Bukit Bintang Jogja

Pernah dengar bukit bintang Jogja gaes? Udah pada pernah ke sana belum nih? Jadi, bukit bintang Jogja itu sekarang ini merupakan salah satu spot wisata di Jogja yang lagi trend di kalangan wisatawan dan muda mudi Jogja.

Tempat ini sangat berbeda ya dengan Bukit Bintang yang ada di Malaysia sana, kalau kamu berpikiran kedua tempat ini sama, berarti kita punya pemikiran yang sama-sama sesat gaes, hehe.

Bukit Bintang yang di Malaysia itu merupakan sebuah kawasan yang cukup strategis yang deket dengan bandara Kuala Lumpur Malaysia.

Dimana tempat ini merupakan kawasan wisata belanja berbagai macam produk, mulai dari produk elektronik, barang branded, hingga kuliner yang lezat ada di sini. Semacam one stop shopping centre gitu laah.

Nah, Bukit Bintang Jogja itu bukan kawasan market ya, bukan pula sebuah kota yang banyak bangunan tingginya.

lokasi bukit bintang jogja
View cantik di bukit bintang via pradana_soekotjo

Tapi Bukit Bintang Jogja itu adalah sebuah tempat romantis yang berada di ketinggian sebelah timur Kota Jogja dengan ketinggian 150 meter diatas permukaan laut atau disingkat MDPL.

Kalau kalian pernah berwisata di Bandung atau semarang, Bukit Bintang Jogja ini mirip seperti Bukit Moko yang ada di Bandung atau Bukit Gombel yang ada di Semarang.

Di bukit-bukit ini kita bisa menikmati kota Bandung, Jogja dan Semarang dari ketinggian.

Sekilas Romantisnya Bukit Bintang Jogja

Jadi Bukit Bintang itu enaknya dinikmati kalau hari sudah gelap ya gaes, rasanya lebih sempurna kalau kamu datang ke sini pas hari mulai gelap, kenapa?

Karena selain udaranya semakin sejuk kamu juga bisa menikmati lampu-lampu rumah warga Jogja dari ketinggian.

bukit bintang jogja
Bukit Bintang Jogja di malam hari via lhya.37

Apalagi kalau cuaca lagi cerah dan bintang di langit pun muncul, oooh Tuhan, nikmat mana lagi yang mau kalian dustakan kalau sudah begini.

Kalian diberi 3 pemandangan indah sekaligus, bintang yang asli yang ada di langit cerah sana dan juga bintang buatan yang berasal dari cahaya lampu rumah-rumah warga Jogja. Selain itu tentunya wajah cantik si doi tersayang..eaaaaaak. (eits, khusus untuk yang sudah menikah ya)

Jadi, apakah ke sini kita harus datang malam hari untuk menikmati keindahan Jogja dari ketinggian? Sebenarnya ngga juga sih gaes, kalian juga bisa berangkat dihari yang terang, karena udara tempat ini sejuk dan juga banyak tempat-tempat makan yang romantis juga.

The Manglung view ‘n resto Bukit Bintang via themanglung

Tapi sekali lagi kami infokan, kalau berangkatnya dihari yang terang, rasanya liburan kamu pasti kurang sempurna. Tak ada lagi makna lagu sempurna miliknya Andra the backbond kalau kalian datangnya disiang hari. Hehe

Jogja itu kotanya romantis banget, semenjak Bukit Bintang ini dikelola oleh Pemda setempat, wah Jogja jadi semakin romantis gaes.

Dulu, bukit bintang ini Cuma dikenal dikalangan masyarakat setempat dan mahasiswa mahasiswi Jogja aja, masih sepi dan ngga ada fasilitas yang seperti sekarang ini.

Tempat ini dulunya dijadikan tempat istirahat saja bagi warga yang melintas dari Jogja ke Wonosari atau sebaliknya. Bagi mahasiswa, tempat ini tak ada bedanya dengan warung kopi yang menjamur di Jogja, hanya saja ngopi di sini dapat bonus pemandangan yang apik.

