Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang, Tempat Asik dengan Fasilitas Lengkap

Dusun Bambu Family Leisure Park adalah sebuah resort sekaligus tempat wisata keluarga yang populer di Bandung. Tempat menarik satu ini dijamin bisa membuat Anda bersama keluarga betah berlama-lama di sini.

Lokasi wisata ini berada di kaki Gunung Burangrang Cisarua Lembang yang memiliki pemandangan cantik dan berudara sejuk khas Jawa Barat dengan fasilitas lengkap. Selain menjadi tempat wisata keluarga dan wisata kuliner, juga menjadi salah satu tempat wisata belanja yang ada di Bandung.

spot foto di dusun bambu
Spot di Dusun Bambu @roffiur_

Selain itu, keunikan bangunan berbahan bambu di sini adalah daya tarik utama bagi para wisatawan. Tempat ini juga terkenal karena adanya penginapan romantis yang banyak dikunjungi wisatawan. Maka, tak heran jika setiap harinya tempat ini selalu ramai pengunjung.

Mau tau seperti apa keunikan Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang ini? di sini Tempat Asik akan membahasnya secara lengkap buat para sahabat semua.

Lokasi dan Rute ke Dusun Bambu

lokasi dusun bambu
Lokasi Dusun Bambu yang indah via @haiicut

Lokasi wisata ini berada di Jalan Kolonel Masturi KM. 11, Kertawangi, Cisarua, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

1.Rute lewat kota Bandung

Melalui Jalan Sersan Bajuri (jalan di seberang Terminal Ledeng), ikuti jalan sampai melewati Jalan Kolonel Masturi ke arah Villa Istana Bunga. Lanjut ikuti jalan sampai kampus/Universitas Advent. Ikuti jalan, lalu belok kanan mengarah ke Curug Cimahi (masih tetap Jalan Kolonel Masturi). Dari Curug Cimahi sekitar 300 meter di kanan jalan ada jalan masuk dengan gapura bertuliskan “KOMANDO”, masuk sekitar 500 meter sampai di gerbang masuk wisata Dusun Bambu.

2.Rute alternatif lewat Cimahi

Ada satu jalan dari Cimahi menuju kota Bandung, yaitu lewat jalan Jenderal Sudirman lurus ke barat sampai di Alun-alun kota Cimahi. Di sebelah alun-alun ada Jalan Kolonel Masturi yang menanjak sekitar 11 km ke arah Curug Cimahi. Dari Curug Cimahi bisa mengikuti rute sama seperti diatas.

Di sepanjang jalan Kolonel Masturi bisa melihat beberapa papan petunjuk, tetapi saat malam hari papan petunjuknya tidak terlihat.

Harga Tiket Masuk Wisata Dusun Bambu

  • Harga tiket masuk : Rp 15.000,-/orang. Bagi anak dibawah umur 3 tahun, gratis masuk.
  • Biaya parkir sepeda motor : Rp 5.000,-/kendaraan.
  • Biaya parkir mobil : Rp 10.000,-/kendaraan.

Untuk beberapa wahana tertentu pengunjung harus membayar biaya lagi.

BACA JUGA:  Farm House Lembang Bandung, Wisata Favorit Keluarga Khas Eropa

Tempat ini buka setiap hari dari jam 08.00 – 22.00 WIB.

Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Dusun Bambu

Di area wisata yang luas sekitar 15 hektar ini, pengunjung bisa melakukan hel seru seperti :

1.Jogging atau lari

Bagi Anda yang meyukai hobi jogging ataupun lari, disini bisa menjadi salah satu lokasi yang cocok karena udaranya yang sejuk dan berada di area yang cukup luas.

2.Bersepeda

bersepeda di dusun bambu
Berkeliling dengan bersepeda @agunglugiana

Selain jogging, pengunjung disini bisa bersepeda bersama teman maupun anggota keluarga dengan tersedianya fasilitas rental sepeda. Jadi, Anda tak perlu repot membawa sepeda dari rumah.

Dengan bersepeda, pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya kebun teh serta pemandangan alam yang asri dan damai. Tentu terasa lebih seru dan menyenangkan jika bersepeda bersama-sama.

Jika ingin menikmati pemandangan kebun teh dari atas bukit, Anda bisa ke lokasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo.

