12 Kuliner Jogja Unik Ini Harus Kamu Cobain Ketika Di Jogjakarta

Kuliner Jogja apa yang paling terkenal? Semua orang pasti bilang “gudeg”, ada juga yang bilang “nasi kucing”, ada juga yang nyeletuk “bakpia”.

Semua yang kamu pikirkan tadi sudah betul. Pertanyaannya, sudahkah kamu pernah nyobain itu semua? Hehe.

Kali ini kita akan ngobrolin kuliner Jogja yang unik dan harus kamu cobain saat berada di kota pelajar ini. Bukan persoalan rasa yang akan kita bahas, karena enak gak enak itu relatif. Tapi, keunikan dari bentuk dan nama lah yang menjadikan kuliner Jogja ini harus kamu cobain.

Kalau kamu udah nyobain ini semua, maka sempurnalah perjalanan kamu di kota Istimewa Jogjakarta. Mau tau apa aja kuliner Jogja yang wajib dicoba itu? Yuk baca sampe tuntas yaa.

1. Gudeg adalah makanan legendaris khas Jogja yang wajib kamu coba, minimal sekali seumur hidup.

via www.beritajogja.id

Makanan serba manis ini sangat terkenal hampir ke seantero negeri ini. Kalo udah disebut kata “gudeg”, pikiran setiap orang akan terbang melayang ke kota Pelajar Jogjakarta.

Buat kamu pecinta makanan manis, gudeg layak kamu jajal. Mulai dari sayur hingga lauknya disulap menjadi manis, saat masuk ke dalam mulut selain manis rasa gurih juga kental pada kuliner Jogja yang satu ini.

BACA JUGA:  Tebing Breksi Ala Garuda Wisnu Kencana, Piknik Asik Gak Pakai Mahal

Karena makanan ini sudah cukup manis, disarankan memakannya tidak bersama orang terkasih yang manis itu, nanti bisa kena sakit gula. Hehe, becanda om.

2. Lotek, kuliner Jogja yang mirip dengan pecel atau gado – gado. Rasanya uenaakk tenan.

via www.dhee17.wordpress.com

Indonesia emang kaya akan makanan olahan berbahan alami. Di Jogja, ada satu makanan yang cukup populer yang mirip dengan gado – gado, yaitu lotek.

Perpaduan tahu suir, tempe suir, sayur rebus dan dibubuhi kuah kacang yang pedes rasanya bikin ngiler. Mirip kan kaya gado – gado. Hehe

Trus apa istimewanya? Istimewa nya adalah karena lotek tidak akan kamu jumpai di Medan, Jakarta atau kota – kota lainnya diluar pulau Jawa. Jadi mumpung masih di Jogja, gak salah untuk nyobain.

3. Soto bening khas Jogja akan terlihat aneh bagi kamu yang bukan asli dari sana.

Setiap daerah di Indonesia punya kuliner soto, dengan bentuk dan rasa yang berbeda – beda pastinya. Begitu juga dengan kuliner Jogja.

Kamu belum ke Jogja kalo belum nyobain soto khas daerah Istimewa ini. Kalau di sumatera mayoritas sotonya berkuah santan, nah di Jogja sotonya justru bening, sebening wajah kamu.

Uniknya lagi, nasi, irisan kol dan sayuran lainnya ditumpuk jadi satu dan disiram kuah soto bening. Dan siap dinikmati. Suka gak suka, kamu harus cobain, supaya ritual kamu selama di Jogja jadi sempurna.

4. Nasi Kucing , yang membedakan kita dengan kucing adalah, kita gak cukup makan satu bungkus.

Kalo lagi di Jogja, jangan lupa nyobain kuliner jogja yang fenomenal ini. Nasi kucing adalah idola kalangan atas hingga bawah. Selain harganya murah, kamu akan kesulitan menemukan makanan dengan konsep angkringan diluar Jogja khususnya.

Kalo lagi makan nasi kucing, jangan malu – malu. Satu orang makan 5 bungkus itu udah biasa, nasi 5 bungkus, gorengan 4 potong dan teh jahe 2 gelas.

5. Sego Macan wajib kamu coba, karena rasanya enak looh!

via www.indoturs.com

Mirip dengan nasi kucing yaitu dengan bungkusan kecil, tapi sego macan itu lebih ektreem. Miriplah seperti namanya.

Sego macan adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar, pokoknya rasanya enak. Kalo mau nyobain kuliner Jogja yang satu ini, kamu bisa cari diselokan mataram sekitaran kampus UNY atau deket kampus peternakan UGM. Disana ada kafe yang menjual makanan unik ini.

BACA JUGA:  Cuma Punya 48 Jam Di Jogja? Jangan Galau, 12 Tempat Wisata Ini Pasti Bisa Kamu Kunjungi

6. Kopi Klotok khas Jogja salah satu jenis kopi yang nikmat. Bagi yang suka loh yaa.

via www.minumkopi.com

Kopi klotok banyak dijumpai di Jawa Timur, nah kalo lagi di Jogja jangan lewatkan juga minuman jenis longdrink yang satu ini.

Kopi klotok adalah kopi hitam yang dibubuhi dengan arak, kopi jenis ini dilarang buat kamu yang anti terhadap arak yah. Karena bisa bikin kepala kamu pusing. Hehe

Kuliner Jogja ini bisa kamu temukan ditempat yang sama dicafe yang menjual sego macan.

7. Wingko adalah kuliner Jogja yang sedang naik daun, rasanya enak dari lidah hingga ke perut.

via www.jasminecakery.com

Wingko adalah kue asli dari Jogja yang terbuat dari campuran tepung ketan, tepung kanji dan juga parutan kelapa.

Udah kebayang belum gimana enaknya kue ini? Kalo belum, beli deh. Jangan sampe kelewatan. Selain enak dilidah, kue ini juga obat penghilang lapar.

8. Bakpia terkenal sejak dulu. Udah pernah makan belum?

via www.anekatempatwisata.com

Bakpia juga merupakan kue asli Jogja yang sangat terkenal. Bakpia biasanya dijadikan oleh – oleh wajib wisatawan yang berkunjung ke kota Jogjakarta. Gak sah rasanya kalo pulang kampung gak bawa oleh – oleh ini.

Di Jogja banyak jenis merek Bakpia, mulai dari Bakpia dengan brand angka, hingga brand nama yang unik juga ada. Yang jelas, apapun brand nya rasanya tetap sama, sama – sama enak.

9. Tempe Mendoan khas Cilacap harus kamu cobain pas lagi di Jogja. Karena makanan ini akan sulit ditemukan ditempat tinggal kamu.

via www.tokopedia.com

Tempe mendoan adalah makanan khas dari Cilacap yang sangat populer, tapi gak usah khawatir, di Jogja kamu juga bisa temuin kok. Misalnya di warung mendoan Maning yang berada di Jalan Colombo Jogja.

Kalo lagi di Jogja, sayang banget gak nyobain makanan unik yang satu ini, karena bisa dipastikan akan kesulitan kan untuk mampir ke tempat asli kudapan ini.

Nah, mumpung di Jogja, cobain lah makanan khas Cilacap ini. Walopun kamu gak pernah ke Cilacap, paling ngga kamu tau selain LP Nusa Kambangan di Cilacap juga ada jajanan yang terkenal. Hehe

BACA JUGA:  Top Selfie Pinusan Kragilan di Hutan Pinus Magelang yang Hits

10. Kopi Jos Lik Man, berdiri sejah tahun 1960-an. Kamu sudah lahir?

via www.glult.blogspot.com

Kalo ke Jogja jangan lupa mencoba kopi legendaris yang satu ini. Bisa dibilang kopi jos Lik Man ini adalah pionirnya perkopi josan di Indonesia. Hehe

Kopi yang dijual di angkrigan Lik Man adalah kopi biasa yang bisa kamu temukan dimana mana. Yang bikin jos nya adalah, arang panas yang dicelupkan kedalam kopi ini. Unik kan?

Sekilas kisah tentang kopi Jos Lik Man, bisnis kopi jos ini awalnya dimulai pada tahun 1965 oleh sang kakek dan diwariskan kepada sang Ayah yaitu Lik Man. Kini, angkringan kopi jos dikelola oleh anaknya yaitu Pak Kobar yang sudah berusia 43tahunan.

11. Oseng Mercon khas Jogja, membakar lidah menggetarkan jiwa

via www.youthyakarta.com

Banyak yang berpikir kalo ukuran makanan pedasnya Jogja itu masih kalah sama makanan pedas asal Sumatera, Medan misalnya. Apa kamu juga berpikir demikian?

Kalo emang iya, cobain dulu deh oseng – oseng mercon khas Jogja. Mungkin kenapa disebut mercon karena mercon itu menghasilkan api, dan kalau terkena kulit rasanya seperti terbakar. Kalau makan oseng – oseng mercon juga mirip – mirip begitu.

12. Lotis sejenis rujak yang dipadu dengan es krim. Pedes – pedes enak.

via www.youtube.com

Siapa yang doyan rujak?

Kamu biasanya makan rujak pake bumbu apa? Bumbu kacang yaa?

Udah pernah nyobain makan rujak tapi dicampur eskrim belum? Kalo belum…selamat, kamu harus nyobain lotis. Cara baru makan rujak yang dicampur dengan es krim. Hehe

Yup, lotis adalah kuliner Jogja yang unik yang mirip dengan rujak. Aneka buah diparut tipis kemudia disatukan dengan es krim, lalu ditaburi bumbu rujak. Saat memakannya kamu akan merasakan beraneka sensasi, mulai dari pedes, seger dan juga dingin.

Kalo lagi di Jogja, kamu jangan lewatkan rujak unik yang satu ini ya, gampang kok dijumpai. Harganya juga bersahabat kok. Gimana? Mau coba?

Oke guys, itu tadi kuliner Jogja yang wajib kamu coba. Selagi di Jogja jangan lupa nyobain, biar ritual kamu selama di Jogja makin afdol dan sempurna.

Jogja emang istimewa, isitmewa budayanya istimewa pula kulinernya.