Pantai Pasir Putih Parbaba Salah Satu Keajaiban di Danau Toba Yang Lagi Hits

Pasir Putih Parbaba adalah salah satu tempat wisata favorit yang ada di sekitar Danau Toba Sumatera Utara. Lokasinya berada di Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Sumatera Utara.

Berbeda dengan dengan pantai yang sering kita lihat yang ada di tepi laut, sejauh mata memandang yang terlihat adalah langit yang tiada ujung. Nah kalau di pantai pasir putih Parbaba kamu akan melihat keindahan yang menakjubkan yang sangat jarang kamu jumpai dimanapun.

Penasaran ingin tau seperti apa pantai pasir putih Parbaba Danau Toba ini, yuk simak ulasan lengkap dari Tempat Asik. Jangan lewatkan satu huruf pun yaa

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Pasir Putih Parbaba

pasir putih parbaba
Ketenangan air danau di pantai Pasir Putih Parbaba

Seperti yang sudah disebutkan diawal, pantai pasir putih Parbaba berada di Desa Huta Bolon. Huta = kampung atau desa, Bolon = besar, di desa Huta Bolon kamu akan takjub melihat rumah – rumah unik milik warga yang sudah berusia ratusan tahun.

Pernah nonton film “Toba Dream” yang diangkat dari novel karya TB. Silalahi yang dibintangi oleh Vino G Bastian, rumah yang Tempat Asik maksud diatas adalah rumah yang ditinggali oleh orang tua Ronggur (Vino).

Rute menuju pantai pasir Putih Parbaba yang ada di desa Huta Bolon Samosir ini kita bisa datang dari Kota Medan -> Berastagi ->  Kabanjahe -> Simpang Merek/Sidikalang belok ke kanan -> Taman Wisata Iman -> Masuk Ke simpang Desa Wisata Pulau Samosir yang berada di sebelah kiri yang berada di Jalan Dolok Sanggul Sidikalang.

Disepanjang jalan dari kota Berastagi tadi kita akan disuguhkan keindahan desa – desa disepanjang jalan, lahan pertanian yang subur dan udara yang sejuk dan segar. Dan setelah memasuki gerbang wisata pulau Samosir kita akan lebih terkagum lagi melihat keindahan alam yang ditawarkan.

BACA JUGA:  Inilah 14 Tempat Wisata di Ubud Bali Yang Paling Diminati Wisatawan Dunia

Selain hutan yang masih asri, dari kejauhan kita akan menyaksikan keindahan salah satu danau terbesar di Dunia ini. Disepanjang jalan menuju Pulau samosir kamu akan tak henti – henti mengucapkan syukur atas keindahan yang telah Allah berikan.

Dalam perjalanan kita akan melewati salah satu spot wisata yang berada di Tele, menara pandang Tele namanya, kalau di google map dikenal dengan Tele Tower View Point. Nah dari sini kamu bisa menyaksikan keindahan Danau Toba dari beberapa sudut melalui Menara Pandang Tele

Perjalanan yang akan ditempuh dari Kota Medan hingga tiba di pantai pasir Putih Parbaba lebih kurang 5 – 6 jam dengan menedarai roda 4.

Satu lagi akses yang bisa ditempuh untuk sampai di pantai pasir putih Parbaba bisa melewati kota Pematang  Siantar -> Parapat -> dan menyebrang melalui pelabuhan kapal Ajibata menuju pelabuhan Tomok di Pulau Samosir. Kemudian menyusuri jalanan di pulau Samosir dengan mengikuti rambu dan petunjuk jalan yang sudah terbilang lengkap.

Keunikan Pantai Pasir Parbaba

pasir putih parbaba
Keindahan pantai pasir putih Parbaba

Berbeda dari Pantai–pantai indah yang ada di Bali yang memiliki ombak tinggi dan hamparan laut lepas, pantai Pasir putih Parbaba bukanlah pantai yang memiliki ombak kencang.

Ketika berdiri di bibir pantai, kita bisa menyaksikan keindahan puncak bukit yang mengelilingi Danau Toba. Jika dipantai pinggir laut anginnya cukup kencang, disini anginnya sepoi – sepoi dan udara terkesan lebih sejuk, karena memang berada dikawasan Danau Toba.

Garis pantai berpasir putih terbilang cukup panjang, bahkan jika dilihat pasirnya pun mirip seperti pasir yang ada ditepian laut. Hanya saja air disini tawar, karena memang bukan laut. hehe

Aktivitas Yang Bisa Kamu Lakukan

pasir putih parbaba
Aktivitas di pantai pasir putih Parbaba

Pantai pasir putih yang berada di pulau Samosir ini sudah dikelola cukup baik pemerintah setempat dan juga warganya. Ragam aktivitas bisa kamu lakukan di tempat wisata yang satu ini.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Di Medan Dan Sekitarnya Yang Lagi Trending Topic Di Sosial Media

Selain belanja souvenir, menikmati keindahan alam Danau Toba dan hang out bareng teman dan keluarga, dengan mengeluarkan sedikit modal kamu bisa menyempurnakan liburan mu disini. Seperti bermain banana boat dan aktivitas air lainnya disini cukup lengkap.

pasir putih parbaba
Penjual souvenir di pantai pasir putih Parbaba

Berikut ini harga sewa permaianan yang memicu adrenalin yang ada di pantai Pasir putih Parbaba :

Banana Boat 8 OrangRp. 350.000
Banana Boat 5 OrangRp. 250.000
Banana Double 12 OrangRp. 500.000
Ufo Boat 8 OrangRp. 350.000
Donat Boat 5 OrangRp. 300.000
Mebel Boat 6 OrangRp. 300.000
Tour Boat 6 OrangRp. 300.000
Sepeda Air 1 JamRp. 50.000
CanoRp. 50.000

selain kegiatan diatas, disini juga ada spot foto yang sengajar disediakan oleh pihak pengelola agar kamu terus mengingat dan mengenang tempat wisata yang satu ini. Kamu bisa foto diatas sebuah batu buatan yang diatasnya dipasang hiasan berbentuk love bertuliskan pantai pasir putih Parbaba Samosir.

Fasiliatas Di Pantai Pasir Putih Parbaba

pasir putih parbaba
Hotel di pantai pasir putih Parbaba

Tempat wisata yang baik adalah tempat wisata yang punya fasilitas publik yang lengkap. Walaupun tempat wisata yang satu ini jauh dari pusat kota, fasilitasnya sudah tergolong lengkap kok.

pasir putih parbaba
Panginapan di pantai pasir putih Parbaba

Ada beberapa penginapan atau hotel yang berada tepat di pinggir pantai ini. Mulai dari model rumah warga yang disulap jadi penginapan, bahkan hotel yang cukup profesional pun juga tersedia dilokasi ini.

pasir putih parbaba
Fasilitas di Pantai pasir putih Parbaba

Tempat untuk berteduh juga tersedia berupa pondokan maupun tenda yang disewakan oleh pengelola tempat wisata, harga sewa satu tenda bervariasi, mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000, tergantung kamu pilih diposisi mana.

BACA JUGA:  Pantai Pandawa, Tempat Wisata di Bali dengan Banyak Keseruan

Kamar mandi umum juga tersedia, dengan membayar Rp. 3.000 untuk mandi, Rp. 2.000 untuk buang air, kamu sudah bisa menggunakan fasilitas ini sepuasnya. Hanya saja fasilitas yang satu ini sepertinya perlu lebih ditingkatkan kualitasnya oleh pengelola.

pasir putih parbaba
Kantin di pantai pasir putih Parbaba

Kalau laper kamu gak usah takut, disepanjang pantai ini banyak kantin yang menyediakan aneka jenis makanan dan minuman. Untuk harga kamu jangan khawatir, hampir semua kantin yang ada disini menampilkan harga jual mereka dalam bentuk spanduk.

Kalau gak sempat belanja souvenir di Tomok ataupun Parapat, jangan khawatir, di areal tempat wisata ini banyak lapak penjual souvenir, seperti baju khas Danau Toba, gelang, ukiran dan banyak hal menarik lainnya.

pasir putih parbaba
Area parkir di pantai pasir putih Parbaba

Areal parkir di kawasan wisata pantai pasir putih ini sangat luas, kamu bebas menentukan posisi mau parkir di sudut yang mana. Kalau bisa sih yang deket jalan masuk menuju pantai aja, biar gak kejauhan.

Biaya Masuk Ke Tempat Wisata Pantai Pasir Putih Parbaba Samosir

Saat memasuki kawasan wisata yang ada di Desa Huta Bolon ini, kita akan dikenakan biaya retribusi resmi sebesar Rp. 2.000/orang untuk dewasa dan Rp. 1.000/orang untuk anak – anak.

Selain retriusi per orang, kita juga akan dikenakan tarif parkir yang tergolong sangat murah untuk sebuah tempat wisata. Untuk parkir mobil dikenakan Rp. 5.000/mobil. Murah banget kan?

Adakah biaya lainnya yang harus dikeluarkan? Sampai artikel ini dibuat belum ada perubahan terkait retribusi, semoga terus demikian dan semakin berkualitas pelayanannya.

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung

pasir putih parbaba
Spot foto di pantai pasir putih parbaba

Kapan waktu yang pas untuk berkunjung ke pantai pasir putih Parbaba? Mungkin banyak orang yang baru pertama kali bertanya demikian.

Tempat Asik sarankan buat kamu yang mau berkunjung kesini mulai dari jam 7 pagi hingga pukul 11. Karena antara waktu tersebut cuaca masih sejuk atau tidak terlalu panas. Jadi kamu bisa puas beraktivitas disekitar pantai ini. Atau sore hari mulai pukul 15.00 hingga 18.00 wib juga bisa.

Hindari berkunjung saat terik matahari tepat diatas ubun, karena kamu akan kebanyakan nongkrong dibawah tenda doang dan gak ngapa – ngapain. Hehe