Goa Pindul

Goa pindul dikenal sebagai tempat wisata susur sungai di dalam goa dengan keindahan yang tersebunyi di dalamnya. Wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai petualangan dan keindahan alam, terutama di daerah Yogyakarta.

Jogja memang dikenal sebagai Kota Wisata dengan keragaman jenis wisata, ada yang menyebutkan bahwa Jogja merupakan Kota Wisata terbaik ke 2 setelah Pulau Dewata Bali.

Hingga tahun 2009 wisata yang terkenal di Jogja masih seputaran candi, alun – alun, Kraton, Jalan Malioboro, Tugu, Gudeg dan tentunya wisata pendidikan dan sejarah.

Pada 2010 ada sekelompok masyarakat yang berasal dari Desa Bejiharjo mulai merintis dan memperkenalkan tempat wisata baru dengan sensasi yang berbeda yaitu Goa Pindul.

Perkembangan wisata Goa Pindul terbilang sangat pesat jika dilihat dari peningkatan wisatawan yang datang kesana, bahkan jika dihari libur rasanya sulit sekali mencari tempat lega karena padatnya pengunjung.

Goa Pindul kini menjelma menjadi sebuah tempat wisata tergolong baru namun sangat hits dan banyak difavoritkan wisatawan, bahkan menjadi salah satu menu wajib ketika liburan ke Jogja.

Sejarah Goa Pindul Jadi Tempat Wisata

goa pindul
Sumber: @guapindul.id

Jika kita search di internet mengenai sejarah terbentuknya tempat wisata ini, akan kita temukan beberapa cerita mengapa Goa Pindul ini bisa menjadi sebuah tempat wisata.

Dari salah satu pengelola wisata menyebutkan Goa Pindul memang dari dulu sudah dikenal oleh masyarakat setempat,   dulunya hanya dijadikan tempat pembuangan sampah saja.

Adalah Pak Subagyo seorang Ketua Desa Wisata Bejiharjo pada 2010 yang mempelopori pembentukan tempat ini sebagai destinasi wisata, mereka mulai melakukan aksinya dengan cara membersihkan lokasi wisata dari sampah yang ada.

Tak cuma membersihkan, Pak Subagyo Cs pun melakukan komunikasi kepada para sesepuh desa, membuat ritual, hingga pemberdayaan masyarakat setempat.

Namun ada kisah lain yang menceritakan bahwa sebelumnya Goa Pindul ini hanya dijadikan masyarakat setempat sebagai tempat mandi, mencuci dan kegiatan biasa lainnya.

Hingga pada 2010, alih fungsi tempat ini menjadi sebuah tempat wisata berawal dari kelompok KKN UGM yang melakukan penelitian bebatuan serta ke dalaman air Goa Pindul.

Pada saat menyusuri goa ada salah seorang peserta KKN terpukau melihat keindahannya dan muncul gagasan untuk menjadikan Goa ini sebagai tempat wisata.

Gagasan tersebut dilanjutkan dengan melakukan penelitian lanjutan terkait keamanan dan juga kelayakan sebagai tempat wisata.

Dari 2 versi cerita yang sangat jauh berbeda di atas, ada kesamaan bahwa Goa Pindul mulai dikenal sebagai tempat wisata adalah sejak tahun 2010.

Sejak saat itu Goa ini menjadi tempat wisata primadona dan setiap harinya ramai oleh pengunjung, terutama bila akhir pekan.

Goa Pindul Bagian dari Desa Wisata Bejiharjo

sejarah goa pindul
Sumber: @goapindul

Desa Wisata Bejiharjo semakin dikenal secara nasional maupun internasional tak lepas dari nama besar Goa Pindul itu sendiri.

Tempat ini sebenarnya merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Bejiharjo, Gunungkidul.

Jenis wisata yang ada di Desa Bejiharjo ini terbagi menjadi 3 yaitu wisata edukasi, wisata budaya dan juga wisata alam.

Goa Pindul termasuk dalam wisata alam yang ada di Desa Bejiharjo, selain Goa ada aktifitas dan wisata alam lain seperti Tubing Sungai Oya, Offroad Sungai Oya, Susur Goa Gelatik dan tentunya yang fenomenal cave tubingnya itu sendiri.

