Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah salah satu pantai yang berada di selatan Pulau Jawa. Berada di wilayah Provinsi Yogyakarta yang berhadapan langsung dengan lautan lepas samudera Hindia.

Ada kesamaan setiap pantai di Pulau Jawa, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Parangtritis, Pantai Sundak, Pantai Baron. Bahkan deretan pantai terkenal lainnya di Pulau Jawa seperti yang ada di Sukabumi, Pangandaran atau Cirebon.

Kesamaannya berupa ombak yang cukup besar dan tinggi. Pada waktu tertentu sangat berbahaya jika kita berenang tanpa memperhatikan aba-aba dari penjaga pantai.

Tapi, meskipun ombak laut di setiap pantai tersebut cukup besar, tak lantas membuat daya tarik keindahan pantai-pantai tersebut berkurang.

Pasir putih nan halus dan pesona alam di sekitar pantai yang indah, menjadi sebuah alasan bahwa pantai di pulau Jawa masih selalu diminati oleh wisatawan.

Dari semua kesamaan tersebut, ada sesuatu yang berbeda dari Pantai Nglambor jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di pulau Jawa.

Perbedaan unik ini membuatnya menjadi pantai yang ada di Gunungkidul dengan kenaikan popularitasnya yang cukup bagus.

Keunikan Pantai Nglambor

Karakter Ombak yang Tenang

kedalaman air
Sumber Sabda17 Ae

Jika kita bandingkan dengan tetangganya pantai Siung atau tetangga jauhnya Pantai Baron yang memiliki ombak laut cukup besar dan terkadang tinggi, di sini justru ombak dahsyat tersebut tidak akan kamu rasakan.

Ombak yang ada di Pantai Nglambor ini sangat tenang sehingga aman untuk berenang. Kekhawatiran akan terseret ombak tidak berlaku disini.

kedalaman pantai nglambor
Sumber tatag_noercahyo

Kondisi air yang tenang dan kedalaman yang cukup dangkal, membuat pantai ini sangat direkomendasikan. Terutama untuk keluarga yang ingin bermain air bersama anak-anaknya.

Karakter ombak laut yang cenderung tenang ini karena ada nya dua buah pulau karang yang persis berada di depan bibir pantai.

Bak penjaga gerbang sebuah kerajaan, sehingga saat ombak besar datang sebelum mencapai bibir pantai, ombak tersebut terlebih dahulu dihalau dan dipecah. Sehingga menyebabkan ombak yang sampai di bibir pantai tidak lagi besar.

Warga setempat memberi nama dua pulau karang ini yakni “Watu Kalong” (sejenis kelelawar atau kalong bertubuh besar). Pulau satunya lagi diberi nama “Watu Kuntul” (sejenis burung yang mirip seperti bangau).

Kedua batu ini berwujud seperti kura-kura raksasa yang mengapit Pantai Nglambor, seperti para penjaga kerajaan sedang mengapit pintu gerbang mereka.

gambar pantai nglambor
Sumber Nongz Saefullah

Pasir yang Kasar

Jika kamu menganggap semua pantai itu memiliki pasir yang halus entah itu berwarna hitam ataupun putih, di pantai ini justru pasirnya tergolong kasar.

pasir
Sumber Dedhy A. Pamungkas

Penyebabnya karena pasir yang ada di Pantai Nglambor ini berasal dari serpihan atau pecahan biota laut. Seperti batu karang, cangkang hewan laut yang tergerus ombak hingga ke bibir pantai.

pasir
Sumber ypcarolwoytila

Ini menjadi sesuatu yang unik karena jarang sekali kita menemukan pasir yang justru teksturnya kasar. Kebanyakan kita hanya menjumpai pasir-pasir yang halus saja.

Mungkin keunikan pasir ini juga sangat baik loh untuk kesehatan, sebagai alat refleksi alami ketika kita melakukan aktifitas susur pantai.

