Serunya Jalan Jalan Ke Beberapa Sudut Wisata Yogyakarta

Keseruan berjalan jalan di tempat wisata Yogyakarta seperti tidak pernah ada habisnya. Apalagi jika kita nyobain wisata alam Kalibiru, mengunjungi Candi Ratu Boko, sampai makan di angkringan Pakuningratan. Kali ini TempatAsik.com akan mengajak kamu berkunjung ke sudut Yogyakarta yang dijamin asik.

Nyobain wahana seru dan berfoto di Kalibiru

wahana di kalibiru
Wahana Seru di Kalibiru – via NET YOGYAKARTA

Kamu pasti tau primadona baru wisata yang lagi ngehits di Yogyakarta, meskipun bukan di kotanya tapi tempat ini keren abis. Tepatnya berada di Kabupaten Kulon Progo, namanya adalah Wisata Alam Kalibiru. Yang namanya wisata alam sudah pasti yang menjadi perhatian semua orang adalah panorama alamnnya.

Dari ketinggian 450 meter di atas permukaan laut, terdapat empat rintangan outbound yang bisa kamu jajal disini. Seperti jembatan jaring, jembatan tali, dan yang paling menantang adalah flying fox. Yang menarik dari wahan flying fox disini ketika kita meluncur akan diberhentikan di tengah-tengah di atas ketinggian. Tapi tidak perlu khawatir, karena hal ini sengaja dilakukan supaya kita bisa fokus sejenak melihat keindahan alam.

Selain itu juga buat kamu-kamu yang suka foto di atas pohon, disini kamu bisa nyobain buat di pajang di medsos, hehehe… itu kan tujuan kalian datang ke tempat ini kan, ayo ngaku. Karena pergi wisata akan kurang lengkap tanpa aksi foto-foto, apalagi di tempat dengan pemandangan indah seperti di kalibiru ini, rugi deh pokoknya.

spot foto kalibiru
Spot Foto Kalibiru – via @aabauri

Di tempat ini sudah disediakan enam lokasi khusus untuk foto-foto dengan latar belakang pemandangan alam yang keren abis. Seperti pemandangan waduk sermo yang merupakan salah satu bendungan yang ada di Kulon Progo dengan pemandangannya yang indah.

BACA JUGA:  Ternyata, 9 Tempat Wisata Ini Menjadi Trending Topic Di Indonesia

Eits, buat kamu yang setiap kali difotoin temen hasilnya ngeblur tidak perlu khawatir. Di tempat ini sudah disediakan jasa fotografer profesional untuk mengabadikan momen seru di Kalibiru. Untuk harganya pastilah terjangkau guys, cukup membayar Rp.5k saja per foto nya guys, kamu sudah mendapatkan hasil jepretan yang mantap.

Sebagai info saja guys, setiap hari ada kurang lebih 500 wisatawan yang datang ke tempat ini, makanya jangan sampe ketinggalan deh, ayo berwisata ke kalibiru. Itu hari biasa lho guys, jika weekend lebih banyak lagi tentunya, bisa mencapai 1000 orang, apa?!!!! banyak juga ya yang datang.

Untuk harga tiket masuk ke kalibiru cukup murah meriah guys, untuk hari biasa yaitu Rp5k dan Rp10k di akhir pekan. Nah buat kamu yang mau nyobain wahana outbound cukup membayar Rp35k saja, murah kan.

Jalan-jalan ke Candi Ratu Boko melihat keindahan Kota Yogyakarta

candi ratu boko
Candi Ratu Boko – via @lazuardinazar

Dari Kalibiru langsung capcus jalan-jalan ke Candi Ratu Boko yuk. Candi Ratu Boko adalah situs sejarah yang letaknya berada di kawasan perbukitan batur agung. Untuk jarak dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih sejauh 18 KM. Sebagai salah satu situ peninggalan sejarah, Candi Ratu Boko ini memiliki keunikan jika dibandingkan dengan candi pada umumnya.

