Tebing Breksi

Tebing Breksi adalah bekas area tambang yang dijadikan tempat wisata mempesona, berikut info berupa gambar, lokasi, rute, dan harga tiket terbaru 2019.

Jogja memang Istimewa, keistimewaannya tidak hanya terletak pada kultur, budaya dan juga tutur kata yang lembut, tetapi juga selalu menampilkan hal – hal yang menarik dalam dunia pariwisata.

Dulu Jogja mungkin hanya dikenal sebagai Kota Pelajar karena di kota ini bisa ditemukan kampus – kampus yang hanya berjarak 1 meter saja.

Dulu Jogja juga dikenal sebagai Ibukota Negara Repulik Indonesia, walaupun hanya sebentar tapi masih berjejak hingga kini.

tebing breksi
Sumber: @arixeordinary

Jogja juga dikenal dengan wisata candi nya yang terkenal, tapi kini Jogja semakin menunjukkan taringnya kepada dunia menjadi salah satu Kota Wisata terbaik di Indonesia.

Banyak tempat wisata Jogja baru dan hits dikalangan netizen yang kini mulai bermunculan, seperti pantai Nglambor, Pantai Indrayanti, The World Land Mark Merapi Park, The Lost World Castle, Blue Lagon, Stonehenge dan masih banyak lagi yang hits.

Salah satu tempat wisata terhits dan juga sedang naik daun adalah Tebing Breksi Jogja, sebuah tempat dengan keindahan pahatan indah ditengah – tengah perbukitan breksi.

Sejarah Tebing Breksi

sejarah tebing breksi
Sumber: @sulung_wibowo

Banyak yang membandingkan bahkan ada beberapa yang menyamakan tempat ini dengan Bastei Rocks yang ada di Jerman, atau Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Namun jika dipelajari dari sejarahnya, tempat – tempat wisata populer yang ada di luar negeri tersebut sangat jauh berbeda dari Tebing Breksi, bahkan tidak ada kemiripan sedikitpun.

Tempat ini punya cita rasanya sendiri, jika dilihat dari sejarah yang melekat padanya. Mulanya bukit kapur yang berada di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo, Prambanan ini adalah sumber mata pencaharian masyarakat lewat tambang batu kapur.

Eksplorasi bebatuan kapur Tebing Breksi ini sudah dilakukan oleh masyarakat sejak tahun 80-an sebagai lahan rezeki.

Namun seiring berajalan waktu peneliti menemukan dan mengemukakan bahwa Tebing Breksi ini adalah endapan abu vulkanik yang dari gunung Api Purba Nglanggeran jutaan tahun lalu.

Menindaklanjuti temuan peneliti tersebut maka Pemerintah mengeluarkan Larangan untuk melakukan aktifitas tambang lagi di daerah ini.

Larangan pemerintah ini tak lantas membuat masyarakat khususnya yang menggantungkan hidup mereka dari penambangan batu kapur putus asa.

Masyarakat sekitar beserta Seniman Yogyakarta memiliki ide brilian walaupun penambangan sudah dihentikan, tempat ini tetap bisa memberikan berkah ke masyarakat.

Para Seniman pahat dan dibantu masyarakat Jogja untu mengubah wajah Tebing Breksi menjadi lebih menarik, artistik dan layak dijadikan tujuan wisata.

Pahatan demi pahatan mulai dilakukan di Tebing setinggi 30 meter ini dan akhirnya tampak seperti yang sekarang sedang viral, ada ukiran ular naga, wayang dan lain – lain.

Kini selain tempat wisata populer di Jogja, tempat ini juga merupakan cagar budaya setelah Sultan Hamengku Buwono X menandatangani sebuah prasasti. Prasasti tersebut menyebutkan bahwa Tebing Breksi merupakan cagar budaya pada Mei 2015 lalu.

Alamat dan Lokasi Tebing Breksi Jogja

Sumber: @putra_ptama

Alamat Tebing Breksi berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi Tebing Breksi ini terbilang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta seperti dari Jalan Malioboro atau titik nol Jogja.

