Kedung Pedut Kulon Progo, Air Terjun 2 Warna yang Mempesona

Kedung Pedut adalah salah satu tempat wisata air terjun di Jogja yang terkenal dengan sebutan air terjun dua warna. Tempat wisata alam yang dibuka sekitar tanggal 15 Februari 2015 ini, bisa menjadi tujuan wisata saat liburan di Jogja.

jembatan bambu kedung pedut
Salah satu jembatan bambu kedung pedut via @nanang_jrx

Penasaran seperti apa pesona air terjun ini? Tim Tempat Asik akan mengulas lebih lengkapnya disini.

Alamat dan Rute Menuju Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo

Air terjun cantik ini berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Perjalanan dari kota Jogja kurang lebih sekitar 1-1,5 jam tergantung kecepatan laju kendaraan.

Rute dari kota Jogja ke arah Ringroad Barat (Demak Ijo) menuju Jl. Godean lurus ke barat. Sampai di lampu merah Nanggulan ada pasar Kenteng, sampai di Kecamatan Girimulyo menuju arah pasar Jonggrangan. Ada persimpangan Goa Kiskendo belok kiri/ menuju Desa Wisata Jatimulyo, ada pertigaan Grojogan Mudal ambil kiri. Ada pertigaan setelah gerbang masuk ke Air Terjun Kembang Soka, belok kiri sampai di Dusun Kembang.

Dari lokasi parkir, pengunjung  tidak bisa langsung sampai di lokasi air terjun. Tetapi harus siap ngos-ngosan berjalan kaki sekitar 15 menit atau berjarak sekitar 400 meter untuk ke lokasi utama. Sambil jalan, kamu bisa menikmati pemandangan di sekeliling lembah/perbukitan. Jika kamu berencana kesini sebaiknya disaat musim panas, karena jika musim hujan jalanan licin dan harus lebih berhati-hati.

BACA JUGA:  Gurihnya Roti Lapis Isi Daging ala Rumah Burger Medan. Sudah Pernah Nyobain?

Jika perut terasa lapar, disini ada penjual makanan dan minuman yang siap melayani.

Jembatan bambu menuju kedung pedut-min via @maharajah8

Nah, jika sudah sampai di lokasi utama kamu bisa menyebrang dengan melewati jembatan yang terbuat dari rangkaian bambu yang artistik dan unik. Saat sepi pengunjung, kamu bisa berfoto selfie di jembatan ini.

Keindahan dan Keunikan Air Terjun Kedung Pedut

kedung pedut ketika jernih
Indahnya air kedung pedut ketika jernih via @yongkyandrewk

Keindahan air terjun ini sudah terlihat saat pertama kali sampai di lokasi, ada banyak pepohonan dan tebing yang alami serta warna air yang berwarna putih dan biru tosca. Warna air yang unik ini lah yang menjadi daya tarik utama para wisatawan betah disini.

Disebut air terjun 2 warna karena keunikan warna air disni berwarna biru tosca yang disebabkan adanya batuan – batuan berwarna di dasar air yang terkena pantulan sinar matahari dan berpadu dengan warna putih dari beningnya air disini.

air terjun di kedung pedut
Air terjun di kedung pedut via @krisna_garra

Mungkin banyak orang  mengira foto-foto dari tempat ini di sosmed hanyalah editan, tapi hal ini adalah asli. Dan aliran air disini berasal dari 7 sumber mata air.

Bagi kamu yang berencana ingin basah-basahan dan merasakan sensasi mandi disini, kamu bisa membawa pakaian ganti. Bagi kamu para pemburu foto jangan lupa juga untuk membawa smartphone/kamera dan baterai cadangan untuk mengabadikan keindahan tempat ini.

mandi di kedung pedut
Keseruan mandi di kedung pedut via @didaybotax

Di area ini kamu bisa menjumpai tuk/sumber mata air Penglarisan dan kedung/kolam lain dengan nama berbeda berkedalaman 1 sampai  4 meter. Ada Kedung Merak, Kedung Merang, Kedung Lanang, Kedung Wedok, dan Kedung Anyes. Nah, Kedung Pedut ini juga sebutan lain untuk Kedung Wedok dan menjadi kedung terluas. Selain itu, kedung ini berair terjun setinggi 15 meter. Kedung inilah yang selalu digunakan untuk basah-basahan selain di Kedung Anyes.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Di Medan Dan Sekitarnya Yang Lagi Trending Topic Di Sosial Media

Selain mandi dan berenang, kamu bisa menikmati serunya tempat ini dengan fasilitas yang terbuat dari bambu. Di sekitar kolam ada bangku/kursi bambu, jembatan bambu, ada pula gardu pandang dan pancuran dari bambu.

keindahan air kedung pedut
Menikmati keindahan air kedung pedut via @feri_sulaiman

Oiya, tempat ini ternyata masih satu aliran sungai dengan Air Terjun/Grojogan Mudal dan Air Terjun Kembang Soka. Jika kesini, kamu bisa sekaligus wisata Ke beberapa tempat tersebut.

kedung pedut tampak dari atas
View kedung pedut tampak dari atas via @galuhnp

Disebut curug/Air Terjun Kedung Pedut karena lokasi ini berada di sekitar perbukitan yang tersembunyi  yang kadang tertutup oleh indahnya kabut. Nama ini diambil dari bahasa Jawa, kata curug : air terjun, kedung : kolam alami, dan pedut : kabut.

Harga Tiket Masuk dan Tarif Parkir Kendaraan di Wisata Air Terjun Kedung Pedut

Harga tiket masuk cukup bayar Rp 3.000,-/orang.

Tarif parkir sepeda motor : Rp 2.000,-/unit, dan parkir mobil : Rp 5.000,-/unit.

Untuk harga bisa sewaktu-waktu ada kenaikan/perubahan.

Tempat ini buka setiap hari, jadi kamu bisa datang kesini setiap saat.

Fasilitas dan Wahana di Wisata Air Terjun Kedung Pedut

Jika ingin berencana kesini tak perlu khawatair. Fasilitas disini sudah ada area parkir yang cukup luas, toilet, mushola dan warung makanan/minuman.

Selain itu kamu bisa mencoba wahana menantang yang cukup menguji adrenalin, yaitu wahana flying fox. Kamu akan melayang di atas air terjun. Untuk tarifnya, kamu cukup membayar Rp. 15.000 saja. Oh iya, bisa juga lho menggunakan sepeda, buat dapetin hasil gambar yang lebih unik.

gowes di atas ketinggian
Buat yang hobi gowes, jangan lupa berfoto bareng sepedanya di atas flying fox via @kedungpedut
flying fox extreem
Kamu berani nyobain berpose extreem kaya gini? via @kedungpedut
spot foto di kedung pedut
Kalo gak berani nyobain fling fox, kamu bisa bikin pasangan kamu berkeringat karena keberatan via @kedungpedut
berayun di kedung pedut
Berayun sendirian di atas kedung pedut pun tak jadi soal via @antikaindris
spot berfoto di kedung pedut
Tak ada pasangan? befoto bareng sahabat juga bisa via @kedungpedut
menuruni air terjun
Buat kamu yang mau menguji adrenalin, bisa coba yang satu ini via @kedungpedut

Jadi pengen liburan ke Jogja sekaligus berenang di Air Terjun Kedung Pedut yang menyegarkan ini? Jika kamu liburan di daerah Jawa Tengah, jangan lewatkan wisata ke air terjun Curug Sewu yang bakalan bisa membuat mata segar.

BACA JUGA:  Cuma Punya 48 Jam Di Jogja? Jangan Galau, 12 Tempat Wisata Ini Pasti Bisa Kamu Kunjungi

Selamat berlibur dan salam piknik.