Tempat Wisata Di Bandung

Tempat wisata di Bandung saat ini semakin banyak jumlahnya dan Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

Bandung adalah salah satu kota yang mempunyai tempat wisata yang sangat beragam di Indonesia.

Wisata yang ada di Bandung memiliki banyak pilihan, mulai dari tempat belanja keren dan murah meriah, tempat makan enak dan romantis sampe tempat nongkrong di pingir jalan juga ada.

Sejak dulu, Bandung sudah dikenal sebagai tempat plesiran wisata wajib. Apalagi untuk anak muda, hmmm..disinilah surganya.

Wajar saja jika event-event berkelas dunia sering diselenggarakan dikota kembang ini.

Bandung dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Terutama pada akhir pekan, nyaris separuh kendaraan di jalanan Bandung berasal dari luar daerah.

Ini karena objek wisata di Bandung yang sangat beragam dan populer. Selain itu, di Bandung Anda juga bisa menemukan ragam tempat wisata, mulai dari wisata adat, wisata alam, wisata kuliner, wisata edukatif hingga wisata untuk anak-anak.

Tempat belanja juga ada, bahkan Bandung telah dikenal sebagai surga belanja. Julukan Paris van Java bukan tanpa alasan disematkan untuk Kota Kembang ini.

Berikut adalah rekomendasi ragam tempat wisata di Bandung yang bisa Anda kunjungi di akhir pekan nanti.

Daftar Isi

1. Jalan Braga Bandung

tempat wisata di bandung jalan braga
Tempat Wisata di Bandung, Jalan Braga via @nichoryan96

Jalan Braga adalah nama sebuah jalan utama yang berada di Kota Bandung.

Jalan Braga sudah sangat terkenal sejak zaman pemerintahan Hindia-Belanda.

Jalan Braga Bandung kini menjadi salah satu maskot pariwisata kota kembang, Bandung.

Yang unik dari jalan Braga adalah bangunan-bangunan tua nan eksotis terdapat di sepanjang sisi jalan.

Jika Anda ingin merasakan suasana kota-kota tua yang ada di Eropa, bisa coba singgah dan berjalan kaki di sepanjang jalan Braga Bandung.

Anda akan merasakan suasana tempoe doloe, yaitu flashback ke sekitar tahun 1920an.

Sejauh mata memandang di jalan ini akan ditemukan deretan bangunan sisa dari masa penjajahan Belanda.

Pengunjung dapat mengambil foto guna mengabadikan momen di tempat ini. Spot fotonya terbilang menarik, unik dan pastinya Instagrammable.

Setelah puas mengambil foto, Anda dapat berkeliling menikmati kuliner yang ada di sepanjang Jalan Braga.

Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, semuanya ada di sini.

2. Trans Studio Bandung

tempat wisata di bandung trans studio bandung
Trans Studio Bandung via doc TempatAsik.com

Trans Studio Bandung adalah sebuah wahana permainan yang berkonsep modern yang ada di Kota Bandung. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi ketika para wisatawan berkunjung ke Bandung.

Karena wahana yang dikelola oleh Trans Corp saat ini hanya ada dua di Indonesia, di Bandung dan juga Makassar, jadi limited edition nih ceritanya.

Sebagai informasi, taman bermain Trans Studio Bandung adalah wahana bermain indoor terbesar di Indonesia, bahkan di dunia.

Di areal Trans Studio Bandung terdapat 3 kawasan bermain yang semuanya memiliki sekitar 20 wahana permainan yang Anda nikmati.

Kawasan tersebut diantaranya Studio Central (bernuansa broadway), Lost City (suasana alam), Magic Corner (suasana mistis).

Trans Studio Bandung terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto No. 289 Bandung.

3. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung
Masjid Raya Bandung – via @novian_kuncorohadi

Tempat wisata di Bandung yang satu ini namanya adalah Masjid Raya Bandung. Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata rohani favorit dan hits yanga ada di Kota Bandung.

Dulunya Masjid Raya Bandung dikenal dengan nama Masjid Agung Bandung.

Masjid Raya Bandung dibangun pada tahun 1810 dan telah mengalami beberapa kali renovasi. Setelah dilakukan pemugaran oleh Pemkot Bandung terutama untuk alun-alunnya.

Kini masjid ini menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan.

Bagi Anda yang ingin mampir dan sholat di Masjid Raya Bandung, masjid megah ini terletak di Jl. Asia Afrika, Balonggede, Regol, Kota Bandung.

4. Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu
Gunung Tangkuban Parahu via doc TempatAsik.com

Satu lagi tempat wisata di Bandung yang pastinya sudah tidak asing dan hampir selalu dikunjungi oleh mereka yang beru pertama kali menyambangi Kota Kembang ialah Gunung Tangkuban Perahu.

Objek wisata satu ini terutama tidak lepas dari legenda lokal tentang Sangkuriang, seorang pemuda yang jatuh cinta pada ibu kandungnya sendiri, Dayang Sumbi.

Gunung ini memiliki kawah besar di bagian puncaknya. Kawah inilah yang jadi daya tarik utama wisata di Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Parahu adalah salah satu gunung aktif yang ada di Indonesia dan terletak di daerah Lembang, Bandung Utara sekitar 20 kilometer dari Kota Bandung.

Meskipun masih aktif, gunung ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Bandung.

Selain keindahannya yang membuat banyak wisatawan tertarik, jalan menuju puncak gunung ini juga mudah dilalui dengan kendaraan.

Ketinggian gunung Tangkuban Parahu adalah 2.084 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Jika Anda berkunjung ke tempat ini usahakan membawa masker, karena uap belerang akan sangat terasa dihidung saat Anda tepat berada dipuncak gunung ini.

Tentang nama Tangkuban Parahu, jika dilihat sepintas memang gunung ini mirip perahu terbalik, ditambah lagi dongeng yang menyertai gunung ini, membuatnya semakin terkenal.

Harga tiket masuk hanya Rp20.000 saja per orang.

5. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey via @kimshaein

Kawah Putih yang terletak di Ciwidey Bandung ini adalah salah satu pionir wisata di Bandung.

Keindahan alam yang disuguhkan oleh Kawah Putih Ciwidey Bandung mampu menarik minat wisatawan domestik maupun internasional untuk berkunjung ke Bandung.

Hampir semua orang yang pernah berkunjung ke Bandung akan menyambangi lokasi wisata satu ini.

Pengunjung terutama akan dimanjakan oleh pesona pemandangan alamnya yang sangat asri.

Sekilas tentang Kawah Putih, tempat wisata terkenal di Bandung yang satu ini adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan gunung Patuha.

Penamaan Kawah Putih dikarenakan warna tanah yang ada disekitar kawasan ini berwarna putih yang diakibatkan campuran belerang.

Mata takkan sanggup berkedip saat menyaksikan pemandangan yang terhampar di depan. Dataran putih di sekitar kawah ini tampak seperti tertutup salju sehingga menambah keunikannya tersendiri.

Danau dengan warna putih kehijauan ini sendiri sesekali akan berubah warna yang tergantung dari cuaca serta tinggi rendahnya suhu di sekitar.

Kadar belerang di kawah juga akan turut mempengaruhi perubahan warna yang terjadi.

Saat berkunjung kemari, siapkan masker karena bau sulfurnya terbilang cukup mengganggu indera penciuman, terutama bagi pengunjung yang memiliki penciuman sensitif.

Pesona panorama yang indah bak di negeri dongeng membuat Kawah Putih ini seringkali dijadikan lokasi pengambilan gambar untuk video klip hingga sesi foto pre wedding.

Lokasi tepatnya ada di Jl. Soreang, Ciwidey, Bandung. Harga tiket masuknya terbilang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp18.000 saja per orang untuk wisatawan lokal.

Sementara untuk wisatawan asing diharuskan membayar Rp50.000 per orang. Akses menuju Kawah Putih juga cukup mudah terutama karena objek wisata satu ini sudah sangat populer.

Anda bisa dengan mudah menemukan petunjuk jalan menuju Kawah Putih atau memanfaatkan transportasi umum.

Kawah Putih Ciwidey Bandung berada di ketinggian 2400 meter diatas permukaan laut (mdpl). Selain dingin, di sekitar kawasan wisata cantik ini memiliki udara menyengat yang berbau belerang.

Jadi jangan lupa memakai jaket dan masker ketika mengunjungi tempat ini.

6. Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung
Upside Down World Bandung via @itsme_lisa12

Dunia memang sudah kebalik, dan fenomena itu ternyata tidak cukup jika hanya retorika saja.

Ternyata, selain opini dunia terbalik kini Anda dihebohkan dengan trik foto terbalik yang sedang populer diberbagai kalangan.

Upside Down World Bandung salah satunya, mengusung trik foto terbalik ternyata salah satu daya tarik tersendiri. Demam foto dengan konsep terbalik di Upside Down World kini sudah mulai menjamur di berbagai kota besar seperti Bali dan Jogja.

Jika Anda sedang berada di Bandung, jangan sampai melewatkan wisata unik yang satu ini. Anda bisa berkunjung ke Upside Down World yang beralamat di Jalan H. Wasid No. 31 Dipatiukur, Lebakgede, Bandung.

Harga tiket masuk ke Upside Down World Bandung untuk kategori dewasa dibanderol Rp. 100.000 dan untuk anak-anak dengan tinggi badang dibawah 120 cm dibanderol seharga Rp. 50.000.

Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 10.00-20.00 wib pada hari senin s/d jumat, dan pukul 11.00-21.00 wib pada hari minggu.

7. Farm House Lembang

Farm House Lembang Bandung
Farm House Lembang Bandung – via Instagram @nurul.aainn

Ingin bermain ke desa wisata ala Eropa di daerah Bandung?

Farm House Lembang lah tempatnya. Tempat wisata yang satu ini menjadi trending topik di berbagai media sosial semenjak pertama kali dibuka untuk umum.

Yang membuatnya menarik adalah konsep wisata pedesaan bergaya khas Eropa, dan yang tidak kalah menarik adalah foto dirumah hobbit nya. Dijamin foto Anda keren.

Farm House ialah salah satu tempat wisata di Bandung yang sudah lama terkenal. Nyaris tiap akhir pekan tempat ini selalu penuh akan wisatawan yang datang berkunjung.

Farm House terutama mengusung konsep peternakan ala Eropa. Di sini, Anda dapat melihat area perkebunan sampai dengan desa Hobbit seperti yang ada dalam film Lord of the Rings.

