Raja Salman bin Abdul Aziz, Mengenali Sosoknya Dulu Hingga Kini

Indonesia dihebohkan dengan kedatangan Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud. Seorang raja yang menjaga dua kota suci yang begitu dibanggakan ummat muslim di seluruh dunia, Makkah dan Madinah.

Guys, kamu tau gak kalo ternyata karir politik raja yang dikenal dermawan ini ternyata dimulai sejak 64 tahun silam, saat itu beliau menjabat sebagai Wakil Gubernur Kota Riyadh, Arab Saudi. Saat itu usianya masih 19 tahun lho guys.

Mau tau lebih banyak mengenai profil tokoh yang sempat bikin heboh Indonesia ini? Yuk simak biografi beliau disini.

Raja Salman kini berusia 82 tahun (2017)

raja salman
Raja Salman kini berusia 82 tahun (2017) – via http://thedailybeast.com

Salman bin Abdul Aziz Al Saud lahir di Murabba Palace Kota Riyadh, Arab Saudi pada tanggal 31 desember 1935, beliau merupakan putra seorang pendiri kerajaan Arab Saudi, Abdul Aziz Al Saud. Siapa disini yang lahir 31 desember? Mudah – mudahan bisa jadi raja yaa. Hehe

Salman bin Abdul Aziz merupakan anak ke 25 dari keturunan bani Saud. Ayahnya bernama Abdul Aziz yang merupakan raja pertama Arab Saudi dan ibunya bernama Hassa binti Ahmed Al Sudairi.

Salman bin Abdul Aziz sudah belajar berpolitik sejak usianya masih muda. Sejak kecil Raja Salman sudah terbiasa lho mendampingi Sang Ayah menyambut tamu – tamu istimewa seperti raja dan kepala negara lain di Istana mereka tinggal.

Hafal Alquran sejak usia 10 tahun dan mulai memimpin sejak usia belia.

raja salman muda
Hafal Alquran sejak usia 10 tahun dan mulai memimpin sejak usia belia – via http://www.hi-likes.com

Semasa kecil Salman bin Abdul Aziz menimba ilmu di Prince school, yaitu sekolah khsusu bagi pangeran yang didirikan oleh raja Abdul Aziz, Beliau sangat tekun belajar agama serta ilmu pengetahuan modern. Saat usia 10 tahun Raja Salman bin Abdul Aziz sudah menyelesaikan hafalan alquran nya. Luarr biasa.

BACA JUGA:  5 Tokoh Tenaga Kesehatan Indonesia Yang Sangat Menginspirasi Generasi Muda

Berkat kecerdasan beliau begitu banyak prestasi yang Ia ukir sejak masih muda, di usianya yang baru beranjak 19 tahun Salman bin Abdul Aziz sudah diangkat menjadi Wakil Gubernur Riyadh dan setahun kemudian diangkat sebagai Gubernur Riyadh.

Selama lima dekade kepemimpinan beliau sebagai Gubernur Riyadh yaitu mulai tahun 1954 hingga 2011, wajah Riyadh yang merupakan Ibukota Arab Saudi berubah menjadi kota maju dengan pertumbuhan paling pesat di dunia arab.

Prestasi demi prestasi di ukir semasa hidupnya

raja salman dan jokowi

Prestasi mentereng yang diukir oleh Raja Salman bin Abdul Aziz gak main – main loh guys. berbagai prestasi baik nasional maupun internasional sudah diberikan kepada sosok pemimpin religius ini.

Selain karir politik yang cemerlang dan mengagumkan, beliau juga banyak menerima penghargaan dari dunia pendidikan. Gelar doktor Honoris Causa (HC) telah dinobatkan kepadanya dari berbagai universitas terkemuka di dunia.

Gelar doktor Honoris Causa terbaru yang diberikan kepada beliau pada saat lawatannya ke negeri jiran Malaysia. Kali ini Universitas Malaya dan Universitas Islam Internasional Malaysia yang memberikan gelar tersebut, masing–masing dalam bidang sastra dan politik.

Fakta menarik mengenai Raja Salman bin Abdul Aziz yang perlu kamu tahu

raja salman prestasi
Fakta menarik mengenai Raja Salman bin Abdul Aziz yang perlu kamu tahu – via https://www.usnews.com

Mungkin kamu perlu tau dan penasaran fakta menarik apa aja yang melekat pada pada dirinya. Beberapa fakta ini dikutip dari berbagai sumber terpercaya, fakta tersebut diantaranya :

  • Sejak usia 10 tahun Raja Salman bin Abdul Aziz sudah hafal alquran dan taat beribadah.
  • Jabatan sebagai Gubernur Riyadh selama 5 dekadi mulai tahun 1963 hingga 2011 merupakan periode paling lama dan dipegang oleh Beliau.
  • Beliau merupakan pemimpin negara yang banyak menerima penghargaan dari dunia internasional, dunia pendidikan dan berbagai lembaga internasional lainnya.
  • Beliau merupakan Raja Arab yang memiliki akun pribadi media sosial twitter @KingSalman
BACA JUGA:  Inilah 8 Tokoh Indonesia Yang Pernah Menjadi 'Coverboy' Majalah Time Amerika

Begitu banyak prestasi yang beliau ukir semasa hidupnya ini menujukkan dan mengajarkan kepada kita pentingnya sikap optimistis dan berprilaku baik dan peduli terhadap sesama.

Penghargaan berasal dari kata “harga”. Jadi, untuk mendapatkan penghargaan tersebut ada harga yang harus kita bayar di muka. Tapi, sebaik – baik penghargaan adalah penghargaan yang diberikan oleh Allah Swt.

Tinggalkan Balasan