Pantai Klayar

Pantai Klayar menjadi salah satu pantai yang populer di Pacitan, Jawa Timur, yang mana daerah ini memiliki wisata alam yang banyak, terutama wisata pantainya.

Pantai ini populer di kalangan wisatawan domestik selain imbas dari mudahnya mengakses sosial media, ternyata juga tak lepas dari bantuan lagu Pantai Klayar nya Didi Kempot yang judulnya Pantai Klayar.

Pacitan mulai dikenal masyarakat Indonesia karena salah satu putra terbaik bangsa ini yakni Bapak Presiden Ke – 6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono merupakan asli putra daerah Pacitan.

Sejak Susilo Bambang Yudhoyono memperkenalkan diri sebagai putra daerah Pacitan, nama Pacitan beserta tempat – tempat wisata yang ada di sana semakin di lirik oleh wisatawan dari luar daerah.

Pantai ini adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Pacitan, di samping itu masih banyak tempat – tempat wisata menarik lainnya selain pantai ini.

Bahkan dalam beberapa hari terakhir di bulan September 2019 ini isu pembangunan museum Presiden RI Ke – 6 sedang gencar beredar di berbagai media.

Seandainya pembangunan museum tersebut terlaksana dan selesai, maka Pacitan tidak hanya punya Pantai Klayar, akan ada satu lagi tempat wisata baru yakni museum SBY di Pacitan.

Pesona Pantai Klayar

pantai klayar
Sumber: @pantaiklayarofficial

Keindahannya sudah tampak dari kejauhan bila Anda sudah mendekat area parkir bus dan mobil Pantai Klayar.

Karena posisi pantai yang posisinya lebih rendah dari jalan umum bahkan seperti halnya Pantai Pandawa di Bali maka dari kejauhan sudah terlihat birunya laut dan pucuk dari pepohonan kelapa yang ada di pesisir pantai ini.

Bila di hari biasa, Pantai Klayar akan terlihat sangat indah dan bersih, sebab kita dapat menikmati layaknya sebuah pantai yang masih perawan.

Namun bila Anda berkunjung pada hari libur, pantai ini akan sangat ramai dan sedikit kurang nyaman dengan kebiasaan wisatawan yang gemar membuang sampah sembarangan.

Pantai ini memiliki garis pantai yang tidak begitu panjang, namun memiliki pasir putih yang lembut dan dikelilingi tebing – tebing karang yang menjulang tinggi.

Ombak di sini cukup besar, khas ombak laut selatan, karena kebetulan lokasinya berada di Selatan Pulau Jawa.

Tidak disarankan berenang, bahkan ada larangan untuk berenang, bila Anda nekat maka petugas penjaga pantai tak akan segan – segan menegur Anda.

Pesona lain dari pantai ini terdapat pada panorama nya yang indah, di dekat bibir pantai terdapat batu karang yang cukup besar, orang menganggap batu tersebut mirip patung Sfinx.

Ada pula air mancur yang muncul akibat dorongan air yang masuk ke dalam batu karang lalu menyemburkannya ke atas melewati celah atau lobang dari batu karang tersebut.

Fenomena ini adalah fenomena unik bahkan langka, sebab tak di semua pantai bisa dilihat hal seperti ini.

Pantai Klayar Pacitan saat ini sudah dikelola dengan cukup baik, hal ini terlihat dari penataan pantai seperti jalan, tempat parkir, garis pantai yang begitu bersih dan pembatas yang terdapat pada batu karang.

Sejarah Pantai Klayar

Dinamakan Pantai Klayar sebab berdasarkan cerita masyarakat setempat bernama Suhardi yang juga merupakan pengawas pantai, konon pada zaman dahulu terdapat sebuah kapal kecil yang terdampar ke pantai ini disebabkan oleh terjangan ombak.

Dulu pantai ini belum memiliki nama, namun sejak kejadian itu di sebut pantai ini dengan Pantai Klayar.

Batu karang yang sekarang lebih dikenal dengan Sphinx dulunya juga punya nama berbeda, masyarakat menamakan batu tersebut watu lumbung.

Konon dulunya dari pantai dan batu ini masyarakat sering mendengar bunyi – bunyian kesenian Jawa dilokasi pantai ini.

Fakta Unik di Pantai Klayar

Di  Pantai Klayar terdapat fenomena unik yang menjadi sebuah alasan mengapa pantai ini mulai dikenal dikalangan wisatawan domestik maupun internasional.