Air Sangat Jernih dan Banyak Terumbu Karang

Di pantai lain, jika kita ingin melihat keindahan alam bawah lautnya mungkin harus naik perahu terlebih dahulu ke titik tertentu. Hal tersebut dilakukan agar dapat menyaksikan keindahan bawah laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan cantik.

pantai nglambor
Sumber roby.kurniawan888

Di Pantai Nglambor kamu tidak perlu pergi ke tempat yang jauh untuk melakukan aktifiktas snorkeling. Karena pantai ini mirip sebuah laguna dengan air yang tenang dan jernih. Dimana semua keindahan lautnya bisa kamu saksikan hanya dengan melangkahkan kaki ke dalam air beberapa langkah

Air yang tenang, jernih dan indahnya terumbu karang di sana, menjadikannya salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta keindahan bawah laut.

Sejarah Pantai Nglambor

Adalah Yusuf Adhitya Putratama seorang pemuda yang berasal dari Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunung Kidul. Ketika 2013 silam mulai menggarap promosi Pantai Nglambor dengan serius melalui beberapa jejaring sosial yang Ia kelola.

Menelisik kembali ke beberapa waktu sebelum pantai ini mulai dikembangkan, dulunya merupakan sebuah kawasan yang jauh dari rumah penduduk.

Pada masa itu pantai ini hanya dihuni oleh sepasang suami istri, yakni Sawu (81 tahun) dan Tukit (80 Tahun). Kedua Kakek dan Nenek ini hidup dengan mengelola lahan pertanian mereka yang sebenarnya kurang produktif. Mengingat kontur tanah yang ada di Gunungkidul memang tandus dan kurang nya air yang memadai.

Lalu di tahun 2000 silam pemerintah daerah Gunungkidul bekerja sama dengan Pemerintah Desa setempat dan membuat pelebaran jalan menuju Pantai Nglambor. Walaupun demikian ternyata harapan untuk majunya pariwisata ini masih belum menemukan momen nya.

Yusuf Adhitya Putratama, pada tahun 2013 yang lalu memperkenalkan keindahannya lewat foto-foto yang Ia unggah ke beberapa media sosial.

Juga memberikan petunjuk arah ke lokasi wisata ini tanpa lelah. Jadilah Pantai Nglambor seperti yang kita kenal sekarang ini.

Bentuk keseriusan pemuda ini dalam memperkenalkan potensi wisata di Pantai Nglambor maka setahun kemudian sejak Ia mulai memperkanalkan pantai ini tepatnya di tahun 2014.

Ia mendirikan operator jasa persewaan peralatan snorkeling dengan nama BNS (Bintang Nglambor Snorkeling). Sejak saat itu kunjungan wisatawan terus meningkat drastis dari tahun ke tahunnya.

BACA JUGA:  Pantai Parangtritis, Tempat Wisata Romantis dengan Ragam Kisah Mistis

Dampaknya sangat jelas, perekonomian masyarakat mulai menggeliat terutama dibidang Pariwisata. Banyak dari penduduk setempat yang sebelumnya berprofesi sebagai petani dan juga nelayan, kini banting stir dan turut andil dalam pengembangan pariwisata yang ada di kawsan Pantai Nglambor.

Masing-masing dari mereka mengambil perannya sendiri. Ada yang berprofesi sebagai tukang ojek, ada yang menyewakan lahan parkir, menyediakan persewaan untuk camping, homestay, warung makan, menyewakan kamar mandi dan semua yang berhubungan dengan kelengkapan fasilitas pariwisata di sekitar Pantai Nglambor.

Aktifitas Seru di Pantai Nglambor

Sebelum memutuskan untuk berlibur ke pantai ini, tentulah kita harus tahu terlebih dahulu hal-hal apa saja yang bisa dilakukan di tempat wisata tersebut.

Nah jika kalian masih bingung, berikut ini kami informasikan aktifitas seru yang bisa kamu lakukan ketika di Pantai Nglambor.

Snorkeling

Kini snorkeling sudah bisa dinikmati di Jogja, sejak 2013 lalu Pantai Nglambor sudah dikenal sebagai tempat snorkeling terbaik yang ada di Jogja.

Bahkan saat ini mungkin baru di Pantai Nglambor saja kita bisa menikmati aktifitas snorkeling.

