Kampung Daun Bandung, Tempat Asik dan Romantis

Kampung Daun adalah salah satu tempat wisata alam sekaligus wisata kuliner bernuansa romantis yang terkenal di Lembang Bandung. Lebih tepatnya adalah sebuah restoran kelas menengah ke atas dengan konsep menyatu dengan alam yang asri, sejuk dan nyaman.

keindahan kampung daun
Keindahan Kampung Daun malam hari @explore45indonesia

Tempat wisata kuliner ini termasuk salah satu lokasi favorit di Bandung bertema Cafe and Culture Gallery and Cafe yang siap melayani para pengunjung dengan baik. Selain itu, pengunjung bisa menikmati suasana alam ala pedesaan yang nyaman dan tenang sambil menikmati hidangan lezat seperti di Lumer Cafe.

Selain menikmati makanan khas Bandung, tak ada salahnya mencicipi sajian menu di Kampung Daun yang suasananya hampir sama dengan yang ada di Dusun Bambu.

Asal Mula Kampung Daun

Kampung Daun pada mulanya hanyalah sebuah lembah kecil yang dikelilingi bukit dan hutan lebat yang berada diantara dua Desa, Cihideung dan Cigugur. Lembah ini dilindungi oleh tebing batu, dan pengunjung bisa merdengar suara gemercik air yang menenangkan. Kemudian  diubah menjadi tempat wisata berupa restoran bernuansa alam dan budaya.

sejarah kampung daun
Asal mula Kampung Daun @nurbaeti41

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri dan akan lebih romantis jika datang kesini saat malam hari. Lampu-lampu di setiap tempat bisa membuat suasana lebih hangat menikmati malam bersama teman, keluarga ataupun pasangan.

Awal berdiri tempat ini tahun 1999, dan saat itu sudah menampilkan tempat wisata kuliner dan budaya di Bandung Barat dengan membuat 4 saung. Menu makanannya juga masih sederhana seperti surabi/serabi dan poffertjes.

suasana malam di kampung daun
Suasana di malam hari @edwinkus

Sekarang, kawasan wisata seluas 3 hektare ini sudah memiliki sekitar 57 saung/pondok makan dan menu makanannya sudah beragam jenisnya. Jumlah karyawannya ada sekitar 100 lebih yang umumnya berasal dari warga sekitar.

BACA JUGA:  Pantai Pasir Putih Parbaba Salah Satu Keajaiban di Danau Toba Yang Lagi Hits

Berjalannya waktu, ada kemungkinan saung disini akan bertambah jumlahnya.

Romantisme Kampung Daun

Ciri khas dari restoran ini adalah tempat makan berkonsep ala pedesaan dengan desain ornamen tradisional seperti saung dan lesehan yang ditambah dengan pencahayaan lampu bernuansa romantis hampir di semua tempat. Tentunya bisa membuat para pengunjung betah disini.

romantisme kampung daun
Nuansa romantis @farhanpraw

Sebelum memasuki kawasan restoran, Anda akan melihat obor di kanan kiri jalan utama sebagai penerangan. Ketika memasuki restoran, Anda juga disambut pemandangan indah dari saung-saung berdesain artistik dan tertata menarik bernuansa pedesaan yang bisa membuat mata terpesona.

Di komplek depan, Anda bisa menjumpai kios penjual makanan tempo dulu khas Jawa Barat seperti dodol, kembang gula gulali, kue tradisional dan juga permainan tempo dulu seperti Congklak. Selain itu, juga ada panggung hiburan dan gallery outlet souvenir. Disini Anda bisa melihat-lihat dan membeli aneka pernak-pernik sebagai oleh-oleh.

Sebelum bisa menikmati makanan di saung, Anda harus reservasi dulu untuk menunggu saung kosong dan disesuaikan dengan jumlah orang/rombongan Anda. Maka dari itu, saung disini ada beragam ukuran, ada ukuran standar sampai ukuran besar yang bisa digunakan untuk acara arisan, gathering atau yang lainnya. Jika Anda ingin mengadakan acara dengan lokasi cukup besar, bisa konfirmasi dulu di bagian reservasi.

suasana makan malam di kampung daun
Suasana makan malam @raffitravel

Jika Anda berencana kesini, waktu yang tepat adalah saat sore menjelang malam hari karena bisa merasakan sensasi udara dingin dan sejuk dan romantis sambil menikmati sajian ragam menu yang tersaji bersama orang tersayang.

Diterangi cahaya lampu kekuningan yang meredup di sepanjang jalan diantara deretan saung panggung membuat tempat ini nampak lebih romantis ditemani pepohonan yang hijau. Nah, sambil menunggu pesanan makanan Anda datang bisa menikmati keindahan sekitar dengan jalan-jalan sejenak ataupun berfoto-foto.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Di Medan Dan Sekitarnya Yang Lagi Trending Topic Di Sosial Media
saung di kampung daun
Saung berdesain unik @jenny_sulistyo

Saat menikmati hidangan, Anda akan ditemani alunan musik khas Sunda karena tempat ini bertema tempat wisata kuliner dan budaya. Disini juga ada tempat ala cafe untuk  menikmati seduhan kopi yang bisa membuat suasana menjadi lebih hangat.

Lokasi dan Rute Menuju Kampung Daun

Tempat wisata ini berada di jalur wisata Bunga Cihideung Lembang, dan terletak di daerah dataran tinggi berudara sejuk.

lokasi kampung daun
Lokasi wisata @norifka

Tepatnya berada di kawasan Villa Trinity, Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Cihideung, Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Berjarak sekitar 4,7 km dari jalan utama Sersan Bajuri dan sekitar 12 km dari kota Bandung. Perjalanan dari gerbang tol Pasteur bisa ditempuh sekitar 1 – 1,5 jam perjalanan.



Rute perjalanan searah dengan Kampung Gajah, Sapu Lidi, dan The Peak. Berjarak sekitar 1 – 1,5 km dari Kampung Gajah Wonderland ke arah Parongpong.

rute menuju kampung daun
Rute ke lokasi wisata @jeanzai

Rute :

Dari gerbang tol Pasteur belok kiri ke arah Jl. Surya Sumantri. Ikuti jalan utama sampai melewati Universitas Maranatha lalu belok kiri ke arah Jl. Lemah Nendeut. Lalu belok kanan ke terusan  Jl. Prof. Dr. Sutami, belok kiri menuju Jl. Setrari. Kemudian ke kiri ke Jl. Prof. Dr. sutami, ikuti jalan sampai di Jl. Sukajadi. Ke kiri lagi menuju Jl. Setiabudhi arah Ledeng. Ikuti jalan sampai melewati UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), tepat di seberang terminal Ledeng ke kiri menuju jl. Sersan Bajuri. Ikuti jalan sampai melewati Kampung Gajah, lanjut terus sampai menemukan lokasi Kampung Daun.

Jika berkunjung kesini, jangan lewatkan untuk berkunjung ke lokasi wisata keluarga Farm House Lembang dan The Lodge Maribaya yang menyuguhkan spot foto unik.

Menu di Kampung Daun

menu di kampung daun
Sajian menu yang lezat @ekseira

Selain suasana alam yang dingin, asri dan tenang, tempat ini menyajikan menu kuliner yang lezat dan menggoda lidah. Ada banyak jenis menu makanan ataupun minuman khas Indonesia dan luar negeri seperti rawon, nasi timbel, steak, pasta, pizza dan lainnya. Juga tersaji aneka jajanan tradisional khas Bandung dan Sunda.

BACA JUGA:  4 Pantai Eksotis Ini Penyebab Membludaknya Wisatawan Di Pulau Weh, Sabang.

Keunikan lain di tempat ini adalah cara menghidangkan menu makanan juga berkesan alami seperti menu nasi bakar yang menggunakan bambu bekas bakar dan minuman dihidangkan dengan menggunakan batok kelapa. Unik dan menarik kan pastinya.

Menu Masakan Indonesia

menu makanan di kampung daun
Aneka menu makanan @kiki_athaya

Nasi liwet Parahyangan, Gurame bakar sambal kecap, gurame goreng sambal terasi/cobek, nasi pepes daun kemangi, nasi tutug oncom, nasi timbel komplit, sop gurame, nasi kukus kampung daun, nasi goreng kampung daun, nasi goreng seafood, bebek bakar bumbu bali, nasi bakar belut, sop iga sapi, sop buntut bakar.

Menu Luar (Western Menu)

Chicken steaks, blackpepeer beef, beef ribs, tenderloin steak.

Makanan Ringan

Batagor, surabi kinca, pisang goreng, colenak, tahu goreng, poffertjes, surabi oncom.

Minuman

bandrek di kampung daun
Minuman bandrek @silvya_prabaningrum

Coffee, bandrek, bajigur, es goyobod, caramel coffee late, es selasih, cold beverage, pink guava, juice, dwi warna juice.

Harga Menu di Kampung Daun

harga menu di kampung daun
Harga menu yang terjangkau @devililian

Untuk harga menu makanan disini bervariasi, dari harga murah sampai harga yang cukup mahal. Meski begitu, Anda bisa memilih menu sesuai selera. Makanan ringan mulai dari harga Rp 8.000,- dan menu Western seperti steak Rp 115.000,- (harga bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu).

Jika Anda sedang berada di Jogja, bisa mencicipi menu ikan segar di Ledok Gebang ala pedesaan. Anda juga bisa mencoba sensasi memancing sambil menunggu pesanan makanan datang.

Fasilitas di Kampung Daun

fasilitas di kampung daun
Fasilitas aneka jajanan @vildamoo

Fasilitas selain tempat makan yang romantis dan menarik, fasilitas disini juga cukup lengkap seperti area parkir yang cukup luas, toilet, tempat sampah, mushola, kios souvenir dan makanan khas Bandung.

Tempat ini buka setiap hari dari jam 11.00 WIB – 23.00 WIB. Jadi Anda bisa berkunjung setiap waktu. Ada baiknya datang kesini di hari biasa, karena saat akhir pekan biasanya ramai pengunjung.

Jadi kapan berencana menikmati sajian menu lezat ala Kampung Daun Lembang bersama orang tersayang? Yuk segera buat agendanya kesini bersama keluarga, sahabat, ataupun pasangan Anda sambil menikmati suasana alam yang romantis.

Selamat berlibur, salam piknik. 😀