Wisata Cirebon

Wisata Cirebon ada banyak jenisnya, mulai dari wisata religi sampai sejarah, berikut kami bahas beserta kuliner enaknya. Cirebon adalah salah satu Kota yang ada di Provinsi Jawa Barat yang punya nilai sejarah panjang pada perkembangan daerahnya, mulai dari sebuah desa hingga kota seperti sekarang ini.

Kota Cirebon mulai dipimpin oleh Walikota sejak tahun 1920 dengan Walikota pertamanya Ialah J.H Johan, saat itu Indonesia masih dibawah pemerintahan Hindia – Belanda.

Kota Cirebon dikenal sebagai tempat kota yang memiliki banyak tempat wisata sejarah, wisata religi, wisata alam dan juga kulinernya yang enak.

Berikut ini kami informasikan beberapa wisata Cirebon yang sering dikunjungi wisatawan, untuk pelengkap kami akan informasikan juga tempat wisata kuliner Cirebon yang lezat.

Wisata Cirebon

1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

wisata cirebon masjid agung sang cipta rasa
Sumber: @boyarinaldy

Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah bukti sejarah bahwa Cirebon merupakan salah satu tempat berkembangnya ajaran Islam.

Masjid ini dibangun zaman Sunan Gunung Jati pada tahun 1408, saat itu arsitektur yang ditugasi untuk membangun masjid ini adalah Sunan Kalijaga dan Raden Sepat.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini merupakan salah satu wisata Cirebon yang wajib kamu kunjungi  ketika berada di Kota Cirebon.

2. Masjid Raya At Taqwa

wisata cirebon masjid raya at taqwa
Sumber: @syeichuar

Wisata Cirebon berikutnya masih bertajuk religi, yakni Masjid Raya At – Taqwa. Masjid ini dibangun pada tahun 1918 dan semula nama masjid ini adalah Tajug Agung.

Menara Masjid Raya At Taqwa ini merupakan bangunan tertinggi yang ada di Cirebon, tingginya mencapai 65 meter, dan luas bangunan masjid mencapai 2.600 meter persegi.

Masjid Raya At – Taqwa ini merupakan wisata Cirebon yang hits karena lokasinya juga bersebelahan dengan alun – alun Kota Cirebon.

3. Keraton Kesepuhan Cirebon

wisata cirebon keraton kasepuhan cirebon
Sumber: @yosep_hidayat15

Ingin mempelajari sejarah perkembangan Islam di Cirebon, kamu bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata Cirebon yang juga hits yaitu Keraton Kesepuhan Cirebon.

Lokasinya berada di Jalan Kasepuhan No. 43 Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Keraton Kasepuhan ini sudah berdiri sejak tahun 1529.

Keraton Kasepuhan saat ini masih dihuni oleh anggota keluarga kerajaan. Jam Buka Keraton Kesepuhan mulai dari pukul 08.00 – 18.00 wib

Tiket masuk ke Keraton Kasepuhan Cirebon adalah Rp. 15.000

4. Keraton Kanoman Cirebon

wisata cirebon keraton kanoman cirebon
Sumber: @_ratunu

Keraton Kanoman adalah saksi sejarah perkebangan Kota Cirebon dan juga Agama Islam di Jawa Barat khususnya Cirebon.

Luas wilayah Keraton Kanoman Cirebon ini sekitar 6 hektar dan lokasinya berada di belakang pasar Kanoman. Alamat Keraton ini di Jalan Kanoman No. 40 Lemahwuhkuk, Kota Cirebon.

Keraton Kanoman Cirebon ini merupakan tempat wisata Cirebon yang menyimpan banyak sejarah, dan keraton ini dibangun pada tahun 1510 Saka atau 1588 Masehi.

5. Keraton Kacirebonan

wisata cirebon keraton kacirebonan
Sumber: @keratonkacirebonan

Keraton Kacirebonan adalah keraton yang paling akhir dibangun dan ukurannya paling kecil diantara dua keraton sebelumnya yakni Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman.

Keraton ini dibangun oleh Pangeran Carbon Amirul Mukminin pada tahun 1808. Di Keraton ini tersimpan kisah peperangan antara Cirebon dan pasukan Belanda.

Keraton Kacirebonan ini terbuka untuk umum, siapapun boleh mengunjunginya, harga tiket masuk Keraton Kacirebonan Rp. 10.000. Disini juga tersedia jasa pemandu yang akan bercerita banyak kepada kamu, untuk biaya boleh bayar seikhlasnya.

Lokasi tempat wisata Cirebon yang satu ini berada di Jalan Pulasaren, Pekalipan, Kota Cirebon.

6. Makam Sunan Gunung Jati

wisata cirebon makam sunan gunung jati
Sumber: @rafly_syah

Kota Cirebon adalah kota yang terkenal dengan sejarah penyebaran Agama Islam di Nusantara. Tokoh besarnya adalah Sunan Gunung Jati atau nama aslinya adalah Syekh Syarif Hidayatullah yang lahir pada tahun 1448 dan wafat pada tahun 1568.

Sebagai pengingat dan mengenang jasa, Sunan Gunung Jati dimakamkan di tanah Cirebon. Kini makam Sunan Gunung Jati menjadi salah satu tujuan wisata religi yang ada di Cirebon.

