12 Kuliner Medan Legendaris Ini Terkenal Sejak Puluhan Tahun Lalu Loh. Kamu Harus Coba!

Kuliner Medan yang legendaris memang banyak diburu dan digosipin loh gan diantara para traveller. Pernah disatu perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta tim Tempat Asik membaca sebuah majalah didalam kabin pesawat yang khusus membahas kelezatan kuliner Medan yang gak akan kamu jumpai ditempat lain.

Tau gak sih gan kalo Medan punya segudang gaya olahan makanan yang semuanya itu enak kalo udah nyentuh lidah. Maknyuss deh. Mungkin kamu juga udah pernah mencicipi kuliner Medan yang unik dan lezat kan?

Dan udah pada tau belom kalo di Medan ada kuliner lezat yang kepopulerannya udah sejak zaman dulu, dan hingga kini masih menunjukkan pesona kelezatannya. Mau tau apa aja? Yuk simak terus, kita akan kasih tau kuliner Medan yang ketenarannya udah kece banget dari dulu hingga kini. Dan kamu wajib nyobain, sebelum ajal menjemput. Hehe

1. Pokat Kocok Bu Lia Simpang Glugur

untitled2
via instagram.com

Sering nemu penjual pokat kocok disekitar Medan? Udah pernah nyobain pokat kocok Bu Lia yang berada di simpang glugur Medan? Pokat kocok yang berada di Jl. KL. Yos Sudarso tepat diperempatan Glugur disebelah pos Polisi ini bisa dikatakan adalah pionir nya perpokat kocokan di Kota Medan gan.

Tampilan yang super sederhana ternyata menyajikan rasa yang nikmat. Pokat kocok simpang Glugur Medan ini ternyata udah berdiri sejak tahun 1968 alias 48 tahun yang lalu, udah pada lahir belum?

Saat tim Tempat Asik ngobrol dengan bapak pemilik usaha ini, beliau menuturkan kalo saat ini setiap harinya penjualan pokat kocok minimal 100kg buah pokat. Kalo buah yang didapat dari suplier cuma 30kg doang, maka si bapak gak akan jualan. Jadi, kalo kamu lagi lewat ternyata jualannya tutup, berarti stok buahnya Cuma sedikit gan. hehe

Dulu, sistem penjualan pokat kocok Glugur masih sangat tradisional, kamu harus sabar mengantri berjam – jam tanpa kejelasan kapan harus mendapatkan pesanan yang kamu punya. Namun sekarang pelayanan udah mulai meningkat, pemilik usaha sudah memberlakukan nomor antrian, tapi tetap aja kamu harus nunggu lama gan.

Untuk rasa kamu gak bakal kecewa deh, terbukti dari membludaknya pembeli setiap hari yang rela antri hingga berjam – jam. Satu lagi, kalo mau beli usahakan pesan bungkus aja, soalnya tempat duduk yang tersedia Cuma untuk 5 sampe 10 orang aja.

Harga yang dibandrol sangat murah gan, Cuma Rp. 9.000 doang. Itupun kalo belum ada perubahan yaa. Pokat kocok simpang Glugur buka mulai pukul 14.00 hingga pokat habis. Bisa saja sebelum magrib udah habis, jadi buruan deh kalo pengen nyobain.

2. Bakso Amat, Rasanya Amat Enak

untitled3
via instagram.com

Siapa disini pecinta bakso? Ayoo ngakuu!!

BACA JUGA:  14 Makanan Ini Yang Bikin Kamu Pengen Balik Lagi Ke Medan

Bakso Amat perlu kamu cobain kelezatannya gan. Kuliner Medan yang satu ini udah berdiri sejak puluhan tahun silam, kurang tau sih tahun berapa bakso ini mulai berjualan, yang jelas pertama kali salah seorang Tim Tempat Asik nyobain makan bakso disini sekitar tahun 1995, saat itu Bakso Amat udah tenar banget loh.

Bakso Amat berada di Jl. Juanda No. 112 Medan, sekitar 20 meter dari bunderan Jl. Juanda atau sekitar 100 meteran dari Rumah Sakit Ibu & Anak Stella Maris. Gerai bakso Amat ini buka setiap hari mulai dari jam 13.00 sampe pukul 22.00wib.

Harga seporsi bakso lezat di bakso Amat dibanderol seharga Rp. 20.000, kalau gak ada perubahan harga yaa. Cukup mahal sih, tapi gak nyesel deh dengan rasa yang mereka sajikan.

3. Rumah Burger, Kelezatan Hadir Dari Gang Kecil Ini

untitled
via instagram.com

Kalo kamu suka dengan makanan khas dari Amerika ini, kamu harus ke Rumah Burger yang berada di Jl. Medan Area Selatan Gg. Puri No.8/909 A Medan. Rasanya uenak tenan, dan porsinya pasti bikin kamu kenyang.

Tim Tempat Asik udah nyobain roti olahan yang di isi daging di Rumah Burger, selain lezat tempat makan disini juga cukup nyaman. Kamu gak bakal nyangka kalo ditempat terpencil didalam sebuah gang kecil ada gerai burger yang terkenal dari dulu hingga kini.

Kuliner Medan yang satu ini mulai dirintis sejak tahun 2007 dan udah diliput berbagai media nasional, termasuk salah satu reality show di Trans 7 juga meliput kelezatan burger nya Rumah Burger. Jam operasional Rumah Burger ini mulai pukul 11.00 wib hingga pukul 24.00Wib. Setiap harinya tempat makan yang satu ini ramai oleh pengunjung.

Harga seporsi burger paling murah pertama kali Tim Tempat Asik cobain dibanderol seharga Rp. 16.000, kini harga tersebut udah naik menjadi Rp. 20.000/porsinya. Tapi tetep, kamu gak bakal nyesel deh. Karena rasanya uweenak banget.

Info lengkapnya bisa baca ini : Gurihnya Roti Lapis Isi Daging ala Rumah Burger Medan

4. Mie Aceh Titi Bobrok

untitled4
via instagram.com

Kalo kita sebut titi bobrok, orang Medan pasti terbayang sama tempat makan legendaris yaitu Mie Aceh Titi Bobrok. Betul tidak? Mie Aceh Titi Bobrok berdiri sejak tahun 1994 alias udah 22 tahun gan, capek juga yah berdiri selama itu. Hihi.

Keunikan Mie Aceh Titi Bobrok terletak pada mie nya. Berbeda dari mie yang biasa dijual oleh pedagang mie aceh lainnya, mie olahan disini ukurannya lebih kecil, dan yang pasti rasanya juga berbeda. Walopun gak beda jauh sih.

Mie Aceh Titi Bobrok buka mulai pukul 11.00Wib hingga malam hari, katanya sih sampe pukul 22.00 wib, tapi pas Tim Tempat Asik kesini sekitar jam 10 malam, mereka masih melayani kok.

Mie Aceh Titi Bobrok berada di Jl. Setia Budi No. 17C Medan. Harga seporsi mie aceh paling murah dibandrol Rp. 10.000 doang. Tapi kamu harus sabar ngantri yah gan. Tips buat kamu yang mau jajan disini, rajin – rajin lah tanya ke pelayan kapan pesanan kamu bisa diantar. Karena pengunjung disini ruameenya puolll.

BACA JUGA:  14 Makanan Ini Yang Bikin Kamu Pengen Balik Lagi Ke Medan Bag 2

5. Mie Sop Kampung Bamboe Cafe, rasanya ngangenin!

untitled5
via instagram.com

Kalo ngomongin kudapan mie sop, Mie Sop Kampung yang berada di Jl. Bambu No. 50 Medan adalah juaranya. Kuliner Medan yang satu ini rasanya TOP harganya pun ramah dikantong.

Kalo kamu mau kesini, sabar adalah ilmu yang harus kamu miliki. Karena pengunjung tempat ini sangat ruamee. Kamu harus sabar ngantri untuk dapet tempat duduk. Banyak loh yang rela ngantri untuk dapetin tempat duduk.

Kelezatan dari kuliner medan yang satu ini terletak pada kuahnya gan, hmm kelezatan rempah – rempah yang terletak pada kuahnya itu bikin lidah gak berhenti menari kegirangan. Kalo pengen nyobain kelezatan mie sop kampung yang satu ini, ya kamu harus kesini, karena mereka TIDAK memiliki cabang dimanapun.

Harga seporsi mie sop spesial lezat ini dibandrol seharga Rp. 17.000. Kalo kata seorang pujangga, ada rupa ada harga. Kira – kira begitulah menjelaskan keterkaitan antara harga dan rasa. Haha

6. Martabak Mesir Salim

untitled6
via instagram.com

Martabak Mesir yang ada di buffet Salim Jl. AR. Hakim No. 156 ini harus kamu cobain gan. Kelezatan kuliner asli Timur Tengah ini disajikan dengan cita rasa Indonesia oleh Buffet Ahmad Salim.

Usaha yang dirintis sejak tahun 1986 atau 30 tahun silam ini mengawali usahanya dengan memperkenalkan kudapan martabak mesir ke Kota Medan. Keterampilan dalam mengolah makanan yang dimiliki para karyawan akan memanjakan lidah kamu gan.

Martabak Mesir Salim ini dibandrol seharga Rp. 20.000 dan buffet ini buka mulai pukul 14.00wib hingga pukul 24.00wib.

7. Durian Medan, Durian yang tak kenal musim.

untitled7
via instagram.com

Durian Medan udah terkenal ke seantero negri gan, sebagai anak Medan bangga doong, walopun durian tersebut aslinya dari berbagai kabupaten di Sumatera Utara. Beberapa sentra penghasil durian yang kini dikenal dengan durian Medan berasal dari Kabupaten Dairi, Langkat, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan dan juga Simalungun.

Kalo mau nyobain durian, kamu bisa mampir ke gerai Durian Ucok yang udah terkenal itu. Berada di Jl. Wahid Hasyim buka setiap hari selama 24 jam. Banyak pejabat, artis dan masyarakat sekitar yang meramaikan gerai durian yang satu ini.

Harga satu buah durian bervariasi dan dibandrol mulai Rp. 20.000 per buahnya. Untuk rasa, durian Medan memang gak ada tandingannya gan. Gak percaya? Cobain deeh!

8. Sate Memeng, Berdiri Saat Indonesia Merdeka

untitled8
via instagram.com

Kalo ngomongin sate di Medan, sate Memeng adalah juaranya gan. Sate Memeng dirintis oleh H. Muhammad Saimin (Memeng) sejak tahun 1945, yup tahun merdekanya Republik Indonesia.

Sate Memeng terletak di Jl. Irian Barat No. 1G didepan gedung Uniland Medan. Kelezatan dan ketenaran sate Memeng bertahan puluhan tahun hingga saat ini. Ini menunjukkan kualitas rasa yang tetap dijaga oleh keturunan Haji Memeng.

Sakin terkenalnya sate ini di Kota Medan, pengelola dalam sehari menghabiskan sekitar 70kg daging sate. Harga seporsi sate dengan isi 5 tusuk sate dibandrol sebesar Rp. 20.000, sangat wajar jika dibandingkan dengan rasa yang akan kamu dapatkan.

BACA JUGA:  8 Tempat Wisata di Hongkong Yang Pengen Aku Coba, Kamu Gimana?

9. Lontong Kak Lin

untitled9
via instagram.com

Lontong Medan memang dikenal lezat dan kaya rempah gan. Jika ada perlombaan lontong terenak, maka lontong Medan adalah pemenangnya. Terbukti, teruji dan bukan janji. Hehe, kayak jargon politik yah.

Nah, di Medan ada satu gerai lontong yang sangat terkenal dan udah diliput berbagai media baik cetak maupun digital, Lontong Kak Lin namanya. Udah berjualan sejak tahun 1994. Lokasi Lontong Kak Lin berada di Jl. Cik Di Tiro No. 76, tepat didepan SMA Negeri 1 Medan.

Lontong Kak Lin setiap harinya ramai oleh pengunjung. Gerai ini buka mulai pukul 6.30 Wib hingga 18.00 wib. Untuk harga satu porsi lontong sayur dibanrdrol seharga Rp. 15.000 doang.

10. Soto Sinar Pagi

untitled10
via instagram.com

Satu lagi kuliner Medan yang lezat di Kota Medan adalah Soto. Sakin enaknya produsen mie ternama di Indonesia pun menjadikan Soto Medan sebagai salah satu varian rasanya. Soto Medan terkenal dengan kuahnya yang kental dan dilengkapi rempah – rempah yang maknyuss banget.

Kalo mau nyobain Soto yang terkenal di Medan, Soto Sinar Pagi namanya. Berada di Jl. Sei Deli No. 2 Medan, Sumatera Utara. Warung soto ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 wib hingga pukul 15.00wib.

Harga seporsi Soto Sinar Pagi yang didirikan sejak tahun 1962 ini dibandrol mulai Rp. 25.000 per porsinya.

11. Bolu Meranti

untitled11
via instagram.com

Bolu Meranti adalah kuliner khas Medan yang cukup terkenal dikalangan traveller saat ini. Bolu gulung emang banyak sih yang jual, tapi bolu gulung Meranti ini punya cita rasa yang lezat dan brand nya sebagai oleh – oleh khas Medan menjadikan makanan ini makin terkenal.

Bolu Meranti didirikan pada tahun 2005, gerai pusatnya berada di Jl. Kruing No. 2K Medan dan gerai cabang nya berada di Jl. Sisingamangaraja No.19B (didepan hotel Garuda Plaza).

Bolu Meranti bisa kamu jadikan oleh – oleh khas Medan, karena kue ini hanya diproduksi di Medan dan dipasarkan dari Medan. Untuk harga satu porsi kue bolu Meranti dibandrol mulai dari Rp. 50.000. Untuk rasa, enak deh pokoknya.

12. Bika Ambon Zulaikha

untitled12
via instagram.com

Selain Bolu Meranti, kuliner khas Medan yang sangat terkenal hingga ke seluruh pelosok tanah air adalah Bika Ambon. Banyak yang tanya, kenapa Bika Ambon itu dari Medan, bukannya dari Ambon. Hahaha, ada yang tau? komen yaah.

Sebelum Bolu Meranti terkenal seperti hari ini, Bika Ambon adalah satu – satunya oleh – oleh wajib yang harus dibawa traveler ketika meninggalkan Kota Medan. Bahkan hingga saat ini trend Bika Ambon masih kokoh loh gan.

Ngomongin bika ambon, Bika Ambon Zulaikha adalah pionirnya. Bika Ambon Zulaikha didirikan oleh Hajjah Mariani yang kini berusia 67 tahun. Usaha ini Ia mulai sekitar tahun 2003 silam.

Untuk harga satu kotak kue Bika Ambon Zulaikha berukuran kecil dibandrol sekitar Rp. 50.000an. Kalo mau mampir ke tokonya, silakan datang langsung ke Jl. Mojopahit No. 96 Medan.

Gimana gan infonya? Mantap kan? Kalo mantap, cobain lah satu persatu kuliner Medan yang terkenal ini. Selamat menikmati yaa..