Coban Rais Malang dengan Spot Bukit Bulu Batu Flower Garden yang Hits

Coban Rais adalah salah satu tempat wisata favorit di Malang  yang hits dan banyak dikunjungi para wisatawan. Coban sendiri berarti air terjun, dan Rais diambil dari nama salah satu warga penduduk. Selain menikmati wisata malam terbaru di Malang NightParadise, tak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini.

Air terjun berketinggian 20 meter ini awalnya bernama Coban Sabrangan karena perjalanan ke lokasi harus menyebrangi 14 sungai dahulu. Karena tempat wisata ini menjadi wisata baru di Kota Batu, lalu berubah menjadi Coban Rais.

Suasana alam disini cocok bagi Anda yang ingin refreshing dengan suguhan pemandangan hijau ala pegunungan berpadu suara deburan air terjun yang bisa mendamaikan hati.

batu flower garden
Batu Flower Garden @adinda_ayu_smile

Wisata yang mulai hits di tahun 2016 bulan Desember ini semakin ramai pengunjung karena adanya spot baru yaitu Bukit Bulu Batu Flower Garden yang memang dihadirkan untuk para pecinta foto selfie kekinian dan menjadi daya tarik tersendiri.

Mau tau seperti apa Coban Rais Batu Malang ini? Tempat Asik akan memberikan sedikit informasi sebelum Anda berkunjung kesini.

spot foto di bukit bulu
Spot love @akbarandib

Pesona Coban Rais Malang

Selain Coban Pelangi, Coban Rondo, Coban Nirwana, coban satu ini wajib Anda kunjungi saat berada di Malang. Bagi Anda yang berjiwa petualang, tempat ini adalah salah satu tempat yang cocok. Untuk sampai ke lokasi air terjun berketinggian sekitar 20 meter dengan kecuraman sekitar 90 derajat ini pengunjung harus persiapkan tenaga karena perjalanan cukup jauh.

coban rais
Air terjun/curug Rais @titi_prasasti

Walaupun jauh, dalam perjalanan ini pengunjung akan disuguhi pemandangan alam yang mempesona, pepohonan, suara gemercik air sungai dan udara sejuk khas pegunungan. Ada baiknya memakai sepatu/sandal gunung yang nyaman dan membawa bekal makanan/minuman.

Setelah sampai di lokasi air terjun, pemandangan indah yang menyegarkan akan menyambut Anda. Anda bisa basah-basahan saat cuaca cerah bersama teman-teman seperti di Air Terjun Sri Gethuk ataupun di Curug Bidadari. Pemandangan disini juga bisa dijadikan lokasi untuk berfoto bersama. Seru pastinya.

Di sekitar air terjun ini juga ada air terjun lain yang memiliki spot foto tangan raksasa seperti di Pinus Pengger bernama Coban Putri. Jika berencana kesini jangan lewatkan untuk menengok wisata Coban Putri ini ya.

Sebenarnya yang membuat nama Coban Rais ini semakin viral dan populer di internet adalah tempat wisata pendukung yang berada di jalur menuju tempat ini.

Tempat wisata pendukung tersebut adalah spot foto selfie kekinian yakni Batu Flower Garden dan yang terbaru adalah Coban Rais salju yakni Smurfy’s House dan Rumah Eskimo.

Foto – foto apik dengan obyek salju buatan sudah sangat banyak beredar di media sosial seperti facebook dan instagram.

Sebenarnya spot wisata Coban Rais dan Batu Flower Garden adalah 2 tempat wisata yang berbeda pengelolaannya, namun karena berdekatan orang – orang banyak yang menganggap kedua tempat wisata ini adalah satu pengelola.

Batu Flower Garden (BFG) dikelola oleh PT. Bersatu Fenzen Gemilang dan berada di kawasan Wana Wisata Coban Rais dibawah pengelolaan Perum Perhutani (Persero)

Aktifitas Yang Dapat Dilakukan Di Batu Flower Garden – Coban Rais

Ketika mendengar kata Coban Rais tentu yang terbesit di benak kita pertama kali adalah sebuah tempat wisata yang menyediakan banyak spot foto menarik dan mahal.

Tidak salah, namun sepertinya masih kurang informasi yang kita terima bila yang kita pikirkan hanyalah spot foto saja.

Di tempat ini sebenarnya banyak aktifitas yang dapat Anda lakukan selain foto – foto, berikut ini beberapa hal yang mungkin dapat Anda lakukan ketika berada di Coban Rais Malang.

1. Tekking dan Hiking

Aktifitas trekking ini perlu Anda coba bila ingin berhemat dalam hal pengeluaran ketika berada di Coban Rais.

BACA JUGA:  Kedung Pedut Kulon Progo, Air Terjun 2 Warna yang Mempesona

Untuk menuju spot air terjun sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan jasa ojek, namun biaya jasa ojek di Coban Rais sangat mahal dan tidak menentu.

Cobalah menggunakan alat trasportasi gratis yakni kaki Anda sendiri, memang track nya cukup menantang, namun akan menjadi kesan tersendiri bila Anda dapat melaluinya.

3. Melihat Pemandangan dan Menghirup Udara Segar

Tidak semua tempat wisata punya paket lengkap mulai dari keindahan alam dan juga kesegaran udaranya.

Di Coban Rais Anda dapat mendapatkan kedua sensasi tersebut tanpa harus membayar mahal, cukup bayar tiket masuk ke Coban Rais saja, Anda sudah dapat menikmati keindahan alam dan juga kesegaran udaranya.

Bila ingin mendapatkan ketenangan jiwa, Anda bisa coba datang langsung ke air terjunnya, memang selain jauh, jalannya juga menantang.

Namun setelah tiba di spot utama Air Terjun Coban Rais, Anda akan mendapatkan pengalaman sempurna berwisata di Coban Rais.

3. Foto – Foto

Seperti yang sudah umum dilakukan orang ketika datang ke Coban Rais, foto – foto juga dapat kamu lakukan di sini.

Namun untuk berfoto di area Coban Rais apalagi memanfaatkan spot foto hits nya, maka Anda harus siap merogoh kocek yang cukup dalam, sebab hampir semua spot foto di Coban Rais berbayar.

4. Bermain Paintball

Di Coban Rais ada arena bermain paintball yang dapat Anda gunakan bersama tim untuk beradu layaknya film – film perang hollywood.

5. Gathering

Bila bingung menemukan tempat yang pas untuk melakukan kegiatan kumpul teman kerja atau kumpul keluarga, Batu Flower Garden bisa salah satu jadi pilihan ketika Anda berada di Kota Batu

Lokasi Coban Rais Malang

lokasi batu flower garden
Lokasi Batu Flower Garden via @komang_renny_bali

Wisata coban (air terjun) ini berada di kawasan kaki Gunung Panderman dan berketinggian sekitar 1025 m dari permukaan laut.

Secara administratif, wisata ini berada di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Coban Rais sendiri lokasinya berdekatan dengan Kabupaten Mojokerto yang berbatasan dengan Kota Batu, sehingga banyak juga yang menyebut dengan sebutan Coban Rais Mojokerto.

Rute Menuju Coban Rais

rute ke coban rais
Rute ke lokasi @whiempy

Perjalanan dari Kota Batu bisa ditempuh sekitar 45 menit – 1 jam dengan jarak sekitar 7 km atau sekitar 3,5 km dari Bumi Perkemahan Coban Rais.

Rute dari Kota Batu ambil arah ke Studio Batu, disekitar jalan sudah ada beberapa papan petunjuknya. Ikuti jalan sampai ke lokasi. Setelah sampai area parkir, pengunjung harus berjalan beberapa kilometer yang ditempuh sekitar 40 menit dengan menyusuri jalan setapak diantara lembah dan menyebrangi sungai.

Harga Tiket Masuk Coban Rais

harga tiket masuk coban rais
Harga tiket ke wisata @linth.lan

Harga tiket masuk Coban Rais bagi sebagian orang tentu cukup tinggi, namun bila mengingat lokasi Coban Rais berada di kota wisata Batu, tentu harga ini relatif murah.

Walaupun demikian, sepertinya pihak pengelola harus memperhatikan banyaknya keluhan dari wisatawan terkait banyaknya biaya yang harus dikeluarkan saat liburan di Coban Rais

Harga Tiket Satuan Batu Flower Garden

Berikut ini kami sajikan info harga tiket masuk Coban Rais Malang yang terupdate tahun 2019, tentu di kemudian hari ini akan mengalami perubahan.

