Kebun Bunga Matahari Bantul, Spot Selfie Baru yang Ngehits

Kebun bunga matahari di Bantul yang sedang bermekaran sekitar sebulan yang lalu, saat ini mendadak ngehits di sosial media terutama di akun instagram. Walaupun lokasinya berada di persawahan, para pecinta fotografi dan pecinta selfie pun tetap asik berbondong-bondong datang kesini.

lokasi kebun bunga matahari
Lokasi kebun bunga matahari Bantul ( foto : @poe.ri)

Meskipun mulanya bukan untuk tujuan wisata, saat ini banyak sekali pengunjung dari berbagai daerah berdatangan untuk berfoto dengan kebun bunga yang cantik ini. Dari akun instagram, foto-foto cantik bersama bunga bernama latin Helianthus annuus L ini menjadi terkenal dan banyak orang yang ingin mengunjunginya.

Ribuan tanaman bunga ini tumbuh mengelilingi lahan persawahan seluas seribu hektar milik Etik Purwanti. Tujuan pemilik menanam bunga matahari ini adalah untuk melindungi pohon cabai agar tidak rusak karena hembusan angin.

kebun bunga matahari
Kebun bunga yang hits di Bantul @ratihsukmaresi

Awalnya sang pemilik hanya menanam bunga matahari di sebagian sawahnya, karena inisiatif anaknya lalu semua area kebun ditanami bunga tersebut. Saat bunga matahari ini bermekaran, ternyata lokasi berubah menjadi indah dan banyak orang yang tertarik ingin berfoto disini.

Sebelum menanam bunga matahari sekitar 4 bulan lalu, sang pemilik kebun menanam kenikir sebagai pelindung dari angin agar tidak gagal panen.

Sang pemilik kebun menghimbau agar para pengunjung tidak merusak tanaman di kebun ini. Untuk mengantisipasi, para pengunjung dipungut biaya masuk ke lokasi kebun agar lebih hati-hati.

Lokasi

Lokasi kebun bunga matahari ini berada tak jauh dari Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, dan Pantai Pandansari. Lokasi cukup mudah ditemukan karena terletak di tepi Jalur Lintas Selatan (JLS) Jogja. Tepatnya berada di Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

BACA JUGA:  Keunikan di Hutan Pinus Mangunan Dalam Keteduhan dan Ketenangan

Perjalanan dari pusat kota Jogja bisa ditempuh sekitar 45 menit – 1 jam perjalanan. Ada baiknya datang dengan menggunakan kendaraan pribadi agar Anda bisa melanjutkan berlibur ke tempat wisata lainnya dengan nyaman.

Rute Kebun Bunga Matahari

rute kebun bunga matahari bantul
Rute kebun bunga Bantul via @ratihagust

Rute menuju lokasi cukup mudah. Dari arah Jogja Anda bisa menuju Jalan Bantul, lurus saja dan ikuti jalan utama. Lurus, ikuti rute ke Pantai Samas hingga sampai di TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) masuk kawasan Pantai Bantul. Lurus hingga sampai di persimpangan JLS (Jalur Lintas Selatan), kemudian ambil arah kanan/barat, sekitar 500 meter sudah sampai lokasi.

Harga Tiket Masuk

Bagi Anda yang ingin berfoto di kebun bunga matahari disini cukup membayar tiket Rp 5.000,-/orang saja. Bagi anak kecil dan warga setempat tidak dikenakan biaya/gratis. Sedangkan untuk parkir sepeda motor Rp 2.000,-/unit.

Jika ingin memetik atau membeli tanaman bunga matahari dari kawasan ini untuk sekedar oleh-oleh, Anda cukup membayar Rp 10.000,-/tanaman saja.

Fasilitas

  • Area parkir yang cukup luas
  • Warung
kebun bunga matahari bantul
Kebun Bantul via @_wulan_yuliana

Nah, jadi kapan berencana berfoto di Kebun Bunga Matahari Bantul yang sedang ngehits ini? Jangan lupa ajak teman atau pasangan masing-masing untuk berfoto bersama. Selain berwisata ke tempat baru seperti Merapi Park Anda bisa berlibur ke tempat alternatif satu ini. Usahakan datang kesini saat cuaca cerah agar hasil gambar lebih bagus.

Jika datang bersama pasangan, bisa sekaligus melanjutkan perjalanan ke Mangrove Kulon Progo yang penuh dengan spot unik dan kekinian. Dijamin pasangan Anda akan bahagia.

Selamat berlibur dan salam piknik.