Umbul Ponggok

Ada dua orang sahabat yang kebetulan mereka bukanlah penduduk asli Jogja, lantas salah seorang dari mereka bertanya, kamu sudah pernah ke Umbul Ponggok?

Dengan wajah datar temannya menjawab, “kalau ke Umbul Sidomukti aku sudah pernah”. Dengan sedikit kesal seorang teman nya yang bertanya tadi pun mengajak, “main ke Umbul Ponggok yuk!” ajaknya.

Jawaban yang tak disangka – sangka pun keluar dari orang yang pernah ke Umbul Sidomukti tadi, “Ngapain ke sana?”.

What? Hari gini kamu masih belum tahu apa itu Umbul Ponggok? Hari gini kamu belum lihat bagaimana keseruan yang ada di tempat wisata ini?

gambar umbul ponggok
Sumber: @arifatur_rizky93

Padahal jelang akhir tahun 2018 lalu Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo pernah memuji kesuksesan tempat wisata ini lewat postingan instagram beliau.

Buat kamu di luar sana yang masih belum tahu tempat ini atau udah tahu tapi belum pernah datang, baca artikel ini sampai tuntas ya.

Semua hal yang berkaitan dengan Umbul Ponggok seperti harga tiket masuk, fasilitas hingga 5 tips foto underwater yang kece ada di sini.

Sekilas Umbul Ponggok

Tempat ini berbeda dengan Umbul Sidomukti, apalagi dengan bendera umbul – umbul, sangat jauh berbeda.

Persamaan Umbul Ponggok dengan Umbul Sidomukti adalah sama – sama kolam yang berisi air dari mata air alami dan segar.

Perbedaannya berada pada lokasi dan juga fungsi, kalau Umbul Ponggok lokasinya berada di Klateng Jawa Tengah, Umbul Sidomukti lokasinya berada di Ungaran Jawa Tengah.

Kalau Umbul Sidomukti kolamnya hanya dipakai untuk berendam dan berenang, tempat ini dijadikan sebagai sebuah wahana foto yang spektakuler.

Umbul Ponggok adalah kolam alami yang sudah difungsikan sejak zaman Penjajahan Belanda di Indonesia.

Kolam ini memiliki ukuran 50 x 25 meter dengan kedalamam mencapai 1,5 hingga 2,6 meter. Tempat ini juga disebut – sebut juga sebagai Bunaken Van Klaten oleh beberapa wisatawan.

Tempat ini merupakan sebuah unit usaha milik desa Ponggok yang dikelola langsung oleh BUMDes Tirta Mandiri Ponggok.

Sejarah Umbul Ponggok

sejarah umbul ponggok
Sumber: @nicopurnomoo

Berdasarkan penuturan perangkat desa Ponggok dan juga fakta dan data yang ada, sekitar tahun 1920 Desa Ponggok meruapakan industri di mana orang – orang Belanda mendirikan pabrik – pabrik gula mereka di Desa Ponggok.

Beberapa pabrik gula yang ada di Desa Ponggok ini antara lain Sukierfabriek Ponggok, Suikerfabriek Karanganom, Suikerfabriek Tjokro Toeloeng dan Suikerfabriek Delanggoe.

Selain itu Desa Ponggok juga banyak dihuni oleh keluarga – keluarga Belanda yang merupakan karyawan yang memiliki jabatan di pabrik – pabrik gula tersebut.

Umbul Ponggok sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan pada Pemerintahan Hindia Belanda dijadikan sebagai tempat penampungan air yang juga dimanfaatkan sebagai kebutuhan pabrik – pabrik gula milik Belanda.

Pasca tidak beroperasinya pabrik – pabrik gula milik Belanda tersebut, akhirnya tempat ini dijadikan sebagai sumber perairan atau irigasi lahan – lahan pertanian masyarakat.

Fungsi sebagai sumber irigasi sawah masyarakat masih berjalan hingga detik ini, dan berkat kecerdasan masyarakat Ponggok, Umbul ini juga berhasil dijadikan sebuah destinasi yang kini mampu menyejahterakan warga Ponggok.

