Gumuk Pasir Parangkusumo, Padang Pasir di Jogja dengan Ragam Keunikan

Gumuk pasir Parangkusumo merupakan salah satu tempat wisata seru di Jogja dengan pemandangan unik berupa gundukan pasir yang luas.

keindahan gumuk pasir Parangkusumo
Menikmati keunikan gumuk pasir dengan berfoto-foto

Fenomena terbentuknya gumuk pasir ini memakan waktu yang cukup lama hingga akhirnya sekarang menjadi tempat wisata unik yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Jangan sampai terlewatkan untuk datang ke tempat unik satu ini jika sedang berlibur di kota Jogja.

Mau tau seperti apa, yuk ikuti tim Tempat Asik jalan-jalan di selatan kota Jogja ini. Seru pastinya.

Lokasi dan Rute Menuju Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat unik ini berada di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, DIY. Dari kota Jogja sekitar 1 -1,5 jam perjalanan tergantung laju kecepatan kendaraan. Ada baiknya jika menggunakan kendaraan pribadi yang lebih nyaman.

rute menuju gumuk pasir Parangkusumo
Rute perjalanan melewati hutan cemara

Lokasi gumuk ini berada di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis. Dari Jogja ke selatan melalui Jl. Parangtritis , ikuti jalan utama sampai menjumpai TPR/loket masuk ke Pantai Parangtritis. Sebelum TPR ini belok kanan/selatan arah ke Pantai Depok sampai di TPR masuk Pantai Depok. Sebelum masuk ke Pantai Depok, ambil ke kiri arah Pantai Parangtritis.

Di tengah perjalanan dengan melewati pepohonan cemara ini kamu sudah menjumpai gumuk pasir di tepi jalan. Pohon cemara ini sama dengan jenis pohon yang ada di kawasan Pantai Goa Cemara.

Jadi, kamu bisa sekalian wisata ke beberapa tempat sekaligus dari mencicipi kuliner ikan segar di Pantai Depok, mampir ke gumuk pasir ini, lalu menikmati sunset di Pantai Parangtritis. Dijamin deh liburan kamu bakalan lengkap.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Sebelum sampai ke lokasi ini, kamu cukup bayar biaya retribusi di TPR masuk kawasan Pantai Depok Rp 5.000,-/orang.

BACA JUGA:  Curug Bidadari Sentul Paradise Park, Wisata Populer di Bogor

Tempat ini buka setiap hari dari jam 06.00 pagi sampai jam 19.00 WIB. Untuk masuk lokasi wisata ini belum dikenakan biaya.

tarif parkir di gumuk pasir Parangkusumo
Cukup bayar biaya parkir bisa piknik asik ditempat seru

Buat kamu yang ingin piknik asik tapi mau ngirit, disini tempatnya. Kamu cukup bayar biaya parkir kendaraan saja. Untuk sepeda motor Rp 3.000,-, mobil Rp 10.000,-, bus/travel Rp 20.000,-, dan parkir pre-wedding Rp 40.000,-.

Serunya Berseluncur di Gumuk Pasir Parangkusumo

Walaupun sebenarnya ada banyak gumuk pasir di Indonesia, Vietnam, dan Filiphina, hanya di Parangkusumo ini yang bisa digunakan untuk berseluncur dengan sandboarding/papan seluncur karena gundukan pasir disini berketinggian sekitar 5-15 meter.

harga sewa sandboarding di gumuk pasir Parangkusumo
Menyewa sandboarding bisa menguji adreanalinmu

Jika ingin merasakan sensasi meluncur dengan sandboarding diatas pasir ini, kamu bisa menyewa 1 sandboarding dengan harga Rp 100.000,- dan bisa bermain sepuasnya. Termasuk pemandu yang akan membantu cara berseluncur, tapi sebenarnya berseluncur disini sangatlah mudah, tapi tetap harus hati-hati karena licin.

Jika ingin lebih irit biaya, kamu bisa membawa sandboarding sendiri dari rumah. Bagi kamu yang yang memliki berat badan berlebihan, bisa coba cara diet disini dengan berseluncur dari atas ke bawah lalu jalan naik ke atas gumuk berulang kali.

sandboarding di gumuk pasir Parangkusumo
Bermain sandboarding disini adalah hal paling seru

Karena uniknya permainan berseluncur dengan sandboarding dari ketinggian, kawasan ini menjadi salah satu tempat hits di Jogja dalam waktu beberapa tahun terakhir ini.

Spot Foto di Gumuk Pasir Parangkusumo

Ada banyak spot dan tempat asik yang bisa kamu jumpai di lautan pasir ini. Dari awal memasuki kawasan ini kamu akan disambut dengan dengan tulisan besar berwarna dari nama lokasi ini. Banyak juga pengunjung yang seru berfoto disini.

spot ayunan di gumuk pasir parangkusumo
Ayunan yang bisa dijadikan spot foto

Jika sudah lelah bermain prosotan pasir, kamu bisa duduk sejenak di ayunan santai.

Di tengah hamparan pasir yang luas, ada pohon kaktus cukup unik yang bisa kamu ajak berfoto selfie.

spot pohon kaktus di gumuk pasir Parangkusumo
Pohon kaktus di tengah gumuk pasir

Kamu juga bisa berteduh dibawah pepohonan di Taman Gumuk Pasir yang berada di sisi barat. Ada banyak kursi kayu yang bisa digunakan untuk sekedar bersantai sambil menikmati keindahan tempat ini.

BACA JUGA:  Kamu Suka Trekking? Cobain Wisata Air Terjun Curug Sewu! Keindahan Alamnya Bikin Mata Seger

Sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa ayunan di tempat teduh ini.

spot ayunan di taman gumuk pasir Parangkusumo
Menikmati teduhnya taman gumuk pasir saat cerah

Bagi yang pengen foto dengan bunga, disini juga ada spot bingkai bunga bentuk love yang bisa kamu ajak foto.

spot foto di gumuk pasir Parangkusumo
Ajak pasanganmu foto di spot romantis ini

Di dekatnya ada gambar kupu-kupu besar yang dirangkai dari tutup botol minuman, kreatif juga kan. Hal ini bisa menjadi contoh dalam memanfaatkan barang bekas yang tak terpakai.

spot foto di taman gumuk pasir Parangkusumo
Spot gambar kupu-kupu di area gumuk pasir

Cukup banyak kan spot fotonya, bagi kamu pemburu tempat hits dan doyan narsis disinilah tempatnya.

Fakta Unik Gumuk Pasir Parangkusumo

Nama gumuk pasir ini berasal dari bahasa Jawa, yaitu kata gumuk : tumpukan/gundukan dan berarti gundukan/tumpukan pasir.

Walaupun  gumuk ini bernama“Gumuk Pasir Barchan”, tempat ini lebih terkenal dengan sebutan Gumuk Pasir Parangkusumo. Sebenarnya nama barchan ini merupakan type/jenis dari pasir yang ada disini.

taman gumuk pasir Parangkusumo
Taman gumuk pasir yang teduh

Gumuk pasir ini juga dikenal dengan gumuk pasir pesisir (coastal dunes) dan bisa ditemukan di semua garis lintang di dunia mulai dari kutub sampai khatulistiwa.

Coastal dunes ini ada di 3 Negara yaitu Filiphina (La Paz Sand Dunes), Vietnam (Mui Sand Dunes), dan Indonesia (Parangkusumo).  Uniknya, gumuk pasir ketiga Negara ini sama-sama bertype barchan.

Adanya salah satu gumuk pasir di DIY, kota Jogja menjadi terkenal karena memiliki satu-satunya gumuk pasir di Asia Tengara (Filiphina, Vietnam, Indonesia).

Ada fakta menarik dan langka dari gumuk ini. Pasir bertype barchan yang seharusnya terbentuk di daerah beriklim kering, ternyata bisa dijumpai di Indonesia (Yogyakarta) yang beriklim tropis basah.

Karena adanya gumuk pasir yang berada di iklim yang tidak sesuai ini, menjadi salah satu keistimewaan dari kota Jogja yang terkenal dengan makanan khas Gudegnya.

BACA JUGA:  The Lodge Maribaya, Wisata Alam di Bandung dengan Spot Kekinian
lokasi gumuk pasir Parangkusumo
Lokasi gumuk pasir yang berada di tepi jalan

Selain berseluncur, keunikan lainnya juga pernah menjadi lokasi pembuatan video klip seperti lagu milik Agnes Monica dan grup musik Letto asal Jogja.

Di sini juga bisa digunakan untuk lokasi syuting film, seperti yang pernah dilakukan dalam film berjudul Wanita Berkalung Sorban. Bisa juga menjadi lokasi pengambilan foto pre-wedding dengan background gumuk pasir.

Bagi para fotografer juga sering melakukan pengambilan foto-foto model berpengalaman disini dengan latar pemandangan bagaikan di padang pasir.

Jika kamu berada di gumuk ini di siang hari, kamu pasti akan merasakan suhu cukup panas. Saat sore menjelang malam, suhu akan berubah menjadi dingin seperti di pegunungan.

Ada baiknya jika kamu kesini disaat cuaca cerah dan membawa jaket untuk pelindung dari panas ataupun dingin.

sawah di kawasan gumuk pasir
Sawah yang berada di area gumuk pasir

Sebenarnya kami heran saat melihat ada sawah di selatan jalan aspal diantara hamparan pasir. Ternyata saat hujan datang, airnya meresap dan bersembunyi di bawah gundukan pasir. Jadi, jangan heran jika menjumpai banyak sumur air tawar di sekitar tepi pantai disini.

Proses Terbentuknya Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir bisa digolongkan menurut perbedaan iklim. Di wilayah iklim basah biasanya ditemukan gumuk membusut (hummock dunes) dan gumuk parabolik (parabolic dunes). Sedangkan di wilayah beriklim kering dan setengah kering(arid dan semi-arid) lebih sering ditemukan gumuk pasir barchan.

proses terbentuknya gumuk pasir Parangkusumo
Penjelasan proses terjadinya gumuk pasir ini cukup unik

Hal langka ini terbentuk dalam waktu yang lama dan bertahun-tahun. Adanya letusan Gunung Api dan mengeluarkan banyak material berupa pasir lalu pasir ini terbawa arus aliran sungai/kali Opak, sungai Progo, dan sungai lainnya menuju laut.

Lalu pasir ini diendapkan  di laut dan terbawa oleh kekuatan gelombang dan ombak menuju pantai. Akhirnya, pasir ini terbawa hembusan angin sampai terendapkan dalam waktu yang lama dan terus menerus kemudian terbentuklah gundukan pasir yang menggunung.

Bagi kamu yang ingin tau selengkapnya tentang fenomena ini bisa datang ke Laboratorium Geospasial Pesisir Parangtritis yang ada di sekitar lokasi gumuk ini. Jadi, kamu bisa piknik sekaligus mendapat ilmu pengetahuan.

pantai parangkusumo
Pemandangan pantai Parangkusumo saat menjelang sore

Selain itu, kamu bisa melihat pantai Parangkusumo di selatan jalan. Cukup jalan kaki melewati jalan berpasir diantara rindangnya hutan cemara.

Fasilitas di Gumuk Pasir Parangkusumo

fasilitas di gumuk pasir Parangkusumo
Fasilitas disini sudah cukup memadai

Fasilitas disini sudah cukup memadai, ada area parkir yang cukup luas, warung makanan/minuman, toilet, penyewaan sandboarding, dan adanya spot menarik.

Jadi pengen coba sensasi perosotan di Gumuk Pasir Parangkusumo yang seru ini? Yuk rencanakan jadwal piknik asik ke Jogja dari sekarang.

Selamat berlibur dan berakhir pekan. Salam piknik dan tetap safety ridding.