Namun demikian, lokasinya masih berada di kawasan zona wisata Sleman Timur yakni zona wisata candi, di sebelah timur terdapat Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko, sehingga aksesnya sangat mudah dicapai.

Kamu tidak perlu khawatir salah arah ketika menuju lokasi ini, jika ragu bisa bertanya kepada masyarakat setempat ya.

Rute Menuju Tebing Breksi Jogja

Sumber: @daniajr17

Rute menuju Tebing Breksi ini sangat mudah untuk di ingat, hanya saja ketika memasuki Desa Sambirejo jalan menuju lokasi ada tanjakan di beberapa bagian karena lokasinya memang berada di perbukitan.

Rute ke sini bisa dilalui menggunakan kendaraan motor maupun mobil. Jika kamu dari Yogyakarta ambil jalur ke arah Kota Solo atau lebih tepatnya Jalan Jogja – Solo.

Setelah bertemu pertigaan candi, belok ke kanan menuju arah timur melalui Jalan Prambanan – Piyungan. Teruslah berjalan hingga menemukan papan nama Tebing Breksi.

Setelah menjumpai papan nama Tebing Breksi nya lalu belok ke kiri dan jalan terus hingga tiba di tempat wisata ini.

BACA JUGA:  Taman Pelangi Monjali, Tempat Romantis Di Jogja yang Selalu Hits

Jarak yang kamu lalui jika dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 18 kilometer, dan waktu tempuh dengan kendaraan motor lebih kurang 45 menit.

Harga Tiket masuk, Parkir & Jam Buka Tebing Breksi

harga tiket masuk tebing breksi
Sumber: @dedyidey

Tidak perlu khawatir ketika berwisata di Yogyakarta, selain biaya makan yang murah, mayoritas tempat wisata di Jogja pun biaya masuknya tergolong sangat murah.

Harga tiket masuk Tebing Breksi sampai saat artikel ini dirilis Rp5.000 per orang. Harga ini hampir sama dengan harga tiket masuk tempat – tempat wisata yang ada di dekatnya.

Untuk biaya parkir kendaraan di Tebing Breksi juga cukup murah, Rp. 2.000 untuk motor, Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp10.000 untuk bus.

Jam buka Tebing Breksi Jogja hingga saat ini masih terbuka selama 24 jam, jadi kamu bisa menikmati suasana di sini hingga larut malam.

Fasilitas di Tebing Breksi

Fasilitas di Tebing Breksi Jogja pada 2019 ini sudah mulai dilengkapi satu persatu oleh pengelola, dan penyedia fasilitas tersebut 98% merupakan warga setempat.

Kelengkapan tersebut tentunya menjadikannya sebagai tempat wisata yang nyaman bagi pengunjung termasuk yang datang bersama keluarga.

Berikut ini beberapa fasilitas yang dapat kamu gunakan ketika sedang berada di Tebing Breksi Jogja  :

  1. Jeep Wisata

jeep tebing breksi
Sumber: @tebing_breksi

Ada sekitar 60 unit mobil jeep wisata yang beroperasi di koridor Tebing Breksi. Rute nya pun cukup menarik karena menuju tempat – tempat wisata yang ada di sekitarnya.

Beberapa rute jeep wisata Tebing Breksi diantaranya, Candi Barong, Candi Ijo, Bukit Teletubies, Desa Wisata Rumah Domes Teletubies, Air Watu Payung dan lain – lain.

Ada 3 jenis trip yang disediakan oleh penyedia jasa jeep wisata di sini, yakni Short Trip (1 jam), Medium Trip (1.5 jam) dan Long Trip (2 jam). Berikut informasi detil sewa jeep wisata:

SHORT TRIP (1 JAM)

Harga 300rb Maks. 4 Org

Rute : Tebing Breksi – candi Banyunibo– Banyunibo Hill – Selo Langit – Batu Papal – Candi Ijo – Tebing Breksi
MEDIUM TRIP (1.5 JAM)

Harga 400rb Maks. 4 Orang

Rute : Tebing Breksi – Spot Riyadi – Candi Barong – Candi Dawangsari – Embung Pandan Rejo – Candi Banyunibo – Banyunibo Hill – Candi Ijo – Tebing Breksi
LONGTRIP (2 JAM)