Suasana klasik Eropa juga terlihat dari bangunan-bangunannya. Farm House bahkan turut menyediakan penyewaan kostum tradisional khas Eropa serta jembatan gembok cinta seperti yang ada di Prancis.

Banyak spot foto menarik di sini sehingga menjadikannya sebagai objek wisata yang cocok untuk seluruh anggota keluarga.

Untuk menemukan Farm House Lembang sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencari jalan Setia Budi.

Kemudian ikuti jalannya sampai menemukan kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), terus saja ke arah lembang, dan lokasinya sekitar beberapa kilometer dari kampus UPI.

Tepatnya di Jl. Raya Lembang 108 Cihideung, Bandung.

Harga tiket masuk ke tempat wisata bergaya Eropa ini dibanderol cukup murah, hanya Rp. 20.000 saja per orang nya, dan tiketnya bisa ditukarkan dengan welcome drink berupa susu segarrr.

Tempat ini buka tiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Di akhir pekan, Farm House buka sampai pukul 23.00 WIB.

Banyak fasilitas yang disediakan, mulai dari pusat oleh-oleh dan souvenir, rumah Hobbit, alun-alun mini, gedung serbaguna, kafe indoor serta outdoor, penyewaan kostum, toilet, musholla, parkir luas sampai dengan sungai gembok cinta.

Akses menuju lokasi sangat mudah karena ada di jalan utama Lembang.

Farm House Lembang bisa jadi pilihan wisata untuk menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan bersama seluruh anggota keluarga.

8. Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang
Dusun Bambu Lembang via @opunglbs

Daerah ini adalah tempatnya wisata alami, kesejukan udara dan keindahan alamnya menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Lembang Bandung.

Ada berbagai tempat wisata yang bisa Anda temukan di sini, salah satunya adalah Dusun Bambu. Ini adalah tempat wisata alam yang berada di kaki gunung Burangrang Cisarua Lembang, Bandung.

Tempatnya adalah gabungan keunggulan kawasan wisata di Lembang.

Fasilitasnya lengkap, salah satunya yang sangat diunggulkan ialah Kafe Burangrang, sebuah tempat makan yang dikenal dengan konsep Lutung Kasarung.

Jika Anda menginginkan suasana makan yang romantis, maka pilihan yang bisa diambil adalah Kafe Purbasari.

Restoran satu ini mengusung konsep romantis sehingga sangat cocok untuk tempat makan bagi pasangan.

Jika Anda ke sini bersama pasangan, menyantap makanan khas Sunda di Kafe Purbasari adalah pilihan yang tepat.

Jika sudah puas makan, di Dusun Bambu Anda juga bisa menikmati wisata belanja layaknya pasar tradisional.

Di sini juga terdapat villa Dusun Bambu Kampung Layung. Dusunnya berada di kaki Gunung Tangkuban Parahu serta Pegunungan Burangrang sehingga masih sangat asri.

Julukannya yang terkenal ialah Wisata Hutan Kota Bandung. Udaranya sejuk pada siang hari serta lebih dingin pada malam hari.

Alamat Dusun Bambu ialah di Jl. Kertawangi Komplek Komando Cisarua Barat, Lembang, Bandung.

Jam operasionalnya adalah tiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Tiket masuknya tergolong murah, yaitu hanya Rp15.000 saja per orang. Untuk anak di bawah usia 3 tahun tidak perlu membayar alias gratis.

Di dalam areal wisata Dusun Bambu terdapat restauran, villa dan fasilitas lainnya. Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di tempat ini, mulai dari bersepeda santai sambil menikmati segarnya udara Lembang, camping, outbound dan berbagai kegiatan outdoor lainnya.

9. Stone Garden Padalarang

Stone Garden Bandung
Stone Garden Bandung – via Instagram @sansadhia

Stone Garden Padalarang adalah tempat wisata terpopuler dan teranyar di Bandung. Stone Garden Padalarang adalah sebuah kawasan gunung batu kapur yang lokasinya terletak di puncak gunung Pawon, Kampung Grimulya, Desa Gunung Magisit, Kecamatan Cipatan Kabupaten Bandung Barat.

Tempat ini merupakan tempat wisata di Bandung selanjutnya yang wajib ada di list liburan Anda. Wisatawan yang berkunjung ke sini biasanya ingin menikmati keindahan tumpukan batu kapur dan hijaunya rerumputan ditambah segarnya udara Bandung.

Selain itu tempat ini sangat cocok dijadikan tempat berfoto ria. Untuk Anda yang ingin menjajal keindahan Stone Garden Padalarang Bandung, disarankan harus lebih waspada, karena aksesnya belum 100% mulus.

Hal tersebut dikarenakan tempat ini masih asri, sehingga belum terkelola dengan baik.

10. Ciwalk Bandung

ciwalk bandung
Ciwalk Bandung www.ciwalk.com

Jika Anda ingin berbelanja di Bandung, coba mampir ke kawasan Ciwalk Bandung. Jika di Eropa ada Paris sebagai kota fashion, nah kalau di Indonesia ada Ciwalk Bandung.

Anda bisa menemukan berbagai macam produk fashion dari berbagai brand di sini.

Ketenaran nama Ciwalk Bandung sebenarnya diambil dari sebuah nama jalan yang berada di areal Ciwalk yaitu Cihampelas Walk.

Selain belanja fashion, di areal Ciwalk juga terdapat berbagai jenis kuliner dan hiburan.

Kesejukan khas Bandung kental terasa disekitar Jalan Cihampelas dan Ciwalk Bandung, jadi jangan heran ketika Anda kesini akan betah berlama-lama.

Ciwalk Bandung terletak di Jalan Cihampelas No. 160, Bandung.

11. Taman Begonia Bandung

taman begonia
Taman Bunga Begonia via instagram.com/rwibi5

Jika Anda menginginkan tempat wisata yang memberi kesan romantis, maka Taman Begonia bisa jadi pilihan.

Popularitas Taman Begonia terutama melambung saat foto-fotonya disebarkan di media sosial.

Tak ayal, banyak netizen yang menaruh penasaran akan tempat wisata satu ini dan mengunjunginya.

Taman Begonia memberi sensasi tersendiri dalam menikmati keindahan ragam bunga khas dari Indonesia serta luar negeri.

Salah satu dari sekian banyak jenis bunga yang bisa Anda lihat di sini adalah bunga Balinea asal Bali.

Selain itu masih banyak lagi jenis bunga lain yang tak kalah indah dan menakjubkan.

Di Taman Begonia, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan konservasi bunga, namun juga wisata alam Lembang yang udaranya sejuk.

Keindahan bumi Pasundan akan memanjakan Anda saat berwisata ke Taman Begonia.

Jangan khawatir akan berkeliaran dengan perut lapar, karena di kawasan Taman Begonia terdapat Kafe Bandung dengan pemandangan hamparan taman bunga Balinea dengan pancaran warna merah menyala.

Bayangkan betapa romantisnya suasana yang tercipta saat menyantap kuliner Bandung sembari menyaksikan hamparan taman bunga.

Alamat persisnya ada di Jl. Maribaya no 120 A Lembang, Bandung.

Harga tiket masuknya sendiri cukup terjangkau. Untuk bisa menikmati keindahan bunga serta berfoto dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan di dalamnya, Anda cukup membayar Rp10.000 saja per orang.

12. Indo Wisata Permata Bandung

Indo Wisata Permata Bandung
Indo Wisata Permata Bandung via instagram.com/skylightbandung

Wisata baru di Bandung hampir selalu terus bermunculan. Salah satunya adalah Indo Wisata Permata yang kini tengah banyak digemari.

Objek wisata yang kerap disingkat IWP ini dibangun di Kawasan Dago Atas, tepatnya di Komplek Citra Green Blok N No.1-10.

IWP terutama memberi wisata edukasi bagi para pecinta batu pertama, khususnya adalah berlian.

BACA JUGA:  Makanan Khas Bandung Ini Ternyata Ada di Sekitarmu, Sudah Pernah Coba?

IWP juga diklaim sebagai wisata berlian pertama yang ada di Asia.

Wisatawan akan dapat secara langsung menyaksikan proses pembuatan berlian hingga menjadi batu mulia yang bernilai tinggi.

IWP turut memperkenalkan ragam mesin dengan teknologi modern yang dapat menghasilkan berlian mahal.

Di sini, pengunjung bahkan bisa turut berbelanja berlian! Rentang harga berlian yang dijula mulai dari Rp1 juta hingga miliaran rupiah.

Jam buka IWP adalah tiap hari mulai pukul 10.00 pagi hingga 17.00 sore.

Harga tiket masuknya terbilang terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp50.000 per orang untuk dapat menyaksikan proses pembuatan berlian.

Jika Anda tidak hendak berbelanja berlian, maka voucher bisa ditukar makanan serta minuman.

IWP juga menyediakan kafe dengan ragam pilihan kuliner khas Bandung.

Akses menuju IWP terbilang mudah, patokannya adalah Jl. Djuanda Dago dan mengarah ke Taman Hutan Raya. Lokasinya hanya satu km jauhnya dari terminal Dago.

13. Sendang Geulis Kahuripan Bandung

sendang geulis kahuripan
Sendang Geulis via instagram.com/arsonorise

Tempat wisata di Bandung satu ini juga merupakan wisata baru yang sedang hits.

Sendang Geulis Kahuripan ialah saingan Umbul Ponggok di Klaten, yaitu tempat wisata berupa mata air jernih dan bersih.

Suasananya khas pedesaan yang sejuk dan segar sehigga liburan akan lebih terasa.

Sendang Geulis Kahuripan terbilang masih sepi pengunjung karena lokasi yang jauh tersembunyi serta terhindar hiruk pikuk keramaian.

Di objek wisata ini, pengunjung wajib basah-basahan serta berendam dalam air segar guna menghilangkan penat akibat kesibukan tiap hari.

Nama lainnya adalah Talaga Cikahuripan Padalarang serta merupakan tempat yang Instagrammable.

Kejernihan airnya membuat banyak wisatawan mengambil foto di dalam air dengan latar belakang berupa bebatuan alami serta pepohonan.

Fasilitas yang disediakan Sendang Geulis Kahuripan terbilang lengkap, mulai dari tempat bilas, parkir luas, hingga saung tempat istirahat serta banyaknya warung yang menyediakan ragam kuliner.

Satu-satunya kekurangan yang mungkin bisa disebutkan di sini hanyalah akses ke mata air yang masih sempit untuk mobil yang berpapasan.