Air yang ada di sini tidak pernah mengalami kekeringan walaupun musim kemarau tiba, dan ini sudah begitu sejak zaman penjajahan dulu.

Debit air yang dikeluarkan oleh mata airnya mencapai 800 meter kubik per menit.

Karena derasnya air yang dikeluarkan mata air tersebut maka dibuatlah sebuah kolam untuk penampungan air agar air nya dapat dimanfaatkan dan tidak terbuang sia – sia.

Tradisi Padusan Umbul Ponggok

Sumber: @umbulponggok

Tradisi Padusan adalah sebuah tradisi pensucian diri menjelang datangnya Bulan Ramadhan. Tradisi ini setiap tahun digelar di Jawa khususnya di Umbul Ponggok.

Padusan berasal dari kata “adus” yang berarti mandi. Jadi warga Klanten khususnya akan mendatangi sumber air sehari menjelang masuknya Bulan Suci Ramadhan.

Di sini setiap tahun melakukan Tradisi Padusan, biasanya pada saat tradisi itu berlangsung akan di tutup untuk tujuan wisata.

Tradisi Padusan tidak hanya diselenggarakan di tempat ini saja, di Umbul – umbul yang lain di sekitar Jawa Tengah biasanya melakukan hal yang sama.

Jika kamu ingin berwisata ke sini atau umbul – umbul yang lain di sekitar Pulau Jawa maka sebisa mungkin hindari pada saat jelang bulan suci Ramadhan.

Sukses Raup 14 Milyar Setahun

Umbul Ponggok Klaten memang sangat layak dijadikan sebagai contoh pengelolaan keuangan desa masa kini.

Pada tahun 2001 Desa Ponggok masuk ke dalam daftar desa tertinggal di Indonesia, namun berkat tangan dingin masyarakat Ponggok pada 2017 masuk ke dalam daftar desa wisata terbaik di Indonesia pada tahun 2017

BACA JUGA:  Funland Mikie Holiday Taman Permainan Terbesar Di Sumatera Utara

Tidak dapat dipungkiri kesuksesannya tidak lepas dari peran kaum millenial yang gemar mengumbar foto terbaik mereka di media sosial.

Walhasil kini Desa Ponggok mampu meraup keuntungan sebesar 14 Milyar setahun, dan perekonomian masyarakat Ponggok pun semakin baik dengan pencapaian ini.

Pesona Umbul Ponggok

gambar umbul ponggok 1
Sumber: @umbulponggok

Pesona Umbul Ponggok terletak pada keindahan bawah air dari kolam alami ini. Airnya yang sejuk dan juga sangat jernih memudahkan kita untuk mengambil foto.

Di dalamnya terdapat ikan berwarna – warni dan juga terdapat pasir putih yang lembut ketika di injak.

Jika kamu sudah sering berfoto di atas gunung, di dalam laut atau di atas pesawat terbang, maka tempat ini menawarkan sesuatu yang belum ada di Indonesia, yaitu foto di dalam kolam air tawar dengan properti yang juga unik.

Di sini tidak hanya foto underwater saja yang bisa dilakukan, di sini juga sudah tersedia wahana bermain air yakni warrior adventure.

Brekunjung ke Umbul Ponggok kamu akan mendapatkan pengalaman baru dari sebuah tempat wisata keren dan hanya satu – satunya di Indonesia.

Aktifitas Menarik di Umbul Ponggok

Jika dilihat menggunakan drone dari udara, Umbul Ponggok hanyalah berupa kolam berbentuk petak yang berada di tengah – tengah rumah penduduk.

Nampaknya tidak begitu spesial jika hanya melihat sekilas dan dari permukaan. Kamu harus masuk ke dalam dan mencoba semua aktifitas seru di dalamnya.

Berikut ini kegiatan menarik yang dapat kamu lakukan di tempat ini:

  • Foto Underwater

umbul ponggok
Sumber: @umbulponggok

Kegiatan utama yang ditawarkan ke para pengunjungnya adalah foto underwater.

