Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah tempat wisata Magelang yang sedang naik daun setelah viralnya film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC2).

Seperti efek bola salju yang terus berguling sehingga membesar, ketenaran Punthuk Setumbu juga semakin memuncak di tengah kalangan millenial yang gemar berbagi foto melalui jejaring sosial.

Punthuk Setumbu adalah salah satu bukit yang berada di kawasan perbukitan atau pegunungan Menoreh yang ada di Magelang.

Punthuk Setumbu artinya bukit yang berbentuk seperti tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Diambil dari bahasa Jawa yakni “Punthuk” yang artinya gundukan tanah, “Setumbu” yang artinya mangkuk nasi yang terbuat dari anyaman bambu.

Dulu, wisatawan hanya mengenal Candi Borobudur, Candi Mendut, Ketep Pass Volcano beserta tempat pemetikan strowberry nya sebagai tempat wisata Magelang.

Namun kini Magelang seperti kuda hitam yang siap bersaing dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam kategori wisata alam dan budaya.

Jarak antara Jogja dan Magelang yang memang cukup dekat dan bisa ditempuh sekitar 40 menit menjadi berkah tersendiri bagi pertumbuhan pariwisata Kabupaten Magelang.

Selain Candi Borobudur, Candi Mendut dan juga Ketep Pass, kini Magelang dikenal memiliki desinasi wisata andalan seperti Punthuk Setumbu, Pinus Kragilan, Gereja Ayam dan masih banyak lagi.

Awal Kisah Viralnya Puthuk Setumbu

punthuk setumbu sunrise
Sumber: @siburuhtinta

Dari informasi yang beredar, tempat ini mulai dikenal masyarakat setelah seorang fotographer mengabadikan keindahan pemandangan yang dilihat dari Punthuk Setumbu.

Namun tidak bisa dipungkiri, tempat wisata ini semakin viral di Indonesia khususnya di kalangan remaja setelah Mira Lesmana seorang produser film kawakan memutuskan menggarap film Ada Apa Dengan Cinta 2.

Film yang di perankan Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo ini mengambil setidaknya 16 titik atau tempat syuting romantis yang berada di daerah Yogyakarta dan juga Magelang.

Salah satunya adalah Punthuk Setumbu, sejak film tersebut resmi ditayangkan di seluruh Bioskop Republik Indonesia dan ratusan ribu passang mata menyaksikan alur cerita dan keindahan tempat syuting tersebut, sejak saat itu Punthuk Setumbu viral.

Sejak film tersebut diputar di bioskop bahkan ada yang juga tak sempat ke bioskop tapi membeli CD bajakan di dekat rumahnya, minat masyarakat untuk berkunjung ke sini semakin tak terbendung.

Puncaknya, pelaku pariwisata seperti travel agent resmi maupun dadakan khusus nya di Jogja membuat semacam program tour dimana itinerary nya adalah spot – spot wisata yang dijadikan tempat syuting oleh Rangga dan Cinta salah satunya Punthuk Setumbu.

Bak gayung bersambut, ternyata peminat destinasi wisata AADC 2 ini sangat digandrungi wisatawan, khususnya kalangan millenial yang memang mencintai tempat – tempat indah.

Sejak saat itu hingga kini Punthuk Setumbu dan tempat wisata Magelang lainnya menjadi hits di berbagai media sosial.

4 Hal Terlarang di Punthuk Setumbu

Jika kamu berkunjung ke tempat wisata, sebaiknya kamu perlu mengetahui informasi – informasi penting daerah tersebut sebelum kamu datang berkunjung.

Ini ditujukan agar tidak ada hal – hal buruk yang terjadi yang tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh siapapun.

Nah di Punthuk Setumbu ada 4 larangan yang harus kalian patuhi jika ingin wisatanya jadi nyaman dan tentram :

  1. Dilarang menembak / menangkap dan membunuh satwa atau hewan;
  2. Dilarang memetik / mencabut tanaman ataupun pohon;
  3. Dilarang corat coret pada bangunan ataupun pohon;
  4. Dilarang menginjak Pusar Punthuk Setumbu (semacam tumbuhan yang dipagari bambu).

Nah jika kamu mampu untuk tidak melakukan hal – hal yang dilarang tersebut, maka bisa dipastikan tempat wisata ini akan tetap indah hingga kamu kakek nenek nanti.

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Punthuk Setumbu

Alamat Punthuk Setumbu berada di Dusun Keraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Dari Jogja ke tempat ini jaraknya sekitar 45 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu yang relatif cepat antara 1 jam hingga 1.5 jam perjalanan.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan Candi Borobudur, rute menuju lokasi Punthuk Setumbu juga semakin mudah dilalui.

Untuk mencapai ke sini dimulai dari titik awal yakni Candi Borobudur ambil jalan ke arah Hotel Manohara – lalu jalan lurus terus ke arah perbukitan Menoreh, tak jauh dari Hotel Manohara ada pertigaan dan petunjuk arah yang bertuliskan “Borobudur Nirvana Sunrise” – belok ke kanan mengikuti petunjuk arah hingga sampai di parkiran Bukit Punthuk Setumbu.

Untuk memudahkan Anda mencapai lokasi, bisa lihat peta Punthuk Setumbu di bawah ini:

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu

Tiket Punthuk Setumbu dibedakan jadi 2 kategori yakni kategori wisatawan domestik dan wisatawan asing, sama seperti tempat – tempat wisata Jojga lainnya.

Tiket masuk wisatawan lokal Rp. 15.000 dan wisatawan asing Rp. 30.000. Tiket ini dapat dibeli di loket penjualan tiket sebelum gerbang Punthuk Setumbu.

Untuk biaya parkir dikenakan Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Punthuk Setumbu

Mungkin kamu bertanya-tanya selain adegan seperti di film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2), hal apa lagi yang menarik untuk dilakukan di tempat ini.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Di Medan Dan Sekitarnya Yang Lagi Trending Topic Di Sosial Media

Agar liburan kamu tidak sia – sia, berikut ini kami informasikan beberapa kegiatan seru ketika berkunjung ke Punthuk Setumbu.

  • Trekking

punthuk setumbu aadc
Sumber: @bstio

Namanya juga perbukitan tentulah kegiatan menyenangkan pertama yang akan kamu coba adalah trekking ke puncak bukit Punthuk Setumbu.

Kamu tidak bisa menolak kegiatan ini jika memang ingin tiba di puncaknya karena tidak ada cara lain menuju puncak selain berjalan kaki.

Sumber: @onyx_putra

Tapi kamu tidak perlu khawatir, jarak yang ditempuh untuk menuju puncak hanya sekitar 300 meter saja. Atau sekitar 20 menitan dari loket penjualan tiket.

  • Berburu Sunrise

Sumber: @magelang_inmyheart

Berburu Sunrire adalah kegiatan yang banyak dilakukan oleh anak – anak milenial atau anak muda, bahkan tak jarang juga dijumpai mereka yang lahirnya tahun 80an juga ikut berburu sunrise di sini.

Sejak pukul 4 pagi orang – orang sudah berdatangan ke area Punthuk Setumbu, bahkan ada beberapa orang yang memilih untuk camping di puncak bukit agar tidak terlihat moment indah tersebut.

  • Menikmati Segarnya Udara Bukit Menoreh

menikmati kesejukan udara
Sumber: @dmyl3

Selain keindahan alam perbukitan Menoreh, disini kamu bisa menikmat segarnya udara dan suasana yang penuh kedamaian dan ketenangan.

Sepanjang hari tempat ini akan banyak dikunjungi wisatawan, walaupun siang hari udara di Punthuk Setumbu tetaplah segar.

  • Foto – Foto

siburuhtinta
Sumber: @dino_earl

Hobi foto – foto kamu juga bisa kamu salurkan disini, kamu bisa foto dengan background Candi Borobudur atau spot – spot menarik yang sudah disedikan oleh pengelola Punthuk Setumbu.

gambar gereja ayam puthuk setumbu
Sumber: @dmyl3

Jangan heran jika matahari mulai memancarkan sinarnya dari ufuk timur, para fotographer akan berjejer mengambil posisi masing – masing untuk mengabadikan moment yang  indah tersebut.

  • Camping

Jika kamu ragu akan telewatkan oleh waktu matahari terbit, maka kamu bisa memilih untuk berkemah di Punthuk Setumbu.

Untuk berkemah di sini kamu harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pengelola wisata Punthuk Setumbu.

Pengelola sudah menyediakan lapak untuk kamu berkembah, hanya saja peralatan kemah seperti tenda dan peralatan lainnya harus kamu bawa sendiri. Karena di sini belum ada jasa penyewaan tenda.

Jam Buka Bukit Punthuk Setumbu

sunrise
Sumber: @punthuksetumbu

Jam buka Punthuk Setumbu perlu kamu perhatikan agar tidak salah dalam membuat schedule perjalanan wisata.

Pada hari biasa (Senin – Jumat) buka mulai pukul 04.00 wib – 17.00 wib. Dan pada hari weekend (Sabtu – Minggu) buka selama 24 jam.

Fasilitas di Bukit Punthuk Setumbu

Walaupun berada di kawasan perbukitan Menoreh yang mungkin masih tergolong dekat dengan hutan, pengelola wisata sudah menyediakan beberapa fasilitas.

  • Loket Penjualan Tiket

Penjualan tiket dilakukan secara resmi di loket penjualan tiket yang sudah disediakan dekat dengan jalan naik ke Punthuk Setumbu.

  • Musholla

Jika kamu mengejar Sunrise itu tandanya kamu harus berangkat ke lokasi Punthuk Setumbu sebelum adzan subuh dan tiba dilokasi menjelang fajar.

Agar tidak berdosa karena meninggalkan Sholat, maka kamu bisa menggunakan fasilitas Musholla yang sudah disediakan yang lokasinya berada dibawah bukit.

  • Tempat Istirahat

Pengelola wisata sadar bahwa naik turun bukit itu melelahkan, maka kamu bisa menggunakan fasilitas tempat istirahat yang ada di area Punthuk Setumbu.

  • Toilet

Jangan buang air sembarangan, apalagi ditempat terbuka, malu. Buang air lah di toilet yang sudah disediakan oleh pengelola wisata.

  • Tempat Parkir

Tempat parkir juga sudah tersedia dan cukup memadai, jangan parkir sembarangan agar kendaraan kamu aman dalam jangkauan.

  • Warung Makan

Karena tingginya minat wisatawan untuk datang ke Punthuk Setumbu maka ini menjadi berkah tersendiri bagi warga Karangrejo, banyak dari warga membuka usaha makanan, jadi kamu tidak perlu khawatir kalau kelaperan, yang penting siapkan saja uang nya.

  • Penginapan

Selain penginapan yang lokasinya dekat dengan area Punthuk Setumbu, masyarakat sekitar juga ada yang menyediakan jasa penginapan murah, mulai dari 50ribu – 100ribuan per malamnya.

  • Spot Foto Cantik

Selain foto dengan background Candi Borobudur dan juga keindahan perbukitan Menoreh, pengelola wisata juga sudah menyediakan spot – spot foto menarik dan unik, tentunya harus bayar biaya tambahan yaa.

  • Camping Ground

Jika khawatir tidak mampu mengejar waktu sunrise dan kehabisan tempat penginapan, kamu bisa memanfaatkan camping Ground yang sudah disediakan oleh pengelola.

  • Gazebo

Di puncak Punthuk Setumbu terdapat gazebo yang dapat kamu gunakan untuk istirahat atau menempatkan barang bawaan.

  • Kursi Kayu

Ada juga kursi kayu yang bisa kamu manfaatkan untuk berisitrahat di puncak Punthuk Setumbu.

  • Gardu Pandang

gardu pandang
Sumber: @calengklik

Selain menikmati keindahan alam dari gazebo, tempat duduk atau pun sambil berdiri ditepian bukit, kamu juga dapat menikmati keindahan alam Bukit Menoreh dari gardu pandang yang sudah dibuat oleh pengelola wisata.

  • Rumah Pohon

Ingin foto kamu jadi lebih berkesan, bisa memanfaatkan rumah pohon untuk objek foto kamu.

  • Ayunan Langit

Di puncak kamu bisa bermain ayunan yang langsung menghadap ke perbukitan Menoreh.

Tempat Wisata di Sekitar Punthuk Setumbu

Ke Magelang rasanya kurang lengkap kalau hanya berwisata di Punthuk Setumbu saja, karena masih banyak tempat lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa tempat wisata di Magelang dan cukup dekat dari tempat wisata ini yang bisa kamu masukkan kedalam list wisata kamu antara lain.

  • Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi terbesar di Dunia dan pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia.

Candi ini merupakan destinasi wajib kalau kamu baru pertama ke Kota Yogyakarta ataupun Magelang.

Candi Borobudur terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Candi Mendut

Candi Mendut lokasinya berdekatan dengan candi Borobudur. Candi ini tidak begitu besar dan candi pertama yang akan kamu temui sebelum memasuki komplek Candi Borobudur.

Alamat Candi Mendut berada di Jalan Mayor Kusen, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 7.5 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Bukit Rhema Gereja Ayam

Bukit Rhema atau lebih dikenal dengan Gereja Ayam Magelang dibanung oleh Daniel Alamsjah pada tahun 1992.

Yang menarik dari Bukit Rhema ini salah satunya adalah bangunan setengah jadi berbentuk ayam yang merupakan sebuah Gereja, didalam gereja tersebut saat ini terdapat lukisan lukisan indah yang dapat kamu nikmati.

BACA JUGA:  Kamu Suka Trekking? Cobain Wisata Air Terjun Curug Sewu! Keindahan Alamnya Bikin Mata Seger

Dari dari atas bangunan berupa mahkota yang ada dikepala ayam tersebut kamu bisa menikmati keindahan alam perbukitan Menoreh.

Tempat ini juga merupakan salah satu tempat syuting film fenomenal Ada Apa Dengan Cinta 2. Di Bukit Rhema ini kamu juga melihat keindahan saat matahari terbit.

Lokasi Bukit Rhema berada di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jaraknya hanya 1.3 kilometer dari Punthuk Setumbu dan bisa ditempuh dengan cara trekking.

  • Candi Pawon

Candi Pawon adalah salah satu candi yang ada di Kabupaten Magelang, lokasinya berada diantara Candi Borobudur dan juga Candi Mendut.

Alamatnya berada di Dusun Brojonalan, Kelurahan Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 6 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Ketep Pass

Ingin bermain ke tempat wisata dengan udara yang cukup dingin dan keindahan alamnya luar biasa, cobalah berkunjung ke Ketep Pass.

Ketep Pass ini adalah tempat wisata yang berada di area bukit Sawangan dan berada di ketinggian 1200 Meter diatas permukaan laut (MDPL).

Selain udaranya yang sejuk, disini terdapat gardu pandang dan juga gazebo untuk melihat keindahan 2 gunung yakni Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Di lokasi Ketep Pass juga terdapat semacam museum Gunung Merapi, disana kamu bisa melihat proses – proses erupsi nya gunung Merapi baik dari foto maupun video.

Lokasi Ketep Pass berada di Jalan Ketep, Ketep Pass, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Hutan Pinus Kragilan

Salah satu tempat wisata yang hits di Magelang adalah hutan Pinus Kragilan. Hampir mirip dengan hutan Pinus Pangger, Pinus Kragilan ini juga menyajikan pepohonan pinus dan spot foto cantik sebagai daya tarik utamanya.

Udara di Pinus Kragilan ini cukup dingin karena lokasinya memang berada di kaki pegunungan. Jika liburan ke Jogja kamu bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Pinus Kragilan.

Lokasinya berada di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng adalah tempat wisata di Magelang yang memiliki alam yang indah seluas 27.36 hektar.

Pesona alamnya adalah daya tarik utama ditambah panorama Gunung Sumbing menjadi penyempurna pemandangan di Taman Kyai Langgeng.

Di dalam taman yang berdiri sejak tahun 1981 ini teradpat banyak wahana menarik diantaranya wahana edukasi, wahana petualangan, wahana air, wahana permainan dan juga wisata religius.

Jika ke sini kamu juga harus singgah di Taman Kyai Langgeng ini, lokasinya berada di Jalan Cempaka 6, Kota Magelang, Jawa Tengah, sekitar 20 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Camera House Borobudur

Ingin melihat galeri seni dengan bentuk yang unik maka tempatnya adalah Rumah Kamera (Camera House) yang ada di Magelang.

Didalam rumah ini tersimpan banyak lukisan menarik dan juga spot – spot foto yang mungkin tidak akan dijumpai ditempat lain.

Rumah Kamera ini berada di Jalan Majaksingi 8, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari Punthuk Setumbu.

Masih banyak lagi tempat wisata menarik yang ada di sekitar tempat wisata ini terutama yang ada di daerah Kabupaten Magelang.

Hotel dan Penginapan dekat Punthuk Setumbu

Akomodasi yang paling penting dan wajib diprioritaskan saat kita berlibur ke suatu daerah adalah penginapan.

Penginapan pun bentuknya bervariasi, ada yang berupa hotel melati ada juga yang berbintang, ada homestay ada juga villa. Pilihan kembali lagi kepada kita yang akan menggunakan fasilitas tersebut.

Ada beberapa penginapan atau hotel yang ada disekitar Candi Borobudur, dan beberapa diantaranya cukup dekat dengan tempat wisata ini.

Berikut ini kami informasikan hotel atau penginapan yang berada di sektiar Punthuk Setumbu.

  • Plataran Heritage Borobudur Hotel

Plataran Heritage Borobudur Hotel merupakan hotel berbintang yang lokasinya cukup dekat dengan tempat ini dan Candi Borobudur.

Fasilitas nya pun sangat lengkap, seperti kolam renang, wifi, antar jemput bandara, spa dan pusat kesehatan, bar dan juga restoran.

Selain itu di hotel ini juga terdapat fasilitas penunjang bisnis, seperti meeting room dan juga fotocopy. Layanan seperti laundry, penyewaan mobil dan lain – lain bisa kamu temukan di hotel ini.

Plataran Heritage Borobudur Hotel berada di Dusun Kretek, Karangrejo, Borobudur, Magelang. Sekitar 2 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Hotel Manohara

Hotel Manohara juga merupakan hotel berbintang yang lokasinya cukup dekat dengan Punthuk Setumbu.

Beberapa fasilitas diantaranya akses wifi gratis, restoran dan juga parkir yang memadai. Selain itu suasana sekitar hotel terlihat asri.

Lokasi Hotel Manohara berada di Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang. Sekitar 6 kilometer dari tempat ini.

  • Watu Agung Guest House

Watu Agung Guest House adalah penginpan yang juga cukup dekat dari Punthuk Setumbu. Walaupun diberi gelar guest house, desaing interior dari penginapan ini sangat cantik.

Penginapan sangat bersih dan layak disebut dengan hotel, ornamen – ornamen kayu dipadu dengan warna alami akan membuat kamu betah menginap disini.

Lokasi Watu Agung Guest House berada di Jalan Badrawati Ngaran 1, Borobudur, Magelang. Sekitar 4 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Villa Borobudur Resort

Villa Borobudur Resort adalah sebuah penginapan mewah yang cukup dekat dengan Punthuk Setumbu dan juga Candi Borobudur.

Selain mewah yang membuat kita betah disini adalah bangunan nya yang tradisional dan sangat berkelas.

Fasilitas juga sangat lengkap, mulai dari kolam renang, Spa dan pusat kesehatan, wifi, bar hingga layanan antar jemput bandara tersedia di resort ini.

Lokasi nya berada di Dusun Menoreh Villas, Dusun Pete, Borobudur, Magelang. Jaraknya sekitar 6 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Cempaka Villa

Cempaka Villa adalah penginapan unik dan menarik sebab bangunannya mirip dengan rumah rumah tradisional Jawa.

Bukan hanya bangunan, interior dan suasana nya juga sangat kental dengan suasana tradisional Jawa, sangat menarik jika kamu memilih Cempaka Villa sebagai akomodasi penginapan kamu.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Di Semarang Asik Dan Seru Ketika Akhir Pekan

Lokasinya berada di Jalan Badrawati, Dusun Ngaran Lor, Borobudur, Magelang. Jaraknya sekitar 4 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Efata Homestay

Jika tidak memiliki dana lebih untuk menginap di hotel mewah, kamu bisa memilih Efata Homestay untuk tempat menghabiskan waktu malam kamu.

Banyak turis asing yang juga memilih tempat ini untuk beristirahat dan menghabiskan waktu malam mereka, karena biayanya relatif murah.

Lokasi Efata Homestay berada di Jalan Balaputera Dewa 33, Borobudur, Magelang. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Rajasa Hotel

Salah satu penginapan murah yang ada di sekitar tempat wisata ini adalah Rajasa Hotel yang di manage oleh OYO.

Lokasinya berada di Jalan Badrawati No.2 Dusun XVIII, Borobudur, Magelang. Jaraknya sekitar 4 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Borobudur Village Inn

Borobudur Village Inn adalah salah satu penginapan murah yang lokasinya juga berada di sekitar Punthuk Setumbu.

Penginapan sejeni rumah yang di komersilkan ini berada di Jalan Daranindra No 9 A Kujon, Borobudur, Magelang. Jaraknya sekitar 6 kilometer dari Punthuk Setumbu.

  • Hotel Sarasvati Borobudur

Hotel Sarasvati ini merupakan hotel berbintang yang ada di sekitar Punthuk Setumbu dan Candi Borobudur.

Fasilitas nya sangat lengkap, seperti kolam renang, wifi, antar jemput bandara dan restoran ada disini.

Suasana interor dan eksterior hotel ini juga sangat unik dan menyenangkan untuk dipandang, perpaduan antara budaya jawa dan keindahan alam berbaur menjadi satu di hotel ini.

Alamat Hotel Sarasvati Borobudur berada di Jalan Balaputradewa, Borobudur, Magelang. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari tempat wisata ini.

Masih banyak pilihan penginapan baik hotel maupun sejeni homestay yang berada di sekitar Punthuk Setumbu dan juga Candi Borobudur.

Jika pilhan hotel diatas dirasa belum mencukupi kebutuhan kamu, kamu bisa langsung melakukan pencarian melalui internet, akan banyak kamu temukan penginapan – penginapan terbaik lainnya.

Wisata Kuliner di Sekitar Punthuk Setumbu

Selain wisata alam, budaya dan juga seni, Kabupaten Magelang juga memiliki wisata kuliner yang tak kalah menarik perhatian.

Selain dari tempat nya yang menarik dan bikin betah, rasa makanannya juga lezat dan menggugah selera.

Berikut ini kami informasikan 5 tempat wisata kuliner yang ada di sekitar Punthuk Setumbu dan juga Candi Borobudur Magelang.

  • Balkondes Karangrejo (Jarak 1.5 Km)

Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karangrejo adalah sebuah tempat kulner, penginapan dan pusat ekonomi milik Desa Karangrejo yang memilki nuansa indah, asri dan sangat nyaman.

Terdapat pendopo dan gazebo untuk tempat beristirahat dan menikmati menu – menu yang ada di Balkondes ini.

Suasananya sangat asri karena berada dekat dengan pesawahan, ditambah gaya bangunannya juga unik dan menarik karena terbuat dari kayu dan memiliki gaya khas Jawa.

Menikmati kuliner di Balkondes Karangrejo akan menambah pengalaman wisata baru ketika berada di Kabupaten Magelang.

Alamat Balkondes Karangrejo berada di Bumen Djelapan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

  • Menoreh Restaurant (Jarak 1.9 Km)

Menoreh Restaurant juga merupakan tempat wisata kuliner Magelang yang nyaman dan indah karena lokasinya berada di sekitar pedesaan yang masih asri.

Suasana bergaya Jawa khas tempo dulu akan menemani santap kuliner kamu ditemani sajian menu yang lezat dan menambah semangat ngunyah.

Alamat Menoreh Restaurant berada di Dusun Kretek, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

  • Stupa Restaurant (Jarak 1.9 Km)

Stupa Restaurant berada di area Plataran Hotel Borobudur, namun kamu bisa menikmati sajian kuliner yang ada disini tanpa harus menginap di hotelnya.

Hampir mirip dengan Menoreh Restaurant, Stupa Restaurant juga menyuguhkan nuansa damai dengan bangunan khas Jawa dan juga alam yang asri.

Alamat Stupa Restaurant berada di Dusun Kretek, Plataran Heritage Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

  • Patio Restaurant (Jarak 2 Km)

Patio Restaurant adalah sebuah tempat kuliner di Magelang dengan pemandangan yang indah, kamu dapat melihat kemegahan Candi Borobudur dari restoran ini.

Menu yang disajikan juga cukup lezat, tak jarang pengunjung yang datang memberikan feedback positif karena lezatnya makanan disini dan didukung pemandangan yang menakjubkan.

Alamat Patio Restaurant berada di Dusun II Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

  • Kedai Gereja Ayam (Jarak 1.3 Km)

Berwisata sambil menikmati kuliner sangat cocok dilakukan di Kedai Gerea Ayam yang berada di Bukit Rhema, Magelang.

Menikmati sajian kuliner sambil menghirup udara segar perbukitan Menoreh tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Alamat Kedai Gereja Ayam berada di Dusun Kurahan, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tips Liburan ke Punthuk Setumbu

Jika kamu ingin berlibur ke Punthuk Setumbu Magelang, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar liburan kamu semakin keren.

  1. Jika kamu menginap di Kota Yogyakarta, ada baiknya berangkat sepagi mungkin agar kamu dapat mengunjungi tempat – tempat wisata lainnya yang ada di Magelang.
  2. Jika kamu ingin memburu sunset, berangkat lah dari Jogja sekitar jam 2 atau jam 3 pagi. Atau kamu bisa menginap di penginapan yang berada dekat dengan Punthuk Setumbu.
  3. Karena puncak Punthuk Setumbu udaranya sejuk, jika tidak terbiasa bawalah jaket tebal untuk persiapan, jangan lupa juga bawa mantel air siapa tahu hujan turun.
  4. Jika ingin camping di puncak Punthuk Setumbu, bawalah peralatan camping sendiri, kamu bisa mencari penyewaan di sekitar kota Magelang atau dari Jogja. Dan kamu wajib meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola ya.
  5. Berpakaian yang sesuai akan membuat liburan semakin nyaman, jangan menggunakan pakaian pesta, karena wisata Punthuk Setumbu itu sedikit olahraga.
  6. Jangan lupa membawa perlengkapan seperti hape, kamera dan juga chargernya. Dan bawalah uang secukupnya.
  7. Patuhi semua aturan yang ada, jagalah kebersihan, jangan buang sampah sembarangan. Kalau belum bisa mengutip sampah dijalan, setidaknya kita jangan membuang sampah sembarangan.

Video Punthuk Setumbu

Nah demikian dulu pembahasan kita mengenai Punthuk Setumbu Magelang. Jika kamu punya cerita seru dan pengalaman menarik tentang tempat ini, jangan sungkan untuk bercerita di kolom komentar.

Sampai ketemu di artikel selanjutnya, jaga selalu kesehatan, jangan lupa murah senyum. Salam satu bumi!