Gedong Pass Semarang, Wisata Baru dengan Spot yang Hits

Gedong Pass adalah salah satu wisata baru yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Tempat wisata ini mulai hits sekitar bulan Juni 2017 lalu dan semakin banyak dikunjungi para wisatawan.

Selain tempat wisata terbaru di Jogja yang sedang ngehits, Anda juga bisa menjumpai spot selfie kekinian disini berupa deck perahu terbuat dari bambu ukuran besar yang berada di tepi bukit. Anda bisa berfoto disini bagaikan sedang berlayar di udara sambil melihat pemandangan alam yang indah dari ketinggian.

gedong pass
g-pass via @ekafitri95

Selain Lawang Sewu yang menjadi tujuan berlibur para wisatawan saat di Semarang, tidak ada salahnya jika Anda mencoba berlibur ke tempat baru dengan nuansa ala pegunungan seperti yang ada di Coban Rais Malang ataupun Kalibiru Jogja.

Mau tau seperti apa tempatnya, Tempat Asik akan mengulas lengkap disini.

Lokasi Gedong Pass (G-Pass)

lokasi gedong pass
Lokasi G-Pass via @defry_anggara

Sesuai namanya, lokasi wisata baru ini berada di Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dusun ini merupakan Dusun tertinggi yang berada di lereng Gunung Merbabu. Dari pusat kota Semarang berjarak sekitar 40 km atau bisa ditempuh sekitar 45 menit – 1 jam perjalanan tergantung laju kecepatan kendaraan.

Rute

Rute Gedong Pass (G-Pass) ini cukup mudah. Anda bisa searching di Google Map atau bisa melewati jalur dibawah ini :

  • Dari arah Solo – Boyolali : rute melalui Jalan Solo – Semarang arah Salatiga, sampai di pertigaan Patemon setelah Polsek Tengaran, belok kiri dan ikuti jalan utama hingga sampai di Jl.Pertapaan Gedono. Lalu ke kiri melewati Pasar Kembangarum, naik terus sampai di Dusun Gedong.
  • Dari arah Salatiga : rute melalui JLS (Jalan Lingkar Salatiga) menuju arah Getasan. Sampai perempatan Koramil Getasan (kanan arah Kopeng, kiri arah Goa Maria), lurus hingga ada pertigaan ambil lurus menuju Dusun Ngelo – Ngaduman. Ikuti jalan utama hingga sampai di Dusun Gedong dan ikuti petunjuk jalan selanjutnya.
  • Dari arah Semarang : rute melalui Jalan Solo – Semarang arah JLS (Jalan Lingkar Salatiga), lalu belok kanan dan putar balik. Kemudian naik melewati Salib Putih mengarah ke daerah Getasan. Sampai di perempatan Koramil Getasan, lurus. Setelah sampai di pertigaan lurus saja menuju Dusun Ngelo – Ngaduman, hingga sampai Dusun Gedong.
  • Dari arah Magelang : rute ikuti Jalan Magelang – Salatiga. Setelah sampai di wisata Kopeng, ikuti jalan menuju Kopeng Treetop. Setelah sampai di pertigaan kedua ambil kanan dan ikuti arah menuju Dusun Gedong.
BACA JUGA:  Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang, Tempat Asik dengan Fasilitas Lengkap
rute gedong pass
Rute ke lokasi via @fidon_fidon

Akses jalan ke lokasi cukup menanjak seperti rute menuju Grojogan Watu Jonggol dan Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo, sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi kendaraan Anda sebelum berangkat.

Jika di perjalanan merasa bingung arah, Anda bisa bertanya kepada penduduk sekitar yang terkenal dengan keramahannya. Bila merasa bingung dengan rute perjalanannya, Anda bisa mengajak teman yang berasal dari Semarang untuk mempermudah sampai ke lokasi.

Harga Tiket Masuk

spot foto g pass
Spot foto unik via @oshima_ts3087

Harga tiket masuk Gedong Pass ini sementara belum ada biaya retribusi/gratis, pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Untuk sepeda motor Rp 2.000,-/unit.

Tempat ini buka setiap hari dari pagi sampai sore hari. Anda bisa sewaktu-waktu datang kesini tanpa menunggu musim liburan datang. Biasanya saat akhir pekan/weekend, tempat ini ramai dikunjungi para wisatawan.

Catatan : harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Daya Tarik

Tempat wisata ini juga dikenal dengan nama G-Pass. Selain berfoto dengan spot perahu di ketinggian, Anda juga akan menemukan spot gardu pandang menara bertingkat seperti yang ada di Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang. Nah, disini Anda bisa berfoto seru di spot unik dengan latar pemandangan 6 gunung kecil serta Rawa Pening dari kejauhan.

Daya tarik G-Pass hampir sama mirip dengan wisata di Curug Ciherang Bogor. Selain bisa menikmati spot foto unik, Anda bisa sekaligus menikmati keindahan tiga air terjun di sekitar lokasi yang berada diantara lembah. Segarnya air terjun yang alami dan berudara sejuk, tempat ini cocok bagi Anda yang ingin melepas rasa jenuh.

gedong pass
Gardu pandang Gedong Pass via @renny_u

Air terjun paling atas mempunyai 3 tingkat air terjun dan masing-masing berketinggian sekitar 10 – 15 meter. Di sekitar lokasi air terjun ini ditumbuhi banyak jenis pohon hutan dan masih alami.

BACA JUGA:  De Ranch Lembang, Wisata Unik dan Seru di Bandung

Air terjun berikutnya adalah air terjun yang hanya memiliki 1 tingkat, berjarak sekitar 200 meter dari air terjun paling atas. Air terjun paling bawah juga memiliki pemandangan alam yang masih alami dan sejuk.

Karena lokasi wisata ini berada di ketinggian sekitar 1700 m diatas permukaan laut, udara disini sejuk dan cukup dingin seperti di Gunung Andong. Ada baiknya Anda membawa jaket atau baju hangat. Bagi Anda pecinta fotografi, tempat ini bisa menjadi lokasi yang cocok untuk berburu foto terutama saat kabut tipis mengelilingi sekitar lokasi saat menjelang fajar tiba seperti di Umbul Sidomukti.

Selain itu, tempat ini juga menjadi lokasi alternatif untuk menikmati pemandangan sunset maupun sunrise saat cuaca cerah seperti di Tebing Breksi Jogja.

Fasilitas

Fasilitas di lokasi wisata gardu pandang G-Pass ini sudah cukup memadai seperti area parkir yang cukup luas, tempat ibadah, toilet, tempat sampah, warung makan dan spot foto.

Bagi Anda ataupun teman Anda yang penasaran dengan gardu pandang Gedong Pass ini, segera agendakan berlibur kesini bersama orang tersayang. Jangan lupa siapkan kamera atau smartphone Anda untuk berfoto.

Selamat berlibur dan selamat berakhir pekan, salam piknik. 😀