Candi Ijo, Keindahan yang Tersembunyi di Atas Ketinggian Kota Jogja

Candi Ijo merupakan candi Hindu yang letaknya di dataran paling tinggi di kota Jogja dan menjadi tempat favorit bagi para wisatawan. Paduan keindahan candi dan alam sekitar yang hijau ini bisa menjadi salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat liburan di Jogja.

Candi Ijo

Kenapa tidak? Liburan ke Jogja memang kurang puas rasanya jika hanya punya waktu terbatas. Tapi tenang, tempat satu ini memang bisa dibilang tempat yang cantik dan bisa bikin kalian refresh sejenak. Setiap hari tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

Karena letak candi ini berada di ketinggian, sehingga pemandangan kota Jogja dan sekitarnya akan nampak indah dan lebih luas daripada melihat dari tempat lainnya.

Buat kalian yang penasaran dan belum tau dengan tempatnya, yuk ikuti perjalanan seru tim Tempat Asik kali ini. Kami cukup melakukan perjalanan dengan sepeda motor saja.

Alamat dan Rute Candi Ijo

Candi Ijo Bagian Depan

Candi ini berada di Desa Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Waktu tempuh dari kota Jogja sekitar 45 menit perjalanan.

Rute cukup mudah, jalurnya searah dengan arah ke Tebing Breksi. Dari kota Jogja ambil arah Jl. Wonosari , sampai lampu merah Piyungan ke utara sampai menemukan papan petunjuk ambil jalan ke timur. Ikuti jalan sampai di wisata Tebing Breksi lurus ikuti jalan naik, sampai di lokasi candi.

Atau bisa juga lewat rute Jl. Jogja –Solo melewati pasar Prambanan, perlu berhati-hati karena jalan ada yang masih kurang bagus.

BACA JUGA:  Benteng Vredeburg, Museum Jendela Sewu di Jogja dengan Saksi Sejarah Perjuangan Indonesia

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Candi Ijo

tiket masuk candi ijo

Untuk harga tiket masuk masih dibilang cukup murah, cukup bayar Rp 5.000,- per orang untuk wisatawan lokal. Untuk wisatawan mancanegara cukup bayar Rp 10.000,- per orang.

tarif parkir candi ijo

Buka dari jam 06.00 pagi sampai terakhir wisatawan masuk jam 17.30 sore. Buka setiap hari, jadi kalian bisa datang kesini sewaktu-waktu. Untuk tarif parkir sepeda motor cukup bayar Rp 2.000,- saja per motor.

spot menarik candi ijo

Dan di dekat tempat parkir ada spot menarik juga loh. Bisa untuk foto-foto cukup bayar seikhlasnya saja. Ada juga tempat yang menyediakan free wifi.

Waktu yang Cocok Ke Candi Ijo

waktu yang pas ke candi ijo

Untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus ada baiknya datang saat cuaca cerah. Datang kesini saat menjelang sore karena cuaca tak begitu panas. Selain itu, kamu bisa melihat indahnya sunset dari ketinggian ini. Dijamin seru pastinya. 🙂

Sejarah Singkat Candi Ijo

Penamaan sebuah candi bisa didasarkan pada 3 hal. Berdasar legenda yang dikenal oleh masyarakat, penyebutan yang tertera dalam suatu prasasti, dan berdasarkan lokasi / tempat candi itu berada.

Candi ijo ini dinamakan demikian karena sesuai dengan lokasi/letaknya. Yaitu berada dilereng bukit padas bernama Gunung Ijo yang berketinggian sekitar 427 mdpl. Candi ini berada di ketinggian 375 meter dpl.

sejarah candi ijo

Penyebutan nama Desa “Ijo” yang artinya hijau ini pertama kali disebut dalam Prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi. Di dalam prasasti itu ditulis tentang seorang hadirin upacara yang berasal dari desa Wuang Hijo “….anak wanua I wuang hijo…”. Jika benar seperti itu, maka nama “ijo” berumur sekitar 1100 tahun hingga tahun 2006 lalu.

Situs candi ini merupakan kompleks percandian yang berteras-teras yang makin meninggi ke belakang yakni di sisi timur dengan bagian belakang sebagai pusat percandian. Pola sejenis ini berbeda dengan pola percandian yang berada di dataran Prambanan.

BACA JUGA:  Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Dengan Keunikan dan Keseruan Beragam Satwa

Upaya pelestarian candi ini dimulai dengan pemugaran. Pemugaran dimulai pada tahun 1980 an yang dimulai dengan pemugaran candi induk. Tahun 2000-2003 dilakukan pemugaran 3 buah candi perwara. Tahun 2005 pemugaran pagar halaman teras sisi timur, lanjut pemugaran pagar sisi selatan tahun 2006.

Karena gempa 7 Mei 2006 pemugaran berhenti. Pada bulan Maret –Agustus 2008 telah dilakukan pemugaran pagar sisi selatan dan barat. Tahun 2009 dilanjutkan pemugaran pagar teras di sisi utara. Selanjutnya dilakukan pemugaran candi di teras lainnya tahun 2011.

Tahun 2012 dilakukan pemugaran talud barat sisi selatan tangga teras sebelumnya. Lalu tahun 2013 dilakukan pemugaran talud barat sisi utara tangga teras candi ini.

Selain dilakukan pemugaran juga secara rutin dilakukan perawatan bangunan agar selalu terjaga dengan baik.

Keindahan Candi Ijo

keindahan candi ijo

Masuk di halaman candi utama ini terlihat luas rerumputan hijau. Segarnya rumput dengan background candi pasti bisa membuat kalian betah berlama-lama disini. Dimana saja bisa kamu jadikan spot foto yang menarik, karena tempat ini memang cantik.

Lanjut ke lokasi percandiannya, disini ada 4 candi yang bisa kalian lihat. Candi utama adalah yang terbesar, yang lainnya ukuran candi lebih kecil.

spot berfoto di candi ijo

Nah, tengok ke arah barat lagi kalian bisa melihat indahnya pemandangan kota Jogja yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Mungkin kamu akan bilang “woow keren”.

pemandangan di candi ijo

Tempat dengan latar pemandangan ini paling pas dan mantep buat kamu foto-foto. Semua orang yang datang ke sini pasti tak mau ketinggalan untuk bisa berfoto disini dan mengabadikan momen indah. Pastinya jangan lupa share ke sosmed kalian ya. Seru kan.

tempat berfoto di candi ijo

Nah, tak hanya itu. Kalian pun bisa sering melihat pesawat terbang yang sedang landing dengan jelas karena sebelah barat nya candi ini adalah Bandara Adisutjipto.

BACA JUGA:  Coban Rais Malang dengan Spot Bukit Bulu Batu Flower Garden yang Hits

Selain itu, dari teras candi atas ini bisa melihat teras dibawahnya yang tak kalah indahnya. Ada banyak tanaman hijau dan ada dua candi ukuran kecil dan lainnya hanya ada reruntuhan dari bagian candi. Banyak juga loh yang berfoto disini.

reruntuhan candi ijo
Setelah puas berkeliling kompleks candi, kita ke pintu keluar. Buat kamu yang merasa lapar, di tepi jalan ada penjual makanan/minuman. Jadi kalian tak perlu khawatir jika lupa membawa bekal.

jajanan di candi ijo
Buat kalian yang berencana ke Jogja, jangan lupa mampir ke Candi Ijo satu ini ya. Jangan lupa persiapkan kamera dan baterai cadangannya. Selamat berlibur. 🙂