Pulau Derawan

Pulau Derawan adalah salah satu tempat wisata bahari nan indah yang ada di Indonesia dengan sebutan Negara maritim karena memiliki banyak kepulauan.

Tak banyak yang tahu bahwa Pulau Kalimantan memiliki sebuah tempat yang layak disebut surga dunia karena keindahannya.

Selain euforia kepindahan Ibukota Republik Indonesia ke Kalimantan Utara, berita viral yang sering beredar dari Pulau Borneo ini adalah kebakaran hutan dan pembalakan liar.

Jarang sekali kita mengkonsumsi berita tentang keindahan pariwisata dari Kalimantan, seperti yang sering ditonjolkan Pulau Bali, Yogyakarta, Bandung dan daerah wisata populer lainnya di Indonesia.

Padahal, Kalimantan tepatnya di Kalimantan Utara ada sebuah kepulauan yang digadang – gadang lebih baik dari Pulau Maladewa, yakni Kepulauan Derawan.

Pada artikel ini kami akan melihat bagaimana pesona wisata Pulau Derawan dan pulau – pulau yang ada di sekitarnya sehingga menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak sampai di situ, pada artikel ini kamu juga akan mengulas bagaimana cara liburan ke Pulau Derawan, fasilitas, akomodasi beserta tips liburan.

Melihat Lebih Jauh Kepulauan Derawan

pulau derawan
Sumber: @indrawahyu_09

Tempat ini adalah salah satu pulau terkenal yang ada di Kecamatan Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Kepulauan Derawan memiliki setidaknya 4 gugusan pulau yang terkenal di kalangan wisatawan yaitu Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban.

Ke empat pulau tersebut memiliki karakteristik dan keindahan masing – masing yang tak bisa dibandingkan.

Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu Kecamatan Pulau Derawan, Maratua dan Biduk – Biduk.

Setidaknya ada sekitar 31 gugusan pulau yang ada di Kepulauan Derawan Kabupaten Berau Kalimantan Timur, dan yang berpenghuni adalah Pulau Derawan dan juga Pulau Maratua.

Berikut ini nama – nama pulau di Kepulauan Derawan beserta luasnya berdasarkan hektare (ha)

Nama Pulau Di Kepulauan Derawan, Berau

No.Nama PulauLuas (ha)
1Semut6.9
2Andongabu5.3
3Bakungan8.7
4Bantaian230.6
5Besing560.1
6Bonggong123.2
7Bulingisan4.5
8Pulau Derawan44.6
9Pulau Maratua2375.7
10Nunukan4.8
11Panjang565.4
12Rabu – rabu26.7
13Pulau Sangalaki15.9
14Sangalan3.5
15Sapinang241.3
16Semama91.1
17Sudau31.2
18Tuaung372.5
19Pabahanan2.0
20Pulau Kakaban774.2
21Sodang Besar6145.8
22Telasau1080
23Tempurung1291.2
24Bilang – bilangan25.2
25Manimbora2.0
26Blambangan22
27Sambit18
28Mataha25.8
29Kaniungan Besar73.3
30Kaniungan Kecil10.2
31Bali Kukup18.2

Kabupaten Berau sebenarnya memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan, setidaknya ada sekitar 44 spot wisata potensial yang dapat dikembangkan di Kabupaten Berau dan sebagian besar terkonsentrasi di Kepulauan Derawan.

Pulau Derawan beserta pulau sekitarnya layak dijuluki Pristine Islandsebab keindahan alamnya yang masih asri dan natural.

Sejarah Pulau Derawan

Asal Mula Nama Pulau Derawan

Di Indonesia setiap nama sebuah tempat tentunya memiliki kisah atau sejarah tersendiri dibalik nama tersebut, bahkan tak jarang sejarah yang melekat pada tempat tersebut justru berbau mistis bahkan tidak masuk logika.