Kenapa hanya di ini? Yah sebab hanya di pantai ini yang ombaknya tenang dan karang-karangnya berada di bibir pantai.

sewa snorkeling pantai nglambor
Sumber yanuar_rivaldhi

Kalau pantai lain yang ada di pesisir pantai selatan Jogja sangat berbahaya jika kamu beraktifitas snorkeling. Hal itu disebabkan ombaknya sangat besar dan tak jarang memakan korban terseret arus.

Penyewaan peralatan snorkeling di Pantai Baron dikelola oleh dua operator yang cukup profesional yakni BNS (Bintang Nglambor Snorkeling). Operator ini merupakan pemain pertama di pantai Nglambor dan satu lagi PNL (Porkdarwis Nglambor Lestari).

Selain dua operator profesional tadi beberapa masyarakat setempat juga menyewakan peralatan snorkeling secara pribadi.

Foto Bawah Air

Karena air yang ada di Pantai Nglambor ini cukup tenang maka sangat aman dan mudah untuk siapapun melakukan aktifitas termasuk foto di bawah air.

Dengan objek yang cantik berupa karang, ikan berwarna-warni dan biota laut lainnya akan menjadikan foto kamu menjadi kenangan yang sulit untuk dilupakan.

snorkeling di pantai nglambor
Sumber purnomowahyu94

Foto di bawah air biasanya dilakukan oleh penyedia jasa snorkeling yang ikut serta menjadi pemandu saat kita menyewa alat-alat mereka.

Jika kamu punya kamera yang layak dan bisa digunakan untuk foto di bawah air pastinya akan semakin seru. Sebab akan lebih bebas berekspresi bersama teman atau keluarga tanpa ada rasa canggung.

Menjajal Gondola dan Menyebrangi Jembatan Pantai Nglambor

review pantai nglambor
Sumber bangkitbayu91

Mirip seperti kegiatan yang ada di Pantai Timang, di Pantai Nglambor kita juga bisa melakukan aktifitas seru yang cukup menantang. Seperti menyebrangi laut menggunakan gondola ataupun jembatan penyebrangan.

jembatan
Sumber Fajar Syuhada

Kegiatan ini wajib kalian lakukan ketika berlibur ke sini. Menyebrang ke pulau purba dan juga pulau kura-kura dengan menggunakan jembatan penyeberangan ataupun kereta gantung gondola.

Di pulau purba kita bisa foto-foto dengan latar belakang pantai laut selatan atau samudera Hindia. Selain itu bisa juga berlatar belakang pantai Nglambor.

Sementara dari Pulau Kura-kura jika beruntung kita bisa menyaksikan penyu-penyu berenang di laut.

Dari pulau kura-kura kita juga bisa melihat pulau Timang yang ada di sebelah barat dan pantai Siung yang berada di sebelah timur.

Mandi dan Berenang

Mandi dan berenang tentu menjadi aktifitas utama ketika berkunjung ke pantai, termasuk pantai Nglambor. Hanya saja sensasi nya sangat berbeda ketika berendam di pantai ini. Perasaan lebih rileks dan tenang sebab airnya sangat tenang dan damai.

berenang di pantai
Sumber Rizki Lailatul Qoyumah

Ketenangan air seperti yang ada di pantai ini sangat sulit dijumpai di pantai-pantai terkenal lainnya yang ada di Jogja.

Jika ingin berwisata bersama keluarga tanpa khawatir akan kerasnya ombak yang menerjang, maka pantai ini bisa kamu jadikan pilihan utama untuk liburan ke pantai yang ada di wilayah Yogyakarta.

Menyusuri Pantai

Karena garis pantainya tidak begitu panjang, ketika kamu ingin menyusurinya tidak akan begitu lelah. Aktifitas ini akan bertambah seru jika kamu menyusuri pantai sambil mencari potongan-potongan karang.

Selain itu cangkang-cangkang hewan laut yang memang sangat mudah dijumpai sepanjang garis pantai Nglambor.

menusuri pantai
Sumber tsalits218

Jika lelah menyusuri garis Pantai Nglambor dari ujung timur hingga barat, kamu bisa berleyeh-leyeh atau istirahat di pondok-pondok yang sudah tersedia di pinggir pantai ini.

Menyusuri pantai tak hanya sebatas di pantai ini saja, jika punya tenaga ekstra kamu bisa melanjutkan perjalanan susur pantai hingga ke pantai-pantai terdekat.

Jika kalian berjalan ke arah timur dan sedikit menaiki bukit, maka akan bertemu dengan pantai Siung, Pantai Watu Lumbung dan jika terus berjalan lagi akan bertemu dengan Pantai Wediombo dan pantai-pantai cantik lainnya.

Sama halnya dengan yang disebelah timur Pantai Nglambor, jika kamu berjalan ke arah barat  maka kamu akan bertemu dengan Pantai Jogan, Pantai Ngetun, Pantai Timang, Pantai Pok Tunggal dan Pantai Indrayanti.

Tak Cuma itu, akan banyak pantai-pantai cantik lainnya yang bisa kamu jumpai.

Kegiatan ini pasti punya tantangan tersendiri, apalagi medan yang dilalui juga bukan medan yang biasanya kita lewati, seperti menaiki bukit, berjalan diatas pasir, tentu akan terasa berat.

Jika memang merasa tidak sanggup, maka kamu bisa melakukan aktifitas lainnya atau hanya menyusuri garis Pantai Nglambor saja.

Tracking Bukit

Bagi para pecinta panjat gunung, berkunjung ke Pantai Nglambor adalah latihan mini, sebab di pantai ini kamu bisa menjelajah bukit-bukit yang ada di sekitarnya.

Kawasan Pantai Nglambor sejatinya dikelilingi oleh bukit-bukit dan juga tebing karang. Hal ini menjadi sebuah alasan bahwa tempat ini adalah tempat yang sangat menyenangkan bagi kamu yang hobby tracking atau menjelajah bukit.

bukit
Sumber rahmaya2410

Menariknya jika kita melakukan kegiatan ini, dari puncak ketinggian bukit kamu bisa menyaksikan keindahan pantai hingga laut lepas.

Tak Cuma itu saat sore hari di sini kamu bisa menikmati waktu tenggelamnya matahari atau sunset persis di arah barat dari pantai ini.

BACA JUGA:  Grojogan Watu Jonggol di Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Jika beruntung kalian juga bisa menyaksikan kawanan monyet ekor panjang yang memang primata asli yang tinggal di bukit-bukit Pantai Nglambor.

Tips buat kalian jika ketemu kera ekor panjang, waspadalah terhadap setiap barang bawaan, karena hewan ini sangat agresif.

Kalau barang kalian sudah dikuasai mereka, maka hal yang harus kamu lakukan adalah ikhlaskan saja, karena pasti dibawa kabur. hehe

Camping

Pantai Nglambor ternyata tidak hanya menyajikan keindahan bawah laut yang luar biasa. Di pantai ini ternyata kita juga bisa melakukan kegiatan seperti di pegunungan, yakni camping.

Di kawasan pantai ini kita bisa menginap tanpa harus menyewa penginapan ataupun hotel, cukup sediakan tenda berikut kelengkapannya. Kalian bisa menikmati malam nya Pantai Nglambor dengan suasana yang unik dan berbeda pula.

Sembari menghabiskan malam, menikmati ikan bakar dan menyalakan api unggun dan di iringi petikan gitar maka liburan di pantai Nglambor akan terasa makin syahdu.

Mengenai jasa persewaan tenda, saat ini sepertinya belum dikelola secara profesional. Agar lebih aman maka sebelum berangkat kamu harus mempersiapkan perlengkapan ini terlebih dahulu yaa.

Mancing

Memancing adalah kegiatan mengasyikkan ketika kita sedang liburan di pantai, entah itu ikannya dapat atau tidak. Faktanya memancing bisa menghilangkan rasa penat bagi para pecintanya.

mancing
Sumber aasudari

Di pantai Nglambor kalian bisa memancing ikan dari sisi-sisi tebing yang mengelilingi pantai ini. Tentunya kalian harus menyiapkan peralatan sendiri ya untuk ini.

Ketika hendak memancing ada baiknya tanyakan dulu ke warga sekitar, mengenai lokasi tempat mancing terbaik yang ada di Pantai Nglambor.

Fasilitas di Pantai Nglambor

Bicara tempat wisata tentunya kita mengharapkan fasilitas yang ada ditempat tersebut sudah lengkap. Mengenai fasilitas yang ada di Pantai Nglambor, berikut ini informasinya ya

Jasa Sewa Alat Snorkeling

Jasa sewa alat snorkeling di Pantai Nglambor terbilang sudah cukup memadai, ada dua operator jasa penyewaan alat snorkeling profesional yang ada di sini.

Pertama yaitu BNS (Bintang Nglambor Snorkeling) yang merupakan pemain pertama yang ada di pantai ini.

Kedua adalah PNL (Porkdarwis Nglambor Lestari) yang merupakan pemain baru profesional yang ada di kawasan pantai ini.

Selain itu warga setempat juga ada yang menyewakan peralatan snorkeling secara pribadi. Perkembangan jasa persewaan alat snorkeling di Pantai Nglambor ini kian hari semakin baik, terutama setelah diperkenalkannya pantai ini ke khalayak ramai melalui ragam sosial media.

Apalagi saat ini kita semakin mudah menemukan informasi terkait Pantai Nglambor dari mesin pencarian Google.

Jasa Ojek di Pantai Nglambor

Jasa angkutan ojek pun sekarang mudah dijumpai, hal ini disebabkan semakin tingginya minat wisatawan untuk berkunjung.

Jika kalian menggunakan kendaraan umum maka tak perlu khawatir lagi, kalian bisa memanfaatkan transportasi ojek ini hingga menuju pintu gerbang pantai Nglambor.

Warung Makan

Dimana ada gula di situ ada semut, begitulah kira kira pepatah yang sangat ideal untuk sebuah tempat wisata, dimana ada keramaian maka di situ akan ada penjual makanan.

Di Pantai Nglambor juga begitu, kamu tidak perlu khawatir kehabisan perbekalan makanan, sebab di kawasan pantai ini sudah banyak tersedia warung makan dengan beragam pilihan menu.

Menu yang dijual sangat variatif, tentunya menu inti seperti nasi tersedia juga di sini, ikan, mie instan dan menu – menu pendukung lainnya juga sudah tersedia.

Toilet

Tidak perlu khawatir ketika kalian butuh kamar mandi untuk buang air atau hanya sekedar ganti pakaian renang, di sekitar pantai Nglambor sudah ada tersedia toilet umum yang bisa kamu gunakan.

Musholla

Bagi yang muslim tidak perlu was-was jika ingin beribadah, di kawasan wisata Pantai Nglambor juga sudah disediakan Musholla yang bisa kamu gunakan untuk beribadah.

Tempat Parkir

Tempat parkir di Pantai Nglambor cukup memadai untuk kendaraan sepeda motor dan juga mobil. Hanya saja parkiran kendaraan posisinya berada di dekat pos retribusi, tidak sampai ke dekat pantai.

Ini disebabkan akses menuju pantai cukup sempit dan tidak bisa dilalui kendaran seperti mobil ataupun bus.

Setelah turun dari mobil atau bus barulah kita berjalan ke arah pantai, jika tidak mau membuang tenaga, kamu bisa menyewa jasa ojek yang akan mengantarkan kamu hingga ke dekat pantai.

Camping Ground

Satu-satunya cara saat ini jika ingin menginap dekat dengan bibir pantai Nglambor adalah dengan mendirikan camp, karena masih sulit dijumpai penginapan disekitar pantai.

Untuk kamu yang ingin camp di Pantai Nglambor, kalian bisa camp di atas perbukitan yang mengelilingi pantai ini atau juga bisa camp dekat dengan saung-saung yang ada di bibir pantai Nlgambor.

Tentunya sebelum mendirikan camp harap tanyakan terlebih dahulu kepada warga atau pengelola setempat agar malam kalian menjadi lebih tenang.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Harga tiket masuk Pantai Nglambor adalah sebesar Rp10.000 dan tiket ini semacam tiket terusan. Dimana dengan membayar seharga ini kamu sudah dapat masuk ke beberapa pantai yang ada di sekitarnya yakni Pantai Jogan dan juga pantai Siung.

Harga Parkir

Harga parkir motor dikenakan Rp5.000 per motor, sedangkan parkir mobil kecil Rp10.000, bus medium seperti elf dan sejenisnya Rp20.000 dan harga parkir untuk bus besar Rp30.000.

Harga Menyebrang

Tiket masuk jembatan penyeberangan sebesar Rp35.000 per orang sedangkan harga untuk menaiki kereta gantung atau gondola dibanderol seharga Rp100.000.

Ini lebih murah jika dibandingkan fasilitas jembatan penyebrangan dan gondola yang ada di Pantai Timang.

Harga Ojek

Untuk jasa ojek dari parkiran menuju lokasi pantai dengan menggunakan sepeda motor sekitar Rp5.000 per orang nya.

Harga Sewa Peralatan Snorkeling

biaya snorkeling
Sumber awangesti

Untuk penyewaan alat snorkeling di Pantai Nglambor dikenakan tarif Rp45.000. Biaya segini kalian sudah mendapat fasilitas lengkap mulai dari kacamata renang, sepatu snorkel, pelampung, kamera bawah air dan juga termasuk pemandu yang akan mendampingi kamu saat berenang.

BACA JUGA:  19 Alasan Kenapa Kamu Wajib Baca Artikel Ini Sebelum Plesiran Ke Tanah Karo (Bag. 1)

Di sini juga tersedia musholla, ruang ganti, dan tempat penitipan barang.

Selain itu ada harga paketan:

  • Snorkeling + Jembatan gantung Rp70.000
  • Snorkeling + Jembatan gantung + Gondola Rp160.000
harga snorkling pantai nglambor
Sumber zubuh46

Alamat dan Rute ke Pantai Nglambor

Alamat Pantai Nglambor berada di Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jaraknya cukup jauh jika perjalanan dimulai dari pusat kota Yogyakarta.

Jika ditempuh melalui jalan Wonosari atau Bukit Bintang maka jarak tempuhnya kurang lebih mencapai 72 kilometer, jika berkendara membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan.

Walaupun demikian jalur yang akan kamu lalui tetap nyaman karena sebagian besar jalannya sudah mulus dengan aspal.

Hanya saja untuk tiba ke pantai ini kita harus menggunakan kendaraan pribadi, sebab belum ada kendaraan umum yang melintasi Pantai Nglambor.

Khusus untuk roda empat dan selebihnya tidak diperkenankan masuk hingga kawasan pantai, hanya sampai di parkiran saja. Hal ini disebabkan kondisi jalan yang tidak memungkinkan untuk dilalui oleh kendaraan jenis mobil atau bus.

Oleh sebab itu kamu bisa menggunakan jasa ojek yang berada dekat dengan tempat parkir jika memang kamu datang ke Pantai Nglambor menggunakan mobil atau bus.

Jika ingin berhemat kamu juga bisa kok jalan kaki dari tempat parkir menuju kawasan pantai.

Alasan Mobil Tidak Diperkenankan Masuk Kawasan Pantai

  1. Akses jalan dari parkiran atau jalan raya menuju kawasan pantai sangat sempit, tidak muat jika terjadi selisih antar dua kendaraan.
  2. Sisi kiri dan kanan jalan menuju pantai adalah sawah dimana posisi sawah jauh lebih rendah daripada badan jalan atau lebih tepat dikatakan jurang. Jika dipaksakan masuk maka resiko yang akan ditanggung adalah mobil kamu akan masuk jurang.
  3. Kondisi jalan menuju pantai pun cukup ekstrem yaitu naik turun, sangat berbahaya jika kendaraan mobil melalui jalan tersebut, apalagi kalau tiba-tiba ada yang keluar dan masuk, akan jadi masalah besar.
  4. Agar membantu meningkatkan perekonomian warga setempat yang menggantungkan rezeki mereka sebagai tukang ojek.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Nglambor

Setelah menikmati keindahan bawah lautnya dengan aktifitas snorkeling, mungkin kalian ingin melanjutkan perjalanan wisata berikutnya, nah beberapa tempat wisata terdekat dari pantai Nglambor ini dintaranya :

Pantai

Ada beberapa pantai yang bisa kalian kunjungi sekaligus ketika liburan ke sini yaitu Pantai Jogan, Pantai Timang dan juga Pantai Siung, karena ketiga pantai ini memang bertetangga dengan Pantai Nglambor.