Harga 550rb Maks 4 orang

Rute : Tebing Breksi – Candi Banyunibo – Tebing Tinjon – Soro Gedung – Rumah Domes – Bukit Teletubies – Jati Bon – Bukit Klumprit – Selo Langit – Candi Ijo – Tebing Breksi.
BIAYA SUDAH TERMASUK :

–          Sewa Jeep

–          Asuransi Penumpang

–          Masker

–          Parkir Obyek Wisata

–          Air Mineral utk Long Trip

HARGA DIATAS BELUM TERMASUK TIKET WISATA

–          Short Trip dan Medium Trip HTM Rp. 15rb per orang (untuk semua spot wisata)

–          Long Trip HTM Rp. 20.000 per orang (untuk semua spot wisata)

Jika kamu tidak ingin repot – repot namun bisa mengunjungi banyak tempat wisata dalam waktu 2 jam saja, maka kamu bisa menggunakan jasa jeep wisata ini.

Untuk bertanya mengenai paket tour ataupun penyewaan jeep wisata bisa kontak melalui nomor ini 0811-2640-967 (Telp/Wa)

  1. Spot Foto Menarik

gambar tebing breksi
Sumber: @tebing_breksi

Ada 2 jenis spot foto yang ada di Tebing Breksi Jogja yaitu spot foto gratisan dan spot foto berbayar. Spot foto gratisan ini bisa kamu lakukan dimana saja, di tangga, dekat pahatan ular atau wayang, di puncak tebing dan lain – lain.

Spot foto berbayar dikelola oleh masyarakat setempat yang dulunya merupakan penambang di Tebing Breksi. Kamu bisa membantu kehidupan mereka dengan cara memanfaatkan fasilitas spot foto cantik yang sudah susah payah mereka bikin.

  1. Panggung Kesenian atau Amphithetaer (Tlatar Seneng)

panggung seni tebing breksi
Sumber: @tebing_breksi

Di Tebing Breksi ada sebuah tempat yang fotogenik dan digunakan sebagai panggung kesenian yaitu Tlatar Seneng namanya. Semacam Amphitheater dimana spot panggung dikelilingi oleh bangku yang semi melingkar.

Banyak kegiatan sudah dilakukan di panggung seni Tlatar Seneng ini, antara lain Jathilan, Perkusi, Sanggar Tari dan juga kegiatan menarik lainnya seperti konser musik.

  1. Musholla

Sebagai tempat wisata haruslah memikirkan akomodasi dan kebutuhan para pengunjungnya. Di Tebing Breksi sudah tersedia fasilitas ibadah Musholla yang bisa kamu gunakan.

  1. Pusat Kuliner

Tebing Breksi kini menjadi salah satu tujuan wisata primadona di Jogja, oleh sebab itu dampak dari membludaknya pengunjung adalah kebutuhan akan tempat santap kuliner.

Warga setempat pun tak tinggal diam, mereka mendirikan warung – warung yang menyediakan ragam sajian masakan yang bisa dinikmati pengunjung saat berada di sini.

Kamu tidak perlu khawatir lagi jika kehabisan makanan ketika sedang berada di Tebing Breksi.

  1. Parkir Luas

parkir tebing breksi
Sumber: @tebing_breksi

Parkir menjadi hal utama yang dipikirkan oleh pengunjung, termasuk juga pengelola tempat wisata ini.

Di sini parkiran sudah sangat memadai dan luas, namun walaupun demikian masih sering terjadi kapasitas yang kurang memadai akibat membludaknya pengunjung.

Untuk mengatasi hal ini, pengelola akan menutup tempat wisata jika kondisi parkir tidak memungkinkan. Jika parkir penuh akan di informasikan di jalur awal ketika memasuki Desa Sambirejo agar pengunjung tidak terlalu kecewa.

Berdasarkan info yang dikutip dari travel.tempo.co bahwa pengunjung bisa mencapai 5.000 orang di hari Senin – Jumat. Sedangkanjika hari weekend atau libur bisa mencapai 15.000 wisatawan yang datang ke Tebing Breksi.