Sekitar tahun 2007 kami pun pernah mampir di Bukit Bintang ini, kondisinya saat itu hujan gerimis jadinya udara makin tambah dingin.

Kalau udah main ke sini biasanya turun (pulang) ke Jogja itu menjelang pagi, kadang ga nyadar juga sih kalo udah jelang pagi, keasyikan bermain gitar, nyanyi bareng sambil minum teh atau kopi panas.

Pernah juga kami mampir di sini ketika hendak pulang ke Kota  Jogja dari pantai baron pada waktu itu, kami berhenti sejenak hanya untuk istirahat dan sekedar menikmati keindahan Jogja dari ketinggian.

Waktu itu masih sepi, tempat ini tak begitu populer, beda dengan sekarang lah pokoknya.

Lokasi dan Rute

Bukit Bintang Jogja yang romantis ini berada di Jalan Raya Yogyakarta – Wonosari KM. 15, Bukit Patuk, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di tepi perbukitan bukit Patuk Gunung Kidul, arah menuju kota Wonosari.

Kalau kalian ingin liburan ke pantai yang ada di gunung kidul seperti Pantai Baron, Pantai Nglambor, Pantai Indrayanti dan Pantai Pantai cantik lainnya yang ada di Gunung kidul jogja, bisa dipastikan kalian bakal melewati rute bukit bintang ini.

Rutenya cukup mudah kok, bisa dilalui kendaraan roda dua dan juga roda empat. Kalau kalian ingin menggunakan bus atau angkutan umum juga bisa.

BACA JUGA:  8 Hal Menarik Yang Bisa Kamu Lakukan Di Pantai Parangtritis Jogja

Walaupun bisa menggunakan kendaraan umum, lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja, sebab kalau naik kendaraan pribadi perasaan kamu akan lebih tenang karena kamu bisa menentukan sendiri kapan kamu akan pulang atau kembali ke penginapan.

Kalau naik kendaraan umum, waktu berangkatnya emang sangat mudah tapi ketika hendak pulang kamu akan kebingungan, apalagi waktu udah gelap, wah jarang sekali kendaraan umum lewat jika malam hari.

Kalau udah begini, terpaksa deh kalian harus menginap, tapi tenang disekitar sini sudah ada penginapannya kok.

Jika pengen menggunakan kendaraan umum menuju lokasi bukit bintang, caranya begini, kalian naik kendaraan apa saja dulu menuju jalan Wonosari Jogja, mudahnya sih naik taksi online.

Nanti setelah sampai di perempatan ringroad Jalan Wonosari kalian berhenti di situ dan ganti kendaraan yang menuju atau melewati lokasi bukit bintang, berupa bus besar ataupun sedang.

Info yang kami terima mengenai tiket busnya sekitar Rp5.000 per orang, cukup murah kan, seandainya pun sudah naik, naiknya ngga jauh-jauh kok, Jogja itu wisatanya terkenal hemat kantong. hihihi.

Lanjut, nah setelah dapat busnya, kalian akan diantar ke lokasi bukit bintang dengan waktu tempuh yang ngga begitu lama,sekitar 30 menitan saja, karena bukit bintang ini ngga jauh kok dari kota Jogja, hanya berjarak sekita 15 kilometer saja.

Gimana jika menggunakan kendaraan pribadi, motor atau mobil?

Rutenya sama saja ya, kamu pergi ke arah timur sampe ketemu Jl. Wonosari Jogja, setelah itu ikuti terus jalan hingga keluar ringroad menuju arah kota Wonosari, Gunung Kidul Jogja.

Kalau bingung jangan sungkan sungkan untuk tanya warga setempat, atau kamu bisa gunakan Google Maps, mudah-mudahan ngga akan nyasar, karena lokasi wisata ini berada di jalan raya juga, ini udah 2019 bro, teknologi makin canggih. hehe

Lokasi Bukit Bintang Jogja persis di pinggiran jalan raya Jogja – Wonosari, nanti akan banyak kamu temui warung – warung di pinggir bukit patuk, kalau udah ketemu, selamat berarti kamu udah sampai di Bukit Bintang Jogja.

Harga Tiket dan Fasilitas di Bukit Bintang Jogja

Di Bukit bintang Jogja ini tidak dikenakan biaya retribusi atau tiket masuk, sebab kawasan wisata ini adalah bagian dari jalan raya, siapapun bebas lalu lalang. Berbeda dengan wisata inklusif lainnya seperti Kebun Binatang Gembira Loka, di sini kita harus bayar tiket masuk gaes.

Walaupun demikian, ada biaya yang harus kemu keluarkan, yaitu biaya parkir dan juga biaya makan atau penginapan.

Harga parkir di Bukit Bintang Jogja untuk kendaraan motor sebesar Rp3.000 dan untuk mobil hanya Rp5.000 saja.

Semenjak masyarakat setempat dan pemerintah Kabupaten Gunung Kidul melihat minat wisatawan terhadap tempat ini, maka pemerintah pun bergerak cepat untuk membenahi Bukit Bintang agar menjadi salah satu tempat wista andalan di Kabupaten Gunung Kidul selain pantai – pantai dan goa – goanya.

Dalam perkembangannya sekarang, fasilitas di kawasan wisata bukit bintang ini sudah terbilang cukup lengkap, berikut ini fasilitas bukit bintang terbaru yang bisa kami informasikan buat kalian gaes :

1. Warung Makan Sederhana dan Resto

Kamu ngga perlu khawatir laper karena udara yang sejuk saat berada di bukit ini, karena banyak dijumpai penjual makanan mulai dari warung sederhana hingga warung berkelas seperti resto.

view bukit bintang jogja
View di Bukit Bintang via guston.wst

Menunya pun variatif, mulai dari jagung bakar, mie instan, wedang jahe, kopi, nasi goreng, ikan bakar,ayam bakar, bebek bakar, bakso, pecel lele, mie ayam dan menu mewah lainnya juga tersedia, tinggal pilih aja warung mana yang kamu suka.

Yang jelas setiap warung menyajikan pemandangan indah, jadi makin romantis deh kalau menikmati hidangannya ditemani istri.

2. Tempat Duduk Memanjang

Tempat duduk ini khusus untuk kamu yang datang tanpa beli makanan, jadi kamu ngga perlu masuk ke warung hanya untuk mendapatkan tempat duduk gaes.

Tempat duduk-duduk di Bukit Bintang via gung_tukangbakso

Karena Pemerintah sudah menyediakan tempat duduk khusus tamu yang emang sengaja datang untuk menikmati sunset ataupun gemerlapnya Jogja di malam hari.

3. Musholla

Nah wisatawan Muslim jangan khawatir untuk sholat magrib ataupun Isya, di sini sudah disediakan tempat ibadah yang memadai.

4. Toilet Umum

Bukan tempat wisata namanya kalau toilet aja ngga ada. Di bukit bintang ini pun sudah disediakan toilet umum, jadi kalau kebelet ngga perlu numpang diwarung, langsung aja ke toiletnya.

5. Parkir Kendaraan

Parkir kendaraan di tempat wisata bukit bintang sangat memadai, cukup untuk banyak motor dan mobil, jadi ngga perlu khawatir lah harus parkir di mana, udah disediain pokoknya.

6. Penginapan

Layaknya tempat wisata profesional, bukit bintang kini menjelma menjadi salah satu tujuan wajib bagi wisatawan yang sedang berlibur ke Jogja. Oleh sebab itu banyak pemodal ikut melirik potensi ini dan akhirnya membangun penginapan di sekitar bukit bintang ini.

Harga per malamnya pun relatif murah gaes, mulai 100ribuan hingga 300ribuan per malamnya, bahkan ada yang sudah include breakfast juga loh.

BACA JUGA:  EMBUNG TAMBAKBOYO, Tempat Wisata Murah Dan Asik di Condong Catur Jogja

Kalau mau booking kamarnya bisa langsung ke penjual voucer online atau bisa langsung datang aja ke bukit bintang. Kamu bisa pilih secara langsung kira-kira mana yang cocok dikantong dan juga di hati kamu.

Jam Operasional dan Peraturan

Bukit bintang Jogja ini selalu buka 24 jam 7 hari, kamu ngga perlu khawatir dateng kemaleman atau datang kesiangan, bukit bintang selalu terbuka bagi siapapun dan kapanpun.

Tapi khusus penyewaan kamar hotel punya jam operasional sendiri ya, kamu bisa tanyakan langsung ke penyedia penginapan, biasanya jadwalnya sih sama aja dengan hotel-hotel pada umumnya.

Nah kebersihan sangat perlu diperhatikan ketika kita berkunjung ke tempat wisata, di manapun di dunia ini. Oleh sebab itu, sebagai wisatawan yang cerdas dan beriman, jagalah selalu kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di tempat ini.

Bayangin deh, kalau kita turut membuang sampah ke jurang yang ada dibawah warung atau kafe di sekitar bukit bintang. Emang sih saat ini sampah tersebut ngga begitu terlihat karena jauh dibawah jurang, tapi efeknya bagi masa depan tanah dan tumbuhan yang ada disekitar tempat itu gimana dong?

Ngga mau kan tempat wisata yang sama sama kita cintai ini rusak bahkan terjadi longsor hanya karena satu sampah yang kita buang sembarangan.

Mohon dijaga bersama yah gaess..

Obyek Wisata Dekat Bukit Bintang Jogja

Berwisata ke Jogja itu sebenarnya ngga cukup sebulan gaes, apalagi Cuma 3 hari, dijamin, ngga cukup waktunya. Belum lagi kalau kalian udah jatuh cinta sama Jogja, satu tempat wisata rasanya ngga rela kalau ditinggal seketika, sedih…kapaan bisa ke sini lagi, hati mu bakal bergumam demikian gaes. Hahaha

Agar waktu kamu ngga terbuang sia-sia selama di Jogja, berikut ini kami informasikan obyek wisata dekat bukit bintang Jogja :

1. Wisata Alam Pinus Pangger

Tempat wisata alam Pinus Pengger ini merupakan hutan pinus yang sangat cantik dan fotogenik. Lokasinya berada di Jl. Dlingo-Patuk,Pantirejo, Terong, Dlingo Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari Bukit bintang Jogja ke tempat ini sekitar 8 kilometer saja.

pinus pengger yogyakarta
pinus pengger berlokasi di tepi jalan via tempatasik.com

Jam operasional kawasan wisata ini mulai pukul 06.00 sampai pukul 00.00 wib.

Tiket masuk ke pinus pangger sebesar Rp. 3000 sudah termasuk asuransi.

Biaya parkir kendaraan di Pinus Pangger sepeda motor Rp2.000, Mobil dan Minibus Rp5.000, Bus sedang Rp15.000 dan bus besar Rp20.000.

2. Candi Ijo

Candi ijo ini merupakan candi dengan lokasi tertinggi yang ada di Jogjakarta, wisatawan biasanya datang ke sini menjelang sore karena ingin berburu sunset.

wisata dekat bukit bintang
Candi Ijo via tempatasik.com

Alamat Candi Ijo di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tiket masuk candi Ijo sangat murah, harganya hanya Rp5.000 per orang. Dan untuk parkir kendaraan motor harganya Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Jarak dari Bukit Bintang Jogja ke Candi Ijo sekitar 12 kilometer saja.

3. Candi Sambisari

Candi  Sambisari merupakan Candi Hindu dimana diperkirakan dibangun pada abad ke -9 oleh Pemerintah Rakai Gunung, yaitu seorang raja Mataram Hindu dari Dinasti Syailendra. Candi ini berada di bawah permukaan tanah sekitar 5 hingga 6 meter.

Lokasi candi ini berada disebuah desa yakni tepatnya di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogtakarta. Jarak dari Bukit Bintang Jogja Ke Candi Sambisari lebih kurang 15 kilometer.

Tiket masuk Candi Sambisari cukup murah yaitu hanya Rp3.000 per orang, sementara untuk harga parkir di candi Sambisari Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi yang sangat terkenal di kancah nasional bahkan internasional, candi ini merupakan destinasi wajib bagi Wisatawan jika pertama kali liburan ke Jogja.

Alamat Candi Prambanan berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, jaraknya sekitar 13 kilometer dari Bukit Bintang Jogja.

Tiket masuk ke candi Prambanan dibedakan jadi dua jenis yakni wisatawan lokal dan mancanegara. Untuk wisatawan lokal tiket masuk Rp. 40.000 per orang dan untuk mancanegara dikenakan 25USD.

Tiket parkir di Candi Prambanan untuk motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

5. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko seyogiyanya adalah sebuah komplek kerajaan atau Istana, sebagian ada yang menyebutnya Keraton Ratu Boko. Banyak Wisatawan tertarik ke tempat ini untuk mengejar sunset, karena sunset di tempat ini sangat indah.

Candi Ratu Boko lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan yakni di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket masuk Candi Ratu Boko cukup mahal, sama dengan tiket masuk candi Prambanan dan Candi Borobudur. Untuk wisatawan lokal tiket masuk Rp40.000 per orang dan untuk mancanegara dikenakan 25USD. Tiket parkir di Candi Prambanan untuk motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

6. Tebing breksi

Tebing Breksi sebenarnya bukan tempat wisata dulunya, awalnya tempat ini hanya sebuah tambang batu putih yang dikelola oleh warga, setelah ada penelitian bahwa batu yang ada di sini merupakan endapan gunung api purba, maka dijadikanlah tempat ini sebagai cagar budaya dan harus dilindungi keberadaannya.

BACA JUGA:  Serunya Jalan Jalan Ke Beberapa Sudut Wisata Yogyakarta

Tebing breksi kini menjelma menjadi tempat wisata terbaru dan pppuler di Yogyakarta. Lokasi tebing Breksi berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 12 kilometer dari Bukit Bintang Jogja

Tiket masuk wisata Tebing Breksi cukup bayar seikhlasnya saja, dan tiket parkirnya untuk motor Rp2.000, mobil Rp5.000 dan bus Rp10.000

7. Museum dirgantara Mandala

Bagi pecinta kedirgantaraan dan juga sejarahnya bisa berkunjung ke museum ini. Museum ini diresmikan pada 29 Juli 1978 sebagai Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Lokasinya berada di Komplek Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiono, Karang Janbe, Banguntapan,Bantul, DIY. Sekitar 15 kilometer jaraknya dari Bukit Bintang Jogja

Tiket masuk ke museum ini Rp4.000 untuk perorangan, jam operasional museum ini dibuka mulai pukul 08.00 wib hingga pukul 15.00 wib.

8. De Mata Trick Eye Museum Jogja

De Mata Trick Eye ini adalah sebuah tempat foto unik yang menampilkan objek-objek 3D sebagai daya tarik utamanya.

Kalian bisa mengekspresikan hasrat modeling kalian di tempat ini, lokasinya berada di XT Square, Gedung Umar Kayam, Lt Bassement Jl Veteran no 150-151, Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta.

Tiket masuk ke Museum De Mata ini Rp50.000 dan jam operasionalnya mulai pukul 10.00 siang hingga pukul 22.00 malam. Jarak dari Bukit Bintang Jogja ke museum De Mata sekitar 13 kilometer.

