 1, berikut ini adalah kategori wahana terakhir yang ada di Jatim Park 1 yaitu “Pasar” pasar di Jatim Park 1 terdiri dari 2 area yaitu .

  • Pasar Wisata

Di dalam Pasar wisata Jatim Park 1 ini ada kios bunga dan juga kedai nusantara, dimana stand – stand yang berdiri disini lebih kurang mencapai 100 stand. Semuanya menjual aneka oleh – oleh yang bisa kamu bawa pulang kerumah.

Kamu bisa belanja buah olahan khas Batu disini, seperti keripik apel, keripik nangka dan disini juga bisa dijumpai souvenir dan kerajinan khas Jawa Timur.

  • Pasar Buah dan Hewan

Melengkapi pasar wisata Jatim Park 1, pasar buah dan hewan juga bisa kamu jadikan tujuan akhir sebelum kembali ke kampung halaman. Disini banyak aneka buah yang bisa kamu beli dan juga bisa melihat hewan – hewa  lucu.

Atraksi Terbaru yang Belum Masuk Peta

  • Museum D’Topeng (Indonesian Heritage Museum)

museum dtopeng
Sumber: @pucung_bandeng

Museum D’ Topeng adalah tempat yang cocok untuk belajar peninggalan bersejarah yang ada di Nusantara, berbagai macam peninggalan dari Sabang sampai Merauke terdapat di museum ini.

Selain topeng, senjata tradisional yang terkenal hingga penjuru dunia pun ada disini. Ribuan koleksi topeng – topeng, senjata tradisional hingga alat – alat antik bisa kamu saksikan di Museum D’ Topeng Jatim Park 1.

  • Enterprise Ride

wahana enterprise ride
Sumber: jtp.id

Enterprise Ride ini merupakan salah satu wahana terbaru yang akan memanjakan pengunjung Jatim Park 1. Para pengunjung akan meraakan sensasi meluncur terbang ke udara seperti berada di pusaran angin tornado. Kecepatannya hingga 50 KM/jam dengan sudut kemiringan hingga 80 derajat selama kurang lebih 3 menit.

  • Gyroscope

wahana gyroscope
Sumber: jtp.id

Wahana Gyroscope ini juga merupakan salah satu wahana yang terbaru yang ada di Jatim Park 1. Pengunjung dapat merasakan sensasi seperti menaiki pesawat jet tempur yang sedang berputar – putar 360 derajat di udara. Wahana ini bisa di isi hingga 4 orang pengunjung sekaligus.

  • Happy Boat

wahana happy boat
Sumber: jtp.id

Happy boat juga merupakan salah satu wahana terbaru yang ada di Jatim Park 1. Wahana ini diperuntukkan bagi anak – anak dengan berat badan maksimal 25kg saja. Anak – anak bisa dengan riang gembira menakhodai kepal kecil mereka diatas air tanpa takut basah, sebab mereka didalam kapal. Wahana permainan ini dekat dengan wahana candy kingdom, froggy dan children playground.

Fasilitas di Jatim Park 1

  • Angkutan Gratis Jatim Park Group

angkutan gratis jatim park 1
Sumber: jtp.id

Jatim Park Group telah menyediakan fasilitas angkutan umum yang akan mengakomodir kebutuhan pengunjun. Baik dari Jatim Park 1 yang akan menuju Jatim Park 3 begitupula sebaliknya, berikut ini rute angkutan gratis di Jatim Park Group:

Terminal Pusat : Jatim Park 3

Jam Operasional : 10.00 – 21.00 wib

Rute 1 : Jatim Park 3 – Jatim Park 1  & Museum Tubuh – Museum Angkut

Rute 2 : Jatim Park 3 – Predator Fun Park – Batu Night Spectacular – Jatim Park 2

  • Shuttel Car & Dotto Train

Sumber: jtp.id

Jika kamu kelelahan berjalan di sektiar Jatim Park, kamu bisa memanfaatkan Shuttel Car & Dotto Train ini. Kereta mini ini akan membantu meringankan beban perjalanan kamu selama di Jatim Park.

Shuttel Car & Dotto Train ini gratis dan rute nya mulai dari Batu secret zoo dan museum satwa – Eco green park – Jatim Park 1 & Museum Tubuh – Museum Angkut dan balik lagi ke Batu Secret Zoo.

  • Food Court

food court
Sumber: jtp.id

Jika lapar atau hanya sekedar ingin mencicipi makanan, di Jatim Park 1 juga sudah tersedia foodcourt, snack booth yang akan memanjakan perut kamu.

