Keunikan di Hutan Pinus Mangunan Dalam Keteduhan dan Ketenangan

Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu tempat hits yang populer di kota Jogja. Tempat ini biasa menjadi lokasi hunting foto selfie maupun foto pre-wedding. Banyak para fotografer yang datang kesini untuk mengabadikan keindahan pemandangan bersama pepohonan.

spot foto hutan pinus mangunan
Duduk bersantai menikmati rindangnya pohon pinus di Hutan Pinus Mangunan

Lahan yang memiliki luas sekitar 500 Ha ini mayoritas adalah pohon pinus, ada juga jenis pohon lain seperti kayu putih, akasia, mahoni, kemiri. Sebelum menjadi objek wisata yang cukup ngehits, ternyata dahulunya berupa lahan tandus, dan saat ini sudah direboisasi.

Obyek wisata ini dapat diajadikan sebagai pilihan alternatif liburan ke tempat sejuk di Jogja seperti Kebun Binatang Gembira Loka atau Pantai Goa Cemara.

Nah, team Tempat Asik pun bergegas menuju lokasi ini untuk melihat langsung keindahannya, yang katanya seperti di film-film Hollywood. Untuk menuju ke sana, dari kota Jogja cukup naik sepeda motor saja. Mau tau seperti apa tempat satu ini? yuk ikuti perjalanan kita kali ini.

Alamat dan Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan

Tempat hits yang satu ini, lokasinya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Bisa ditempuh sekitar 35 – 45 menit perjalanan dari pusat kota Jogja. Ada baiknya cek semua kondisi kendaraan karena jalannya yang naik turun dan berkelok-kelok.

pintu masuk hutan pinus mangunan
Pintu masuk area wisata hutan pinus mangunan

Banyak orang yang mengira tempat ini berada di Imogiri dan disebut hutan pinus Imogiri, padahal tidak. Hal itu disebabkan karena tempat ini searah dengan Makam Raja-raja Imogiri.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Di Bandung

Rute menuju hutan pinus imogiri sendiri cukup mudah untuk ditempuh. Dari kota Jogja ke arah Jl. Imogiri Timur sampai Imogiri ada pertigaan ambil arah kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri. Sampai pertigaan, ke kanan ke arah Mangunan, ada pertigaan Mangunan, ke kiri arah hutan pinus. Ikuti jalan sampai lokasi hutan pinus.

Jika dari arah Jl. Wonosari cukup lewat Patuk ke selatan arah Dlingo. Sampai pohon beringin, ambil arah Mangunan dan ikuti petunjuk jalan ke arah hutan pinus. Jalan ke hutan pinus juga searah dengan Puncak Becici, jadi kamu bisa sekalian wisata ke tempat lainnya.

tarif parkir hutan pinus mangunan
Area parkir hutan pinus mangunan

Nah, sampailah di lokasi dan tarif parkirnya untuk motor Rp 2.000,- saja. Untuk mobil/bus tarif diatas harga parkir motor.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Objek wisata ini buka setiap hari, jadi kamu bisa ke ke hutan pinus ini kapan saja. Untuk tiket masuk cukup murah, hanya bayar Rp 2.000,- per orangnya. Pintu masuk nya saja sudah terlihat unik dari sisi depan, apalagi keadaan di dalamnya.

harga tiket masuk hutan pinus mangunan
Loket masuk area wisata Hutan Pinus Mangunan

Spot Menarik di Hutan Pinus Mangunan Pasti Bakal Membuat Kamu Betah Berlama-lama di sini

Dari pintu masuk, sampai keluar tempat ini memang menarik. Pertama masuk sudah terlihat banyak ayunan warna-warni bergelantungan diantara pepohonan. Dengan background pohon pinus. Gak ada salahnya mengabadikan moment seru bersama teman, keluarga atau pun pasangan kamu.

area wisata hutan pinus mangunan
Area wisata hutan pinus mangunan

Ada banyak kursi kayu yang sengaja dibuat untuk pengunjung sekedar duduk santai sambil menikmati pemandangan dan sejuknya udara di hutan pinus mangunan ini. Ada banyak anggota keluarga yang datang kesini dengan membawa tikar dan bekal untuk duduk dan menikmati keteduhan tempat ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Eksis Dari Masa Ke Masa, Kamu Harus Tau!
tempat bersantai di hutan pinus mangunan
Di Hutan Pinus Mangunan kamu bisa duduk bersantai menikmati sejuknya udara

Banyaknya pohon pinus yang tumbuh teratur membuat tempat ini tenang dan teduh. Siapa saja yang punya banyak masalah/pikiran boleh deh cobain kesini pasti pikiran jadi fresh dan tenang.

Duduk diatas daun pinus kering yang bertebaran di atas tanah bisa menjadi alternatif untuk mengambil foto dan bersantai. Di beberapa tempat juga ada gazebo yang bisa digunakan untuk berteduh jika hujan turun.

Lanjut naik ke sisi atas dengan menapaki jalan tangga dari kayu pinus. Ada gazebo yang dikelilingi bunga warna-warni yang cantik.

spot menarik di hutan pinus mangunan
Menyusuri tangga menuju Gazebo di Hutan Pinus Mangunan

Di samping atas nya ada batuan besar yang ikut mempercantik tempat ini. Di dekatnya ada menara atau gardu pandang yang bisa dijadikan lokasi berfoto dan harus antri jika pengunjung ramai.

gardu pandang di hutan pinus mangunan
Gardu pandang di Hutan Pinus Mangunan

Lanjut ke sisi selatan ada spot menarik, yaitu seperti rumah pohon. Karena spot ini unik dan bagus untuk tempat berfoto, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas sini. Ada banyak bunga-bunga yang sengaja ditanam disini, dan banyak juga tempat duduk untuk bersantai.

rumah pohon di hutan pinus mangunan
Rumah Pohon di Hutan Pinus Mangunan

Di sebelah kiri, ada jalan turun untuk menuju hutan pinus yang berbeda. Kita coba telusuri dan ternyata ada watu tumpang (batu ngambang) yang unik, karena batu ini tersangga oleh batu dibawahnya jadi bernama watu tumpang.

Konon ini adalah petilasan sejarah dari Sunan Kalijogo dan Syeh Jenar. Tapi, tempat ini sepi dan sunyi, tak semua pengunjung turun dan melihat batu ini.

watu tungpang di hutan pinus mangunan
Watu Tumpang di Hutan Pinus Mangunan

Di area tengah ada spot foto menarik juga yang bisa kamu gunakan untuk berfoto.

tempat menarik di hutan pinus mangunan
Area tengah di Hutan Pinus Mangunan

Di dekat pintu keluar ada spot yang cukup menarik perhatian kami, bagus banget untuk foto pre-wedding, karena penataannya seperti dengan dekorasi untuk pernikahan. Tetapi, yang ini lebih unik, karena terlihat alami menyatu dengan alam.

BACA JUGA:  Ternyata, 9 Tempat Wisata Ini Menjadi Trending Topic Di Indonesia
spot menarik di hutan pinus mangunan
Spot menarik di Hutan Pinus Mangunan pas untuk foto prewed

Tempat Unik Lain Di Kawasan Hutan Pinus Mangunan

Setelah puas berkeliling, mari kita lanjut menyusuri ke lokasi berbeda yang ada di Hutan Pinus Mangunan ini, tapi masih satu area. Namanya Panggung Sekolah Hutan. Tiket masuknya cukup bayar Rp 2.500,- per orang. Tempatnya pun cukup menarik, di samping kanan ada ayunan yang bisa digunakan untuk mengayunkan hati si dia. ☺

hutan pinus mangunan
Gerbang masuk area Panggung Sekolah Hutan
kawasan panggung sekolah hutan
Memasuki kawasan Panggung Sekolah Hutan cukup bayar 2500 per orang

Setelah sampai di area panggung, tempatnya terbilang unik. Karena hampir semua panggung dan tempat duduk yang memusat ke tengah panggung terbuat dari kayu-kayu/batang pohon. Mirip panggung pertunjukan gitu, hanya saja berada di alam terbuka.

panggung sekolah hutan pinus mangunan
Panggung Sekolah Hutan di wisata Hutan Pinus Mangunan

Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan

Fasilitas yang ada di tempat ini juga sudah cukup memadai, area parkir yang luas, adanya tempat sampah, toilet dan mushola. Selain itu ada banyak warung yang siap melayani kamu jika merasa lapar.

area parkir mobil di hutan pinus mangunan
Area parkir mobil di Hutan Pinus Mangunan

Buat kamu yang berencana datang kesini, sebaiknya ketika cuaca cerah. Saat musim liburan dan weekend tempat ini selalu ramai pengunjung. Jika ingin suasana tak terlalu ramai, saran kami, datang saat hari biasa.

Nah, seru kan tempatnya. Bagi kamu yang belum pernah datang kesini, harus coba datang kesini saat berlibur di Jogja. Bisa juga ajak banyak teman ke sini, ramai-ramai tambah seru pastinya. Semoga weekend dan liburan kamu menyenangkan, salam piknik. 🙂