9. Puncak Pinus Becici

Pengen menikmati kesejukan lainnya yang dekat dari Bukit Bintang Jogja bisa berkunjung dulu ke Puncak Becici. Wisata alam ini memiliki lahan hutan pinus seluas 4 hektar dengan nuansa alamnya yang masih alami, sejuk dan segar karena belum tercemari polusi udara.

Alamat puncak pinus becici di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Muntuk, Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jaraknya hanya 9 kilometer dari Bukit Bintang Jogja

Harga tiket masuk Bukit Becici Jogja sangat murah, hanya Rp2.500 per orang, dan harga parkirnya tergolong jadi tiga, Rp2.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil dan Rp20.000 untuk bus.

10. Gembira Loka Zoo

Gembira Loka adalah kebun binatang populer yang ada di Yogyakarta, setiap harinya tempat ini ramai oleh pengunjung.

Lokasinya tepat berada di Jl. Kebun Raya No. 2, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, sekitar  13 kilometer jaraknya dari Bukit Bintang Jogja.

Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka pada saat weekday (senin-jumat) Rp25.000, saat weekend (sabtu-minggu) Rp30.000 dan saat peak/high season harga lebih mahal jadi Rp40.000. sementara harga tiket parkir Rp2.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil dan Rp10.000 untuk bus.

Hotel Dekat Bukit Bintang Jogja

Nah tadi udah kita bahas tempat wisata terdekat dari Bukit Bintang Jogja, sekarang kita lihat penginapan atau hotel yang cukup dekat dari sini.

View di Penginapan Bukit Indah Jogja via bukitindahjogja

Siapa tau pas mau pulang hujan lebat turun, jadi kamu bisa memutuskan untuk stay di penginapan terdekat dari bukit bintang.

Berdasarkan data yang kami himpun, ada 2 penginapan yang cukup terkenal di kawasan wista bukit bintang Jogja. Pertama Bukit Indah Resto dan Hotel yang kedua namanya Restaurant dan Hotel Bukit Bintang. Kedua penginapan ini menyajikan pemandangan apik dan juga menu yang lezat.

Video

Jika ingin melihat video suasana di sana, silakan tonton jalan-jalan Travel Vlog dari F Story Channel di bawah ini.

Tips Berkunjung ke Bukit Bintang Jogja

Berikut tips jika kalian ingin berkunjung ke Bukit Bintang Jogja :

  1. Pastikan kendaraan yang kalian gunakan dalam keadaan sehat dan fit terutama pada bagian pengereman dan juga lampu. Ini sangat penting karena jalan menuju bukit bintang menanjak. Dan pastikan juga kondisi badan kamu fit ya. Mending ditunda dulu berangkatnya kalau kamu lagi kurang enak badan.
  2. Jika ingin mengejar sunset dari bukit bintang, berangkatlah sekitar pukul 16.00, karena waktu maghrib di Jogja itu sekitar pukul 17.30 sore.
  3. Bikin schedule perjalanan kamu sebaik mungkin agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia saat berlibur di Jogja, sebelum ke bukit bintang kalian bisa berkunjung ke bukit becici terlebih dahulu, atau ke Candi Prambanan juga boleh. Nanti menghabiskan waktu malamnya di sini.
  4. Siapkan kamera yang bagus dipakai pada malam hari, supaya moment bahagia kamu ngga sia-sia dan bisa diabadikan lewat foto.
  5. Jangan lupa siapkan jaket yang cukup tebal, karena dibukit bintang ini udaranya cukup sejuk. Apalagi kalau kalian berkunjung ke Jogja dimusim kemarau (antara Juni-September) udara di Jogja lebih dingin daripada hari-hari biasanya.

Oke gaes, itu tadi informasi yang perlu kalian ketahui mengenai Bukit Bintang Jogja. Untuk kalian yang sudah pernah ke sini, yuk sharing pengalamannya dan tuliskan di kolom komentar artikel ini.

Berbagi itu bikin happy

4.7
15

Tinggalkan Balasan