Penamaan pulau ini ternyata juga memiliki sejarah atau kisah yang unik namun tragis dan kisah ini beredar dikalangan masyarakat Berau.

Seperti yang dikisahkan oleh Ahmad Rifai yang saat itu menjabat Wakil Bupati Berau kepada wartawan Kompas.

Dulu ada dua keluarga yang tinggal di pulau yang berbeda yang hendak melangsungkan acara pernikahan, dan disepakati bersama pernikahan di gelar di Pulau Panjang.

Sebelum berangkat menju Pulau Panjang semua keluarga di kumpulkan, kapal disiapkan dan layar dinaikkan.

Keluarga mempelai laki – laki bersama ibunya bersiap untuk berangkat, begitu juga dengan keluarga mempelai wanita mengajak ibu dan kakak lelakinya sebagai wali nikah.

Ditengah perjalanan laut yang luas mereka bertemu di satu jalur ke arah Pulau Panjang. Namun tak lama setelah itu ombak besar disertai angin kencang mengombang – ambingkan kapal.

Ombak besar dan angin kencang tersebut akhirnya menyeret kapal – kapal hingga ke sebuah karang dan akhirnya kapal – kapal tersebut pecah.

Penumpang pun tenggelam, anak perawan yang hendak menikah tadi akhirnya menjadi Pulau Derawan (Perawan).

Ibunya berubah menjadi Pulau Samama (mama), kakaknya menjelma menjadi Pulau Kakaban (Kakak).

Seluruh anggota keluarga itu pun berubah menjadi pulau, termasuk mempelai pria yang menjelma menjadi Pulau Sangalaki (laki – laki).

Sementara calon mertua mempelai wanita dalam kisah ini menjelma menjadi Pulau Maratua (Mertua).

Pada akhir cerita sang Wakil Bupati itu, Ia menegaskan bahwa Kepulauan Derawan secara ilmiah terbentuk dari persitiwa geologis yang berlangsung ribuan bahkan jutaan tahun lalu.

Pulau Derawan Menuju Wisata Kelas Dunia

Pulau Derawan mulai diperkenalkan secara serius oleh Pemerintah Daerah Kalimantan Timur dan juga Kabupaten Berau sejak tahun 2012 lalu.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaunching kegaitan Festival Derawan pada 14 Desember 2014 lalu.

Kegiatan Festival Derawan ini terus dipromosikan baik dikancah nasional maupun internasional dengan tujuan memperkenalkan kekayaan wisata yang di miliki Kabupaten Berau khususnya Pulau Derawan.

Selama ini Pemerintah Kabupaten Berau hanya bertumpu pada sektor pertambangan dan juga energi sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pembangunannya.

Pemerintah Kabupaten Berau sadar bahwa tidak selamanya Sumber Daya Alam tersebut bisa diharapkan, karena suatu saat akan habis.

Oleh sebab itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan juga Kabupaten Berau hingga saat ini gencar mempromosikan Pulau Derawan dan kepulauan yang ada disekitarnya sebagai destinasi wisata berkelas dunia.

BACA JUGA:  Coban Rais Malang dengan Spot Bukit Bulu Batu Flower Garden yang Hits

Berdasarkan data statistik Kabupaten Berau tahun 2018 terkait kunjungan wisatawan khususnya ke Kepulauan Derawan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Asal Wisatawan201520162017
Tamu Asing6.1192.5734.376
Tamu Domestik99.41675.545203.404
Jumlah105.53578.118207.780
Sumber : Statistik Kabupaten Berau 2018

Dari data statistik di atas menunjukkan bahwa pariwisata di Kabupaten Berau terutama Pulau Derawan mengalami peningkatan yang baik dari tahun ke tahun.

Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kalimantan Timur dan Kabupaten Berau berhasil dalam mempromosikan Pulau Derawan sebagai salah satu tujuan wisata terbaik di dunia.

Pesona Pulau Derawan

gambar pulau derawan
Sumber: @kapankitakemanatrip

Tempat ini adalah salah satu pulau terkenal yang berada di Kepulauan Derawan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Keindahan bawah lautnya sudah tidak diragukan lagi, bahkan para diver kelas dunia menjadikan Pulau Derawan sebagai salah satu tujuan diving mereka.

Pantai Derawan memiliki pasir putih dengan kualitas air yang bersih dan sangat jernih berwarna hijau kebiruan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang mencintai wisata pantai.

Tempat ini juga menawarkan eksotisme penginapan di atas laut, tak hanya Pulau Derawan, penginapan berupa resort di atas laut juga bisa Anda temukan di Pulau Maratua.

Banyak yang mengatakan tempat ini adalah Maldives-nya Indonesia. Sebab keindahannya tak kalah bila dibandingkan dengan Kepulauan Maldives di Maladewa.

Pesona keindahan ternyata tidak bertumpu di pulau ini saja, di sekitar tempat ini juga menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa seperti Pulau Maratua, Labuan Cermin yang memiliki danau 2 rasa, Gusung Pasir, Danau Kakaban dan masih banyak lagi.

Keindahan tempat ini dan pulau – pulau yang ada disekitarnya bisa Anda nikmati dengan murah jika Anda perginya berkelompok, karena kalau pergi sendiri biasanya budget yang dibutuhkan akan semakin tinggi, terutama bagi yang belum berpenglaman ke Pulau Derawan.

Jika Anda ingin gaya backpacker, Anda bisa memilih untuk mengikuti open trip yang dikelola oleh agen perjalanan lokal, biasanya paket yang ditawarkan relatif murah dan tentunya dengan servis yang lengkap.

Biaya dan paket Wisata ke Pulau Derawan

Jika berbicara mengenai biaya ke Pulau Derawan tentu relatif, ada yang relatif murah dan ada yang relatif mahal, tergantung dari starting point nya dari mana.

Jika Anda berasal dari luar pulau Kalimantan seperti dari Pulau Sumateran dan Pulau Jawa tentu biaya yang cukup besar dianggarkan untuk tiket pesawat pulang dan pergi.

Jika merujuk harga tiket pesawat saat ini saja yang tergolong tinggi yang menuai banyak protes dari pengguna jasa penerbangan, diperkirakan paling murah dari Jakarta rata – rata di angka Rp. 1.8 Juta untuk sekali jalan saja.

Jika berangkat dari Kota Medan, uang yang dibutuhkan tentu lebih besar, rata – rata di angkat Rp. 3 Juta untuk one way.

Dan harga tiket tersebut adalah harga tiket pesawat kelas ekonomi atau tiket yang paling murah untuk penerbangan bulan September 2019.

Tapi dengan harga segitu tentu bagian sebagian orang masih biaya ke Pulau Derawan masih tergolong murah bila dibandingkan biaya yang dikeluarkan untuk liburan ke Maldives atau Raja Ampat Papua.

Lantas bagaimana harga paket wisata ke Pulau Derawan? Tentu bagi sebaian orang yang tidak ingin repot saat liburan menginginkan pelayanan yang praktis dari tour guide lokal.

Paket wisata ke tempat ini sudah banyak operator wisata yang menjual paket tersebut, harga yang ditawarkan antara satu operator dengan operator lain pun cukup bersaing.

Rata – rata operator wisata tersebut menjual jasa open trip dengan harga mulai dari Rp. 1.7 jutaan hingga Rp. 4 jutaan per orang, semakin banyak peserta maka akan semakin murah harganya.

Dengan harga yang ditawarkan tersebut Anda sudah mendapatkan banyak fasilitas yang mungkin jika berangkat sendiri tanpa ikut group tour tidak akan mendapatkan layanan yang lengkap.

Supaya tidak penasaran berikut ini daftar fasilitas atau servis yang diberikan oleh operator wisata jika Anda membeli paket tour dari mereka.

Fasilitas & Layanan Open Trip Ke Pulau Derawan

Tujuan Wisata–          Pulau Derawan

–          Sangalaki (Spot Pari Manta dan juga tukik)

–          Maratua Paradise (Resort Seperti Maldives)

–          Danau Kakaban (Banyak Ubur – ubur)

–          Goa Haji Mangku

–          Pulau Manimbora

–          Gusung Pasir (Pulau Pasir Cantik)

–          Spot Penyu

–          Laguna Kahedaeng

–          Taman Sibily

–          Talisayan Whaleshark Spot

–          Labuan Cermin (Danau 2 Rasa)

Fasilitas–          Trasnport dari meeting point ke dermaga (PP)

–          Speedboat ke Derawan (PP)

–          Tour leader

–          Local Guide

–          Watervilla AC

–          Makan 3x sehari

–          Air mineral selama trip

–          Speed boat untuk eksplore pulau

–          Tiket masuk semua wisata

–          Snack, coffe dan tea

–          Life jacket / pelampung

–          Alat snorkeling lengkap

–          Dokumentasi (drone, GoPro, Mirrorless)

Fasilitas yang diberikan di atas rata – rata diberikan oleh operator manapun kepada pengunjung Pulau Derawan.

Namun demikian ada kemungkinan perbedaan antar operator, bisa berupa rute perjalanan ataupun fasilitas yang diberikan bisa saja berbeda.

14 Objek Wisata Pulau Derawan yang Menarik

Berlibur ke sini tentu setiap orang harus memiliki alasan yang kuat mengingat biaya yang dikeluarkan untuk berkunjung ke Pulau ini masih relatif tinggi.

Berikut ini 14 objek wisata Pulau Derawan dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi.

  1. Menyaksikan Keindahan Taman Bawah Laut Pulau Derawan

bawah air pulau derawan
Sumber: @awang_ozi

Pulau Derawan terkenal dengan wisata bawah laut nya yang eksotis, banyak terumbu karang cantik dan langka yang bisa ditemukan.

Ikan-ikan di sini juga bervariasi dan menggemaskan untuk disaksikan dari jarak yang lebih dekat.

Pesona bawah laut Pulau Derawan sudah terkenal di kalangan diver internasional, maka jangan heran jika Anda bertemu banyak turis asing di pulau ini.

  1. Berenang Bersama Ubur – ubur di Pulau Kakaban

ubur-ubur di pulau kakaban
Sumber: @ini_kalimantan.id

Ubur-ubur sejatinya adalah hewan yang dilarang untuk didekati oleh manusia, sebab tak jarang sengatannya membuat orang khawatir untuk bermain di pantai.

Namun berbeda dengan Pulau Kakaban, pulau yang dekat dari Pulau Derawan ini menyimpan pesona biota laut ubur – ubur kecil berwarna pink yang jumlahnya mencapai ribuan.

Anda bisa berenang bersama ubur – ubur tersebut tanpa khawatir tersengat oleh mereka, bila pun di sengat tidak menyebabkan rasa sakit yang berarti.

  1. Bermain di Pantai

pantai kepulauan derawan
Sumber: @visitderawan.id

Pantai Pulau Derawan memiliki pasir yang putih dan lembut serta airnya yang sangat jernih berwarna hijau ke biru – biruan.

Di Pantai ini Anda juga dapat berfoto ria di sebuah landmark dari Pulau Derawan yang menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini.

  1. Eksplorasi Pulau Sangalaki

pulau sangkalaki kepulauan derawan
Sumber: @sang4laki

Pulau Sangalaki adalah salah satu pulau yang ada di Kepulauan Derawan, selain pulau yang indah ternyata pulau ini juga merupakan tempat konservasi penyu.

Di sini Anda dapat melihat bagaimana tukik (anak penyu) di rawat hingga dapat dilepas ke alam bebas.

  1. Menyusuri Goa Haji Mangku

goa haji mangku kepulauan derawan
Sumber: @henryjonathann

Goa Haji Mangku adalah objek wisata yang sering ditawarkan oleh operator wisata kepada wisatawan Pulau Derawan.

Keasyikan menjelajah Goa Haji Mangku ini tak kalah seru jika dibandingkan dengan menyusuri Goa Pindul di Jogja

Goa Haji Mangku mirip seperti kolam yang di dalam nya terdapat air yang sangat jernih dan segar.

  1. Eksplorasi Keindahan Pulau Maratua

pulau maratua di kepulauan derawan
Sumber: @maratuaseaview

Pulau Maratua adalah salah satu pulau terluas yang ada di Kepulauan Derawan, di sini juga terdapat sebuah bandara yang baru dirintis oleh pemerintah.

Pulau Maratua ini memiliki banyak objek wisata dan resort – resort yang ada di Pulau Maratua ini sangat layak disandingkan dengan resort yang ada di Maldives, Maladewa.

  1. Menikmati Segarnya Danau 2 Rasa Labuan Cermin

labuan cermin
Sumber: @pesonaid_travel

Jika Anda berlibur ke Pulau Derawan maka jangan lewatkan untuk mengunjungi Labuan Cermin.

Labuan Cermin memiliki danau yang unik, di mana air yang ada di danau tersebut memiliki 2 rasa, yakni asin dan tawar.

Air asin berada beberapa meter di bawah air tawar, dan air tawar berada di atasnya. Uniknya lagi ikan yang ada di danau ini adalah ikan air asin, sehingga ikan – ikan tersebut hanya berenang diperairan dalam saja.

Labuan Cermin ini sering dijadikan tempat foto underwater seperti yang dilakukan orang  – orang di Umbul Ponggok, Klaten.

Hanya saja objek fotonya berupa akar pohon yang cukup besar, berbeda dengan Umbul Ponggok, objek nya variatif, bahkan motor sport pun bisa dimasukkan ke dalam kolam.

  1. Merasakan Romantisme Penginapan Apung Di Kepulauan Derawan

resort di kepulauan derawan
Sumber: @raja.adventure

Tidak perlu jauh – jauh dan mengeluarkan budget mahal hanya untuk merasakan sensasi menginap disebuah resort apung yang ada di Maldives.

Di Indonesia juga ada tempat seperti itu, Pulau Derawan. Jika dilihat dari google map penginapan apung tersebut sudah terlihat.

Jika dilihat dari dekat pemandangan penginapan cantik dan romantis berjejer di atas perairan pantainya.

Ingin yang lebih eksotis lagi Anda dapat berkunjung ke Pulau Maratua, resort – resort cantik yang keindahannya dapat disandingkan dengan Maldives ada di sana.

  1. Berenang Bersama Ikan Paus Taliyasan dan Pari Raksasa

paus pulau derawan
Sumber: @renal_baracuda

Berenang bersama ikan Paus Taliyasan dan juga ikan Pari raksasa adalah sebuah hal yang mustahil dilakukan, tapi tidak di tempat ini.

Di sini Anda dapat melihat dan berenang bersama hewan laut berukuran besar tersebut.

  1. Menyusuri Hijaunya Mangrove Derawan

mangrove derawan
Sumber: @mangrove_tg_batu_derawan

Pulau Derawan memiliki hutan mangrove yang juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang.

Ada sekitar 37.212 hektar tanaman mangrove yang terhampar sepanjang pesisir 17 pulau yang ada di Kecamatan Kepulauan Derawan.

Wisata mangrove adalah salah satu andalan selain keindahan bawah laut Pulau Derawan.

  1. Menantikan Sunset Di Pulau Pasir Gusung Sanggalau

Pulau pasir Gusung Sanggalau adalah salah satu tempat wisata yang sangat cocok dikunjungi saat menjelang matahari terbenam.

Pulau yang merupakan gundukan pasir lembut berwarna putih ini dikelilingi oleh lautan lepas, jika Anda ingin menikmati sunset di sini tidak akan terhalang pandangan sama sekali.

  1. Menyelami Goa Bawah Laut “Blue Light Cave”

Di Derawan ada sebuah goa yang posisinya berada di bawah laut, bila Anda adalah seorang diver profesional maka cobalah untuk melihat keindahan yang ada di dalam goa tersebut.

Goa bawah laut atau yang biasa dikenal dengan Blue Light Cave ini berada di pinggiran Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan.

  1. Menikmati Kuliner Khas Derawan

Tempat ini memiliki makanan khas dan unik yang tentunya perlu Anda coba setidaknya sekali seumur hidup.

Di setiap tujuan atau di setiap daerah tentu memiliki makanan khas nya sendiri, begitu juga dengan Pulau Derawan.

  1. Berendam di Laguna Kehe Daing Yang Jernih

laguna kehe daing
Sumber: @kataomed

Di Pulau Kakaban Kepulauan Derawan ada satu tempat wisata yang juga tak kalah menarik, namanya Kehe Daing.

Kehe Daing adalah sebuah laguna yang sangat asri, bersih berwana hijau tosca yang sangat diminati oleh wisatawan.

Laguna Kehe Daing sayang sekali untuk dilewatkan, oleh sebab itu rencanakan perjalan Anda sebaik mungkin agar sampai ke Kehe Daing.

Selain 14 objek wisata di atas sebenarnya masih banyak objek lain yang menarik dan layak untuk dikunjungi di Pulau Derawan.

Namun setidaknya 14 objek wisata tersebut dapat menggambarkan bagaimana keseruan bila Anda berkunjung ke sini.

Transportasi Menuju Pulau Derawan

Bagaimana agar saya dapat sampai di Pulau Derawan? Mungkin setelah membaca artikel ini dari atas Anda sudah memutuskan untuk beralih liburan dari Maldives ke pulau ini.

Transportasi ke sini bisa menggunakan kapal penyeberangan, pesawat dan juga kendaraan umum berupa bus.

Namun tidak semua angkutan tersebut bisa langsung sampai lokasi, sebab tempat ini adalah pulau terpisah yang jaraknya juga cukup jauh dari Pulau Kalimantan.

Berikut ini panduan perjalanan langkah demi langkah yang bisa Anda gunakan, semoga bermanfaat.

  • Berangkat Dengan Penerbangan Ke Kepulauan Derawan

Tidak ada penerbangan langsung ke Pulau Derawan, sebab di sini tidak ada bandara.

Di pulau tetangga seperti Pulau Maratua terdapat bandara bernama Bandara Maratua yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 silam.

Bandara Maratua menjadi alternatif wisatawan jika ingin ke Pulau Derawan menggunakan jalur penerbangan.

Berikut ini daftar maskapai penerbangan dan juga asal bandara yang memiliki rute ke Bandara Maratua, Kepulauan Derawan

Daftar Maskapai Yang Melayani Rute Tujuan Bandara Maratua

Nama MaskapaiAsal Bandara
Wings AirBandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) – Samarinda

 

Susi AirBandara Udara Internasional Juwata (TRK) – Tarakan

Bandara Kalimarau (BEJ) – Tanjung Redeb, Berau

 

Express Air
Garuda IndonesiaBandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (BPN) – Sepinggan Balikpapan

Walaupun sudah ada penerbangan langsung menuju Pulau Maratua Kepulauan Derawan tapi saat ini masih tergolong minim.

Sebab penerbangan tersebut jadwalnya tidak setiap hari ada, rata – rata hanya seminggu sekali penerbangan saja.

Namun dari berita terkahir Bandara Maratua akan mengalami perpanjangan jalur lintasan agar pesawat berbadan besar juga dapat landing di Maratua.

Ke depannya, berkunjung ke sini akan semakin mudah dan cepat bila jumlah maskapai dan rute penerbangannya semakin berkembang.

Namun bila dari kota asal Anda tidak ada rute penerbangan langsung ke Bandara Maratua Kepulauan Derawan, maka Anda harus terbang dahulu ke Bandara Tarakan (TRK) atau Bandara Berau (BEJ) yang ada di Kalimantan Timur.

Dari 2 kota tersebut Anda akan melanjutkan perjalanan menggunakan speed boat untuk menyeberang ke Pulau Derawan.

  • Berangkat Dengan Kendaraan Darat Ke Pulau Derawan

Jalur darat biasa digunakan oleh masyarakat yang berdomisili di Pulau Kalimantan, namun jalur darat tetap tidak disarankan bila jarak terlalu jauh, sebab akan membuang waktu yang cukup banyak.

Bila ingin mencoba jalur darat dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, bus ataupun mobil rental atau travel.

Rute yang dituju adalah Pelabuhan Tanjung Batu yang ada di Kabupaten Berau, setelah itu Anda melanjutkan perjalanan penyeberangan laut menggunakan kapal cepat menuju Pulau Derawan.

Selain Dermaga Tanjung Batu Kabupaten Berau, Anda juga bisa berangkat melalui Pelabuhan Tengkayu 1 Kota Tarakan dengan menggunakan speed boat carteran.

Daftar Nama Pelabuhan dan Bandara Menuju Pulau Derawan

Pelabuhan Tanjung BatuKecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Peta Disini

Pelabuhan Tengkayu ISebengkok, Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Peta Disini

Bandar Udara Kalimaru (BEJ)Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Peta Disini

Bandar Udara Internasional Juwata (TRK)Karang Anyar Pantai, Tarakan Bar, Kota Tarakan

Peta Disini

Rute Terbaik Menuju Pulau Derawan

Walaupun rute menuju tempat ini dapat ditempuh dari 2 pelabuhan yakni pelabuhan yang ada di Kabupaten Tarakan dan juga Kabupaten Berau, namun rute terbaik adalah melalui Dermaga Tanjung Batu yang ada di Kabupaten Berau.

Alasannya adalah jarak Berau ke Pulau Derawan lebih dekat dan waktu tempuh penyeberangannya lebih singkat.

Kelebihan lainnya bila Anda berangkat dari Pelabuhan Tanjung Batu Kabupaten Berau tidak perlu khawatir dengan jumlah peserta wisata, bila Anda melakukan backpacker ke tempat ini maka berangkat dari Berau adalah pilihan terbaik.

Sementara jarak Kabupaten Tarakan ke Pulau Derawan membutuhkan waktu yang lebih lama saat menyeberang, sekitar 3.5 hingga 4 jam perjalanan menggunakan speed boat dari Pelabuhan Tengkayu 1 ke tempat ini.

Speed boat yang ada di Pelabuhan Tengkayu 1 Tarakan juga bukan kendaraan umum, jadi Anda harus menyewa satu kendaraan untuk menyeberang ke Pulau Harapan.

Bila Anda berangkat bersama rombongonan maka sebaiknya memilih keberangkatan dari Pelabuhan Tengkayu 1 Kabupaten Tarakan.

Kelebihannya harga tiket pesawat tentu lebih hemat, karena sudah banyak maskapai penerbangan yang rute nya langsung ke Bandara Internasional Juwata Tarakan tanpa transit.

Kekurangannya hanya pada waktu tempuh penyeberangan laut menuju Pulau Derawan yang memakan waktu 3.5 hingga 4 jam.

Fasilitas di Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan sebuah pulau yang sudah dihuni banyak penduduk sehingga fasilitas umum di pulau ini pun sudah lengkap.

Penginapan, warung makan, masjid, penyewaan sepeda, penyewaan speed boat, alat diving dan semua yang Anda butuhkan untuk menikmati keindahan pulau ini sudah tersedia.

Penginapan di Pulau Derawan

Pulau Derawan memiliki banyak fasilitas berupa penginapan baik hotel, resort maupun homestay. Ada yang di tengah pulau ada juga yang berada di atas laut alias terapung.

Anda bisa memilih penginapan menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki, tidak perlu khawatir mengenai harga, Anda bisa mencari sepuasnya melalui situs online.

Berikut ini beberpa penginapan yang ada di Pulau Derawan :

NoNama HotelKontak / Pesan
1Derawan Fisheries Cottage

 Cek Harga

2Fisheries Eco Villa

 Cek Harga

3

Homestay Yani Derawan

Cek Harga

4Homestay Herly

Cek Harga

5Mirroliz Pelangi Cottage

0822 – 9832 – 7129

6Sari Cottage Derawan

0811 – 5991 – 689

7Derawan Dive Lodge

0821 – 8926 – 2599

8Derawan Beach Cafe & Cottage

0823 – 4411 – 4466

9Pratasaba Resort

Cek Harga

10Maratua Dive Center and Lodge

Cek Harga

11Maratua Seaview Resort

Cek Harga

12Homestay Tanjung Duata Bohe Silian

Cek Harga

13Hidayah Maratua Homestay

Cek Harga

14Maratua Ranu Cottages

Cek Harga

15Maratua Paradise Resort

Cek Harga

Selain 15 penginapan di atas, masih banyak lagi penginapan atau resort lain yang berada di Pulau Harapan dan juga Maratua, tidak perlu khawatir akan kehabisan stok.

Tips Liburan ke Pulau Derawan

Berlibur ke Pulau Derawan memerlukan persiapan yang matang dan ekstra sebab jarak perjalanan yang ditempuh cukup panjang dan melelahkan.

Apalagi bila Anda berlibur bersama keluarga yang membawa banyak anak – anak.

Berikut ini tips liburan ke Pulau Derawan yang mungkin bisa membantu meringankan beban persiapan Anda untuk liburan ke salah satu pulau terluar di Indonesia ini.

  1. Sejak jauh hari cek harga tiket pesawat, serta tentukan terlebih dahulu dari kota mana Anda ingin menyeberang, ini menyangkut pengehmatan biaya perjalanan.
  2. Bila Anda pergi rombongan dan berasal dari Pulau Jawa atau Sumatera, sebaiknya berangkat dari Tarakan saja, tentu ongkos pesawat juga akan lebih murah karena tidak kena transit lagi.
  3. Bila Anda berangkat dari daerah yang rute penerbangannya sudah ada langsung menuju Bandara Maratua, maka hal tersebut akan sangat menghemat waktu dan biaya.
  4. Sebaiknya booking penginapan sejak sebelum keberangkatan, terutama Anda yang liburan bersama keluarga. Bila solo traveling tentu akan lebih seru mencari penginapan sesaat setelah tiba di Pulau Derawan.
  5. Persiapkan dana lebih untuk keperluan seperti membeli makanan di warung, sewa speed boat untuk jelajah pulau dan kebutuhan lainnya.
  6. Banyak baca informasi yang menyangkut pengalaman traveller saat liburan ke tempat ini.
  7. Jaga selalu kebersihan, memang alam itu bukan kita yang buat, tapi alam dibuat untuk dipersembahkan kepada kita, jadi hormatilah pemberian-Nya dengan selalu menjaga kebersihan.

Masih banyak tentunya cerita menarik mengenai tempat ini yang mungkin tidak tertulis dengan lengkap di artikel ini.

Bila Anda memiliki pengalaman tersendiri tentang Pulau Derawan, jangan sungkan untuk berbagi kisah kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Terimakasih atas perhatiannya dan sudah membaca artikel ini sampai habis, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

BACA JUGA:  7 Acara Keren Ini Layak Kamu Saksikan Ketika Di Danau Toba, Apalagi Di Bulan Agustus Ini