Lokasi Goa Pindul

Lokasi Goa Pindul berada di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute yang akan ditempuh ke sini dari Kota Yogyakarta sekitar 49 kilometer, waktu tempuh dengan kendaraan bermotor hampir 2 jam perjalanan.

Rute Menuju Goa Pindul

  • Dengan Kendaraan Pribadi

Jika kamu berangkat dari Kota Jogja, rute yang harus kamu tuju pertama adalah Jalan Wonosari – lalu dilanjutkan ke arah Bukit Bintang Jogja – kemudian jalan lagi hingga tiba di Kota Wonosari Gunung Kidul.

Setiba di Kota Wonosari cari perempatan Siyono yang ditengahnya terdapat bundaran yang ada air mancur ditengahnya.

Dari perempatan teresbut kamu belok ke kiri dan jalan menuju arah Desa Bejiharjo. Setiba di desa tersebut jika masih bingung, jangan sungkan untuk bertanya.

Biasanya ketika memasuki Desa Bejiharsjo akan banyak warga ditepian jalan yang menawarkan jasa wisata Goa Pindul. Kalian bisa memanfaatkan jasa mereka atau ikuti saran terbaik kami yang ada dibagian saran dibawah.

  • Dengan Kendaraan Umum

Dari Jogja naik bus atau TransJogja – Terminal Giwangan – naik Bus Jogja Wonosari – sampaikan ke kondektur atau pak supir turun di Perempatan Grogol – dari perempatan Grogol naik ojek ke sekretariat Goa Pindul

Catatan penting : naik ojek bisa pulang dan pergi (PP) ya, janjian saja dengan tukang ojeknya. Setelah selesai beraktifitas akan diantar lagi ke bundaran Siyono untuk cari bus kembali ke Jogja. Ongkos ojek sekitar Rp. 30.000

BACA JUGA:  Pantai Parangtritis, Tempat Wisata Romantis dengan Ragam Kisah Mistis

Zona di Goa Pindul

Perlu diketahui bahwa di Goa Pindul itu dibagi kepada 3 zona, yakni zona terang, zona remang dan juga zona gelap abadi.

Setidaknya pembagian zona ini untuk memudahkan kita sebagai pengunjung dan pengetahuan ini diperlukan agar nantinya kita tidak kaget ketika sedang berada di dalam goa.

Berikut ini kami jelaskan secara singkat mengenai 3 zona tersebut :

  • Zona Terang

zona terang
Sumber: @goapindul

Zona terang adalah pintu gerbang dari goa ini, posisinya berada di mulut gua dan merupakan pintu masuk utama ke dalam goa.

Di zona terang ini terdapat batu stalagtit dan juga batu stalagmit yang indah yang bisa kita lihat secara langsung karena disini cahaya matahari masih jelas menerangi.

Kita juga dapat melihat secara langsung segerombolan kelewalar yang sedang istirahat bergelantungan di bagian atas Goa Pindul.

  • Zona Remang

zona remang goa pindul
Sumber: @guapindul.id

Setelah memasuki zona pertama maka kita akan bertemu dengan zona remang, di sini cahaya mulai redup dan cenderung gelap, untuk melihat keindahan Goa Pindul harus menggunakan lampu senter.

Pada zona remang ini terdapat batu stalagmit perkasa dan juga batu stalagtit mutiara. Di zona ini diperkirakan ada batu stalagmit yang masih mengalami proses pertumbuhan, sehingga pengunjung dilarang untuk menyentuhnya.

  • Zona Gelap

zona gelap
Sumber: @guapindul.id

Di zona ketiga adalah zona gelap, di zona ini kita tidak akan bisa melihat apapun jika tanpa bantuan cahaya senter.

Saat menyusuri zona ini pengunjung akan dibawa menyusuri zona paling sempit yang ada di Goa Pindul, zona sempit ini disebut dengan “Soko Guru”

Soko Guru berasal dari Bahasa Jawa kuno yang terdiri dari 2 kata yakni Soko dan Guru. Soko memiliki arti tiang penyangga dan Guru memiliki arti bukit.

