Taman Wisata Iman Kabupaten Dairi Pilihan Wisata Keluarga Pintar

Taman Wisata Iman atau disingkat TWI adalah sebuah tempat wisata religi yang didalam kawasannya terdapat tempat-tempat ibadah yang diakui di Indoneisa.

Luas tempat wisata Taman Wisata Iman diperkirakan mencapai 10 hektar atau sekitar 130.000 meter persegi. Banyak terdapat pohon besar dan kontur tanah yang berbukit-bukit, membuat tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk buat kamu yang males gerak.

Kenapa cocok untuk yang males gerak? Kalau main kesini kamu bakal dipaksa gerak dengan berjalan kaki, karena kendaraan ngga bisa masuk kedalam tempat – tempat ibadah yang merupakan tujuan utama wisata ini.

Mau tau cerita singkat tentang taman wisata religi yang ada di provinsi Sumatera Utara ini? Simak ulasannya sampe habis ya.

Flashback Sejenak Ke Masa Pembangunan TWI

Taman Wisata Iman
Sejarah Taman Wisata Iman

Dilinasir dari beberapa sumber, pembangunan Taman Wisata Iman ini diprakarsai oleh Bupati Dairi yang pada saat itu dijabat oleh Dr. Master Parulian Tumanggor pada tahun 2001. Beliau membuat rancangan dan memilih sebuah kawasan hutan yang berada di tepi jalan di desa Sitinjo Kabupaten Dairi.

Berselang beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 2005, Bapak Prof. Dr. Said Agil Husin Al Munawwar yang menjabat sebagai Menteri Agama Republik Indonesia melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan tempat wisata religi satu – satunya di Sumatera Utara ini.

Lokasi Taman Wisata Iman

Taman Wisata Iman
Gerbang Taman Wisata Iman via www.student.unud.ac.id

Taman Wisata Iman terletak di Desa Sitinjo yang berada di perbukitan Sitinjo Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara. TWI memiliki luas 130.000 meter persegi dan terletak sekitar 10 kilometer dari Sidikalang dan sekitar 154 kilometer dari kota Medan.

Rute menuju Taman Wisata Iman jika start nya dari kota Medan, pertama kamu harus berangkat menuju kota Berastagi. Tempat Asik saranin ke kamu sebelum lanjutin perjalanan berikutnya, nikmatin dulu keindahan kota Berastagi. Baca : Tempat Menarik Di Berastagi

Nah setelah tiba di Kota Berastagi kamu lanjut perjalanan menuju Kabanjahe, didepan kamu akan ketemu pertigaan (simpang tiga), ambil jalur ke kanan ya, karena kalau ke kiri itu menuju kota Siantar.

BACA JUGA:  7 Hal Menarik Di Merdeka Walk Medan, Pusat Tongkrongan Anak Medan

Dari pertigaan tersebut kamu jalan terus memasuki kawasan perbukitan Indah. Dijamin deh perjalanan nggak bakalan bosen karena pemandangannya emang indah, nggak akan ditemukan di kota – kota. Ada satu lagi spot yang menakjubkan ketika diperjalanan, kalian akan menemukan air terjun yang tepat berada ditepi jalan. Air terjun Lae Pendaroh namanya.

Taman Wisata Iman
Air Terjun Lae Pendaroh Taman Wisata Iman via www.sumut24.co

Perjalanan dari Kota Medan menuju TWI bisa ditempuh kurang lebih sekitar 4 jam. Taman Wisata Iman tepat berada di sebelah kiri jalan, kalau kamu kelewatan, patokannya mungkin depot pertamina yang nggak jauh dari gerbang TWI.

Hal Menarik Yang Ada Di Taman Wisata Iman

Taman Wisata Iman
Gerbang Khas Bali Taman Wisata Iman

Banyak hal menarik dari tempat wisata religi ini, mulai dari bangunan yang ada hingga kondisi alam TWI sendiri. Dari segi bangunan misalnya, ada sebuah kapal yang merupakan representasi dari kapal Nabi Nuh As, gerbang cantik seperti pura dan tentunya bangunan – bangunan yang menggambarkan simbol – simbol agama yang diakui di Indonesia.

Yang menariknya lagi dari tempat wisata ini adalah kondisi alamnya yang berbukit – bukit. Untuk menikmati semua keindahan yang ada ditempat ini kita harus menjelajahinya dengan berjalan kaki. Menaiki dan juga menuruni anak tangga yang sudah disedikan.

Didalam kawasan wisata religi yang ada di Desa Sitinjo ini tidak terdapat angkutan umum resmi, kita memang diharuskan untuk berjalan kaki. Ada sih beberapa tukang ojek, tapi hanya mengitari jalan umum saja.

Spot Yang Bisa Dikunjungi Di TWI

Seperti peruntukannya yaitu sebagai sarana ibadah dan juga rekreasi, di Taman Wisata Iman kita bisa mengunjungi dan memperkenalkan ke anak – anak rumah – rumah ibadah maupun simbol – simbol agama dari 5 agama yang ada di Indonesia.

Berikut ini beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi di TWI

1.Masjid dan juga simbol Islam lainnya

Taman Wisata Iman
Masjid Taman Wisata Iman

Masjid adalah salah satu bangunan yang ada di Taman Wisata Iman, bangunan masjid ini bukan hanya replika, tapi beneran masjid yang bisa digunakan untuk beribadah.

BACA JUGA:  19 Alasan Kenapa Kamu Wajib Baca Artikel Ini Sebelum Plesiran Ke Tanah Karo (Bag. 1)

Disekitar masjid juga dibangun replika Ka’bah, jumroh dan juga tempat sa’i yang dapat menggambarkan sedikit dari kegiatan ibadah haji di Makkah Al Mukarromah.

Taman Wisata Iman
Ka’bah Taman Wisata Iman

Lokasi masjid ini berada di paling ujung jika kita masuk dari gerbang utama, dan berada di titik pertama jika kita masuk dari gerbang akhir.

2. Bahtera Nabi Nuh As

Taman Wisata Iman
Bahtera Nuh Taman Wisata Iman

Tak jauh dari area peribadatan ummat Islam, tepat dibawah gerbang seperti pura yang ada di Bali ini akan terlihat sebuah bangunan yang merepresentasikan sebuah bahtera Nabi Nuh As.

Banguan ini cukup besar dan megah dan terdapat sebuah patung yang cukup tinggi berdiri tepat diatas bangunan ini.

Sayangnya tim Tempat Asik tidak bisa masuk kedalam ruangan bangunan ini, mungkin ada penginapan seperti di kapal Titanic kali ya. Hehe

3. Patung Tak Terawat

Taman Wisata Iman
Patung Taman Wisata Iman

Ada beberapa patung yang tak terawat yang ada diperbukitan, menaiki anak tangganya cukup ekstreem karena pembangunannya sepertinya ngga normal.  Lokasinya tepat dibawah patung besar berwarna putih dipinggir jalan.

Sebenarnya nggak ada hal yang begitu menarik dari patung – patung ini, hanya saja kalau mau merasakan sensasi horor, boleh cobain main kesini, tapi sendirian ya. Karena tempatnya memang jarang dikunjungi wisatawan.

4. Gereja

Taman Wisata Iman
Gereja Taman Wisata Iman

Ada sebuah gereja yang cukup besar di Taman Wisata Iman. Bangunannya cukup megah tapi bangunan ini sepertinya di arsiteki oleh orang Indonesia. Sebab bangunannya hampir mirip dengan gereja kebanyakan yang ada di indonesia.

Kalau mau ke gereja ini bisa mengendarai kendaraan pribadi atau berjalan kaki. Posisinya tepat dipinggir jalan dan didepannya terdapat hutan.

5. Miniatur Salib Golgota

Taman Wisata Iman
Miniatur Salib Golgota Taman Wisata Iman

Diareal TWI ada sebuah taman dimana terdapat tiga buah bangunan salib yang cukup tinggi yang merupakan miniatur dari Salib Golgota, disetiap salib yang berdiri kokoh tersebut terdapat patung yang disalib.

Dibagian bawah salib ini terdapat 3 ruangan yang biasa digunakan oleh ummat kristiani untuk berdoa.

Taman Wisata Iman
Ruang Doa Taman Wisata Iman
Taman Wisata Iman
Ruang Doa Taman Wisata Iman 2

Kamu yang mau mengabadikan perjalanan mu disini bisa menggunakan jasa photographer yang banyak berkeliaran di sekitar taman ini.

6. Taman Firdaus

Taman Wisata Iman
Gerbang Taman Firdaus Taman Wisata Iman

Taman Firdaus adalah sebuah taman yang menggambarkan kisah Nabi Adam As dan bersama istrinya Hawa yang ketika itu dihasut oleh Iblis laknat untuk memakan buah terlarang yaitu Quldi.

BACA JUGA:  5 Spot Ini Harus Kamu Jalani Saat Wisata Di Danau Toba, Kalau Tidak??? Rugi!!!

Diareal taman ini terdapat pepohonan pinus yang tinggi menjulang yang semakin menambah keindahan taman firdaus. Terdapat kolam diantara pepohonan dan juga joglo – joglo tempat bersantai.

Taman Wisata Iman
Taman Firdaus Taman Wisata Iman

Yang paling jelas terlihat ketika kita memasuki gerbang Taman firdaus adalah penampakan replika seekor ular raksasa dan panjang yang merepresentasikan dari jelmaan iblis.

Taman Wisata Iman
Panggung Taman Firdaus Taman Wisata Iman
Taman Wisata Iman
Patung Adam Hawa Taman Wisata Iman

Tepat di hadapan mulut ular tersebut ada patung raksasa pria dan wanita yang sedang memegang sesuatu (buah quldi), dan itu adalah represetasi dari Adam dan Hawa yang sedang berdialog dengan iblis. Tepat dibawah ular raksasa tersebut terdapat sebuah panggung besar yang biasa digunakan untuk seni pertunjukan.

Taman Wisata Iman
Ular Raksasa Taman Wisata Iman

Dan kita juga bisa masuk ke dalam perut ular melalui pintu – pintu yang tersedia. Fungsi jelasnya Tempat Asik belum ngerti sih, mungkin tempat berteduh ketika hujan kali ya. Hehe

Taman Wisata Iman
Prasasti Taman Wisata Iman

Dilihat dari prasasti diatas, sepertinya taman ini baru saja dibuat atas inspirasi dari Bupati Kabupaten Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro, S.Sos. Semoga harapan bapak Bupati yang tertuang dalam prasasti tersebut bisa tercapai yah guys.

7.  Lokasi Perjalanan Salib

Taman Wisata Iman
Gerbang Perjalanan Salib Taman Wisata Iman

Jika dituliskan dalam sebuah cerita, spot yang dimulai dari gerbang perjalanan salib ini adalah cerita terpanjang dari semua simbol agama yang ada di Taman Wisata Iman.

Kisah perjalanan Yesus Kristus agaknya dimulai dari gerbang perjalanan salib ini. Mulai dari kandang domba Betlehem hingga14 tahap perjalanan salib yang ada di bukit Golgota serta kebangkitan Yesus jelas tergambar di lokasi ini.

8. Vihara Saddhavana dan Pura Ummat Hindu

Taman Wisata Iman
Vihara Saddhavana Taman Wisata Iman via www.panoramio.com

Ditengah rimbunnya pepohonan terdapat sebuah bangunan berwarna gelap yang dihiasi ornamen berwarna emas, Vihara Saddhavana namanya. Sebuah tempat ibadah dari agama Buddha.

Taman Wisata Iman
Pura Taman Wisata Iman via www.skusira.blogspot.com

Di sisi lain juga dapat kita lihat sebuah bangunan yang merupakan representasi tempat ibadah ummat hindu berupa pura.

9. Gerai Souvenir

Taman Wisata Iman
Pedagang Souvenir Taman Wisata Iman

Satu hal yang ngga pernah ketinggalan di berbagai tempat wisata adalah pedagang souvenir. Di TWI juga terdapat pedagang souvenir khas Dairi dan juga Sumatera Utara yang terdapat di beberapa titik. Dan yang paling ramai tepat berada di gerbang utama yang berhadapan langsung dengan Taman Firdaus.

Retribusi Masuk Taman Wisata Iman Sitinjo Dairi

Taman Wisata Iman
Harga Tiket Masuk Taman Wisata Iman

Harga tiket masuk Taman Wisata Iman berdasarkan peraturan Bupati No. 24 Tahun 2015 Dewasa Rp. 10.000,- per orang. Dan untuk anak – anak Rp. 5.000,-

Biaya parkir di TWI bervariasi, mulai dari Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda 4. Dan kendaraan roda 2 dibanderol Rp. 2.000 saja.

Waktu Terbaik Ke TWI

Buat kamu yang baru pertama kali akan berkunjung ke tempat wisata religius yang satu ini, disarankan untuk pergi pada saat cuaca cerah ya. Karena jalur menuju lokasi ini sebagian besar perbukitan dan jurang.

Jangan lupa, kalau mau berangkat bepergian wisata baca doa dulu yaa. Selamat liburan!!