Ada waktu – waktu tertentu dimana pengunjung sangat ramai untuk berziarah ke makam Sunan Gunung Jati, diantaranya malam Jumat Kliwon, Maulid Nabi, Grebeg Syawal, Grebeg Rayagung dan pada saat ritual pencucian benda – benda pusaka.

Tidak semua orang boleh masuk mendekati makam Sunan Gunung Jati, hanya kerabat dan keturunan Sunan Gunung Jati saja yang bisa memasuki area makam.

Bagi pengunjung yang ingin berziarah hanya diperbolehkan mengunjungi sampai di depan pintu dan luar tembok untuk Sunan Gunung Jati.

Mengenai tiket masuk, tidak ada peraturan untuk membayar biaya retribusi untuk mengunjungi salah satu tempat wisata Cirebon ini, namun didalam akan ada yang meminta untuk membayar dan disarankan untuk menyiapkan uang kecil saja.

7. Goa Sunyaragi

wisata cirebon goa sunyaragi
Sumber: @goasunyaragi

Salah satu wisata Cirebon yang kental dengan nilai sejarah adalah Goa Sunyaragi. Komplek Goa ini merupakan peninggalan dari Kesultanan Cirebon dan merupakan bagian dari Keraton Pakungwati.

Dibagian dalam goa terdapat 12 ruangan yangmemiliki fungsi yang berbeda, beberapa diantaranya adalah Bangsal Jinem yang merupakan tempat Sultan memberikan wejangan.

Goa Pandekemasang adalah tempat pembuatan senjata, Goa Pengawal sebagai tempat para pengawal Sultan, Goa Langse sebagai tempat beristirahat, Goa Padang Ati tempat bersemedi, goa Peteng sebagai tempat melatih kekebalan tubuh dan ada beberapa gua lainnya.]

Komplek Goa Sunyaragi ini tak hanya sebagai tempat kunjungan wisata Cirebon saja, namun sering juga dijadikan sebagai tempat pagelaran seni dan kebudayaan seperti pertunjukan tari.

Goa Sunyaragi buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.30 wib, lokasinya berada di Jalan By Pass Brigjen Dharsono, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon.

Tiket masuk Goa Sunyaragi Rp. 10.000 dan tiket parkir sebesar Rp. 3.000. Ditempat wisata ini juga tersedia jasa pemandu dengan biaya Rp. 50.000

8. Ade Irma Suryani Waterland

wisata cirebon ade irma suryani waterland
Sumber: @dikynug

Jika sedang berada di Kota Cirebon kamu harus mengunjungi tempat wisata Cirebon yang hits ini, yaitu wahana air Ade Irma Suryani Waterland.

Selain bermain wahana – wahana air kamu juga bisa mengekspresikan kemampuan kamu menjadi modeling, karena Ade Irma Suryani Waterland ini memiliki tempat – tempat foto yang sangat instagramable

Alamat waterland ini berada di Jalan Yos Sudarso No 1, Desa Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon.

Harga tiket masuk Ade Irma Suryani Waterland sebesar 50.000 hingga 60.000

9. Apita Waterboom

wisata cirebon apita waterboom
Sumber: @sabanana.official

Salah satu wisata Cirebon yang menyenangkan untuk didatangi adalah Apita Waterbom. Banyak wahana yang dapat kamu coba di waterbom ini.

Lokasi Apita Waterbom berada di Jalan Kedawung, Kota Cirebon, Jawa Barat. Selain dari Jalan Kedawung kamu juga bisa masuk melewati hotel Apita yang berada di Jalan Tuparev No 323.

Harga tiket masuk Apita Waterboom anak – anak Rp. 10.000 (Senin – Jumat) Rp. 15.000 (Sabtu, Minggu, Hari libur). Untuk dewasa Rp. 15.000 (senin – Jumat) Rp. 25.000 (Sabtu, Minggu, Hari libur). Dan untuk anak usia 3 tahun kebawah Gratis.

10. Waterboom Siwalk

Satu lagi tempat wisata Cirebon yang disukai oleh banyak anak – anak dan remaja adalah Waterboom Siwalk. Banyak wahana air yang bisa kamu coba ketika berada di waterboom ini.

BACA JUGA:  Dusun Bambu Family Leisure Park Lembang, Tempat Asik dengan Fasilitas Lengkap

Selain kolam rekreasi, disini juga terdapat kolam berstandar olimpic yang bisa kamu manfaatkan sebagai sarana olahraga.

Kolam ini selalu ramai dikunjungin terlebih jika waktu weekend dan juga hari libur, maka waterboom ini akan semakin ramai.

Lokasinya berada di dalam Taman Wisata Siwalk yang memiliki pemandangan indah berupa perbukitan dan persawahan.

Lokasi waterboom Siwalk berada di Setupatok, Kecamatan Mundu, Cirebon, Jawa Barat. Harga tiket masuk waterboom Siwalk Rp. 15.000

11. Outbound Siwalk

Salah satu tempat wisata Cirebon yang menjadi andalan adalah Outbound Siwalk yang berada di Kecamatan Setupatok, Kecamatan Mundu, Cirebon, Jawa Barat.

Selain melihat pemandangan kawasan outbound Siwalk yang indah, kamu bisa menjajal wahana – wahana yang mampu memacu adrenalin.

Beberapa wahana menarik yang ada di Outubound Siwalk ini antara lain Flying fox, spirder web atau jaring laba – laba dan juga two line bridge atau jembatan diantara pepohonan.

Selain itu ada permainan lain disini seperti Driving Golf, Kolam Pancing, ATV offroad, Karaoke dan juga tempat berkemah.

12. Bukit Gronggong

wisata cirebon bukit gronggong
Sumber: @awilliamjap

Kalau di Jogja ada Bukit Bintang , di Bandung ada Bukit Moko, di Semarang ada Bukit Gombel, nah kalau di Cirebon ada namanya Bukit Gronggong.

Kamu bisa menikmati indahnya Kota Cirebon di malam hari dari ketinggian Bukit Gronggong. Bukit Gronggong bisa disebut juga sebagai bukit bintang nya Cirebon.

Selain menikmati keindahan Cirebon di malam hari, di Bukit Gronggong kamu juga menikmati sajian kuliner sambil ditemani udaha yang sejuk dan suasana yang romantis.

Bukit Gronggong ini buka setiap hari selama 24 jam, jika tak sempat menikmati malam, di siang hari kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitarnya.

Lokasinya berada di Jalan Cirebon – Kuningan, Gronggong Ciperna, Kecamatan Cirebon Selatan, Jawa Barat. Tiket masuk Bukit Gronggong Rp. 5.000

14. Setu Patok

wisata cirebon setu patok
Sumber: @cirebonfestival

Danau Setu Patok ini adalah sebuah danau yang berada di kaki Gunung Cereme, lokasinya berada di Desa Setu Patok, Kecamatan Mundu, Kota Cirebon, Jawa Barat

Kegiatan yang bisa kamu lakukan disekitar Setu Patok antara lain jogging, bermain wahana air dan lain lain.

Tidak dipungut biaya untuk memasuki ke kawasan Setu Patok ini.

15. Situ Sedong

wisata cirebon Situ Sedong
Sumber: @adjie_rosadi

Lokasi Situ Sedong berada di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sindang Laut, Cirebon. Merupakan salah satu destinasi wisata Cirebon yang bisa diandalkan.

Disini banyak kegaitan yang bisa kamu lakukan selain menikmati pemandangan gunung Ciremai, antara lain memancing, berjalan di lahan agrowisata seperti Mangga dan juga buah naga.

16. Sentra Batik Trusmi

wisata belanja cirebon Sentra Batik Trusmi
Sumber: @linahardy2

Kalau kamu ke Cirbon tak sah rasanya jika tak berkunjung ke Sentra Batik Trusmi dan juga showroom Batik Trusmi yang terkenal itu.

Selain dapat melihat pengrajin batik, kamu juga bisa berbelanja batik khas Cirebon disini, dan tentunya juga tersedia sajian menu – menu khas Cirebon.

Sentra Batik Trusmi adalah kawasan pengrajin batik yang sudah ada sejak berabad – abad lalu, dari sentra batik ini muncul tokoh – tokoh sukses dalam usaha fashion batik

Lokasinya berada di Desa Trusmi, Desa Weru Lor, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Tiket masuk kedalam sentra Batik Trusmi Rp. 15.000 dan jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 wib

17. Wanawisata Ciwaringin

Jika kmau adalah orang yang gemar dengan pesona alam, maka Wanawisata Ciwaringin adalah wisata Cirebon yang wajib kamu pertimbangakan untuk masuk list perjalanan saat berada di Cirebon.

Disini kamu bisa berjalan santai sambil menikmati keindahan alam, kesejukan udara tentu ditemani oleh suara – suara burung yang merdu.

Selain menikmati pemandangan alamnya, disini kamu juga bisa beraktifitas seperti memancing di danau Ciranca yang berada di kawasan hutan ini.

Lokasi Wanawisata Ciwaringin ini berada di Desa Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat.

18. Hutan Kera Plangon

Jika ingin melihat kawanan Kera kamu bisa berkunjung ke Hutan Plangon. Disini banyak ditemukan kera – kera liar dalam jumlah besar.

Tak Cuma itu, Hutan Plangon ini juga merupakan tempat wisata sejarah yang ada di Cirebon, disini terdapat 2 makam tokoh penting Cirebon, yaitu Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan.

Hutan Plangon terletak di selatan pusat Pemerintahan Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Cirebon.

19. Wisata Kura – Kura Belawa / Cikuya

wisata cirebon cikuya
Sumber: @didinsupirman

Di Cirebon ada juga tempat wisata berupa tempat konservasi kura – kura Belawa yang bernama tempat wisata Cikuya.

Di tempat wisata ini kamu bisa melihat hewan yang sudah masuk kategori kepunahan baik meliat hewan yang masih hidup maupun yang sudah diawetkan karena mati.

Lokasi tempat wisata Cikuya Cirebon ini berada di Desa Belawa, Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat. Harga tiket masuk Rp. 3.000, jam buka mulai dari 08.00 – 17.00 wib setiap hari.

20. Desa Wisata Cikalahang

wisata cirebon Desa Wisata Cikalahang
Sumber: @pesona_cikalahang

Desa Wisata Cikalahang adalah satu destinasi wisata Cirebon yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Cirebon.

Di desa ini terdapat kolam renang dengan air yang sejuk dan jernih, kamu juga menyalurkan hoby memancing di kolam – kolam ikan yang ada di desa ini.

Ada satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berada di Desa Wisata Cikalahang yaitu menyantap sajian ikan bakar yang lezat.

Desa Cikalahang ini adalah desa terluas yang ada di Kabupaten Cirebon, berada di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

21. Pantai Kejawanan

wisata cirebon Pantai Kejawanan
Sumber: @penditasikmalaya

Pantai Kejawanan adalah salah satu pantai yang ada di Cirebon dan merupakan tempat wisata Cirebon paling hits dan terfavorit.

Di pantai ini kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam dengan jelas, banyak aktifitas lainnya yang bisa kamu lakukan juga disini, seperti bermain kano dipinggiran pantai.

Di pinggir pantai juga banyak penjualan makanan yang bisa memanjakan perut saat berlibur di pantai ini.

Lokasi pantai Kejawanan Cirebon ini berada di Kelurahan Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Harga tiket masuk ke Pantai Kejawanan Rp. 5.000 per orang dan buka setiap hari selama 24 jam.

22. Alun-alun Kejaksan

wisata cirebon alun alun kejaksan
Sumber: @kireyyunia

Alun – alun Kejaksan ini adalah alun – alun yang letaknya bersebelahan dengan Masjid Raya At – Taqwa Cirebon.

Alun – alun ini sering dijadikan tempat bertemu antar warga Cirebon, dan juga sering dijadikan tempat olahraga seperti jogging karena lahannya memang luas.

Kedepan alun – alun ini akan berganti wajah dan akan semakin cantik, karena Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Gubernurnya Ridwan Kamil akan mendekorasi ulang alun – alun ini, agar menjadi daya tarik bagi wisatawan, layaknya alun – alun masjid Raya Bandung.

23. Banyu Panas Palimanan

wisata cirebon banyu panas palimanan
Sumber: @banyupanasgempol

Banyu Panas Palimanan adalah tempat wisata Cirebon berupa kolam pemandian air panas yang mengandung zat belerang.

Belerang dikenal mampu mengatasi penyakit kulit seperti gatal – gatal, oleh sebab itu ketika kamu sedang di Cirebon bisa berkunjung ke Banyu Panas Palimanan ini.

Lokasinya sekitar 16 kilometer dari pusat Kota Cirebon, alamatnya berada di Jalan Raya Cirebon – Bandung, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

Harga tiket masuk Banyu Panas Palimanan Cirebon Rp. 4.000 untuk masuk ke kawasannya saja. Jika kamu ingin berendam di kolam air panasnya maka dikenakan biaya tambahan Rp. 6.000

24. Batu Lawang Wisata Cirebon Hits

wisata cirebon batu lawang
Sumber: @batulawangcirebon_official

Batu Lawang adalah tempat wisata Cirebon yang tergolong baru dan sengan viral di Cirebon. Lokasinya memang agak jauh dari pusat Kota Cirebon karena berada di perbatasan Kabupaten Cirebon – Majalengka

Keindahan alam dan juga tebing adalah daya tarik utama tempat wisata ini, kamu bisa menyalurkan hobbi panjat tebing atau sekedar treking bukit sambil berfoto dengan keindahan alam disini. Kamu juga bisa berkemah disini.

Lokasi tempat wisata Batu Lawang ini berada di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Fasilitas juga terbilang cukup lengkap, seperti toilet dan parkir juga memadai. Harga tiket masuk Batu Lawang Rp. 5.000 per orang. Biaya parkir motor Rp. 3.000 dan mobil Rp. 5.000

25. Kampung Jangkrik

Ada satu tempat wisata Cirebon yang unik dan sepertinya tiada dua di Indonesia, yaitu Kampung Jangkrik.

Kampung Jangkrik ini didirikan oleh Bambang Setiawan, S.T seorang alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Teknik Sipil dengan tujuan untuk menciptakan sebuah wisata edukasi baru.

Kamu bisa mencari ide usaha baru ketika berkunjung ke kampung Jangkrik ini, selain penjualan jangkrik baik telur dan juga indukan, disini juga ada pelatihan tentang budidaya jangkrik.

Lokasi Kampung Jangkrik Cirebon berada di Jalan M. Ramdan No. 108, Bakung Kidul, Jamblang, Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:  Gumuk Pasir Parangkusumo, Padang Pasir di Jogja dengan Ragam Keunikan

26. Benda Cagar Budaya (BCB)

Cirebon dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki kekayaan sejarah sejak zaman Kerajaan Nusantara hingga penjajahan Hindia – Belanda.

Banyak benda cagar budaya yang indah dari segi bangunan dan juga cerita sejarahnya. Ketika berada di Cirebon kamu bisa menyusuri benda cagar budaya ini satu persatu.

Beberapa benda cagar budaya yang ada di Cirebon antara lain seperti Bangunan Stasiun Cirebon, Gedung Bank Indonesia, Gedung British American Tobacco, Gedung Balai Kota Cirebon, Gedung Bundar, Gedung Negara dan masih banyak lagi.

Ada lebih dari 50 bangunan cagar budaya yang sudah mendapatkan SK Walikota Cirebon, informasi lebih lengkapnya kamu bisa klik tautan dibawah ini ya :

Daftar Situs / Benda Cagar Budaya Cirebon

27. Masjid Keraton Kanoman

masjid keraton kanoman
Sumber: @cirebonheritage

Masjid Keraton Kanoman adalah salah satu situs wisata sejarah yang hingga kini masih aktif digunakan oleh masyarakat Cirebon.

Masjid ini merupakan saksi bisu perkembangan syiar ajaran Islam di Jawa Barat. Masjid yang dibangun pada tahun 1930 oleh Sultan Raja Zulkarnain dan Sultan Anom Raja Nurbuat ini posisinya berada di sebelah barat komplek alun – alun Kanoman.

Ketika berada di Cirebon kamu wajib berkunjung ke Masjid ini, selain beribadah kamu bisa melihat gaya bangunan kuno ini.

28. Pintu Gerbang Si Blawong

wisata cirebon Pintu Gerbang Si Blawong
Sumber: @cirebonheritage

Pintu Gerbang Si Blawong adalah bangunan besar setinggi 8 meter berwarna putih dengan daun pintu berbahan kayu jati tua yang dipercaya gerbang antara dunia nyata dan alam ghaib.

Berdasarkan penuturan Juru Bicara Keraton Kanoman Cirebon Ratu Raja Arimbi Nurtina, Ia menjelaskan bahwa Si Blawong ini sudah ada sejak era Prabu Jayabhupati sekitar tahun 1030 hingga 1042 Masehi.

Si Blawong ini selalu dibuka saat ritual panjang jimat dan juga Maulid Nabi. Lokasi Si Blawong Cirebon ini berada di komplek Keraton Kanoman.

29. Pulantara

Pulantara adalah gedung bertingkat pertama yang ada di Cirebon, Jawa Barat. Pembangunannya dilakukan sejak 400 tahunan silam oleh Sultan Anom 1 tahun 1558

Gedung bersejarah ini kondisinya sempat sangat memprihatinkan karena bangunannya mengalami kerusakan hampir diseluruh bagian.

Setelah di revitalisasi kembali oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya, kini gedung Pulantara ini kembali cantik dan siap untuk dikunjungi oleh siapapun.

Lokasinya berada di Komplek Keraton Kanoman, Cirebon.

30. Telaga Remis

wisata cirebon talaga remis
Sumber: @piknikasik

Telaga Remis ini sebenarnya bukan wisata Cirebon asli, melainkan tempat wisata yang ada di Kabupaten Kuningan. Namun jika dihitung dari Jarak tempuhnya lebih dekat dari Kota Cirebon, sekitar 20 kilometer.

Tak ada salahnya ketika kamu berada di Kota Cirebon lalu berkunjung ke Telaga Remis ini. Disini kamu bisa menemukan ketenangan karena berada ditengah – tengah kawanan pohon pinus yang rimbun.

Di Telaga Remis ini ada beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan, seperti berfoto, susur danau dan juga menaiki sepeda air.

Alamat Telaga Resmis berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Harga tiket masuk Rp. 7.500 per orang dan jam buka mulai 08.00 – 17.00

31. Telaga Nilem

wisata cirebon Telaga Nilem
Sumber: @nuafadli22

Telaga yang mulai dibuka sejak tahun 2010 lalu lokasinya masih sama satu daerah dengan Telaga Remis, dan berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Telaga Nilem bukanlah merupakan wisata Cirebon, hanya saja jaraknya lebih dekat dari Kota Cirebon jika dibandingkan dari Kuningan, Jawa Barat.

Ketika berada di Cirebon, kamu bisa menyempatkan waktu untuk menikmati keindahan Telaga Nilem ini.

Telaga Nilem adalah telaga dengan mata air yang alami dan juga jernih, serta dikelilingi oleh pepohonan rindang, dan tempat ini suhunya cukup sejuk.

Lokasinya berada di Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Harga tiket masuk Rp. 15.000 dihari biasa, Rp. 17.500 pada hari libur. Jam buka mulai 08.00 – 17.00 wib

Tempat Kuliner Khas Cirebon

Liburan ke sebuah tempat wisata seperti wisata Cirebon rasanya kurang asyik jika tak dibarengi dengan menikmati sajian kuliner khas kota tersebut.

Berikut ini ini kami informasikan sajian khas Cirebon dan juga tempat makan yang direkomendasikan oleh wisatawan lainnya yang sudah pernah ke Cirebon :

1. Empal Gentong Mang Darma

wisata cirebon empal gentong mang darma
Sumber: @empalgentongmangdarma

Jika ingin mencoba kelezatan empal gentong di Cirebon, maka tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Empal Gentong Mang Darma yang berada di Jalan Slamet Riyadi No.1, Cirebon

Empal Gentong Mang Darma adalah warung empal gentong tertua yang ada di Cirebon, dan sudah berjualan selama kurang lebih 70 tahunan ditempat yang sama.

2. Empal Gentong H. Apud

empal gentong h apud
Sumber: @empalgentonghajiapud

salah satu tempat kuliner enak di Cirebon yang terkenal adalah warung Empal Gentong H. Apud.

Lokasinya berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 24, Battembat, Cirebon. Jam buka empal Gentong H. Apud mulai dari 09.00 – 21.00 wib.

3. Empal Asem Amarta Battembat

empal asem amarta
Sumber: @nennyyuniawati

selain Empal Gentong yang melegenda, di Cirebon juga ada empal asem yang punya cita rasa unik dan lezat.

Tempat yang cocok untuk menikmati seporsi empal asem ini adalah warung Empal Asem Amarta Battembat.

Lokasinya berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 37, Battembat, Cirebon. Jam buka warung empal asem Amarta mulai pukul 09.30 – 21. 00 wib

4. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang Ibu Nur
Sumber: @yaniherawati1

Nasi Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang masih ada hingga kini, ciri dari nasi Jamblang adalah pada pembungkusnya yang merupakan daun jati, dan penyajiannya dalam bentuk prasmanan.

Salah satu tempat makan enak nasi Jamblang adalah warung Nasi Jamblang Bu Nur, lokasinya berada di Jalan Cangkring 2 No. 34, Kejaksan, Kota Cirebon.

Jam buka Nasi Jamblang Ibu Nur mulai dari 07.00 – 21.00 wib (senin – Jumat), 07.00 – 19.00 wib (Sabu dan Minggu).

5. Ayam Bahagia 71

wisata di cirebon Ayam Bahagia 71
Sumber: @bemp777

Bagi penikmat olahan ayam seperti ayam goreng, jangan lewatkan menu olahan dari warung ayam Bahagia 71 milik Ibu Hj. Sunarti yang sudah berdiri sejak tahun 1946 ini.

Alamatnya berada di Jalan Bahagia No 71, Cirebon. Jam buka ayam Bahagia ini mulai pukul 08.00 hingga 23.00 wib.

6. Pedasan Entong Mas Nana

Ingin mencoba olahan hewan sejenis bebek dengan rasa pedas nan gurih di Cirebon, maka mampirlah ke lapak Pedasan Entong Mas Nana.

Usaha Mas Nana ini mulai hits sejak tahun 2006 lalu hingga sekarang. Alamatnya berada di Jalan Fatahillah No 18, Pekalipan, Cirebon.

Harga satu porsinya Rp. 30.000, jam buka warung ini mulai pukul 09.00 – 22.00 wib.

7. Mie Petruk

tempat wisata cirebon mie petruk
Sumber: @fredmansel

Mie petruk ini selalu ramai dikunjungi oleh pembeli, walaupun berjualan hanya menggunkan gerobak dipinggir jalan, pembelinya rata – rata orang berkelas.

Mereka rela antri menunggu lama hanya untuk dapat menikmati Mie Petruk ini. Lokasinya berada di Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Harga per porsi nya Rp. 15.000, dan jam buka mulai pukul 18.00 – 23.00 wib

8. Serabi Pulasaren

tempat wisata di cirebon Serabi Pulasaren
Sumber: @iryantisyarman

Serabi memang dikenal sebagai panganan olahan khas Sunda, nah kalau mau sarapan pagi di Cirebon, kamu bisa mencoba Serabi Pulasaren.

Sesuai namanya, lokasi Serabi Pulasaren berada di Jalan Pulasaren, Pekalipan, Cirebon. Harga per porsi serabinya Rp. 1.500 per buah, jam buka Serabi Pulasaren mulai pukul 09.00 – 20.00 wib

9. H. Moel Seafood

tempat wisata di cirebon moel seafood
Sumber: @h.moelseafood

Moel Seafood adalah warung seafood yang usianya terbilang cukup tua, sudah 30 tahunan beroperasi.

Sebagai kota pesisir, kamu harus mencoba menu sajian seafood di Kota Cirebon ini. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah warung H. Moel ini.

Lokasinya berada di Jalan Kalibaru Selatan No. 39 Kota Cirebon. Jam buka H. Moel Seafood mulai pukul 10.00 – 00.00 wib.

10. Nasi Kuning Pekalangan

wisata kuliner cirebon nasi kuning pekalangan
Sumber: @nasikuningpekalangan

Menu yang wajib kamu coba ketika berada di Kota Cirebon adalah nasi kuning nya, karena tidak semua daerah di Indonesia ini menjadikan nasi kuning sebagai panganan harian.

Nasi Kuning Pekalangan adalah tempat yang wajib kamu coba, karena Nasi Kuning Pekalangan sudah ada sejak tahun 1981 dan sangat legendaris.

Alamat Nasi Kuning Pekalangan di Jalan Pekalangan (depan toko baby & kid Shop), Pekalipan, Kota Cirebon. Jam buka nasi kuning Pekalipan mulai pukul 05.30 – 10.30 wib dan Jumat libur.

11. Docang Pak Kumis & Nasi Lengko

wisata di cirebon docang pak kumis
Sumber: @lilitanurdiana

Docang juga makanan khas yang banyak dijumpai di Cirebon, makanan ini berupa lontong namun ada isian daun singkong, tauge dan juga kerupuk.

Salah satu tempat kuliner docang yang lezat adalah Docang Pak Kumis, alamatnya berada di Jalan Tentara Pelajar No. 41, Kesambi, Cirebon.

Jam buka Docang Pak Kumis ini terbagi 2 sesi setiap harinya, pagi mulai pukul 06.00 – 11.00 wib, dan sore mulai pukul 17.00 – 21.00 wib

BACA JUGA:  Kamu Doyan Foto? Pas Lagi di Medan Jangan Lupa Kunjungi 13 Spot Hunting Ini! (Bag.2)

12. Nasi Lengko Haji Barno

wisata di cirebon nasi lengko haji barno
Sumber: @epilala

Nasi Lengko adalah panganan lezat yang bisa kita nikmati di Cirebon, di Cirebon ada penjual nasi lengko yang udah buka hampir setengah abad lamanya, namanya Nasi Lengko Haji Barno.

Alamatnya berada di Jalan Pagongan No. 15 B, Kejaksan, Cirebon. Jam buka Nasi Lengko Haji Barno mulai pukul 08.00 – 22.00 wib.

13. Tahu Gejrot Pak Wardi/Tahu Gejrot Kanoman

wisata di cirebon nasi lengko haji barno
Sumber: @ovanyoo

Mungkin kita sering mendengar tahu gejrot di berbagai daerah. Tapi tahu kah kamu kalau makanan tersebut asalnya adalah Cirebon.

Di Cirebon ada satu tempat penjual tahu gejrot yang sudah berjualan sekitar 50 tahunan. Nama warungnya adalah Tahu Gejrot Pak Wardi, atau dikenal juga dengan Tahu Gejrot Kanoman.

Lokasinya berad di Jalan Kanoman, Pekalipan, Cirebon. Jam buka Tahu Gejrot Pak Wardi mulai pukul 09.00 – 17.30 wib.

14. Mie Koclok Gombang Pak Rasita

wisata di cirebon Mie Koclok Gombang Pak Rasita
Sumber: @miekoclokgombang_pakrasita

Mie Koclok adalah makanan khas Cirebon yang mungkin tidak akan kita jumpai di daerah lain, selain Cirebon.

Salah satu tempat kuliner Mie Koclok yang enak adalah Mie Koclok Gombang Pak Rasita ini. Alamatnya berada di Jalan Desa Gombang No. 5, Gombang Cirebon.

Jam buka Mie Koclok Gombang Pak Rosita mulai jam 10.00 – 19.00 wib.

15. Mie Koclok Mang Sam

Sumber: @adjipriandana

Salah satu penjual mie koclok legendaris yang ada di Cirebon adalah Mie Koclok Mang Sam, usia warung ini sudah hampir setengah abad dan sekarang dikelola oleh generasi ketiga.

Tak cuma mie koclok, gado – gado juga ada dijual ditempat ini. Lokasinya berada di Jalan Pekiringan (seberang apotik Pasar Balong), Cirebon.

Jam buka Mie Koclok Mang Sam mulai pukul 18.00 – 20.30 wib.

16. Sate Kalong Drajat Kesambi

Kalau di Bandung ada warung nasi kalong, di Cirebon ada Sate Kalong Drajat Kesambi. Disebut kalong karena bukanya pada malam hari hingga larut malam.

Sate Kalong Drajat Kesambi ini bahan dasarnya adalah daging kerbau yang diiris tipis, lokasinya berada di Jalan Kesambi Dalam No. 102, Cirebon.

Jam buka Sate Kalong Drajat Kesambi mulai pukul 19.00 – 23.00

17. Gado-Gado Ayam Hj. Tarkanci

wisata di cirebon Gado-Gado Ayam Hj. Tarkanci
Sumber: @hendrasudjianto

Gado – gado legendaris dan lezat yang ada di Cirebon adalah gado – gado ayam Hj. Tarkanci. Berbeda dari gado – gado lainnya yang biasa ditaburi dengan kuah kacang, gado – gado Hj. Tarkanci justru dilumuri oleh kuah kari ayam yang lezat.

Gado – gado legendaris ini sudah berjualan sejak 47 tahun silam. Lokasinya berada di Jalan Kembar, Cirebon.

Jam buka Gado – gado ayam Hj. Tarkanci mulai pukul 06.00 – 13.00 wib, namun karena ramainya pengunjung terkadang jam 10 pagi sudah kehabisan stok.

18. Bubur Sop Ayam Mang Kapi

tempat wisata di cirebon Bubur Sop Ayam Mang Kapi
Sumber: @aboutcirebonfood

Kuliner di malam hari yang mengenyangkan dan menghangatkan adalah bubur sop ayam. Di Cirebon ada satu yang legendaris, yakni Bubur Sop Ayam Mang Kapi.

Bubur ayam yang disiram kuah sop hangat akan mengobati malam hari yang kelaparan. Lokasinya berada di Jalan Tentara Pelajar No. 80, Megu Gede. Cirebon.

Jam buka bubur sop ayam Mang Kapi mulai pukul 17.00 – 24.00 wib.

19. Empal Dengkil Mang Kojek

Sumber: @tgifmag

Bagi pecinta tulang belulang sapi mungkin harus mencoba olahan khas Cirebon yang satu ini, Empal Dengkil Mang Kojek.

Uniknya disini kamu bisa mengambil nasi sepuasnya, sampai kenyang. Lokasinya berada di Jalan Fatahillah (depan Masjid Raya Weru), Plered, Cirebon.

Jam buka Empal Dengkil Mang Kojek mulai pukul 09.00 – 21.00 wib

20. Bubur Ayam M. Toha

tempat wisata di cirebon Bubur Ayam M. Toha
Sumber: @wulanpurbanireza

Salah satu Tempat kuliner Cirebon yang buka 24 jam adalah Bubur Ayam M. Toha. Kamu tidak perlu khawatir jika tengah malam kelaperan.

Lokasinya berada di Jalan M. Toha, Kejaksan, Cirebon. Jam operasional Bubur Ayam M. Toha setiap Selasa hingg Minggu selama 24 jam, hari senin libur.

21. Ruby Cake & Bakery

Jajanan olahan roti yang enak bisa kamu dapatkan di toko roti Ruby & Cake Bakery ini. Roti yang diburu oleh pelanggan adalah roti isi ayamnya

Rasanya lezat dan isian ayamnya juga banyak. Lokasinya berada di Jalan Tentara Pelajar No. 63, Cirebon. Jam buka Ruby Cake ini mulai dari 07.00 – 20.00 wib

22. Nasi Ati Ayam Santa Maria

tempat wisata di cirebon Nasi Ati Ayam Santa Maria
Sumber: @tomas_ah

Tempat makan enak yang ada dipinggiran jalan Cirebon salah satunya adalah Nasi Ati Ayam Santa Maria.

Tak hanya menu ati ayam, disini juga tersedia ayam goreng yang ditaburi serundeng lezat. Lokasinya berada di Jalan Sisingamangaraja (depan pintu gerbang Sekolah Santa Maria), Cirebon.

Jam buka Nasi Ati Atam Santa Maria mulai pukul 06.30 – 16.00 wib

23. Tahu Petis Kerta Sari

tempat wisata di cirebon Tahu Petis Kerta Sari
Sumber: @nizarmaftuhahnan

Siapa yang tak suka tahu, makanan khas Indonesia ini merupakan makanan kaya dengan gizi dan tentunya juga lezat.

Apalagi bila dipadu dengan bumbu petis yang pedas nan segar, semakin membuat lidah bergoyang. Salah satu penjual tahu petis enak di Cirebon adalah tahu Petis Kerta Sari.

Tahu Petis Kerta Sari berada di Jalan R. Dewi Sartika, Tukmudal, Sumber, Cirebon. Jam buka tahu petis Kerta Sari mulai pukul 14.00 – 21.00 wib

24. Es Kopyor 4848

Es Kopyor atau es kelapa muda adalah minuman segar yang disukai banyak orang. Jika cuaca sedang terik dan pengen menikmati segelas es kopyor, coba deh Es Kopyor 4848.

Lokasinya berada di Jalan Sukalila Utara, Kejaksan, Cirebon. Jam buka Es kopyor 4848 ini mulai pukul 0900 – 17.00 wib

25. Es Campur Bandung Ibu Eros

Es Campur Bandung Ibu Eros
Sumber: @mypickoer_31

selain es kopyor di Cirebon juga ada es campur yang seger dan enak, Es Campur Bandung Ibu Eros namanya.

Es campur Bandung ini lokasinya di Jalan Pekalipan, Pekiringan, Kesambi, Cirebon. Jam buka Es Campur Ibu Eros mulai pukul 08.00 – 21.00 wib.

26. Es Cuwing Kartini

es cuwing kartini
Sumber: @toekang_jajan_jeh

Masih kuliner yang segar – segar, di Cirebon ada minuman bernama Es Cuwing Kartini. Es Cuwing adalah es dengan isian cincau, bubur sumsum, irisan kelapa, santan dan disiram gula jawa cair.

Lokasinya berada di Jalan Kartini (Seberang McD Kartini), Kejaksan, Cirebon. Jam buka Es Cuwing Kartini ini mulai pukul 08.00 – 11.00 wib

27. Pipit Tongseng Battembat

Pipit Tongseng Battembat ini menyajikan tongseng dengan kuah lebih sedikit sehingga mirip seperti kuah rendang. Ingin menikmati kelezatan yang berbeda dari Tongseng Battembat ini?

Lokasinya berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Battembat, Cirebon. Jam buka Pipit Tongseng mulai pukul 09.00 – 21.00 wib

28. Mie Colot

Mie Colot adalah panganan khas yang ada di Cirebon, akan sulit mencari jenis makanan ini ditempat lain, seperti di Sumatera Utara, belum pernah terdengar nama makanan ini.

Di Cirebon sangat mudah dijumpai makanan ini, kalau kamu mau mencoba, cobalah Mie Colot khasnya mie Yamin yang sudah beroperasi sejak tahun 1983 ini.

Alamat nya berada di Jalan Pekalangan No. 15, Pekalipan, Kota Cirebon. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 wib

29. Kue Tapel Mba Lena

Kue Tapel adalah jajanan khas Cirebon yang kini mulai langka dan sulit dicari keberadaannya, namun demikian masih bisa ditemukan penjual kue Tapel di Cirebon.

Sekilas panganan ini mirip dengan martabak mini, namun perbedaannya ada pada bahan dasarnya yang terbuat dari adonankelapa, lalu diberi isian pisang dan gula merah, lalu dipenyet hingga menyatu.

Salah satu penjual kue Tapel yang legend di Cirebon adalah Kue Tapel Mba Lena yang berada di jalan Pagongan, Gang Alas Demang 3 No. 35 (samping nasi lengko Pak Sadi), Pekalipan, Cirebon.

Jam buka kue Tapal Mba Lena mulai pukul 06.00 – 15.00 wib.

Masih banyak lagi makanan – makanan lezat yang ada di Kota Cirebon. Cirebon selain kaya akan wisata alam dan juga sejarah, disini juga banyak sajian masakan khas daerah ini sendiri.

Jika kamu punya daftar tempat wisata Cirebon lainnya yang belum masuk di daftar ini, kamu bisa sharing ke teman – teman lainnya dengan menulis di kolom komentar ini.

Jika punya tips dan saran buat teman – teman yang ingin berwisata ke Cirebon, kalian juga boleh kok memberi saran dan juga nasihat pada kolom komentar.

Sampai ketemu di artikel berikutnya, jangan lupa selalu jaga kebersihan lingkungan, jangan buang sampah sembarangan, dan salam satu bumi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *