Kebun Raya Bogor

Informasi terbaru Kebun Raya Bogor mengenai harga tiket, jam buka, spot foto, fasilitas dan tempat-tempat wisata terdekat yang bisa dikunjungi.

Kota Bogor tidak hanya dikenal sebagai kota hujan atau kota seribu angkot, namun juga sebagai tempat wisata favorit terutama bagi warga Jakarta pada akhir pekan ataupun saat liburan hari-hari besar.

Puncak bogor adalah salah satu destinasi terfavorit saat berwisata ke Bogor, namun ada satu tempat yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja ketika sedang berada di Kota Bogor, yakni Kebun Raya Bogor.

Tempat ini dalam sejarahnya dibangun karena alasan Peperangan yang terus berlanjut di Eropa dan menyebabkan Belanda mengalami kelesuan, Belanda saat itu adalah kerajaan yang menguasai Indonesia saat itu.

Thomas Stamford Raffles adalah inisiator terbentuknya Kebun Raya Bogor yang indah dan bisa kita nikmati seperti sekarang ini. Awalnya tempat ini adalah Samida (hutan buatan) yang dibuat pada zaman Prabu Siliwangi.

Namun setelah Thomas Stamford Raffles mendirikan bangunan peristirahatan untuk para pejabat Hindia-Belanda yang sekarang kita kenal dengan Istana Bogor, Raffles justru tertarik untuk mengubah Samida menjadi kebun yang indah.

Pada tanggal 15 April 1817 seorang berkebangsaat Jerman Prof. Caspar George Carl Reindwardt mencetuskan gagasan untuk mendirikan kebun botani yang pada waktu itu diberi nama ‘S Lands Plantentuin te Buitenzorg

Setelah Indonesia merdeka, tahun 1949 ‘S Lands Plantentuin te Buitenzorgberganti nama menjadi Jawatan Penyelidikan Alam, lalu berganti lagi menjadi Lembaga Pusat Penelitian Alam (LPPA) dan untuk pertama kalinya dikelola oleh bangsa Indonesia Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo.

Pada saat itu pimpinan Kebun Raya masih dipegang oleh orang asing hingga pada tahun 1956 untuk pertama kalinya pimpinan Kebun Raya Bogor dipegang oleh bangsa Indonesia yaitu Sudjana Kassan menggantikan J. Douglas

Sekilas nama-nama tokoh tersebut di atas beberapa diantaranya memiliki kenangan tersendiri di Kebun Raya Bogor, nama mereka diabadikan sebagai nama taman, prasasti dan lain sebagainya.

Nilai utama ketika berkunjung ke sini adalah bertambahnya wawasan kebangsaan kita sebab di sini kita bisa belajar bagaimana sejarah perkembangan Kebun Raya yang juga erat kaitannya dengan proses kemerdaan Republik Indonsia saat itu.

kebun raya bogor
Sumber: @topan_kripsiarto

Selain itu tentulah kita bisa menyaksikan tumbuhan-tumbuhan yang mungkin belum pernah kita jumpai sebelumnya di tempat asal kita.

Daftar Isi

Mitos di Kebun Raya Bogor

Ada mitos unik yang sampai saat ini ternyata masih sering diperbincangakan orang baik itu wisatawan maupun warga sekitar Kebun Raya, yakni terkait jembatan putus cinta dan pohon jodoh.

Jembatan putus cinta dipercaya jika pasangan kekasih melewati jembatan ini maka kisah cinta mereka akan segera berakhir atau putus.

jembatan putus cinta
Sumber: @richie_kevin

Sebaliknya di Kebun Raya Bogor ini juga ada yang namanya pohon jodoh, konon katanya jika kamu lagi jomblo dan berkunjung ke pohon ini, sesama jomblowan dan jomblowati akan dijodohkan dalam satu ikatan cinta.

Jadi jangan heran jika pengunjung justru lebih banyak datang ke pohon jodoh ini dari pada ke jembatan putus cinta. Ada kemungkinan lain sih, wisatawan tersebut memang tidak tahu atau memang tidak perduli dengan mitos lucu tersebut.

pohon jodoh
Sumber: @nanangkh

Masih ada mitos-mitos lain yang berkembang dikalangan masyarakat terkait Kebun Raya Bogor, namun karena itu hanyalah sebuah mitos, bukan fakta. Maka tidak perlu juga untuk dibahas karena bisa terjerumus kepada kesyirikan. hehe

Aktifitas di Kebun Raya Bogor

Olahraga

Pernah melihat Bapak Presiden RI berlari-lari pagi bersama staf khususnya di sekitar istana? Kebanyakan aktifitas tersebut dilakukan di sekitar Kebun Raya ini.

Dikawasan Kebun Raya sudah disediakan jalur yang nyaman untuk jogging, bersepeda ataupun jalan santai, di sisi kiri dan kanan jalan terdapat pohon yang rindah yang membuat suasana menjadi semakin segar.

Bersantai

Kalau hanya sekedar ingin bersantai menikmati suasana tenang ditemani suara-suara burung yang merdu dan merasakan segarnya hembusan angin kota Bogor, di Kebun Raya Bogor ini adalah salah satu tempat yang sangat cocok.

Foto Pra Wedding

Ingin membuat foto kenangan untuk pernikahan seperti pra wedding atau after wedding? tempat ini punya banyak spot menarik yang dapat kamu sesuaikan dengan konsep pernikahan kamu.

Mau konsepnya jadul di sini ada bangunan klasik, konsep garden apalagi, di sini sangat cocok. Jika tidak punya kameramen, di Kebun Raya Bogor juga ada tersedia jasa pemotretan.

Study Tour

Selain tempat wisata, Kebun Raya Bogor ini juga merupakan tempat belajar bagi grup-grup tur, baik dari sekolah maupun dari lembaga-lembaga yang berkaitan dengan pertanian dan perkebunan.

Gathering atau Acara Pesta

Di sini juga bisa mengadakan kegiatan seperti gathering bersama teman sekantor, acara pernikahan dan juga kegiatan-kegiatan outdoor dan indoor lainnya.  Ada fasilitas penyewaan lapangan dan juga gedung di sini.

Shopping dan Piknik

Belanja atau shoping aneka macam produk flora bisa dilakukan di Kebun Raya Bogor. Selain itu di sini juga bisa piknik dibawah pepohonan yang rindang sambil menikmati makanan yang lezat.

Tempat Menarik di Kebun Raya Bogor

Istana Bogor

istana bogor
Sumber: @haryono.07

Di kawasan Kebun Raya Bogor terdapat Istana Bogor yang didiami oleh Presiden Republik Indonesia kini. Dahulu istana ini ditinggali oleh Letnan-Gubernur Thomas Stamford Raffles bersama istrinya Olivia Mariamne Raffles.

Awalnya Istana Bogor ini kepengurusannya digabung dengan Kebun Raya Bogor karena memang lahan yang digunakan untuk pengembangan kebun botani ini merupakan lahan dari Istana Bogor.

Namun pada tanggal 30 Mei 1868 tempat ini secara resmi terpisah kepengurusannya dengan halaman Istana Bogor, hingga saat ini.

Danau Gunting

Danau Gunting atau Kolam Gunting ini lokasinya berada di kawasan Kebun Raya Bogor tepatnya di Jalan Kenari 1.

Kolam Guntin g ini airnya berwarna hijau, ini disebabkan banyaknya tumbuhan lumut yang menyebar hampir keseluruh kolam. Di lokasi ini kamu dapat menyaksikan habitat burung pemangsa ikan yang singgah pada pohon-pohon yang berada di tengah kolam ini.

danau gunting
Sumber: @rizkivalentine

Aktifitas burung pemangsa ikan itu biasanya dimulai pada sore hari hinnga menjelang pagi hari. Kolam ini diisi dengan ikan air tawar dengan beragam jenis.

Dari kolam ini kamu dapat melihat kemegahan Istana Bogor, selain itu terdapat jembatan penghubung menuju Istana Bogor.

Di sekeliling kolam Gunting ini banyak ditumbuhi pohon-pohon sehingga suasanya akan tetap sejuk walaupun siang hari. Ada tempat-tempat duduk untuk bersantai yang sengaja dibuat pada bagian pinggiran kolam agar kamu bisa menikmati suasana yang asri ini.

Menikmati keindahan danau Gunting akan semakin nyaman karena jadi akan semakin nyaman kendaraan juga bisa diparkirkan di sepanjang Jalan Kenari 1, dekat dengan kolam Gunting.

Tugu Lady Raffles

tugu lady raffles
Sumber: @yulie_photograph

Kebun Raya Bogor memiliki beberapa bangunan yang punya nilai sejarah, baik itu berupa gedung, tugu, hingga komplek pemakanan.

Tugu Lady Raffles ini berada dekat dengan kolam Gunting dan juga tugu Reindwardt. Monumen ini didirikan sebagai bukti rasa cinta Thomas Stamford Raffles kepada istrinya Olivia Mariamne Raffles yang meninggal terkena penyakit malaria pada 26 November 1814.

Monumen ini dibangun dengan 8 tiang yang cukup tinggi, kemudian di tengah tiang-tiang tersebut terdapat sebuah prasasti dengan tulisan atau kata-kata puitis ciptaan Lady Raffles yang isinya “Oh thou whom neer my constant heart One moment hath forgot Tho fate severe hath bid us part Yet still-forget me not”

Tugu Reinwardt

tugu reinwardt
Sumber: @alfiansamjianto

Kebun Raya Bogor diresmikan oleh Gubernur Jendral Godert Alexander Gerard Philip Van Der Capellen yang dipimpin oleh Prof. Caspar Georg Karl Reinwardt.

Reinwardt ini adalah ilmuwan botani berkebangsaan Jerman yang pindah ke Belanda lalu di utus untuk membangun tempat ini, beliau kemudian di angkat menjadi Menteri Bidang Pertanian, Seni dan Ilmu Pengetahuan di daerah Jawa dan Sekitarnya.

Seiring waktu Reinwardt dipercaya menjadi direktur pertama Kebun Raya Bogor antara tahun 1817-1822. Selama Ia mengelola kebun botani ini Ia mengumpulkan dan menambah koleksi tanaman dari berbagai tempat di Hindia-Belanda.

Beliau juga menanam benih-benih baru di area kebun botani hingga koleksinya bertambah mencapai 900 tanaman dengan jenis yang berbeda.

Untuk  mengenang beliau atas jasa-jasa yang Ia perbuat mulai dari merintis Kebun Raya Bogor seperti yang kita bisa nikmati hari ini, oleh sebab itu dibuatlah tugu Reinwardt yang diresmikan pada tanggal 16 Mei 2006 di dekat kolam Gunting tepatnya di belakang pelataran istana Bogor.

Peresmian ini dilakukan oleh Kedutaan Besar Jerman di Indonesia dan dihadiri oleh jajaran Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

BACA JUGA:  Rumah Hobbit Cangkringan, Wisata Hits Terbaru Pendamping The Lost World Castle di Tahun 2017

Patung Tangan Tuhan

patung tangan tuhan
Sumber: Istana untuk Rakyat

Patung Tangan Tuhan atau dalam bahasa inggrisnya The Hand of God ini adalah salah satu benda seni yang punya sejarah tinggi yang berada di dekat kolam Gunting Kebun Raya Bogor.

Banyak yang mengira patung ini hanyalah sebagai hiasan saja dan tidak memiliki arti apa apa. Padahal patung ini adalah salah satu tanda sejarah yang tidak kebetulan ada begitu saja.

Patung tangan tuhan yang ada di sini adalah replika yang merupakan karya pematung terkenal dunia Carl Milles (1875-1955), patung asli tangan tuhan ini dipajang di Miller Garden, Swedia.

Tidak banyak replika patung tangan tuhan yang tersebar di seluruh dunia, dan di Indonesia hanya ada di Kebun Raya Bogor. Patung ini merupakan hadiah sebagai tanda persahabatan yang diberikan oleh Kerajaan Swedia kepada Indonesia sekitar tahun 1950an.

Patung The Little Mermaid

Satu lagi benda yang bernilai seni dan sejarah tinggi yang ada di Kebun Raya Bogor adalah patung The Little Mermaid.

