Kebun Efi | Harga Tiket, Rute, Jam Buka, dan Aktifitas yang Bisa Dilakukan

Kebun Efi merupakan tempat wisata terbaru yang ada di Perbukitan Puncak 2000 Siosar Desa Kacinambun Kabanjahe, Sumatera Utara.

Jarak dari Kota Berastagi ke Kebun Efi hanya sekita 25 kilometer saja. Jika ditempuh dengan kendaraan roda 4 waktu yang diperlukan hampir 30 sampai 50 menit untuk tiba di lokasi ini.

Kawasan Kebun Efi ini memiliki luas sekitar 28 hektar, terletak di areal lahan yang berbukit dan tak begitu jauh dari Gunung Sinabung. Sehingga membuat udara dikawasan wisata yang instagramable ini terasa segar dan sejuk seperti tempat wisata di Berastagi.

Kebun Bunga via TempatAsik.com

Kebun efi menawarkan ragam produk unggulan mereka, salah satu yang bisa dinikmati siapapun di daerah manapun ialah Madu Efi, sebuah produk yang dioalah dari ternak lebah yang ada di kawasan ini.

Tak hanya itu guys, ditempat ini banyak hal yang bisa kamu lakukan selain menikmati Madu Efi tadi, yuk simak tulisan ini sampe habis.

Rute Kebun Efi

rute ke kebun efi
Rute ke Kebun Efi via TempatAsik.com

Kebun Efi ini berada di daerah puncak 2000, tak jauh dari kawasan pemukiman relokasi erupsi Gunung Sinabung.

Jika kamu beranjak dari Kota Berastagi, kamu bisa ambil jalur Jl. Jamin Ginting/Jl. Veteran ke arah Kota Kabanjahe.

Ketika sampai di pertigaan jalan yang ada SPBU nya disebelah kanan, kamu belok kanan dan ikuti jalan sampai ketemu simpang 5.

Nah setelah sampai di sini jangan bingung, ambillah jalan ke kiri yang pertama, dan jalan terus hingga ketemu Jl. Rakoetta Brahmana atau jalan menuju Kota Cane.

Setelah ketemu jalannya jangan keterusan sampe Kota Cane ya, lihat-lihat nanti ada persimpangan kecil ke kiri ke arah Siosar.

BACA JUGA:  Gunung Andong dengan Keistimewaan yang Wajib Kamu Ketahui

Kalau bingung, gunakan aplikasi Google Map aja, tapi jangan lupa isi paket internet dulu ya supaya gak nyasar.

Setelah memasuki arah puncak 2000 Siosar, kamu jalan terus hingga ketemu lokasi Kebun Efi yang berada di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Kebun Efi

harga tiket masuk kebun efi
harga tiket masuk kebun efi via TempatAsik.com

Tiket masuk Kebun Efi sangat murah guys, Cuma Rp5.000,00 saja per orang nya, dan itu sudah termasuk parkir kendaraan kamu.

Ngomongin parkiran, di sini cukup luas, parikan roda 2 hingga lokasi parkir bus sudah disedikan oleh pengelola.

Aktifitas di Kebun Efi Beserta Tarifnya

1. Belajar Tentang Lebah Bersama Owner Kebun Efi

belajar tentang lebah di kebun efi
Belajar tentang lebah di kebun efi via TempatAsik.com

Mempelajari terkait ternak lebah adalah salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga di sini.

Owner dari tempat ini yaitu mas Felix Zulhendri merupakan ilmuwan yang sudah lama berkecimpung sebagai peneliti di bidang ilmu pangan dan bioproteksi.

Beliau secara langsung yang akan memberikan presentasi singkat terkait peternakan lebah dalam memproduksi madu Efi yang ada dikawasan Kebun Efi ini.

Pelajar, mahasiswa ataupun keluarga kamu yang gemar tentang pengetahuan ternak lebah dan produksi madu sangat disarankan untuk berkunjung ke tempat wisata hits ini.

Ngomong-ngomong untuk ikut belajar singkat ini gak ada biaya tambahan loh.

2. Melihat Peternakan Sapi dan Kuda

peternakan kuda di kebun efi
Peternakan kuda di kebun efi via TempatAsik.com

Di areal seluas 28 hektar ini sebagian kawasan dibuat tempat untuk peternakan sapi dan Kuda. Saat Tempat Asik berkunjung ke sini, hewan peliharaan tersebut masih tergolong sedikit, mungkin dikarenakan kawasan ini masih tergolong baru dan dalam masa pengembangan.

Yang jelas dengan adanya peternakan ini semakin menambah nilai edukatif dan keindahan sebuah desa dipegunungan bak sedang berada di luar negeri. Hehehe

3. Memetik Jeruk Langsung Dari Pohonnya

Kawasan ini dulunya adalah kawasan perkebunan jeruk, karena alasan tertentu berdasarkan data yang dimiliki oleh pemiliknya, maka sebagian besar kebun jeruk tersebut ditebang dan jadilah kawasan agrowisata Kebun Efi.

Namun, agar tak melupakan jati dirinya, sebagian kebun tersebut tetap dijaga dan menjadi salah satu alasan wisatawan kenapa mereka harus berkunjung ke tempat ini.

Kota Berastagi dikenal sebagai tempat wisata penghasil jeruk, bahkan bisa memetik sendiri di kebun milik Petani.

BACA JUGA:  Cuma Punya 48 Jam Di Jogja? Jangan Galau, 12 Tempat Wisata Ini Pasti Bisa Kamu Kunjungi

Nah, dengan adanya kebun ini maka orang-orang akan berpikir untuk mengunjungi sebuah tempat dimana tempat tersebut komplit, mulai dari eduwisata, spot foto hingga perkebunan jeruk.

4. Tempat yang cocok untuk kamu yang suka foto

hamparan kebun bunga di kebun efi
Hamparan kebun bunga via TempatAsik.com

Spot foto dengan hamparan bunga yang indah masih tergolong jarang di Sumatera Utara. Nah, di sini kamu bisa berfoto dengan latar bunga-bunga yang sedang mekar.

Selain itu, jika beruntung kamu bisa foto dengan latar gunung Sinabung, karena dari kawasan kebun Efi ini kamu bisa melihat langsung Gunung tersebut tanpa penghalang.

Di sini ada juga kawasan camping dengan pondok uniknya, jika berfoto disitu jadi seperti sedang berada di luar negeri deh. Ohya, kamu juga bisa menyewa pakaian unik untuk dijadikan kostum saat foto loh guys.

5. Camping bareng Keluarga, Komunitas ataupun genk sekolah

camping di kebun efi
camping di kebun efi via TempatAsik.com

Tempat wisata Kebun Efi memiliki kawasan camping ground yang instagenic dan nyaman loh guys. Tenda beserta isinya disewakan oleh pengelola untuk kamu yang pengen menikmati sensasi menginap di sekitaran pegunungan.

Fasilitasnya pun bisa dibilang cukup lengkap loh, berikut ini list harganya :

2 orang = 300 rb
4 orang = 500 rb
5 orang = 650 rb

Harga diatas sudah termasuk penyediaan tenda, matras yang cukup tebal, bantal dan juga sleeping bag supaya kamu gak kedinginan.

Selain itu di sini juga menyediakan dinner buffet dan juga breakfast buffet tentunya dengan biaya tambahan sebesar Rp50.000 per orang yah guys.

Kalau kamu pengen masak sendiri di sini juga bisa, pengelola hanya menyediakan kompor dan gas saja, selain itu kamu harus sediakan sendiri ya.

Anyway, supaya camping kamu semakin menarik, pengelola tak akan melupakan hal yang paling penting ini, yaitu kawasan api unggun dan penyewaan alat untuk BBQ. Untuk alat Barbekyu nya disewakan dengan harga Rp100.000 yaa…

Eits hampir lupa, kamu gak perlu khawatir bau badan, di sini juga ada shared kamar mandi dan toilet dengan hot showernya juga. Lengkap kaan??

6. Nongkrong Dan Ngopi di Kafe Kebun Efi

makanan di kebun efi
makanan di kebun ini via TempatAsik.com

Mampir ke sini hanya sekedar pengen menikmati keindahan puncak 2000 dan mekarnya bunga-bunga di Kebun Efi juga bisa loh.

BACA JUGA:  Inilah 14 Tempat Wisata di Ubud Bali Yang Paling Diminati Wisatawan Dunia

Di sini ada kantin atau kafe yang nyaman untuk pengunjung, tersedia menu-menu standar dan tentunya kopi.

Ngopi di perkotaan seperti Medan mungkin udah biasa dilakukan, nah jika pengen sensasi yang beda cobalah nongkrong di kawasan kebun efi ini.

7. Menikmati Sajian Madu Efi Asli

Ternak lebah di kawasan ini ada sebanyak 7 cluster yang disebar di kawasan yang cukup luas ini.

Nah, lebah-lebah tersebut menghasilkan madu dan propolis yang tentunya bisa dinikmati semua orang.

Kalau kamu beruntung dan stok gak kehabisan, kamu bisa menyicipi madu dengan membayar Rp20.000 saja.

Selain itu kamu juga bisa bawa pulang madu khas Madu Efi ini dengan cara membelinya di kafe / kantin kebun Efi.

Kata salah seorang penjaga tempat ini, kalau mau menikmati madu efi, usahakan datanglah sepagi mungkin, karena hasil produksi dengan permintaan madunya belum seimbang, membuat pengelola selalu kehabisan stok.

Videonya bisa di tonton di bawah ini:

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Waktu terbaik berkunjung ke Kebun Efi dipagi hari atau jelang sore. Jangan saat matahari tepat di atas kepala kamu, sebab di sini tidak ada pohon tinggi yang mampu melindungi kulit mulus kamu dari sengatan sinar matahari.

hari dan jam buka kebun efi via TempatAsik.com

Jadwal Operasional kebun ini dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu, jika ada perubahan jadwal operasional biasanya akan diinfokan langsung oleh ownernya lewat akun instagram mereka @madu_efi atau kamu bisa hubungi langsung pengelolanya lewat kontak yang tersedia di IG tersebut yaa.

Untuk kamu yang mau camp di sini, jadwal camp hanya buka pada hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional saja.

Sebaiknya kamu hubungi dulu pengelolanya mengenai ketersediaan tempat, jangan asal datang aja, kalo ternyata tempatnya habis gimana?

Oke guys, itu tadi info tentang tempat wisata Kebun Efi yanga ada di Tanah Karo, semoga info ini bermanfaat untuk kamu dan keluarga yaa.

Jangan lupa tonton juga video dibawah ini agar pengetahuan kamu semakin bertambah. Ohya, jangan lupa di subscribe juga yaaa.

Tinggalkan Balasan