Coban Rais Malang dengan Spot Bukit Bulu Batu Flower Garden yang Hits

Coban Rais adalah salah satu tempat wisata favorit di Malang  yang hits dan banyak dikunjungi para wisatawan. Coban sendiri berarti air terjun, dan Rais diambil dari nama salah satu warga penduduk. Selain menikmati wisata malam terbaru di Malang Night Paradise, tak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini.

spot foto di bukit bulu
Spot love @akbarandib

Air terjun berketinggian 20 meter ini awalnya bernama Coban Sabrangan karena perjalanan ke lokasi harus menyebrangi 14 sungai dahulu. Karena tempat wisata ini menjadi wisata baru di Kota Batu, lalu berubah menjadi Coban Rais.

Suasana alam disini cocok bagi Anda yang ingin refreshing dengan suguhan pemandangan hijau ala pegunungan berpadu suara deburan air terjun yang bisa mendamaikan hati.

batu flower garden
Batu Flower Garden @adinda_ayu_smile

Wisata yang mulai hits di tahun 2016 bulan Desember ini semakin ramai pengunjung karena adanya spot baru yaitu Bukit Bulu Batu Flower Garden yang memang dihadirkan untuk para pecinta foto selfie kekinian dan menjadi daya tarik tersendiri.

Mau tau seperti apa Coban Rais Batu Malang ini? Tempat Asik akan memberikan sedikit informasi sebelum Anda berkunjung kesini.

Lokasi Coban Rais Malang

lokasi batu flower garden
Lokasi Batu Flower Garden via @komang_renny_bali

Wisata coban (air terjun) ini berada di kawasan kaki Gunung Panderman dan berketinggian sekitar 1025 m dari permukaan laut.

Secara administratif, wisata ini berada di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

BACA JUGA:  Kawah Putih Ciwidey Bandung, Wisata Populer dengan Keindahan yang Eksotis

Rute Menuju Coban Rais

rute ke coban rais
Rute ke lokasi @whiempy

Perjalanan dari Kota Batu bisa ditempuh sekitar 45 menit – 1 jam dengan jarak sekitar 7 km atau sekitar 3,5 km dari Bumi Perkemahan Coban Rais.

Rute dari Kota Batu ambil arah ke Studio Batu, disekitar jalan sudah ada beberapa papan petunjuknya. Ikuti jalan sampai ke lokasi. Setelah sampai area parkir, pengunjung harus berjalan beberapa kilometer yang ditempuh sekitar 40 menit dengan menyusuri jalan setapak diantara lembah dan menyebrangi sungai.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk “Wana Wisata Coban Rais” Rp 10.000,-/orang. Buka dari jam 07.30 WIB– 15.00 WIB.

Harga tiket masuk Batu Flower Garden (BFG) :

1.Untuk harga tiket masuk BFG :  Rp 25.000,-/orang, sudah mendapat 2 spot gratis yaitu di spot love (3 x foto, dapat 1 file foto) dan flower (3 x foto, dapat 1 file foto).

2.Jasa foto spot pilihan (3 x foto, dapat 1 file foto) :

  • Ayunan Rp 10.000,-
  • I love U Rp 10.000,-
  • Pinus Rp 10.000,-
  • Hammock Tower (foto sendiri) Rp 15.000,-

3.Setiap tambahan 1 file  foto ditambah biaya Rp 5.000,-

4.Membawa kamera DSLR dikenakan biaya Rp 15.000,-

5.Membawa Action Camera (GO PRO) dikenakan biaya Rp 10.000,-

Catatan : harga bisa sewaktu-waktu mengalami perubahan.

Untuk tarif parkir mobil Rp 10.000,-/unit.

harga tiket masuk coban rais
Harga tiket ke wisata @linth.lan

Untuk bisa menjelajahi spot foto kece disini memang cukup mahal, tapi Anda akan merasa cukup puas dengan hasil gambar yang keren dengan background pemandangan indah disini. Bagi Anda yang ingin lebih irit biaya, cukup menikmati pemandangan air terjunnya saja dan tak perlu narsis di spot foto.

Nah, bagi Anda yang ingin puas berfoto dengan miniatur bangunan mendunia tanpa harus keluar Negeri (cukup bayar Rp 15.000,-/orang) tanpa bayar di tiap spot nya Anda bisa coba ke Merapi Park yang sedang ngehits.

BACA JUGA:  Malang Night Paradise, Wisata Hits Terbaru Bernuansa Romantis

Pesona Coban Rais

Selain Coban Pelangi, Coban Rondo, Coban Nirwana, coban satu ini wajib Anda kunjungi saat berada di Malang. Bagi Anda yang berjiwa petualang, tempat ini adalah salah satu tempat yang cocok. Untuk sampai ke lokasi air terjun berketinggian sekitar 20 meter dengan kecuraman sekitar 90 derajat ini pengunjung harus persiapkan tenaga karena perjalanan cukup jauh.

coban rais
Air terjun/curug Rais @titi_prasasti

Walaupun jauh, dalam perjalanan ini pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang mempesona, pepohonan, suara gemercik air sungai dan udara sejuk khas pegunungan. Ada baiknya memakai sepatu/sandal gunung yang nyaman dan membawa bekal makanan/minuman.

Setelah sampai di lokasi air terjun, pemandangan indah yang menyegarkan akan menyambut Anda. Anda bisa basah-basahan saat cuaca cerah bersama teman-teman seperti di Air Terjun Sri Gethuk ataupun di Curug Bidadari. Pemandangan disini juga bisa dijadikan lokasi untuk berfoto bersama. Seru pastinya.

Di sekitar air terjun ini juga ada air terjun lain yang memiliki spot foto tangan raksasa seperti di Pinus Pengger bernama Coban Putri. Jika berencana kesini jangan lewatkan untuk menengok wisata Coban Putri ini ya.

Bukit Bulu Batu Flower Garden Coban Rais

spot unik di bukit bulu
Spot unik di Bukit Bulu @malangchannel

Dinamakan Bukit Bulu karena konon dulunya adalah bukit yang ditumbuhi tanaman berbulu. Di bukit ini, pengunjung akan disambut spot foto panggung dari kayu bentuk i love u di ketinggian dengan pemandangan alam seperti di wisata Kalibiru Jogja.

spot unik di coban rais
Spot foto via @anis_rosilina

Selain itu, ada spot ayunan, taman bunga warna-warni seperti di Taman Bunga Nusantara, hammock seperti yang ada di Hutan Pinus Mangunan, gardu pandang, sepeda gantung dan lain sebagainya. Untuk rincian harga tiket spot sudah saya bahas diatas.

BACA JUGA:  Gedong Pass Semarang, Wisata Baru dengan Spot yang Hits
hammock di coban rais
Spot hammock @malangchannel

Bagi para pecinta foto selfie maupun fotografi tak ada salahnya berfoto di spot kece ini dengan biaya cukup mahal, karena disini memang menjadi lokasi yang keren untuk melengkapi galeri foto Anda. Tetapi tetap menjaga keindahan dengan tidak merusak bunga-bunga cantik disini ya.

bukit bulu coban rais
Taman bunga bukit bulu @emmy_lukis

Jika ingin berfoto di spot ini disaat ramai pengunjung, Anda harus sabar antri. Sebaiknya datang kesini di hari biasa dan saat cuaca cerah jika ingin suasana tidak terlalu ramai dan bisa puas berfoto.

spot ayunan di coban rais
Spot ayunan @emmy_lukis

Fasilitas di Wana Wisata Coban Rais

Fasilitas disini sudah cukup memadai, ada area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, warung dan spot foto. Jika Anda ingin berkemah, disini tersedia happy camping ground.

sepeda gantung coban rais
Wahana sepeda gantung @mariananoek

Selain untuk wisata kalangan dewasa, disini juga menyediakan wahana untuk anak-anak / umur dibawah 10 tahun. Seperti ayunan mini dengan tarif Rp 10.000,-, gowes mini Rp 20.000,-, hammock tower mini Rp 20.000,- dan three angle Rp 35.000,-.

Jika Anda dan keluarga ingin berfoto sepuasnya tanpa tambahan biaya lagi, bisa datang ke Hutan Mangrove Kulon Progo dengan 3 lokasi berbeda yang meyajikan puluhan spot menarik.

Tertarik menikmati pemandangan Coban Rais lengkap dengan spot Batu Flower Garden ini? Yuk segera jadwalkan liburan ke Malang dari sekarang.

Selamat menikmati liburan dan salam piknik. 😀