Dengan kata lain Soko Guru adalah tiang penyangga kedua bukit yang ada diatasnya. Di area Soko Guru ini terdapat batu stalaktit dengan ukuran lima rentangan tangan orang dewasa atau panjang sekitar 7 meter.

Stalaktit ini merupakan yang terbesar di Goa Pindul, beberapa stalaktit lainnya yang ada di sini antara lain stalaktit Jantan, Stalaktit Puting, Stalaktit Gong, dan Stalaktit Tirai.

Banyak cerita mitos yang menyertai zona – zona ini, tapi mitos tersebut tidak kami tuliskan di artikel ini karena yang namanya mitos sudah pasti tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Daya Tarik Goa Pindul

Mungkin orang – orang yang belum pernah berkunjung ke tempat ini bertanya, apa sih yang menarik dari Goa Pindul?

Selera orang memang relatif berbeda, ada yang gemar dengan wisata alam, ada pula yang hanya gemar berwisata dengan cara belanja di pasar ataupun Mall.

Untuk menggambarkan bagaimana sebenarnya daya tarik Goa Pinul, mungkin kami bisa memaparkan sedikit keseruan yang ada di Goa Pindul.

  • Sensasi Cave Tubing Goa Pindul

cave tubing
Sumber: @goapindu

Tidak semua Goa yang ada di Indonesia memiliki sungai di dalamnya, jika ada tidak semua dari sungat tersebut disusuri hingga ujung goa.

Di sini kamu bisa berbasah – basahan di sungai dengan kesegaran airnya, menyusuri sungai dalam goa dengan menggunakan ban dan alat keselamatan lainnya.

Ketika berada di goa vertikal, kamu bisa berenang dan melompat dari atas batu bersama teman – teman.

Tentunya keseruan tersebut tidak akan pernah kita temukan sensasinya ditempat lain, karena spot seperti ini hanya ada di Goa Pindul.

  • Melihat Kelelawar dan Batu Stalagmit

Mungkin kita pernah melihat kawanan kelelawar memasuki area rumah, tapi pernahkah kita melihat kawanan kelelawar tersebut sedang istirahat dan bergantungan di Goa seperti pada film Batman?

Selain melihat kelewar didalam Goa Pindul, kita juga bisa menyaksikan secara langsung batuan stalagmit yang berada di dasar sungai yang terbentuk dari tetesan zat batuan stalaktit.

Fenomena ini sangat sulit dijumpai jika kita bukan seorang yang aktif di kegiatan pecinta alam.

  • Stalaktit Batu Tirai Goa Pindul

Sumber: @goapindul

Ada yang menarik di sini, yaitu pada stalaktit batu tirainya. Berbeda dengan stalaktit pada umumnya yang pertumbuhannya justru meruncing dari atas kebawah, stalaktit batu tirai ini justru melebar sehingga berbentuk seperti lipatan kain gordyn.

  • Stalaktit Gong

Salah satu batu stalaktit yang ada di Goa Pindul adalah stalaktit Gong atau batu gamelan. Disebut demikian karena ketika kamu memukul batu ini maka akan mengeluarkan suara gamelan Jawa seperti Gong.

  • Goa Vertikal (The Hidden Paradise Of Jogja Goa Pindul)

goa vertikal
Sumber: @goapindul

Satu spot menarik di sini yang mungkin tidak di goa lainnya adalah Goa Vertikal, atau masyarakat sektiar menyebutnya dengan sumur terbalik.

Disini pengunjung di izinkan untuk berenang ataupun menikmati suasana goa dengan duduk diatas batu.

Jika pada siang hari, dari mulut goa yang persis diatas sungai ini akan terpancar sinar matahari, lokasi ini sering dijadikan tempat latihan Tim SAR.