Oleh sebab itu diperlukan strategi khusus juga sebelum kita berangkat ke tempat ini. Coba lihat tips saran kita dibagian akhir yaa.

  1. Toilet

Toilet adalah fasilitas standar yang wajib ada di tempat wisata, di sini juga sudah ada toilet ya.

  1. Balkondes Tebing Breksi

Pendirian Balkondes dilakukan oleh Tekom Group dan peresmiannya dihadiri langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik  Negara (BUMN) Rini M. Soemarno, Bupati Sleman Sri Purnomo dan Dirut Telkom Alex J. Sinaga pada Sabtu 27 April 2019 lalu.

Balkondes (Balai Ekonomi Desa) adalah sebuah fasilitas yang ditujukan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.

Dengan adanya Balkondes ini, Tebing Breksi kini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari Homestay, Rumah Joglo, Pergola, Joglo Galery, Meeting Room, Green Garden dan lokasi workshop.

  1. Area Camping Watu Tapak

area camping watu tapak
Sumber: @uki_indonesia

Tak jauh dari Balkondes pada 2018 lalu didirikan sebuah camping ground beranama Watu Tapak Camp Hill. Lokasinya masih berada di Tebing Breksi Jogja.

Sumber: @dhian_hardjodisastro

Untuk menikmati malam dan keindahan kota Jogja dari sini, kamu tidak perlu repot – repot membawa peralatan camping, karena disini sudah disediakan tenda, matras dan kebutuhan camping lainnya.

Selain dijadikan tempat camping, ternyata Watu Tapak Camp Hill ini juga pernah dijadikan tempat melangsungkan pesta pernikahan. Luar biasa.

  1. Penginapan

Selain area camping Watu Tapak, Saat ini di sekitar Tebing Breksi juga disediakan homestay atau penginapan yang juga dikelola oleh masyarakat setempat.

Aktifitas Menarik di Tebing Breksi

  1. Shoting dan Bikin Film

View menarik dari Tebing Breksi ini sangat cocok dijadikan tempat untuk membuat video cinematic atau latar sebuah video clip, seperti yang dilakukan Afgan pada lagunya Kunci Hati.

Kamu yang punya selera kreasi tinggi bisa menjadikan tempat ini sebagai latar pengambilan gambar video kamu.

  1. Foto Pernikahan

foto prewedding di tebing breksi
Sumber: @tebing_breksi

Banyak orang telah menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot pilihan mereka untuk membuat foto kenangan berupa foto pernikahan.

Ini juga sepertinya bisa mengilhami kamu untuk membuat foto kenangan berlatar bukit kapur dengan ukiran seniman yang apik di Tebing Breksi.

  1. Manikmati Sunset

Sumber: @tebing_breksi

Menikmati sunset adalah salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan dari puncak Tebing Breksi. Tak Cuma itu kamu juga bisa melihat Gunung Merapi, Candi dan pemandangan indah lainnya.

  1. Camping

Sumber: @dhian_hardjodisastro

Ingin menikmati suasana di sini lebih lama lagi? Kamu bisa menyewa tenda camp bersama teman – teman untuk menghabiskan malam di sini.

  1. Membuat Pertunjukan Seni

panggung seni tebing breksi jogja
Sumber: @tebing_breksi

Jika ingin membuat pertunjukan seni, kamu bisa bekerjasama dengan pengelola Tebing Breksi dan memanfaatkan panggung Tlatar Seneng untuk seni pertunjukan kamu.

Tempat Wisata dekat Tebing Breksi

  1. Candi Barong

Candi Barong adalah candi bercorak Hindu yang ditemukan sekitar abad ke 20 pada tahun 1913, diperkirakan Candi Barong ini dibangun pada abad ke 9 hingga abad ke 10 Masehi.

Lokasi Candi Barong masih satu desa dengan Tebing Breksi, alamatnya berada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

  1. Spot Riyadi

Spot Riyadi ini disebut juga sebagai Punthuk Setumbu nya Jogja, karena dari sini kamu bisa melihat keindahan persawahan, candi – candi dari ketinggian.

