Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah salah satu tempat wisata di Jakarta berupa pantai dan pulau, selama ini banyak yang menyangka di Jakarta hanya bisa dijumpai gedung-gedung bertingkat.

Berbeda dengan Pulau Bidadari Labuan Bajo, Pulau yang akan dibahas ini  merupakan gugusan dari Kepulauan Seribu yang masih termasuk wilayah Ibukota Jakarta.

Ternyata selain pulau ini dan yang di Labuan Bajo, di Indonesia ada beberapa tempat wisata yang namanya diambil dari kata Bidadari.

Sebut saja Pulau Bidadari di Timika Papua, sebuah pulau tak berpenghuni. Gili Bidadari yang berada di Kecamatan Gili Genting, Sumenep, Madura.

Selain berupa pulau, ada pulau tempat wisata alam seperti Curug Bidadari yakni air terjun yang ada di Bojongkoneng, Bogor.

Di Malang ada juga air terjun bernama Coban Bidadari, letaknya berada di Gubukklakah, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur.

Ternyata Indonesia kaya akan tempat – tempat wisata bernama Bidadari ya, tentunya yang paling populer dan fenomenal saat ini adalah Pulau Bidadari yang ada di Provinsi DKI Jakarta.

Bila Anda menginginkan sesuatu yang berbeda dari Jakarta dan tidak hanya berupa gedung – gedung tinggi atau taman – taman buatan di tengah kota, maka cobalah berkunjung ke tempat ini.

Di Kepulauan Seribu Jakarta banyak pulau – pulau yang indah yang menjadi destinasi favorit wisatawan pecinta alam seperti Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Kelapa dan tentunya Pulau Bidadari.

Penasaran seperti apa pulaunya, bagaimana cara berkunjung ke sini dan apa saja yang ada di pulau ini, yuk simak ulasan berikut ini.

Sejarah Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah sebuah pulau yang ada di Kepulauan Seribu Jakarta yang jaraknya paling dekat dari Pusat Kota Jakarta.

Jarak dari Pulau ini ke Pantai Marina Ancol sekitar 15 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit menggunakan speedboat dari Dermaga Ancol.

Dulu Namanya Pulau Sakit

Dulunya pulau ini memiliki nama lain yakni Pulau Sakit dan Pulau Purmerend, tentu nama – nama tersebut memiliki sejarahnya sendiri.

Pulau Purmerend ini pada abad ke – 17 masa penjajahan Belanda di Nusantara berfungsi sebagai penunjang aktifitas di Pulau Onrust yang jaraknya juga berdekatan dari Pulau Purmerend atau Pulau Bidadari.

Pada tahun 1679 pemerintah VOC membangun sebuah rumah sakit untuk orang – orang yang memiliki penyakit endemik seperti lepra dan kusta di pulau ini.

Sejak saat itu pulau ini disebut sebagai Pulau Sakit, karena dihuni oleh orang – orang yang menderita penyakit langka tersebut.

Di sini dahulu Belanda mendirikan sebuah benteng berbentuk melingkar yang digunakan untuk pengawasan pertahanan dari serangan musuh.

Namun pada tahun 1800 –an pulau ini hancur luluh lantak dibantai oleh pasukan armada laut Biratnia Raya, namun peninggalan sejarah tersebut masih bisa disaksikan hingga kini di Pulau Bidadari.

Pulau ini sempat kosong tak berpenghuni hingga tahun 1970 –an, pada rentang waktu tersebut pulau ini masih dinamakan Pulau Sakit atau Pulau Purmerend.

Berganti Nama

Pada awal 1970 pulau seluas 6 hektar ini berganti nama menjadi Pulau Bidadari, pemberian nama ini sebab pulau ini menyajikan keindahan alam dan juga sejarah yang cukup panjang.

Pada tahun 1972 anak usaha dari PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk yaitu PT. Seabreez Indonesia resmi mengelola Pulau Bidadari menjadi sebuah kawasan wisata.

Di atas lahan seluas 6 hektar dibangun resort yang terdiri dari penginapan dan juga restoran untuk menunjang pengunjut yang datang ke pulau ini.

Sejak resmi menjadi salah satu destinasi wisata di Jakarta, selain berkunjung ke Seaworld Ancol, orang pun berbondong – bondong untuk liburan di Pulau ini.

Bahkan agen wisata banyak bermunculkan menawarkan layanan sekaligus promosi pariwisata unggulan DKI ini.

Pesona Pulau Bidadari

pulau bidadari
Sumber: Isal Pemeta Lokal

Pulau Bidadari adalah pulau yang jaraknya paling dekat dari teluk Jakarta. Karena jaraknya yang berdekatan membuat pulau ini jadi pilihan utama wisata bahari di Kepulauan Seribu.

Oleh karena minat wisatawan yang berkunjung ke Pulau ini cukup tinggi, pulau ini terus mengalami pengembangan kepariwisataan, baik itu dari segi fasilitas dan juga pengelolaan cagar budaya.

  1. Arsitektur Resort yang Unik

penginapan di pulau bidadari
Sumber: Lim Bui Min

Di Pulau Harapan berdiri sebuah resort yang memiliki banyak jenis penginapan, resort ini dikelola oleh anak perusahaan PT. Pembangunan Jaya Ancol yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta.

BACA JUGA:  Inilah 10 Surga Wisata Kebanggaan Masyarakat Kabupaten Batubara Sumatera Utara

Salah satu daya tarik dari Pulau Harapan adalah jenis resort nya yang unik, ada yang mirip bangunan di Chinatown, ada pula penginapan dengan arsitektur Betawi dan masih banyak gaya arsitektur lainnya.

Setiap bangunan penginapan atau cottage yang ada di Pulau Bidadari juga memiliki nama yang di ambil dari nama – nama daerah yang ada di Jakarta daratan.

Seperti Tjondet Cottage, Batavia Cottage, Senen Cottage, Gandaria Cottage, Menteng Cottage, Petjenongan Cottage dan lain – lain.

Penamaan bangunan penginapan ini bertujuan untuk mengingatkan setiap pengunjung bahwa mereka liburannya masih berada di wilaya Jakarta.

  1. Adanya Benteng Pertahanan Belanda

Sumber: bap

Pulau ini juga menyimpan sejarah yang cukup panjang sejak masa pendudukan Belanda di Indonesia.

Pulau yang berada di antara Pulau Onrust, Pulau Kelor dan Pulau Cipir ini dulunya pernah dijadikan sebagai persinggahan sebelum mendarat di Jakarta.

Tak Cuma itu, Pulau Bidadari juga dijadikan sebagai tempat pertahanan yang sampai kini bisa Anda saksikan benteng pertahanan tersebut.

Pulau ini bersama dengan 3 pulau lain yakni Pulau Onrust, Cipir, dan Pulau Kelor selain dimanfaatkan sebagai pertahanan pertama, pulau ini juga dijadikan sebagai tempat penyimpangan rempah – rempah sebelum diberangkatkan ke Belanda.

  1. Dijadikan Asrama Haji

Pulau ini juga sempat dijadikan asrama haji bagi jama’ah haji yang akan berangkat ke Makkah menggunakan kapal laut.

Pemanfaatan Pulau Bidadari sebagai asrama haji berlangsung hingga tahun 1933, dan sejak saat itu pulau ini tidak berpenghuni hingga tahun 1970.

Selain pesona sejarah tentu Pulau ini menawarkan keindahan alam juga, Anda dapat bermain air di bibir pantai dan juga menyaksikan matahari terbenam.

  1. Penginapan Apung

Selain menikmati keindahan alam, Anda juga dapat berkunjung ke pulau – pulau terdekat lainnya.

Di sini juga ada penginapan apung seperti di Maldives, hanya saja saat ini penginapan tersebut sudah tidak berfungsi dengan semestinya karena sudah mengalami pelapukan.

Namun demikian Anda dapat memancing ikan di jembatan – jembatan kayu yang menghubungkan satu bangunan ke bangunan lainnya.

10 Aktifitas yang Bisa Dilakukan di Pulau Bidadari

Ada banyak aktifitas yang dapat Anda lakukan ketika berada di Pulau ini, bagi Anda penggemar mancing mania, tentu ini adalah aktifitas yang wajib Anda lakukan.

Setidaknya ada 10 kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama keluarga ketika liburan di Pulau Bidadari Jakarta.

  1. Hunting Foto

Pulau ini memiliki banyak spot – spot foto yang cantik dan instagramable. Anda dapat mengeksplorasi pulau ini dan mencari spot foto yang dirasa cocok buat Anda.

  1. Bersantai Di Cottage

Sumber: Yudha Hanottama

Bersantai sejenak di cottage yang ada di Pulau Bidadari akan menghilangkan rasa jenuh Anda dari hiruk pikur dan gemerlapnya Kota Jakarta.

Cottage – cottage yang ada di sini memiliki kolam renang yang menghadap langsung ke samudera lepas.

Dari kolam renang di cottage tersebut Anda dapat melihat gugusan pulau tetangga dan menikmati pemandangan matahari terbenam.

  1. Menyusuri Benteng Martello

Menu wajib ketika berada di Pulau Bidadari adalah menyusuri Benteng Martello yang sudah luluh lantak akibat serangan Inggris dan juga gempa Jakarta tahun 1966 ini.

Anda dapat mengetahui sejarah panjangnya dari aktifitas susur benteng yang ada di Pulau ini.

Di sini juga terdapat banyak meriam yang sudah ada sejak abad ke – 17, termasuk yang replika juga ada di sini.

  1. Sunset Seing

Melihat matahari terbenam (sunset seing) tentu kegiatan yang wajib dilakukan ketika liburan di pantai ataupun sebuah pulau.

Uniknya di Pulau Bidadari Anda dapat menikmati momen romantis tersebut bersama keluarga dari balkon cottage yang terdapat kolam renang nya.

  1. Bermain Air Di Bibir Pulau

Tidak lengkap rasanya bila liburan di pulau tapi tidak bermain di pantainya. Walaupun pantai yang ada di sini tidak sebagus yang ada di Kepulauan lain yang ada di Pulau Seribu, namun bermain di pantainya akan memiliki kesan tersendiri.

Anda dapat berayun di sebuah ayunan yang berada di atas air di pinggir pantai Pulau Bidadari ini.

  1. Karaoke & Billiard

Fasilitas resortnya terbilang cukup lengkap, terdapat fasilitas olahraga seperti lapangan basket dan juga jogging track.

Tak Cuma itu, Anda dan keluarga juga dapat menghabiskan waktu sambil bermain billiard ataupun karaoke.

  1. Memancing

memancing di pulau bidadari
Sumber: Lim Bui Min

Bagi Anda yang gemar memancing tentu Pulau Bidadari adalah pilihan yang tepat untuk menyalurkan hobbi tersebut.

Anda dapat melabuhkan kail pancing diantara jembatan kayu yang ada di antara cottage apung.

  1. Prewedding Di Pulau Bidadari

Pulau ini juga sangat sering dijadikan tempat untuk mengabadikan momen bahagia seperti prewedding.

Prewedding di Pulau ini tentu punya sensasi tersendiri, cottage – cottage di sini sering dijadikan sebagai objek foto sang fotographer.

  1. Bebakaran / Barbekyu

Aktifitas bebakaran pada malam hari di Pulau ini adalah aktifitas yang jangan sampai Anda lewatkan bila liburan bersama sahabat dan keluarga di sini.

Alat dan tempat sudah disediakan oleh pengelola Pulau Bidadari, Anda tinggal berkoordinasi saja dengan mereka.

  1. Bermain di Playground Anak

Bagi Anda yang membawa anak – anak tidak perlu takut anak Anda bosan. Di sini terdapat satu area khusus tempat bermain anak – anak.

BACA JUGA:  Kebun Raya Bogor

Di sini ada ayunan, jungkat jungkit dan jenis permainan anak lainnya, tentunya akan menghilangkan rasa bosan si kecil selama di Pulau Bidadari.

Paket Wisata Pulau Bidadari

Paket wisata Pulau Bidadari cukup mudah ditemukan di dunia maya maupun dunia nyata. Ketik saja kata kunci “Pulau Bidadari” maka akan muncul penyedia jasa layanan wisata ke Pulau ini.

Ada banyak agen travel resmi yang menjual paket wisata Pulau Seribu dan bisa Anda temukan disekitar Ancol Jakarta.

Di internet ada beberapa perusahaan yang memiliki legalitas resmi yang menjual paket wisata Pulau Bidadari seperti PT. Republik Maritm Indonesia, PT. Sheila Holiday dan PT. Indonusa Pratama.

Harga paket Pulau Bidadari yang ditawarkan kepada konsumen pun cukup kompetitif dan masih tergolong murah.

Berikut ini rate harga paket wisata Pulau Bidadari yang banyak beredar di internet, semoga dapat menjadi acuan untuk memilih travel idaman Anda.

Paket Wisata Pulau Bidadari – One Day Tour

Anak – anak

Rp. 350.000,- pax

Dewasa

Harga sudah termasuk:

  • Kapal boat dari Ancol – Pulau Bidadari (PP)
  • Makan siang prasmanan
  • Tax & Services 21%
  • Asuransi

Paket Wisata Pulau Bidadari – 2 Hari 1 Malam

Room TypeWeek Day

Week End

Deluxe Suite (Pecinan, Betawi, Belanda) Share 2Rp. 805.000,- /paxRp. 886.000,- /pax
Executive Suite (Western)

Share 2

Rp. 1.044.000,- /paxRp. 1.147.000,- /pax
Junior Suite (Western)

Share 4

Rp. 999.000,- /paxRp. 1.098.000,- /pax
Family Suite (Western)

Share 6

Rp. 860.000,- /paxRp. 945.000,- /pax
Dormitory – Share 28Rp. 678.000,- /paxRp. 747.000,- /pax
Extra PersonRp. 585.000,- /pax585.000,- /pax

Harga sudah termasuk :

  • Kapal boat dari Ancol – Pulau Bidadari (PP)
  • Welcome Drink
  • Cottage
  • Paket makan 3x prasmanan
  • Kolam renang
  • Asuransi
  • Tax & services 21%

Harga tidak termasuk :

  • Tips guide
  • Pengeluaran pribadi
  • Penyewaan watersport

Harga paket wisata di atas bukanlah harga yang final, harga tersebut merupakan harga perkiraan dan rata – rata yang dijual oleh penyedia paket wisata Pulau Bidadari.

Untuk kepastian harga Anda dapat menghubungi langsung travel agent kepercayaan Anda, atau Anda dapat langsung datang ke Dermaga Ancol sebelum keberangkatan.

Dapatkah Backpackeran ke Pulau Bidadari?

Selain membeli paket dari travel agent dan berangkat bersama group tour, Anda juga dapat berangkat ke Pulau ini dengan backpakeran.

Backpacker ke sini tentu memiliki sensasi yang berbeda, namun bila tidak terbiasa dan tidak mengetahui betul kondisi di Pulau ini, maka Anda harus menggali informasi sebanyak mungkin sebelum berangkat ke sini.

Berapa Harga Sewa Penginapan di Pulau Bidadari?

Pulau ini merupakan pulau resort yang ada di DKI Jakarta, oleh sebab itu ketika Anda memutuskan liburan ke Pulau Bidadari Anda harus membeli tiket terlebih dahulu di lokasi dermaga yang ada di Ancol.

Resort dan penginapan dijual berdasarkan paket yang dapat Anda pesan sesuai kebutuhan Anda.

Anda dapat memilih untuk liburan sehari saja tanpa menginap, atau juga dapat memilih paket dengan penginapan.

Harga paket yang sudah tercantum tentunya sudah termasuk penyewaan kamar, makan, tiket speedboat pulang dan pergi dan juga welcome drink.

Fasilitas di Pulau Bidadari

Layaknya sebuah resort yang sudah dikelola secara profesional, Pulau ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

Berikut ini beberapa fasilitas yang dapat Anda manfaatkan, beberapa fasilitas tersebut antara lain.

  1. Cottages

Pulau Bidadari merupakan sebuah resort yang di dalamnya terdapat beberapa resort dengan eksterior yang berbeda – beda namun unik.

Cottage di sini juga memiliki ragam tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan budget liburan Anda.

Tipe cottage yang ada di sini terbagi 3 yaitu tipe Deluxe, Family dan tipe Suite.

  1. Water Sport

Agar pengunjung tidak bosan, tersedia wahana olahraga air seperti banana boat, jetski, dan kano.

Penggunaan fasilitas water sprot di sini dikenakan biaya tambahan diluar biaya paket wisata, namun sepertinya ada juga yang sudah include didalamnya.

  1. Karaoke

Untuk melengkapi keseruan liburan di Pulau ini, resortnyajuga menyediakan ruang khusus untuk karaoke.

Letaknya berada di lantai 2 dari restoran yang ada di resort Pulau Bidadari, Jakarta.

  1. Restaurant

Untuk fasilitas isi perut sudah disediakan berupa restoran. Lokasinya berada di bagian depan Pulau ini.

Restoran ini memiliki kapasitas yang cukup besar dan makanan yang disajikan dalam bentuk buffet atau prasmanan.

Bila tidak dapat tempat duduk karena kepenuhan, Anda dapat membawa makanan tersebut ke cottage Anda, namun jangan lupa untuk mengembalikan peralatan makannya ya.

  1. Meeting Room / Hall

Anda dapat melakukan meeting bisnis atau sekedar membuat acara gathering perusahaan di Pulau Bidadari.

Sebab selain alam terbuka, di Pulau ini juga tersedia ruang meeting dengan kapasitas yang lumayan besar.

  1. Toko Souvenir

Jika ingin membeli pernak pernik, dapat Anda lakukan di toko souvenir yang ada di Pulau ini.

Souvenir dan perlengkapan lain seperti sendal, kaos dan yang lainnya sudah disediakan di toko souvenir Pulau Bidadari.

  1. Playground

Di Pulau ini tersedia playground untuk anak – anak seperti ayunan, jungkat jungkit dan permainan lainnya.

  1. Fasilitas Olahraga dan Permainan

Fasilitas olahraga dapat Anda manfaatkan selama di Pulau Bidadari. Beberapa fasilitas olahraga tersebut diantaranya tenis meja, lapangan basket, volley pantai, billiard.

Fasilitas permainan tradisional juga ada di Pulau ini seperti, bakiak tandem, pelengkapan tali, balap karung, dan peralatan permainan tradisional lainnya.

  1. Fasilitas Umum Lainnya

Terdapat fasilitas umum lainnya yang dapat Anda gunakan selama berada di Pulau ini, seperti Musholla, Toilet, P3K, Front Office, Mini Bar, jogging track dan spot – spot foto menarik.

  1. Layanan Umum

Fasilitas lain yang diberikan oleh pengelola kepada pengunjung berupa layanan yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun.

Beberapa layanan yang ada di sini antara lain penyewaan fishing boat, hopping island boat, penyewaan sepeda, keyboard, penyewaan tempat shooting atau foto prewedding Pulau Bidadari.

Beberapa fasilitas di atas tentu memiliki harga tersendiri, rinciannya akan kami informasikan pada bagian harga paket wisata Pulau Bidadari di bawah.

Lokasi dan Cara Menuju Pulau Bidadari

Pulau ini masuk ke dalam wilayah Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Pulau Bidadari dapat ditempuh menggunakan speed boat dari dermaga Ancol lebih kurang 30 menit, karena jaraknya yang cukup dekat dari Jakarta.

Untuk sampai di Pulau ini, terlebih dahulu Anda berangkat menuju dermaga 15 atau dermaga 16 yang ada di Taman Impian Jaya Ancol.

Sesampai di dermaga Ancol Anda dapat mengunjungi salah satu penjual paket wisata yang ada di Kepulauan Seribu, pilihlah paket wisata Pulau Seribu sesuai kebutuhan Anda.

Bila berangkat menggunakan jasa tour travel, Anda tinggal datang ke meeting point yang sudah ditentukan oleh travel agent tersebut.

Harap perhatikan jadwal keberangkatan kapal yang menuju Pulau Bidadari dan pulau sekitarnya agar Anda tidak ketinggalan kapal penyeberangan.

Dengan kapal cepat tersebut Anda akan tiba di Pulau dan biasanya akan disambut dengan tarian khas Betawi di gerbang Pulau Bidadari.

Setibanya di Pulau ini bergegaslah menuju front office untuk menanayakan jadwal makan siang dan kamar Anda menginap, bila Anda memilih untuk menginap.

Anda dapat memanfaatkan front office ini untuk bertanya terkait fasilitas yang tersedia sebelum Anda bergegas untuk menikmati keindahannya.

Jadwal Keberangkatan Kapal ke Pulau Bidadari

Jadwal keberangkatan kapal ke Pulau ini atau ke Kepulauan Seribu lainnya perlu Anda ketahui agar tidak ketinggalan kapal penyeberangan.

Jadwal Keberangkatan Kapal Pulau Bidadari

Boat Schedule

Marina Ancol

Pulau Bidadari

Waktu

09.30 Pagi

18.00 Sore

Usahakan datang lebih awal untuk menghindari keterlambatan oleh sesuatu yang tidak terduga. Sebab bila Anda ketinggalan, maka keberangkatan akan tertunda.

Biaya Sewa Kapal ke Pulau Bidadari

Bila liburan Anda ingin lebih privat, Anda dapat menyewa kapal khusus untuk menyusuri Pulau Bidadari termasuk pulau – pulau indah lainnya yang ada di Kepulauan Seribu.

Berikut ini kami sajikan daftar harga sewa kapal menuju Pulau Bidadari, kapal – kapal ini dapat di sewa harian dengan durasi maksimal 10 jam per hari nya.

Harga Sewa Kapal Tujuan Pulau Bidadari Jakarta

Nama Kapal

KapasitasFasilitas

Harga

KM. Adhyaksa

20 orang

AC, TV, Toilet, Room, PantryRp. 2.450.000,-
KM. Black Pearl

190 orang

Toilet, AC, Home TheaterRp. 14.000.000,-
KM. Concord14 orangAC, TV, Toilet, Room, PantryRp. 1.860.000,-
KM. Lumba – Lumba45 orangAC, Toilet, Home TheaterRp. 3.760.000,-
KM. Marina Express95 orangAC, Toilet, Home TheaterRp. 7.250.000,-
KM. Michael10 orangAC, Sofa, Room, DVD, SoundRp. 1.590.000,-
KM. Miss Lee30 orangToilet, Room, LCD, DVD, Karaoke, AC, Minibar, Kulkas, KitchenRp. 3.050.000,-
KM. Pramuka Express120 orangAC, Toilet, Home TheaterRp. 8.600.000
KM. Predator26 orangAC, Toilet, TV, 2 Room, PantryRp. 2.450.000,-
KM. Stingray16 orangToilet, Room

 

Rp. 1.755.000,-
KM. Tasyabi Cruise135 orangAC, TV, Toilet, 2 Room, PantryRp. 10.400.000.-
KM. Tidung Express85 orangAC, Toilet, Home TheaterRp. 6.700.000,-
KM. Vincent20 orangAC, TV, Toilet, Room, PantryRp. 2.030.000,-
KM. Zevolution37 orangRoom, AC, Pantry, TV, ToiletRp. 3.200.000,-
Quick Silver Sunda Kelapa (Durasi 2,5 Jam)130 orang8 Menu Utama, Welcome Drink, Entertainment, Keliling Pulau SeribuRp. 75.000.000,-

Tips Liburan ke Pulau Bidadari

Tertarik untuk liburan ke Pulau ini? Bila ya, sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar liburan Anda lebih maksimal nantinya.

  1. Bila Anda datang dari jauh (bukan domisili Jakarta) maka sebaiknya telfon terlebih dahulu ke pihak penyedia jasa wisata terkait kapan waktu yang tepat untuk berangkat.
  2. Jadwal keberangkatan kapal sekitar pukul 9.30 pagi setiap harinya, atur jadwal Anda sebaik mungkin agar tidak ketinggalan jadwal penyeberangan tersebut.
  3. Liburan ke Pulau ini sebaiknya ramai – ramai beserta teman dan keluarga, sebab bila datang hanya berdua bahkan sendirian tentu tidak akan begitu menarik
  4. Jagalah selalu kebersihan, jangan buang sampah sembarangan termasuk puntung rokok Anda.

Pulau Bidadari adalah pulau bersejarah di Jakarta, kelestariannya tentu tidak lepas dari campur tangan kita sebagai rakyat Indonesia khususnya warga DKI Jakarta.

Sampai bertemu pada artikel berikutnya, bila Anda punya cerita seru terkait Pulau Bidadari, jangan sungkan untuk bercerita kepada kami di kolom komentar.

Video