Grojogan Watu Jonggol di Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Grojogan Watu Jonggol merupakan salah satu wisata alam air terjun yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Karena berada di kawasan perbukitan menoreh, udara disini cukup sejuk dan bisa menjadi tujuan berlibur bagi Anda bersama keluarga.

grojogan watu jonggol
Area sekitar air terjun – dok.pribadi

Tinggi air terjun ini sekitar 60 meter dan ditumbuhi oleh pepohonan hijau di sekitarnya sehingga pemandangannya terlihat alami. Jika Anda ingin berlibur ke Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo, tempat ini wajib Anda kunjungi karena lokasinya cukup berdekatan.

Mau tau seperti apa pesona air terjun Grojogan Watu Jonggol ini, yuk ikuti tim Tempat Asik jalan-jalan ke daerah Jogja bagian barat ini.

Lokasi

Lokasi air terjun atau Grojogan Watu Jonggol ini terletak di ketinggian sekitar 900 m diatas permukaan laut dan berada di perbukitan menoreh. Tepatnya berada di Dusun Nglinggo, Nglinggo Barat, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

lokasi grojogan watu jonggol
Lokasi air terjun yang mudah ditemukan – dok.pribadi

Wisata air terjun ini masih berada dalam kawasan Desa Wisata Nglinggo. Jarak dari kota Jogja sekitar 42 kilometer dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 – 2 jam tergantung kecepatan kendaraan.

Rute Menuju Grojogan Watu Jonggol

Dari arah Jogja :

Dari Jogja menuju Jl. Godean lalu ke barat melewati pasar Godean. Ke barat hingga melewati jembatan sungai Progo, ikuti jalan sampai lampu merah Kenteng. Belok kanan dan ikuti jalan menuju daerah Dekso. Sampai tugu Dekso belok kiri melewati Jl. Samigaluh dan lurus ikuti jalan utama melewati kantor Kecamatan Samigaluh, Kantor Polisi dan pasar Samigaluh.

BACA JUGA:  Istana Maimun, Peninggalan Kesultanan Deli Beserta Kemegahannya

Lurus ikuti jalan lalu belok kanan di pertigaan Desa Wisata Nglinggo. Ikuti jalan naik mananjak hingga ada petunjuk sekitar 1,5 km mengarah ke wisata air terjun lalu belok kiri dan ikuti jalan utama. Sampai di loket masuk, Anda hanya perlu maju sedikit sudah ada papan petunjuk ke lokasi air terjun. Belok ke kiri sekitar 2 km dan melewati rumah penduduk hingga sampai di lokasi parkir wisata.

rute menuju grojogan watu jonggol
Rute menuju lokasi air terjun – dok.pribadi

Dari arah Magelang :

Dari Magelang mengarah ke Kalibawang, sampai menemukan lampu merah Dekso ambil arah ke kanan menuju Jl. Samigaluh. Selanjutnya rute perjalanan sama seperti diatas.

Bagi Anda yang bingung arah, bisa bertanya dengan warga setempat. Ada baiknya Anda mengajak teman asli dari Jogja atau bisa searching di google map. Akses jalan ke lokasi wisata sudah beraspal dan berkelok menanjak, ada baiknya tetap berhati-hati saat berpapasan dengan kendaraan lainnya.

Harga Tiket Masuk Grojogan Watu Jonggol

tiket masuk grojogan watu jonggol
Tiket masuk menuju lokasi wisata Nglinggo – dok.pribadi

Lokasi wisata ini masih satu loket dengan TPR (tempat pemungutan retribusi) menuju wisata Kebun Teh Nglinggo yang terkenal di Kulon Progo. Jadi, pengunjung cukup membayar retribusi Rp 5.000,-/orang di satu loket dan bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata sekaligus.

Untuk bisa melihat keindahan air terjun ini, pengunjung cukup membayar biaya parkir kendaraan saja. Untuk parkir kendaraan roda dua Rp 2.000,-/unit.

tarif parkir di grojogan watu jonggol
tarif parkir di kawasan air terjun – dok.pribadi

Bagi anda yang ingin berkunjung kesini bisa datang sewaktu-waktu tanpa menunggu musim liburan, karena lokasi wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore.

Pemandangan Grojogan Watu Jonggol

Untuk melihat keindahan air terjun ini, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 5 menit dari lokasi tempat parkir. Anda harus melewati/menuruni puluhan anak tangga dan melewati perkebunan warga dengan jalan berkelok. Jalan menuju grojogan ini sebagian sudah diperbarui oleh pengelola, tetapi beberapa titik jalan yang masih berupa tanah dengan pagar pembatas. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap selalu waspada dengan jalan tersebut.

