15 Tempat Wisata di Bali Terbaru yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Tempat wisata di Bali terbaru setiap tahunnya terus bertambah, hal ini tentu akan menjadi tujuan wisata saat liburan atau akhir pekan yang menyenangkan bersama teman, pasangan atau keluarga. Bali memang terkenal kaya akan ragam destinasi wisatanya seperti pantai, air terjun, danau, gunung, dan wisata alam lainnya.

Wisata ke tempat populer di Bali seperti Pantai Kuta, Sanur, Tanah Lot, Pasar Sukawati dan lainnya memang sudah biasa, tetapi akan lebih seru lagi jika bisa menjelajahi tempat wisata yang baru hits di Bali. Jangan lupa siapkan kamera/smartphone dan baterai cadangannya.

Mau tau apa aja? Tim Tempat Asik akan membahas tempat-tempat hits yang wajib kamu kunjungi saat wisata ke Bali.

15 Tempat Wisata di Bali Terbaru yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

1. Rumah Pohon Temega Karangasem

rumah-pohon-temega
Rumah Pohon Temega di Karangasem Bali via @diarsana

Wisata Rumah Pohon Temega adalahtempat wisata di Bali terbaru dan paling hits. Tepatnya berada Jl. Raya Tirta Gangga, Temega, Padang Kerta, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Tempat ini dibuka sekitar bulan November 2016 lalu, dan masih termasuk wisata baru.

tempat wisata di bali terbaru
Rumah Pohon tempat wisata di bali terbaru via @hendrakumara12

Jarak tempuh dari Denpasar sekitar 2 jam perjalanan/ jarak 70 km, atau sekitar 3 km sebelum sampai wisata Tirta Gangga. Lokasi ada di tepi jalan raya, jadi kamu akan lebih mudah menemukan tempat ini.

Harga tiket masuk cukup murah. Untuk dewasa Rp 10.000,-, anak-anak Rp 5.000,- per orang. Untuk tarif parkir sepeda motor Rp 2.000,-, mobil Rp 5.000,- per unit.

Tempat unik ini buka setiap hari dari jam 07.00 pagi sampai jam 7 sore. Di hari libur Nasional/Minggu tempat ini ramai pengunjung, jika ingin puas menikmati wisata disini sebaiknya datang di hari biasa.

rumah pohon karangasem bali
Keunikan Rumah Pohon Karangasem Bali via @nyoman.rasma_bali

Rumah-rumah yang ada di atas pohon ini berdesain unik dan kekinian untuk menikmati pemandangan alam sekitar. Penghubung antar rumah pohon ini adalah adanya jembatan kayu yang bergoyang jika dilewati, sensasi ini cocok bagi kamu pecinta tantangan.

rumah pohon temega bali
Rumah Pohon Temega Bali via @adi_susanta

Uniknya, ada sebuah rumah pohon dibangun bertingkat 5 yang cukup tinggi. Disini ada 2 rute untuk bisa sampai ke rumah pohon, pertama melewati jembatan gantung/goyang dan kedua melewati jalan setapak. Untuk anak dibawah umur 3 tahun/yang takut ketinggian disarankan ambil rute kedua yang lebih aman. Tempat wisata hits di Bali ini banyak diburu terutama para anak muda yang doyan banget foto di depan kamera untuk menambah galeri hits nya di akun sosmed.

Aturan disini harus menjaga kebersihan lingkungan, dilarang merokok, dan uniknya disini aturan tidak boleh bersentuhan dengan pasangan (pacar/ meski sudah menikah).

2. Selfie di Puncak Wanagiri

puncak wanagiri bali
Puncak Wanagiri Bali via @dodek_99

Foto selfie tentu disukai semua orang, terutama anak muda masa kini. Salah satu tempat asik untuk spot foto yang bisa ditemukan adalah di Banjar Yeh Ketipat, puncak bukit Desa Pakraman Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Disini kamu bisa menikmati pemandangan Danau Buyan yang indah sambil menikmati makanan. Ide pembuatan tempat ini adalah inisiatif para pedagang di seberang jalan untuk sekedar bersantai menikmati pemandangan.