Banyak keseruan lainnya yang mungkin bagi setiap orang punya cerita sendiri, jika ingin merasakan sensasi tersebut kamu bisa memasukkan Goa Pindul kedalam menu wisata berikutnya.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul dan Jam Buka

tiket masuk goa pindul
Sumber: @goapindul

Ada beberapa jenis biaya yang harus dikeluarkan jika ingin menikmati wisata Goa Pindul, seperti biaya retribusi, parkir dan juga tentunya harga paket wisata seperti cave tubing dan juga body rafting.

  • Biaya Retribusi

Harga tiket retribusi masuk ke kawasan wisata Goa Pindul Rp10.000 per orang.

  • Biaya Parkir

Biaya parkir wisata Goa Pindul sepeda motor Rp. 2.000, Mobil Rp5.000, Minibus Rp10.000, Big Bus Rp15.000

  • Jam Buka Goa Pindul

Jam buka Goa Pindul sebenarnya dimulai pukul 6.30 pagi – 17.00 sore, namun jika kamu datang lebih pagi lagi karena menghindari kemacetan dan juga membludaknya pengunjung, operator Goa Pindul akan tetap melayani.

Harga Paket Wisata Goa Pindul

Jika kita cek di google, ada beberapa penyedia jasa atau operator resmi wisata Goa Pindul, dan masing – masing memiliki paket penjualan yang berbeda – beda.

Harga yang kami informasikan berikut ini merupakan harga paket wisata plus makan yang ditawarkan oleh beberapa operator resmi di sini:

NoJenis PaketHargaObyek Wisata
1Paket Bakso PindulRp. 100.000 / orgCave Tubing Pindul + River Tubing Sungai Oya

(Include : Bakso+Air Mineral+Wedang Pindul)

2Paket Flying FoxRp. 110.000 / orgCave Tubing Pindul + River Tubing Sungai Oya + Fling Fox

(Include : Mie Rebus+Air Mineral+Wedang Pindul)

3Paket Goa BaruRp. 120.000 / orgCave Tubing Pindul + River Tubing Sungai Oya + Goa Crystal

(Include : Mie Rebus+Air Mineral+Wedang Pindul)

4Paket Favorit*harga menyesuaikan dengan paket kuliner prasmananCave Tubing Pindul + River Tubing Sungai Oya

(Include Paket Kuliner dan Outbound)

Paket wisata diatas sudah termasuk juga fasilitas : pemandu lokal, jaket pelampung, ban tubing, sepatu karet, transportasi obyek pajero, asuransi, wedang pindul dan free wifi disekitar lingkungan wirawisata Goa Pindul.

Selain paket wisata Goa Pindul diatas, kamu juga bisa memesan paket wisata lainnya, seperti cave tubing saja, atau river tubing saja, tergantung selera.

Berikut ini harga rata – rata wisata yang paling banyak muncul di pencarian google :

  1. Paket Cave Tubing Goa Pindul Rp. 40.000 per orang
  2. Paket River Tubing Sungai Oyo Rp. 50.000 per orang
  3. Paket Susur Goa Gelatik Rp. 30.000 per orang
  4. Paket Susur Goa Baru Rp. 35.000 per orang
  5. Paket Susur Goa Sriti Rp. 35.000 per orang

Harga paket diatas juga sudah termasuk: pemandu lokal, jaket pelampung, ban tubing, sepatu karet, transportasi dan juga asuransi.

Untuk pemesanan paket – paket tersebut bisa langsung melalui operator – operator resmi Wirawisata Goa Pinul yang mudah ditemukan di pencarian google.

Fasilitas Penunjang Goa Pindul

Selain fasilitas seperti jaket pelampung, helm pengaman, asuransi dan lain – lain yang sifatnya wajib ketika berwisata di Goa Pindul, ada fasilitas penunjang lainnya yang juga sudah disediakan.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya :

  • Tempat Penitipan Barang

Tempat penitipan barang lokasinya ada di Pendopo Sadewa, kamu bisa menitipkan barang bawaan kamu dengan aman disini. Tidak perlu khawatir, karena akan dijaga dengan penuh kasih sayang.

  • Armada Penjemputan

Di sini armada penjemputan nya disebut dengan Pajero Pindul, tapi jangan salah sangka, yang digunakan bukan mobil Pajero beneran, melainkan mobil dengan bak terbuka.

