Kalibiru, Wisata Alam dengan Spot Unik di Atas Bukit Kulon Progo

Kalibiru adalah salah satu tempat wisata alam yang hits di daerah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dari atas bukit dengan ketinggian sekitar 450 mdpl, para pengunjung dapat melihat keindahan pemandangan alam yang mempesona dengan latar belakang Waduk Sermo.

Pintu Masuk Wisata Alam Kalibiru
Pintu Masuk Wisata Alam Kalibiru

Selain bisa melihat perbukitan menoreh dari kejauhan, saat cuaca cerah kamu pun bisa melihat deburan ombak pantai selatan dari puncak ini. Jadi buat kamu yang berada di sekitar Kulonprogo, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Embung Batara Sriten kalau hanya ingin menikmati pemandangan dari ketinggian.

Sebelum lahan dengan luas 29 hektare ini menjadi tempat wisata hits seperti sekarang, dulunya berupa lahan gersang dan tandus. Berkat kerja keras warga masyarakat dan pemerintah, tempat ini berubah menjadi aset wisata Kulon Progo yang menjanjikan.

Penasaran seperti apa tempatnya? Mumpung cuaca cerah, yuk ikuti tim Tempat Asik capcus jalan-jalan ke Wisata Alam Kalibiru yang penuh spot menarik ini.

Alamat dan Rute Menuju Wisata Alam Kalibiru

Wisata alam ini berada di Jalan Waduk Sermo, Desa Kalibiru, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dari kota Jogja berjarak kurang lebih sekitar 40 kilometer ke arah barat, atau sekitar 10 kilometer jika dari kota Wates Kulon Progo.

Jalan menuju ke Wisata Alam Kalibiru
Jalan menuju ke Wisata Alam Kalibiru

Jika berencana ke sini, kamu bisa sekalian wisata ke Waduk Sermo karena jalannya searah. Kamu bisa menjumpai banyak spot foto menarik yang bisa dicoba di kawasan waduk tersebut dengan paduan pemandangan alam yang indah.

Pemandangan Waduk Sermo dari atas bukit
Pemandangan Waduk Sermo dari atas bukit

Rute dari kota Jogja ke arah Jl. Wates, di sekitar Jl. Wates km.17 ada papan petunjuk menuju Waduk Sermo, belok kanan melewati rel kereta api. Lurus ikuti jalan sampai menemukan petunjuk jalan berikutnya, sampai di daerah waduk ikuti petunjuk. Belok kanan menuju jalan menanjak naik ke arah wisata kalibiru, sampai di SD Negeri 2 Sermo masih lurus nanti di tiap tikungan jalan ada orang/petugas yang memberi petunjuk arah.

BACA JUGA:  Kamu Doyan Foto? Pas Lagi di Medan Jangan Lupa Kunjungi 13 Spot Hunting Ini! (Bag.2)
Petunjuk arah menuju Kalibiru
Petunjuk arah menuju lokasi wisata kali biru

Sebelum berangkat sebaiknya cek semua kondisi kendaraan, terutama pada rem dan gas karena jalan menuju lokasi naik turun, dan banyak tikungan tajam.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru

Harga tiket masuk wisata alam Kalibiru
Harga tiket masuk wisata alam Kali biru

Kawasan wisata ini buka setiap hari dan ramai pengunjung saat hari libur/weekend. Untuk menikmati keindahan wisata di sini, kamu cukup bayar tiket masuk Rp 10.000,- per orang. Harga ini sudah termasuk asuransi/santunan kecelakaan.

Tarif parkir sepeda motor di kawasan wisata Kalibiru
Tarif parkir sepeda motor di kawasan wisata Kalibiru

Kita ke sini cukup menggunakan sepeda motor saja, dan cukup bayar biaya parkir Rp 2.000,-. Untuk tarif parkir mobil Rp 5.000,- per unit.

Spot Menarik di Wisata Alam Kalibiru

Ada banyak spot unik dan menarik yang bisa kamu temukan di sini, jangan lupa siapkan kamera/smartphone kamu dan gaya asikmu di depan kamera. Jika mau, di sini juga ada jasa fotografer yang siap melayani dan mengatur pose kamu yang terbaik.

Daftar harga spot foto per orang, di Kalibiru
Daftar harga spot foto per orang, di Kalibiru

Untuk harga tiket spot foto 1, spot foto panggung, & spot foto bundar/tampir cukup membayar Rp 15.000,- per orang. Untuk tiket spot foto 2 dan 3/love Rp 10.000,- per orang, untuk spot high rope game / flying fox cukup bayar Rp 35.000,- per orang.

Untuk bisa berfoto pada spot yang ada di sini kamu harus rela antri. Jika pas musim liburan, kamu harus antri panjang karena pengunjungnya cukup ramai.