Rute ke lokasi dari Denpasar ke arah wisata Bedugul lalu menuju Singaraja. Setelah sampai puncak bukit daerah Wanagiri belok kiri arah Desa Gobleg dan ikuti jalan utama. Beberapa kilometer di kiri jalan sampai lokasi. Di kawasan ini juga masih ada spot lain untuk tempat selfie di tempat berbeda.

Ayunan di puncak ini hanya untuk berfoto, tidak untuk ayunan seperti umunya karena berada di ketinggian dan berbahaya. Kamu bisa ambil gambar sendiri atau bisa minta bantuan petugas yang siap melayani mengambil gambar untuk mendapat hasil gambar yang keren.

wisata puncak wanagiri
Wisata Puncak Wanagiri via @miawidiasanti_

Selain itu, kamu bisa foto selfie seperti di Wisata Alam Kalibiru dengan duduk diatas papan ukuran 3 meter persegi sambil menikmati pemandangan. Tempat ini selalu ramai terutama saat liburan dan harus antri jika ingin berfoto. Jika ingin suasana santai datanglah di hari biasa dan cuaca cerah agar hasil foto lebih bagus.

puncak wanagiri di bali
Puncak wanagiri di bali via @stiven_elsandro

Tempat hits baru ini buka setiap hari. Harga tiket masuk ke puncak Wanagiri cukup murah. Untuk anak-anak & dewasa Rp 10.000,- per orang sudah termasuk foto di ayunan, untuk tarif berfoto di papan kayu Rp 5.000,- per orang.

Rute ke lokasi dari Denpasar ke arah wisata Bedugul lalu menuju Singaraja. Setelah sampai puncak bukit daerah Wanagiri belok kiri arah Desa Gobleg dan ikuti jalan utama. Beberapa kilometer di kiri jalan sampai lokasi. Di kawasan ini juga masih ada spot lain untuk tempat selfie di tempat berbeda.

Jika kesini kamu juga bisa sekalian wisata ke tempat lainnya seperti Danau Buyan, Danau Tamblingan, Air Terjun Banyumala, dan Air Terjun Munduk.

3. Krisna Funtastic Land

krisna funtastic land
Krisna Funtastic Land via @yedia.babtista

Krisna Fantastic Land merupakan tempat rekreasi pertama di Bali dengan banyak wahana dibawah bendera Krisna Holding Company. Tempat ini dibuka sekitar akhir tahun 2016 lalu. Di area sekitar 5 hektare ini ada 16 jenis wahana seru yang bisa kamu coba, dan harga tiket tiap wahana juga berbeda.

wahana krisna funtastic land
Wahana Krisna Funtastic Land via @muthe_bogara

Tempat rekreasi ini buka setiap hari dari jam 4 sore sampai jam 10 malam. Untuk harga tiket masuk Rp 10.000,-/orang di hari Senin-Kamis, Rp 15.000,-/orang di hari Jum’at-Minggu dan hari libur nasional.

BACA JUGA:  Inilah 10 Surga Wisata Kebanggaan Masyarakat Kabupaten Batubara Sumatera Utara
wahana di krisna funtastic land
Wahana di Krisna Funtastic Land via @winayasa

Jika ingin datang kesini cukup mudah, lokasinya dibelakangnya Krisna Oleh-oleh dan Krisna Wisata Kuliner yang beralamat di Jl. Raya Seririt-Singaraja, Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Buleleng-Bali.

krisna funtastic land malam hari
Krisna Funtastic Land di malam hari via @agusdwiyoga_

Daftar harga tiket wahana :

PermainanWeekdayWeekend
Airborne Shoot17.00020.000
Boom-Boom Cars15.00017.000
Dragon Coaster15.00017.000
Rumah Kaca15.00017.000
Singaraja Flayer20.00022.000
Flying Cakra20.00022.000
Viking17.00020.000
Perahu Dayung15.00017.000
Lampion Castle15.00017.000
Roda Gila15.00017.000
Carousel10.00012.000
Self Control Plane15.00017.000
Classic Train10.00012.000
Krisna Air10.00012.000
Start Tour20.00022.000
Inflatabel Castle8.00010.000

4. Museum 3D Interactive Art Museum (I AM) / Museum I Am Bali

museum i am bali
Salah satu lukisan 3D di Museum I Am Bali via @wulan_ibu_ara

Museum 3D ini biasa disebut Museum 3D I Am Bali, dan termasuk salah satu museum lukisan 3D terbesar di Bali yang dibuka tahun 2016 lalu. Dengan desain modern, nyaman dan kekinian kamu bakal betah berlama-lama disini.

Lokasi museum 3D ini berada di lantai dasar Monumen Bajra Sandhi, Jl. Raya Puputan, Niti Mandala Renon, Denpasar Timur, Denpasar, Bali.

Tahun 2014 lalu memang sudah ada museum 3D yang serupa, DMZ Bali. Tetapi konsep museum 3D I Am Bali ini memberikan karakter tersendiri bagi para pengunjung dan bisa menjadi wisata alternatif saat liburan.

ogoh ogoh di i am bali
Mau nyobain ngangkat ogoh-ogoh di I am Bali bisa via @iambaliofficial

Untuk masuk ke museum ini diwajibkan melepas alas kaki, hanya boleh memakai kaos kaki agar lukisan disini tidak kotor/rusak. Jika tidak pakai kaos kaki, bisa beli disini. Untuk hasil gambar maksimal, ada para petugas yang siap membantu mengambil gambar dengan pose yang unik.

Tiket masuk Rp 50.000,-/orang untuk warga lokal(KTP Bali), Rp 100.000,-/orang untuk wisatawan domestik/WNI, Rp 120.000,-/orang untuk wisatawan asing/WNA, dan untuk anak dibawah 3 tahun gratis/free. Buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam di hari biasa, jam 7 pagi sampai jam 8 malam saat weekend/libur nasional.

upside down world i am bali
Upside Down World Bali via @iambaliofficial

Disini kamu juga bisa foto unik di ruangan terbalik/upside down ataupun ruangan miring yang menjadi daya tarik tempat ini. Ada sekitar 102 lukisan 3 dimensi dengan tema berbeda yang bisa kamu jadikan latar berfoto, dan lukisan disini adalah hasil karya kreasi anak bangsa.

5. Upside Down World Bali

upside down bali
Upside down Bali via @darjanki_lee

Di Bali ada beberapa lokasi untuk spot foto unik dengan tema 3D yang kekinian seperti Trick Art Museum yang ada di daerah wisata Seminyak, museum 3D DMZ Bali yang ada di Jl. Nakula Legian. Upside Down World Bali yang dibuka sekitar Maret 2016 ini mengusung tema yang unik dari wisata lainnya.

Alamat Upside Down World ini berada di Jl. By Pass Ngurah Rai No.762, Pemogan, Denpasar, Bali. Harga tiket masuk Rp 100.000,-/orang dewasa, untuk anak-anak Rp 50.000,-/orang. Tempat unik ini buka setiap hari dari pagi jam 9 sampai jam 9 malam.

upside down earth di bali
Kamu bisa nyobain berfoto dengan suasana dapur terbalik via @max.fredrich

Disini ada banyak jenis ruangan serba terbalik, ada ruang living room, kids room, dapur, master bed room, ruangan 3D, laundry, bathroom dan toilet, serta ruangan tema Bali dilengkapi kebun. Pose saat foto harus kreatif dan unik agar hasil gambar bagus dan keren. Buat kamu yang bingung mati gaya, tenang. Disini ada pemandu foto yang akan membantu dan mengatur gaya pose kamu.

Bagi yang liburan di Bali, wajib datang kesini ya.

6. Hidden Canyon Beji Guwang

hidden canyon beji guwang
Hidden Canyon Beji Guwang via @bay_erlangga

Hidden Canyon Beji Guwang adalah objek wisata alam menarik di Bali yang berupa ngarai tersembunyi yang berada di Desa Guwang, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

beji guwang
Ngarai tersembunyi yang menawan via @bay_erlangga

Rute ke lokasi dari By pass Ida Bagus Mantra pada persimpangan lampu merah di Ketewel ke kiri arah Desa Guwang/Sukawati. Sampai Desa Guwang ada patung Garuda ke kanan arah Banjar Wangbung. Sekitar 200 m ada Pura Dalem Guwang, tempat parkir cukup luas ada di samping pura ini. Untuk sampai ke lokasi, butuh perjuangan dengan melewati puluhan anak tangga dan menyusuri sungai berbatu sekitar 700 meter.

Tempat ini buka setiap hari & harga tiket masuk juga cukup murah, hanya bayar Rp 15.000,-/orang untuk semua wisatawan lokal/asing. Untuk pengunjung yang membutuhkan guide ada tambahan biaya lagi.

Aliran sungai yang jernih disini diapit oleh tebing batu unik dan alami setinggi 30 meter. Saat ini sudah ramai pengunjung. Ada baiknya tetap hati-hati karena ada beberapa lokasi yang licin.

Di kawasan wisata unik ini ada sebuah pura Beji yang berfungsi untuk mengambil air suci/tirta oleh warga sekitar, dan tempat sembahyang. Bisa dibilang tempat ini termasuk tempat suci bagi umat Hindu, jadi pengunjung harus bisa jaga etika/tata krama untuk menghargai. Lokasi ini tak jauh dari Pasar Sukawati, jadi bisa sekaligus wisata belanja di pasar Sukawati dan wisata ke tempat lain seperti Batubulan jika ingin melihat tari Barong, air terjun Tegenungan, Ubud dan Kintamani.

Fasilitas disini sudah cukup memadai, area cukup luas, toilet, dan tour guide jika pengunjung membutuhkan pemandu.

7. Secret Garden Village, Tur Wisata Edukasi Pertama di Bali

secret garden village
Menenangkan pikiran dengan panorama alam yang asri via @secretgardenvillage

Alamat berada di Jl. Raya Denpasar Bedugul km. 36, Mekarsari, Baturiti, Mekarsari, Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali. Dari Denpasar lokasi ada di kanan jalan, waktu tempuh dari Bandara Internasional Gusti Ngurah Rai sekitar 1 jam perjalanan.

Secret garden village berdiri di lahan seluas 3,7 hektar di dataran tinggi dan dibuka untuk umum pada bulan Mei 2016 lalu. Ada 4 atraksi utama yaitu Museum kecantikan dengan pabrik mini produk lokal Oemah Herborist, museum kopi dan cafe dibawah label black eye, dan ada 2 resto Rice View & The Luwus. Keunikan tempat ini sudah terlihat dari bangunannya yang berdesain minimalis kontemporer yang berpadu dengan alam yang alami.

BACA JUGA:  Kedung Pedut Kulon Progo, Air Terjun 2 Warna yang Mempesona

Harga tiket masuk Rp 50.000,-/orang untuk wisatawan lokal, Rp 100.000,-/orang untuk wisatawan asing dan buka setiap hari.

Pemandu akan menemani berkeliling di tempat ini. Di lantai 2 ada Beauty Heritage Museum/museum kecantikan bagian dari Oemah Herborist dengan memamerkan 20 benda unik peracik jamu/ produk kecantikan di masa dahulu. Pabrik mini disini adalah replika dari pabrik Oemah Herborist yang ada di Semarang, Jawa Tengah. Disini pengunjung bisa melihat proses keseluruhan produksi produk perawatan tubuh berbahan alami khas Indonesia.

Di Beauty Store, pengunjung bisa menjumpai Fragrance Bar untuk meracik parfum dengan bahan alami. Di museum kopi ada perlengkapan antik untuk menyeduh kopi, di pabrik mini kopi bisa melihat tahapan membuat kopi.

Tak jauh dari museum kopi ada coffee shop, toko yang menjual semua jenis kopi pillihan nusantara. Selain itu, kamu bisa mencoba coffee-tasting dengan dipandu barista handal. Ada 2 restoran yang bisa kamu cicipi, The Luwus dan Rice View dengan sajian menu Asia dan Bali yang beragam.Bagi kamu penikmat kopi tak ada salahnya liburan kesini, selain wisata juga dapat pengetahuan tentang kopi.

8. Bali Wake Park

bali wake park
Bali Wake Park via @baliwakepark

Bali Wake Park adalah wahana permainan watersport baru di pulau Dewata Bali. Banyak wahana yang bisa kamu coba, ada parasailing, banana boat, seawalker dan wakeboarding. Sebaiknya datang kesini saat cuaca cerah.

Wahana ini ada di Jl. Raya Pelabuhan Benoa No.7X, Pedungan, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali. Searah ke pelabuhan Benoa dan cukup strategis lokasinya. Jika melewati jalan tol Bali Mandara, sampai lokasi akan lebih cepat.

Watersport menjadi tempat yang cocok bagi kamu yang ingin uji adrenalin dan tantangan di danau buatan sekitar 5 hektar ini. Setiap pemain wajib menggunakan pengaman helm dan pelampung untuk keselamatan. Untuk usia pemain dari umur 6-70 tahun, bagi yang belum punya pengalaman disini ada pemandu permainan yang siap membantu. Harga tiket 1 jam Rp 250.000,-, 2 jam Rp 400.000,-, 4 jam Rp 550.000,-, dan sehari penuh dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore Rp 700.000,-/orang.

9. Pantai Melasti

a. Pantai Melasti Ungasan

Pantai Melasati Ungasan
Pantai Melasati Ungasan via @bali.onthespot

Pantai Melasti di Semenanjung Bukit, Ungasan punya ciri sama dengan pantai Pandawa Kutuh Bali yang berpasir putih dan halus.  Kamu bisa kesini kapan saja untuk menikmati pemandangan pantai yang cantik. Ombak disini tak begitu besar, jadi bagi kamu pecinta senorkeling bisa berenang sambil melihat keindahan alam bawah laut di air yang jernih ini.

Pantai ini berada di Semenanjung Bukit, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tepatnya ada di barat pantai Pandawa Kutuh yang berjarak sekitar 8,5 km/ sekitar 25 menit perjalanan. Karena pantai ini masih baru, untuk harga tiket masuk dan tarif parkir sementara masih gratis.

Keunikan pantai ini adalah jalan menuju pantai dengan jalan turun berliku diatas tebing kapur putih menjulang cukup tinggi. Rute ini diapit tebing karang putih serupa dengan rute ke pantai Pandawa Kutuh Bali. Jalan diatas bukit kapur ke Pantai Melasti Ungasan ini sekarang sudah aspal dan mudah dilewati. Jalan ini sering juga dijadikan lokasi foto pre-wedding karena pemandangannya indah dan alami.

b. Pantai Melasti Tabanan Di Dekat Tanah Lot

pantai melasati tabanan
Pantai Melasati via @rudhy_an18

Sekedar info, Melasti adalah sebutan upacara agama Hindu di pantai saat menjelang hari raya Nyepi. Maka jangan heran ada banyak pantai Melasti disini, rencanakan dulu tujuan liburamun mau ke Pantai Melasti yang mana. Pantai Melasti Tabanan ada di Desa Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Rute ke lokasi cukup ke arah Pura Tanah Lot, karena hanya di baratnya saja.

Saat musim tertentu, di tebing batu dekat Pantai Melasti ini akan nampak air terjun kecil/air terjun musiman. Karena ini air terjun musiman dan sesuatu yang menarik, banyak para fotorgafer memburu foto sunset saat cuaca cerah. Jalan menuju air terjun ini kamu harus ke pura Tanah Lot lalu jalan kaki sekitar 400 m ke arah pura Batu Bolong.

10. Rumah Pohon Karangasem

rumah pohon karangasem
Rumah Pohon Karangasem via @rumahpohonkarangasem

Rumah pohon ini berada di Desa Batu Dawa, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Tepatnya di kaki Gunung Agung/ Gunung tertinggi di Bali.

Rute ke rumah pohon dari Kuta ke arah Karangasem, lalu menuju rute Singaraja/jalan raya Kabupaten. Sampai di Tukad Abu Tulamben ada pertigaan ambil kiri arah Desa Batu Dawa Kaja, sekitar 6 km akan sampai di Rumah Pohon Karangasem. Jika dari Bandara Ngurah Rai, perjalanan ditempuh sekitar 3 jam. Jika bingung dan kesasar bisa tanya warga sekitar.

Sekitar awal tahun 2015 tempat ini mulai hits dengan membayar tiket masuk Rp 10.000,-/orang,  meski sebelum dibuka menjadi wisata ini hanyalah tempat singgah pribadi untuk sekedar refreshing. Di kejauhan nampak panorama laut Pantai Amed dan Tulamben.

Suasana Rumah Pohon Karangasem saat kemarau
Suasana Rumah Pohon Karangasem saat kemarau via @rumahpohonkarangasem

Rumah pohon disini ada 2 dan ada jembatan unik sebagai jalan utamanya. Satu dengan luas 9 meter persegi dengan batas maksimal 4-6 orang, satunya lagi ukuran rumah lebih kecil. Jika ramai wisatawan kamu harus sabar antri, sebaiknya datang kesini di hari biasa. Selain itu, kamu disini akan menjumpai piramida mini mirip stupa candi yang ada di tengah area wisata ini. Bentuk unik ini terbentuk dari banyak bulatan tanah liat dan semen.

11. Bukit Asah Bugbug

Sunrise di Bukit Asah Bugbug
Kamu bisa menikmati sunrise di Bukit Asah Bugbug via @myday.suardana

Bukit Asah Bugbug adalah bukit yang punya dataran/asah yang berada di Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem, Bali Timur, Bali. Diatas bukit ini kamu bisa melihat sunrise yang indah di pagi hari saat cerah.

BACA JUGA:  Kamu Doyan Foto? Pas Lagi di Medan Jangan Lupa Kunjungi 13 Spot Hunting Ini!

Rute ke lokasi dari Denpasar, melewati tikungan Bukit Sanghyang Ambu/jalan raya utama. Sampai jembatan lalu ada pertigaan di tikungan ambil kanan, sekitar 15 menit sampai di lokasi. Ada baiknya kesini dengan sepeda motor karena jalanan belum terlalu bagus.

Kamu pun bisa camping atau berkemah di sini dengan minta ijin petugas sambil menikmati ketenangan dan menunggu matahari terbit keesokan harinya. Melihat indahnya pemandangan alam dari bukit ini kamu bisa sambil rebahan diatas rerumputan.

Camping di Bukit Asah Bugbug
Camping di Bukit Asah Bugbug via @myday.suardana

Wisata lain di sekitar bukit ini diantaranya Virgin Beach/pantai pasir putih yang ada di Desa Perasi. Bisa ditempuh sekitar 20 menit.

12. Air Terjun Kanto Lampo

Katolampo Waterfall
Menikmati Katolampo Waterfall via @meylatour.bali

Air Terjun Kanto Lampo adalah air terjun dengan tinggi 15 meter yang ada di Kabupaten Gianyar, tepatnya di Br. Kelod Kangin, Desa Beng, Gianyar, Bali. Dari Denpasar berjarak 30 km, dan dari pusat kota Gianyar sekitar 3 km. Pertama kamu cari Desa Beng, disini sudah ada petunjuk ke lokasi. Jika bingung bisa tanya warga sekitar.

Sampai di tempat parkir, pengunjung cukup bayar tiket masuk saja Rp 5.000,-/orang. Air terjun ini dikelola oleh warga sekitar dan buka setiap hari.

Untuk sampai ke lokasi, kamu cukup melewati puluhan anak tangga. Dalam perjalanan, disini ada penjual makanan/minuman yang siap melayani. Usahakan kesini saat cerah dan tidak pas musim hujan karena jalannya licin. Air disini cukup jernih dan bisa juga untuk mandi berbasah-basahan. Di musim liburan tempat ini selalu ramai pengunjung.

Mandi di Katolampo Waterfall
Mandi di Katolampo Waterfall via @anggaa.id

Daya tarik air terjun ini salah satunya bebatuan berhimpitan acak dan pengunjung bisa menikmati segarnya air yang mengalir. Air disini mengalir perlahan dan jatuh ke undak-undak tebing, jadi suara air tak bergemuruh seperti pada umumnya.

13. Air Terjun Goa Rang Reng

Goa Rang Reng Waterfall
Goa Rang Reng Waterfall via @dewapadma

Tempat wisata di Bali terbaru ini berada di Br. Gitgit, Desa Babakan, Kabupaten Gianyar, Bali.

Perjalanan dari Denpasar sekitar 31 km/sekitar 1 jam perjalanan, dari pusat Gianyar sekitar 3km.

Tiket masuk ke wisata ini cukup bayar Rp 5.000,-/orang dan buka setiap hari.

Dari lokasi parkir, pengunjung harus jalan sekitar 300 m ke lokasi dan disini ada warung makanan/minuman yang siap melayani.

Di sekitar air terjun ini ada goa Rang Reng yang bisa dituju dengan menyusuri bebatuan di kiri air terjun ini. Goa ini tembus ke belakang dan tembus sinar matahari. Hulu sungai disini biasa dipakai warga beragama Hindu untuk tempat meruwat/melukat/ membersihkan diri dari hal negatif.

Bagi pengunjung perempuan jika sedang haid sebaiknya jangan masuk goa, dan datang kesini tidak pas musim hujan karena jalannya licin.

Asal usul nama Rang Reng ini diambil dari warna yang berfariasi di area goa, sekaligus sebagai nama dari air terjun ini.

Berendam di Air Terjun Goa Rangreng
Berendam di Air Terjun Goa Rangreng via @fiky_soe

Konon, ada cerita legenda tentang  goa ini. Di masa raja Bedahulu,rakyat susah mengairi lahan pertanian dan raja meminta patih Kebo Iwa yang sakti untuk membantu. Dengan ide ke Bangli mencuri air untuk irigasi, patih cukup mengambil air secangkir. Karena sakti, patih membuat goa semalaman untuk tempat air ini.

Lalu mengalirlah air ke selatan, aliran sungai ini disebut Tukad Cangkir dan sekarang masih masih difungsikan untuk irigasi. Di bawah air terjun ada kolam yang bisa digunakan untuk mandi. Konon, kolam ini punya kasiat seperti untuk segera dapat momongan dengan berendam di bulan purnama, untuk yang lainnya bisa tanya pada warga.

14.The Sila’s Agrotourism

the silas argotourism
The Silas Argotourism via @dede

The Sila’s Agrotourism adalah tempat yang cocok untuk liburan keluarga, dan menjadi tempat wisata pendidikan dan pengetahuan  juga tempat pelatihan yang di program.

Diatas lahan sekitar 10 hektar ini kamu bisa wisata outbond yang seru dan menyenangkan. Kesejukan dan kesegaran suasana disini berpadu dengan indahnya panorama lembah/bukit di sekitar.

Lokasi wisata ini berada di Banjar Batusesa, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali, dan tak jauh juga dari danau Beratan Bedugul. Dari Kuta/ Bandara bisa dilaju 2 jam.

Camping di The Silas Argotourism
Camping di The Silas Argotourism via @the_silas_agrotourism

Ada banyak aktifitas/ wahana yang bisa kamu nikmati, diantaranya outbond training seperti outing perusahaan atau sejenisnya. Kamu juga bisa berkemah di area camping ground sambil menikmati malam.

