Musim Panas Pasangan Kamu Pengen ke Pantai? Ademin Aja ke Pantai Goa Cemara Ala Pegunungan Satu Ini

Pantai Goa Cemara bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu liburan. Musim panas takut kulit jadi hitam karena terik matahari? Apalagi kalau diajak pasangan ke pantai, mikir-mikir dulu pastinya. Tapi tenang, pantai yang satu ini dijamin bisa bikin kalian adem dan bisa menikmati keindahan pantai tanpa berpanas-panasan.

Nama pantai ini memang sedikit unik, kebanyakan orang yang belum pernah kesini mungkin mengira di sekitar pantai ada goanya. Namun tidak seperti itu, di tempat ini ada banyak sekali pohon cemara yang tumbuh di utara pantai/sebelum ke bibir pantai. Karena banyaknya pohon yang tumbuh, suasana di Pantai Goa Cemara menjadi teduh dan rindang maka dianggap seperti goa cemara.

pantai goa cemara
Rindangnya pohon cemara, pas untuk ngadem bareng keluarga

Kota Jogja memang banyak sekali tempat wisata terutama wisata pantai, mumpung cuaca cerah kami berencana weekend ke salah satu pantai di kota ini yang tak pernah sepi oleh para pengunjung.
Ada dimana sih pantai ala pegunungan ini? dan seperti apa tempatnya? Bagi yang penasaran dan belum pernah ke pantai ini, yuk ikuti penelusuran jejak petualangan tim Tempat Asik kali ini.

Lokasi dan Tarif Masuk Pantai Goa Cemara

Lokasi Pantai Goa Cemara berada di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Terletak di antara Pantai Samas dan Pantai Pandansari. Dari kota Jogja sekitar 1 sampai 1,5 jam perjalanan. Nah, tim Tempat Asik cukup memakai sepeda motor saja untuk menuju ke sana.

BACA JUGA:  Ini Dia Hotel Dan Penginapan Murah Meriah Di Brastagi
tiket masuk pantai goa cemara
Tiket masuk pantai goa cemara

Rute menuju Pantai Goa Cemara cukup mudah, melewati Jl. Bantul lurus ke arah selatan ikuti jalan raya sampai menemukan petunjuk arah dan pos masuk kawasan wisata pesisir pantai Bantul membayar Rp 3.000,- saja per orang.

harga parkir pantai goa cemara
Harga parkir di Pantai Goa Cemara

Lalu ambil jalur kanan sampai pertigaan ada papan petunjuk belok kiri/selatan. Masuk dengan membayar biaya parkir sepeda motor Rp 3.000,-. Area parkirnya cukup luas dari halaman depan sampai ke dalam area taman cemara.

Cukup murah bukan. Untuk tarif parkir kendaraan lainnya bisa lihat gambar di bawah ini.

tarif parkir kendaraan pantai goa cemara
Daftar tarif parkir kendaraan di Pantai Goa Cemara

Nah, bagi kalian yang sedang kanker atau kantong kering tak ada salahnya weekend/liburan ke sini. Bagi yang belum tau jalannya, bisa searching di Google Maps.

Seperti Apa Sih Pantai Goa Cemara?

duduk di patung penyu pantai goa cemara
Buat para suami, membahagiakan istri untuk diajak jalan-jalan berpahala lho

Dari pintu masuk kalian akan melihat pemandangan indah dari pohon cemara yang berjajar rapi. Di halaman depan ini siapa saja bisa berfoto dengan replika 2 penyu berukuran lumayan cukup besar dan berlatar tulisan Pantai Goa Cemara. Jangan lupa share foto kalian di sosial media biar hits.

Bagi kalian yang tak sempat membawa makanan, tak perlu khawatir karena disini ada banyak warung, penjual makanan dan minuman. Selain itu, kalian bisa beli souvenir/pernak-pernik untuk oleh-oleh. Harga pun relatif terjangkau dan beragam.

Aneka Jajanan di Pantai Goa Cemara
Aneka Jajanan yang ada di lokasi wisata

Pantai disini berpasir hitam, angin sepoi-sepoinya terkadang bisa membuat siapa saja merasa santai dan bisa membuat mengantuk. Walaupun di pantai, nuansa sejuk seperti berada di pegunungan.

BACA JUGA:  Blue Lagoon Jogja, Segarnya Pemandian Alami yang Wajib Kamu Coba
pantai goa cemara bantul
Pinggir Pantai Goa Cemara Bantul

Oiya, penting juga untuk diperhatikan bagi kalian yang berencana kesini. Di kawasan ini tidak boleh mandi di pantai karena berbahaya, jadi cukup basah-basahan dengan air di tepian saja.

Buat yang datang kesini bersama pasangan bisa lebih romantis melihat keindahan pantai sambil berteduh dibawah pohon cemara. Pas cuaca panas, tapi terasa adem kan pastinya.

Buat Para Pemburu Foto, Ada Juga Loh Spot Menarik di Pantai Goa Cemara!

Mau hunting foto tapi bosan dengan latar pantai? Disini tempatnya. Diantara pepohonan cemara ini ada spot menarik yang perlu kalian coba. Antara lain bangku kayu yang ada di beberapa tempat yang bisa digunakan untuk duduk santai. Di bagian tengah taman cemara ada rangkaian kayu berbentuk zigzag yang unik buat foto-foto.

spot foto menarik pantai goa cemara
Spot yang cukup menarik untuk mengabadikan momen

Sebelum memasuki taman cemara kedua ada gazebo warna coklat unik tanpa atap yang bisa jadi spot foto menarik untuk diabadikan.

tempat berfoto di Pantai Goa Cemara
Tempat berfoto yang cukup menarik di lokasi wisata pantai

Di taman kedua ada ayunan yang berada di utara juga bisa kamu coba. Tapi ayun nya jangan kenceng-kenceng ya, takut jatuh karena ikatannya di kayu.

ayunan di pantai goa cemara
Ayunan di Pantai Goa Cemara, untuk mengayunkan hatinya si Dia yang mulai ragu

Ada pula taman kayu yang berada di sebelah timur berupa meja dan kursi dari rangkaian kayu, dan ada 2 tempat duduk yang berbentuk love di ujung taman. Bisa untuk foto-foto ataupun selfie. Jangan lupa untuk share ke instagram/sosial media kalian biar tambah hits.

foto romantis di pantai goa cemara
Tidak ada salahnya nyobain foto romantis bareng si dia di Pantai Goa Cemara
pinggir pantai goa cemara
Tidak ada salahnya membahagiakan keluarga untuk diajak jalan-jalan ke Pantai

Fasilitas di Pantai Goa Cemara

Fasilitas di Pantai Goa Cemara sudah bisa dibilang cukup lengkap dan memadai. Area parkir yang luas, toilet di berbagai tempat sudah ada, mushola untuk beribadah, dan tempat sampah banyak tersedia untuk menjaga kebersihan lingkungan.

BACA JUGA:  Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo dengan Wisata Alam di Perbukitan Menoreh Nan Hijau
area parkir pantai goa cemara
Area parkir Pantai Goa Cemara yang cukup luas

Buat kamu yang jomblo bisa ajak teman/keluarga kesini. Selain wisata pantai, disini ada kawasan untuk outbond dan juga camping ground. Dijamin seru kalau rame-rame walaupun tanpa pacar.

outbound di pantai goa cemara
di Tempat ini juga tersedia tempat untuk mengadakan outbond

Buat pengunjung yang ingin mencoba bermotor-motoran disini bisa menyewa, sekedar berputar-putar di area taman cemara. Seru kan.

motor mini di pantai goa cemara
Motor mini untuk disewa berkeliling di area tempat wisata

Nah, buat yang ingin berendam, disini juga ada kolam renang yang bisa dinikmati anggota keluarga di sebelah barat. Atau hanya sekedar ingin beristirahat ada pula tempat aula yang bisa digunakan untuk berteduh/duduk.

Jika kamu berencana datang ke sini, ada baiknya membawa obat anti nyamuk oles karena di tempat tertentu ada banyak nyamuk. Jika datang bersama rombongan ada baiknya juga membawa tikar dan makanan untuk sekedar duduk lesehan di bawah taman cemara.

Pantai Goa Cemara memang tempat yang cukup seru untuk berlibur, terutama saat hari Minggu /liburan pasti selalu ramai pengunjung. Jika kamu sedang berlibur di Jogja, tak ada salahnya menyempatkan ke pantai ini. Selamat berlibur, salam piknik.