Pantai Kukup, Tanah Lot Ala Jogja dengan Pesona Khas Gunung Kidul

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai berpasir putih yang terkenal di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Selain pemandangan pantai yang cantik, pantai ini menyuguhkan keunikan tersendiri.

Adanya pulau karang di pantai ini adalah daya tarik utama bagi para wisatawan lokal ataupun mancanegara dengan suguhan pemandangan yang menawan.

Penasaran seperti apa keindahan Pantai Kukup ini? Tempat Asik akan membahas lengkap disini.

Lokasi Pantai Kukup

pantai kukup yogyakarta
Pantai Kukup Yogyakarta via instagram.com/asmarainjogja

Pantai cantik ini berada di sebelah  timurnya Pantai Baron, kurang lebih berjarak sekitar 1 km. Tepatnya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai ini masih sejalur dengan Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Sepanjang, Pantai Sundak dan lain sebagainya. Jarak dari Kota Jogja sekitar 40 km dan jarak dari Kota Wonosari sekitar 25 km.

Rute Menuju Pantai Kukup

Bagi kamu yang berencana kesini bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun bus pariwisata karena akses jalannya sudah mudah dilalui oleh semua jenis kendaraan. Namun tetap hati-hati karena rutenya berkelok dan naik turun. Perjalanan dari Kota Jogja dengan sepeda motor bisa ditempuh sekitar 2 jam.

Rute dari pusat Kota Jogja :

Jogja – Jl. Wonosari /Piyungan – Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tugu BPD ke timur – Wonosari – Jl. Baron – Tanjungsari – Pos TPR (retribusi) – pantai Kukup.

Rute dari Solo :

  • Via klaten : Cawas – Semin – Watukelir – Karangmojo – Tanjungsari – Pantai Kukup.
  • Via Sukoharjo : Solo – Sukoharjo – Tawangsari – Semin – Watukelir – Karangmojo – Tanjungsari – Pantai Kukup.
BACA JUGA:  Inilah Cerita Pesona Danau Toba Yang Perlu Kamu Ketahui

Mudah kan, bagi kamu yang belum pernah kesini dan bingung rutenya bisa mengajak teman asli Jogja atau bisa searching di Google Map.

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

harga tiket pantai kukup
Pantai Kukup via instagram.com/tasirah_

Saat masuk wilayah Pantai Kukup, pengunjung membayar retribusi Rp 10.000,-/orang, untuk anak usia dibawah 5 tahun gratis biaya. Harga ini sudah termasuk tarif retribusi masuk ke 8 pantai Gunung Kidul ( Pantai Baron, Krakal, Kukup, Sepanjang, Drini, Sundak, Indrayanti, dan Pantai Pok Tunggal).

Untuk biaya parkir sepeda motor Rp 2.000,-, mobil Rp 5.000,-/kendaraan.

Pantai ini buka setiap hari, 24 jam. Jadi kamu tak perlu menunggu musim liburan datang untuk bisa menikmati pesona pantai ini.

Keunikan Pantai Kukup

pasir putih pantai di jogja
Bermain pasir putih pantai di jogja via instagram.com/pradinarahayu89

Bagi kamu pecinta foto selfie, pantai ini bisa menjadi lokasi keren dengan background hamparan pasir putih dan bersih yang dikelilingi perbukitan khas pantai. Meski tak seluas Pantai Parangtritis, pemandangan disini bisa dibilang cukup unik karena tidak dimiliki oleh pantai lain pada umumnya.

pantai kukup saat surut
Pantai Kukup saat surut via instagram.com/sadayatourtravel

Pantai ini mirip dengan Pantai Nglambor. Saat air surut, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan terumbu karang seluas sekitar 100 m dari bibir pantai lengkap dengan biota laut seperti ikan-ikan kecil warna-warni, landak laut, bintang laut, rumput laut dan lainnya.

Pantai ini juga menjadi terkenal dengan ragam biota lautnya terutama jenis ikan hias. Jika berkunjung kesini, tak heran jika ada banyak penjual ikan-ikan hias di sekitar pantai dengan harga yang bervariasi. Jika hanya ingin sekedar melihat-lihat ikan juga boleh, atau bisa juga mencari sendiri di tepi bibir pantai saat surut dengan jaring kecil.

