Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo dengan Wisata Alam di Perbukitan Menoreh Nan Hijau

Kebun Teh Nglinggo merupakan salah satu wisata alam berupa kebun teh di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan indahnya pemandangan hijau dan udara segar, tempat ini bisa menjadi alternatif tujuan liburan saat di akhir pekan bersama keluarga.

kebun teh nglinggo

Pada mulanya di tahun 1990 pembibitan teh mulai dilakukan. Kemudian tahun 1991 Dinas Perkebunan Kulon Progo mulai menanam teh di Pedukuhan Nglinggo di puncak menoreh dengan ketinggian 900-1000m dpl.

Tahun 2004, daerah ini diresmikan sebagai Desa Wisata Nglinggo oleh Dinas Pariwisata DIY dan Bupati Kulon Progo karena pemandangannya yang mempesona dan adat serta budaya yang menarik. Salah satu ikon utamanya adalah wisata kebun teh Nglinggo dengan panorama yang menawan dan menyegarkan. Bangganya lagi, di tahun 2009 tempat ini bergelar sebagai Desa Wisata Ter-Unik di DIY.

Total luas lahan perkebunan teh di Kulon Progo ini sekitar 200 hektar dan merupakan kebun teh satu-satunya di DIY. Kebun teh ini juga disebut Tanah Misi karena disekitar Desa Pagerharjo banyak Gereja, namun mayoritas penduduk beragama Islam.

Penasaran seperti apa Kebun The Nglinggo ini? Yuk ikuti tim Tempat Asik jalan-jalan kali ini.

Asal Usul Nama Nglinggo dari Lokasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Menurut kisah, Dusun Nglinggo berkaitan dengan peristiwa sejarah Pangeran Diponegoro yang terkenal. Pada zaman dahulu, 3 pengikut setia Pangeran Diponegoro yaitu Ki Linggo Manik, Ki Dalem Tanu, dan Gagak Roban telah mendapat wilayah menoreh atau wilayah utama untuk bergerilya melawan Belanda. Wilayah tersebut sekarang meliputi Kulon Progo, Magelang dan Purworejo.

kebun teh kulon progo

Lalu dipilih lokasi di puncak gunung menoreh untuk membuat strategi dan mengintai pergerakan Belanda. Tempat ini kemudian disebut Nglinggo yang diambil dari nama Ki Linggo Manik sebagai pemimpinnya.

BACA JUGA:  Kebun Teh Kulon Progo Tempat untuk Mengenal Varian Teh

Desa Wisata Nglinggo ini adalah Desa wisata yang berada di puncak pegunungan menoreh yang secara administratif termasuk dalam wilayah 2 Dusun, yaitu Nglinggo Barat dan Nglinggo Timur, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Kini, tempat ini sudah dikelola oleh Pokdarwis (kelompok sadar wisata) setempat karena jumlah pengunjung makin hari makin bertambah.

Alamat dan Rute Menuju Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Kebun teh ini berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Jarak dari kota Jogja sekitar 40 km dan bisa ditempuh sekitar 1 jam sampai 1,5 jam perjalanan tergantung medan jalan dan kecepatan kendaraan.

kebun teh kulonprogo

Rutenya searah menuju Puncak Suroloyo. Dari kota Jogja / Tugu Jogja menuju Ringroad Barat ke arah Jl. Godean. Lurus ke barat melewati jembatan Sungai Progo, sampai perempatan lampu merah Kenteng ke kanan sampai perempatan Dekso / ada tugu di tengah. Lalu ke kiri dan ikuti jalan utama, sampai di pertigaan Pasar Plono akan ada petunjuk jalan dengan tulisan cukup besar. Ikuti petunjuk arah sampai di lokasi.

Dari arah Wates, ambil ke arah Nanggulan lalu menuju arah Dekso. Jika dari arah Magelang bisa lewat jalur Muntilan ke arah Dekso Kalibawang. Lalu ikuti rute yang sama seperti diatas.

Kebun teh ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Magelang di sisi utara, dan Kabupaten Purworejo di sisi baratnya.

Pastikan kendaraan dalam kondisi prima, karena disaat perjalanan kita menjumpai beberapa kendaraan yang mogok dijalan. Karena jalan ke lokasi cukup menanjak naik turun dan pas-pasan saat berpapasan dengan mobil / kendaraan lain jadi kamu harus tetap hati-hati.

Harga Tiket Masuk Wisata Kebun Teh Nglinggo

tiket masuk kebun teh nglinggo

Saat memasuki loket kawasan wisata Nglinggo, kamu cukup bayar retribusi Rp 2.000,- dan jasa lingkungan Rp 3.000,- atau per orang cukup bayar Rp 5.000,-.

harga tiket masuk kebun teh nglinggo

Untuk tarif parkir sepeda motor Rp 2.000,-, dan parkir mobil Rp 5.000,-/unit. Tempat wisata ini buka setiap hari jadi kamu bisa sewaktu-waktu ke sini tanpa harus menunggu musim liburan.

BACA JUGA:  Kampung Daun Bandung, Tempat Asik dan Romantis

Tempat wisata dengan luas lahan sekitar 7 hektare ini mulai ramai pengunjung di akhir tahun 2014 dan sampai sekarang tempat ini tetap menjadi wisata favorit di Kulon Progo.

Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Saat pertama sampai di lokasi, kamu akan disapa oleh banyaknya pohon teh yang hijau dan segar. Kamu bisa berfoto diantara tanaman teh di sekitar bukit ini.

kebun teh nglinggo kulonprogo

Dari puncak menoreh ini kamu bisa melihat beberapa puncak bukit lainnya yang bisa kamu coba jelajahi, seperti Puncak Gunung Jaran dan Puncak Gunung Kukusan dengan panorama bukit, Gunung Merapi, Merbabu dan Sindoro.

puncak kukusan

Kamu juga bisa menikmati wisata Offroad dengan jeep. Menjelajahi bukit menoreh dengan medan yang bisa menguji adrenalin dan menegangkan tentu membuat liburanmu makin seru. Wisata Offroad ini ada 3 rute, rute pendek/2 jam, sedang/4 jam, dan rute panjang/ 6 jam.

kedai kopi dan teh mr edy tamsil

Setelah puas berkeliling dan menjelajah, kamu bisa santai sejenak sambil mencicipi kopi / teh di Kedai Kopi & Teh Mr. Edy Tamsil yang ada di antara kebun teh dekat area parkir.

Ada sajian teh unik yang bisa kamu coba seperti teh hijau atau white tea / teh putih yang proses pembuatannya disangrai dengan kuali agar cita rasanya kuat dan lebih nikmat.

Bukit Isis dengan Spot Foto Menarik di Kebun Teh Nglinggo dari Ketinggian

jalan menuju bukit isis

Mendaki ke Puncak Gunung Jaran adalah salah satu wisata yang bisa kamu coba dengan menaiki anak tangga. Sebelum sampai puncak, kamu bisa mampir ke Bukit Isis.

bukit isis

Kamu bisa berfoto di Bukit Isis dengan bayar tiket masuk Rp 3.000,-/orang. Di sini kamu bisa melihat perbukitan menoreh lainnya yang ada di sekitar.

tiket masuk bukit isis

Kata Isis diambil dari bahasa Jawa Isis = silir, artinya sepoi-sepoi. Jadi artinya bukit berangin sepoi-sepoi diatas ketinggian untuk menikmati pemandangan alam.

spot foto di bukit isis

Ada beberapa spot unik seperti jalan kayu yang menjorok ke jurang diatas ketinggian dan berbeda dengan spot di Wisata Alam Kalibiru yang harus didampingi petugas dan perlengkapan pengaman.

spot berfoto di bukit isis

Ada juga spot foto love yang bisa kamu jadikan tempat foto berdua dengan pasanganmu. Jika kurang puas dengan spot disini, kamu juga bisa coba berfoto di Waduk Sermo yang sekarang ini ada banyak sekali spot di tempat terpisah.

BACA JUGA:  Ini Dia Hotel Dan Penginapan Murah Meriah Di Brastagi

spot di atas pohon

Ada juga gardu pandang/ tempat duduk santai dengan naik tangga ke atas pohon dan kamu bisa melihat perbukitan dari atas.

pemandangan di bukit isis

Ada ayunan untuk sekedar duduk berdua dengan pasanganmu sambil menikmati keindahan tempat ini.

Jika kamu melihat ke bawah dari bukit ini, ada spot foto dengan mobil jeep yang seakan berwisata offroad di perbukitan.

puncak gunung jaran

Di puncak Gunung Jaran ada gardu pandang untuk menikmati pemandangan alam sekitar. Jika cuaca cerah, kamu bisa menikmati keindahan sunset maupun sunset dari atas puncak.

Fasilitas di Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Fasilitas disini sudah cukup memadai, ada area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, warung, spot foto menarik, dan homestay/penginapan.

parkiran kebun teh nglinggo

Ada banyak makanan khas dari Desa Wisata Nglinggo yang bisa dicicipi langsung atau mau dibawa pulang untuk oleh-oleh. Seperti nasi rempah, tawonan, peyek pegagan, jamur, dan gula aren yang dibuat selama 4-6 jam. Kamu bisa beli di warung-warung sekeliling.

pondok teh kopi

Jika ingin menginap, di sini ada sekitar 35 homestay yang siap melayani. Seperti Rimbono Homestay contohnya yang bisa menampung 30 orang dalam 2 kamar panggung dan 2 kamar biasa. Fasilitas juga cukup lengkap, ada kamar mandi, makanan dan minuman lokal.

Biasanya pengunjung terlebih dahulu wisata ke kebun teh, lalu ke tempat wisata lain di dekatnya seperti Air Terjun Grojogan Watu Jonggol yang rutenya dekat dengan pintu masuk retribusi menuju kawasan wisata Nglinggo.

Bagaimana, jadi pengen wisata ke Kebun Teh Nglinggo yang sejuk ini? Jangan lupa juga untuk wisata ke Hutan Mangrove Kulon Progo yang banyak spot foto menarik yang bisa kamu ajak selfie. Selamat berlibur dan berakhir pekan, salam piknik.

Tinggalkan Balasan