Spot Riyadi ini sebenarnya adalah halaman rumah warga yang bernama Bapak Riyadi, dari spot ini kamu bisa menikmati sunset dan sunrise sekaligus, jika dimalam hari kamu bisa menyaksikan lampu – lampu Jogja layaknya di Bukit Bintang.

Alamat Spot Riyadi masih di Desa Sambirejo, lebih tepatnya berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

  1. Candi Ijo

Masih di Desa Sambirejo, tempat wisata yang dekat dengan Tebing Breksi lainnya adalah Candi Ijo. Yang terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Candi Ijo merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Jogja, dari candi ini kita bisa melihat keindahan kota Yogyakarta, dan bisa juga melihat landasan pacu Bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

  1. Batu Papal

Masih dari ketinggian Desa Sambirejo, tempat wisata yang dekat dengan Tebing Breksi selanjutnya adalah Batu Papal.

Lokasinya berada di Dusun Mlakon, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Batu Papal menyajikan panorama alam yang indah yang persis berada dibawah tempat wisata ini. Disini juga ada spot – spot foto menarik yang instagramable.

  1. Bukit Teletubies

Bukit Teletubies adalah sebuah tempat dimana di area ini terdapat gardu pandang untuk menikmati keindahan Jogja dari ketinggian.

Dari tempat ini kamu juga menikmati atraksi matahari yang akan tenggelam yakni sunset. Lokasinya berada di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

  1. Desa Wisata Rumah Domes

Desa Wisata Rumah Domes adalah tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika di Jogja, lokasinya berada di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Ruma Domes ini sebenarnya adalah bantuan NGO ketika Yogyakarta mengalami musibah gempa. Di pemukiman Nglepen ini dibangun 80 unit rumah dengan desain Rumah Dome yang dilengkapi dengan fasilitas Musholla, ruang kesehatan dan balai pertemuan

Rumah Domes adalah sebuah desain yang mampu bertahan dari gempa dan juga angin badai. Jika kamu ingin mempelajari arsitektur bangunannya atau hanya sekedar berfoto, langsung saja datang kesini.

  1. Bukit Klumprit

Bukit Klumprit hampir sama dengan Bukit Papal, dari tempat ini kamu bisa melihat keindahan dari empat penjuru sekaligus yaitu sisi utara, timur, selatan dan juga barat.

Dibagian utara kamu bisa melihat Candi Prambanan dan juga Gunung Merapi, di sebelah timur tampak tempat wisata Rawa Jombor, sisi selatan bisa terlihat bukit purba Gunung Kidul dan juga Desa Wisata Rumah Domes, dan disisi barat dapat menyaksikan matahari terbenam.

Bukit Klumprit terletak di Dusun Klumprit, Desa Wukiharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

  1. Watu Payung / Selo Langit

Satu lagi tempat wisata menarik yang dekat dari Tebing Breksi adalah Watu Payung. Lokasinya berada di perbukitan.

Disini aktifitas yang bisa dilakukan adalah melihat sunrise, foto – foto di spot menarik yang sudah disedikan dan tentunya menikmati hijaunya alam ciptaan Tuhan, udara disini juga sejuk.

Lokasinya berada di Mlakon, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang dekat dari tempat ini, seperti Candi Dawangsari, Candi Banyunibo, Candi Ratu Boko dan lain – lain.

Hotel dan Penginapan di Sekitar Tebing Breksi

Jika kamu ke Jogja dan ingin menginap dekat dengan tempat wisata seperti Candi Prambanan dan juga Tebing Breksi, berikut ini kami informasikan hotel dan penginapan terdekat.

  1. Abhayagiri – SWH Resort

Resort ini memiliki pemandangan yang indah dan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang, restoran, wifi dan lain – lain.

Alamatnya berada di Sumberwatu Heritage Resort Dusun Sumberwatu, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Yogyakarta.

  1. Pa’ukuh Yogyakarta

Pa’uku Yogyakatra adalah penginapan murah yang dekat dengan tempat ini dan juga Candi Prambanan. Penginapan ini sejenis rumah yang disewakan.

Lokasinya berada di Klurak Baru, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta.

  1. Henny Homestay Prambanan

Henny Homestay juga merupakan penginapan murah yang berbentuk rumah yang berada dekat dengan Candi Prambanan dan juga Tebing Breksi.

Lokasinya berada di Jalan Banjarsari Blok H2, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

  1. Hanna Homestay Prambanan

Hanna Homestay juga merupakan penginapan murah yang sejenis rumah warga, lokasinya dekat dengan Candi Prambanan Jogja.

Alamat lengkapnya berada di Jalan Raya Solo No 12, Kebondalem Kidul, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

  1. Maqmil Homestay

Penginapan murah berikutnya adalah Maqmil Homestay yang dekat dengan Candi Prambanan dan juga Tebing Breksi Jogja.

Lokasinya berada di Jalan Piyungan, KM 05, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

  1. Roro Jongrang Guest House

Roro Jongrang Guest House juga merupakan penginapan murah yang dekat dengan Candi Prambanan dan juga Tebing Breksi.

Lokasinya berada di Jalan Piyungan, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

  1. Bueno Colombo Hotel & Resort

Bueno Colombo Hotel & Resort adalah hotel yang memiliki fasilitas seperti kolam renang, restoran dan juga wifi.

Lokasinya berada di Jalan Raya Jogja – Solo KM 14, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Masih banyak penginapan murah dan juga berkelas lainnya yang ada di sekitar Tebing Breksi Jogja. Kamu bisa mencarinya lewat berselancar di dunia maya sebelum memutuskan untuk memilih sesuai kebutuhan kamu.

Tempat Makan di Sekitar Tebing Breksi

Beberapa diantara kita mungkin berpikir bahwa tempat wisata yang tergolong baru kemungkinan akan kesulitan untuk mencari tempat makan.

Kamu tidak perlu khawatir akan hal tersebut, selain di area komplek Tebing Breksi, di luar juga banyak dijumpai tempat makan dan tentunya masih dekat.

Beberapa tempat makan yang dekat dari tempat ini diantaranya : Abhayagiri , Restaurant, Parkiran Ijo Kuliner, Nasi Ramesti, Warung Angkringan Sijum, Mie Ayam Bakso Wong Solo, Bakso & Soto Bu Ning

Selain tempat makanan tersebut masih banyak lagi yang lainnya dan dengan mudah kamu temukan saat berjalan menuju ke sini.

Jika ragu bisa menggunakan google map terlebih dahulu untuk memastikan apakah di sekiter lokasi sudah tersedia warung makan apa belum.

Video Tebing Breksi

Tips dan Saran Liburan di Tebing Breksi

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu kamu tahu sebelum berlibur ke tempat ini:

  1. Perhatikan kondiri kendaraan, harus dalam keadaan fit. Sebab jalan menuju sini dan beberapa tempat wisata di sektiarnya berupa tanjakan.
  2. Jika ingin berburu matahari terbit, datanglah sebelum jam 6 pagi. Bila perlu sehabis sholat subuh kamu langsung berangkat.
  3. Disarankan untuk datang dipagi hari atau sore hari, sebab jika siang hari loaksi Tebing Breksi sangat panas, karena areanya terbuka.
  4. Jika memungkinkan datanglah dihari biasa, karena pada hari weekend sangat ramai oleh pengunjung.
  5. Jika punya sampah, maka jangan dibuang sembarangan, simpan lah dulu didalam tas, jika ketemu tong sampah, lalu buang.
  6. Bumi ini adalah Ciptaan Tuhan yang dititipkan kepada kita untuk dijaga, bukan untuk dirusak, mari kita jaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan.

Nah, segitu dulu pembahasan kita mengenai tempat wisata Tebing Breksi. Jika kamu punya pengalaman menarik bolehlah diceritakan kepada yang lain lewat kolom komentar dibawah ini.

Sampai ketemu di artikel berikutnya, salam satu bumi!

BACA JUGA:  Pantai Indrayanti | Harga Tiket, Lokasi, Rute, Foto, Hotel & Fasilitas