Jika biasanya candi itu berbentuk Kuil, tapi Candi Ratu Boko ini lebih cocok dibilang seperti tempat tinggal. Memang awalnya untuk candi ini namanya adalah Abaya Giri Wihara. Sebuah istana megah yang dibangun oleh keturunan Wangsa Syailendra yang menganut agama Budha pada tahun 746M. Tujuan dibangun adalah untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri dengan kehidupan spiritual.

Tapi pada tahun 1856 M, menurut informasi yang di dapat candi ini ganti ditempati oleh Wangsa Sanjaya yang menganut Agama Hindu. Jadi bisa dibilang Candi Ratu Boko ini merupakan perpaduan Candi Hindu dan Budha. Di atas luas lahan 250.000 meter persegi ini, kita bisa menjelajahi berbagai bangunan yang ada di Candi Ratu Boko.

BACA JUGA:  Lumer Cafe Jogja, Tempat Makan Di Kota Pelajar Yang Wajib Dikunjungi Ketika Malam Minggu

Terdapat yang namanya Paseban yang terdiri dari Paseban Timur dan Barat, berfungsi untuk ruang tunggu bagi para tamu untuk bertemu dengan Raja. Yang paling menarik dari Candi Ratu Boko ini adalah kita bisa menyaksikan keeksotisan Candi Perambanan dan Kota Yogyakarta tentunya.

Makan di angkringan dengan nuansa kraton yang kental dengan etnik Jawa

angkringan dalem pakuningratan
Angkringan Dalem Pakuningratan – via NET YOGYAKARTA

Kalau berkunjung ke Jogja rasanya belum lengkap kalau belum makan di angkringan. Ini dia angkringan yang memiliki nuansa berbeda dibandingkan dengan angkringan pada umumnya. Jika biasanya angkringan itu identik dengan warung tenda dan gerobak, angkringan yang satu ini kita bisa menikmati makanan angkringan dengan nuansa kraton yang kental dengan etnik Jawa.

angkringan kraton
Angkringan Kraton – via NET YOGYAKARTA

Jika biasanya kediaman Putra Kraton tertutup, lain halnya dengan Dalem Pakuningratan ini. Sejak tahun 2008 warga Jogja dan wisatawan bisa makan malam di sini, meskipun hanya di pendoponya saja. Di dalam Paku Ningratan ini adalah tempat dimana Sri Sultan Hamengkubowono ke-IX lahir lho.

Untuk makanan yang dijajakan disana memang hampir sama jenisnya dengan angkringan pada umumnya. Untuk yang membedakan adalah suasana tempatnya yang lebih terasa tradisionalnya. Tidak hanya menu makananya saja yang menu makanannya sama seperti angkringan pada umumnya, untuk harganya juga relatif sama.

Untuk makanan yang perlu kamu coba adalah minuman tradisionalnya yang kaya akan rempah. Namanya adalah wedang gajah susu, kenapa dinamakan gajah susu karena disajikan dengan gelas yang cukup guede guys. Untuk campurannya terdapat serai, jahe, cengkeh dan kayu manis. Untuk rasanya hampir sama seperti susu jahe, tapi aroma rempahnya lebih terasa, ada aroma kayu manis dan cengkehnya.

Makan di angkringan bisa menjadi perjalanan terakhir sebelum pulang ke daerah masing masing. Semoga dengan pergi berjalan-jalan ke beberapa tempat wisata di Yogyakarta tadi memberikan sepenggal wawasan baru yang tak terlupakan. Kekayaan alam Kalibiru, kearifan lokal yang tercermin dari Candi Ratu Boko, dan keramahan Masyarakan Kota Yogyakarta menjadi gambaran indahnya kuasang Sang Pencipta.

BACA JUGA:  EMBUNG TAMBAKBOYO, Tempat Wisata Murah Dan Asik di Condong Catur Jogja

Tinggalkan Balasan