Inilah 10 Surga Wisata Kebanggaan Masyarakat Kabupaten Batubara Sumatera Utara

Batubara adalah salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara, dulunya Batubara merupakan bagian dari Kabupaten Asahan dan dimekarkan serta diresmikan oleh pemerintah pada tanggal 15 Juni 2007 guys.

Batubara sebenarnya dihuni oleh lintas etnis guys, seperti suku Jawa, Melayu, dan juga Batak merupakan mayoritas penduduk di Kabupaten ini. Kalo dilihat dari sejarah nya, Batubara merupakan bagian dari kerajaan – kerajaan Melayu yang ada di Sumatera. Jadi wajar banget kalo wajah Batubara kini identik dengan Melayu, seperti corak yang digunakan, bangunan perkantorannya khas banget dengan Melayu Batubara.

Guys, Batubara ternyata punya banyak cerita loh tentang pariwisatanya. Sebagian besar wisata di Batubara merupakan wisata edukasi sejarah. Buat kamu si pecinta sejarah, buruan mampir ke Kabupaten ini, di Batubara banyak tersimpan benda – benda, bangunan dan situs bersejarah yang sudah ada sejak zaman dahulu, seperti Meriam Simpang Dolok yang merupakan hadiah dari Kesultanan Siak di Provinsi Riau, Mesjid Indrapura yang merupakan peninggalan dari Kesultanan Indrapura pada tahun 1920 atau 96 tahun silam, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk menuju Kabupaten Batubara, kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi dari Kota Medan. Kendaraaan umum yang langsung menuju ke inti Batubara bisa kamu jumpai di Jl. Sisingamangaraja Medan, bus tersebut adalah Sartika dan Putra Melayu. Tarif nya murah kok, Cuma Rp. 30 ribuan doang untuk sekali jalan. Selain 2 kendaraan tadi, kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum lainnya yang melintasi Jalan Lintas Sumatera, tapi jangan kelewatan ya, hehe. Jarak tempuh nya sekitar 120 kilometer, bisa ditempuh sekitar 4 jam.

Supaya lebih keren, gimana kalo kita bahas tempat – tempat wisata yang menarik di Batubara? Karena ada pepatah yang bilang begini :

Tak kenal maka tak sayang

Kalau udah kenalan, biasanya jatuh cinta dong. Nah kalo udah cinta gimana? Yaa nikah laah. Ups, kok bahas nikahan? Yang jomblo kesinggung nih. Hehe

Sssttt..udah becandaannya, sekarang kita mau bahas 10 surga wisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Batubara yah guys, cekidot!!

1. Istana Niat Lima Laras, Napak Tilas Sejarah Kerajaan Melayu Batubara

istana-lima-laras-tahun-2014
Istana Lima Laras tahun 2014

Istana Niat Lima Laras yang selesai dibangun pada tahun 1912 kini sudah berusia 104 tahun guys. Istana ini dibangun oleh Raja Kerajaan Lima Laras yaitu Datuk Muhammad Yoeda (MatYoeda) yang berkuasa pada 1883 hingga 1919.

Dulu, Kerajaan Lima Laras sebelum memiliki istana, kerajaan ini tunduk pada Kesultanan Siak di Riau. Setelah Datuk Muhammad Yoeda wafat pada tahun 1919, maka peninggalan bersejarah ini kini diwariskan kepada cucu nya yaitu Datuk Muhammad Azminsyah, beliau lah yang merawat dan menyimpan benda – benda penting dan bersejarah dari sisa Kerajaan Lima Laras.

Istana ini berada di Desa Lima Laras Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara guys. Buat kamu yang pengen tau lebih dalam tentang sejarah Istana Niat Lima Laras dan bagaimana kehidupan pada masa keemasan kerajaan Melayu ini, kamu harus mampir langsung ke tempat ini.

2. Kubah Datuk Batubara, Awal Mula Nama Kabupaten Batubara

kubah-barubara
Kubah Batubara, antara mitos dan mistis.