BACA JUGA:  Musim Panas Pasangan Kamu Pengen ke Pantai? Ademin Aja ke Pantai Goa Cemara Ala Pegunungan Satu Ini
jalan menuju grojogan watu jonggol
Jalan ke lokasi air terjun – dok.pribadi

Sebelum sampai di bawah air terjun, Anda bisa melewati jembatan dari bambu/kayu dengan aliran sungai dibawahnya seperti yang ada di air terjun Kedung Pedut. Di sekitar air terjun ada taman mini yang memang dibuat pengelola untuk menambah daya tarik pengunjung.

Ada beberapa bangku yang bisa digunakan untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan. Ada pula gazebo yang bisa Anda gunakan untuk lokasi berteduh dan bersantai sejenak.

keindahan grojogan watu jonggol
Keindahan air terjun – dok.pribadi

Jika Anda ingin bermain air ataupun mandi di sekitar air terjun, sebaiknya membawa pakaian ganti. Air disini sangat segar seperti di Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul yang sangat cocok untuk mandi disaat keadaan air jernih. Di bawah air terjun ini juga ada kolam mini yang sering digunakan untuk mandi atau bermain air.

Air terjun ini mengalir dan bermuara ke Pantai Congot Galur Kulon Progo dengan jarak sekitar 50 km. Saat ini, kawasan Pantai Congot terdapat tempat wisata yang cukup terkenal yaitu Hutan Mangrove Kulon Progo. Anda bisa menikmati banyak spot foto tanpa membayar biaya tambahan lagi.

pemandangan grojogan watu jonggol
Pemandangan air terjun – dok.pribadi

Diberi nama Grojogan Watu Jonggol karena ada banyak batu besar yang berada di sekitar air terjun/grojogan. Adanya bebatuan di sekitar grojogan ini bisa menambah daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Selain itu, air terjun ini memiliki debit/volume air tertinggi saat musim hujan tiba seperti di bulan Desember.

air terjun grojogan watu jonggol
Pemandangan sekitar air terjun – dok.pribadi

Pada umumnya, para pengunjung juga selalu menyempatkan untuk berfoto dengan latar air terjun ini. Jika sudah cukup puas menikmati pemandangan dari grojogan ini, Anda masih harus berlolah raga menaiki anak tangga yang bisa membuat Anda cukup kelelahan. Perjalanan dari air terjun menuju area parkir ini membutuhkan waktu lebih lama sekitar 10 menit.

BACA JUGA:  Pantai Pandawa, Tempat Wisata di Bali dengan Banyak Keseruan

Setelah sampai atas, Anda bisa istirahat sejenak di warung yang tersedia di lokasi. Warung disini memang belum terlalu banyak jumlahnya, tetapi cukup untuk melayani para pengunjung.

Fasilitas

fasilitas di grojogan watu jonggol
Fasilitas warung yang ada di lokasi – dok.pribadi

Fasilitas di kawasan lokasi cukup memadai, ada area parkir yang cukup luas, toilet, mushola, tempat sampah, warung makan dan gazebo.

Tips Berkunjung

fasilitas di air terjun watu jonggol
Fasilitas di area wisata air terjun – dok.pribadi

Sebelum Anda merencanakan berlibur kesini, ada baiknya mengetahui beberapa tips berkunjung ke Grojogan Watu Jonggol dibawah ini.

  • Datanglah di saat cuaca cerah dan di hari biasa diluar musim liburan.
  • Tidak menggunakan sepatu/sandal yang alasnya licin karena lokasi berada di kawasan pegunungan.
  • Pengunjung harus menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Selalu waspada jika berjalan dari atau menuju lokasi air terjun.
  • Cek semua kondisi kendaraan Anda sebelum berangkat berlibur karena jalan ke lokasi naik turun dan berkelok.
  • Membawa kamera/smartphone lengkap dengan baterai cadangan jika ingin mengambil banyak gambar foto.

Nah, jadi berlibur ke Grojogan Watu Jonggol ini kapan dan bersama siapa? Rencanakan liburan yang seru dan menyenangkan disini dari sekarang. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Desa Wisata Kalibiru Kulon Progo yang terkenal dengan spot sotonya ya, dijamin seru.

Selamat berlibur dan selalu safety ridding di perjalanan. Salam piknik. 😀