10 Danau Tertinggi Di Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui Dan Lestarikan

Sebagai bangsa Indonesia, kamu harus bangga guys karena kita dikaruniai jutaan keistimewaan baik itu keindahan alam, pesona bahari, kearifan lokal, adat dan juga budaya.

Selain bibir pantai yang indah, hutan tropis yang menakjubkan di Indonesia juga terdapat banyak gunun – gunung eksotis yang keindahannya akan membuat kamu takjub, apalagi kalo kamu hobi mendaki gunung.

Nah guys, diantara pegunungan yang menjulang tinggi dan menebarkan berbagai pesonanya, ternyata disana juga terdapat surga wisata tersembunyi berupa danau – danau indah dan lokasinya berada ditempat yang gak biasa dan begitu tinggi.

Yuk kita lihat, 10 danau tertinggi di Indonesia yang keren abis dan wajib dilestarikan. Supaya bisa dinikmati sampe ke anak cucu. Hihi

1. Danau Habema (3321mdpl)

via Instagram.com

Danau Habema berada ditengah lembah yang sangat indah di Pegunungan Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Danau cantik ini layak disebut sebagai danau diatas awan karena berada di ketinggian 3321 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Danau ini merupakan tempat favorit bagi pendaki untuk beristirahat sebelum melanjutkan pendakian ke puncak Trikora, Papua. Dari kota Wamena Papua, danau ini bisa ditempuh sekitar 3 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Dulu, Puncak Trikora dan Danau Habema ini sering tertutup oleh salju loh guys. Namun, beberapa tahun terakhir fenomena unik ini sudah tidak lagi terjadi, mungkin karena perubahan iklim yang cukup ekstrem yah guys.

BACA JUGA:  Wisata Malang Terpopuler Yang Wajib Masuk List Perjalanan Kamu

Keindahan Danau Habema emang harus kamu akui, padang rumput yang membentang luas, banyaknya burung – burung endemik seperti cendrawasih bisa kamu saksikan disini. Gak Cuma itu, vegetasi seperti anggrek hitam yang udah mulai punah juga ada disini.

Pernah nonton film Denias dan Senandung Di Atas Awan? Danau Habema adalah salah satu tempat shoot nya. Ohya, kalo kamu mau kesini, jangan lupa pakai baju tebal ya. Soalnya suhu di sekitar Danau Habema 7 hingga 8 drajat celcius, bahkan bisa nyampe 4 drajat celcius.

2. Danau Kumbang (2702mdpl)

via Instagram.com

Danau Kumbang adalah danau tertinggi di Indonesia yang kedua setelah Danau Habema, Papua. Ketinggian Danau Kumbang adalah 2702 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Danau Kumbang terletak di Gunung Masurai yang berada di Desa Sungai Lalang, Kabupaten Meringin Provinsi Jambi. Di daerah Gunung Masurai ini terdapat dua danau, Danau Kumbang dan juga Danau Mabok.

Kalo kamu udah nyampe di danau Kumbang, dari sini kamu bisa menyaksikan keindahan Gunung Kerinci guys.

3. Danau Ranu Kumbolo (2469mdpl)

via Instagram.com

Danau Ranu Kumbolo adalah tempat wisata yang sangat terkenal di Jawa Timur. Tempat wisata yang satu ini dianggap menarik karena berada tepat dijalur pendakian Gunung Semeru, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Danau Ranu Kumbolo sangat cocok buat kamu yang masih muda, karena akses nya yang agak susah dan sepertinya cocok untuk yang masih punya tenaga super. Kalo udah lansia, jangan coba – coba deh.

Suhu di Danau Ranu Kumbolo pada malam hari mencapai 1 hingga 5 derajat celcius. Jadi buat kamu yang pengen berkemah disini kayak di Film 5 Cm itu, harus sediakan baju hangat dan juga korek api, untuk masak air panas. Hehe

BACA JUGA:  19 Alasan Kenapa Kamu Wajib Baca Artikel Ini Sebelum Plesiran Ke Tanah Karo (Bag. 3)

4. Danau Ranu Regulo (2400mdpl)

via Instagram.com

Masih di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Jawa Timur, ada satu danau yang masuk kategori danau tertinggi di Indonesia, yaitu danau Regulo. Danau ini masih berada dijalur pendakian menuju Gunung Semeru.

Danau Ranu Regulo berdektan dengan Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Jaraknya hanya sekitar 500 meteran dan akses jalannya sudah bagus dan mudah dilalaui.

Dibandingkan dengan Ranu Kumbolo, Danau Ranu Regulo justru jauh lebih sepi. Karena ketenarannya pun berbeda. Tapi buat kamu yang pengen camping, Danau Regulo ini cocok kamu jadikan pilihan, selain tempatnya sangat privat, suhu di danau ini sangat sejuk dan segar.

5. Danau Tage (2192mdpl)

via www.liburankeluarga.web.id

Danau Tage terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Sekitar 5 kilometer dari Ibokata Paniai, Madi. Danau Tage dulunya ditemukan oleh seorang pilot berkebangsaan Belanda bernama Letnan Wissel.

Disekitar Danau Tage terdapat dua danau lainnya, yaitu danau Paniai dan danau Tigi, yang merupakan aset wisata alam bagi kabupaten Paniai yang akan terus dikembangkan oleh pemerintah setempat demi miningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

6. Danau Ranu Pani (2162mdpl)

via Instagram.com

Danau seluas 1 hektar ini masih berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tepatnya berada di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Danau Ranu Pani menawarkan pesona danau yang hijau dan indah, orang banyak menyebut danau ini sebagai surga dibawah kaki semeru. Danau ini juga menjadi titik persinggahan pendaki gunung semeru.

7. Danau Segara Anak (2010mdpl)

via Instagram.com

Danau Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani, terletak di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA:  Pantai Pandawa, Tempat Wisata di Bali dengan Banyak Keseruan

Banyak para pendaki yang menjadikan danau ini sebagai area tempat istirahat dan menginap, sebelum atau setelah mendaki Gunung Rinjani. Luas danau Segara Anak ini sekitar 1.100 hektar dengan kedalaman 230 meter. Ada yang mau nyelam? Hehe

8. Danau Gunung Tujuh (1983mdpl)

via Instagram.com

Danau Gunung Tujuh adalah danau yang terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Dinamakan danau Gunung Tujuh, karena keberadaan danau ini tepat di Gunung Tujuh. Gunung Tujun sendiri terletak di samping Gunung Kerinci.

9. Danau Anggi Giji (1953mdpl)

via Instagram.com

Danau Anggi Giji adalah danau yang berada di Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua. Danau ini merupakan salah satu danau yang ada di areal pegunungan Arfak, satu lagi bernama Danau Anggi Gita.

Untuk menuju lokasi danau ini diperlukan waktu sekitar 3 hingga 4 jam dengan kendaraan offroad. Karena berbagai alasan, salah satunya adalah jalur menuju danau ini masih tergolong asli, belum terjamah oleh infrastruktur yang baik.

10. Danau Tigi (1948mdpl)

via Instagram.com

Danau Tigi terletak diantara dua kabupaten yaitu Kabupaten Dogiyai dan Kabupaten Deiyai, Papua. Danau berada di ketinggian 1948 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Keunikan danau ini yaitu ditengah danau terdapat pulau kecil yang bernama Duamo. Keidnahan alam disekitar Danau Tigi akan memberikan kenikmatan tersendiri jika kamu mampir kesini.

Gimana guys, udah pada tau kan danau tertinggi di Indonesia yang panorama indah banget. Yuk kita lestarikan, gak Cuma danau ini doang. Kalo didekat rumah kamu ada tempat wisata, walopun dia gak populer, yuk tetap kita lestarikan.