  • Pasar Wisata

Belanja biasanya digemari oleh hampir semua wisatawan termasuk emak-emak. Tenang di area Jatim Park 1 juga sudah disediakan pasar wisata yang menyediakan ragam produk lokal masyarakat Batu, baik itu cinderamata dan juga aksesoris lainnya.

  • Pasar Bunga dan Buah

pasar bunga jatim park 1
Sumber: jtp.id

Gemar dengan tumbuhan yang satu ini, di Jatim Park 1 juga disediakan pasar bunga, tak Cuma bunga sayur dan buah pun ada disini. Kamu bisa melihat – lihat saja atau jika ingin berbelanja untuk dibawa pulang juga sangat direkomendasikan.

  • Charging Station

Jangan bersedih dan gundah gulana kalau kamu sadar bahwa charger handphone mu ketinggalan di kamar hotel. Di Jatim Park 1 sudah disediakan charging station atau tempat cas umum. Ada banyak soket yang bisa kamu gunakan untuk pengisian batre hp secara gratis.

  • Medical Care

Keamanan dan keselamatan menjadi bagian terpenting di Jatim Park 1. Oleh sebab itu disediakan juga mobil ambulance bilamana ada pengunjung yang cidera ketika berada di area Jatim Park 1, mobil ambulance ini gratis.

  • Toilet Difabel dan Jalur Kursi Roda

Akses bagi penyandang disabilitas juga sangat diperhatikan disini, selain toilet umum bagi orang yang normal, toilet difabel juga tersedia di Jatim Park Group, sangat menginspirasi. Jalur kursi roda juga tak lupa disediakan oleh pengelola.

  • Klinik

Yang masuk angin setelah bermain wahana yang super ekstrem di Jatim Park 1 tidak perlu khawatir, kamu bisa langung datang berkungjung ke klinik yang ada di Jatim Park 1.

  • Rumah Ibu dan Anak

Jatim Park 1 selain ramah kantong, ternyata juga ramah terhadap ibu dan anak. Jika anak rewel dan minta asi, kamu bisa menggunakan rumah ibu dan anak ini untuk tempat menyusui si buah hati.

  • Loker

Jangan takut bawa barang banyak ke Jatim Park 1, disini tersedia loker yang bisa menampung barang – barang kamu dengan aman.

  • Pusat Informasi

Jatim Park Group sadar bahwa wahana mereka sangat luas, oleh sebab itu dibuatlah pusat informasi dengan tujuan untuk membantu pengunjung jika terpisah dari rombongannya.

  • Musholla

Jika masuk waktu sholat, kamu tak perlu khawatir akan ambil wudhu dan sholat dimana. Di Jatim Park 1 juga disediakan fasilitas musholla yang nyaman dan bersih.

  • Ruang Ganti

Wahana air tentu mau tidak mau membuat kamu akan berbasah – basahan, namun tak perlu khawatir mau ganti baju dimana, ruang ganti juga disediakan di Jatim Park 1.

  • Tempat Parkir

Area parkir Jatim Park 1 sangat memadai dan mampu menampung banyak kendaraan baik motor, mobil dan juga bus.

  • Free Wifi

Jatim Park sadar bahwa dengan memberikan akses internet gratis maka bisnis pariwisata mereka akan semakin terkenal.  Jika melihat kebiasaan anak milenial yang gemar foto lalu share ke dunia maya, maka ini akan menjadi alat promosi gratis bagi Jatim Park.

BACA JUGA:  10 Danau Tertinggi Di Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui Dan Lestarikan

Alamat dan Rute Menuju Jatim Park 1

Alamat Jatim Park 1 cukup lah mudah di akses, lokasinya berada di Jalan Kartika No. 2 Kota Wisata Batu, Kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. Telp. (0341) 597777

Akses menuju Jatim Park 1 sangat mudah apalagi jika kamu menggunakan map online sebagai petunjuk arah. Akses ini mudah dilalui baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika kamu berangkat dari pusat Kota Malang kamu bisa bertanya ke warga arah menuju kota Batu, atau bisa juga dengan memperhatikan rambu – rambu yang sudah tersedia yang menunjukkan arah menuju Kota Batu.

Tanda pertama adalah kamu akan melewati kampus putih UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) dan gapura selamat datang di Kota Batu. Ikuti terus jalan utama hingga bertemu pertigaan dan wajib belok kiri (jalur one way).

Setelah belok ambillah lajur kanan karena dijalan ini akan terpisah oleh pembatas jalan (masih one way). Lajur kiri ke arah Jatim Park 2 dan Batu Night Spectacular dan lajur kanan ke arah Jatim Park 1, Museum Angkut, Kusuma Agrowisata, Taman Selecta Malang dan tempat wisata lainnya.

Jika kamu tiba di Malang dengan menggunakan kereta api, dari staisun KA Malang naiklah angkutan umum dengan kode AL atau ADL untuk menuju ke terminal Landung terlebih dahulu.

Lalu dari terminal Landung lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum dengan kode BL atau BTL. Angkutan ini akan mengantarkan kamu langsung ke depan pintu gerbang Jatim Park 1.

Waktu tempuh menggunakan kendaraan umum sekitar 1 jam bila kondisi jalanan lancar dengan tarif sekitar 3.000 hingga 5.000 rupiah.

Peraturan Bagi Pengunjung Jatim Park 1

Setiap tempat wisata tentulah ada peraturan masing – masing yang harus ditaati oleh setiap pengunjungnya. Berikut ini kami informasikan peraturan bagi pengunjung Jatim Park 1 :

  1. Anak – anak dengan tinggi badan diatas 85 cm dikenakan biaya tiket masuk penuh seperti orang dewasa.
  2. Tidak diperbolehkan membawa makanan dari luar ketika memasuki kawasan Jatim Park 1
  3. Tidak diperbolehkan memasang gelang tiket masuk sendiri, gelang akan dipasangkan oleh petugas entrance saat dipintu masuk
  4. Dilarang membawa senjata tajam, minuman keras dan hewan peliharaan, termasuk kucing, kelinci apalagi harimau.
  5. Harga tiket merupakan tiket terusan yang bergungsi sebagai Free Entry Ticket pada seluruh wahana yang ada di Jatim Park 1, kecualigokart, trampolin dan Flying fox

Tiket Masuk dan Jam Operasional Jatim Park 1, Juli 2019

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan langsung dari situs pemesanan tiket online resmi Jatim Park 1 bbok.jtp.id , kami memilih pemesanan untuk 2 tanggal yakni weekday (hari biasa) dan juga weekeng (hari libur), maka harga tiket yang berlaku pada bulan Agustus 2019 sebagai berikut :

Tiket Masuk Jatim Park 1 (Weekday)

  • Tiket Masuk Jatim Park 1 (Only) Rp. 75.000
  • Tiket Paket 1  (Jatim Park 1 + Museum Tubuh) Rp. 91.000
  • Tiket Sakti (Berlaku 2 hari) Rp. 375.000
  • Tiket Super Sakti (Berlaku 3 hari) Rp. 450.000

Tiket masuk Jatim Park 1 (Weekend)

  • Tiket Masuk Jatim Park 1 (Only)  TIDAK DIJUAL
  • Tiket Paket 1  (Jatim Park 1 + Museum Tubuh) Rp. 120.000
  • Tiket Sakti (Berlaku 2 hari) Rp. 375.000
  • Tiket Super Sakti (Berlaku 3 hari) Rp. 450.000

Tiket dengan harga tersebut merupakan tiket terusan untuk memainkan atau mengunjungi semua wahana yang ada di Jatim Park 1, kecuali dibawah ini :

Tiket wahana yang tidak termasuk Free Entry Ticket

  • Gokart satu putaran Rp.  14.000
  • Flying Fox satu kali luncur Rp. 15.000
  • Flying Fox 6 menit Rp. 6.000

Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah atau promo bisa memesan melalui vendor yang sudah bekerjasama dengan Jatim Park 1. Seperti traveloka atau biasanya juga ada promo – promo tertentu dari penyedia jasa layanan perbankan.

Jam Operasional Jatim Park 1

Jam Buka Jatim Park 1 : 8.30 – 16.30 wib

Video Jatim Park 1

Jika Anda ingin melihat video mengenai wahana yang ada di Jatim Park 1, silakan play video di bawah ini:

Hotel dekat Jatim Park 1

Akomodasi penginapan merupakan hal terpenting ketika liburan di Kota Batu dengan waktu yang lebih dari sehari. Tentunya jika liburan bersama keluarga kita menginginkan penginapan terbaik dengan harga yang ramah di kantong.

Berikut ini kami informasikan 5 rekomendasi penginapan, hotel atau villa yang dekat dengan Jatim Park 1 :

  • Villa Venny II

Lokasi villa ini berada cukup dekat dengan Jatim Park 1, sekitar 1 kilometer saja, alamatnya di Jalan Oro-Oro Ombo, Gang Pesantrem No 6 G, Batu.

Villa ini juga sangat dekat dengan tempat wisata di sekitar Jatim Park 1, jaraknya sekitar 300 meter dari Jatim Park 2. 1 kilometer dari Batu Night Spectacular, 1,8 kilometer dari Museum Angkut, 1,9 kilometer dari Kusuma Agrowisata dan 2 kilometer dari alun – alun Kota Batu.

Haga sewa per malam nya dikisaran harga 720 ribuan per malam dan bisa di isi hingga 6 orang lebih. Untuk pemesanan disarankan lewat online agar tidak kehabisan tempat.

  • Villa Batu Malang

Villa Batu Malang ini jaraknya sangat dekat dengan Jatim Park 1, yaitu sekitar 500 meteran saja. Kamu tidak perlu repot – repot naik kendaraan lagi kalau mau berkunjung ke tempat wisata ini, dengan berjalan kaki saja sudah bisa.

Sama seperti Villla Venny II, villa ini juga dekat dengan tempat – tempat wisata yang ada disektiar Jatim Park 1. Harganya sedikit lebih mahal yakni sekitar 1.3jutaan per malam, namun bisa di isi hingga 8 orang lebih.

Alamat Villa Batu Malang ini berada di Jalan Abdul Gani Atas, Kesuma Estate Tahap II Kav 41, Sisir, Kota Batu.

  • River Stone Hotel & Cottage

Hotel ini juga terbilang sangat dekat dari Jatim Park 1, jaraknya hanya 500an meter saja, jadi dari hotel ke Jatim Park 1 bisa dengan jalan kaki santai saja.

Fasilitas hotel ini juga terbilang lengkap, lemari, toilet amenities, Televisi, restoran, wifi, sarapan, AC, Shower dan fasilitas standard hotel lainnya juga ada tersedia.

Harga room per malam nya dikisaran 300ribuan permalam nya. Dengan pilihan kamar double bed ataupun single bed.

Alamat River Stone Hotel & Cottage di Jalan K.H Agus Salim 97, kota Batu.

  • Capital O 802 Omah Londo Hotel & Resort

Jika ingin menginap dengan fasilitas yang ada kolam renang nya, kamu bisa memilih Omah Londo Hotel & Resort, ada fasilitas pool outdoor disini.

Jaraknya juga cukup dekat dari Jatim Park 1, hanya sekitar 600 meteran saja dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Harga hotel ini permalam nya berada dikisaran 490ribuan per malam untuk tipe kamar Deluxe. Alamat Omah Londo Hotel & Resort berada di Jalan Abdul Gani Atas No. 25, Kota Batu.

  • OYO 930 Griya Imafa

Jika kamu ingin menginap dengan budget hotel, kamu bisa memilih OYO 930 Griya Imafa yang beralamat di Jalan Raya Oro – Oro, komplek perumahan Batu Green Park No. 20, lokasinya didepan pintu keluar Jatim Park 2.

Jaraknya dari Jatim Park 1 hanya sekitar 700 meteran saja. Harga sewa room disini mulai dari 190 ribuan per malamnya dan sudah mendapatkan fasilitas berupa kamar AC dan kamar mandi dengan shower.

Tempat Wisata di Sekitar Jatim Park 1

Setidaknya ada 10 tempat wisata terbaik disekitar Jatim Park 1 yang ingin kami informasikan kepada kalian agar liburan kalian semakin maksimal ketika berada di Kota Batu.

  • Museum Angkut

Museum angkut merupakan museum transportasi keren dan satusatnya yang ada di Surabaya. Ragam jenis transpotasi baik itu klasik dan juga antik bisa kamu lihat disini.

Lokasi museum angkut berada di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2 Kota Batu, jaraknya sekitar 400 meter dari Jatim Park 1.

  • Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata adalah tempat wisata alam yang didalamnya terdapat banyak buah – buahan dan juga sayuran segar khas Batu. Lokasinya berada di Jalan Abdul Gani Atas, Kecataman Batu, Jawa Timur.

Jarak Kusuma Agrowisata dari Jatim Park 1 hanya sekitar 600 meteran saja dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

  • Jatim Park 2

Berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 bisa dibilang melengkapi wahana – wahana yang tidak kamu temukan di Jatim Park 1. Jadi kamu harus cobain juga berkunjung kesini.

Lokasi Jatim Park 2 berada di jalan Oro – Oro Ombo No 9 Kota Batu, jaraknya sekitar 1.2 kilometer dari Jatim Park 1.

  • Alun – Alun Kota Wisata Batu

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke satu daerah tapi tidak singgah di alun – alun kota tersebut. Alun – alun kota Batu berada di Jalan Diponegoro, Kecamatan Sisir, Kota Batu. Jaraknya sekitar 1.4 kilometer saja dari Jatim Park 1.

  • Batu Night Spectacular

Ingin melihat indahnya lampu lampion dimalam hari sambil menikmati sejuknya udara Batu, maka singgah lah ke Batu Night Spectacular atau yang lebih dikenal dengan BNS ini.

Lokasinya berada di Jalan Hayam Wuruk No. 1, oro – oro Ombo, Batu. Jaraknya sekitar 2.2 kilometer dari Jatim Park 1.

  • Taman Wisata Tirta Nirwana Songgoriti

Seperti diceritakan diawal artikel ini, konon kawasan wisata Songgoriti ini merupakan tempat perisirahatan para raja dulunya. Kamu bisa menikmati keindahan alam dan juga berenang di tempat ini.

Lokasinya berada di Jalan Songgoriti No 51, Desa Songgokerto, Kota Batu. Jaraknya sekitar 2.3 kilometer dari Jatim Park 1

  • Taman Selecta

taman selecta dekat jatim park 1
Sumber: @tamanrekreasiselecta

Ingin main ke tempat yang cantik untuk foto, singgahlah ke Taman Selecta. Banyak kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan disini seperti seluncur air, main perahu dayung, main sepeda gantung dan banyak lagi.

Lokasinya berada di Jalan Raya Selecta No. 1, Tulung Rejo, Kota Batu. Jaraknya sekitar 6.6 kilometer dari Jatim Park 1

  • Air Terjun Coban Rondo

Ingin mandi ditengah-tengah alam yang indah dengan udara yang menyegarkan? Kamu harus nyobain mandi dan bermain aktifitas menarik lainnya di air terjun Coban Rondo.

Lokasinya hanya berjarak sekitar 4.8 kilometer dari Jatim Park 1, alamatnya berada di Jalan Coban Rondo, Desa Pandesan Kecamatan Pujon, Kota Batu.

  • Kaliwatu Rafting

Ingin menantang adrenalin dengan cara menyisir sungai dengan cara rafting atau arung jeram, Kaliwatu Rafting adalah pilihan yang tepat untuk disinggahi.

Lokasi Kaliwatu Rafting ini berada di Jalan Raya Pandanrejo No. 19, Batu. Jaraknya juga cukup dekat dari Jatim Park 1 yakni sekitar 2.7 kilometer saja.

  • Coban Rais

Tempat wisata alam terbaik yang ke sepuluh yang harus kamu kunjungin ketika berada di Batu adalah Coban Rais. Lokasinya berada di Jalur lingkar barat, Dusun Dresel, Desa oro – Oro Ombo, Kota Batu.

Sebuah karya alam berupa air terjun dan keindahan alam yang luar biasa yang bisa kamu nikmati ketika di Kota Batu. Tempat ini juga banyak spot – spot foto menarik, seperti batu flower garden dan spot foto lainnya yang tak kalah menarik.

Tips dan Saran Sebelum Berwisata ke Jatim Park 1

Sebelum memutuskan untuk liburan ke Jatim Park 1 ada baiknya jika kamu mengetahui informasi ini terlebih dahulu agar liburan kamu jadi semakin maksimal.

  1. Bila kamu dari luar kota Batu atau dari luar Kabupaten Malang dan sengaja khusus untuk liburan di sekitar Batu, maka persiapkanlah penginapan terlebih dahulu. Ambil akomodasi yang dekat dengan Jatim Park 1 karena akses ke tempat wisata lainnya lebih dekat.
  2. Cari informasi penyewaan kendaraan baik motor ataupun mobil jauh jauh hari sebelumnya. Bisa menanyakan teman yang ada di Batu, jika tidak ada bisa cari informasi melalui internet.
  3. Pesan penginpan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, tujuannya agar lebih leluasa untuk memilih tempat yang nyaman karena stok masih banyak, dan tentunya harga akan lebih murah.
  4. Cek informasi harga tiket masuk dari situs resminya seperti yang kami informasikan sebelumnya secara berkala, agar lebih akurat dan bisa mempersiapkan keuangan lebih matang.
  5. Beli tiket masuk Jatim Park 1 melalui online agar lebih fleksibel, dan bisa cari – cari promo juga.
  6. Bawalah jaket secukupnya karena di Kota Batu suhunya cukup dingin, karena posisinya berada di pegunungan.
  7. Biasakan membaca setiap informasi secara utuh agar tidak terjadi kesalahpahaman ketika liburan kamu sedang berlangsung.

Oke travelers, sampai disini dulu artikel tentang Jatim Park 1 ini, terimakasih sebelumnya sudah membaca artikel ini sampai habis.

Sampai ketemu di artikel berikutnya, selamat menikmati liburan dan salam satu bumi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *