Rumah Hobbit Jogja Bagaikan di Negeri Dongeng Wisata Hits Terbaru di Tahun 2017

Kota Jogja memang istimewa, terbukti dengan banyaknya tempat wisata baru bermunculan akhir-akhir ini. Salah satunya adalah wisata Rumah Hobbit Jogja yang baru hits sekitar 3 bulan yang lalu di awal tahun 2017.

Sebenarnya nama dari tempat ini adalah Wisata Seribu Batu Songgo Langit, tapi di sosial media orang lebih mengenal dengan sebutan Rumah Hobbit. Karena di tempat ini terdapat beberapa rumah yang menyerupai rumah hobbit.

Wisata unik ini baru pertama kali dibuat di Bantul Yogyakarta, dan bukan satu-satunya tempat wisata unik di Jogja, di daerah Prambanan ada Rumah Teletubies. Lokasi wisata baru ini berada di antara banyak pepohonan pinus dan karet, nuansa hutan yang teduh dan alami bakal membuat para pengunjung betah berlama-lama di sini.

rumah hobbit jogja
Tangga Menuju Rumah Hobbit Jogja

Karena tempat ini masih baru dan cukup ngehits di sosial media, jadi jangan heran jika kesini saat weekend ramai pengunjung. Jika ingin tidak terlalu ramai, kamu harus kesini di hari biasa biar puas ber foto-foto tanpa perlu menunggu lama ngantri. Datang saat cuaca cerah akan lebih menyenangkan, dan bisa ber jam-jam disini.

Buat kamu para pemburu tempat unik dan baru, mau tau seperti apa keunikan yang ada di Rumah Hobbit Jogja ini? Yuk ikuti tim Tempat Asik jalan-jalan ke tempat unik yang satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Rumah Hobbit Jogja

Alamat tempat hits ini berada di Jl. Hutan Pinus, Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya tak jauh dari wisata Hutan Pinus Mangunan dan wisata Watu Goyang, rute perjalanan nya juga searah. Jadi bisa sekalian wisata ke tempat berbeda. Waktu tempuh dari kota Jogja sekitar 35-45 menit perjalanan, tergantung laju kendaraan.

BACA JUGA:  6 Lokasi Foto Prewed Terbaik Di Medan Dan Deli Serdang. Selain Prewed, Kamu Juga Bisa Berwisata Loh!
wisata seribu batu songgo langit
Gapura selamat datang di Wisata Seribu Batu Songgo Langit / Rumah Hobbit Jogja

Rute menuju rumah hobbit cukup mudah, dari kota Jogja menuju Jl. Imogiri Timur, sampai pasar Imogiri ada pertigaan ke kiri arah ke Makam Raja-raja Imogiri. Ada pertigaan ke kanan ke arah Mangunan, sampai pertigaan Mangunan ke kiri, ikuti jalan sampai menemukan petunjuk Rumah Hobbit di kanan jalan.

Jika dari arah Gunungkidul atau Jl. Wonosari cukup lewat Patuk ke selatan arah Dlingo. Sampai pohon beringin ambil jalan menuju Mangunan dan ikuti jalan sampai menemukan petunjuk lokasi rumah hobbit jogja.

Sebaiknya cek kendaraan kalian sebelum berangkat, karena jalan menuju lokasi naik turun dan berkelok-kelok. Untuk kamu yang dari luar kota dan belum paham jalan, bisa searching di google maps atau bisa ajak teman yang asli Jogja supaya lebih mudah.

Jam Buka, Tarif Parkir & Harga Tiket Masuk Rumah Hobbit Jogja

Tempat hits ini buka setiap hari dari pagi sampai sore hari, tergantung pengunjungnya, yang kadang sampai jam 6.30 sore WIB. Untuk tarif parkir sepeda motor cukup bayar Rp 2.000,- per unit, untuk mobil Rp. 5.000,- per unit, & bus Rp 20.000,- per unit.

tarif masuk rumah hobbit jogja

Harga tiket masuk Rumah Hobbit Jogja saat ini hanya perlu membayar sebesar Rp. 2.000,- per orang. Jadi buat kamu yang mau piknik tapi pemasukan lagi menipis, langsung capcus kesini aja deh. Dijamin murah dan seru.

Spot Unik dan Seru di Rumah Hobbit Jogja

Tempat ini memang cocok buat kamu yang doyan foto selfie dan demen banget nampang di depan kamera :D. Jangan lupa siap sedia smartphone kamu, kamera dan baterai cadangannya ya. Disini kamu bakal dimanjakan dengan banyaknya spot unik yang bikin akun sosmed kamu tambah nge hits.

BACA JUGA:  Gurihnya Roti Lapis Isi Daging ala Rumah Burger Medan. Sudah Pernah Nyobain?
bunga di wisata seribu batu
Indahnya warna-warni bunga bayam jepang di Wisata Seribu Batu

Mulai dari halaman dekat area parkir mobil ada spot yang bisa dijadikan tempat berfoto dengan dikelilingi bunga-bunga cantik.

spot menarik rumah hobbit
Spot menarik rumah hobbit jogja sudah menyambut di pintu masuk

Dari pintu masuk juga sudah terlihat unik, seperti memasuki dunia negeri dongeng. Ada beberapa jembatan kayu yang dibuat alami dan unik untuk menuju ke taman seribu batu yang ada di tengah lokasi.

jembatan menjut rumah hobbit jogja
Jembatan menuju Rumah Hobbit Jogja

Ada spot unik yang cukup menarik perhatian kami, rumah seribu kayu bagai di negeri dongeng yang bisa membuat kalian betah berada disini untuk berfoto ria bersama para ranting-ranting pohon yang terangkai rapi.

Spot menarik untuk berfoto di Rumah Hobbit Mangunan
Spot menarik untuk berfoto di Rumah Hobbit Mangunan

Di sisi kanan ada spot tempat duduk menyerupai bentuk kupu-kupu ukuran besar. Di sampingnya ada satu rumah ranting pohon yang bisa dijadikan spot foto.

spot menarik rumah hobbit jogja
Cuaca cerah di rumah hobbit jogja

Di area taman ini ada batu besar bernama batu purba songgo langit, kalian pun bisa memanjat naik dengan tangga di dekatnya. Tapi harus tetap berhati hati, karena tidak ada pagar.

Batu purba songgo langit di rumah hobbit jogja
Batu purba songgo langit di rumah hobbit jogja

Ada pula spot unik dengan tulisan kekinian, seperti keep move on. Di samping nya ada lokasi buat kamu yang mau nyobain flying fox dengan tiket Rp 15.000,-.

spot foto di watu seribu songgo langit
Tempat ini juga menyediakan spot foto untuk yang ingin dikuatkan
flying fox di rumah hobbit jogja
Wahana flying fox di rumah hobbit jogja

Di dekatnya ada spot dengan tulisan kekinian juga, nah kami coba ajak foto bareng seorang nenek yang kebetulan sedang menikmati susana di sekitar rumah hobbit jogja. Maklum, kita kan sayang orang tua juga walaupun bukan nenek sendiri. 🙂

suasana di rumah hobbit jogja
Dari yang muda sampai yang sudah gak muda lagi pada datang ke sini

Lanjut ke bagian bawah, yaitu jembatan menuju rumah hobbit mangunan. Nama jembatan yang satu ini adalah “jembatan jomblo”, yang pasti bikin kamu geli atau merasa takut kehilangan pasangan saat mau melewatinya. Ini hanya tulisan saja loh, jangan takut kalau jadi jomblo beneran. Hehe.. 🙂

Tapi buat kamu para jomblo, pastinya tempat ini sangat berdedikasi dengan membuatkan sebuah jembatan, sebagai dukungan untuk kaum jomblo. 😀

jembatan jomblo di wisata seribu watu
Tempat ini sangat mengapresiasi kaum jomblo, sampe dibuat jembatannya

Lanjut ke rumahnya para hobbit nih, ada 2 rumah hobbit yang cukup menarik perhatian para pengunjung. Jika kamu mau berfoto di rumah ini, kamu harus bersabar ngantri, karena harus bergantian menunggu giliran.

BACA JUGA:  Inilah Cerita Pesona Danau Toba Yang Perlu Kamu Ketahui
foto di rumah hobbit jogja
Setelah ngantri panjang, akhirnya bisa foto di Rumah Hobbit Jogja juga

Untuk sekedar bersantai, disini ada banyak kursi dari kayu untuk duduk-duduk sambil menikmati pemandangan.

Wisata Lain di Rumah Hobbit Jogja, Mendaki Puncak Seribu Batu Songgo Langit

Buat kamu yang suka mendaki tempat yang tidak terlalu tinggi, ini pendakian yang cukup mudah karena rute pendakian tidak se extreme di Gunung-Gunung khusus untuk pendakian. Tak perlu menghabiskan waktu lama untuk mencapai puncak, hanya sekitar 20 menit sudah sampai.

puncak seribu batu songgo langit
Puncak di Seribu Batu Songgo Langit

Saat sampai di puncak, ada batuan cukup besar dan ada beberapa gazebo untuk berteduh dan terdapat spot yang cukup menarik. Spot foto ini memang sedikit menjorok ke jurang, jadi kalian yang ingin berfoto disini tetap harus berhati-hati dan waspada.

Spot berfoto di puncak Seribu Batu Songgo Langit
Spot berfoto di puncak Seribu Batu Songgo Langit

Dari ketinggian ini kalian bisa melihat hijaunya pemandangan alam yang indah dan birunya langit.

Fasilitas di Wisata Rumah Hobbit Jogja

Fasilitas di Rumah Hobbit Jogja atau Wisata Seribut Batu Songgo Langit sudah cukup memadai, ada toilet, mushola, tempat istirahat, bersantai, dan area parkir yang luas. Banyak tersedia juga tempat sampah, supaya para pengunjung tetap menjaga kebersihan lingkungan wisata.

Fasilitas di wisata seribu batu songgo langit
Fasilitas di wisata seribu batu songgo langit

Selain itu, di sini sudah ada jajaran warung yang siap melayani kamu jika perut lapar, jadi buat si dia yang udah mulai manyun, segera ajak borong makanan di sini. Ada jajanan bakso tusuk, minuman, cemilan, nasi ayam, nasi goreng, aneka mie rebus, dll.

Penjaja makanan di Rumah Hobbit Jogja
Warung makan di Rumah Hobbit Jogja

Menurut salah satu petugas wisata, untuk melakukan kegiatan positif seperti outbond dan camping diperbolehkan di sini.

Gimana, jadi pengen kesini kan. Buruan ke Rumah Hobbit Jogja yang baru ngehits ini, jangan lupa upload ke instagram dan share ke teman-teman kalian, supaya semakin banyak pengunjung dan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur, salam piknik.