Kubah Datuk Batubara merupakan pemakaman tua yang berada di Desa Kuala Gunung, Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batubara. Untuk menuju kesini kamu harus menuju Desa Simpang Dolok, untuk menandai Desa ini terdapat bangunan pasar atau orang setempat biasa menyebutnya pajak, nah gak jauh dari situ ada perempatan dan kamu belok kanan deh. Ohya, sebelum ke Kubah Datuk Batubara, jangan lupa cuci muka dulu di Sumur Bor peninggalan zaman Belanda guys. Tempatnya tepat berada di perempatan Desa Simpang Dolok.

BACA JUGA:  19 Alasan Kenapa Kamu Wajib Baca Artikel Ini Sebelum Plesiran Ke Tanah Karo (Bag. 2)

Apa sih yang menarik dari Kubah Datuk Batubara? Yang menarik ya sejarah nya. Konon, Datuk Batubara adalah orang yang mendirikan Batubara, dan nama Batubara diambil dari nama beliau.

Kubah Datuk Batubara merupakan tempat keramat bagi warga setempat, banyak diantara warga setempat yang melakukan munajat nya di kubah ini, ada ada saja ya. Tapi itulah budaya, tetap harus kita hargai.

Pada tahun 2003 yang lalu, tempat ini dihebohkan oleh sebatang pohon yang berbentuk seperti seorang manusia lengkap dengan pakaian sorbannya. Dari penuturan warga setempat, pohon ini masih ada hingga sekarang, penasaran ingin menyaksikan Kubah Datuk Batubara dan juga pohon misterius nya? Mampir lah kesini..!!

3. Songket Batubara, Oleh – Oleh Yang Mendunia.

antarasumutcom
Proses tenun songket khas Batubara – http://www.antarasumut.com

Siapa yang gak tertarik dengan songket khas Batubara? Desain nya yang unik dan menyejukkan mata saat di pandang mata membuat kita pengen punya produk unggulan karya masyarakat Batubara ini.

Guys, Songket Batubara banyak banget loh peminatnya, bahkan hingga ke mancanegara. Songket Batubara merupakan identitas Melayu Batubara secara khusus. Dan kabar baik, Songket Batubara sudah didaftarkan ke UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia khususnya Batubara.

Kalau kamu mau melihat langsung proses pembuatan kain songket Batubara, kamu bisa mampir ke Desa Kampung Panjang Kecamatan Limapuluh. Disepanjang desa ini kamu bisa menemukan beberapa rumah produksi kain songket Batubara. Tapi jangan Cuma ngeliat doang ya, harus beli. Harga nya relatif murah jika dibandingkan dengan proses pembuatannya, sekitar Rp. 500 rebu hingga Rp. 3 jutaan kok guys. Gimana? Tertarik?

4. Bangunan Perkantoran Pemerintah Kabupaten Batubara, Unik Dan Menggemaskan

tabloidimajicom
Beginilah penampakan kantor – kantor pemerintahan yang ada di Batubara

Guys, pernah mampir ke Pekan Raya Sumatera Utara di Medan? Di areal PRSU ada sebuah paviliun bernuansa Melayu yang cukup megah dan indah. Pesonanya membuat banyak pengunjung yang datang dan berfoto berlatarkan bangunan itu. Bangunan tersebut merupakan bangunan milik Kabupaten Batubara yang diresmikan oleh Bupati Batubara Drs. H. OK. Arya Zulkarnaen.

Nah, beranjak dari areal Pekan Raya Sumatera Utara, di Batubara sendiri bangunan khas budaya Melayu tersebut sudah banyak didirikan. Pemerintah Kabupaten Batubara membangun perkantoran untuk dinas – dinas pemkab dengan arsitektur khas Melayu Batubara.

Keindahan bangunan perkantoran ini menghilangkan kesan ‘membosankan’ bagi setiap masyarakat yang ingin berurusan dengan pemerintah kabupaten. Saat berkunjung ke kantor – kantor yang ada di lingkungan Kabupaten Batubara, kamu bisa sejenak menikmati keindahan dan mengabadikan bangunan indah tersebut di ponsel mu. Bangunan perkantoran dengan konsep Melayu Batubara yang sangat kental seperti ini sangat jarang ditemukan di Indonesia. Jadi, kalau ke Batubara sempatin mampir ke perkantoran nya ya. Salah satu kawasan perkantoran Pemkab Batubara berada di Desa Perupuk Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batubara.

BACA JUGA:  Menikmati Akhir Pekan Di The Hill Hotel & Resort Sibolangit, WHY NOT? Ini Alasan Kenapa Harus Kesini

5. PT. Inalum, Wisata Edukasi di Kabupaten Batubara

4658944p
Salah satu sudut PT. Inalum – Foto by http://lipsus.kompas.com

Indonesia Asahan Alumunium atau yang lebih dikenal dengan Inalum adalah perusahaan peleburan alumunium yang telah disahkan menjadi BUMN ke – 141 oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 21 april 2014 lalu.

Perusahaan ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Batubara guys. Perusahaan yang berdiri pada tanggal 6 Januari 1976 ini merupakan salah satu destinasi wisata di Batubara yang harus kamu kunjungi guys. Disini kamu bisa belajar banyak hal tentang seluk beluk peleburan alumunium.

Untuk berkunjung dan berwidyawisata ke perusahaan ini, kamu harus datang per grup guys, dan terlebih dahulu menghubungi pihak perusahaan agar diberikan izin dan nantinya diberikan panduan oleh pihak perusahaan. Perusahaan ini biasa dijadikan tujuan wisata edukasi oleh pelajar dan mahasiswa sekitar Sumatera Utara. So, tunggu apalagi guys? Siapa tau kelak kamu bisa mendirikan perusahaan seperti Inalum.

6. Danau Laut Tador, Potensi Wisata Tersembunyi Di Batubara

apakabar-sidimpuan
Danau Laut Tador, masih asli loo – Foto from www.negerikuindah.com

Danau Laut Tador adalah salah satu obyek wisata yang berada di Desa Laut Tador Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara. Danau ini merupakan tempat wisata kebanggaan masyarakat sekitar Batubara guys. Dulu, danau ini sempat dipromosikan agar menjadi pilihan tempat wisata disekitar Batubara, namun entah kenapa pesona danau ini justru kian redup.

Nah, sekarang danau ini sudah dilakukan pemugaran loh guys oleh pemuda setempat dan atas dukungan pemerintah Desa Laut Tador. Suasana yang nyaman di danau ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat refreshing dari kegiatan sehari – hari yang bikin bosen. Kalau lagi di Batubara, jangan lewatin tempat wisata yang satu ini yah guys.

Untuk menuju kesini kamu harus melalui jalur lintas Sumatera, kalo dari Medan simpang Desa Laut Tador gak jauh dari gerbang perbatasan Kabupaten Sergai dan Batubara. Nah, setelah ketemu simpang Desa Laut Tador yang tepat berada di sebelah kanan, kamu masuk dan terus jalan sekitar 7 kilometer, nyampe deh. Selamat berkunjung yaah.

7. Pantai Bunga, Pantai Idaman Wisatawan Lokal

100_2709
Pantai Bunga Batubara – http://anthonynh.blogspot.co.id

Pantai Bunga merupakan salah satu obyek wisata kebanggaan masyarakat Batubara. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal pada hari – hari libur seperti hari raya idul fitri, tahun baru dan hari libur lainnya.

Pantai Bunga adalah pantai pasir putih yang cukup indah, hanya saja air laut yang ada di pesisir pantai timur kurang cocok untuk dinikmati, karena airnya terlihat keruh guys.

Untuk masuk ke area pantai ini, kamu harus membayar kontribusi sebesar Rp.10 rebu guys. Di pantai ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti barbeque bareng teman atau keluarga dan menikmati angin laut yang cukup kencang. Kalau males masak atau bakar ikan sendiri, kamu juga bisa memesan ke pengelola pantai yang ada disekitar pantai guys.

8. Pantai Jono, Tetangganya Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung

BACA JUGA:  Little Venice Kota Bunga, Wisata Hits Ala Luar Negeri di Jawa Barat
metrosiantar
Pantai Jono, Pantai terluas di Sumatera – http://www.metrosiantar.com

Pantai Jono dikenal juga dengan Pantai Perjuangan, yang terletak di Kabupaten Batubara, gak jauh dari pelabuhan Kuala Tanjung. Konon, Pantai Jono merupakan pantai terluas di Pulau Sumatera loh guys, pasalnya pasir putih yang ada di pantai ini sepanjang 330 meter jika di ukur dari batas pemukiman warga hingga ke bibir pantai.

Pantai ini berada di Desa Lalang, sekitar 117 kilometer dari Kota Medan. Di Pantai ini kamu akan menjumpai banyak pohon bakau dan juga cemara yang cukup rindang. Dengan luasnya pasir putih, pantai ini cocok banget dijadikan tempat berolah raga, seperti volley pantai, main layang – layang dan kegiatan lain.

Kalau kamu lelah, kamu bisa istirahat di pondok – pondok yang disediakan oleh warga setempat, tapi harus ngerogoh kocek yah guys.

9. Pulau Salah Namo, Wisata Teranyar Di Kabupaten Batubara

salahnamo
Pulau Salah Namo Batubara, Surganya mancing mania – http://bappeda.batubarakab.go.id

Pulau Salah Nama adalah salah satu surga wisata yang ada di Kabupaten Batubara Sumatera Utara. Kalo lagi di Medan atau sekitar Batubara tapi gak mampir ke pulau ini, sayang banget lo.

Cerita punya cerita, diberi nama pulau salah namo karena dulunya nama pulau ini punya nama yang unik yaitu organ intim perempuan. Karena nama yang diberikan tak senonoh, ketika masyarakat ditanya akan nama pulau ini, mereka enggan menjawab, malah mereka berdalih kalau pulau tersebut adalah pulau salah nama, dari kebiasaan tersebut maka terciptalah nama dari pulau ini Pulau Salah Nama.

Keindahan pulau ini sudah terlihat ketika kamu akan tiba di lokasi ini, unik nya dari pulau ini sekeliling pulau terdapat bebatuan berwarna merah. Banyak hal yang bisa kamu lakukan disini guys, disini kamu bisa melakukan snorekling ataupun diving untuk melihat keindahan bawah lautnya, kamu juga bisa memancing, berenang, bermain jet sky dan banyak kegiatan lainnya.

Di pulau ini tersedia penginapan yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Batubara, memang pulau ini merupakan wisata andalan kebanggaan Batubara dan terus dipromosikan oleh Pemkab setempat.

Untuk menuju ketempat ini, kamu harus nyebrang dari pelabuhan yang ada di Tanjung Tiram Batubara. Buat kamu wisatawan dari luar Batubara seperti Medan misalnya, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Medan dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Dan saat menyebrangi menuju pulau ini waktu yang ditempuh sekitar 2 hingga 3 jam, tergantung kapal yang kamu gunakan sih guys. Untuk biaya sewa kapal sekitar 2 jutaan untuk pulang dan pergi, dengan kapasitas penumpang kapal sekitar 40 orang.

10. Pulau Pandang, Keindahannya sejauh mata memandang.

untitled
Salah satu sudut cantik Pulau Pandang Batubara – www.instagram.com

Sama halnya dengan pulau Salah Nama, Pulau Pandang juga merupakan obyek wisata primadona yang ada di Kabupaten Batubara Sumatera Utara. Kalau dari Pulau Salah Nama,  kamu harus berlayar kembali sekitar 1 jam perjalana menuju pulau ini.

Keindahan pantai yang ada di pulau Pandang menjadi kenikmatan tersendiri buat traveller saat berwisata di pulau ini. Pulau Pandang dan Pulau Salah Nama saat ini menjadi fokus pariwisata yang dipromosikan oleh Pemkab Batubara.

Pesona kedua pulau ini sudah sering dipublikasikan diberbagai media guys, masih ingat dengan acara pencarian bakat dangdut yang ada di Indosiar beberapa waktu lalu, salah satu putra daerah Batubara yaitu Albi Batubara turut serta mempromosikan pesona pariwisata kedua pulau ini. Gimana? Gak pengen mampir kesini?

Nah, itu tadi guys surga wisata kebanggan masyarakat Batubara yang wajib kamu kunjungi, dijamin gak rugi deh. Selain ngilangin stress, bisa dipastikan kamu nambah wawasan. Gak percaya? Coba deh..