Little Venice Kota Bunga, Wisata Hits Ala Luar Negeri di Jawa Barat

Little Venice adalah salah satu objek wisata hits dan populer di daerah Jawa Barat dengan udara yang sejuk dan segar. Tempat satu ini bisa menjadi daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur.

Selain berwisata ke Taman Bunga Nusantara atau Kawah Putih Ciwidey, kamu juga bisa melihat indahnya sebuah tempat menarik ala luar negeri yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di daerah Jawa Barat.

Daya tarik tempat ini tak hanya menampilkan pemandangan yang indah bertema ala Venesia, tetapi juga banyak wahana yang bisa kamu coba bersama teman, sahabat, keluarga maupun pasanganmu.

Penasaran seperti apa Little Venice ala luar negeri ini? Tim Tempat Asik akan membahas lebih lengkap disini.

Lokasi Little Venice

little venice
Naik perahu di little venice via https://www.instagram.com/_astisp_

Little Venice yang keren ini berada di wilayah Kota Bunga (kawasan Villa Estate dengan luas lahan sekitar 125 hektar). Beralamat di Jl. Hanjawar Pacet Desa Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Banyak orang yang menyebut nama tempat ini Little Venice Bogor, tetapi lokasinya bukan di Bogor, melainkan di Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

alamat little venice
Alamat Little Venice via https://www.instagram.com/rizkywahyu_id

Dari Bogor berjarak sekitar 44 km atau ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. Dari Jakarta berjarak sekitar 87 km atau bisa ditempuh sekitar 3 jam perjalanan melalui Tol Jagorawi.

Rute Menuju Little Venice

jam buka little venice kota bunga
Suasana di little venice via https://www.instagram.com/ayuwningrum

Untuk menuju ke tempat wisata ini, perjalanannya lebih nyaman dan mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Berikut ini adalah rute yang bisa kamu tempuh sesuai dengan tempat kamu berasal.

BACA JUGA:  Inilah 10 Tempat Wisata Yang Akan Menyaingi Bali Di Masa Depan

Rute dari Jakarta/ Bogor :

Keluar Tol Gadog – Cisarua lalu mengarah ke Cipanas (Cianjur), sampai Puncak pas lurus sampai ada jembatan dan ada pertigaan besar ada plang Taman Bunga Nusantara belok kiri ikuti jalan utama sekitar 3 km. Sampai ada gerbang masuk kota bunga di kiri jalan, masuk gerbang dan melewati bunderan kota bunga lalu ke kiri ikuti jalan sekitar 1 km, sampai di lokasi.

Rute dari Bandung :

Ambil arah menuju Cianjur, sampai di Cianjur menuju ke Cipanas. Setelah sampai di kawasan Ciherang ada pertigaan (sate Maranggi Sari Asih) ke kanan arah Benying – Hanjawar. Ada perempatan pasar lanjut sekitar 3 km sampai di gerbang masuk villa kota bunga kanan jalan, masuk gerbang dan melewati bunderan kota bunga, lurus sampai lokasi.

Harga Tiket Masuk Little Venice

harga tiket masuk little venice
Wahana di Little Venice via https://www.instagram.com/andivera05

Tiket masuk di hari biasa cukup bayar Rp 25.000,-/orang untuk dewasa, untuk anak-anak Rp 20.000,-/anak dan harga ini belum termasuk tiket wahananya.

Tiket masuk hari libur Rp 40.000,-/orang untuk dewasa, untuk anak-anak Rp 30.000,-.

Untuk tiket Fun (tiket masuk termasuk naik kapal Mississipi, dan Gondola) Rp 35.000,-.

Berikut harga tiket wahana/permainannya yang bisa kamu coba:

  • Gondola/perahu = Rp 15.000,-/orang, kapasitas 4  orang
  • Kapal mississipi = Rp 15.000,-/orang, kapasitas 20 orang
  • Perahu bebek kecil = Rp40.000,-/orang, kapasitas 4 orang
  • Perahu bebek besar = Rp 80.000,-/orang, kapasitas 8 orang
  • Perahu bebek motor = Rp 15.000,-/orang, kapasitas 9 orang
  • Sepeda air kecil = Rp 20.000,-/orang, kapasitas 2 orang
  • Sepeda air besar = Rp 40.000,-/orang, kapasitas 4 orang
  • Banana boat = Rp 25.000,-/orang, kapasitas 5 orang
  • Perahu naga = Rp 15.000,-/orang, kapasitas 9 orang
  • Battery car = Rp 10.000,-/ coin
  • Sniper = Rp 15.000,-/ 40 butir peluru
  • Brake The Plate = Rp 15.000,- per token
  • Rumah Midway = Rp 15.000,- per token
BACA JUGA:  Embung Batara Sriten di Puncak Tertinggi Gunungkidul dengan Pemandangan yang Eksotis

Harga tiket pre-wedding

Pemotretan/sesi foto :

  • Rp. 1.000.000 (1 lokasi)
  • Rp. 1.500.000 (2 lokasi)

(harga operasional dan tidak operasional)

Waktu : 08:30 – 16:30 WIB

Shooting :

  • Rp. 2.000.000 (1 lokasi)
  • Rp. 3.000.000 (2 lokasi)

(harga operasional)

  • Rp. 3.000.000 (satu lokasi)
  • Rp. 4.000.000 (dua lokasi)

(harga tidak operasional)

Waktu : 10:00 – 15:00 WIB

Over time :

  • Photo : Rp. 200.000/jam
  • Shooting : Rp. 250.000/jam

Tempat ini buka setiap hari dari jam 08.00 – 18.00 WIB (Weekend & hari libur Nasional), dan jam 09.00 – 16.30 WIB (Weekday).

Untuk harga sewaktu-waktu bisa berubah/mengalami kenaikan harga. Untuk rencana foto pre-wedding ada baiknya survey dulu ke lokasi.

Keunikan Little Venice yang Menarik

bangunan little venice puncak
Keunikan Little Venice Puncak via https://www.instagram.com/lulugaz

Sesuai namanya, tempat wisata satu ini mengemas konsep cukup unik, yaitu menampilkan suasana dan keindahan seperti di Venesia Italia. Karena mirip, tempat ini sering disebut dengan “Miniatur Kota Venesia”.

Tak heran, di tempat ini pengunjung akan merasa terpesona dengan suguhan pemandangan indah dan bangunan-bangunan berarsitektur mirip di Venesia.

replika landmarks dunia
Replika dan miniatur landmarks via https://www.instagram.com/siska_wirahayu

Keunikan selain adanya miniatur luar negeri yang hits, disini juga ada miniatur Dufan di Arena Fantasi berkonsep koboi ala Amerika.

Melenceng sebentar, jika kamu ingin melihat miniatur dari bangunan landmark dunia, bisa datang ke wisata terbaru di Jogja yang hits yaitu Merapi Park yang menyuguhkan spot unik dan menarik.

Awalnya Kota Bunga ini adalah tempat penginapan, karena unik dan menarik lalu banyak yang datang untuk berwisata. Makin lama pengunjung pun makin bertambah dan menjadi hits di media sosial terutama di akun instagram.

Ada wahana favorit para wisatawan saat berkunjung ke sini dan jarang dilewatkan, yaitu menaiki wahana gondola. Datang kemari jika belum naik gondola terasa belum lengkap rasanya. Sekitar 15 menit pengunjung bisa berkeliling dengan melihat pemandangan yang keren ala luar negeri.

BACA JUGA:  Farm House Lembang Bandung, Wisata Favorit Keluarga Khas Eropa
little venice puncak
Naik Gondola di Little Venice Puncak via https://www.instagram.com/ttriwidiyanto

Selain gondola, kamu juga bisa mencoba wahana yang lainnya seperti perahu, sepeda air, banana boat, perahu naga dan lainnya.

Selain menjadi objek wisata maupun tempat penginapan, lokasi ini cukup populer di kalangan fotografer ataupun pecinta seni fotografi. Nah, bagi kamu yang doyan foto selfie, di sini adalah tempat yang cocok untuk lokasi berfoto.

Dengan desain bangunan yang unik ala luar negeri, beragam gaya yang bisa dijumpai di tempat ini tentu menjadi hal wajib untuk mengabadikan moment dengan berfoto.

keunikan little venice
Spot foto unik via https://www.instagram.com/wiwimustika_

Untuk bisa berfoto dengan lokasi mirip luar negeri tak perlu jauh-jauh, datang saja langsung ke Kota Bunga ini yang bisa membuat betah berlama-lama di sini.

Untuk mendapatkan hasil foto yang lebih bagus ada baiknya datang ke sini saat cuaca cerah dan belum terlalu ramai pengunjung.

Fasilitas di Little Venice

pemandangan di little venice
Pemandangan di little venice via https://www.instagram.com/missmuthia

Selain adanya wahana seru untuk para pengunjung, di sini juga tersedia fasilitas pelengkap lainnya yang tak kalah menariknya seperti kolam renang, kolam pancing, lapangan tenis, arena fantasi, playground, sewa kuda, area parkir yang cukup luas, restoran, penginapan, toilet, mushola dan lain sebagainya.

Adanya wahana dan fasilitas yang cukup lengkap ini tentu bisa membuat para pengunjung betah dan nyaman berlama-lama di tempat wisata ini.

Jadi pengen kesini? Buruan bikin agenda wisata ke Little Venice yang unik dan menarik ini bersama teman, rekan, keluarga atau pasangan. Dijamin seru.

Selamat berlibur dan semoga menyenangkan, salam piknik. 🙂