Jika ingin berwisata ke sini, usahakan untuk menggunakan sepeda motor agar bisa menjangkau lokasinya.

Selebihnya, Sendang Geulis Kahuripan akan menjadi objek wisata yang tak boleh dilewatkan oleh milenial kekinian yang gemar berburu spot foto Instagrammable.

14. Situ Patenggang

Situ Patenggang
Situ Patenggang via instagram.com/agusm123

Wisata lain yang tak kalah menariknya di Bandung ialah Situ Patenggang. Panorama alamnya sungguh mempesona serta eksotis.

Udaranya sejuk dan sajian kebuh teh yang hijau laksana karpet akan memanjakan mata. Banyak permainan yang bisa dinikmati di sini, mulai dari mainan anak-anak hingga dewasa.

Termasuk di antaranya adalah sepeda air yang mengelilingi danau. Pengunjung juga bisa melihat batu cinta, menuju Pulau Asmara, berjalan-jalan di kebun teh serta piknik di tepi danau.

Alamat tepatnya ada di Jl. Raya Ciwidey Desa Patengan, Bandung.

Harga tiket saat weekday hanya Rp18.000 saja per orang dan saat weekend naik sedikit menjadi Rp20.500 per orang.

15. Curug Maribaya

Curug Maribaya
Curug Maribaya via instagram.com/evisitisolihah19

Wisata Curug Maribaya menawarkan keindahan alam yang begitu segar. Ikon curug atau air terjun yang ada memiliki ketinggian sampai dengan 25 meter.

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati pemandangan alam namun udara sejuk serta menyehatkan di sini.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan ialah berendam air panas pada kolam pemandian yang ada di sekitar.

Kuliner khas lokal juga tersedia di sini. Lokasi Curug Maribaya ada di Jl. Maribaya, Lembang, Bandung.

Akses menuju Curug Maribaya terbilang mudah karena masih termasuk dalam kawasan wisata Maribaya di Lembang.

Tiket masuknya sangat murah. Untuk bisa menikmati keindahan curug dan berendam di pemandian air panas, cukup bayar Rp8.000 saja.

16. Bukit Moko Bandung

Bukit Moko
Bukit Moko via instagram.com/bubueataway

Destinasi wisata satu ini memberikan suasana eksotis serta mempesona. Pengunjung terutama dapat menikmati keindahan dari ketinggian bukit.

Sebutan bukit adalah karena tingginya kurang dari 1500 meter di atas permukaan air laut. Saat siang hari, akan Anda lihat lautan awan dan juga perkebunan hijau membentang.

Namun di saat petang, akan tampak pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Suasana di atas bukit terutama akan semakin romantis berkat kelap-kelip lampu yang tampak seperti lautan bintang.

Lokasinya ada di Kampung Buntis, Desa Cimenyan, Bandung.

Untuk bisa menuju Puncak Bintang, cukup bayar Rp8.000 per orang sementara untuk berwisata ke Warung Daweung, siapkan dana Rp10.000 per orang.

17. Curug Malela Bandung

Curug malela
Curug Malela via instagram.com/mtheartof

Curug satu ini sudah cukup populer dan bahkan disebut Niagara Mini Indonesia. Ketinggian air terjunnya mencapai 60 meter serta lebar 70 meter.

Terdapat hingga 5 jalur air terjun dengan sensasi keindahan percikan air dari ketinggian. Keindahan curug ini ternyata tak lepas dari sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat.

Hingga kini masih belum terungkap misteri yang ada di balik mitos tersebut.

Menikmati keindahan Curug Malela tentu akan dengan efektif menghapus penat yang dirasakan dari kegiatan sehari-hari.

Lokasi persis Curug Malela ada di Kecamatan Rongga Gununghalu, Bandung Barat. Curug Malela bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang menyukai objek wisata air terutama air terjun.

18. Terminal Grafika Cikole

Terminal grafika cikole
Terminal Grafika Cikole via instagram.com/dianalestari1984

Tempat wisata di Bandung tidak hanya wisata alam namun juga wisata terpadu. Salah satunya adalah Terminal Grafika Cikole.

Letaknya ada di tengah Hutan Belantara Pinus. Konsep yang diusung adalah modern dengan lokasi di tengah kawasan hutan yang asri serta udaranya sejuk.

Dalam kawasan ini, Anda akan menemukan ragam wisata kuliner high class khas Sunda, seperti Restoran Sunda Buana, Saung Lesehan sampai dengan Restoran Sangkuriang.

Terminal Grafika Cikole turut dilengkapi wahana wisata permainan yang sangat seru serta mengedukasi, salah satunya ialah outbound.

Bisa dibilang kalau objek wisata satu ini sangat tepat untuk dikunjungi bersama seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak.

Pengunjung bahkan bisa menikmati suasana malam di hutan ala film Tarzan.

Tersedia fasilitas camping ground di Terminal Grafika Cikole. Bagi pengunjung yang tidak mau bermalam di tenda camping ground bisa memilih menginal di Hotel Grafika Cikole.

Alamat persisnya ada di Jl. Raya Tangkuban Perahu KM 8 Cikole. Aksesnya cukup mudah karena objek wisata satu ini masih berada di kawasan Lembang, Bandung Barat.

Anda bisa berlibur di sini pada akhir pekan bersama teman-teman ataupun anggota keluarga.

19. Gunung Batu

Gunung Batur
Gunung Batur via santriindonesia

Wisata yang satu ini tak sekedar menyajikan pemandangan alam yang indah, namun juga sarat akan nilai sejarah.

Gunung Batu menjadi saksi bisu atas muncul dan berakhirnya Kota Bandung pada masa lalu serta di kemudian hari.

Di sini, pengunjung bisa menyaksikan lokasi bentangan patahan Lembang. Fakta ini didukung ahli Paleoseismolog asal Amerika Serikat, Brian Atwater.

Atwater mengungkap bahwa patahan ini membentang hingga 22 km serta terlihat jelas oleh mata manusia.

Gunung Batu sendiri adalah cikal bakal patahan Lembang tersebut mulai bergerak serta menyebabkan gempa besar.

Di sepanjang jalur patahan itu banyak didirikan perumahan serta villa mewah.

Gunung Batu juga adalah tempat wisata yang sangat seru dengan banyaknya bebatuan di atas puncak seperti layaknya gunung-gunung di Amerika.

20. Kawasan Punclut

Kawasan punclut
Kawasan Punclut via ulant_oelans

Punclut ialah singkatan Puncak Ciumbuleuit, sebuah tempat wisata di Bandung yang akan memberi pengalaman wisata dari ketinggian.

Sajian yang bisa Anda lihat dan nikmati ialah lanskap kota Bandung. Ketinggiannya sendiri kira-kira 1000 meter di atas permukaan air laut sehingga sudah pasti udara akan terasa sejuk.

Tak sekedar menikmati lanskap Kota Bandung, saat malam hari Anda juga akan dimanjakan oleh panorama yang eksotis.

Apalagi, pengunjung bisa menikmatinya sambil menyantap ragam kuliner lokal yang dijamin bakal menggoyang lidah.

Liburan di Punclut akan sangat berkesan serta tak terlupakan.

21. Bukit Bintang

Bukit bintang bandung
Bukit Bintang Bandung via @yazadimuhammad

Satu lagi tempat wisata di Bandung dengan sajian keindahan kota dari ketinggian adalah Bukit Bintang.

Lokasi persisnya ada di kawasan Dago, sebuah tempat yang romantis serta gratis. Mengunjungi Bukit Bintang akan semakin berkesan jika Anda membawa serta pasangan.

Nama Bukit Bintang sendiri bukanlah karena Anda bisa melihat bintang di langit, melainkan kelap kelip lampu kota di kejauhan yang tampak seperti lautan bintang pada saat malam hari.

Inilah yang menjadikan Bukit Bintang istimewa serta tiada duanya. Kesan romantis juga akan didapat apalagi karena untuk menikmati jutaan lampu kelap kelip di kejauhan itu, Anda harus datang pada malam hari.

21. Tebing Keraton Bandung

Masih ada lagi wisata dari ketinggian, yaitu Tebing Keraton Bandung. Lokasi persisnya ada di Ciburial, Bandung.

Keindahannya tak usah diragukan lagi. Nama Tebing Keraton digunakan karena pada bagian bawahnya terdapat hamparan hutan pinus yang bentuknya mirip susunan keraton.

Tebing ini tidak seperti bukit lainnya yang menyajikan gemerlap cahaya lampu kota di malam hari.

Pada ujung tebing ada batuan besar sebagai spot guna menikmati keindahan alam di bawahnya.

Tak sekedar menikmati keindahan alam, Tebing Keraton juga bisa jadi lokasi yang cocok untuk pengambilan gambar.

22. Dago Pakar

Dago pakar
Dago Pakar via @gotobandung

Kawasan Dago memang kaya akan tempat wisata yang cantik dan menarik.

Salah satunya adalah Dago Pakar, tepatnya berlokasi di Jl. H. Djuanda dengan pemandangan alami yang tampak sangat indah.

Taman hutan raya dago pakar
Taman Hutan Raya dago pakar via @alam.priangan

Dago Pakar sendiri adalah satu-satunya hutan yang masih asri serta bertahan di Bandung.

Bahkan, ada sebutan khusus untuknya yaitu Tahura atau Taman Hutan Raya. Tahura juga merupakan taman hutan pertama di Indonesia yang diresmikan Presiden RI kedua, Soeharto.

Asyiknya lagi, menikmati Taman Hutan Raya Dago Pakar tak memerlukan banyak biaya.

Anda bisa berjalan kaki sejauh 5 hingga 7 km. Wisatawan yang gemar petualangan serta olahraga tentunya akan sangat cocok berwisata di sini.

23. Curug Dago Bandung

Curug dago
Curug Dago via @life.graph

Curug artinya adalah air terjun. Curug Dago yang ada di Kecamatan Coblong ini tepatnya merupakan air terjun dengan ketinggian 10 meter yang pastinya adalah tempat wisata unik.

Curug Dago memiliki keindahan yang belum banyak diketahui para wisatawan. Di sini pengunjung akan bisa menikmati keindahannya tanpa banyak diganggu oleh wisatawan lain karena masih tergolong sepi.

Bahkan, di Curug Dago pengunjung tidak hanya akan dapat melihat keindahannya. Di sini akan ditemukan prasasti dari Kerajaan Thailand.

Hal ini karena Curug Dago konon pernah dikunjungi Raja Thailand pada masanya. Letak prasasti ini sendiri tidak mudah ditemukan karena cukup tersembunyi.

24. Curug Citambur Bandung

Curug Citambur
Curug Citambur via @restipramandani

Di Bandung Selatan, banyak tempat wisata menarik dan indah, tak kalah dari Bandung Utara serta Bandung Barat.

Salah satunya adalah Curug Citambur di perbatasan Cianjur dan Ciwidey. Air terjun satu ini tingginya kurang lebih 100 meter serta memiliki aliran air deras.

Gemuruhnya sudah bisa didengar dari kejauhan. Kabut tipis akibat percikan air akan turut membentuk cahaya pelangi.

Air terjun ini sayangnya tidak ideal dijadikan sebagai tempat pemandian mengingat debit air yang tinggi serta letaknya di tebing yang cukup tinggi.

Namun, pengunjung masih tetap bisa bermain air di bawahnya. Curug Citambur terutama adalah tempat yang pas untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari serta pastinya Instagrammable.

25. Stone Garden Bandung

Stone garden
Stone Garden Bandung via @abdul_caribo

Beberapa waktu belakangan ini, salah satu tempat wisata di Bandung yang cukup hits ialah Stone Garden.

Bahkan, objek wisata ini telah jadi primadona dari sekian banyak tempat wisata berupa gunung serta dataran tinggi.

Seperti halnya Tebing Keraton, Bukit Moko serta Gunung Lembu yang sama-sama menawarkan keindahan dari ketinggian, Stone Garden juga demikian.

Lokasi persisnya ada di Kamung Girimulya, Desa Gunung Masigit. Stone Garden masuk kawasan Bandung Barat.

Taman berbatu di puncaknya ada di bukit pasir Pawon. Ketinggiannya mencapai 900 meter di atas permukaan air laut serta memiliki luas kira-kira 2 hektar.

Untuk bisa mencapai Stone Garden, aksesnya sangat mudah. Jika Anda datang dari arah Kota Baru Parahyangan, keluarlah dari Tol Padalarang lalu arahkan menuju Cianjur.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat lokal setempat, dahulu kawasan ini berada di dasar laut.

Namun karena adanya aktivitas Bumi serta bergesernya lempeng, maka permukaannya akan terangkat serta menjadi susunan tebing bukit kapur sebagaimana yang bisa Anda lihat sekarang.

Jadi, jangan heran apabila bentuk tebing yang menjulang tampak seperti batu karang berongga di kedalaman laut.

Itu karena memang awalnya batu-batu tersebut berada di dasar laut.

Harga tiket masuknya terbilang murah meriah, yaitu hanya Rp5.000 saja per orang.

Dengan biaya yang sangat murah, Anda sudah bisa menikmati Stone Garden alias Taman Batu yang ada di puncak Pasir Pawon.

Di sini, pengunjung akan merasa seperti berada dalam film Lord of the Rings atau The Flintstone.

Ada banyak posisi batu yang cukup ekstrem sehingga menjadi spot foto menarik, terutama pengunjung yang gemar mengabadikan foto.

Stone Garden bisa jadi tempat wisata yang unik dan menarik karena tidak akan bisa Anda temukan padanannya di tempat lain.

Selain itu, Stone Garden juga terbilang Instagrammable dengan banyaknya latar belakang foto berupa bebatuan yang unik serta menarik.

Siapkan kamera saat berlibur ke sini karena Anda pastinya tak mau ketinggalan untuk berfoto-foto.

26. Gunung Manglayang

Gunung manglayang
Gunung Manglayang via @montside

Gunung Manglayang ada di antara dua wilayah, yaitu Bandung serta Kabupaten Sumedang.

Lokasi gunung ini sangat dekat Kampus Unpad Jatinangor serta Kampus IPDN. Gunung ini sendiri memiliki ketinggian paling rendah dibanding rangkaian gunung yang ada di sekeliling Bandung.

Ketinggiannya adalah 1818 meter di atas permukaan air laut dan menyajikan panorama eksotis yang tak ditemukan pada gunung lain.

Trek dan juga ketinggiannya yang mudah membuat banyak pendaki pemula banyak menjajalnya, terutama dari komunitas pecinta alam di kampus-kampus.

Gunung ini juga dilengkapi deretan pohon pinus yang sejuk serta hijau.

Panorama indah Gunung Manglayang terutama bisa dinikmati dari Puncak Bayangan.

Sementara puncak utamanya tidak bisa terlalu dijadikan titik menikmati pemandangan karena hanya berupa tanah lapang di tengah rimbunnya hutan.

Biasanya pendaki akan mendirikan kemah di puncak bayangan karena lokasinya sangat cocok untuk menikmati keindahan. Di malam hari, akan terlihat taburan bintang di angkasa serta kelap-kelip lampu kota Sumedang.

Pada pagi hari, pendaki bisa menikmati detik-detik matahari terbit dengan rangkaian bukit di sekelilingnya.

Alamat persis Gunung Manglayang ada di Kabupaten Sumedang serta Kabupaten Bandung.

Tiket masuknya sangatlah murah, yaitu hanya Rp1.000 untuk satu kali kunjungan serta Rp3.000 jika menginap.

27. Kebun Bunga Cihideung Bandung

Kebun bunga cihideung
Kebun Bunga Cihideung via @bagor_photography

Wisata kebun bunga di Bandung sangat beragam, salah satunya adalah Kebun Bunga Cihideung.

Di sini, pengunjung akan bisa melihat ragam bunga yang bermacam-macam mulai dari aster, krisan, gladiol, mawar dan lain-lain.

Pecinta bunga bisa berkunjung kemari untuk menyaksikan secara langsung keindahannya.

Tidak hanya dapat melihat-lihat koleksi bunga yang ada, di Kebun Bunga Cihideung pengunjung juga dapat membeli potongan bunga yang ada. Ada juga bunga yang dijual bersama potnya.

Jangan khawatir harus bayar mahal karena harganya relatif terjangkau di kantong.

Petani bunga di sini juga ramah dan membuat pengunjung semakin betah saat berkeliling dan berbelanja bunga.

28. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan teh rancabali
Perkebunan teh rancabali via @raviqofficial

Wisata di Bandung tak sekedar kebun bunga. Ada juga perkebunan teh, salah satunya ialah Perkebunan Teh Rancabali.

Di sini, sudah pasti pengunjung akan sangat dimanjakan oleh segarnya pemandangan yang tampak sangat hijau dan udaranya sejuk.

Berlibur kemari akan memberikan pengalaman tersendiri dengan tema lanskap dedaunan teh yang kehijauan.

Udara segar khas pegunungan akan sangat bagus terutama untuk pengambilan gambar yang bisa dikenang nantinya.

Tak lupa, pengunjung juga dapat melihat proses daun teh yang dipetik langsung oleh para petani dan diolah menjadi teh kering siap konsumsi.

Wisata di kebun teh terutama cocok bagi mereka yang gemar akan petualangan karena bisa menyusuri kebun yang luas.

29. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas ciater
Pemandian air panas ciater via @vinaghnat

Salah satu tempat pemandian air panas di Bandung ialah Pemandian Air Panas Ciater.

Tempat wisata satu ini juga sangat banyak dikunjungi orang.

Di sini, pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan adanya area rekreasi keluarga, tapi juga dapat turut memperbaiki kesehatan oleh hangatnya air panas dari pegunungan.

Air Panas Ciater sendiri berasal dari Gunung Tangkuban Perahu.

Pengunjung dapat berendam dalam air belerang serta menikmati waktu santai sembari menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari.

Air panasnya diklaim dapat mengobati ragam penyakit, seperti rematik, penyakit kulit, sakit pada tulang dan persendian serta gangguan syaraf.

30. Air Panas Ciwalini Bandung

Air panas ciwalini
Air Panas Ciwalini via @tettyrsuhadii

Satu lagi wisata air panas yang bisa didatangi di Bandung ialah Air Panas Ciwalini.

Hampir sama seperti Air Panas Ciater, di sini pengunjung akan dapat merasakan pemandian air panas yang menyegarkan serta bermanfaat bagi kesehatan.

Bedanya adalah sumber gunungnya. Air Panas Ciwalini tidak mengandung aroma belerang dan terdapat dua kolam, satu untuk dewasa serta satu untuk anak-anak.

Ada lagi kolam renang VIP untuk pengunjung yang ingin mendapatkan privasi lebih.

Keunggulan utamanya tentu adalah tidak adanya aroma belerang sehingga bagi mereka yang sensitif akan tajamnya aroma belerang bisa menikmati pemandian air panas dengan tenang.

Selain itu, adanya kolam VIP akan sangat membantu bagi pengunjung yang membutuhkan privasi.

31. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi perkemahan ranca upas
Bumi Perkemahan Ranca Upas via @yunyunyuliani

Pecinta kegiatan outdoor tak boleh ketinggalan tempat wisata di Bandung yang satu ini.

Bumi Perkemahan Ranca Upas telah terkenal sebagai wisata outdoor yang banyak disukai di Bandung.

Terletak di ketinggian 1700 meter di atas permukaan air laut, suasananya sangat asri dan udaranya sejuk, terutama di malam hari.

Banyak aktivitas outdoor yang bisa dilakukan di bumi perkemahan ini.

Aktivitas kemah terutama akan sangat berkesan jika dilakukan di Ranca Upas mengingat lengkapnya fasilitas yang ada dan indahnya pemandangan yang terhampar di depan mata.

BACA JUGA:  Farm House Lembang Bandung, Wisata Favorit Keluarga Khas Eropa

Selain itu, di sini juga terdapat penangkaran Rusa Jawa di mana pengunjung dapat secara langsung berinteraksi dengan rusa-rusa yang hidup di alam terbuka.

32. Curug Cimahi

Curug cimahi
Curug Cimahi via @mardi_deri

Curug Cimahi tergolong sebagai tempat wisata yang ramah di kantong. Air terjun satu ini memiliki keunggulan dari segi ketinggiannya yang mencapai 87 meter.

Curug Cimahi ialah tempat yang pas untuk wisatawan yang hanya memiliki sedikit dana.

Curug ini sendiri mengalir dari Sungai Cimahi di mana berhulu pada Situ Lembang.

Di Situ Lembang tidak hanya ada air terjun namun juga dilengkapi pemandangan alam yang luar biasa.

Backpackers atau mereka yang berwisata dengan dana terbatas terutama bisa mengunjungi Curug Cimahi karena tidak diperlukan biaya besar untuk tiket masuknya.

33. Arung Jeram Sungai Citarum

Arung jeram citarum
Arung Jeram Citarum via @reus_gts

Pecinta adrenalin harus mengunjungi wisata satu ini. Arung Jeram Sungai Citarum telah terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang memacu adrenalin para pengunjungnya.

Peserta arung jeram akan melalui 1.5 jam arus yang terbilang cukup menantang.

Pengunjung akan tetap menikmati wisata ini karena suasana yang sangat seru. Arung Jeram Sungai Citarum juga konon merupakan arung jeram legendaris.

Di sinilah pertama kali olahraga arung jeram diadakan di Indonesia.

Penggemar olahraga arung jeram terutama tidak boleh melewatkan wisata satu ini.

Wahana arung jeram di sini juga telah dilengkapi fasilitas lengkap serta pemandu yang berpengalaman sehingga dijamin keamanannya.

34. Bandung Treetop

Bandung treetop
Bandung Treetop via @dimasndree

Tempat wisata di Bandung yang satu ini masih terbilang jarang diketahui wisatawan. Padahal, wisata alamnya sangat bagus dan memacu adrenalin.

Bandung Treetop berlokasi di alam terbuka serta sangat cocok untuk pengunjung yang menyukai petualangan di alam bebas. Wisata ini sendiri berada di kawasan Bumi Perkemahan Cikole, Lembang.

Di Bandung Treetop, pengunjung tidak hanya disuguhi petualangan namun juga memberi edukasi bagi anak-anak agar lebih mencintai alam di sekitarnya.

Bandung Treetop bisa jadi alternatif tempat wisata yang masih terbilang anti mainstream serta jarang diketahui.

Berwisata di sini terutama akan menambah pengetahuan di samping mendapat sejuknya udara pegunungan serta indahnya pemandangan sekitar.

35. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun strawberry ciwidey
Kebun Strawberry Ciwidey via @haiicut

Suka wisata kebun buah? Maka cobalah datang ke Kebun Strawberry Ciwidey, Bandung.

Pengunjung akan dimanjakan dengan adanya pemandangan hamparan kebun strawberry yang sangat luas.

Tidak hanya itu, pengunjung juga diperbolehkan untuk memetik strawberry yang ada secara langsung.

Strawberry yang dipetik kemudian akan ditimbang dan dihitung berapa harganya. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kebun Strawberry Ciwidey adalah pada saat musim kemarau.

Di musim ini, kualitas strawberry akan sangat bagus.

Wisata ini terutama akan sangat cocok bagi orang-orang yang gemar mengonsumsi strawberry dan menyukai wisata kebun buah.

36. Rumah Strawberry Lembang

Ada lagi wisata berbau strawberry di Bandung, yaitu Rumah Strawberry Lembang.

Objek wisata ini aslinya ialah kafe serta penginapan dengan kebun strawberry sebagai salah satu fasilitasnya.

Ada juga playground serta outbound yang bisa dinikmati di luar ruangan.

Wisata ini terutama akan sangat cocok bagi mereka yang datang bersama anak-anaknya.

Tidak sekedar tempat bermain, Rumah Strawberry Lembang turut menyajikan ragam kuliner yang lezat serta harga terjangkau.

Pengunjung juga dapat memetik strawberry dengan biaya paket Rp135.000 saja dan berat maksimal strawberry yang dipetik adalah 4 ons untuk 4 orang.

Jika pengunjung mengambil lebih dari jumlah tersebut, maka akan dikenakan biaya tambaha Rp6.000 per kilonya.

37. Pemandian Air Panas Cimanggu

Cimanggu ialah kawasan wisata di kaki pegunungan Ciwidey. Berkunjung ke Cimanggu akan membuat Anda disuguhi pemandian air panas yang memiliki kandungan belerang.

Manfaatnya sangat baik bagi kulit. Selain itu, pemandangan alam di sekitar yang sangat asri dengan kabut dan hawa dingin akan turut menyegarkan mata.

Air panas di Cimanggu terhitung lengkap karena dilengkapi pula dengan penginapan serta pondokan bagi pengunjung yang berniat menginap.

Tempat wisata ini terbilang sebagai primadona di Bandung Selatan, baik bagi wisatawan asal Bandung maupun luar Bandung.

Alamatnya ada di Jl. Raya Ciwidey – Patenggang km 13, Patengan, Rancabali.

38. Gunung  Puntang

Kesan pertama dari Gunung Puntang ialah kawasanya masih alami serta banyak ditumbuhi pepohonan besar.

Di sini juga akan ditemukan banyak bangunan peninggalan Belanda.

Lokasinya disebut paling seram di Bandung, akan tetapi hal ini ternyata tidak menyurutkan minat wisatawan yang hendak berlibur ke sana.

Pecinta alam terutama banyak yang memilih Gunung Puntang sebagai lokasi kemah.

Kawasannya sendiri tidak terlalu terpencil karena sudah ada beberapa pondokan serta warung makan.

Ini artinya, keangkeran Gunung Puntang mungkin hanya sebatas mitos.

Pengunjung yang penasaran bisa langsung mengunjungi Gunung Puntang dan turut menyaksikan sendiri seperti apa kondisinya.

39. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut terbilang sebagai objek wisata yang masih belum terlalu terkenal.

Objek wisata ini sendiri adalah danau kecil yang berada di kawasan berbukit dan dikelilingi bebatuan.

Hal inilah yang menyebabkannya tersembunyi dari masyarakat sekitar. Letaknya ada di Kecamatan Rajamandala Kulon, Bandung Barat.

Karena termasuk wisata air, maka aktivitas yang bisa dilakukan di sini juga tidak jauh dari aktivitas olahraga air, seperti berenang.

Pengunjung juga bisa bersantai, camping atau sekedar mengabadikan momen lewat jepretan kamera.

Disarankan untuk tidak mendatangi objek wisata ini saat musim hujan karena rute jalan menuju ke sana akan licin dan air danaunya pasang. Datanglah saat musim kemarau.

Rute menuju lokasi berpatokan pada PLTA Saguling. Jarak dari gapura PLTA menuju danau kira-kira 5 km.

Apabila melalui akses kota Bandung, maka lokasinya bisa ditempuh melalui rute Cimahi Padalarang.

Lewati pusat oleh-oleh Roti Unyil serta pusat oleh-oleh khas Priangan yang ada di pinggir jalan.

Fasilitas transportasi yang disediakan terbilang masih minim, selain itu belum banyak ditemukan toilet serta warung yang menjual makanan.

Disarankan untuk membawa sendiri makanan dari rumah serta pulang sebelum malam.

Keindahan alamnya yang mempesona membuat banyak pengunjung melakukan hunting foto di sini. Hasil foto-fotonya banyak dibagikan di media sosial.

40. Tebing Citatah

Pecinta wisata ekstrem harus mendatangi objek wisata satu ini di Bandung. Tebing Citatah berlokasi di Citatah, Kecamatan Cipatat.

Tebing satu ini memiliki karakteristik batuan dan telah menjadi alternatif wisata guna mengisi liburan panjang.

Tebing Citatah terutama terdiri dari batuan kapur yang aman jika hendak dipanjat.

Di sini akan ditemukan tiga tebing utama yang bisa digunakan untuk memanjat, ketiganya adalah Citatah 90, Citatah 48 dan Citatah 125.

Pemberian naman tersebut disesuaikan dengan ukuran tingginya.

Jadi, Citatah 48 berarti tingginya 48 meter, Citatah 90 berarti tingginya 90 meter dan Citatah 125 berarti tingginya 125 meter.

Semakin tinggi tebing yang dipanjat tentu membuatnya semakin menantang bagi wisatawan, terutama mereka yang menyukai kegiatan panjat tebing.

Dari ketiga tebing yang ada, yang terpopuler ialah Tebing 125. Ketinggiannya terbilang ideal untuk dipanjat serta memiliki jalur yang bervariasi.

Di ketinggian 30 meter akan ditemukan tebing goa alami sebagai tempat istirahat para pemanjat.

Namun, apabila hendak memanjat Tebing 125, pengunjung harus meminta izin RT serta pengurus Karang Taruna Pabeasan.

Tebing ini memang berada di bawah pengawasan warga Pabeasan.

Warga setempat terutama mengurus beragam fasilitas yang ada, seperti saung serta toilet umum di sekitar lokasi.

Tebing Citatah tentu bisa jadi alternatif wisata di akhir pekan yang tidak biasa dan cukup memacu adrenalin.

41. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug ialah wisata air terjun yang masih terbilang baru serta masih terjaga keasriannya.

Hal ini berbeda dengan curug-curug lain di Bandung yang sudah ramai pengunjung sehingga mulai berkurang kesejukannya.

Ada sejuta pesona tersendiri dari curug satu ini. Namanya sendiri diambil dari bahasa Sunda yaitu bugbrug yang berarti tumpang tindih, sementara curug itu sendiri berarti air terjun.

Penamaan ini didasarkan pada air terjunnya yang tampak bertumpang tindih saat jatuh. Di bawahnya terdapat kolam yang menampung air serta membentuk kolam besar.

Sayangnya, pengunjung dilarang berenang di sini karena adanya pusaran air yang bisa menarik sampai ke bawah.

Fasilitas yang ada terbilang lengkap, mulai dari saung, musholla hingga toilet umum.

42. Trans Studio Bandung

Wisata satu ini bisa jadi alternatif wisata untuk seluruh anggota keluarga, terutama bagi yang membawa serta anak kecil.

Trans Studio Bandung memang didesain sebagai wanaha wisata keluarga, karena banyaknya akses transportasi serta pertunjukan andalan yang ada.

Pertunjukan unggulan di sini ialah Kabayan Goes to Hollywood, Petualangan si Bolang dan Zoo Crew, Legenda Putra Mahkota, New Parade, Special Effect Action Show dan Laser Show.

Masih ada lagi sebanyak 20 wahana permainan menyenangkan, mulai dari softplay yang bisa dinikmati anak-anak sampai dengan extreme rides untuk dewasa.

Trans Studio Bandung turut dilengkapi pusat perbelanjaan, Trans Hotel sebagai tempat penginapan serta deretan restoran sebagai tempat makan jika sudah puas berkeliling.

43. Kampung Gajah Wonderland

Wisata Kampung Gajah juga terbilang cocok untuk seluruh anggota keluarga di akhir pekan.

Wisata satu ini mengombinasikan antara wisata keluarga, kegiatan kuliner serta wisata belanja.

Arena permainannya juga lengkap dan menjadi destinasi liburan yang cocok bagi semua kalangan.

Panorama alamnya juga sangat mendukung karena lokasinya berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan air laut.

Tentunya Kampung Gajah menjadi tempat wisata keluarga yang sangat menyenangkan karena suasana alamnya yang mempesona serta sejuk.

Wisata di sini terutama sangat cocok bagi anak-anak karena bisa menambah nilai edukasi bagi mereka.

44. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung diklaim berbeda dari kebun binatang yang lain.

Kebun binatang ini memberi edukasi terkait hewan-hewan yang ada sambil menikmati udara sejuk kota Bandung.

Pengunjung juga bisa merasakan sensasi menunggang gajah serta kuda yang pastinya akan jadi pengalaman tak terlupakan.

Wisata ini terutama sangat bagus sebagai sarana edukasi anak-anak agar mereka bisa lebih mengetahui tentang hewan-hewan.

Harga tiket masuknya terbilang ekonomis sehingga bisa jadi alternatif tempat liburan di akhir pekan.

Kebun Binatang Bandung terutama akan sangat ramai pengunjung di musim liburan.

Jika ingin menghindari lautan pengunjung, datanglah pada saat weekdays.

Kebun Binatang Bandung juga bisa jadi tempat wisata bagi remaja dan dewasa, terutama bagi yang menyukai wisata edukatif.

45. De’Ranch Bandung

De’Ranch Bandung adalah destinasi alam yang tidak biasa dan berbeda dari yang lain.

Di sini, pengunjung akan menikmati suasana alam bertemakan cowboy.

Bukan hanya suasananya saja yang kental akan konsep cowboy, namun juga beragam kegiatan berbau cowboy bisa dilakukan di sini.

Di antaranya adalah menunggang kuda, funboat, naik delman, gold hunter, panahan dan masih banyak lagi.

Setelah puas bermain, pengunjung dapat menikmati ragam kuliner yang ada.

Kuliner yang disajikan di sini ada yang khas Sunda namun ada pula yang khas cowboy Amerika.

De’Ranch juga memiliki banyak spot foto menarik yang Instagrammable sehingga cocok bagi remaja maupun orang dewasa.

46. Floating Market

Tidak lengkap rasanya menyambangi Bandung jika belum menengok pasar apung yang terkenal ini.

Floating Market memadukan sajian kuliner dengan keindahan alam yang tiada duanya.

Penjaja kuliner di sini mengusung konsep layaknya pasar apung.

Tiga konsep utama yang digunakan di Floating Market ialah bermain, belajar serta kuliner.

Sangat banyak jenis kuliner yang dijajakan di sini, mulai dari kuliner khas Nusantara sampai dengan kuliner mancanegara.

Pengunjung bisa menikmati ragam jenis ikan, rujak, mie bakso, hingga pizza dan pasta.

Pastinya menikmati kuliner di atas pasar terapung adalah pengalaman tersendiri yang tidak akan bisa Anda temukan di tempat lain.

47. Kolam Renang Karang Setra

Di Bandung, ada kolam renang yang jadi objek wisata khusus.

Namanya adalah Kolam Renang Karang Setra. Bahkan, tempat wisata ini diklaim sebagai tempat wisata di Bandung yang paling legendaris.

Kolam paling luas di Asia Tenggara tersebut diresmikan sendiri oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno, pada 1954.

Hal ini tentu menjadikannya memiliki nilai sejarah tersendiri karena sudah sangat tua dan ikonik.

Kolam Renang Karang Setra memiliki konsep outdoor serta dilengkapi ragam wahana permainan yang modern.

Di antaranya adalah waterboom dengan lintasan sepanjang 86 meter, kolam naga, kolam pantai, aqua play, water ball, trampoline dan lain-lain.

48. Jendela Alam

Objek wisata yang terletak di Jl. Sersan Bajuri ini menghadirkan suasana sejuk.

Sesuai namanya, Jendela Alam menawarkan liburan alam yang sangat baik bagi anak-anak sebagai salah satu sarana edukasi guna mengenal ragam tanaman serta binatang.

Anak-anak juga dapat mempelajari cara merawat hewan, berinteraksi dengan hewan, cara beternak, cara berkebun hingga memetik buah serta sayur.

Jendela Alam sangat komplit dan bisa jadi tempat yang cocok untuk anak-anak berlibur.

Jam bukanya adalah tiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Khusus untuk akhir pekan, jam bukanya adalah dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

49. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi juga terbilang sebagai tempat wisata yang sangat populer di Bandung.

Biasanya, museum satu ini akan jadi tujuan wisata edukatif untuk para pelajar.

Dibuka sejak 1928, Museum Geologi memiliki dua lantai yang masing-masing memiliki Ruang Orientasi Geografis dalam bentuk relief.

Ruang berikutnya ialah Ruang Geologi dengan koleksi seputar fosil sejarah, bumi serta tata surya.

Pada sayap kanan terdapat pengetahuan tentang sejarah pertumbuhan makhluk hidup.

Sementara di lantai duanya, pengunjung dapat menemukan maket tambang emas paling besar di dunia yang ada di Papua.

50. Museum Konferensi Asia Afrika

Satu lagi destinasi wisata edukatif di Bandung ialah Museum Konferensi Asia Afrika atau KAA.

Museum ini dibangun untuk mengenang diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika pada tanggal 18 hingga 24 April 1955.

Hasil luar biasa yang dicapai membuat Museum KAA dibangun untuk memperingati hal tersebut.

Museum ini sendiri memiliki desain arsitektual art deco dengan lantai dasar berbahan marmer asal Italia.

Ruangan di dalamnya dibuat dari kayu yang kini dikenal sebagai kayu Cikenhout. Penerangannya menggunakan lampu kristal.

Museum ini turut menjadi bagian tak terpisahkan dari Gedung Merdeka sebagai tempat dilaksanakannya konferensi.

51. Museum Sri Baduga

Wisata edukatif sekaligus wisata sejarah tidak hanya bisa didapatkan di Museum Konferensi Asia Afrika, namun juga Museum Sri Baduga.

Jika Museum KAA menceritakan pencatatan sejarah politik serta kenegaraan, maka museum yang satu ini lebih memberi gambaran perjalanan sejarah seputar alam dan juga budaya masyarakat di Jawa Barat.

Selain itu, dijelaskan pula tentang tahap-tahap perubahan yang terjadi.

Di dalam Museum Sri Baduga total terdapat 5367 koleksi dalam bentuk miniatur, replika, foto hingga maket terkait sejarah Kota Bandung.

Pecinta sejarah harus mengunjungi museum ini jika ingin mengetahui lebih dalam seputar sejarah dari Kota Kembang, mulai dari awal berdirinya hingga sekarang.

52. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Wisata satu ini ada di jantung kota Bandung sehingga akan sangat mudah ditemukan.

Nilai manfatanya terutama sangat besar bagi anak-anak sebagai sarana pelatihan membaca aneka rambu lalu lintas.

Wisata Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani ini terbilang murah meriah serta sangat ekonomis sehingga pengunjung tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.

Wisata ini sekaligus memberi pengalaman berkendara menggunakan kendaraan mini dalam jalur buatan yang dilengkapi ragam rambu-rambu lalu lintas.

Anak-anak dapat belajar sambil bermain di wisata satu ini. Wisata edukasi di jantung kota yang murah meriah terutama menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung.

53. Gedung Sate

Tempat bersejarah lain yang bisa dikunjungi ialah Gedung Sate Bandung.

Wisata satu ini terbilang menarik terutama karena sudah sangat dikenal di tengah masyarakat luas.

Walau Gedung Sate sebenarnya adalah peninggalan era kolonial, namun hal ini tidak mematahkan semangat masyarakat dalam melestarikan bentuk bangunan ini.

Gedung Sate juga menjadi ikon dari kota Bandung. Ciri khasnya adalah di setiap sore, gedung akan tampak bersiluet terutama saat matahari terbenam.

Banyak aristek yang mengembalikan keindahan dari arsitektur aslinya.

Walau tampak kuno, namun hal inilah yang justru jadi daya tarik tersendiri dari Gedung Sate.

54. Museum Pos Indonesia

Museum Pos Indonesia terbilang sebagai wisata sejarah yang sangat bersejarah.

Museum Pos Indonesia telah berdiri di zaman Hindia-Belanda pada 1933.

Alamat lengkapnya ada di Jl. Cilaki no.73 Bandung. Bangunan ini dulunya didesain dua arsitek Belanda, Leutdgebouwdienst dan J. Berger.

Nama aslinya adalah Museum Pos dan Giro sebelum diubah menjadi Museum Pos Indonesia.

Fungsi awalnya adalah sebagai kantor Telegrap dan Telepon.

Peneliti filateli wajib menjadikan Museum Pos Indonesia sebagai destinasi wisata.

Di sini, pengunjung bisa melihat koleksi ribuan perangko dari seluruh belahan dunia, serta benda-benda pendukung dalam pengiriman pos seperti alat penimbang yang masih kuno.

Sepeda pengirim juga bisa dilihat di sini. Semua koleksinya masih terbilang rapi serta terawat dengan baik.

55. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum satu ini menjadi saksi para prajurit Siliwangi yang bertempur dalam mempertahankan kedaulatan daerahnya bersama dengan rakyat Jawa Barat.

Dulunya, museum ini adalah sebuah markas militer. Lokasinya ada di Jl. Lembong 38, Bandung.

Di dalamnya tersimpan ragam koleksi senjata tradisional, sebut saja seperti pedang bambu, klewang, kujang serta keris.

Tidak hanya berisi senjaga, bisa dilihat pula koleksi uang di masa penjajahan serta awal kemerdekaan.

Semua koleksi uang dipajang di dinding bersama foto-foto mantan Panglima Divisi Siliwangi.

Museum buka untuk umum mulai dari Senin hingga Kamis pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB.

BACA JUGA:  Wisata Bandung Yang Menarik, Fotogenik dan Instagramable

56. NuArt Sculpture Park

Wisata satu ini ialah sebuah taman yang dilengkapi galeri seni terbaik karya Nyoman Nuarta.

Pengunjung dapat menikmati segar serta sejuknya udara Kota Bandung sembari melihat keindahan tiap patung yang masing-masing memiliki ceritanya tersendiri.

Landmark dari tempat wisata ini terdiri dari dua lantai.

Lantai pertama adalah pameran Nyoman Nuarta, sementara lantai kedua dijadikan pameran untuk seniman lain.

Ada juga Craft Boutique di mana dijual aneka miniatur karya Nuarta dan seniman-seniman lain.

Di sini juga tersedia workshop yang memungkinkan pengunjung belajar membuat ragam kesenian seperti batik, lukisan hingga patung.

Alamat lengkapnya ada di Jl. Sutra Duta Kencana, Bandung.

57. Observatorium Bosscha

Di samping Museum Geologi Bandung, Observatorium Bosscha juga menjadi lokasi wisata edukatif lainnya bagi anak-anak yang sering dikunjungi.

Wisata edukatif satu ini terbilang menarik karena di sini pengunjung akan bisa mengamati bintang yang ada di langit.

Berlokasi di Lembang, Observatorium Bosscha memiliki teleskop raksasa di mana pengunjung akan bisa mengamati bintang-bintang serta planet yang berjarak ratusan ribu kilometer.

Tempat wisata satu ini terutama dikenal sebagai salah satu lokasi syuting untuk film Petualangan Sherina yang sempat menjadi hits di tanah air.

Berkunjung ke Observatorium Bosscha terutama menjadi keharusan untuk para pecinta sains. Banyak pengetahuan seputar tata surya yang bisa didapat di sini.

58. Saung Angklung Udjo

Pecinta seni musik serta budaya Sunda tak boleh melewatkan wisata satu ini. Saung Angklung Udjo ialah tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pengunjung bisa mengenal lebih dekat seputar alat musik khas Sunda terutama yang terbuat dari bambu.

Di sini juga biasanya akan digelar ragam acara berbau adat.

Di antaranya adalah Wayang Golek, Tari Topeng, Helaran serta Orkestra Angklung.

Ragam pagelaran ini rutin digelar tiap sore. Pengunjung terutama akan dapat belajar secara langsung bagaimana caranya memainkan alat-alat musik tradisional itu langsung dari ahlinya.

59. Kuliner Rumah Makan Legoh

Wisata kuliner satu ini ada di Dago, tepatnya di Jl. Sultan Agung No.9 Bandung.

Slogan yang diusung ialah Empat Sehat, Lima Kenyang. Menu yang disajikan terbilang sangat variatif.

RM Legoh terutama dikenal akan level pedas untuk tiap menu yang ada. Jam buka RM Legoh ialah mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Keunikan utama dari RM Legoh ialah sang pemilik yang akan langsung menyapa tiap konsumennya, baik yang datang langsung maupun di dunia maya melalui media sosial resmi RM Legoh.

Restoran ini sendiri didirikan oleh penabuh drum band metal KOIL di mana ia turut menjadi koki di sini.

Segala keunikan tersebut tentu membua pengalaman bersantap di RM Legoh makin tak terlupakan.

60. Cihampelas Walk

Wisata belanja di Bandung telah menjadi daya tarik tersendiri dari Kota Kembang sejak sekian lama.

Bahkan, Bandung diklaim sebagai surga belanja. Barang yang beraneka ragam dan harga yang murah membuatnya sering jadi tempat belanja grosir untuk pedagang.

Salah satu tempat belanja yang sudah banyak dikenal ialah Cihampelas Walk atau Ciwalk.

Kawasan wisata belanja ini mengusung konsep alami sesuai suasana kota di Bandung.

Pengalaman ngemall di Ciwalk dijamin berbeda dibanding mall-mall lain.

Ciwalk turut menyediakan ragam jajanan dan kuliner yang bisa disantap setelah puas berbelanja. Udara sejuk akan turut menambah rasa semangat.

61. Jalan Setiabudi

Di daerah Bandung Utara, ada Jalan Setiabudi yang menjadi salah satu tempat wisata menarik di Bandung.

Jalan ini ialah salah satu destinasi wisata kuliner yang sangat difavoritkan pecinta kuliner Bandung.

Sangat banyak menu yang disajikan di sini, mulai dari Maja House, Surabi Enhai hingga Rumah Sosis.

Keunikan Jalan Setiabudi membuatnya banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik yang berasal dari Bandung maupun luar Bandung.

Daya tariknya yang lain adalah harga makanan yang terbilang ekonomis.

Mulai dari Rp7.000 saja pengunjung sudah bisa menikmati menu kuliner yang ada.

62. Pascal Food Market

Salah satu destinasi wisata kuliner terfavorit di Bandung adalah Paskal Food Market.

Kaum muda terutama sering nongkrong di sana sembari menikmati ragam menu kulinernya.

Paskal menyajikan hingga 1000 jenis menu sehingga dinamakan 1001 Menu.

Ragam kuliner yang ada mulai dari empal gentong bakso, kedai kopi, masakan Jepang, masakan Cina dan lain-lain.

Paskal Food Market turut menggunakan ragam dekorasi lampu yang memancarkan cahaya kekuningan di tiap sisi.

Suasana yang ada menjadi semakin romantis, apalagi dengan adanya live music yang ada di panggung kecil.

Perhatikan menu yang dipesan karena tidak semua makanan yang dijual di sini halal.

63. Kampung Daun

Masih seputar wisata kuliner, di Bandung ada tempat makan yang pastinya sudah tidak asing lagi serta sangat populer di telinga para wisatawan.

Namanya adalah Kampung Daun. Wisata ini mengusung tema suasana khas di pedesaan Sunda, lengkap dengan gemericik suara air terjun.

Suasana yang dihasilkan adalah romantis namun tetap asri khas pedesaan. Menu makanan yang ditawarkan sangat bervariasi.

Bukan hanya makanan khas Sunda saja, namun Kampung Daun turut menyajikan ragam makanan khas luar negeri.

Rentang harganya cukup ekonomis, yaitu mulai dari Rp35.000 sampai dengan Rp115.000 saja.

64. Sapu Lidi Bandung

Wisata kuliner unik di Bandung terbilang sangat banyak, salah satunya ialah Sapu Lidi Bandung.

Sapu Lidi mengusung konsep yang unik, di mana desainnya mirip desa persawahan serta dilengkapi dengan danau.

Pengunjung akan berasa seperti tengah makan di tengah pematang sawah.

Sapu Lidi turut menyediakan saung-saung bambu dengan atap jerami seperti layaknya gubug panggung.

Pengunjung bisa menyantap makanan secara lesehan. Pada bagian bawahnya terdapat rerumputan hijau, sementara di bagian sampingnya dikelilingi petak-petak sawah.

65. Toko You

Toko You menambah panjang daftar wisata kuliner di Bandung.

Bahkan, bisa dibilang Toko You adalah salah satu wisata kuliner yang legendaris.

Pasalnya, Toko You telah berdiri sejak 1947 dan rugi rasanya jika pergi ke Bandung namun tak berkunjung ke sini.

Salah satu menu makanan yang sangat diunggulkan adalah mie yamin. Alamat Toko You ada di Jl. Hasanuddin 12 Bandung.

Lokasinya dekat dengan RS Boromeus sehingga akan mudah ditemukan.

Rumah makan satu ini memiliki ciri khas yaitu adanya pagar tanaman yang terbuat dari pohon tua serta bambu.

66. Wisata Oray Tapa

Kota Kembang tampaknya tak pernah kehabisan tempat wisata di ketinggian.

Satu lagi objek wisata yang harus didatangi ialah Oray Tapa. Lokasinya ada di ketinggian 700 meter di atas permukaan air laut.

Sudah pasti curah hujan di sini cukup tinggi, yaitu mencapai 2.000 mm per tahun. Suhu rata-ratanya juga cukup rendah, yaitu berkisar antara 19 hingga 26 derajat Celcius.

Di udara yang sejuk ini, pengunjung akan dimanjakan dengan lebatnya hutan pinus serta cemara yang pasti dapat memanjakan mata.

Selain itu, di Oray Tapa pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan Kota Bandung dari ketinggian.

Tentunya akan sangat menyenangkan melihat lanskap Kota Bandung dari daerah yang tinggi yang terhampar luas di depan mata.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di sini. Di antaranya adalah kemah, motocross, offroad hingga sepeda santai.

Trek motocross dan offroadnya terbilang cukup menantang sehingga layak dicoba terutama untuk pengunjung yang memang menggemari olahraga tersebut.

Tak hanya itu, fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap.

Sebut saja mulai dari papan petunjuk arah agar bisa menemukan spot yang diinginkan dengan mudah, loket karcis, tempat parkir luas hingga jalan setapak yang bisa digunakan untuk berjalan-jalan, sepeda santai hingga motocross.

Jalur yang disediakan tidak licin sehingga dijamin aman.

Walau demikian, masih ada beberapa spot di Oray Tapa yang memang masih perlu dilakukan perbaikan.

Pengunjung masih akan dimanjakan dengan adanya tempat duduk bagi mereka yang sudah capek berjalan-jalan di sekitar lokasi.

Fasilitas lain mencakup MCK, mushola hingga shelter yang nyaman. Wana wisata Oray Tapa sudah tergolong populer sehingga aksesnya cukup mudah.

Lokasinya sendiri ada di Desa Mekar Manik, Kecamatan Cimenyan.

Area wisatanya memiliki luas sekitar 5 hektar dan berada di bawah naungan KPH bandung, RPH Arca Manik serta BPKH Manglayang Barat.

Dengan naungan tersebut, dapat dipastikan wana wisata ini dikelola secara baik dan pengunjung akan sangat dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada.

67. Es Krim Rasa Bakery dan Café Bandung

Wisata satu ini adalah surga bagi pecinta es krim. Restoran ini terbilang legendaris karena sudah berdiri selama 50 tahun serta terkenal akan racikan menu Eropa seperti ragam es krim dan Saueys brood.

Menu-menu lokal juga banyak disediakan di sini, seperti soto, laksa hingga es cincau.

Menu andalan di Es Krim Rasa Bakery dan Café Bandung ialah Coconut Royale Ice Cream.

Rasanya dijamin menggoyang lidah dan pasti membuat siapapun ketagihan.

Pecinta es krim baik anak-anak, remaja maupun dewasa bisa sama-sama menikmati lezatny es krim yang dijajakan di sini.

68. Pasar Baru Bandung

Pecinta belanja tak boleh melewatkan Pasar Baru Bandung. Harga yang ditawarkan tergolong murah meriah dan banyak sekali tersedia pakaian serta ragam aksesoris.