3.Mengajak anak bermain di Balad Lodaya

suasana pedesaan di dusun bambu
Suasana pedesaan @sainiyh

Wisata di alam terbuka ini tak hanya bermain saja, tetapi juga menjadi sarana edukasi bagi anak-anak. Anak-anak bisa diajarkan cara bercocok tanam, pengetahuan tentang produk pertanian, dan bisa bermain permainan tradisional khas Sunda disini.

Area persawahan Balad Lodaya yang hijau ini bisa membuat suasana hati jadi tenang dengan nuansa pedesaan. Saat panen tiba, pengunjung bisa ikut memanen bersama dengan petani disini. Seru bukan.

4.Bersantai di Arimbi Garden

arimbi garden
Taman bunga Arimbi Garden @k_ziiaa

Arimbi Garden/Arimbi Flower Garden yang berada di atas kompleks Desa memberikan pemandangan yang indah dengan adanya taman bunga warna-warni.

Pengunjung bisa bersantai sambil berfoto-foto dengan indahnya tanaman bunga cantik disini. Jika ingin berfoto dengan taman bunga, Anda juga bisa berwisata ke Merapi Park Jogja.

5.Bermain di Tegal Pangulinan

hal seru di dusun bambu
Hal seru di Dusun Bambu @inansie

Tegal Pangulinan berupa lapangan luas yang berada di dekat Pasar Khatulistiwa. Disini, semua anggota keluarga bisa bermain dengan santai. Disini ada permainan tradisional yang bisa mendidik putra-putri Anda untuk mengasah kemampuan seperti  bermain egrang, bekiak, panahan, layang-layang, hulahoop, congkak, bermain ayunan/jungkat-jungkit dan lainnya. Hal seru lainnya adalah pengunjung juga bisa memberi makan kelinci.

Jika ingin merasakan wahana permainan menarik lainnya dan mencoba naik bianglala bisa mencoba permainan yang ada di Sindu Kusuma Edupark Jogja.

6.Foto pre-wedding dan acara pesta pernikahan

Berfoto selfie disini adalah hal seru yang bisa dilakkukan pengunjung, tetapi lebih unik lagi jika bisa mengambil gambar pre-wedding dengan background Dusun Bambu yang indah ini. Pastinya akan menjadi hal yang berkesan dengan mengabadikan moment indah bersama pasangan.

Selain itu juga bisa mengadakan acara pesta pernikahan di tempat indah ini dengan kapasitas tamu yang cukup banyak

Asal-usul Dusun Bambu

Wisata keluarga yang berada di Kabupaten Bandung Barat ini menawarkan sensasi wisata mengusung konsep semangat ecotourism dengan arsitektur hijau alami. Tempat wisata ini mengedepankan unsur edukasi, karena dalam konsep ini harus ada unsur ekologi, etnologi, dan ekonomi dengan kerja sama bersama warga sekitar. Berkembang lagi menambah unsur estetika, etika, dan edukasi.

danau dusun bambu
Danau Dusun Bambu via @yedijatiez

Disini ada koleksi sekitar 58 dari 112 jenis bambu yang ada di Indonesia dan tertata rapi menghiasi kawasan wisata seluas 15 hektare.

Nama Dusun Bambu ini sendiri berasal dari kawasan yang memang menanam beberapa jenis bambu dari Indonesia. Indonesia adalah negara yang punya banyak tanaman bambu setelah negara Cina, dan Jawa Barat ini adalah daerah terbanyak mempunyai tanaman bambu dibanding tempat laini di Indonesia.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Di Bandung

Tagline “Family Leisure Park” ini menjamin semua anggota keluarga yang berlibur disini merasa bahagia dan mendapat pengalaman baru. Selain itu, disini ada villa eksklusif Kampung Layung dan Cafe Burangrang dengan daya tampung seribu orang.

Wisatawan juga bisa melihat indahnya sunset dari pegunungan yang hijau saat cuaca cerah.

Fasilitas di Dusun Bambu

Fasilitas selain area parkir, toilet, mushola, ada fasilitas pelengkap lainnya seperti tempat wisata kuliner, belanja dan penginapan yang menarik.

Tempat wisata kuliner (restoran dan cafe)

1.Burangrang Cafe & Resto

burangrang cafe dusun bambu
Burangrang Cafe via @prasetiarm

Nama cafe ini berasal dari lokasinya, yaitu karena terletak di kaki Gunung Burangrang. Desain bangunan unik yang mayoritas berupa kaca ini membuat para pengunjung bisa menikmati makanan sambil menengok indahnya panorama gunung Burangrang. Selain itu, resto ini juga bisa menjadi lokasi untuk kumpul keluarga besar/family gathering atau acara lainnya seperti di Ledok Gebang.

Disini juga menyajikan seduhan kopi dan tempat ini termasuk salah satu tempat asik untuk menikmati kopi di Bandung. Selain kopi, juga menyajikan minuman tradisional Bandrek khas Bandung.

2.Saung Purbasari

dusun bambu
Saung Purbasari Dusun Bambu @professorvinn

Saung ini berada di tepi kolam/danau dan cukup dekat dengan Cafe Burangrang. Pengunjung cukup jalan kaki ataupun naik perahu kecil untuk menuju lokasi saung. Disini pengunjung bisa lesehan mencicipi makanan enak dan murah dengan nuansa alam khas Dusun Bambu.

Resto ini juga bisa dibilang sebagai tempat makan khas Sunda di Bandung yang cukup populer, karena cita rasa menu disini tak kalah dengan tempat makan khas Sunda lainnya. Di tepian danau ini, para pengunjung menjadikan sebagai lokasi favorit untuk berfoto.

Di danau buatan ini terdapat panggung amphiteater seperti di Taman Bunga Nusantara. Di setiap akhir pekan, pengunjunug bisa melihat pertunjukan budaya/musik khas Sunda.

3.Lutung Kasarung

lutung kasarung
Lutung Kasarung via @esayp

Tempat makan di Burangrang Cafe yang unik dan berada di luar gedung utama ini bernama Lutung Kasarung berdesain menyerupai sarang burung. Bagi kamu pemburu tempat makan unik, tak ada salahnya mencicipi aneka makanan di Lutung Kasarung bertema unik ini. Suasananya seperti berada di dalam sarang burung yang berada di atas pohon dan tergantung. Hmm, seru pastinya.

Disini ada sajian menu khas Sunda, Nusantara dan Internasional. Karena ragam menu makanan disini, tak heran jika tempat ini dikenal sebagai tempat wisata kuliner di Bandung.

Tempat wisata belanja : Pasar Khatulistiwa

Pasar Khatulistiwa di dusun bambu
Pasar Khatulistiwa via @nancysilitonga

Pasar Khatulistiwa disini serupa dengan pasar tradisional yang modern mirip swalayan. Pengunjung bisa berbelanja dan membeli oleh-oleh khas Bandung disini sebagai buah tangan. Di pasar ini menyajikan aneka produksi hasil pertanian organik yang segar seperti jenis buah-buahan, sayur-mayur, ada souvenir/kerajinan dari karya warga sekitar, dan banyak produk makanan tradisional yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Tempat penginapan yang unik

Bagi pengunjung yang merasa bosan dengan fasilitas hotel di Lembang saat berlibur, penginapan unik dan nyaman disini bisa Anda coba bersama keluarga tercinta.

1.Villa Kampung Layung

Keunikan villa ini adalah kawasan penginapan bernuansa alam serta pedesaan yang sejuk dan alami. Bangunannya berdesain unik yang berbahan dari bambu, untuk harga sewa kamarnya pun juga terjangkau.

Menariknya, tiap villa disini punya nama unik diambil dari tokoh khas Sunda seperti Kabayan, Sangkuriang, Nyi Iteung dan lainnya. Keunikan disini merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan

BACA JUGA:  4 Pantai Eksotis Ini Penyebab Membludaknya Wisatawan Di Pulau Weh, Sabang.

Ada 3 macam villa dengan harga berbeda.  Village Residence : Rp 2.500.000,-, Deluxe Village Residence : Rp 2.750.000,-, dan Family Village Residence Rp 3.750.000,- (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitas seperti private garden, BBQ, dapur, ruang tamu, dan bonfire.

2.Eagle Camping Ground

camping di dusun bambu
Camping di Eagle Camping Ground via @mirakenny

Jika bosan camping di alam lepas seperti di Gunung Andong, Anda bisa mencoba camping di area Glamping (glamour camping) di Lembang yang menarik dan romantis ini. Menginap disini dengan fasilitas lengkap bersama teman ataupun keluarga akan terasa lebih menyenangkan dan menjadi hal seru tentunya.

Area camping ini berdesain menarik dan unik dengan pemandangan pegunungan yang indah. Selain udaranya yang sejuk, suasananya juga tenang sehingga cocok bagi Anda yang ingin refreshing.

Eagle Camping Ground adalah area camping keluarga dengan harga sewa terjangkau sekitar Rp 2.000.000,-/malam berfasilitas lengkap seperti air dingin dan air panas, perapian untuk acara BBQ serta tempat tidur.

Di dalam tenda sudah tersedia sleeping bag dan dilengkapi kamar mandi sehingga camping menjadi lebih nyaman.

Alasan Kenapa Wajib Berkunjung ke Dusun Bambu

Bandung adalah kawasan yang dikelilingi pegunungan sehingga mempunyai keindahan alam yang menyegarkan. Ada banyak tempat wisata menarik di Bandung yang punya daya tarik tersendiri, seperti di The Lodge Maribaya, Kawah Putih Ciwidey dan lainnya. Lembang sendiri berada di sekitar pegunungan Tangkuban Perahu dan Burangrang, tentu lokasi ini cocok untuk tempat berlibur bersama orang tersayang.

Wisata ini mengemas tema rekreasi, pendidikan, alam dan budaya. Dibawah ini ada beberapa alasan kenapa Anda harus mengagendakan wisata keluarga ke tempat asik satu ini.

1. Dusun Bambu Has A lake With Beatiful Nature Scenery and a Plenty of Huts

Wisata ini memiliki danau yang indah dan nyaman. Pemandangan disini juga tak kalah menarik dari danau Situ Patenggang.

Disini pengunjung bisa menikmati keindahan danau berpadu hijaunya perbukitan sekitar dengan udara sejuk khas pedesaan sambil bermain bersama keluarga, menikmati aneka sajian kuliner, belanja ataupun menginap.

2. Dusun Bambu is The Only Place where You can Find A Restaurant Using The Birdcage Concept

Hanya disinilah pengunjung bisa menjumpai dan menikmati restoran di Bandung yang tempatnya unik, yaitu bertema Sarang Burung. Tempat makan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri karena jarang ditemui di tempat lain.

3. You Can Bring Anyone To Dusun Bambu, And We Have Everything For Everyone

Tempat ini adalah tempat wisata keluarga terlengkap dengan fasilitasnya yang jarang dijumpai di tempat wisata lainnya.

Bagi pengunjung yang ingin kesini bersama keluarga ataupun pasangan, fasilitas lengkap yang nyaman dari tempat ini selalu siap untuk melayani.

4. There’s A Vast Choices Of Games and Fun Activities and Restaurant

Selain tempat rekreasi, ada banyak hal yang bisa dilakukan disini. Seperti melakukan permainan menarik untuk segala usia, kegiatan seru dan menyenangkan serta bisa menikmati wisata kuliner di restoran dari tempat ini.

playground dusun bambu
Playground, area bermain via @annerazpoh

5. From The Youngest To The Eldest, Everyone Can Enjoy Dusun Bambu

Tempat wisata ini bisa dinikmati oleh siapa saja mulai dari anak-anak, dewasa, ibu-ibu/bapak-bapak, kakek/nenek dan lainnya. Dimana saja juga bisa dijadikan lokasi untuk berfoto.

spot foto di dusun bambu
Spot foto unik via @anjani_rizky

Tempat Wisata Sekitar Dusun Bambu

Jika Anda berencana datang kesini, ada tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi. Beberapa tempat wisata populer di sekitar wisata ini ada Kampung Gajah Wonderland Bandung, Sapu Lidi Resort, Curug Cimahi, Maribaya Natural Hot Spring Resort, Cikole Jayagiri Resort, Farm House Lembang, Taman Begonia dan lain sebagainya.

Jadi kapan berencana berlibur ke Dusun Bambu Family Leisure Park yang lengkap dengan fasilitas menarik ini? Segera buat agendanya dari sekarang ya. Dijamin seru dan menyenangkan.

Selamat berlibur, salam piknik. 😀