Sindu Kusuma Edupark (SKE) dengan Sensasi Wahana yang Seru dan Unik

Sindu Kusuma Edupark (SKE) adalah tempat rekreasi dengan sajian wahana seru yang wajib kamu kunjungi saat berlibur di Jogja. Tempat wisata ini dibuka sekitar tahun 2014, sampai saat ini pengunjung tetap ramai di setiap harinya.

sindu kusuma edupark
Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Kota Jogja memang istimewa, ada banyak tempat wisata yang sudah mendunia. Salah satunya adalah tempat ini yang terkenal dengan Ferris Wheel/bianglala tertinggi di Indonesia untuk saat ini.

Penjelasan Ferris Whell di SKE
Penjelasan sejarah Ferris Whell di SKE

Kamu gak harus pergi ke Embung Batara Sriten kalau hanya sekedar menikmati liburan di ketinggian, naik Bianglala di Sindu Kusuma Edupark sudah cukup kok. Penasaran tempat ini seperti apa? Tim Tempat Asik akan ajak kamu berkeliling di wahana seru dan unik satu ini. Yuk baca selengkapnya.

Alamat dan Rute Menuju Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Tempat piknik asik ini berada di Jl. Magelang Km.2 (Jambon), Dusun Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari kota Jogja ditempuh sekitar 20 menit.

BACA JUGA:  Embung Batara Sriten di Puncak Tertinggi Gunungkidul dengan Pemandangan yang Eksotis
Denah lokasi Sindu Kusuma Edupark
Denah area wisata Sindu Kusuma Edupark

Rute ke lokasi cukup mudah. Dari Tugu Jogja ke barat sampai lampu merah Pingit Jogja belok ke kanan arah Jl. Magelang. Sekitar 1 kilometer belok ke kiri arah Jl. Jambon, lurus ikuti jalan sampai menemukan pintu masuk kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Sindu Kusuma Edupark

Tempat wisata ini buka setiap hari. Untuk harga tiket masuk ke wahana ini cukup bayar Rp 15.000,- per orang, untuk pengunjung usia diatas 65 tahun gratis masuk.

Daftar harga tiket masuk Sindu Kusuma Edupark
Daftar harga tiket masuk dan wahana Sindu Kusuma Edupark

Di loket ada petugas yang akan meawarkan pilihan untuk pembelian tiket. Ada tiket terusan Rp 70.000,- untuk 3 wahana berwarna merah di gambar bisa langsung bayar di loket utama ini. Atau bisa membeli tiket wahana masing-masing di setiap loket wahana yang tersedia.

Saat masuk ke lokasi para pengunjung mendapat cap/stempel di tangan sebagai tanda sudah memasuki tempat wisata.

Wahana Seru di Sindu Kusuma Edupark yang Bisa Dicoba

1. Wahana Cakra Manggilingan atau Ferris Wheel

Ada banyak wahana seru yang bisa kamu coba disini. Diantaranya kamu bisa mencoba wahana seru yang menjadi icon utama dari SKE yaitu Cakra Manggilingan atau Ferris Wheel. Dengan ketinggian 50 meter, ada 28 kabin yang bisa memuat 4 orang dewasa di setiap kabin.

Wahana di Sindu Kusuma Edupark
Wahana di Sindu Kusuma Edupark

Cukup membayar Rp 10.000,- per orang sekali putaran kamu bisa melihat pemandangan sekitar dari atas dengan view Gunung Merapi.

2. Berkeliling objek wisata dengan Sepur Mini

Ada sepur mini yang akan mengajak kamu berkeliling sekitar SKE selama 1 putaran kurang lebih 10 menit cukup bayar Rp 5.000,-.

BACA JUGA:  Curug Ciherang Bogor yang Populer dengan Rumah Pohonnya
Sepur mini untuk berkeliling sekitar lokasi wisata
Sepur mini untuk berkeliling sekitar lokasi wisata

3. Cobain sensasi mengendarai sepeda mabur atau flying bicycle

Kamu juga bisa mencoba sepeda mabur/flying bicycle dengan bayar Rp 10.000,-. Kamu bisa merasakan sensasi unik bersepeda diatas ketinggian 3 meter dengan panjang lintasan 100 meter.

Sepeda mabur di sindu kusuma edupark
Sepeda mabur sensasi mengendarai sepeda di atas rel

4. Berkuda di kereta kencana komidi puter

Bagi kamu yang ingin naik komidi puter dengan berkuda di kereta kencana di sini cukup bayar Rp 10.000,-.

wahan komidi puter di SKE
Ada juga wahan komidi puter di SKE

5. Wahana cangkir puter

Di samping komedi puter terdapat cangkir puter berbentuk cangkir berputar-putar dan bisa diatur kecepatannya dengan tombol yang tersedia. Jika ingin mencobanya cukup bayar Rp 10.000,-.

Cangkir puter wahan di Sindu Kusuma Edupark
Cangkir puter wahan di Sindu Kusuma Edupark

6. Nonton Cinema 8D dan menjajal House of Terror

Ada pula cinema 8D yang bisa kamu coba dengan tarif Rp 30.000,-. Kamu akan merasakan sensasi berbeda dan lebih real saat menonton karena didukung teknologi dari Korea.

Di sampingnya ada house of terror jika kamu ingin merasakan sensasi merindingnya naik kereta dan masuk di kegelapan seperti dunia lain. Jika berminat cukup beli tiket Rp 25.000,-.

House of Terror wahana seru di SKE
House of Terror wahana seru di SKE

7. Kalo mau tabrak-tabrakan cobain deh motor tumbur atau bumper car

Kamu bisa juga coba motor tumbur/bumper car dengan tarif Rp 10.000,-. Kamu bisa kejar-kejaran dengan temanmu di arena seluas sekitar 250 meter persegi, ada 20 mobil yang siap menemanimu.

montor tumbur di sindu kusuma edupark
Buat yang pengen tabrak-tabrakan bisa nyobain Montor Tumbur

8. Uji adrenalin dengan mencoba trampolin

Ada panggon lunjak yang bisa membebaskan ekspresimu di sini sambil melepas penat dengan melompat-lompat sambil jungkir balik di trampolin cukup bayar tiket Rp 15.000,-. Kru SKE akan mendampingi selama kamu berlompat-lompat ria.

BACA JUGA:  Taman Wisata Iman Kabupaten Dairi Pilihan Wisata Keluarga Pintar
Bebaskan ekspresimu di panggong lunjak SKE
Bebaskan ekspresimu di panggon lunjak SKE

9. Sensasi terbang dengan kursi mabur atau flying chair

Di sisi utara ada kursi mabur/flying chair dengan tiket Rp 15.000,-. Kamu bisa terbang sampai di ketinggian 4 meter dan bisa melihat pemandangan sekitar.

flying chair di ske
Mau duduk di kursi terbang? cobain kursi mabur atau flying chair

10. Perosotan suket untuk kamu yang ingin mengenang masa kecil

Di sisi barat ada prosotan suket jika kamu ingin mencoba berseluncur ke bawah di atas rerumputan, cukup beli tiket Rp 10.000,-.

Berseluncur di perosotan suket mengembalikan keceriaan anak
Berseluncur di perosotan suket mengembalikan keceriaan anak

11. Mobil aki untuk edukasi anak usia 2 sampai 7 tahun

Untuk anak-anak usia 2-7 tahun bisa bermain sambil belajar dengan mencoba mobil aki mini. untuk hari Senin-Jum’at tarif Rp 10.000,-/ 10 menit, Sabtu-Minggu/hari libur Rp 15.000,-/ 10 menit.

Mobil aki mini di sindu kusuma edupark
Mobil aki mini untuk membahagiakan si kecil

Saat kita kesini, wahana pit egrang/seg way dan mobil listrik sedang tidak beroperasi. Seg way adalah kendaraan personal mobility unik yang di impor dari Amerika Serikat. Sedangkan mobil listrik beroperasi dengan tenaga listrik yang berasal dari baterai.

Spot Menarik di Sindu Kusuma Edupark

Spot paling menarik untuk berfoto disini adalah di halaman depan dengan background Ferris Wheel/Cakra Manggilingan. Dengan latar ini, terlihat megah bagaikan di negeri lain.

Spot foto menarik di Sindu Kusuma Edupark
Spot foto menarik di Sindu Kusuma Edupark

Ada pula beberapa candi mini yang ada di dalam area yang bisa kamu jadikan spot foto dengan latar Ferris Wheel.

Di tengah area wisata ada rumah salak yang bisa kamu ajak foto.

Rumah salak dengan bentuk yang cukup unik
Rumah salak dengan bentuk yang cukup unik

Buah Tangan yang Bisa Kamu Beli di Sindu Kusuma Edupark

Buah tangan khas Raminten Uborampe
Buah tangan khas Raminten Uborampe

Di dekat pintu keluar ada tempat khusus oleh-oleh namanya Raminten Uborampe, di sini kamu bisa membeli barang-barang unik yang kamu sukai. Ada pakaian, bahan pakaian, batik, pernak-pernik, souvenir, dan ada mainan di masa kecil dahulu.

raminten uborampe
Oleh-oleh Raminten Uborampe yang cukup unik

Ada tulisan-tulisan lucu yang menggelitik juga seperti “disini copet boleh masuk bersyarat’ dan kata-kata lainnya bisa kamu temui disini.

Fasilitas di Sindu Kusuma Edupark

Fasilitas disini sudah memadai, area parkir yang luas, ada toilet, mushola, gazebo untuk bersantai, warung/stand makanan dan minuman di dalam area, dan banyak penjual kaki lima di luar kompleks wahana yang siap melayani pengunjung.

Penjual makanan di SKE
Penjual makanan di SKE

Jadi pengen kesini kan? Buat kamu yang sedang berlibur/weekend di Jogja, cobain serunya wahana di Sindu Kusuma Edupark(SKE) yang satu ini. Ajak teman/keluarga/pasangan kamu ke sini pasti akan tambah seru. Selamat berlibur, salam piknik.