Tiket masuk kesini Rp 10.000,- untuk dewasa, Rp 6.000,- untuk anak-anak.

Kamu bisa coba menjelajah alam dengan sepeda roda 4 / ATV ride, ATV ( All Terrain Vehicle ) yang aman dan dipandu oleh crew dengan tarif mulai dari Rp 80.000,-. Atau mau coba high rope/flying fox yang akan menguji adrenalinmu di ketinggian. Bisa juga ramai-ramai dengan temanmu bermain paintball ( simulasi peperangan) yang berpeluru cat yang seru.

Berkuda di The Silas Argotourism
Berkuda di The Silas Argotourism via @the_silas_agrotourism

Bagi kamu hobi naik kuda (horse riding), disini kamu bisa melihat pemandangan sekitar dengan berkuda cukup bayar Rp 60.000,- untuk anak-anak, dewasa Rp 80.000,-/orang. Trekking juga bisa kamu lakukan disini sambil menikmati kebun ataupun hutan yang alami.

Bagi keluarga, disini ada kids zone/ wahana untuk permainan anak seperti mandi balon, prosotan, dll. Bagi kamu yang ingin mencoba sensasi bersepeda (cycling) di pegunungan disini pun bisa.

Hal seru lainnya adalah memetik buah (picking fruit) seperti buah strawberry, jambu ataupun jeruk.

Ferris Wheel The Silas Argotourism
Ferris Wheel The Silas Argotourism via @raka_diputra

Jika di Sindu Kusuma Edupark Jogja ada ferris wheel setinggi 50 m, kamu disini bisa menjumpai Ferris Wheel setinggi 30 m yang menjadi ikon utama The Sila’s Agrotourism ini. Kamu bisa melihat pemandangan dari ketinggian dengan tarif Rp 15.000,- per orang.

Ada perahu ayun raksasa/ kora-kora dengan bayar Rp 15.000,-/orang yang siap menguji adrenalin ditemani teriakanmu. Selain itu, kamu juga bisa coba memancing/ fishing di pemancingan air tawar yang tersedia.  Ada pula Meeting Room Bale Subak dengan perlengkapannya dengan daya tampung 80 orang.

Fasilitas disini sudah cukup lengkap seperti area parkir yang luas, toilrt, ruang meeting, restoran, coffee shop, camping ground, & kids zone.

15. Rumah Bambu di Karangasem

Rumah Bambu Karangasem
Rumah Bambu Karangasem via @cakranelwan

Rumah Bambu Pengalon berada di lahan sekitar 16 hektar yang dilewati sungai dan penghubungnya adalah jembatan bambu. 4 rumah bambu disini sebagai restoran, panggung untuk festival, tempat yoga/ruang santai, dan ruang tamu khusus.

Rumah bambu ini berada di Banjar Pengalon, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, dan berada di tepi pantai Betel.

Rumah Bambu Karangasem Bali
Rumah Bambu Karangasem Bali via @turah_rahde

Rute dari Denpasar setelah SPBU Yeh Malet/ setelah pura Goa Lawah, sampai di timur kantor Perbekel Desa Antigo Kelod ke kanan. Ikuti jalan dan sampai menemukan jalan belum beraspal dan sampai di lokasi.

Meski di Kabupaten Karangasem ada beberapa wisata rumah pohon seperti Rumah Pohon Batudawa, namun keunikannya tetap berbeda. Tiket masuknya juga gratis.

Gimana, jadi pengen liburan ke tempat wisata di Bali terbaru ini kan? Pulau Dewata memang wajib menjadi tempat tujuan wisata kamu saat liburan/weekend. Buat kamu yang ada di Jogja juga bisa piknik asik ke Rumah Hobbit Jogja, Watu Goyang, & Hutan Pinus Mangunan yang menjadi wisata baru di Jogja tahun 2017. Selamat berlibur dan salam piknik. 🙂