Hutan Mangrove Kulon Progo dengan Spot Menarik yang Kekinian

Hutan mangrove Kulon Progo adalah salah satu wisata populer di kota Jogja. Wisata ini mulai hits sekitar tahun 2016 lalu, awal-awal pembukaan tempat ini sudah ramai pengunjung setiap harinya. Di akun sosmed mulai banyak yang share dan penasaran tentang tempat ini.

hutan mangrove kulon progo

Selain melihat keunikan hutan mangrove ini, kamu juga bisa melihat pemandangan sunset di pesisir pantai pasir Mendit yang ada di sebelah selatan. Sebagai informasi, tempat ini berada di baratnya pantai Glagah. Tempat ini bisa jadi alternatif selain berlibur ke bukit seperti Rumah Hobbit Jogja atau Watu Goyang yang berada di kawasan Hutan Pinus Mangunan.

pantai pasir mendit
Area Pantai Pasir Mendit di Hutan Mangrove Kulon Progo

Kawasan wisata hutan mangrove ini berada di satu deretan, namun ada beberapa tempat wisata dengan nama berbeda. Diantaranya hutan mangrove Wana Tirta (barat), mangrove Jembatan Api-api (tengah) dan mangrove pantai pasir Kadilangu (timur).

Banyak sekali pohon mangrove yang tumbuh d isini, dan ada banyak spot foto menarik dan unik yang bisa kamu ajak foto. Penasaran seperti apa? Ikuti tim Tempat Asik jalan-jalan kali ini yuk, terutama khusus bagi kamu yang belum pernah ke sini.

Alamat dan Rute Perjalanan ke Mangrove Kulon progo

Wisata hutan mangrove ini berada di Desa Jangkaran (Pasir Mendit), Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Rute perjalanan cukup mudah, dari kota Jogja sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan, tergantung kecepatan kendaraan. Kami cukup bersepeda motor saja sambil menikmati pemandangan saat perjalanan.

denah lokasi mangrove wana tirta
Denah lokasi mangrove Wana Tirta

Rutenya, jika dari Jogja ke arah Jl. Wates-Purworejo. Sampai di pos Polantas dekat rumah makan murah meriah ke kiri arah Jl. Daendels, melewati jembatan sungai Bogowonto. Sampai di pustu Jogoboyo ke kiri ikuti petunjuk arah mangrove. Jika bingung mengenai arah, jangan sungkan untuk bertanya pada warga sekitar.

Untuk rute dari Purworejo atau Kebumen bisa melewati jalan utama arah ke Jogja sampai tugu batas Jateng-DIY. Sampai di pos polantas ke kanan arah Jl. Daendels, ke arah kanan lewat jembatan sungai Bogowonto dan ikuti petunjuk.

BACA JUGA:  Ini Dia Hotel Dan Penginapan Murah Meriah Di Brastagi

Rute menuju ke lokasi sudah cukup bagus dan mudah. Bagi kamu yang ingin lebih cepet sampai ke lokasi bisa ajak teman asli Jogja atau searching di Google maps.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk dan Tarif Parkir Hutan Mangrove Kulon progo

Jam buka mulai pagi jam 06.00 WIB sampai sore jam 18.00 WIB. Ada bagusnya jika kamu datang kesini saat cuaca cerah.

tiket masuk jembatan api-api
Harga tiket masuk dan parkir Jembatan Api-Api Hutan Mangrove Kulon Progo

Untuk harga tiket masuk ke lokasi cukup bayar Rp 4.000,- per orang. Tarif parkir sepeda motor Rp 2.000,-, mobil Rp 5.000,-, bus/truk Rp 10.000,-. Harga ini berlaku sama dengan tarif masuk ke setiap wisata mangrove di deretan pesisir ini.

hutan mangrove kulon progo wana tirta
Karcis parkir Hutan Mangrove Kulon progo Wana Tirta

Spot Menarik dan Goa Mangrove di Hutan Mangrove Kulon Progo “Wana Tirta”

Mangrove Wana Tirta berada di ujung barat diantara jajaran kawasan wisata mangrove di daerah ini. Di awal masuk area ini sudah terlihat sebuah jembatan unik yang terbuat dari bambu sebagai jalan utama. Kamu bisa melihat banyak tanaman mangrove di sekeliling kanan kiri.

jembatan menuju goa mangrove
Jembatan di Hutan Mangrove Wana Tirta

Kamu juga bisa menjumpai ikan glodog, sumpil, dan kepiting bakau yang ada di bawah jembatan/rawa.

jembatan hutan mangrove wana tirta
Menyusuri jembatan di Hutan Mangrove Kulon Progo

Ada spot kekinian yang bisa kamu ajak foto Hutan Mangrove Kulon Progo bersama teman atau pasangan. Buat kamu yang ingin melihat pantai bisa langsung jalan ke selatan melewati jembatan bambu. Tapi di pantai ini dilarang mandi karena berbahaya.

Selain itu, kamu bisa naik perahu jika ingin melihat pemandangan sekitar mangrove.

perahu di hutan mangrove kulon progo

Lanjut ke arah Goa Mangrove yang katanya banyak para nyamuk dan lembab. Dalam perjalanan, kita temui spot unik yang bisa kita ajak foto. Di dekatnya ada tempat santai di bawah rindangnya pepohonan.

jalan menuju goa mangrove
Jalan menuju lokasi Goa Mangrove dengan rindangnya poho cemara

Di sebelah timurnya ada ayunan dan spot menarik dengan tulisan kekinian.

spot foto menarik di wana tirta
Spot foto penjahat cinta di Hutan Mangrove Kulon Progo

Sampai di pintu masuk ke Goa Mangrove ada jembatan kenangan yang akan kamu lewati.

Jembatan Kenangan menuju Goa Mangrove

Saat mulai memasuki hutan ini memang ada banyak nyamuk yang berkeliaran karena tempat ini cukup gelap dan lembab. Jika berencana kesini, kamu harus bawa obat nyamuk oles.

BACA JUGA:  Masjid Istiqlal Destinasi Wisata Religi Populer Di Jakarta
Menapaki Jembatan di dalam Goa Mangrove
Menapaki Jembatan di dalam Goa Mangrove

Memasuki hutan dengan jalan setapak pun kami mulai, jalan ini terbuat dari rangkaian bambu. Di tengah hutan ada spot love yang bisa kamu temui.

Spot Love di Dalam Goa Mangrove Kulon Progo
Spot Love di Dalam Goa Mangrove Kulon Progo

Di sisi utara ada beberapa ayunan yang bisa kamu gunakan untuk bersantai. Di sebelah kiri ada gazebo yang bisa kamu gunakan untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar. Sambil bersantai, kamu bisa foto dengan spot disini.

Gazebo di Goa Mangrove untuk Beristirahat
Gazebo di Goa Mangrove untuk Beristirahat, nyamuknya lumayan agresif

Spot Unik dan Kekinian di Hutan Mangrove Kulon Progo “Jembatan Api-api”

Setelah kami menyusuri Mangrove Wana Tirta, saatnya menuju area wisata lain di Hutan Mangrove Kulon Progo, Mangrove Jembatan Api-Api namanya. Mangrove jembatan api-api adalah mangrove terluas daripada yang lain, ada banyak spot unik dan kekinian bisa kamu temui di sini. Bagi kamu yang demen foto selfie, disini adalah salah satu tempat yang cocok.

jembatan api api
Di atas Jembatan Api Api

Di awal masuk, kamu akan melewati jembatan unik dari kayu dan bambu. Jembatan ini sebagai pintu masuk(tol japin atas) dan pintu keluar(tol japin bawah), jadi saat ramai pengunjung tidak berdesakan. Di samping jembatan ini ada banyak tambak udang.

Di pintu masuk ada spot tulisan dari nama tempat wisata ini yang bisa kamu gunakan untuk background foto. Nama jembatan api-api ini diambil dari nama tanaman mangrove jenis api-api yang tumbuh di kawasan ini.

area wisata hutan mangrove kulon progo
Menuju area wisata Hutan Mangrove Kulon Progo “Jembatan Api Api”

Di sisi kiri ada spot titian segitiga dengan gardu pandang disampingnya yang bisa digunakan untuk mengambil foto dari atas. Di samping nya ada spot bingkai asmara bagaikan tempat pengantin yang bisa kamu ajak foto sama pasanganmu.

titian segitia
Spot Titian Segitiga berbentuk Love di Hutan Mangrove Kulon Progo Jembatan Api-api

Lanjut ke arah selatan ada ayunan teletubies yang bisa kamu ajak foto, kamu pun bisa duduk di ayunan unik dan besar ini. Tapi tetap hati-hati karena ini tidak untuk ayunan pada umumnya.

Ayunan Teletubbies di Mangrove Jembatan Api-Api
Ayunan Teletubbies di Mangrove Jembatan Api-Api

Di samping nya ada spot gembok cinta dengan beragam kata-kata cinta kekinian yang bisa kamu baca. Ada juga sepeda ontel yang bisa kamu ajak foto sambil mboncengin pasangan kamu.

BACA JUGA:  19 Alasan Kenapa Kamu Wajib Baca Artikel Ini Sebelum Plesiran Ke Tanah Karo (Bag. 1)
gembok cinta hutan mangrove kulon progo
Hayoo ini gemboknya siapa? gembok cinta di Hutan Mangrove Kulon Progo
Gembok Cinta di Mangroe Jembatan Api-Api
Gembok Cinta di Mangroe Jembatan Api-Api

Di samping kiri ada spot satria bergitar yang bisa kamu ajak foto. Di dekatnya juga ada kapal berlayar kuning dan ada tempat untuk sekedar duduk santai sambil menunggu antrian jika ingin berfoto.

Perahu layar dan gitar di jembatan api-api
Perahu layar dan gitar besar di Hutan mangrove Kulon Progo Jembatan Api-Api

Lanjut ke sisi kanan ada spot yang banyak antrian yaitu spot I love you. Bagi kamu yang mau foto disini harap sabar antri ya.

jembatan api api
Tempat berfoto di Hutan Mangrove Kulon Progo Jembatan Api-Api

Kita menuju arah pantai, ada ayunan unik dari bambu yang bisa kamu jadikan spot foto kekinian. Di dekatnya juga ada jalan bambu di antara pepohonan mangrove yang rindang dan teduh menyerupai jalan goa.

ayunan unik di hutan mangrove jembatan api-api
Ayunan unik di Hutan Mangrove Jembatan Api-Api

Sesampainya di bibir pantai, ada ayunan yang bisa kamu nikmati sambil melihat sunset di sore hari. Ada banyak rumput pantai yang sedang berbunga yang bisa kamu temui disini. Di pantai ini dilarang mandi karena berbahaya.

pantai hutan mangrove kulon progo
Spot pantai di Hutan Mangrove Kulon Progo

Puas berkeliling, lanjut ke arah keluar. ada spot love di kanan jembatan. Dan di sampingnya ada spot baru yang akan dibangun.

spot foto di jembatan api-api
Spot foto di Hutan Mangrove Jembatan Api-Api

Spot Foto Unik di Hutan Mangrove Kulon Progo Pantai Pasir Kadilangu

Dari lokasi parkir menuju lokasi, kamu akan melewati jembatan bambu dengan hiasan bola-bola datasnya.

jembatan unik di hutan mangrove kulon progo
Jembatan unik di hutan mangrove kulon progo

Saat pertama masuk ke kawasan hutan mangrove paling timur ini, kamu bakal disambut dengan jembatan bambu memanjang yang unik dengan penuh spot foto.

spot foto unik di hutan mangrove kulon progo
Spot foto unik di hutan mangrove Kadilangu

Jembatan pertama kamu bisa berfoto dengan kerang mutiara, ayunan kepompong, negeri diatas mangrove dengan spot jembatan cinta.

kerang mutiara di kadilangu
Kerang mutiara di kadilangu
ayunan kepompong di mangrove kadilangu
Ayunan kepompong di mangrove kadilangu
jembatan cinta di hutan mangrove
Jembatan cinta di hutan mangrove

Ada juga spot jembatan tempo doeloe yang unik, dan spot gazebo cinta pertama yang kekinian seperti saat pertama bertemu dengan cinta pertamamu.

jembatan unik di mangrove kadilangu
Jembatan unik di mangrove kadilangu

Di ujung hutan mangrove ini kamu akan menyusuri spot lorong goa sama loe yang di ujung nya ada gazebo bambu yang bisa melihat spot foto di hutan mangrove jembatan api-api dari jauh.

Lanjut ke sisi kiri ada spot sangkar penantian dengan love merah dan berdekatan dengan spot garuda.

spot unik di hutan mangrove kadilangu
Spot unik yang bisa kamu ajak foto
spot garuda di hutan mangrove kadilangu
Spot garuda di hutan mangrove kadilangu

Di sebelahnya ada spot doraemon dengan dengan desain bambu unik, di ujung jalan juga ada spot tulisan love dari gabus.

spot unik di hutan mangrove kulon progo
Spot Doraemon yang unik

Ke timur lagi ada ada gardu pandang untuk melihat pemandangan pantai pasir dan indahnya hutan mangrove disini.

Lanjut ke selatan, kamu bisa berfoto di spot yang menjadi daya tarik utama di mangrove ini yaitu spot menara Eifel yang berketinggian sekitar 10 meter.

menara eifel di mangrove kadilangu
Menara Eifel di mangrove kadilangu

Di spot paling hits ini para pengunjung rela antri untuk bisa berfoto. Kamu tak perlu jauh-jauh keluar negeri kan jika hanya ingin foto dengan menara ini.

Di baratnya menara ini kamu bisa foto di spot kupu-kupu yang bersayap warna-warni.

spot foto di mangrove kulon progo
Spot kupu-kupu yang bisa kamu ajak foto

Di sore hari saat cerah kamu juga bisa melihat pemandangan sunset dari sini.

Fasilitas di Hutan Mangrove Kulon Progo

Fasilitas di kawasan wisata Hutan Mangrove Kulon Progo sudah cukup memadai, ada toilet, mushola, tempat sampah, area parkir yang cukup luas, dan jajaran warung yang siap melayani kamu jika lapar.

spot foto hutan mangrove wanatirta
Spot untuk foto di Hutan Mangrove Wanatirta

Gimana, jadi pengen kesini? Mumpung kamu pas ada di Jogja, tak ada salahnya ke hutan mangrove Kulon Progo ini sekedar liburan dan refreshing. Semoga liburannya menyenangkan, salam pinik.