Wisawatan asing terutama yang berasal dari Malaysia juga banyak memadati wilayah ini, di samping wisatawan asal Indonesia tentunya.

Untuk mendapatkan harga yang benar-benar murah, pengunjung harus bersabar dan mengeluarkan keahlian menawar.

Sebagian wisatawan bahkan mengatakan bahwa belum lengkap rasanya berkunjung ke Bandung kalau belum datang ke Pasar Baru.

69. Kawasan Dago Bandung

Kawasan Dago di Jl. Ir. H. Djuanda satu ini adalah surga belanja fashion karena di pinggir jalannya terdapat Factory Outlet yang telah jadi identitas kawasan ini.

Bahkan, kawasan ini telah lama dikenal sebagai prioritas tempat belanja bagi para wisatawan.

Factory Outlet di Dago menawarkan ragam barang baik dari jenis maupun kualitasnya.

Kontrol diri dengan baik agar tidak mengeluarkan terlalu banyak uang di sini mengingat barang-barang yang ada bisa sangat menggiurkan.

Kawasan Dago tidak hanya berisi Factory Outlet tapi juga tempat nongkrong anak-anak muda seperti Dago Pakar dan Taman Ganesha.

Tidak heran jika tiap wisatawan yang datang ke Bandung pasti menyempatkan diri mampir ke Kawasan Dago.

70. Rumah Mode Bandung

Jika di Kawasan Dago terdapat jejeran Factory Outlet, maka Rumah Mode ialah pusat Factory Outlet yang paling ternama di Bandung.

Wisatawan yang gemar mengunjungi tempat wisata belanja terutama tidak boleh melewatkan yang satu ini.

Desain Rumah Mode tampak seperti rumah dan sangat nyaman dikunjungi bersama keluarga.

Bahkan, di sini juga terdapat fasilitas berupa area bermain anak. Interior serta eksteriornya luas dan sangat menarik.

Di bagian luar terdapat air mancur yang menambah asri suasana.

Barang-barang yang ditawarkan tentu tak jauh-jauh dari ragam item fashion dan aksesoris.

Rentang harganya terbilang beragam, mulai dari yang cukup terjangkau hingga yang bisa menguras kantong.

71. Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut

Wisatawan yang pernah mengunjungi Bandung hampir pasti mengenal lokasi ini. Cibaduyut dikenal sebagai sentra kerajinan tas serta sepatu.

Di sepanjang jalannya terdapat jejeran toko yang menjual ragam tas serta sepatu dengan harga yang cukup terjangkau.

Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut sendiri didirikan Presiden Soeharto pada 1989 dan hingga kini menjadi pusat penjualan sepatu paling panjang di dunia.

Banyak dari hasil kerajinan sepatu di sini yang sudah diekspor ke luar negeri. Wisatawan terutama bisa menawar harganya agar didapat banderol yang paling murah.

Seringkali pedagang tas dan sepatu akan membeli secara grosir di sini karena harganya yang terjangkau.

72. Masjid Raya Agung Bandung

Di samping ragam wisata adat, kuliner, belanja hingga sejarah dan edukatif, tidak lengkap rasanya jika tidak menyinggung wisata religi yang juga tersedia di Kota Kembang.

Masjid Raya Agung Bandung ialah masjid paling besar serta fenomenal yang ada di Bandung. Wisata rohani serta religi ini berlokasi di alun-alun kota Bandung.

Masjid ini juga merupakan bangunan megah dengan fungsi sebagai tempat ibadah sekaligus pusat kajian agama Islam.

Lokasinya sangat strategis karena berada tepat di jantung kota Bandung.

Masjid ini juga berdekatan dengan aneka lokasi wisata khas Bandung, seperti Jalan Braga, alun-alun kota bandung serta Pasar Baru.

Pengunjung Masjid Raya Agung Bandung hampir selalu membanjiri kawasan ini baik pada siang maupun malam hari.

Aktivitas di luar maupun di dalam masjid juga nyaris selalu dipadati pengunjung.

Hal ini terutama setelah dilakukan pemugaran pada bagian luarnya.

Rumput sintetis dipasang pada halaman masjid sehingga menambah kesan cantik dan istimewa.

Perubahan ini membuat wisatawan semakin tertarik untuk berkunjung.

Pengunjung juga dapat melihat hamparan Kota Bandung yang luas dan indah terutama apabila dilihat pada malam hari.

Gemerlap lampu kota akan turut menambah syahdu suasana.

Pengunjung bisa naik ke atas menara masjid dengan lift yang akan membawa sampai ke ketinggian 19 lantai.

Harga tiket masuk di sini adalah Rp3.000 untuk dewasa serta Rp2.000 untuk anak-anak.

Sangat terjangkau bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan kota Bandung dari ketinggian.

Alamat Masjid Raya Agung Bandung adalah di Jl. Asia Afrika Kota Bandung.

Tempatnya strategis dan banyak akses untuk menuju ke sana. Jika perjalanan dimulai dari Terminal Leuwipanjang, bisa digunakan bus Damri rute Leuwi Panjang – Cicaheum dan berhenti tepat di depan masjid.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan angkot rute Leuwi Panjang – Kebon Kalapa, kemudian turun di Jl. Ijan.

Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kira-kira 500 meter di Jl. Dewi Sartika.

73. Taman Jomblo

Nama taman ini sebenarnya bukanlah Taman Jomblo, melainkan Taman Pasupati. Taman ini juga telah menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit di Bandung.

Taman Pasupati diresmikan oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pada 4 Januari 2014.

Jadi, Taman Pasupati masih terbilang sebagai wisata yang relatif baru. Walaupun masih baru, namun nyatanya banyak pelancong yang menikmati waktunya di sini, bahkan memfavoritkan Taman Pasupat.

Lokasinya ada di daerah Pasupati, tepatnya di bawah jembatan Pasupati.

Itulah mengapa taman ini dinamakan Taman Pasupati. Lalu, dari mana sebutan jomblo berasal? Ternyata, alasannya tidak lain adalah karena Taman Pasupati dikhususkan bagi para jomblo.

Ridwan Kamil sendirilah yang memberi istilah tersebut.

Di taman ini, akan ditemukan banyak tempat duduk dengan bentuk kubus, ukurannya kecil dan berwarna-warni.

Pengaturan tempat duduk ini dirasa pas bagi mereka yang masih sendiri saja alias jomblo.

Namun, walau demikian, Taman Pasupati juga jadi tempat favorit di Bandung.

Banyak fasilitas yang disediakan di sini, mulai dari papan skateboard serta arena luas dan juga fasilitas keamanan.

Lokasinya sangat strategis, yaitu tepat di bawah jembatan Pasupati. Dulunya, lokasi Taman Pasupati adalah tempat yang gersang serta tak terurus.

Namun oleh Kang Emil, sebutan akrab Ridwan Kamil, lokasi gersang tersebut diubahnya menjadi sebuah taman yang cantik serta kekinian.

74. Villa Isola

Villa Isola ialah sebuah gedung peninggalan zaman kolonial Belanda.

Gedung ini sendiri sangatlah terkenal tidak hanya di Bandung ataupun Indonesia, namun juga sampai ek luar negeri.

Gedung Villa Isola adalah tempat penting pada masa penjajahan Belanda.

Dilihat dari konstruksi serta desain arsitekturnya saja sudah sangat mewah sehingga menandakannya sebagai sebuah bangunan penting pada masanya.

Apalagi gedung ini dibangun pada masa kolonial Hindia-Belanda di mana pada masa itu, belum banyak ada bangunan yang model arsitekturnya megah.

Namun di samping kemegahannya, Villa Isola menyimpan sejumlah misteri. Banyak rumor beredar bahwa gedung ini dihuni oleh makhluk halus.

Benarkah demikian?

Rumor ini ternyata tidak lepas dari sejarah Villa Isola saat baru pertama kali dibangun dulu.

Pemilik Villa Isola yang bernama Dominique Willem Baretty memiliki kisah masa lalu yang kelam.

Ia adalah pengusaha serta milyarder papan atas di Indonesia pada masanya.

Di era kolonial Belanda, kekayaan Baretty mencapai Rp250 milyar yang tentu saja sangat banyak.

Namun walaupun kaya raya, kehidupannya tidaklah bahaggia. Ia memiliki keluarga yang kacau serta musuhnya banyak.

Di Villa Isola inilah Baretty seringkali mengasingkan diri.

Pada akhirnya, ia meninggal di atas pesawat saat tengah dalam perjalanan pulang ke Indonesia dari Belanda.

Kabar yang beredar adalah bahwa pesawat Baretty ditembak jatuh salah satu musuhnya.

Kisah kelam inilah yang membuat Villa Isola diyakini memiliki banyak penghuni berupa makhluk halus.

Baretty yang tewas terbunuh hingga digunakannya bangunan villa sebagai tempat pengasingan diri kemudian membuat arsitektur megah ini menyimpan kesan angker.

Bagi penggemar teori-teori konspirasi serta kisah-kisah horor tampaknya akan sangat menyukai wisata sejarah di Villa Isola.

Lokasi persisnya ada di Jl. Setia Budi, Daan Mogot. Pengunjung bisa melihat Villa Isola secara langsung di sini

Nama gedung sendiri telah diubah secara permanen menjadi Bumi Siliwangi.

Kini, gedung tersebut dijadikan gedung rektorat untuk Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI.

Namun bahkan setelah nama dan fungsinya diubah, hal tersebut tak menyurutkan kisah-kisah angker mengenainya.


Itulah ragam tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi.

Mulai dari wisata adat, wisata sejarah, wisata edukatif, wisata alam, wisata kuliner hingga wisata belanja, semuanya lengkap tersedia di Kota Kembang.

Semua orang bisa menghabiskan waktunya di Bandung, mulai dari anak-anak di wahana wisata yang aman hingga remaja dan dewasa yang menyukai wisata ekstrem.

Semua tempat wisata di atas juga terbilang terjangkau sehingga tidak terlalu banyak membutuhkan dana.

Aksesnya mudah terutama untuk tempat-tempat wisata yang ada di pusat kota.

Rencanakan liburan ke Bandung bersama seluruh anggota keluarga mulai dari sekarang, terutama daftar objek wisata yang akan dikunjungi.

Jadi, bagaimana? Sudah ada rencana ke Bandung? Jangan lupa selfie di tempat wisata di Bandung yang dibahas tadi untuk mengabadikan momen.

Jangan lupa share fotonya ke fanpage facebook kita. Okey!!

Have a nice day ya..