BACA JUGA:  Top 10 Tempat Wisata Di Bali Terfavorit Dan Paling Hits Di Sosial Media

Saat menjelajahi terumbu karang ada baiknya tetap hati-hati karena licin dan ada pula terumbu karang yang tajam.

main air di pantai kukup
Main air di pantai via instagram.com/ayudwihastuti04

Selain itu, pengunjung bisa bermain air atau basah-basahan di tepian pantai dengan pasir putih. Ombak disini cukup aman karena adanya lantai karang/dasar karang yang menjorok ke pantai, jadi tak seganas ombak di Pantai Parangtritis atau pantai lainnya.

Bagi kamu yang lagi mager alias males gerak dan hanya sekedar ingin melihat pemandangan, kamu bisa berteduh dibawah payung sambil menyruput sajian es kelapa muda yang segar.

Yang menjadi ciri dari pantai ini adalah adanya pulau karang di sisi timur pantai seperti di Tanah Lot Bali. Pulau karang ini bernama Pulau Jumino. Pulau Jumino ini menjadi lokasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berfoto-foto dengan cantiknya pemandangan pantai.

pantai kukup
Pulau Jumino Pantai Kukup via instagram.com/bingah_inawati

Untuk sampai di pulau karang, pengunjung bisa melewati jembatan penghubung yang sudah tersedia. Nah, di sepanjang jembatan inilah para pecinta fotografi sering mengambil gambar/foto yang bisa bikin ngehits di akun sosial media terutama instagram. Tak heran jika foto-foto yang diambil dari lokasi ini terlihat keren dan kece-kece.

pantai kukup jogja
Pantai Kukup Jogja via instagram.com/nerlysidiksembiring_

Di pulau karang ini ada gardu pandang yang menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk melihat pemandangan pantai dari atas. Selain itu, tempat ini cocok untuk menikmati keindahan sunset maupun sunrise saat cuaca cerah.

pantai kukup gunung kidul
Pantai Kukup Gunung Kidul via instagram.com/yagunn

Jika esok harinya ingin melihat sunrise, kamu bisa seru-seruan bersama teman-teman camping di sekitar pantai.

Jika kesini di bulan Sura, mungkin kamu bisa beruntung melihat ritual labuhan yang memang diadakan sebagai wujud rasa syukur dari masyarakat sekitar atas hasil laut dan kelimpahan rezeki dari Sang Pencipta.

BACA JUGA:  Hutan Mangrove Kulon Progo dengan Spot Menarik yang Kekinian

Fasilitas di Pantai Kukup

Fasilitas di kawasan pantai ini sudah memadai dan siap melayani para pengunjung seperti area parkir yang luas, kamar mandi/toilet, mushola, tempat sampah, jajaran warung makan/cemilan, penjual souvenir dan penginapan jika pengunjung ingin bermalam.

Tips Wisata ke Pantai Kukup

  • Saat mencari ikan hias di area terumbu karang sebaiknya berhati-hati dan memakai alas kaki agar aman dari tajamnya terumbu karang dan terlindung dari hewan beracun.
  • Ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi karena lebih nyaman dan bisa wisata ke tempat lain tanpa dibatasi waktu.
  • Ada baiknya kesini bersama anggota keluarga, karena pantai ini juga cocok untuk anak-anak.
  • Sebaiknya datang kesini di hari biasa/diluar hari libur agar bisa puas berfoto dan seru-seruan bermain air. Saat liburan, tempat ini dipadati pengunjung.
  • Selalu jaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tematnya ya. Agar pemandangan pantai tetap bersih.
  • Bagi kamu yang takut dengan terik sinar matahari yang menyengat ataupun takut kulit jadi hitam/gosong, kamu bisa menggunakan baju panjang/jaket. Atau bisa datang kesini saat sore hari ketika matahari mulai terbenam.
  • Bagi kamu pemburu foto, jangan lupa siapkan kamera/smartphone dengan baterai cadangannya.
  • Membawa baju ganti jika berencana bermain air/berenang.

Jadi pengen wisata ke Pantai Kukup ala Tanah Lot ini bersama pasangan, teman, keluarga? Ayo segera buat agenda liburan ke tempat-tempat menarik di Jogja seperti Merapi Park, Kalibiru, Gumuk Pasir Parangkusumo dan lainnya.

Semoga liburannya seru dan menyenangkan. Salam piknik.