Pelem Golek Pondok Makan Bernuansa Alami Di Jogja Yang Wajib Kamu Coba

Apa yang kamu pikirkan kalau disebut kata “Jogja”. Mungkin kamu akan menyebutkan begitu banyak defenisi mengenai kota yang satu ini, mulai dari kota pelajar, budaya, gudang wisata dan juga kuliner. Semuanya definisi tersebut benar guys.

Di salah satu wilayah di Jogjakarta ada sebuah tempat makan yang sangat menarik untuk di kunjungi guys, pondok makan Pelem Golek namanya. Terletak di salah satu sentra kuliner Jogjakarta yaitu di jalan Palagan Tentara Pelajar km 7 no 99, persis di depan hotel Hyatt yang terkenal itu loh.

Penasaran seperti apa menariknya tempat makan yang satu ini? Yuk simak ulasan berikut ini, kalau emang menarik, langusng aja datang kesini yaaah!

Pelem Golek Doloe Dan Sekarang

Pelem Golek tahun 2008

Pelem Golek adalah sebuah pondok makan bernuansa alami yang terletak di utara Jogjakarta. Pondok makan keluarga yang satu ini didirakan pertama kali pada tanggal 27 Januari 2006, pada saat itu lokasi Pelem Golek masih terletak di Jalan Kaliurang km 6,5 Kentungan Yogyakarta.

Kini, the new Pelem Golek berpindah lokasi ke daerah Palagan dikarenakan peningkatan konsumen yang begitu tinggi. Sejak 10 Mei 2008 pondok makan bergaya pedesaan ini resmi beralih lokasi ke wilayah jalan Palagan.

Sekilas info, Pelem dalam bahasa Jawa berarti Mangga, dan Golek adalah jenis dari mangga tersebut. nama ini di usung oleh empunya lapak dikarenakan saat pertama kali didirikan ada sebuah pohon mangga yang sangat subur tumbuh di pelataran parkir pondok makan ini. Unik yah namanya.

BACA JUGA:  Pesona Pulau Rupat, Keindahan Mutiara Di Ujung Utara Indonesia

Menu Andalan Yang Begitu Menggoda

Menu Pelem Golek – via Instagram @crnlsall

Pondok makan Pelem Golek juga dikenal sebagai pondok makan dengan 1001 macam resep. Kalau kamu mampir ke tempat makan unik ini, kamu harus nyobain menu andalannya, yaitu olahan ikan yang dipadukan dengan buah – buahan.

Beberapa menu andalan diantaranya adalah kakap salad mangga, gurame tabur permata yaitu kombinasi antara ikan gurame dan anggur, udang de coco yaitu perpaudan udang dengan kelapa muda dan masih banyak menu lezat lainnya yang mampu menyegarkan rasa penasaran kamu.

Kelebihan dari setiap menu makanan yang tersaji di pondok makan ini adalah faktor kesehatan yang sangat diperhatikan oleh pengelola. Kualitas terbaik akan menjadi sajian utama dalam setiap hidangannya. Kereeen!

Nuansa Alami Adalah Daya Tarik Utama Tempat Makan Ini

view Pelem Golek

Pondok makan Pelem Golek berdiri diatas lahan seluas 5.000 m2 dan memiliki fasilitas yang super lengkap. Gak cuma kelengkapan fasilitas, suasana yang ditawarkan di tempat ini keren banget. Nuansa alami nya bisa dikatakan sebagai daya tarik utama kenapa kamu harus ngisi perut disini.

Bayangin deh, bangunannya aja vintage dan unik banget, hampir semua terbuat dari ukiran kayu. Ketika masuk lebih jauh ke bagian dalam, kamu akan melihat banyak tumbuhan dan pepohonan yang rindang, dan diantaranya terdapat kursi – kursi romantis guys.

Sungai kecil Pelem Golek – via Instagram @andre_marcello20

Turun kebawah sedikit kamu akan melihat aliran sungai dari air terjun yang menyebabkan suara gemericik air disekitar pondok makan ini, cocok lah buat kamu yang pengen makan sambil relaksasi. Suansananya bener – bener seperti di alam bebas, kamu juga bisa menikmati merdunya siulan burung – burung yang terbang diantara pepohonan.

BACA JUGA:  Pantai Pasir Putih Parbaba Salah Satu Keajaiban di Danau Toba Yang Lagi Hits

Fasilitasnya Apa Aja Yah Di Pondok Makan Pelem Golek?

Fasilitas Pelem Golek – via Instagram @dendy_wahyudi

Fasilitas yang tersedia di pondok makan Pelem Golek terbilang sangat lengkap guys. beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya hall dengan kapasitas 150 orang. Lesehan dengan kapastias 100 orang.

Gak Cuma itu, disini juga tersedia 5 unit gazebo yang terletak tepat di tepi sungai. Ada juga meeting room yang bisa kamu gunakan untuk berbagai acara, dengan kapasitas ruangan 50 orang. Banyak loh yang bikin acara ditempat ini.

Tempat parkirnya gimana? Tenaang, pengelola udah mikirin hal ini sejak jauh – jauh hari. Parkiran disini tersedia cukup luas, kamu jangan risau deh untuk hal yang satu ini. Musholla? Wah, kalo tempat ibadah yang satu ini wajib ada, dengan kapastias 12 orang.

Kalau bawa anak – anak juga gak usah sungkan, dijamin mereka gak bakalan bosen. Karena di pondok makan Pelem Golek juga disediakan arena bermain anak yang cukup lengkap.

Rute Menuju Pondok Makan Pelem Golek

Rute ke Pelem Golek Jogja

Kamu yang sedang di Jogja atau yang berencana akan ke Jogja dan pengen banget nyobain lezatnya kuliner di Pelem Golek dan nikmatnya nuansa pondok makan keren yang satu ini, mungkin kamu bisa mengikuti rute berikut ini agar bisa tiba di TKP dengan selamat.

Pertama, kamu harus menemukan jalan ringroad utara terlebih dahulu. Kalau kamu dari jalan kaliurang (UGM), setelah perempatan disekitar km. 5 jakal, kamu belok ke kiri mengikuti jalur ringroad utara tersebut.

Nah, jalan terus sampe ketemu perempatan Jalan Monjali/Palagan. Kemudian belok ke kanan ke arah hotel Hyatt yang terkenal itu. Sekilas info, hotel Hyatt terletak di jalan Palagan Tentara Pelajar, dan pondok makan Pelem Golek terletak di seberang hotel bintang 5 tersebut guys. Gampang kan rute nya.

BACA JUGA:  Kedung Pedut Kulon Progo, Air Terjun 2 Warna yang Mempesona

Kalau masih bingung, kamu bisa ambil andoid / apple kamu, dan ketikkan google map di browser yang kamu gunakan, trus cari deh jalan Palagan itu terletak dimana. Hehe

The End

Akhirnya selesai juga curhatannya. Buat kamu yang pengen tau lebih banyak tentang pondok makan Pelem Golek tapi belum sempat datang langsung, kamu bisa kepoin website nya di www.pelemgolek.com