Pajero Pindul ada sekitar 15 unit yang siap menjemput dan mengantarkan kamu ketika berada di Obyek wisata. Atau dari parkiran menuju obyek wisata dan sebaliknya.

Penggunaan armada penjemputan Pajero Pindul tidak dikenakan biaya lagi, karena sudah termasuk dalam harga paket wisata Goa Pindul

  • Office Wirawisata dan Loket

Jika kamu datang tapi belum melakukan booking terlebih dahulu, tidak usah khawatir. Di Wirawisata Goa Pindul juga tersedia loket penjualan paket wisata, kamu bisa pesan paketnya On The Spot.

Bagi Biro Wisata atau Travel Agent yang sebelumnya sudah booking paket wisata bisa  melakukan transaksi di ruang office yang sudah disediakan.

  • Griya Dahar

Griya Dahar adalah bangunan yang terletak dibelakang loket pembelian tiket dan office. Griya Dahar ini difungsikan sebagai tempat isitrahat dan juga tempat makan prasmanan.

  • Pendopo Wayang

Di Griya Dahar terdapat pendopo yang bisa menampung hingga 1500 orang. Pendopo ini dapat digunakan sebagai tempat kegiatan seperti meeting ataupun gathering.

  • Panggung

Terdapat panggung di Griya Dahar yang bisa digunakan untuk kegiatan seni pertunjukan.

  • Musholla

Di Wirawisata juga sudah tersedia Musholla yang lokasinya disekitar Griya Dahar. Bisa dimanfaatkan oleh siapapun yang ingin beribadah.

  • Tempat Bermain Anak

Masih di sekitar Griya Dahar, terdapat tempat bermain anak untuk menghindari rasa bosan anak. Tidak perlu khawatir anak stres kalau sudah di Goa Pindul

  • Kamar Mandi

Ada sekitar 35 unit kamar mandi yang ada di sekitar Wirawisata Goa Pindul, tersebar di beberapa titik dengan air bersih dan juga selalu terawat.

  • Pendopo Sadewa

Pendopo Sadewa digunakan sebagai tempat transit sebelum menuju lokasi tempat wisata. Disini kamu bisa menikmati sajian wedang pindul secara gratis.

  • Ruang Ganti Pakaian

Ruang ganti pakaian lokasinya berada di ruang transit Pendopo Sadewa, bisa digunakan untuk ganti pakaian basah disini.

  • Area Parkir

Area parkir di sini sangat luas, mampu menampung 30 unit bis dan 50 unit mobil. Khusus motor parkirnya disediakan didalam ruangan.

  • Halaman Wirawisata

Terdapat halaman yang juga lumayan luas, halaman ini bisa digunakan untuk briefing sebelum berkegiatan dan juga tempat untuk foto bersama.

  • Area Outbound

Area Outbound berada di sekitar Griya Dahar, area ini bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang memesan paket wisata Goa Pindul + outbound.

  • Wifi / Hotspot

Di sekitar Wirawisata kamu bisa menggunakan fasilitas wifi secara gratis.

Tempat Wisata di Sekitar Goa Pindul

Jika mau menghabiskan waktu seharian di wilayah Gunung Kidul untuk berwista, maka kamu perlu tahu tempat wisata terdekat lainnya.

Nah berikut ini kami informasikan tempat wisata terdekat yang bisa kamu kunjungi setelah puas menyusuri goa.

  • Pantai

Sekitar 30 kilometer dari kawasan wisata Goa Pindul banyak wisata pantai cantik yang berada di Selatan Jogja ini.

Beberapa pantai cantik tersebut yang dapat kamu kunjungi diantaranya Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Pok Tunggal, Pantai Sadranan, Pantai Jogan, Pantai Wediombo, Pantai Watu Lumbung.

Kamu dapat menggunakan google map untuk menuju lokasi pantai – pantai tersebut, atau bisa bertanya terlebih dahulu di bagian informasi yang ada di Goa Pindul.

  • Wisata Goa Asri Seropan

Jika kamu pecinta wisata alam seperti goa, tak jauh dari Goa Pindul ada tempat wisata berupa goa lainnya bernama Goa Asri atau dikenal dengan Goa Asri Seropan

Jaraknya sekitar 3.5 kilometer dari Goa Pindul, dan di sini kamu dapat melihat keindahan stalaknit dan stalagmit.

  • Air Terjun Pengantin

Masih dekat dengan Goa Pindul ada sebuah air terjun yang namanya mirip dengan judul film horor Indonesia yakni Air Terjun Pengantin.

Walaupun judul dan nama sama tapi ternyata tidak ada hubungan antara keduanya, jadi jangan dikait – kaitkan dengan hal aneh yaa.

Lokasinya sejalur dengan sungai Oyo, jika kamu ambil paket Goa Pindul dan River Tubing sungai Oyo, maka kamu juga akan melewati air terjun ini.

  • Tegalarum Adventure Park

Sekitar 4 kilometer dari Goa Pindul ada sebuah tempat wisata bernama Tegalarum Adventure Park. Sebuah kawasan wisata alam yang dapat digunakan untuk outbound dan kegiatan seru lainnya.

Selain outbound disini kita bisa bermain flying fox, wahana bermain keluarga, river tubing, body rafting, bermain trail dan ATV dan menikmati keindahan alamnya.

Lokasinya berada di Desa Wisata Sidorejo, Karangtengah, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

  • Wisata Goa Pari

Masih di Karangtengah Kecamatan Wonosari sekitar 8 kilometer dari Goa Pindul ada sebuah goa lagi bernama Goa Pari.

Goa pari ini juga ramai dikunjungin wisatawan baik hari biasa maupun hari libur. Disini kamu dapat melihat arca – arca peninggalan zaman Belanda.

  • Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten ini adalah embung yang berada di dataran tertinggi di Yogyakarta, dari sini kamu bisa melihat keindahan alam yang luar biasa.

Lokasinya berada di Bukit Sumilir, Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari Goa Pindul

  • Gunung Ireng Srumbung

Salah satu tempat wisata yang berada di Gunung Kidul adalah Gunung Ireng. Lokasinya berada di Ngrancahan, Pengok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Sekitar 22 kilometer dari Goa Pindul.

Dari gunung Ireng ini kamu bisa melihat sunses maupun sunrise dengan begitu jelasnya. Disini juga pondokan yang bisa digunaka untuk menikmati kesegaran udara disekitar Gunung Ireng.

  • Air Terjun Sri Gethuk

Salah satu wisata alam yang ada di sekitar Gunung Kidul dan Goa Pindul yang harus kalian kunjungi adalah Air Terjun Sri Gethuk.

Lokasinya berada di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul. Disini kamu bisa menikmati segarnya air dan juga indahnya alam.

  • Kalisuci Cave Tubing

Kalisuci Cave Tubing adalah aktifitas susur goa menggunakan ban yang pertama di Indonesia, bahkan sudah lama ada sebelum Goa ini mendunia.

Lokasinya berada di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, jaraknya sekitar 13 kilomter dari Goa Pindul.

  • Goa Jomblang

Masih berada di Desa Pacarejo, ada sebuah Goa yang sangat dicintai para pecinta alam, yaitu Goa Jomblang. Sebuah goa vertikal yang ada di Gunung Kidul.

Untuk memasuki goa harus menggunakan tali yang biasa digunukan untuk panjat tebing, kamu yang hobi panjat tebing pasti suka dengan Goa Jomblang ini.

Lokasinya berada satu desa dengan Kalisuci, jaraknya sekitar 13 kilomter dari Goa Pindul.

Penginapan Terdekat dari Goa Pindul

Jika kamu ingin menghabiskan waktu untuk menikmati semua tempat wisata yang ada di Gunung Kidul, ada beberapa penginapan yang terbilang dekat dan tempat wisata lainnya yang ada di Gunung Kidul.

Berikut ini hotel atau penginapan terdekat yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menginap di Kabupaten Gunung Kidul.

  • Alzara Hotel (Jarak 8.3 Km)

Alamat Alzara Hotel berada Dusun Bansari RT 02 RW 04, Kelurahan Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telp. (0274)2910234

  • Griya Limasan Hotel (Jarak 7 Km)

Alamat Griya Limasan Hotel di Jalan Kecubung, Pandansari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Telp. 0819-1549-6777

  • The New Orlinds Guest House (Jarak 1.5 Km)

Alamat The New Orlinds Guest House berada di Jalan Goa Pindul, Pos – 2, Gunungbang, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telp. 0813-2807-7444

  • Hotel Cyka Raya (Jarak 9.6 Km)

alamat Hotel Cyka Raya berada di Jalan KRT Judodiningrat, Seneng, Siraman, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telp. (0274) 392030

  • Calida Hotel (Jarak 8.4 Km)

Alamat Calida Hotel berada di Jalan K.H Agus Salim No. 7, Kepek I, Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Telp. (0274) 391152

  • Omah Kemala (Jarak 3.1 Km)

Alamat Omah Kemala berada di Ngringin, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telp. 08112-1847-9959

  • BeGe Homestay (Jarak 8.8 Km)

Alamat BeGe Homestay berada di Jalan Dewandaru/Jalan Madusari No 55, Madusari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telp. (0274) 2910051

  • Tanjung Inn (Jarak 7.8 Km)

Alamat Tanjung Inn berada di Jalan Tj. No. 3, Purbosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telp. 0877-3823-7474

  • Wisma Ganesha (Jarak 6.8 Km)

Alamat Wisma Ganesha berada di Jalan Kolonel Sugiyono No. 16, Purbosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

  • Motel Padmahyasa (Jarak 7.5 Km)

Alamat Motel Padmahyasa berada di Jalan Ringinsari No. 33, Kidul Pasar, Ringinsari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telp. (0274)391878

Tempat Makan di Sekitar Goa Pindul

Jika kamu tidak membawa perbekalan ke sini maka kamu tidak perlu khawatir, karena di area wirawisata banyak penjual makanan dengan ragam jenis menu.

Bahkan kamu bisa memesan paket prasmanan ke operator jika khawatir tidak kebagian makanan.

Di sekitar Goa Pindul juga banyak warung makanan yang bisa dijumpai seperti warung Bakmi, Bakso, Rumah Makan Karinda yang berjarak 2 kilometer, ada juga Srikoyo Homestay yang menyediakan resto sekaligus penginapan.

Tips Jika Ingin Berwisata di Goa Pindul

Jika kamu ingin berlibur ke sini maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum berangkat.

Tujuannya agar kamu tidak kecewa dan liburan menjadi ganteng maksimal. Berikut ini tips jika ingin berwisata ke Goa Pindul Jogja.

  1. Pesanlah paket wisata beberapa hari sebelum keberangkatan, kamu tidak harus ikut group tour dari travel agent, karena beli paket wisata sendiri juga bisa. Silakan cari di google, banyak operator resmi yang menawarkan jasanya melalui online.
  2. Berangkat ke sini sebaiknya dipagi hari, agar kamu bisa menikmati susur goa dengan maksimal, karena antara jam 10 hingga jam 12 adalah waktu terbaik untuk susur Goa Pindul.
  3. Pelajari terlebih dahulu wisata – wisata terdekat, jadi setelah puas di sinil kamu bisa liburan ke tempat wisata lainnya.
  4. Jika berangkat dengan kendaraan pribadi, perhatikan kesehatan kendaraannya, karena rutenya naik turun.
  5. Hindari calo – calon yang menjual paket wisata, jika kamu datang sebelum beli paket, belilah paket wisata langsung di kantor resminya yang berada di kawasan wisata Goa Pindul.
  6. Disarankan berlibur ke sini pada saat low season, hindari hari – hari libur apalagi hari besar, karena pada saat high season sangat ramai oleh pengunjung.
  7. Jagalah kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan. Bersih itu indah, bersih itu sebagian dari Iman.

Oke travelers, segitu dulu artikel tentang wisata Goa Pindul Jogja. Jika kamu punya cerita menarik saat berwisata di sini, silakan ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar ya, jangan lupa login dulu.

Sampai ketemu di artikel berikutnya, salam satu bumi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *