Pantai Baron

Pantai Baron merupakan pantai senior yang ada di wilayah Gunungkidul Yogyakarta, pada tahun 2000an pantai ini merupakan pantai populer di kalangan mahasiswa dan wisatawan.

Sekarang, pantai ini sudah memoles beberapa bagian wajahnya sehingga pantai ini masih sangat layak untuk dikunjungi.

Polesan tersebut ternyata ngga sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat setempat loh gaes. Ada beberapa polesan atau perubahan alami yang disebabkan oleh alamnya sendiri.

Seperti terbealahnya bibir pantai menjadi 2 bagian, tapi perubahan ini justru menjadi nilai tambah eksotisnya pantai Baron.

gambar pantai baron
Sumber gambar @ocepic_life

Kalau ditelusuri sejarah dari penamaan pantai ini, Baron itu ternyata diambil dari seorang bangsawan bule berkebangsaan Belanda bernama Baron Skeber.

Jadi ceritanya begini, dulu si mas Baron ini pernah melabuhkan kapalnya dipantai ini, mungkin beliau menilai pantai ini sangat cocok dijadikan tempat bersandar kapal karena mungkin teluk dari pantai ini cukup dalam. Berdasarkan sejarah tersebutlah maka warga setempat memberikan nama pantai ini sebagai Pantai Baron.

Ada hal unik dari pantai ini, pertama di bagian pesisirnya terdapat 2 jenis air yang menyatu, air tawar yang berasal dari sungai yang berada di sisi kanan tebing dan juga air laut yang asin.

misteri pantai baron
Sumber gambar @idaddifaulhaq

Pertemuan kedua air ini menjadi keunikan tersendiri, karena sangat jarang ditemui pantai seperti ini di Indonesia.

Keunikan lainya yaitu jika kalian menggunakan drone untuk mengambil gambar maka kalian akan melihat kalau bentuk dari pantai ini seperti huruf U. Saat berada dibibir pantai, kita terasa diapit oleh 2 perbukitan dan berhadapan langsung dengan laut lepas pantai Selatan.

Sumber gambar @ranimilyann

Wisata di Jogja emang ngga bakal ada habisnya untuk di ulas, Jogja punya puluhan pantai nan eksotis. Bisa jadi ke depan bakal menjadi idola baru selain Bali. Pantai Baron ini salah satunya, pantai yang sangat cocok dijadikan list utama ketika kalian liburan ke Jogja

Kegiatan Menarik di Pantai Baron

Mungkin kalian yang baru pertama kali ke Jogja bertanya, ngapain ke Pantai Baron, kenapa ngga ke pantai parangtritis aja, kan lebih dekat tuh dari kota Jogja. Nah, biar ngga mati penasaran, yuk kita lihat bisa ngapain aja sih kita di pantai ini?

1. Kulineran Seafood

Santap kuliner hasil laut adalah salah satu daya tarik utama dari pantai yang satu ini, karena tak semua pantai yang ada di Jogja menyediakan ikan-ikan segar hasil tangkapan laut para nelayan.

Sama halnya dengan Pantai Depok yang ada di Bantul Yogyakarta, pantai ini juga merupakan markasnya para nelayan pemburu hewan-hewan laut.

Ketika memasuki kawasan Pantai Baron, sepanjang jalan menuju bibir pantai kalian akan menemukan banyak warung yang menyediakan menu-menu seafood.

seafood pantai baron
Sumber PAIJO

Tak Cuma menjajakan panganan olahan hasil laut, panganan olahan pabrik seperti mie instan, minuman kemasan juga tersedia lengkap di pantai ini.

Menu andalan dari hasil tangkapan nelayan tentunya adalah ikan bakarnya, olahan udang juga ada. Ditemani cah kangkung ala masakan khas warga Gunungkidul dan tak lupa segelas es jeruk yang seger membuat kenikmatannya akan semakin sempurna.

Inilah daya tarik utama wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Baron, kalau hanya ingin menikmati keindahan pantai saja, masih banyak pantai lainnya di  Yogyakarta yang lebih apik dan indah. Tapi tak semua pantai menyediakan hasil laut yang segar, bahkan di pantai ini juga ada tempat pelelangan ikan loh gaes.

2. Mandi di Air Asin dan Tawar Sekaligus

Aktifitas seru berikutnya yang bisa dilakukan di Pantai Baron adalah berendam di air, sekilas sama saja dengan pantai lainnya, tapi di sini kalian bisa bermain air berbeda rasa diwaktu bersamaan, yakni asin dan tawar.

lokasi pantai baron
Sumber gambar ZeeZhee shahab

Keunikan pantai ini, di bagian sisi barat terdapat aliran sungai berwarna hijau yang berasal dari dasar laut di tepian tebing yang mengalir menuju laut.

BACA JUGA:  Lumer Cafe Jogja, Tempat Makan Di Kota Pelajar Yang Wajib Dikunjungi Ketika Malam Minggu

Fenomena seperti ini sangat sulit dijumpai di pantai-pantai lain di Indonesia.

Wisatawan diperbolehkan untuk berenang di bibir pantai dan juga di aliran sungai, namun diwaktu tertentu ada larangan untuk berenang yang himbauannya dikeluarkan oleh penjaga Pantai Baron. Bisa jadi ini disebabkan cuaca buruk atau kondisi air laut yang pasang atau ganas.

3. Foto Di Deretan Perahu Cantik

gambar sunset pantai baron
Sumber gambar Rangga dy

Pantai Baron merupakan markas para nelayan pencari ikan yang ada di Gunungkidul, oleh sebab itu pada saat air sedang surut akan banyak kita jumpai perahu dengan warna-warna yang unik parkir di bibir pantai.

Nah kondisi ini adalah sebuah anugerah tak terhingga bagi para foto hunter, kaum penyuka selfie dan juga mereka yang suka pamer foto di Instagram. Sebab moment seperti ini sangat jarang dijumpai, apalagi bentuk dan warna perahunya unik dan menarik perhatian.

Jika air mulai pasang kalian juga bisa menyaksikan proses para nelayan melabuhkan perahu mereka menuju laut lepas pantai selatan Yogyakarta untuk memburu ikan.

4. Mendaki Perbukitan Baron Dan Naik Mercusuar

Ada satu aktifitas yang menyehatkan ketika berada di Pantai Baron, yakni melakukan pendakian kecil atau istilah kerennya trecking ke perbukitan yang berada di sisi kiri pantai.

Menaiki perbukitan atau tebing ini cukup menguras tenaga loh guys, walaupun anak tangga sudah disediakan tapi kita tetap harus berhati-hati.

Di atas bukit ini ada spot-spot foto yang menarik untuk diabadikan, seperti foto di atas replika perahu dan tentunya naik ke puncak mercusuar.

mercusuar pantai baron
Mercusuar Pantai Baron via @oneziya

Mercusuar tersebut dibangun dan dirampungkan oleh Direktorat Navigasi Pelayaran Ditjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan Yogyakarta pada tahun 2014 dengan ketinggian mencapai 40 meter.

Mercusuar bisa dibilang spot wisata populer terbaru yang ada di wilayah pantai selatan Yogyakarta, dari sini kamu bisa menyaksikan keindahan Pantai Baron dan samudera lepas. Tak hanya itu, jika mengarahkan pandangan ke arah utara, kamu bisa menyaksikan jejeran pegunungan sewu.

Belum selesai sampai disitu, jika kamu mengalihkan pandangan ke sisi timur maka kamu dapat melihat keindahan bentangan Pantai Indrayanti hingga Pantai Kukup, karena memang kedua pantai ini jaraknya tidak begitu jauh dari Pantai Baron.

Nah jika kamu memandang ke arah barat dari Mercusuar, bisa menyaksikan keindahan Pantai Baron seutuhnya.

Tak cukup sampai disitu kamu juga bisa menyaksikan Bukit Baron Techno Park yang ada jam mataharinya itu dan bisa melihat Pantai Kayu Arum yang berada persis di balik bukit Pantai Baron.

Untuk menaiki mercusuar pantai baron ini dikenakan biaya retribusi sebesar Rp5.000.

5. Belanja Souvenir Jogja

Belanja souvenir di Jogja itu ngga harus ke Malioboro atau di Pasar Beringharjo loh guys. Kalian juga bisa kok belanja oleh-oleh di tempat-tempat wisata seperti yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka, Candi Prambanan bahkan di Pantai Baron ini.

Selain banyaknya warung santap menu seafood, di sini juga banyak warung-warung pedagang souvenir seperti gantungan kunci, kaos dan pernak-pernik lainnya.

Untuk masalah harga sih tergantung kalian jago menawar atau tidak.

Tak selamanya harga di tempat wisata inklusif seperti ini harganya lebih mahal, produk-produk tertentu kadang bisa jadi lebih murah daripada belanja di Malioboro.

Fasilitas di Pantai Baron

Fasilitas publik yang ada di Pantai Baron sudah sangat lengkap dan dikelola dengan baik, beberapa fasilitas yang mungkin perlu kamu ketahui diantaranya :

  • Musholla;
  • Parkir motor, mobil dan bus yang memadai;
  • Toilet Umum;
  • Camping Ground dan juga penginapan;
  • Mercusuar / gardu pandang;
  • Toko souvenir;
  • Warung makan;
  • Tempat untuk memancing.

Semua fasilitas diatas bisa digunakan oleh siapapun dengan biaya retribusi yang sangat murah tentunya. Untuk fasilitas seperti penginapan, harganya juga relatif murah, mulai 50ribuan per malamnya.

Harga Tiket dan Parkir

Harga tiket masuk Pantai Baron sangatlah murah, hanya Rp10.000 per orang dan tak ada batasan waktu berapa lama kamu hendak menikmati pantai tersebut.

Jika ingin menaiki Mercusuar maka dikenakan biaya retribusi tambahan sebesar Rp5.000, sementara untuk melakukan trecking ke bukit nya tidak dipasang tarif retribusi, kalian boleh bayar seikhlasnya.

Biaya parkir di Pantai Baron juga sangat murah, untuk kendaraan motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000 saja.

Lokasi

Pantai Baron berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jalan menuju pantai ini sudah mulus dan mudah dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hanya saja yang perlu kamu ketahui bahwa akses menuju ke Pantai Baron ini berbelok-belok dan sedikit naik turun.

BACA JUGA:  Ternyata, 9 Tempat Wisata Ini Menjadi Trending Topic Di Indonesia

Jika kalian pecinta offroad tentulah ini sangat menyenangkan, tapi jika tidak terbiasa dengan jalur yang demikian maka dihimbau untuk selalu waspada saat berkendara.

Rute

Rute menuju Pantai Baron tahun 2019 ini sudah sangat mudah, apalagi setelah muncul teknologi keren bernama Google Maps, dijamin kalian sulit kesasar.

Walaupun demikian kalian perlu juga bertanya ke warga setempat jika merasa ragu-ragu terhadap rute yang disarankan oleh si mbah Google.

Sedikit ancer-ancer yang mungkin perlu kamu ketahui, untuk menuju Pantai Baron ini jalurnya melewati jalur yang dilalui saat menuju Bukit Bintang Jogja.

Jika berangkat dari Jogja, kalian harus berangkat menuju kota Wonosari dahulu, setibanya di sana kalian bisa bertanya ke warga mengenai arah menuju Pantai Baron atau bisa juga menggunakan Google Map.

Jika menggunakan kendaraan umum, kalian harus ke Terminal Giwangan terlebih dahulu dan gunakan bus yang tujuannya ke Kota Wonosari atau Terminal yang ada di Kota Wonosari.

Setibanya di Wonosari kalian bisa melanjutkan kembali perjalanan menggunakan bus yang menuju Pantai Baron.

Sekedar informasi penting yang wajib kamu ketahui dan jadi bahan pertimbangan dalam membuat list perjalanan saat liburan ke Jogja adalah jarak.

Dari pusat kota Jogja menuju Pantai Baron itu cukup jauh yaitu sekitar 57 kilometer, waktu tempuh menggunakan kendaraan motor sekitar 1 jam 30 menit.

Penginapan dekat Pantai Baron

Menikmati pantai biasanya identik dengan berburu sunset maupun sunrise, tapi jika ingin menyaksikan kedua fenomena alam yang indah ini kamu harus mempersiapkan tempat tinggal atau penginapan.

Di sekitar pantai ini dan Gunungkidul pada umumnya banyak tersedia penginapan murah meriah, mulai dari fasilitas alakadarnya hingga fasilitas sekelas hotel berbintang.

Berikut ini kami informasikan beberapa penginapan yang dekat dengan Pantai Baron yang bisa di pesan melalui online booking hotel.

Beberapa diantaranya ada yang berlokasi di pantai kukup dan pantai lainnya yang dekat dengan pantai ini.

1. Guest House Kampoeng Baron

Penginapan yang satu ini cukup dekat ke lokasi pantai, jaraknya hanya sekitar 1.4 kilometer saja dari Pantai Baron, bahkan juga dekat ke pantai-pantai lainnya disekitar Pantai Baron.

Kampoeng Baron Art Resort Restaurant and Guesthouse
Sumber Dodi Dodi

Guest House Kampoeng Baron ini akomodasinya dibagi menjadi dua jenis yaitu sewa kamar dan juga sewa villa, tentunya dengan harga berbeda pula guys.

Harga sewa kamar per malamnya mulai Rp500.000 dan villanya mulai dari Rp1.200.000.

2. Winahyu Resorts

penginapan di pantai baron
Sumber tommi Limasan

Penginapan ini cukup dekat dengan Pantai Baron hanya berjarak sekitar 700 meter saja. Ke pantai lainnya juga cukup dekat seperti Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini yang jaraknya tak lebih dari 2 kilometer.

Harga sewa di penginapan sejenis homestay ini pun cukup murah, sekitar Rp185.000 per malamnya.

3. The Royal Joglo

Penginapan dengan bangunan bergaya jawa ini juga cukup dekat dengan pantai Baron dan juga pantai-pantai yang ada di sekitarnya.

penginapan dekat pantai baron
Sumber The Royal Joglo

Harga yang ditawarkan juga relatif murah, mulai dari Rp390.000 per malamnya dan sudah termasuk breakfast juga.

4. Radika Paradise Villa & Cottage

Penginapan bergaya villa ini juga cukup dekat, jaraknya hanya 7 kilometer dari Pantai Baron.

Harga sewa cottage ini cukup murah yaitu mulai dari Rp499.000 dan sudah termasuk sarapan.

radika paradise
Sumber Arantika Dwi Fibriana

Nah itu tadi beberapa penginapan murah dekat Pantai Baron, sebenarnya masih banyak lagi penginapan lainnya mulai dari yang super murah hingga mahal, tergantung kebutuhan kalian.

Intinya jangan takut liburan ke pantai ini kalau pulang kemalaman, kalian bisa memanfaatkan fasilitas penginapan tersebut.

Tempat Wisata dekat Pantai Baron

Berwisata ke satu tempat seperti Yogyakarta misalnya haruslah memiliki jadwal yang matang, apalagi jika kita tidak punya waktu yang cukup banyak untuk liburan. Tempat-tempat wisata yang akan dituju harus dipersiapakan sebelum perjalanan liburan dimulai.

Oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui tempat wista terdekat dari satu titik ke titik lainnya, agar tidak banyak waktu kita yang terbuang sia-sia.

Berikut ini kami infokan tempat wisata terdekat dari Pantai Baron :

1. Wisata Pantai

Gunungkidul dikenal dengan wisata pantainya yang eksotis dan banyak pilihan, ada beberapa pantai terkenal yang dekat dengan pantai Baron seperti Pantai Kukup,  Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pandak Sundak, Pantai Sadranan, Pantai Indrayanti, Pantai Ngelambor dan pantai-pantai lainnya yang jaraknya cukup dekat dari pantai ini.

2. Baron Technopark, Gunungkidul

Baron Technopark ini merupakan tempat penelitian sekaligus tempat wisata edukasi, lokasinya berada di Desa Planjan, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul.

Mungkin kamu pernah melihat foto jam matahari yang fenomenal dan instagramable itu? Nah spot foto menarik itu berada di lokasi ini.

BACA JUGA:  EMBUNG TAMBAKBOYO, Tempat Wisata Murah Dan Asik di Condong Catur Jogja
baron technopark
Baron Technopark via @ocepic_life

3. Eko Park Celosia Flower / Taman Bunga Gunungkidul

Ingin berfoto di tengah hamparan bunga Celosia maka datanglah ke tempat wisata terbaru ini, lokasinya cukup dekat dari Pantai Baron.

eko park celosia flower
Sumber ardi epyekk

Pengelola tempat ini sudah menyediakan spot-spot yang bisa kamu gunakan untuk mengabadikan momen liburan mu. Tiket masuknya pun cukup murah, hanya Rp5.000 saja per orang nya.

4. Goa Jomblang

goa jomblang
Sumber Nurul ainii

Bagi kalian yang hobby trecking, kalian bisa mencoba untuk menyusuri Goa Jomblang. Memang tempat nya lumayan jauh dari Pantai Baron, tapi lokasinya masih berada di Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya di Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul.

Jaraknya sekitar 20 kilometer dari Pantai Baron dan bisa diakses menggunakan kendaraan motor dan juga mobil.

5. Goa Pindul

Yang demen banget main air bisa coba berkunjung ke Goa Pindul, di goa ini aktifitas yang sangat terkenalnya adalah menyusuri sungai yang berada di dalam goa atau lebih sering disebut cave tubing.

goa pindul
Sumber Goa Pindul Wirawisata

Goa Pindul berada di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari Pantai Baron dan bisa diakses dengan motor dan juga mobil.

6. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk ini juga merupakan tempat wisata hits dan populer di Gunungkidul, Yogyakarta. Keunikan air terjun ini terletak di tebing yang di sampingnya mengalir sungai, untuk sampai di air terjun ini kamu harus menempuh jarak 700 meter menyusuri bibir sungai.

sensasi mandi dibawah derasnya air terjun Sri Gethuk
Sumber: tempatasik.com

Jika merasa kelelahan kamu bisa juga menggunakan perahu yang disediakan oleh pengelola wisata. Selain bermain air dari percikan air terjun ini, kalian juga bisa berfoto-foto di sini.

7. Embung Nglanggeran

Gunungkidul emang ngga akan ada habisnya kalau mau dieksploerasi, apa lagi Cuma sehari. Embung Nglanggeran ini adalah salah satu karya hebat yang ada di Gunungkidul.

embung nglanggeran
Sumber: tempatasik.com

Dimana sebuah embung atau tempat penyimpanan air justru dibangun diatas ketinggian, dimana pada umumnya embung dibangun di dataran rendah.

Dari embung ini kamu bisa menyaksikan keindahan alam yang ada di bawahnya, termasuk menyaksikan eksotisme gunung api purba yang berada di sekeliling embung ini.

Embung Nglanggeran berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, jaraknya sekitar 30 kilometer dari Pantai Baron.

Video

Fasilitas Publik Terdekat

Selain fasilitas yang ada di dalam kawasan pantai, fasilitas umum lainnya yang dekat dengan pantai ini terbilang cukup memadai. Terdepat Masjid Al Hikmah sekitar 200 meter dari Pantai Baron.

Ada juga pasar buah, penginapan dan warung makan yang jaraknya tidak terlalu jauh, jadi jangan khawatir jika kalian kehabisan perbekalan ketika sedang berada di pantai ini.

Tips Sebelum ke Pantai Baron

Sebelum berangkat menuju Pantai Baron beberapa hal berikut ini perlu kamu perhatikan ya:

  • Cek kondisi kendaraan kamu terlebih dahulu mulai dari sistem pengereman, lampu dan juga oli nya. Bagi yang pake mobil, jangan sampai kalian mogok di tengah jalan, karena ada di beberapa titik jalan yang dilalui itu kiri kanannya hutan semua dan sepi penduduk.
  • Pastikan batrai handphone kamu terisi penuh, jika mulai soak segeralah beli powerbank untuk berjaga-jaga jika kesulitan mendapatkan daya listrik untuk isi batrai. Jangan lupa pulsa ataupun paket internet kalian tetap terisi ya.
  • Pertimbangkan untuk mengunjugi tempat wisata terdekat dari Pantai Baron, di Gunungkidul banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Kamu bisa cari informasi tambahannya dari teman atau googling.
  • Lebih enak pergi berkelompok daripada pergi hanya berdua saja apalagi dengan mengendarai motor, karena jika ada masalah di perjalanan kalian bisa saling tolong menolong satu sama lain.
  • Perjalanan dari kota Yogyakarta menuju Pantai Baron ini jarak nya lumayan jauh, sekitar 60 kilometer dari Malioboro. Dengan jarak sejauh ini persiapkanlah fisik kalian secara matang, jangan tidur terlalu larut, efeknya saat liburan di pantai ini jadinya badan kurang fit dan jadi ngga maksimal deh liburannya.

Oke gaes, segitu dulu tulisan kita untuk Pantai Baron, jika kalian ada pertanyaan seputar wisata pantai ini silakan tulis pertanyaan kalian di kolom komentar. Dan jika punya pengalaman menarik terkait wisata di Pantai Baron, jangan sungkan-sungkan juga untuk berbagi cerita kepada kami dan juga pembaca TempatAsik lainnya.

Selamat berlibur, ketemu lagi di artikel berikutnya!

5.0
01

Tinggalkan Balasan