Harga Tiket Masuk Coban Rais

Tiket Masuk Ke Area Coban RaisRp. 10.000
Parkir MotorRp. 2.500
 Parkir MobilRp. 10.000
Foto I Love YouRp. 20.000
Foto di Flower 1 & 2Rp. 25.000
Foto di AyunanRp. 10.000
Foto di Sky Camp (New)Rp. 15.000
Foto di Kursi Tebing (New)Rp. 15.000
Foto di Rock Climbing (New)Rp. 25.000
Foto di Tenda Indian (New)Rp. 20.000
Foto di Hammock TowerRp. 15.000
Foto di PinusRp. 10.000
Smurfy House & Rumah Eskimo Coban Rais SaljuRp. 15.000
Foto di Sepeda UdaraRp. 20.000
Foto di ParaglidingRp. 50.000
Tambahan Biaya Untuk 1 File FotoRp. 5.000
Three AngelsRp. 35.000
TrampolinRp. 20.000
Ayunan MiniRp. 10.000
ATV OffroadRp. 45.000
Gowes MiniRp. 20.000
Hammock MiniRp. 20.000
Boges (sepeda air)Rp. 20.000
Bawa Kamera DSLRRp. 15.000
Bawa Kamera GoProRp. 10.000
Bawa DroneRp. 75.000
Ojek ke Batu Flower GardenRp. 10.000
Ojek ke Air Terjun PPRp. 70.000
Penitipan BarangRp. 10.000

Harga tiket masuk di atas kami rangkum dari berbagai media dan juga ulasan yang diberikan oleh wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke sana dalam waktu 6 bulan terakhir.

Untuk bisa menjelajahi spot foto kece disini memang cukup mahal bagi sebagian orang, tapi Anda akan merasa cukup puas dengan hasil gambar yang keren dengan background pemandangan indah disini.

Nah, bagi Anda yang ingin puas berfoto dengan miniatur bangunan mendunia tanpa harus keluar Negeri (cukup bayar Rp 20.000,-/orang) tanpa bayar di tiap spot nya Anda bisa coba ke Merapi Park yang sedang ngehits.

BACA JUGA:  Jatim Park 1

Harga Paket Wisata Batu Flower Garden

Bila Anda ingin lebih hemat, mungkin Anda dapat memilih paket harga yang disediakan oleh pengelola, pemesanannya dapat menghubungi nomor yang ada di kontak resmi Batu Flower Garden ya.

JENIS PAKET

FASILITAS

HARGA

Paket VVIP

Include Spot : Flower & Love, Apple, I Love U 1, Gowes Air, Ayunan + FREE Soft Drink

Rp. 100.000,- /pax

Paket Spesial

Include Spot : Flower & Love, Flying Hammock, Ayunan + FREE Soft DrinkRp. 75.000,- /pax

Paket Outbound

Include Spot : Gowes Air, Flying Hammock, Ayunan + FREE Soft Drink

Rp. 140.000,- pax

Paket FamilyInclude Spot : Flower & Love, Eskimo House, Hobbiton, I Love U 1

Rp. 70.000,- /pax

Paket Santai

Include Spot : Flower & Love, Smurfy House, Eskimo House, AppleRp. 65.000,- /pax
Paket EkonomisInclude Spot : Flower & Love, I Love U 1, Pinus, Ayunan

Rp. 50.000,- /pax

Paket Hemat A

Include Spot : Flower & Love, I Love U 2, Spider HammockRp. 60.000,- /pax
Paket Hemat BInclude Spot : Flower & Love, Include Spot : Flower & Love, I Love U 2, Hammock Garden

Rp. 55.000,- /pax

Paket Hemat C

Include Spot : Flower & Love, I Love U 2, Gowes AirRp. 60.000.- /pax
Paket Hemat DInclude Spot : Flower & Love, I Love U 2, Tree House

Rp. 55.000,- /pax

Harga tersebut di atas kami himpun dari website batuflowergarden-cobanrais.com , info lebih lengkap dapat dilihat pada kontak resmi BFG pada artikel ini.

17 Wahana Menarik Di Coban Rais

Di Batu Flower Garden Malang ada lebih dari 35 spot foto menarik yang dapat kamu abadikan dalam bentuk gambar di media sosial.

Dari sekian banyak spot foto tersebut, setidaknya ada 17 spot foto atau wahana populer yang ada di Batu Flower Garden Malang. Berikut ini list nya.

1. Sky Tree / Tree House

Sky Tree atau rumah pohon yang ada di Coban Rais ini mungkin boleh dibilang terinspirasi dari rumah pohon yang ada di Kalibiru Jogja.

Dari sky tree Coban Rais ini Anda dapat melihat pemandangan indah dari Gunung Panderman dan juga pemdangan cantik dari Bukit Bulu.

Selain melihat pemandangan hijaunya alam, sky tree ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk foto karena memang view nya cukup instagramable.

2. Rumah Hobbit

Rumah hobbit sepertinya jadi primadona sebagai properti selfie di Indonesia terutama dikalangan milenial.

Batu Flower Garden pun tak mau ketinggalan, di sini ada spot rumah hobbit yang cantik dan menarik.

3. Spot Playground dan Trampolin

Bila Anda datang bersama keluarga serta anak – anak, di Coban Rais juga tersedia wahana yang pasti mereka suka.

Spot Playground dan wahana trampolin di sini dapat mereka coba, tentunya selain mendapatkan kebahagiaan mereka juga akan mendapatkan tambahan wawasan di sini.

4. Spot Foto I Love You 1 dan 2

spot unik di bukit bulu
Spot unik di Bukit Bulu @malangchannel

Salah satu spot populer yang ada di Bukit Bulu Coban Rais adalah papan berbentuk I LOVE YOU yang dapat dinaiki

Anda dapat berfoto romantis di sini bersama pasangan halal Anda tentunya, bagi yang belum menikah tidak disarankan untuk foto di sini. Hehe

Selain papan berbentuk love yang dapat diinjak atau dinaiki, ada juga ornamen yang posisinya justru berdiri, Anda dapat bersandar dan berfoto di spot foto tersebut.

5. Spot Pinus

spot unik di coban rais
Spot foto via @anis_rosilina

Foto di atas sebuah pohon tampaknya sedang populer dikalangan netijen milenial Indonesia.

di Batu Flower Garden pun ada, spot pinus namanya. Anda akan dipandu untuk menaiki pohon di mana di pertengan pohon tersebut dibuat semacam papan untuk duduk dan berdiri.

setelah sampai maka berposelah semenarik mungkin untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

6. Spot Hammock

hammock di coban rais
Spot hammock @malangchannel

Spot hammock ini mirip seperti yang ada di Hutan Pinus Mangunan, Anda bisa berfoto dengan latar belakang alam yang indah bersama teman dan keluarga di sini.

Berfoto di flower hill mungkin sudah biasa, namun bila Anda ingin mendapatkan hasil foto yang lebih menarik namun menantang, cobalah spot hammock bertingkat.

Bila perlu Anda pilih hammock yang paling tingga, dan teman – teman Anda berada di bawah, sensasinya pasti beda.

7. Flower Hill

bukit bulu coban rais
Taman bunga bukit bulu @emmy_lukis

Flower Hill adalah spot foto paling populer yang ada di Batu Flower Garden Coban Rais Malang, Hamparan bunga berwarna – warni adalah objek utama sebagai penghias foto.

Bagi para pecinta foto selfie maupun fotografi tak ada salahnya berfoto di spot kece ini dengan biaya cukup mahal, karena disini memang menjadi lokasi yang keren untuk melengkapi galeri foto Anda. Tetapi tetap menjaga keindahan dengan tidak merusak bunga-bunga cantik disini ya.

Flower Hill ini mirip dengan spot foto di taman bunga warna-warni seperti di Taman Bunga Nusantara  Cianjur Jawa Barat

Jika ingin berfoto di spot ini disaat ramai pengunjung, Anda harus sabar antri. Sebaiknya datang kesini di hari biasa dan saat cuaca cerah jika ingin suasana tidak terlalu ramai dan bisa puas berfoto.

BACA JUGA:  De Ranch Lembang, Wisata Unik dan Seru di Bandung

8. Sky Swing

spot ayunan di coban rais
Spot ayunan @emmy_lukis

Sky Swing adalah sebuah ayunan yang ditempelkan diantara 2 pohon pinus dan berada di ketinggian, talinya tidak cukup panjang namun sensasinya tentu cukup menegangkan.

Jangan membandingkan Sky Swing Coban Rais dengan ayunan yang ada di Zen Hideway Ubud Bali, tentu tak sebanding, karena Sky Swing yang ada di Coban Rais lebih diperuntukkan sebagai sarana foto.

9. Sky Bike

Sky Bike yang ada di Coban Rais ini sebenarnya mirip dengan wahana sky bike yang ada di The Lodge MaribayaBandung

Anda dapat menggunakan sepeda di atas ketinggian tebing tentu keamanannya sudah di desain sedemikian rupa.

sepeda gantung coban rais
Wahana sepeda gantung @mariananoek

10. Torii Yuki

Spot Torii Yuki adalah spot terbaru kekinian yang ada di Batu Flower Garden Coban Rais Malang.

Orang mengenalnya dengan Coban Rais Salju, sebab spot yang satu ini dibentuk mirip seperti salju dan hasil foto seakan – akan Anda sedang berada di negara Sakura Jepang.

11. Smurfy’s House

Smurfy House adalah rumah jamur yang lucu dan unik, spot ini tak hanya disukai anak – anak, namun kawula muda pun gemar berfoto di sini.

12. Gantole

Ingin berfoto bak paralayang profesional di Batu Flower Garden? Cobalah spot Gantole, Anda akan mendapatkan hasil foto yang sangat bagus mirip seperti atlit paralayang profesional.

13. ATV Offroad

Di Batu Flower Garden Coban Rais Malang tidak hanya menyediakan spot foto kekinian saja, di sini ada juga arena bermain ATV.

Uniknya walaupun Anda bermain ATV di sini, Anda juga bisa mendapatkan hasil jepretan kamera profesional .

14. Stenen Bloementuin

Stenen Bloementuin adalah bangunan mirip bangunan yang ada di Belanda, Stenen Bloementuin artinya Batu Flower Garden.

Bangunan ini terlihat tampak indah dengan adanya bunga Pethunia dan Krissan sebagai penghias, tentu akan kece sekali bila Anda foto di sini.

15. Rock Climbing

Rock Climbing adalah spot foto terbaru yang ada di Batu Flower Garden, bila Anda pernah bercita – cita sebagai pemanjat tebing profesional tapi tidak tercapai, cobalah datang ke Coban Rais Malang.

Anda dapat berekspresi layaknya pemanjat tebing profesional dari hasil jepretan profesional di Coban Rais.

16. Indian Spot

Indian Spot atau dikenal juga spot Eskimo adalah spot foto berupa tenda Indian, Anda dapat berfoto ala ala suku Indian lengkap dengan propertinya di sini.

17. Arena Paintball BFG

Bosan foto – foto, cobalah datang ke Coban Rais bersama grup, Anda dapat menjajal permaian painball di Batu Flower Garden.

Fasilitas di Wana Wisata Coban Rais

Fasilitas disini sudah cukup memadai, ada area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, gazebo, wahana bermain, warung dan spot foto.

Jika Anda ingin berkemah, disini tersedia happy camping ground, di sini juga tersedia arena untuk bermain paintball beserta perelengkapannya.

Jika Anda dan keluarga ingin berfoto sepuasnya tanpa tambahan biaya lagi, bisa datang ke Hutan Mangrove Kulon Progo dengan 3 lokasi berbeda yang meyajikan puluhan spot menarik.

Jam Operasional Coban Rais

Jam operasional termasuk jam buka loket penjualan tiket Batu Flower Garden dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Jam Buka Batu Flower Garden – Coban Rais

Senin – Jumat08.00 – 19.00 WIB
Sabtu – Minggu07.00 – 17.00 WIB

Tertarik menikmati pemandangan Coban Rais lengkap dengan spot Batu Flower Garden ini? Yuk segera jadwalkan liburan ke Malang dari sekarang.

Kontak Resmi Coban Rais – Batu Flower Garden

Pengelola  : PT. Bersatu Fenzen Gemilang
Website     : batuflowergarden-cobanrais.com
Telepon     : 08113782016 | 081221165000
Email         : batuflowergarden.cobanrais2016@gmail.com
Instagram : @batuflowergarden.cobanrais
Facebook  : @batuflowergarden

Tips Wisata Di Coban Rais

Sebelum Anda berkunjung ke tempat wisata populer di Batu yakni Coban Rais, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar liburan tidak mengecewakan.

  1. Siapkan fisik yang baik karena untuk menuju air terjun Coban Rais jalannya cukup ekstrem dan terjal
  2. Jangan gunakan alas kaki untuk ke pesta, tapi gunakanlah sepatu boot atau sneaker yang nyaman dan juga bisa untuk bersantai.
  3. Sediakan uang cash yang cukup karena mungkin Anda akan butuh uang tersebut untuk membayar beberapa spot foto di Coban Rais
  4. Bawalah bekal makanan secukupnya bila Anda datang bersama keluarga, Anda dapat menikmatinya sambil bersantai melihat pemandangan alam.
  5. Bila ingin menggunakan jasa ojek, pinter – pinter untuk melakukan negosiasi harga, jangan mudah percaya dengan harga yang ditawarkan, cobalah negosiasi bila harga tersebut dirasa terlalu mahal.
  6. Datanglah pada saat hari sedang cerah, Coban Rais merupakan aktifitas outdoor, jadi aturlah waktu berkunjung Anda.
  7. Jagalah kebersihan, jangan buang sampah sembarangan, bila tidak menemukan tong sampah, maka bawalah kembali sampah tersebut hingga menemukan tempat sampah

Selamat menikmati liburan dan salam piknik. 😀