Kalian juga bisa menjajal pantai-pantai lainnya yang  berdekatan dengan Nglambor, seperti pantai Baron, Pantai Pulang syawal, Pantai Pok Tunggal dan pantai lainnya di sekitar Gunungkidul.

Tempat Wisata Selain Pantai

Kalian juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata seperti Kalisuci, Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk, Hutan Pinus Pengger atau Goa Senen.

Penginapan di Sekitar Pantai Nglambor

Di kawasan Pantai Nglambor masih sulit ditemukan penginapan karena memang tempat wisata ini masih tergolong baru.

Walaupun demikian Banyak penginapan atau hotel yang sudah berdiri dan dekat dengan Pantai Nglambor, seperti di Kecamatan Tepus.

Kalian bisa memanfaatkannya jika pengen lebih lama lagi mengeksplorasi dan tempat-tempat wisata terdekat lainnya.

Beberapa hotel dan penginapan yang dekat dengan Pantai Nglambor diantaranya Wisma Joglo Samiaji, Hotel Puri Damai, Griya Limasan, Hotel Dewi Ratih, Calida Hotel. Selain itu ada penginapan-penginapan sederhana yang dikelola oleh warga setempat juga mudah dijumpai.

Untuk harga sewa per malamnya juga relatif murah, harga mulai dari Rp200.000 an bisa kamu temukan di sekitar Pantai Nglambor.

Tips dan Saran

Sebelum berangkat untuk berwisata ke Pantai Nglambor ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk dipersiapkan agar liburan mu semakin menyenangkan. Berikut ini beberapa tips dan saran yang dirasa perlu kamu ketahui:

  1. Jika ingin berenang dengan durasi yang lebih lama, berangkatlah sepagi mungkin. Bila perlu sehabis sholat subuh sudah berangkat dari kota Jogja. Diperkirakan 2 jam kemudian kamu akan tiba di Pantai Nglambor. Kenapa? Karena air laut itu ada waktu pasang surut nya, menjelang siang biasanya laut akan pasang dan air akan semakin dalam. Ini juga menyebabkan ombak semakin besar, cukup berbahaya jika kalian ingin snorkeling pada saat laut pasang.
  2. Siapkan perbekalan yang cukup, bawalah makanan secukupnya jika kalian ingin liburannya lebih hemat. Jika suka ngemil, siapkan juga cemilan secukupnya karena dikhawatirkan ketika di pantai, kalian kesulitan mendapatkan cemilan yang kalian suka.
  3. Bawalah pakaian ganti dan juga plastik yang nantinya akan dimanfaatkan untuk tempat pakaian basah setelah kalian selesai berenang.
  4. Karena di lokasi pantai tidak ada mesin ATM, maka persiapkan dana lebih. Perhitungkan kebutuhan keuangan sebelum berangkat, dan lebihkan uang yang kalian bawa dari hitungan awal. Karena bisa jadi ketika di Pantai kalian pengen mencoba sesuatu yang baru yang tidak kalian perhitungkan sebelumnya.
  5. Persiapkan kendaraan kalian, cek kesehatannya, isi bensin nya sampai full. Jangan pergi dulu sebelum semuanya kamu cek dengan benar.
  6. Jogja itu terkenal dengan kenyamanan dan keramahannya, sebagai wisatawan maka membaurlah dengan budaya tersebut. Jaga perkataan dan jangan buang sampah sembarangan ya saat kamu berada di tempat wisata khususnya Pantai Nglambor.

Video Pantai Nglambor

Nah segitu dulu ya tulisan kita kali ini tentang Pantai Nglambor. Jika ada update informasi terkait pantai ini maka akan segera kami tambahkan dalam artikel ini.

Jika kalian punya pengalaman saat berwisata di pantai ini, jangan segan-segan untuk menuliskan cerita kalian di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.

Sampai ketemu di artikel berikutnya, selamat berwisata sahabat asik! Salam satu bumi!

4.5
28

Tinggalkan Balasan