Pantai Pandawa, Tempat Wisata di Bali dengan Banyak Keseruan

Pantai Pandawa Bali merupakan salah satu pantai berpasir putih yang terkenal di Bali. Nama lain pantai ini adalah Pantai Kutuh, karena letaknya berada di Desa Kutuh.

Artikel ini kami buat khusus bagi Anda yang sedang mencari referensi lengkap ketika akan mengunjungi Pantai Pandawa untuk pertamakalinya.

Pada tanggal 20 Januari 2018, di lokasi ini sempat diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Sehingga menimbulkan hal yang tidak biasa.

SIANG INI, KONDISI DI TEBING PANTAI PANDAWA AKIBAT CURAH HUJAN YANG CUKUP TINGGI#dpsviral @denpasar.viral..Foto kiriman @febry_vr46 #denpasarviral#dpsviralterkini#pantaipandawa#jimbaran#bali

Posted by Denpasar Viral on Saturday, 20 January 2018

Adanya aliran air yang deras dari atas bukit menjadikan pemandangan di pantai ini cukup unik sekaligus mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, aliran air tersebut menyerupai air terjun, berikut videonya.

Object wisata baru Semeton "Pandawa Waterfall"#denpasarweekly#citizenreport#pandawa#bali#waterfall 😁

Posted by Denpasar Weekly on Saturday, 20 January 2018

Selain berlibur ke tempat wisata di Bali terbaru, Anda juga wajib berkunjung ke pantai cantik yang cukup populer ini. Lokasinya berada di ujung selatan pulau Bali, dekat dengan paralayang Bukit Timbis, Pantai Green Bowl (Bali Cliff) dan Pantai Melasti Ungasan. Mengenai pantai pandawa kalian juga bisa baca refrensinya di Blog traveloka.

berfoto di pantai pandawa
Berfoto di pantai pandawa via @iday_sanseki

Mau tau seperti apa pemandangan dan hal seru di pantai ini? Tim Tempat Asik akan membahasnya lebih lengkap spesial hanya untuk Anda.

Harga tiket masuk Pantai Pandawa Bali dan Tarif Parkir Kendaraan

tebing di pantai pandawa
Tebing di pinggir pantai via @sambonu_jr

Pantai ini buka setiap hari, jadi Anda bisa sewaktu-waktu datang ke sini. Berikut ini adalah harga tiket masuk yang berlaku.

  • Tiket masuk untuk warga Desa Kutuh : Gratis
  • Tiket masuk wisatawan domestik : Rp 8.000,-/orang
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara : Rp 15.000,-/orang
BACA JUGA:  Lumer Cafe Jogja, Tempat Makan Di Kota Pelajar Yang Wajib Dikunjungi Ketika Malam Minggu

Untuk tarif parkir kendaraan :

  • Tarif parkir sepeda motor : Rp 2.000,-/unit
  • Tarif parkir mobil : Rp 5.000,-/unit
  • Tarif parkir bus : Rp 10.000,-/unit

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa ini berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Jarak dari Bandara Internasional Ngurah Rai sekitar 18 km – 20 km / sekitar 45 menit – 1 jam perjalanan tergantung rute nya.

Rute pertama, melalui Jl. Goa Gong/Kampus UNUD jarak sekitar 18,2 km. Dari Bandara Ngurah Rai ke Jl. By Pass Ngurah Rai, menuju Jl. Raya Kampus Universitas Udayana. Ambil arah ke jalan Goa Gong melewati jalan Dharma Wangsa menuju jalan Melasti II sampai di Jalan Pantai Pandawa. Rute ini melewati tanjakan dan tikungan yang cukup curam.

Kedua, melalui Garuda Wisnu Kencana (GWK) jarak sekitar 18,8 km. Dari bandara Ngurah Rai ke Jl. By Pass Ngurah Rai menuju Jl. Raya Uluwatu (Kedonganan-Jimbaran). Ke arah GWK menuju Jl. Pura Batu Pageh menuju Jl. Dharma Wangsa ke arah Jl. Melasti, sampai di Jalan Pantai Pandawa. Rute ini juga melewati tanjakan, tetapi tidak setegang seperti rute pertama.

Ketiga, melalui Tol Bali Mandara jarak sekitar 20,7 km. Dari Bandara Ngurah Rai ke Jl. By Pass Ngurah Rai ke arah Tol Bali Mandara menuju pintu keluar Nusa Dua/Benoa, ke kiri ke Jl. By Pass Ngurah Rai menuju Jl. Siligita. Ke arah jalan pintas Siligita menuju Jl. Kuruksetra, ke arah Jl. Dharma Wangsa( Sekolah Tinggi Dharma Wangsa Nusa Dua Bali) ke arah Jl. Melasti menuju Jalan Pantai Pandawa.

Hal Menarik di Pantai Pandawa Bali

tebing pantai pandawa
Tebing batuan kapur yang menjadi salah satu daya tarik pantai ini via telusurindonesia.com

Sebelum sampai ke lokasi pantai, pengunjung harus melewati jalan yang diapit oleh tebing-tebing batu kapur yang menjulang tinggi. Keunikan ini tentu menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang datang ke sini.

BACA JUGA:  Beberapa Tempat Wisata Kulonprogo Jogja Yang Wajib Kamu Kunjungi

Sejarah dinamakan Pantai Pandawa salah satunya adalah karena pada tebing di kawasan pantai ini ada 5 patung Pandawa ( Arjuna, Yudhistira, Bima, Nakula dan Sadewa) dan Kunti, seperti di kisah yang melegenda. Patung-patung ini tingginya sekitar 5 m dan lebar sekitar 2,5 m.

patung arjuna di pantai pandawa
Patung Arjuna di Pantai Pandawa via @hendarr19

Selain itu, awalnya pantai ini dikenal dengan sebutan Secret Beach atau pantai rahasia oleh wisatawan mancanegara. Hal ini dikarenakan letaknya berada di daerah terpencil dibalik bukit dan masih cukup sepi.

Sebelum populer seperti sekarang, warga dan wisatawan sekitar menyebutnya dengan Pantai Kutuh karena berada di Desa Kutuh. Sekarang, sebutan Pantai Pandawa sudah populer di kalangan umum.

Hal menarik lainnya adalah pantai ini merupakan lokasi budidaya rumput laut. Saat surut, pengunjung akan melihat banyak rumput laut di sekitar pantai.

Tak heran dengan kecantikan pantai ini, banyak juga dari periklanan TV atau film sinetron yang memilih lokasi pantai ini sebagai latar gambar.

Hal Seru yang Bisa Anda Lakukan di Pantai Pandawa Bali

Mayoritas pengunjung berfoto dengan latar belakang tulisan putih dari nama pantai ini yang ada di puncak tebing. Di pantai dengan panjang kurang lebih 1 kilometer ini Anda bisa melakukan hal seru lain disamping bermain air atau pasir yang mungkin jarang Anda lakukan di pantai lainnya. Hal seru tersebut diantaranya :

1. Bermain Kano atau Kayak

sunset di pantai pandawa
Asiknya bermain kano saat sunset di Pantai Pandawa via @_arifinnnnnn

Saat laut surut, di sini Anda bisa bermain kano atau kayak dengan daya tampung maksimal 3 orang. Untuk  single kano, biayanya Rp 25.000,-/ 1 orang/jam untuk wisatawan domestik, double kano Rp 50.000,-/ 2 orang/jam. Jika ingin sewa jaket pelampung(life jacket) cukup bayar Rp 20.000,-/jam jika takut tenggelam.

BACA JUGA:  Gumuk Pasir Parangkusumo, Padang Pasir di Jogja dengan Ragam Keunikan
bermain kano di pantai pandawa
Bermain kano di Pantai Pandawa Bali via @creativent.am
pemandangan pantai pandawa
Pemandangan indah Pantai Pandawa via @dominicdonvitto

2. Coba Menu Makanan dan Minuman di Sekitar Pantai

menikmati kelapa muda di pinggir pantai
Menikmati kelapa muda di pinggir pantai via @sari_soffel

Jika lupa membawa makanan atau minuman, di sini Anda akan dimanjakan dengan jajanan seperti makanan ala Eropa, seafood, nasi goreng, mie goreng, dan lainnya. Piknik asik tapi perut tetap kenyang pastinya.

3. Berjemur dengan Santai di Kursi Malas

pemandangan pantai pandawa
Kamu bisa menikmati hembusan angin pantai sambil berjemur via @hersheyjms

Bersantai di bawah terik matahari di tepi pantai mungkin menjadi salah satu keseruan tersendiri. Di sini Anda bisa menikmati keindahan pantai Pandawa dengan duduk santai sambil minum es kelapa muda yang segar di bawah teduhnya payung. Selama 3 jam Anda bisa puas bersantai dengan menyewa Rp 50.000,-.

4. Rasakan Pijatan Tradisional di Pandawa Spa

pijat di pantai pandawa
pijat di pantai pandawa via cintaihidup.com

Jika sudah lelah bermain dan berpanas-panasan di pantai, Anda bisa coba merasakan pijat tradisional di Pandawa Spa sambil menikmati pemandangan. Untuk daftar tarif pijat di Pandawa Spa adalah sebagai berikut.

Jenis MassageDurasiHarga / orang
Pandawa Massage90 MenitRp 130.000
Balinese Massage60 MenitRp 100.000
Balinese Massage90 MenitRp 130.000
Relaxation Massage60 MenitRp 100.000
Back Massage30 MenitRp 50.000
Shiatsu Massage60 MenitRp 100.000
Pijat Refleksi Kaki30 MenitRp 40.000
Pijat Refleksi Kaki60 MenitRp 80.000
Manicure60 MenitRp 60.000
Pedicure60 MenitRp 60.000
Manicure & Pedicure60 MenitRp 100.000

Untuk harga kemungkinan bisa berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas di Pantai Pandawa Bali

parkiran pantai pandawa
Pantai terlihat dari atas via @loversbali

Fasilitas di sini sudah sangat memadai, seperti area parkir yang luas, warung makan, toilet, jasa pijat tradisional, ambulan yang siap siaga jika terjadi hal buruk di lokasi.

Jika ingin menginap, di sekitar pantai ini ada banyak hotel seperti hotel Grand Orange Condotel Pandawa Beach Bali dan lainnya yang menyuguhkan pemandangan pantai pandawa yang indah.

Mau mencoba berlibur ke pantai ini? Jangan lupa  siapkan kamera dan smartphone Anda untuk mengabadikan keseruan selama berada di sana.  Tapi, untuk Anda yang berada di Jogja dan belum sempat liburan ke Bali, Anda bisa datang ke Sindu Kusuma Edupark (SKE) di Jogja yang tidak kalah menarik.

Selamat berlibur dan berakhir pekan, salam piknik. 🙂