Taman di Kalibiru yang bisa dijadikan spot foto
Taman di Kalibiru yang bisa dijadikan spot foto

Sebelum sampai di lokasi spot untuk berfoto, kamu bisa mampir foto di area taman bersama teman/pasanganmu.

BACA JUGA:  Serunya Jalan Jalan Ke Beberapa Sudut Wisata Yogyakarta
High Rope Game di Kalibiru
High Rope Game di Kalibiru

Pertama memasuki lokasi spot, kamu bisa mencoba highrope game yang berada di atas ketinggian dengan membeli tiket di loket yang tersedia.

Spot Panggung untuk berfoto
Spot Panggung untuk berfoto

Di sampingnya terdapat Spot Panggung yang bisa kamu coba,rame-rame, mengajak teman akan lebih seru pastinya karena panggung juga bisa menampung lebih banyak orang.

Spot 1 di wisata alam Kalibiru
Spot 1 di wisata alam Kalibiru

Lanjut perjalanan ada Spot 1 dengan panggung segi empat yang menyatu dengan pohon pinus.

Spot Bundar di wisata Kalibiru diatas ketinggian
Spot Bundar di wisata Kalibiru diatas ketinggian

Di Spot Bundar yang satu ini kamu bisa berfoto dengan background pemandangan alam yang luas, karena spot ini berada di ketinggian. Spot ini tidak menyatu dengan pohon, jadi tetap hati-hati dan waspada.

Spot 2 di wisata Kalibiru
Spot 2 di wisata Kalibiru

Bagi kamu para cewek-cewek pasti lebih suka Spot 2 dengan bentuk seperti bunga ini. Kamu bisa berekspresi dari atas sini.

Warung makanan di kaliburu
Warung makanan di kaliburu

Sambil menunggu panggilan antrian berfoto, tak ada salahnya jika kamu pesan makanan di jajaran warung yang tersedia di tempat wisata ini. Harganya pun juga terjangkau dan tempatnya cukup bersih.

Spot foto 3 berbentuk love di Kalibiru
Spot foto 3 berbentuk love di Kalibiru

Di Spot 3 dengan bentuk Love biasanya disukai pengunjung yang datang ke sini bersama pasangan atau pacar. Mungkin biar hasil fotonya lebih romantis gitu ya. Bagi yang jomblo tak ada salahnya juga nyobain foto di sini sambil berpura-pura kuat.

Gardu pandang di puncak Kalibiru
Gardu pandang di puncak Kalibiru

Di bagian puncak ada beberapa gardu pandang yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan dengan tiupan angin pegunungan.

Di kawasan wisata ini ada batu Kris Bennet / Chris Bennett, yang merupakan batu biasa dengan diameter 3-4 meter.

BACA JUGA:  Top Selfie Pinusan Kragilan di Hutan Pinus Magelang yang Hits
Batu Kris Bennet / Chris Bennett di Kalibiru
Batu Kris Bennet / Chris Bennett di Kalibiru

Nama batu ini diambil dari nama seorang aktivis lingkungan dari Kanada yang dulu pernah ke tempat ini dan tinggal beberapa bulan bersama warga. Warga pun mengenangnya dengan memberi nama batu tersebut sesuai namanya.

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, diusahakan datang ke tempat wisata ini saat cuaca cerah. Selain hasil foto bagus, perjalanan kesini pun lebih mudah karena jika hujan jalanan menjadi becek dan licin.

Spot foto dengan burung hantu
Spot foto dengan burung hantu

Bagi kamu yang ingin ber foto dengan burung hantu di sini juga ada beberapa burung. Jika ingin berfoto cukup bayar seikhlasnya saja.

Tempat ini juga menjadi lokasi favorit untuk melihat sunset/sunrise saat cuaca mendukung.

Fasilitas di Wisata Alam Kalibiru

Fasilitas di kawasan wisata alam ini sudah cukup lengkap, ada area parkir yang cukup luas, ada toilet, mushola, tempat sampah, dan banyak warung yang siap melayani para pengunjung jika merasa lapar.

Area parkir mobil di Kalibiru yang cukup luas
Area parkir mobil di Kalibiru yang cukup luas

Ada pula area ayunan untuk sekedar bermain dan bersantai di dekat spot foto yang ada di pojok dekat gardu pandang.

Kamu bisa menikmati hembusan angin di puncak Kalibiru sambil duduk di ayunan
Kamu bisa menikmati hembusan angin di puncak Kalibiru sambil duduk di ayunan

Di kawasan wisata ini juga ada beberapa pondok wisata yang bisa disewa untuk menginap.

Pondok wisata di Kalibiru
Pondok wisata di Kalibiru

Penasaran mau nyoba foto di spot menarik yang ada di Wisata Alam Kalibiru ini? Bagi kamu yang mumpung liburan di Jogja/sekitarnya boleh deh wisata ke sini, dijamin seru. Selamat berlibur dan berakhir pekan, salam piknik.