Jika kamu mengetik kata “patung the little mermaid” di situs pencarian google, maka yang akan kamu temukan adalah kisah kisah cinta pilu yang bersumber dari tempat asalnya Kopenhagen, Denmark. Lantas kenapa patung ini bisa ada di sini?

Patung The Little Mermaid yang ada di Kebun Raya Bogor ini merupakan hadiah yang diberikan oleh Kerajaan Denmark pada tahun 1958 kepada Indonesia sebagai simbol persahabatan kedua negara.

Patung tersebut adalah salah satu dari 14 replika patung Little Mermaid yang ada di Dunia, aslinya terdapat di Kopenhagen dan merupakan ikon dari negara tersebut.

Pemahat patung The Little Mermaid yang asli adalah Edvard Eriksen, seorang seniman pahat terkenal asal Denmark dan pernah menjadi pengajar di Royal Danish Academy of Fine Art.

Komplek Makam Belanda

komplek makam belanda kebun raya bogor
Sumber: Soemartono Sarwoko

Komplek pemakaman Belanda ini bukan sudah ada jauh sebelum Kebun Raya Bogor berdiri, di area pemakaman ini terdapat 42 makam, 38 makam diantaranya bisa dikenali karena memiliki identitas, sementara sisanya tidak diketahui identitasnya.

Salah seorang kebangsaan Belanda bernama D.J. de ee Erens dimakam kan di komplek pemakaman ini, beliau adalah Gubernur Jenderal yang menjabat tahun 1836-1840.

Ada juga seoran ahli hukum yang juga pernah menjabat sementara sebagai Gubernur Jenderal Hindia-Belanda bernama Mr. Ary Prins di makam kan di komplek pemakaman ini.

Makam yang terbaru adalah makam seorang ahli botani terkenal Bernama Prof. Dr. A.J.G.H Kostermans yang meninggal pada tahun 1994. Hingga saat ini kebun raya ini masih tetap terawat agar bisa menjadi pengingat sejarah bagi pengunjung Kebun Raya Bogor.

Griya Anggrek

griya anggrek kebun raya bogor
Sumber: @ilmaalifia

Griya Anggrek dibangun pada tahun 2000 yang merupakan kerjasama antara Yayasan Kebun Raya Indonesia dengan Kebun raya Bogor. Pembangunan Griya Anggrek ini sebagai wadah untuk display tumbuhan anggrek Indonesia agar bisa dilihat oleh pengunjung.

Gedung Griya Anggrek ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ibu Megawati Soekarno Putri pada tanggal 25 Mei 2002.

griya anggrek kebun raya bogor
Sumber: @renihapsari25

Selain menjadi tempat display anggrek-anggrek spesies dan anggrek hybrid yang sedang berbunga, di Griya Anggrek kamu juga bisa membeli bibit anggrek sepcies botolan dan juga tanaman non anggrek yang merupakan hasil perbanyakan dari lab kultur jaringan.

Grand Garden Resto & Cafe atau Cafe De Daunan

cafe dedaunan kebun raya bogor
Sumber: @dian_ratubalqis

Grand Garden Resto & Cafe ini dulunya bernama Cafe De Daunan, merupakan restoran satu-satunya restoran yang ada di Kebun Raya Bogor. Cafe ini sudah dikenal masyarakat sejak 2014.

Cafe ini berada di ketinggian sehingga dari sini kamu bisa menikmati kawasan Kebun Raya Bogor, sungguh suasana yang menyenangkan ditambah udara di Bogor juga sejuk dan segar.

Pada 2017 silam resto ini pernah disinggahi oleh orang nomor satu di Amerika, Barrack Obama. Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo saat itu menjamu makan siang Barrack Obama, kebetulan cafe ini hanya berjarak 2 kilometer dari Istana Bogor.

Menu hidangan lezat seperti menu Western, Mexican, Continental dan juga khas Indonesia bisa kamu nikmati di sini. Jadi jangan kelewatan ya kalau ke sini, harus mampir di Grand Garden Resto Kebun Raya Bogor.

Taman & Tugu Teijsmann

taman teijsmann kebun raya bogor
Sumber: @iamfernandoreza

Pada tahun 1884 taman Teijsmann dibangun oleh DR. Melchior Treub sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada Johannes Elias Teijsmann atas darma baktinya terhadap perkembangan Kebun Raya Bogor.

Teijsmann merupakan kurator s’Lands Plantentuin (Kebun Raya Bogor) dari tahun 1831 hingga 1869 dan dibantu oleh seorang ahli botani Justus Karl Hasskarl. Teijsmann menata kembali koleksi tumbuhan di Kebun Raya Bogor berdasarkan kelompok dan menambah jumlah koleksi secara signifikan.

Di pusat taman ini berdiri tegak sebuah tugu peringatan bagi Teijsmann, terbuat dari batu granit yang khusus didatangkan dari Berlin, Jerman.

Taman Soedjana Kassan

taman soedjana kassan kebun raya bogor
Sumber: @apriania

Taman Lebak Soedjana Kassan atau dikenal juga dengan Taman Bhineka ini berada di kawasan Kebun Raya Bogor, berkedakatan dengan lapangan Sempur kota Bogor.

Taman ini dibagun untuk menghormati jasa Soedjana Kassan yang pernah mengabdi sebagai Kepala Kebun Raya Bogor pada tahun 1959 sampai tahun 1964, dan ditandai dengan keberadaan monumen patung dadanya.

Taman Obat

Kebun Raya Bogor juga memiliki tempat untuk kepentingan sumber informasi yang dibutuhkan oleh peneliti dan juga masyarakat. Terdapat koleksi tanaman obat yang lokasinya berada dekat dengan taman Bhineka atau taman Soedjana

Pada tempat ini terdapat ragam jenis tanaman obat-obatan, baik itu yang bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan herbal, maupun obat-obatan medis. kamu bisa mempelajari fungsi dari tanaman obat tersebut dengan membaca papan informasi yang ada di dekat tanaman tersebut.

Tanaman obat ini memiliki kawasan yang cukup luas dan sekelilingnya dilindungi oleh pagar besi agar tanaman ini tidak bercampur dengan tanaman lain yang ada di sekitarnya.

Taman Akuatik

taman akuatik kebun raya bogor
Sumber: @miralune

Taman akuatik ini berada di dataran rendah Kebun Raya Bogor tepatnya di bawah area koleksi tanaman pandan dan jaraknya cukup dekat dengan pintu gerbang utama.

Tempat ini sangat cocok untuk beristirahat dan sambil melihat-lihat koleksi tanaman teratai yang menghiasi kolamnya, terdapat pula ragam jenis ikan yang hidup di kolam ini.

Untuk menikmati suasana sejuk di taman ini sudah disediakan tempat duduk untuk pengunjung.

Taman Araceae

taman araceae kebun raya bogor
Sumber: Kebun Raya Bogor – LIPI

Di Kebun Raya Bogor ada sebuah taman edukatif bernama Taman Araceae. Pembangunan taman ini dimulai pada tahun 2010 secara bertahap dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat terhadap tumbuhan talas-talasan (araceae)

Araceae (suku talas – talasan) adalah salah satu kekayaan flora Indonesia yang memiliki potensi yang tinggi baik dari sudut pandang ilmiah maupun sudut pandang ekonomi.

Oleh sebab itu selain menjadi taman tematik, Taman Araceae juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat edukasi bagi pelajar maupun pengunjung.

Lokasi taman Araceae ini tidak jauh dari pintu gerbang utama, garden shop dan juga penyewaan sepeda.

Taman Astrid

taman astrid kebun raya bogor
Sumber: @ignatiasudiarta

Taman Astrid dibangun pada tahun 1929 untuk mengenang kedatangan tamu dari Kerajaan Belgia yakni Raja Leopold III dan Ratu Astrid, kehadiran pasangan itu untuk berbulan madu di Kebun Raya Bogor pada tahun 1928 silam.

Dikisahkan oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Ibu Enny Sudarmonowati, pembangunan Taman ini dimulai setahun setelah kunjungan Raja Leopold III dan Ratu Astrid, lalu dibuatlah flower bed bunga tasbih (cann hybrida) dengan warna-warna bunga, kelopak dan daun yang mewakili bendera Belgia.

Warna merah, kuning dan hitam flower bed tersebut ditanam dalam 29 petak yang juga melambangkan tahun 1929 dan memanjang sekitar 100 meter yang sejak dulu disebut Jalan Astrid (Astrid Avenue).

Jembatan Merah

Sebenarnya tidak ada hal yang terlalu menarik dari Jembatan merah ini, tapi yang perlu kamu tahu adalah dari setiap foto, benda ataupun bangunan pastilah ada nilai historis di dalamnya.

Jembatan merah ini dikenal juga oleh masyarakat sekitar sebagai jembatan putus cinta, dinamakan demikian karena disebabkan oleh mitos yang berkembang tentang jembatan ini, tapi itu hanya mitos, tidak perlu dipercaya.

Museum Zoologi

museum zoologi kebun raya bogor
Sumber: @wafa.sofiah

Kebun Raya Bogor ternyata tidak dihuni oleh tumbuhan atau flora saja, ternyata ada sebuah bangunan yang berada di belakang gedung Laboratorium Treub dan juga wisma Nusa Indah yang bernama Museum Zoologi.

Museum Zoologi Kebun Raya Bogor adalah museum fauna yang di dalamnya terdapat beberapa kerangka dan jenis bintang yang diawetkan, diantaranya : burung, kepiting, serangga, ikan dan lain sebagainya, salah satu koleksinya juga adalah ikan Paus Biru yang merupakan mamalia terbesar di dunia.

Museum ini didirikan pada tahun 1894 yang diinisiasi oleh J.C Koningsberger yakni ahli botani kebangsaan Jerman yang merupakan salah satu tokoh perintis dan pengembang Kebun Raya Bogor pada masanya.

Taman Meksiko

taman meksiko kebun raya bogor
Sumber: @nuyyhyt

Taman Meksiko yang ada di Kebun Raya Bogor dibuat bukan karena ada nilai historis seperti Taman Astrid ya guys. Dinamakan taman Meksiko karena terapat kumpulan tumbuhan iklim kering seperti layaknya yang ada di Meksiko.

Di Taman Meksiko ini kamu bisa melihat ragam tumbuhan tanah kering yang mencapai hingga 100 spesies, diantaranya adalah : agave, yucca, kaktus dan tumbuhan sekulen lain. Dan sebagian besar koleksi tersebut didatangkan dari Amerika Tengah, Amerika Selatan dan juga Meksiko.

Laboratorium Treub

Laboratorium Treub kebun raya bogor
Sumber: @monica_oemardi

Ada sebuah bangunan tua juga di Kebun Raya Bogor yang bernama Laboratorium Treub. Laboratorium Treub ini pertama kali dibuka pada tanggal 1 Desember 1884 oleh Melchior Treub yang difungsikan untuk penelitian tumbuhan tropis.

Saat ini laboratorium ini masih difungsikan sebagai lab, hanya saja saat ini sudah ada beberapa laboratorium yang ada didalamnya, diantaranya : Laboratorium Molekuler (Genetika Konservasi), Laboratorium Anatomi-Morfolagi dan Sitologi, Laboratorium Konservasi Biji, Laboratorium Konservasi Ekologi serta Paranet dan Rumah Kaca.

Komplek Makom Keramat

Sekitar 600 meter dari pintu utama Kebun Raya Bogor ada komplek pemakaman keramat yang didalamnya terdapat 4 makam yang dipercaya merupakan petinggi kerajaan pada zaman dahulu.

Makam tersebut adalah situs cagar budaya yang diresmikan oleh Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat. Di dalamnya terdapat makam Ratu Galuh Mangku Alam Prabu Siliwangi, makam Mbah Jepra, makam Mbah Maul dan makam Solendang Galuh Pangkuan.

Jika kamu ingin belajar sejarah-sejarah kerasaan Sunda, kamu bisa bertanya langsung kepada juru kunci yang menjaga dan juga merawat pemakaman ini.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Di Semarang Asik Dan Seru Ketika Akhir Pekan

Fasilitas Kebun Raya Bogor

Guest House Pinus Kebun Raya Bogor

Penginapan ini letaknya dekat Jalan Astrid dan akses pintu keluar kampus IPB Baranangsiang, guest house ini dibangun saat kunjungan Ratu Astrid dari Belgia pada tahun 1929.

Guest House Pinus Kebun Raya Bogor
Sumber: @oleen_bourdon2

Kamu akan merasakan kedamaian ketika berada di tengah-tengah pepohonan pinus dan ditemani semilir angin yang sejuk. Rumah ini terdiri dari 4 kamar yang bisa kamu sewa salah satunya, atau jika kamu datang dengan keluarga besar bisa memesan satu rumah sekaligus.

Berikut ini fasilitas kamar serta rincian harganya :

  • Kamar terdiri dari 2 jenis tempat tidur yakni double bed dan single bed
  • Setiap kamar sudah disediakan meja rias, lemari pakaian dan juga meja kerja.
  • Kamar 1 dan 2 sudah dilengkapi dengan water heater dan bathub, kamar 3 dan 4 terdapat shower.
  • Terdapat TV dan kulkas di ruang keluarga

Rincian Harga :

Rp500.000* per malam per kamar untuk 2 orang dewasa

Rp2.500.000 per malam untuk harga satu unit rumah

Rp100.000 extra bed / hari

*) Sudah termasuk sarapan pagi dan tiket masuk Kebun Raya Bogor

Agar tidak kehabisan tempat, pemesanan bisa dilakukan melalui online, klik link di bawah ini untuk pemesanan:

Pemesanan Guest House Pinus

Jasa Ilmiah

Yang dimaksud dengan jasa ilmiah ini adalah Kebun Raya Bogor LIPI ini menyediakan fasilitas pelayanan berupa layanan permintaan material, layanan identifikasi tanaman, layanan Lab dan lain-lain.

Setidaknya Jasa Ilmiah ini dapat dibagi menjadi empat kategori :

  • Identifikasi Tanaman

Yang dimaksud identifikasi tanaman adalah cara untuk mengenali tanaman secara detail dan lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Tujuan diadakannya layanan ini adalah untuk memfasilitasi siswa, mahasiswa atau para peneliti yang memerlukan kejelasan mengenai tanaman.

Dasar hukum dari kegiatan ini adalah PP No. 106 Tahun 2012 tentang tarif penerimaan negara bukan pajak yang berlaku di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Waktu pelaksanaan pelayanan jasa identifikasi tanaman berlaku setiap hari Senin hingga Minggu pukul 7.30 hingga 15.00.

Jika ingin mendapatkan informasi lebih mengenai harga dan cara mendaftar online jasa layanan identifikasi tanaman, silakan klik link di bawah ini :

Prosedur Layanan dan Pemesanan Fasilitas Identifikasi Tanaman Kebun Raya Bogor LIPI

  • Herbarium

Herbarium adalah sebuah tempat dimana terdapat koleksi 50.000 spesimen tanaman yang diawetkan guna tujuan ilmiah di botani.

Disini pengunjung dapat menemukan informasi mengenai tanaman apa saja yang tumbuh di Kebun Raya Bogor

  • Perpustakaan

Perpustakaan Kebun Raya Bogor menyediakan literatur dalam bidang botani, perkebunrayaan, tanaman langka, konservasi tanaman, biologi tanaman, fisiologi tanaman, sistematika tumbuhan dan ekologi tumbuhan

Ragam jenis koleksi buku yang ada di perputsatakaan ini mulai dari Buku, jurnal, skripsi, tesis dan juga laporan eksplorasi.

Ingin mengakses perpustakaan digitalnya? Silakan klik link di bawah ini :

Website Perpusatakaan Digital Kebun Raya Bogor

  • Bank Biji Kebun Raya Bogor

Bank biji yang ada di Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat penyimpan biji yang juga dilakukan oleh kebun raya lain yang ada di dunia. Penyimpanan biji ini merupakan strategi konservasi ex situ yang dilakukan kebun raya.

bank biji kebun raya bogor
Sumber: @frirmalasari

Ex Situ adalah usaha untuk melestarikan keberadaan alam yang dilakukan di luar dari habitat aslinya. Jadi jika suatu saat ada tumbuhan tertentu yang terancam punah, maka kebun raya sudah mempersiapkan biji nya sebagai pertahanan dari kepunahan.

Tempat Magang Dan Penelitian

PKT Kebun Raya-LIPI adalah lembaga konservasi ex situ dimana salah satu tugas pokoknya adalah melakukan penelitian, menyediakan pelayanan untuk mahasiswa dan para peneliti yang hendak mengadakan penelitian mengenai tumbuhan atau sesuai kebutuhan peneliti.

Bagi kamu yang ingin magang atau melakukan penelitian di Kebun Raya Bogor bisa mendaftarkan diri, pelajari dahulu prosedur dan cara pendaftaran onlinenya  melalui link di bawah ini :

Prosedur Pengajuan Penelitian dan Magang serta Informasi Pendaftaran Online

Penyewaan Gedung / Gedung Konservasi

Gedung konservasi ini lokasinya dekat dengan garden shop. Gedung ini memiliki 3 lantai yang mempunyai fungsi yang berbeda.

Lantai pertama merupakan kantor divisi pengurus Kebun Raya Bogor, di lantai 2 merupakan ruang audiovisual yang digunakan untuk ruang presentasi kegiatan ilimiah, dan lantai 3 adalah ruangan yang biasanya disewakan kepada pengunjung.

Lantai 3 terdapat 3 ruang pertemuan yaitu Ruang A yang memiliki kapasitas 100 tempat duduk, sementara Ruang B dan Ruang C memiliki kapasitas 25 tempat duduk.

Masing-masing ruangan sudah dilengkapi dengan soundsystem, meja dan juga proyektor yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan workshop, rapat dan juga seminar.

Harga sewa berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 32 Tahun 2016 sebagai berikut :

Ruang Rafflesia (Lantai 3), Kapasistas 200 orang, Rp. 3.000.000

Ruang Kecil A dan B (Lantai 3), Kapasitas 20 orang, Rp. 1.000.000

Penyewaan Area / Lapangan

Kebun Raya Bogor juga menyediakan layanan penyewaan lapangan yang dapat kamu gunakan untuk kegiatan seperti gathering, outbond, resepsi pernikahan dan acara lainnya yang membutuhkan lapangan terbuka yang besar.

Ada 2 jenis kelas lapangan yang bisa kamu pesan yakni lapangan Kelas 1 lapangan Astrid, dan lapangan kelas 2 lapangan Nusa Indah.

Masing-masing lapangan ini memiliki kapasitas serta harga yang berbeda, ingin informasi lebih lengkap silakan klik link di bawah ini :

Pemesanan Lapangan dan Daftar Kapasitas dan Juga Harga Kebun Raya Bogor

Daftar Tarif Pemakaian Fasilitas Di Kebun Raya Bogor (Info Lengkap)

Wisata Edukatif Flora

Kebun Raya Bogor saat ini tidak hanya sebagai tempat konservasi tumbuhan semata, namun juga sudah bertransformasi sebagai sarana edukasi lingkungan.

Ada program edukasi flora bagi pelajar mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga peneliti profesional.

Informasi pendaftaran wisata flora bisa kamu klik link di bawah ini :

Informasi Pendaftaran Program Wista Flora dan Pemesanan Paket Wisata Flora

Jasa Pemandu Wisata

Untuk melengkapi kebutuhan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, di Kebun Raya Bogor juga disediakan layanan pemandu wisata yang profesional.

Pemandu terdiri dari 6 personil dan setiap orang dari mereka menguasai bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Belanda, Prancis dan juga Bahasa Jepang.

Untuk pemesanan jasa Pemandu wisata di Kebun Raya Bogor silakan klik link di bawah ini :

Pemesanan Jasa Pemanduan dan Daftar Tarif Pemanduan

Mobil Wisata dan Sepeda

mobil wisata kebun raya bogor
Sumber: @n.asyhadi

Untuk menunjang kebutuhan pengunjug saat berwista ke sini, maka dibuatlah mobil wisata dan juga penyewaan sepeda yang bisa kamu gunakan untuk menghemat tenaga dalam menelusuri Kebun Raya Bogor.

Mobil wisata bisa kamu temukan di Jalan Kenari 1 tepatnya di dekat kolam gunting dan tugu Raffles. Tarif mobil wisata untuk pengunjung dewasa Rp. 15.000 dan untuk anak-anak Rp. 10.000

Jika ingin merasakan sensasi berbeda, kamu bisa menyewa sepeda untuk berkeliling Kebun Raya, lokasi penyewaan sepeda berada di depan Garden Shop. Harga sewa sepeda Rp. 15.000 untuk satu jam.

Garden Shop

Garden Shop Kebun Raya Bogor menjual ragam jenis tumbuhan seperti bibit tanaman hias, tanaman langka, anggrek botolan.

Tak Cuma tanaman, di Garden Shop juga tersedia buku-buku ilmu pengetahuan, pupuk kompos, dan juga aneka souvenir lainnya.

Lokasi Garden Shop berada dekat dengan pintu gerbang utama. Informasi lebih lanjut mengenai Garden Shop bisa menghubungi kontak di bawah ini :

Facebook : https://www.facebook.com/gardenshopkebunrayabogor/

Handphone : 08111167379

Tempat Makan

Jangan khawatir kalau kelaparan ketika berada di tengah Kebun Raya Bogor, di kebun raya ini sudah disediakan beberapa tempat makan yang bisa kamu singgahi

  • Grand Garden Kafe

grand garden cafe kebun raya bogor
Sumber: @ellysa.yulia

Kafe yang pernah dikunjungi oleh Presiden Amerika Serikat Barccak Obama ini lokasinya berada di tengah Kebun Raya Bogor. Grand Garden Cafe ini buka mulai jam 09.00 hingga 22.00 malam.

Menu yang disajikan pun bervariasi, mulai dari makanan tradisional Indonesia hingga makanan Eropa.

  • Kantin Dharma Wanita Persatuan (DWP)

Kantin DWP ini terletak disebelah pintu gerbang utama, tepatnya di bawah gedung Graha Sabrama.

Kantin DWP mulai buka dan melayani pengunjung sejak jam 08.00 hhingga 16.00 sore. Di kantin ini terdapat fasilitas payung tenda untuk spot outdoor.

  • Cafe Kenari

Cafe kenari juga lokasinya dekat dengan gerbang utama Kebun Raya Bogor, tepatnya disebelah Garden Shop Jalan Kenari 1.

Cafe Kenari ini mulai buka jam 08.00 hingga 16.00 sore, kamu bisa memilih untuk menyantap makanan di tempat duduk yang dibawah tenda ataupun di gasibu yang sudah disediakan.

Masjid dan Musholla

Terdapat Masjid dan juga Musholla beserta fasilitas penunjang seperti tempat wudhu dan kamar mandi.

Lokasi Musholla berada di Jalan Kenari 1 yakni di belakang gedung Konservasi Kebun Raya Bogor. Untuk Masjid berada di Jalan Astrid, lokasinya tidak jauh dari Garden Cafe, untuk pengunjung yang datang pada hari jumat bisa memanfaatkan masjid tersebut untuk Sholat Jumat.

Membership

Tempat ini juga menyediakan fasilitas berupa membership. Fasilitas member ini akan memudahkan dan juga bisa menghemat biaya pengeluaran member yang rutin berkunjung ke sini.

Informasi, syarat dan biaya pendaftaran member bisa kamu klik link di bawah ini :

Lokasi dan Rute Menuju Kebun Raya Bogor

Kamu yang ingin berkunjung ke Kebun Raya Bogor tidak perlu khawatir akan kesulitan mencari tempat ini, karena posisinya berada di jantung Kota Bogor.

Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum lokasinya sangat mudah ditemukan, untuk kendaraan umum juga hampir semua melintas ke sini.

Yang perlu kamu perhatikan adalah pintu dari Kebun Raya Bogor ini terdiri dari 4 pintu masuk. Pintu utama adalah pintu yang berada di depan Pasar Bogor, sedangkan pintu 2 berada di Jl. Ir. H. Juanda di samping kantor Pos.

Pintu 3 berada di pertigaan Jl. Padjajaran / Jl. Jalak Harupat, dan pintu 4 berada seberang kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Jl. Pajajaran.

Khsusu untuk pintu 2 dibuka untuk umum pada saat hari minggu dan hari libur saja. Sedangkan untuk para member yang ingin melakukan jogging bisa masuk melalui pintu 2, pintu 3 dan pintu Gedung Konservasi yang mulai dibuka pukul 06.00-08.00 wib

Jika masih bingung, kamu bisa mengunduh informasi penting terkait lokasi dan rute menuju Kebun Raya Bogor di bawah ini :

Harga Tiket dan Jam Buka

Harga Tiket

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor:  32 TAHUN 2016, Tiket Kebun Raya Bogor mulai tanggal 1 Juli 2018sebagai berikut :

JenisHarga
Tiket MasukRp15.000,00 per orang (5 tahun keatas bayar penuh)
Tiket Wisatawan AsingRp25.000,00 per orang
Kendaraan Keliling Roda 4Rp30.000,00
Parkir Kendaraan Roda 2Rp5.000,00
Tiket Sepeda KelilingRp5.000,00
BACA JUGA:  Ledok Gebang Fishing & Resto, Tempat Makan dan Pemancingan yang Asik di Jogja

Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja dan biaya retribusi Pemkot dan juga masuk Museum Zoologi.

Jam Buka

JenisJam
Kebun08.00-16.00 WIB
Kantor*07.30-16.00 WIB
Layanan Informasi08.00-15.00 WIB
Perpustakaan*08.00-15.00 WIB
Herbarium08.00-15.00 WIB
Rumah Kaca Anggrek08.00-15.30 WIB
Toko tanaman dan Cinderamata08.00-15.30 WIB
Grand Garden Cafe08.00-21.00 WIB
Museum Zoologi08.00-16.00 WIB
*Khusus perpustakaan dan kantor08.00-15.00 WIB, sabtu, minggu dan hari libur tutup.

Selain itu buka setiap hari sesuai jadwal di atas.

Tempat Wisata di Sekitar Kebun Raya Bogor

Berkunjung ke Kota Bogor tak lengkap rasanya bila berkunjug ke sini saja. Sebagai wisatawan tentulah kita ingin mengeksplorasi tempat-tempat wisata yang ada di sekitar Kota Bogor.

Berikut ini kami informasikan tempat wisata yang ada di sekitar Kebun Raya Bogor

Museum Kepresidenan atau Balai Kirti

Kita bisa belajar lebih banyak tentang pemimpin negara Republik Indonesia dan juga perkembangan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonsia di Museum Kepreseidenan.

Museum ini berada di Istana Bogor yang digagas oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, dan diresmikan pula oleh beliau pada hari Sabtu, 18 oktober 2014.

Mall BTM Bogor

Mall BTM Bogor adalah pusat perbelanjaan dan rekreasi yang ada di Kota Bogor dan sangat dekat dengan Kebun Raya Bogor, jaraknya hanya sekitar 1 kilometer.

Lokasi Mall BTM Bogor ini berada di Jalan Ir. H. Juanda No 68, Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Vihara Dhanagun

Vihara Dhanagun ini adalah salah satu obyek wisata religi yang ada di Kota Bogor dan sangat dekat dari Kebun Raya Bogor.

Arsitektur bangunan vihara ini merupakan daya tarik utama untuk menggaet pengunjung untuk datang. Kamu bisa ber swa foto di sini sambil menikmati sejuknya udara yang ada di Kota Bogor.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN)

Museum bersejarah ini dibangun pada tahun 1910, museum ini adalah pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia (MEI).

Setelah mengalami pemugaran museum ini kini tampil apik dan kekinian, banyak informasi yang bisa kita pelajari ketika memasuki museum ini, kita juga bisa sadar mengapa Indonesia zaman dulu begitu seksinya bagi mata para penjajah.

Lokasi Museum Nasional Alam Indonesia ini berada di Jalan Ir. H. Juanda No 22-24, Pusat Penelitian Biologi-LIPI, Paledang, Bogor Tengah, Jawa Barat.

Taman Sempur

Taman Sempur adalah taman ikonik yang ada di pusat Kota Bogor, lokasinya dikelilingi oleh perumaha padat penduduk, bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor juga.

Taman ini difungsikan sebagai tempat aktivitas warga Bogor dan juga dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai tempat untuk bersantai.

Taman Topi Bogor

Taman Topi ini merupakan taman bersejarah dan merupakan taman tertua yang ada di Kota Bogor, dulunya taman ini lebih dikenal dengan Plaza Kapten Muslihat atau Taman Ade Irma Suryani.

Taman ini dibangun pada tahun 1975, lokasinya dekat dengan stasiun Kereta Api Bogor. Tempat ini menyajikan wahana-wahana permainan yang akan menghibur kamu selama di Kota Bogor.

The Jungle Waterpark

Wahana permainan air ini lokasinya juga dekat dari Kebun Raya Bogor, jaraknya sekitar 8 kilometer dari Kebun Raya.

Lokasinya berada di Jalan Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana Residence, Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Kuntum Farmfield

Kuntum Farmfield adalah tempat wisata agrowisata keluarga yang menyatu dengan alam, sangat cocok untuk mengenalkan jenis hewan dan tumbuhan kepada anak di sini.

Lokasinya berada di Jalan Raya Tajur No. 291, Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Jaraknya sekitar 8 kilometer dari Kebun Raya Bogor.

SKI Tajur Katulampa

SKI Tajur Katulampa ini adalah tempat wisata belanja dan juga rekreasi, lokasinya berada di Jalan Raya Parung Banteng, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Tempat ini sangat cocok bagi anak-anak karena banyak wahana airnya. Jaraknya hanya sekitar 3 kilometer dari Kebun Raya Bogor.

Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis adalah sebuah koleksi cagar budaya yang ada di Kota Bogor. Prasasti Batu Tulis terletak di Jalan Batu Tulis, Kelurahan Batutulis, kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor.

Komplek Prasasti Batu Tulis memiliki luas 17 x 15 meter, jarak komplek ini dari Kebun Raya Bogor sekitar 5 kilometer.

Kuliner Enak di Sekitar Kebun Raya Bogor

Berwisata kuliner merupakan hal yang wajib dimasukkan ke dalam list saat kita liburan ke suatu tempat. Di Kota Bogor banyak tempat-tempat makan dengan cita rasa yang lezat yang bisa jadi pilihan saat liburan, berikut ini 5 kuliner enak di sekitar Kebun Raya Bogor

Restoran Gurih 7 Bogor

Ingin merasakan sensasi makan dengan ditemani suara gemericik air. Restoran gurih 7 ini bisa kamau jadikan tempat pilihan untuk menikmati makanan di kota Bogor.

Lokasinya berada di Jalan Raya Pajajaran No. 102, Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Resto Saung Kuring

Satu lagi tempat makan dengan suasana enak dan makanan lezat yang dekat dari Kebun Raya Bogor adalah Resto Saung Kuring.

Menu ikan bakarnya di sini enak dan suasanya pun nyaman banget. Lokasinya berada di Jalan Sholeh Iskandar No. 9 Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor.

Rumah Air Bogor

Rumah Air Bogor ini merupakan tempat kuliner dimana saung-saung bambunya berada di atas air. Menu-menu yang dihidangkannya juga cukup lezat.

Lokasinya juga terbilang dekat dari Kebun Raya Bogor yakni di Jalan Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence, Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor.

Warung Talubi Bogor

Jika ingin menikmati nasi uduk dan ayam bakar disarankan datanglah ke Warung Talubi, warung ini cukup terkenal di Bogor

Lokasinya berada di Jalan Surya Kencana No 278, Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Soto Kuning Pak Yusuf

Masih disekitar Jalan Surya Kencana, ada sebauah warung soto yang cukup terkenal namanya Soto Kuning Pak Yusuf.

Lokasinya berada di Jalan Surya Kencana No. 285, Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kabupaten Bogor.

Penginapan Murah di Sekitar Kebun Raya Bogor

Akomodasi yang sangat penting ketika kita akan berliburan ke tempat wisata selain tempat makan adalah hotel ataupun penginpan, berikut ini kami informasikan penginapan yang murah di sekitar Kebun Raya Bogor

Indekost Bogor

Indekost Bogor ini merupakan penginpan low budget yang berada di jantung Kota Bogor. Penginapan bernuansa kos-kosan ini berada di Jalan Sanggabuana, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Harga room per malamnya cukup murah mulai dari 180ribuan per malamnya.

Zest Hotel Bogor

Zest hotel salah satu penginapan dengan biaya yang tergolong rendah yang ada dekat dengan Kebun Raya Bogor, fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap.

Lokasinya berada di jalan Pajajaran No 27, Bogor Tengah, Kota Bogor. Rate harga room per malamnya dibandrol mulai dari 370ribuan per malamnya.

Kirana Guest House

Kalau kamu datang ke Kota Bogor rame-rame bareng teman atau keluarga kamu bisa menyewa Kirana Guest House ini, di dalamnya ada kolam renang yang bakal bikin liburan kamu tembah seru

Lokasinya berada di Jalan Sempur Kidul No 59, Sempur, Bogor Tengah Jawa Barat. Lokasinya cukup dekat dari Kebun Raya Bogor dan penginapan ini bisa diisi hingga 9 orang lebih dan Sewa guest house ini per malamnya mulai dari Rp. 1.500.000

RedDoorz near Kebun Raya Bogor 2

Ingin menginap lebih hemat lagi bisa menginap di hotel ini, lokasinya berada di Jl. Kumbang No 1, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Sewa room di penginapan yang satu ini mulai dari 170ribuan per malamnya.

Masih banyak lagi sebenarnya penginapan di sekitar Kebun Raya Bogor, kamu bisa searching secara online dan tentukan pilihan terbaik menurut kamu.

Jangan lupa sesuaikan budget terlebih dahulu sebelum melalukan pemeasnan hotel, agar nanti liburan mu semakin maksimal.

Sosial Media Milik Kebun Raya Bogor

Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih dari pengelola Kebun Raya Bogor, kamu bisa menghubunginya secara langsung atau bisa mengikuti akun sosiam medianya.

Twitter : @Kebun Raya Bogor

Facebook : @KebunRayaBogor

Youtube : @Kebun Raya Bogor

Bagian Informasi : Telp/Fax (0251) 8311362

Pemesanan Fasilitas Online : http://layanan.krbogor.lipi.go.id

Tips Berwisata ke Kebun Raya Bogor

Bogor selain kota Hujan, kota seribu angkot juga dikenal sebagai dengan destinasi wisata terbaik di Indonesia selain Bali, Yogyakarta dan juga Bandung.

Butuh waktu lebih banyak agar kita dapat mengeksplorasi  tempat-tempat wisata maupun juga kuliner yang ada di Bogor, oleh sebab itu jika kamu Cuma punya waktu yang singkat, kamu harus perhatikan hal berikut ini agar liburan kamu semakin maksimal

  1. Persiapkan list perjalanan kamu sebelum berangkat, tujuan wisata mana saja yang akan dikunjungi termasuk tempat makan dan juga menginap.
  2. Pilihlah penginpan yang kira-kira berada di tengah-tengah antara tempat wisata yang akan kamu kunjungi di Kota Bogor.
  3. Persiapkan pakaian secukupnya, pertimbangkan juga membawa jaket tebal dan jas hujan untuk menghindari jika kalian mengalami hujan di tengah tempat wisata.
  4. Jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar jika kalian menemukan kendala, malu bertanya akan sesat di jalan.
  5. Bogor dikenal sebagai kota yang ramah, maka berbaurlah dengan keramahan kota tersebut, buang kebiasaan membuang sampah sembarangan, dan murahlah untuk senyum.

Oke travellers, sampai di sini dulu tulisan kita tentan Kebun Raya Bogor, jika kamu punya pengalaman menarik dengan tempat wisata ini, jangan sungkan-sungkan untuk sharing pengalaman kamu di kolom komentar yang ada di bagian bawah artikel ini.

Sampai ketemu di artikel berikutnya, Salam satu bumi!

Tinggalkan Balasan