Fenomena unik tersebut terletak di sebuah batu karang besar yang lokasinya cukup berbahaya untuk di datangi.

Namun walaupun berbahaya bukan berarti tidak bisa, bila Anda ingin melihat fenomena unik tersebut sebaiknya meminta izin kepada penjaga pantai terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa fenomena unik di Pantai Klayar yang mungkin tidak akan ditemukan di pantai lainnya di dunia.

  1. Seruling Samudera & Air Mancur

seruling samudera
Sumber: @pantaiklayarofficial

Fenomena seruling samudera dan air mancur adalah semburan air mirip air mancur yang menyembur dari sebuah lobang batu karang.

BACA JUGA:  Taman Safari Prigen

Fenomena ini akan jelas terlihat ketika air laut sedang pasang, sekitar pukul 9 pagi dan pukul 4 sore.

Air yang menyembur itu disebabkan oleh masuknya air laut ke celah – celah batu karang dengan kekuatan dorongan sehingga membuat air tersebut memancar ke atas.

Ketinggian air mancur ini bisa mencapai 10 hingga 15 meter bila dalam kedaan air pasang, dalam kondisi laut pasang maka spot seruling samudera ini akan jadi berbahaya.

Seruling samudera dan air mancur ini sudah ada sejak dahulu, namun pemberian nama Seruling Samudera setelah Dinas Pariwisata Pacitan mengelola Pantai Klayar pada tahun 2004 lalu.

Dinamakan Seruling Samudera sebab air yang memancar tersebut kadang mengeluarkan bunyi mirip seperti seruling saat di tiup, dan letak dari air mancurnya berada di bibir samudera.

  1. Tebing Batu Menyerupai Patung Sphinx

Sumber: @varadibsyi_29

Di pantai ini ada sebuah batu karang yang menyerupai patung Sphinx di Mesir, bila di amati dengan seksama dari samping, memang tebing batu setinggi 9 meteran ini cukup mirip degan Shinx.

Berbeda dengan patung Sphinx di Mesir, tebing batu karang di Pantai Klayar ini terbentuk akibat kikisan ombak air pasang selama jutaan tahun.

Sebelum viral dengan sebutan mirip patung Sphinx, tebing batu yang ada di sini dulunya bernama Watu Lumbung.

  1. Terdapat 3 Sumur Kecil

Fenomena lainnya masih di sekitaran tebing mirip patung Sphinx tadi, ada 3 sumur yang berbeda ukuran yang dipercaya masyarakat setempat sebagai sumur keramat.

Menurut penuturan warga setempat, sumur – sumur ini dulunya digunakan untuk memandikan hewan peliharaan masyarakat seperti kuda dan juga ayam.

Konon mitos nya sumur ini memiliki khasiat dan keberkahan, bila di basuh ke wajah maka akan memancarkan aura positif.

Namun itu hanyalah mitos ya, tidak perlu dipercaya, percaya hanya kepada Allah SWT saja, yang Maha atas segalanya.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan

Harga tiket masuk Pantai Klayar cukup murah, pada saat hari biasa (weekday) harganya Rp. 5.000,- per orang.

Bila saat weekend atau hari libur, maka tiket masuknya naik menjadi Rp. 10.000,- per orang nya.

Untuk harga parkirnua juga cukup murah, Rp. 5.000,- untuk mobil dan Rp. 2.000,- untuk satu unit motor.

Parkir di Pantai Klayar

parkir pantai klayar
Sumber: @humaspacitan

Ada perbedaan antara parkiran pengunjung di Pantai Klayar. Bila Anda datang dengan mengendarai motor, maka parkiran disediakan dekat dengan bibir pantai.

Namun bila Anda menggunakan mobil, maka area parkirnya berada di sebelah kanan ketika hendak masuk ke area pantai, dan posisinya berada di atas.

Khusus untuk tamu yang menginap di penginapan yang ada di dekat bibir pantai, maka parkirnya disediakan dekat dengan penginapan dan juga dekat dengan garis Pantai Klayar.

Alamat & Rute Menuju Pantai Klayar

Lokasi Pantai Klayar berada sekitar 35 kilometer dari Kota Pacitan Jawa Timur. Lebih tepatnya berada di Desa Kelak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Untuk tiba di lokasi ini Anda membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam jika berangkat dari Kota Solo ataupun Kota Yogyakarta.

Akses jalan menuju Pacitan dan pantai ini juga cukup baik, jalan mulus dan sudah beraspal. Terutama jika Anda melewati jalur Pathuk Gunung Kidul, hanya saja kondisi jalannya penuh lika – liku.

Aktifitas Seru di Pantai Klayar

gambar pantai klayar
Sumber: @ajramadhan_
  1. Menikmati Suasana Pantai

Banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan selain bermain dengan derasnya ombak Pantai Klayar.

Yang pertama tentu di sini Anda bisa berpiknik ria bersama keluarga tercinta, menggelar tikar di sepanjang garis pantai adalah hal yang banyak dilakukan oleh pengunjung.

Menikmati merdunya suara deburan ombak hingga merasakan sengatan sinar matahari yang manja sambil ditemani angin sepoi – sepoi khas angin laut.

  1. Kulineran

Di sini Anda juga dapat menikmati sajian kuliner yang dijual oleh warung – warung yang ada di sekitar pantai.

Masalah kelezatan rasa tentu hal ini sangat relatif, tidak semua orang mengatakan makanan di sini lezat, namun ada juga yang mengatakan sebaliknya.

Tentu kelezatan sebuah rasa makanan merupakan hal yang relatif dan tidak dapat disamakan antara setiap orang.

  1. Berburu Souvenir

Selain menikmati hidangan kuliner khas Pantai Klayar, di pantai ini Anda juga dapat membeli pernak – pernik untuk dijadikan oleh – oleh Khas Pacitan.

Pada saat hari libur, sangat mudah menjumpai pedagang souvenir dan makanan ringan yang menjajakan produk mereka disepanjang garis pantai.

  1. Mengendarai ATV

Bila Anda ingin merasakan sensasi berkendara di atas pasir pantai, di sini juga ada penyewaan kendaraan ATV, motor mini dengan 4 roda yang berukuran kecil namun gemuk.

BACA JUGA:  Menara Pandang Tele Itu Keren, Ayo Kesini Biar Tambah Ganteng!

Anda dapat menjelajah pantai dari ujung barat hingga ujung timur tanpa harus membuang – buang tenaga dan waktu.

  1. Berfoto

Bagi anak milenial tentu kegiatan foto tidak bisa dilupakan begitu saja, banyak spot foto menarik yang ada di Pantai Klayar.

Anda dapat berfoto pada tebing karang yang mirip dengan patung Sphinx, namun usahakan datang pada saat air sedang surut, agar tidak berbahaya.

Atau Anda dapat foto – foto di spot tulisan yang tersedia, atau Anda juga dapat foto di antara tebing – tebing karang yang ada di sisi barat.

Bila Anda bingung cari inspirasi foto yang bagus, Anda dapat mencari gambar – gambar Pantai Klayar yang sudah banyak beredar di sosial media.

  1. Menikmati Malam dan Sunset

Menikmati malam hari di pantai tentu sebuah hal yang menyenangkan, bila Anda tertarik untuk melakukannya, Anda dapat memesan kamar di salah satu penginapan.

Bila Anda menginap di pantai ini, maka Anda dengan leluasa dan tanpa bebas dapat menikmati sunsetnya yang terkenal indah.

Berburu sunrise dan sunset di Pantai Klayar adalah kegiatan yang wajib dilakukan bila Anda menginap di salah satu penginapan.

Fasilitas Pantai Klayar

Walaupun pengelolaan pantai ini belum dapat disandingkan dengan pengelolaan dengan pantai – pantai yang ada di Bali, setidaknya fasilitasnya juga sudah cukup memadai.

Berikut ini beberapa fasilitas di Pantai Klayar yang mudah ditemukan :

Area Parkir Luas

Musholla

WC / Kamar Mandi Umum

Warung
Penginapan Menghadap Pantai

Gazebo

Penyewaan ATP

Toko Souvenir

Penginapan di Pantai Klayar

Bila ingin menikmati sunrise maupun sunset Pantai Klayar maka sebaiknya Anda menginap berada dekat dengan pantai ini.

Berikut ini beberapa penginapan yang jaraknya sangat dekat dari pantai ini, bahkan beberapa diantaranya ketika buka pintu kamar langsung menghadap samudera.

  1. Homestay Kinasih

Lokasi   :Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :0853 – 3032 – 2211

Homestay Kinasih adalah salah satu pilihan terbaik untuk menginap.

Lokasinya persis berada di bibir pantai, ketika Anda membuka mata dan pintu kamar maka akan dihadapkan dengan pemandangan indahnya.

Penginapan ini juga tergolong bersih dan tentunya harga yang ditawarkan juga relatif murah, harganya sekitar Rp. 200 ribuan per malam nya.

Fasilitas yang disediakan juga tergolong lengkap, ada kamar dengan kipas angin tv, lemari, ada juga yang dengan pendingin udara atau AC.

Homestay Kinasih juga menjual makanan, tersedia toilet dan tentunya di sini juga disediakan fasilitas internet berupa wifi.

Di depan kamar juga ada balkon yang dilengkapi dengan kursi dan meja untuk bersantai

Untuk pengunjung dapat menitipkan kendaraan di pakiran penginapan yang sudah disediakan.

  1. Homestay Mukidi

Lokasi   :Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :0852 – 5982 – 2227

Salah satu penginapan yang dekat dengan pantai adalah Homestay Mukidi, sama seperti homestay Kinasih, di Homestay Mukidi ketika membuka pintu langsung berhadapan dengan samudera.

Halaman homestay Mukidi ini cukup luas dan cocok untuk tempat memarkirkan kendaraan Anda sekeluarga.

Harga sewa room per malamnya juga cukup murah, sekitar Rp. 200 ribuan saja.

  1. Homestay Samudera

Lokasi   : Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :  0853 – 3032 – 2211

Homestay Samudera adalah penginapan yang berdekatan dengan homestay Kinasih dan Mukidi, homestay ini juga berhadapan langsung dengan samudera.

Halaman penginapan ini cukup luas, muat menampung parkir kendaraan dengan jumlah cukup banyak.

Untuk harga sewa kamar bisa ditanyakan langsung ke pengelola penginapan melalui kontak yang ada di atas.

  1. Homestay Larasati

Lokasi   : Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :  0853 – 2846 – 5335

Homestay Larasati ini punya bangunan yang cukup menarik sebab terbuat dari kayu dan mirip arsitektur Jawa.

Lokasinya juga cukup dekat ke Pantai Klayar namun tidak sedekat Homestay Kinasih, Mukidi dan Samudera.

Untuk fasilitas dan harga sewa per malam dapat menghubungi pengelola penginapan di nomor yang sudah kami sertakan di atas.

  1. Homestay Dua Putra

Lokasi   : Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :  0823 – 1603 – 6024

Homestay Dua Putra adalah penginapan yang lokasinya berada dekat dengan parkiran kendaraan Pantai Klayar, Lokasinya berada di sebelah kiri jalan menuju pantai.

Bila Anda membutuhkan tempat menginap tapi sudah kehabis tempat yang ada dekat dengan pantai, Anda bisa menginap di Homestay Dua Putra ini.

  1. Mayangkara Homestay

Lokasi   : Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :  –

Persis di sebelah Homestay Dua Putra ada satu penginapan yang arsitektur bangunannya seperti rumah khas Jawa, namany Mayangkara Homestay.

Mayangkara Homestay ini memiliki balkon yang mengarah langsung ke pantai, dari balkon tersebut Anda dapat menikmati indahnya pemandangan pantai.

  1. Homestay Pak Eko Klayar

Lokasi   : Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

BACA JUGA:  Top Selfie Pinusan Kragilan di Hutan Pinus Magelang yang Hits

Hp          :  0852 – 3010 – 1920

Homestay Pak Eko Klayar ini juga berdekatan dengan area parkir pantai ini dan juga penginapan – penginapan lainnya.

Homestay ini memiliki rumah makan yang juga diberi nama sama dengan homestay nya, Rumah Makan Pak Eko Klayar.

  1. Platar Ombo Homestay

Lokasi   : Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :  0821 – 3999 – 6445

Platar Ombo Homestay persis berada di seberang Homestay Pak Eko Klayar, penginapan ini memiliki fasilitas yang cukup lengap, termasuk tersedia kamar dengan AC

Platar Ombo Homestay juga menyediakan warung makan, wifi, televisi, area parkir luas dan fasilitas umum lainnya.

  1. Homestay Nova

Lokasi   : Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :  0812 – 8619 – 6833

Homestay Nova Pantai Klayar memiliki fasilitas kamar yang juga cukup lengkap, tersedia kamar dengan pendingin udara berupa AC.

Bila Anda ingin menginap di sini dapat menghubungi pengelola hotel secara langsung.

  1. Amanah Homestay

Lokasi   : Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :  0852 – 3492 – 1901

Amanah Homestay adalah salah satu penginapan yang ada di dekat pantai ini yang juga menyediakan restoran untuk makan.

Area parkir di penginapan ini cukup luas, tidak perlu khawatir kehabisa tempat parki.

  1. Villa Klayar Beach

Lokasi   : Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :  0852 – 1991 – 8058

Bila Anda ingin menginap disebuah penginapan yang tergolong modern dan terlihat mewah, Villa Klayar Beach adalah pilihan tepat.

Namanya memang villa, tapi bukan berarti ini sebuah rumah, melainkan mirip dengan homestay yang menyewakan kamar – kamar untuk tamunya.

Lokasinya berada dekat dengan pintu gerbang masuk Pantai Klayar.

  1. Putri Kembar Homestay

Lokasi   : Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :  0823 – 2605 – 5968

Putri Kembar Homestay bisa jadi salah satu pilihan untuk menginap, lokasinya juga tidak begitu jauh dari pantai ini.

Untuk memesan kamar di Putri Kembar Homestay Anda dapat langsung menghubungi pengelola hotel lewat nomor telfon yang ada di atas.

  1. Homestay Pancuran Klayar

Lokasi   : Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Pacitan

Hp          :  0852 – 0419 – 8565

Homestay Pancuran Klayar juga mudah ditemukan sebab penginapan ini berada di pinggir jalan utama menuju Pantai Klayar.

Untuk memesan kamar di Homestay Pancuran Klayar bisa menghubungi pihak pengelola penginapan langsung di nomor telfon yang sudah tercantum di atas.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Klayar

Bila Anda ingin menjelajah Kabupaten Pacitan maka keputusan tersebut sangat tepat. Masih banyak tempat wisata cantik di Pacitan yang jaraknya juga tidak begitu jauh dari pantai ini.

Berikut ini beberapa tempat wisata Pacitan yang dekat dari Pantai Klayar :

Daftar Tempat Wisata Pacitan Yang Bagus

No

Nama Tempat Wisata

Alamat

1Pantai NgiroboyoKalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Klik Peta)

 

2Sungai MaronMaron, Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63552 (Klik Peta)
3Pantai Watu KarungPringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan (Klik Peta)
3Pantai Teleng RiaJalan WR. Supratman, Kecamatan Pacitan, Sidoharjo, Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan (Klik Peta)
4Pantai SrauCandi Pringkuku, Area Peswahan, Candi, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan (Klik Peta)
5Pantai Banyu TiboWidoro, Donorejo, Kabupaten Pacitan (Klik Peta)

 

6Goa GongSalam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan (Klik Peta)

 

7Goa TabuhanTabuan, Wareng, Punung, Kabupaten Pacitan

(Klik Peta)

8Pantai BuyutanDesa Widoro, Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan (Klik Peta)
9Hutan Pinus GemaharjoKaligondang, Gemaharjo, Tegalombo, Kabupaten Pacitan (Klik Peta)
10Bukit Pakis PacitanBukit Pakis, Wonogondo, Kebonagung, Pacitan

(Klik Peta)

Tips Liburan di Pantai Klayar

Bila Anda ingin menghabiskan waktu liburan di sini maka ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perlu ketahui agar liburan Anda menyenangkan.

  1. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi dan dengan kondisi yang fit. Sangat jarang kendaraan umum melintas ke pantai ini.
  2. Sebaiknya datang pada hari biasa bila Anda ingin menikmati pantai ini lebih privat, bila Anda datang saat hari libur pengunjung pantai ini akan sangat ramai.
  3. Jangan coba – coba berenang di pantai ini, ombaknya cukup besar dan berbahaya untuk aktifitas berenang.
  4. Perhatikan hewan seperti ubur – ubur bila Anda ingi bermain air, bila perlu tanyakan ke petugas penjaga pantai tentang keamanannya.
  5. Bila ingin melihat Seruling Samudera lebih dekat maka minta izinlah terlebih dahulu ke penjaga pantai. Jangan merasa paling hebat
  6. Jagalah kebersihan, jangan buang sampah sembarangan.

Oke Travellers, segitu dulu review Pantai Klayar kali ini, bila Anda punya pengalaman menarik silakan ceritakan kepada kami di kolom komentar.

Terimakasih sudah membaca sampai habis, sampai jumpa pada artikel berikutnya.