Foto underwater di sini sangat berbeda dengan foto underwater di lautan, yang membedakannya adalah objek – objek foto tersebut.

Jika di laut kamu foto dengan ikan dan terumbu karang, di Umbul Ponggok kamu dapat berfoto dengan ikan yang cantik dan properti yang unik.

Properti yang digunakan sebagai objek foto ini dapat kamu pilih sesuai selera, ada sepeda onthel, ada motor klasik, tv, laptop dan banyak pilihan lainnya.

Foto dengan konsep seperti prawedding, foto tematik dan tema lainnya juga bisa kamu pilih dengan harga yang berbeda tentunya.

Di sini tentunya juga sudah tersedia photographer handal yang mampu mengarahkan gaya terbaik saat berfoto.

Jika ingin foto sendiri juga bisa, di sini tersedia tempat penyewaan kamera underwater, harga sewanya baca di kolom harga tiket masuk yaa.

  • Snorkeling & Diving

snorkeling di umbul ponggok
Sumber: @@aribudiantomahli

Selain foto underwater kamu juga dapat merasakan sensasi snorkeling dan juga diving di Umbul Ponggok.

Pasti rasanya berbeda jika dibanding dengan snorkeling di lautan. Hanya saja di sini kamu dapat menyaksikan ikan – ikan yang memiliki warna yang mencolok dan indah.

Sambil melakukan snorkeling ataupun diving kamu juga dapat mengabadikan kegiatan tersebut dengan foto underwater.

  • Bermain Ponggok Warrior Adventure

Ponggok Warrior Adventure adalah wahana air teranyar yang ada di Umbul Ponggok. Wahana ini memiliki ukuran 20 x 30 meter dengan kapasitas hingga 85 orang.

Ponggok Warrior Advnture ini mirip degan wahana Aqua Adventure Track di Batam, hanya saja Ponggok Warrior Adventure ini letaknya disebuah kolam, bukan di laut.

Kamu dapat bermain sepuasnya bersama teman – teman di wahana air ini, kejar – kejaran, memanjat hingga jatuh ke kolam. Seru tentunya.

  • Jalan Di Dasar Danau Dengan Power Dive / Walker

umbul ponggok walker
Sumber: @theprincesschoo

Jika kamu tidak bisa berenang tidak perlu khawatir tidak dapat menikmati keindahan bawah airnya.

Penglola tempat ini sudah menyediakan alat bernama walker yang memungkinkan kamu bisa berjalan di dasar kolam sambil bernafas.

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok

harga tiket umbul ponggok
Sumber: @alvanfadhlana

Harga tiket masuk Umbul Ponggok Rp15.000 per orang dan ini berlaku pada hari biasa maupun hari libur.

Harga tersebut juga sudah termasuk asuransi dan voucer yang dapat digunakan untuk belanja di warung Umbul Ponggok. Ketika masuk juga mendapatkan snack ringan hasil olahan warga Ponggok.

Jika terdapat perubahan harga tiket masuk biasanya akan diinformasikan langsung melalui websitenya.

Harga Sewa Alat Snorkeling Umbul Ponggok

Sumber: @umbulponggok

Selain membayar tiket masuk, di sini kamu juga harus mengeluarkan uang untuk memanfaatkan fasilitas yang ada.

Namun demikian kamu tidak perlu khawatir, karena harga sewa fasilitas di sini sangatlah murah dan aman di kantong.

Harga Sewa Alat Di Umbul Ponggok

Harga Tiket Masuk Umbul PonggokRp. 15.000 per orang
Harga Tiket Ponggok Warrior AdventureRp. 15.000 per orang
PelampungRp. 7.000
Alat Masker SnorkelingRp. 13.000
Kamera Anti AirRp. 15.000
Pakan IkanRp. 5.000
Kamar MandiRp. 1.000 – 2.000
Sewa LockerRp. 3.000
Sewa Alat Kaki Katak / FinsRp. 7.000
Properti Foto SepedaRp. 30.000
Properti Foto Tv / Laptop / Set TamanRp. 60.000
Properti Foto Jet Sky / Atunan DoubleRp. 150.000
Properti Foto Tenda & Set KursiRp. 100.000
Properti Foto Becak / Motor / Set Love / AyunanRp. 100.000
Sewa Tempat Sesi Foto PraweddingRp. 300.000

Penyewaan alat – alat tersebut sudah tersedia di area wisata Umbul Ponggok, kamu tidak perlu membawa alat – alat tersebut dari rumah masing – masing.

Harga Paket Foto Umbul Ponggok

Di Umbul Ponggok kamu juga dapat memanfaatkan paket – paket foto seperti prawedding dan foto tematik lainnya.

Harga Paket Foto Di Umbul Ponggok

Paket Foto Underwater Durasi 30 MenitRp. 60.000 maksimal 4 orang
Paket Foto Underwater Durasi 1 JamRp. 100.000 maksimal 7 orang
Paket Power Dive (Walker) + Dokumentasi FotoRp. 150.000
Paket Power Dive (Walker) + Dokumentasi Foto & VideoRp. 200.000
Paket Diving + Perlengkapan divingRp. 250.000
Paket Prawedding Standar (Full 1 hari, 3 crew photographer, Sewa tempat dan dokumentasi)Rp. 2.000.000
Paket Prawedding Lengkap (Full 1 hari, 3 crew, Make Up Artis, Wardobe, sewa tempat, dokumentasi, cetak)Rp. 3.000.000
BACA JUGA:  Menikmati Akhir Pekan Di The Hill Hotel & Resort Sibolangit, WHY NOT? Ini Alasan Kenapa Harus Kesini

Harga tersebut sudah termasuk pemandu yang akan menemani kamu untuk foto ataupun kebutuhan lainnya.

Fasilitas di Umbul Ponggok

Meskipun tempat wisata ini tergolong masih muda, namun fasilitas penunjang terus dilengkapi oleh penglola.

Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di tempat ini:

Fasilitas Di Umbul Ponggok Klaten

Tempat Duduk

Ruang Ganti

Musholla

Area Kuliner
Penyewaan Kamera

Homestay Tirta Mandiri

Toilet

Area Parkir

Kamar Mandi

Locker
Penyewaan Pelampung

Wahana Permainan Air

Rest Area

Event Space

Kolam Air Khusus Anak

Guide Ramah

Jam Buka Umbul Ponggok

Jam Buka Umbul Ponggok Klaten

Hari

Jam

Senin

08.00 – 16.00

Selasa

08.00 – 16.00

Rabu

08.00 – 16.00
Kamis

08.00 – 16.00

Jumat

08.00 – 16.00

Sabtu

07.00 – 17.00

Minggu

09.00 – 17.00

Hari Libur

09.00 – 17.00

Jam buka Umbul Ponggok dapat berubah sewaktu – waktu, agar lebih akurat silakan bertanya langsung kepada pihak pengelola.

Kontak pengelola akan kami cantumkan dibagian kontak pada artikel ini.

Reservasi Pengunjung Rombongan

Bila kamu datang bersama rombongan lebih dari 30 orang, sebaiknya lakukan reservasi terlebih dahulu agar pengelola dapat mempersiapkan pelayanan yang lebih maksimal.

Jika kamu adalah travel agen dan membawa rombongan wisatawan lebih dari 30 orang ke Umbul Ponggok, disediakan tempat istirahat khusus beserta makanan dan minumannya.

Untuk melakukan reservasi rombongan wisatawan silakan klik link Reservasi

Kontak Umbul Ponggok

Untuk memudahkan liburan kamu ke tempat ini dan juga agar kamu dapat menggali informasi lebih detil, berikut ini kami bagikan kontak resmi Umbul Ponggok.

Website Resmi                 :umbulponggok.co.id

Instagram                            : @umbul_ponggok

Contact Person                

Dodi                                       : 0823 – 1438 – 8880

Mbah G                                 : 0815 – 4837 – 2372

Uun                                       : 0822 – 2669 – 4687

Jika kamu punya pertanyaan bisa langsung bertanya atau kepoin akun instagramnya ya.

Alamat Umbul Ponggok

alamat umbul ponggok
Sumber: @umbulponggok

(Peta Disini)

Jl. Delanggu – Polanharjo, Ds Jeblongan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Rute Menuju Umbul Ponggok

Bila kamu berniat untuk liburan di Umbul Ponggok, akses jalan menuju lokasi sudah sangat baik.

Jalan ke sini sudah bisa dilalui kendaraan kecil dan juga besar seperti bus. Berikut ini rute menuju lokasi dari Kota Solo dan juga Yogyakarta.

  • Dari Yogyakarta

Jika dari Yogyakarta ambil jalan raya Jogja – Solo dan ikuti jalan tersebut hingga pertigaan Penggung – belok kiri ke arah Penggung Jatinom hinnga pertigaan Karanganom – lalu belok kanan ke arah Karanganom sampai Ponggok. (Lokasi Umbul Ponggok berada di pinggir jalan Delanggu – Polanharjo)

  • Dari Solo / Surakarta

Bila kamu datang dari Kota Solo ikuti jalan raya Klaten – Solo sampai Delanggu – lalu belok kanan ke arah Jalan Delanggu – Polanharjo.

Bila kamu bingung dengan rute tersebut maka gunakanlah peta online atau kamu bisa bertanya mengenai alamat tersebut.

5 Tips Foto Under Water Kece di Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah sebuah tempat wisata berupa kolam renang alami yang pesona utamanya adalah foto under water.

Setiap wisatawan yang datang ke sini sudah pasti tujuan utamanya adalah ingin foto dengan ikan – ikan cantik dan juga properti unik di dalam air.

Oleh sebab itu ada beberapa tips yang perlu kamu ingat jika ingin mendapatkan hasil foto yang keren di sini.

Berikut ini 5 tips foto under water kece di Umbul Ponggok:

  • Perhatikan Waktu Berkunjung

Jika ingin mendapatkan hasil foto yang baik dari segi pncahayaan maka disarankan datanglah pada pagi hari atau menjelang sore, pada saat tersebut matahari tidak terlalu mencolok.

Dan usahakan berkunjung ke Umbul Ponggok pada hari – hari biasa, sebab jika kamu datang pada saat hari libur pengunjung akan membludak, akan menyulitkan kamu berekspresi dengan bebas.

Bila memang tidak memungkinkan datang pada hari biasa dan kamu Cuma punya waktu pada saat hari libur saja, maka usahakan datang se pagi mungkin, bila perlu kamu yang buka pintu gerbang nya. hehe

  • Jangan Gunakan Pelampung Saat Foto

Jika ingin berfoto dengan penampilan natural, maka jangan gunakan pelampung saat sesi foto.

Jika kamu tidak dapat berenang, akan ada pemandu yang bersedia membantu kamu. Jika sesi foto selesai maka pakailah kembali pelampung tersebut.

Jika menggunakan pelampung untuk foto di dalam air tentunya akan menyulitkan pergerakan kamu, walaupun mungkin dapat diatasi dengan memakai pemberat.

  • Pilih Obyek Foto Yang Sesuai Selera Kamu

Sebelum berkunjung ke tempat ini kamu bisa melihat foto – foto wisatawan lain yang sudah duluan datang ke Umbul Ponggok.

Mencari inspirasi tidak ada salahnya kan? Daripada nanti kamu kebingunan saat di sini, habis deh waktunya.

Kamu bisa memilih objek foto yang akan digunakan, ada motor, sepeda onthel, dan jenis foto tematik lainnya.

  • Bergayalah Senatural Mungkin

Setelah kamu menentukan tema apa yang akan kamu pakai untuk sesi foto under water di Umbul Ponggok, maka bergayalah se natural mungkin saat sesi foto.

Kamu mungkin akan mengalami beberapa kesulitan karena hal ini bukan lah hal yang biasa dilakukan, tapi kalau orang lain bisa, kenapa kamu tidak?

Bergaya senatural mungkin akan membuat foto kamu semakin menarik dan tentunya enak dipandang mata.

  • Gunakan Mode Burst atau Foto

Jika foto dengan kondisi yang tidak biasa seperti foto di bawah air, maka sebaiknya gunakan mode burst pada saat melakukan pemotretan.

Mode burst adalah mode yang memungkinkan kamu mengambil gambar dalam jumlah banyak hanya dalam satu ketukan atau satu kali pencel tombol capture.

Dari foto yang banyak tadi kamu bisa pilih mana yang terbaik untuk di share di instagram.

Tempat Wisata Dekat Umbul Ponggok

Desa Ponggok tidak hanya memiliki tempat wisata Umbul Ponggok, ada beberapa tempat wisata lain yang lokasinya dekat dari sini dan bisa kamu kunjungi juga.

BACA JUGA:  Eco Green Park

Berikut ini beberapa tempat wisata yang dekat Umbul Ponggok:

  • Ponggok Ciblon Resto & Kolam Renang (Jarak 500 m)Klik Peta

Alamat                                : Jl. Delanggu – Polanharjo, Jeblongan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupatn Klaten, Jawa Tengah

Telepon               : 0822 – 2669 – 4687

Alamat                 :Dk. Umbulsari, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Telepon               :0812 – 2654 – 661

Alamat                 :Jl. Janti Boto, Boto, Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Telepon               : –

  • River Moon Fun Tubing (Jarak 2.2 Km)Klik Peta

Alamat                 :Pusur, Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Telepon               :0858 – 9994 – 6995

  • Waterboom Cokro Tulung (Jarak 1.8 Km)Klik Peta

Alamat                 :Area Sawah, Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Telepon               :0856 – 4218 – 41222

  • Wisata Mata Air Cokro Umbul Ingas (Jarak 1.8 Km)Klik Peta

Alamat                 :Area Sawah, Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Telepon               : –

Alamat                 :Jl. Cokro – Delanggu, Wangen III, Wangen, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Telepon               : –

Tempat – tempat wisata tersebut tak kalah menarik dari Umbul Ponggok, kamu dapat mengunjungi tempat tersebut setelah puas berwisata di sini.

Atau jika kondisi Umbul Ponggok sangat ramai, kamu dapat mengalihkan kunjungan ke umbul terdekat, air nya juga sangat jernih dan segar.

Hotel di Sekitar Umbul Ponggok

Sumber: @umbul_ponggok_homestay

Jika kamu ingin datang lebih pagi ke sini sebaiknya kamu menginap saja di hotel terdekat dari Umbul Ponggok.

Berikut ini kami sajikan deretan penginapan atau hotel yang jaraknya relatif dekat.

Hotel Dekat Umbul Ponggok Klaten

No

Nama HotelAlamat

Kontak

1Tjokro Hotel Klaten

(Jarak 13 Km)

Jl. Pemuda Sel. No. 42, Mlinjon, Tonggalan, Kec. Klaten Tengah, Kab. Klaten(0272) 333388
2Homestay Tirta Mandiri

(Jarak 100 m)

Desa Ponggok, Kec Polanharjo, Kabupaten Klaten0823 – 1438 – 8880
3Hotel Boyolali Indah

(Jarak 13 Km)

Jl. Semaran – Surakarta, Wates, Mojosongo, Kab. Boyolali0878 – 3657 – 6996
4Hotel Edotel

(Jarak 16 Km)

Jl. Merbabu No. 11, Gayamprit, Kec. Klaten Sel, Jawa Tengah(0272) 3353229
5Hotel Srikandi

(Jarak 12.7 Km)

Jl. KH. Hasyim Asari No. 171, Srogo, Mojayan, Klaten Tengah(0272) 325374
6Hotel Graha Srikandi

(Jarak 9.1 Km)

Jl. Jogja – Solo Km. 19, Mondokan, Bowan, Kec. Delanggu, Kab. Klaten(0272) 552270
7Hotel Victoria

(Jarak 11 Km)

Jl. Klaten – Solo Km. 5, Jayan, Jombor, Kec. Ceper, Kab. Klaten(0272) 331010
8Hotel Rochmad

(Jarak 10.3 Km)

Jl. Mayor Sunaryo No. 3, Peraksangkal, Jonggrangan, Kec. Klaten Utara(0272) 320692

Tempat Makan Enak dekat Umbul Ponggok

Jika kamu tidak membawa bekal makanan apapun dari rumah, di tempat wisata Umbul Ponggok sudah tersedia foodcourt yang menyediakan ragam makanan.

Jika kamu ingin mencoba yang lain, di sekitar Umbul Ponggok juga banyak warga yang membuka warung untuk memenuhi kebutuhan perut wisatawan.

Warung Makan Dekat Umbul Ponggok Klaten

Soto Bu Atik (Jarak 190 m)Sate Kambing Mbak Dina (Jarak 56 m)
Ponggok Ciblon Resto (Jarak 500 m)Warung Makan Bu Sumadi (Jarak 23 m)
Bakso Tengkleng Abymanyu (Jarak 150 m)Warung Panorama Rasa (Jarak 8 m)
Bakso Pak Kodin Ponggok (Jarak 400 m)Warung Es Nino (Jarak 66 m)
Soto Ayam Kampung Bu Tatik (Jarak 200 m)Embun Pagi Penyetan & Steak (Jarak 400 m)
Bele Tirto (Jarak 550 m)Nasi Pecel Bu Sar (Jarak 500 m)

Inspirasi Foto di Umbul Ponggok (Galeri Foto)

Jika kamu bingung mau foto dengan gaya apa nanti ketika di Umbul Ponggok, kamu bisa mencari inspirasi lewat foto – foto wisatawan yang sudah ke sana lebih dulu.

Kamu dapat melihat dari google atau bisa langsung lihat lewat instagram resmi nya Umbul Ponggok, Klik Disini

Tips Liburan di Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah tempat wisata primadona baru yang ada di Klaten Jawa Tengah, semakin hari pengunjung yang datang ke tempat ini semakin membludak.

Bila kamu berencana liburan ke Umbul Ponggok untuk merasakan dingin dan segarnya air kolam alami ini, sebaiknya perhatikan tips berikut ini.

  1. Jika memungkinkan datanglah pada saat weekday atau hari – hari biasa, karena pengunjung pada saat hari biasa tidak sebanyak saat hari libur.
  2. Jika kamu hanya punya waktu pada saat hari libur, maka usahakan datang lebih awal agar tidak begitu ramai.
  3. Saat berenang di kolam gunakan lah pelampung, terutama bagi anak – anak dan orang yang tidak bisa berenang, karena Umbul Ponggok air nya cukup dalam.
  4. Jangan lupa bawa pakaian ganti yang banyak, mungkin kamu akan foto dengan berbagai tema dengan gonta – ganti pakaian, oleh sebab itu kamu harus siapkan juga pakaian gantinya.
  5. Jika membawa keluarga dan anak – anak, maka selalu awasi mereka, keselamatan mereka adalah tanggungjawab orang tua. Jangan sepele.
  6. Warga Ponggok adalah warga yang ramah dan penuh sopan santun, oleh sebab itu sebagai pengunjung bersikaplah sopan terhadap siapapun.
  7. Jagalah selalu kebersihan, jangan buah sampah sembarangan, termasuk puntung rokok, hargai usaha orang lain untuk selalu menjaga kebersihan.

Oke travellers, segitu dulu tulisan kita tentang Umbul Ponggok Klaten, jika kamu punya pengalaman seru mengenai tempat ini, tuliskan di kolom komentar ya.

Sampai jumpa di artikel berikutnya, jaga selalu kesehatan, salam satu bumi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *