Watu Goyang Dlingo Dengan Keindahan Sunset di Atas Bukit

Watu goyang di kawasan Dlingo adalah salah satu destinasi wisata baru di Bantul, Jogja. Selain itu, daerah Mangunan ini banyak bermunculan wisata alam baru yang berbeda dari tempat lainnya. Seperti Hutan Pinus Mangunan, Rumah Hobbit/Seribu Batu Songgo Langit, Puncak Becici, Kebun Buah Mangunan, dan lain sebagainya.

wisata watu goyang
Puncak Wisata Watu Goyang dari dilihat arah parkiran

Selain menikmati wisata kuliner ala Jogja yaitu gudeg, tempat-tempat wisata di daerah Mangunan ini tentu bisa menjadi referensi untuk rencana liburan kamu saat di Jogja. Terutama objek wisata ini muai terkenal baru beberapa bulan di awal tahun 2017 ini.

tangga menuju puncak watu goyang
Tangga menuju puncak Watu Goyang dihiasi bunga-bunga cantik

Untuk menuju ke tempat ini, kamu bakal disambut dengan jalan berbatu yang membuat kamu bergoyang menuju lokasi. Jika kamu kesini dengan menggunakan sepeda motor tentu akan terasa goyangannya.

Penasaran dengan wisata baru ini? Yuk ikuti tim tempatasik jalan-jalan kali ini.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Wisata Watu Goyang

Objek wisata baru ini berada di Dusun Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Perjalanan dari pusat kota Jogja bisa ditempuh sekitar 45 menit.

gapura masuk wisata watu goyang
Gapura masuk ke Wisata Watu Goyang

Rute menuju lokasi searah dengan wisata Hutan Pinus Mangunan. Dari Jogja ke arah Jl. Imogiri Timur ke arah pasar Imogiri, ada pertigaan ke kiri arah Makam Raja-raja Imogiri. Sampai pertigaan ambil kanan arah Mangunan, sampai Mangunan ikuti jalan sampai ketemu gapura wisata di kiri jalan.

BACA JUGA:  Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo dengan Wisata Alam di Perbukitan Menoreh Nan Hijau
area wisata di watu goyang
Petunjuk Area Wisata di Watu Goyang

Jika dari arah Patuk Gunungkidul/Jl. Jogja-Wonosari cukup lewat Patuk ke selatan arah Dlingo/Mangunan. Ikuti jalan sampai menemukan petunjuk ke lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk dan Tarif Parkir Wisata Watu Goyang

Untuk harga tiket masuknya sementara masih gratis atau belum dikenakan biaya karena belum banyak fasilitasnya dan masih termasuk baru. Untuk tarif parkir motor Rp 3.000,-, mobil Rp 7.000,-, minibus Rp 15.000,-, bus Rp 20.000,- per unit.

harga tiket masuk wisata watu goyang
Harga Tarif Parkir Wisata Watu Goyang

Bagi kamu yang mau piknik murah, bisa langsung datang kesini. Dijamin murah.

Spot Menarik yang Bisa Kamu Temui di Wisata Watu Goyang

Untuk menarik minat para wisatawan memang harus ada spot menarik, salah satunya di objek wisata ini. Ada beberapa spot kekinian yang bisa kamu temui. Diantaranya spot foto bersama bunga-bunga di jalan tangga naik menuju bukit. Bunga ini tidak boleh kamu petik/cabut ya, sudah ada peringatan nya agar tidak merusak keindahan.

spot di wisata watu goyang
Taman bunga salah satu spot menarik di Wisata Watu Goyang

Jika kamu ingin beli pohon bunga-bunga ini untuk ditanam dirumah, di bawah ada yang menjual tanamannya. Yang ukuran besar harga Rp 20.000,- per 1 tanaman, dan yang ukuran kecil harga Rp 10.000,- . Kita pun juga membelinya, dan tanaman ini katanya bernama bayam Jepang.

Lanjut naik ke atas lagi di sisi kanan ada warung makan yang bisa kamu coba jika merasa lapar.

warung makan di wisata watu goyang
Warung makan di Wisata Watu Goyang yang bisa kamu coba

Pemandangan pun semakin naik semakin terlihat indah. Ada petunjuk di tengah batuan, ke kanan ada warung kopi dan gubuk renungan yang bisa kamu coba.

BACA JUGA:  Taman Wisata Iman Kabupaten Dairi Pilihan Wisata Keluarga Pintar
puncak wisata watu goyang
Puncak di Wisata Watu Goyang

Ke kiri arah ke watu goyang yang konon batu yang bisa digoyang-goyangkan karena batu ini berada di atas batu lain. Ada tulisan dari nama tempat wisata ini yang bisa kamu ajak foto. Di sisi kiri nya ada spot helikopter dan gardu pandang yang bisa kamu coba. Tapi tetap hati-hati karena ini berada di ketinggian.

spot helikopter di watu goyang
Spot helikopter dan gardu pandang di Wisata Watu Goyang

Di sampingnya ada spot kayu yang menjorok ke tebing, tetapi masih di tempat yang aman. Meski begitu harus tetap hati-hati jika mau berfoto.

spot berfoto wisata watu goyang
Spot untuk berfoto di Wisata Watu Goyang (masih dalam proses pembuatan)

Lanjut ke atas batu ada spot yang tak kalah menarik buat kamu yang doyan foto, kamu bisa foto dengan pasangan/teman/keluarga. Di atas batu besar ini bisa kamu bisa melihat pemandangan alam yang indah dan alami.

spot menikmati pemandangan watu goyang
Spot untuk menikmati pemandangan di puncak Watu Goyang

Ada meja dan kursi di atas sini, kamu bisa menikmati indahnya sunset saat cuaca cerah.

suset di watu goyang
Indahnya sunset di Watu Goyang
pemandangan di puncak watu goyang
Menikmati pemandangan bersama teman-teman di puncak Watu Goyang

Sambil melihat pemandangan sunset, kamu bisa membeli kopi di warung kopi yang ada di bukit ini. Warung ini berada tak jauh dari watu lincip/batu lancip, dinamakan demikian karena batu ini berbentuk meruncing/lancip di sisi timur.

watu lincip
Watu lincip di wisata watu goyang

Jika kamu berangkat pagi/siang, kamu bisa wisata dulu ke Rumah Hobbit atau ke Hutan Pinus Mangunan yang tak jauh dari lokasi sambil menanti datangnya sore hari .

Fasilitas di Wisata Watu Goyang

Untuk fasilitas di kawasan ini sudah cukup lengkap meski tempat ini bisa dibilang masih baru. Disini sudah ada toilet umum, mushola, warung, dan area parkir yang cukup luas.

BACA JUGA:  Candi Ijo, Keindahan yang Tersembunyi di Atas Ketinggian Kota Jogja
parkiran wisata watu goyang
Area parkiran di tempat Wisata ini cukup luas, meskipun masih dalam proses pembuatan

Bagi kamu yang ingin camping, disini menyediakan tempat khusus camping ground.

Nah, bagi kamu yang sedang berlibur di Jogja tak ada salahnya menikmati indahnya sunset di Watu Goyang ini bersama pasangan kamu, teman ataupun keluarga. Semoga liburannya menyenangkan, salam piknik. 🙂